SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4781 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Bagaimana Cara Mengolah Daging yang Baik?

(Posted:2012-10-24 16:01:23)

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada Hari Raya Idul Adha, Bunda biasanya juga menyiapkan hidangan khusus untuk merayakan Hari Raya kurban. Daging biasanya menjadi pilihan olahan yang cocok di Hari Raya Idul Adha. 

Namun, mungkin Bunda belum tahu bagaimana mengolah daging yang tepat meskipun Bunda sudah biasa memasak daging. Pasalnya bila salah dalam mengolah daging dapat menyebabkan kandungan gizi dalam daging menghilang, bahkan bisa terkontaminasi kuman.
 
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengolah daging:
 
- Setelah membeli daging, segera bersihkan dan olah daging tersebut. Potonglah daging sesuai kebutuhan masak. Bunda dapat memotong daging melawan serat agar saat dimasak nanti daging tidak menjadi keras.
- Jika tidak langsung dimasak masukkan daging yang telah dipotong-potong ke dalam freezer. Di dalam freezer, daging bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya jika kualitas daging bagus. Untuk daging cincang, harus digunakan dalam jangka waktu 24 jam untuk memastikan kualitas dan rasa yang terbaik.
- Ketika keesokannya Bunda hendak memasak daging yang telah dimasukkan ke freezer, sebaiknya Bunda pindahkan dulu daging yang Bunda simpan di freezer ke kulkas. Hal tersebut agar daging tidak mengalami penurunan suhu yang ekstrim. Lama daging di simpan ke kulkas adalah sekitar 12 jam untuk 1 kg daging.
- Setelah dipindahkan selama 12 jam, cuci daging di bawah air mengalir. Sebaiknya jangan mencuci daging dengan merendamnya terlebih dengan air hangat, karena dapat membuat kandungan gizinya larut dalam air. 
- Untuk membunuh bakteri penyebab penyakit dalam daging, pastikan menggunakan api atau panas yang cukup ketika memanggang atau membakar daging.
- Bunda bisa menambahkan gula pada pengolahan daging, selain bermanfaat sebagai cita rasa,  gula juga berfungsi memberikan warna pada permukaan dan lapisan dalam daging.
 
Catatan:
Daging mengandung sekitar 50-70% air.  Dalam proses pemasakan cairan berwarna merah bening akan tetap keluar disebut ‘juice’ atau saripati bukanlah darah.
 
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman