SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
4297 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Anakku di sunat jin, Apa Yang Terjadi?

(Posted:2015-01-07 15:20:37)

Beberapa bayi yang baru lahir memiliki bentuk alat vital seperti sudah disunat, terkadang membuat orang tua bingung. Dikalangan masyarakat banyak yang beranggapan bahwa anak yang memiliki bentuk alat vital yang demikian telah disunat oleh jin, mengapa demikian?



Dalam dunia kesehatan keadaan demikian disebut dengan hipospadia. Diungkapkan oleh dr. Ayodia Soebadi, SpU hipospadia pada anak merupakan kelainan sejak lahir pembukaan uretra yang tidak sepenuhnya mengarah keujung penis, dan kulit kulup atau tudung penis tidak sepenuhnya berkembang dengan sempurna sehingga membuat ujung penis terekspos, kondisi seperti inilah yang masyarakat katakan alat vitalnya sudah disunat. Banyak kasus ini tidak diketahui penyebabnya, namun pada sebagian kasus, kondisi ini diturunkan secara genetik dan dari teori-teori yang berkembang mengaitkan kelainan ini dengan masalah hormonal, seperti pada sebuah teori mengungkapkan kelainan ini disebabkan oleh berhentinya perkembangan sel-sel penghasil androgen di dalam testis, sehingga produksi androgen terhenti dan menganggu terbentuknya uretra yang berakibat bentuk uretra yang abnormal.  Hipospadia memiliki ciri-ciri : uretra (saluran untuk membuang urin) pada posisi yang salah atau abnormal, misalnya lubang kencing tidak berada di ujung kepala penis tetapi berada lebih bawah, ciri lainnya seperti penis bengkok ke bawah dengan kulit yang berlebihan diatasnya, serta pancaran urinnya tidak mengarah ke depan saat buang air kecil.

Apabila kejadian ini terjadi pada keluarga Anda, maka segera konsultasikan dengan dokter. Menurut pakar urologi anak dr. Arry Rodjani SpU, keadaan ini dapat dilakukan operasi saat anak usia dibawah 18 bulan atau sebelum anak masuk sekolah, dikarenakan mengingat besarnya dampak psikologis anak berkaitan dengan kondisi alat vitalnya berbeda dengan temannya. Tindakan operasi ini memakan waktu kurang lebih 2,5 jam dan tidak cukup sekali saja melainkan melalui beberapa tahap. dr Arry Rodjani SpU menegaskan anak hipospadia yang sudah menjalani operasi rekonstruksi tidak perlu disunat lagi. Tapi, perlu diingat bahwa anak jangan disunat sebelum dioperasi. Pasca dioperasi penis akan berkembang seperti pada umumnya, sedangkan panjang penis dipengaruhi dari banyak hal. Apabila kejadian ini tidak dilakukan operasi, maka anak akan mengalami kesulitan saat berkemih di toilet, karena pancaran urinnya tidak mengarah ke depan sehingga kemungkinan buang air kecil dengan cara jongkok. Dan juga saat dewasa nanti penderita hipospadia akan mengalami kesulitan dalam berhubungan seksual.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman