SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
7415 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

(Posted:2012-07-25 16:36:49)

Seringkali masalah bau mulut membuat kita tidak merasa nyaman saat sedang menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya bau mulut tidak hanya terjadi pada saat puasa, setiap saat pun masalah bau mulut bisa dialami. Bila tidak diantisipasi masalah ini dapat membuat kita merasa agak minder. 

Pada saat puasa, produksi ludah (kelenjar saliva) menurun sehingga menyebabkan bakteri  di dalam mulut menjadi lebih banyak , ditambah kondisi saluran pencernaan yang kosong dalam waktu lama. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor pemicu bau mulut saat kita berpuasa.  Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Simak tipsnya berikut ini!
 
  • - Perhatikan faktor penyebab bau mulut, dengan begitu anda dapat melakukan   penanganan yang tepat. Ada 3 faktor penyebab bau mulut,  yaitu: Faktor pertama adalah masalah dari dalam mulut, misalnya gigi berlubang, karang gigi, dsb. Faktor kedua yaitu dari saluran nafas , pencernaan, atau penyakit lainnya. Faktor ketiga dari makanan  atau minuman yang dapat menimbulkan bau setelah beberapa saat mengkonsumsinya.
  • - Berikan perhatian ekstra pada kebersihan mulut anda dengan menyikat gigi dua kali sehari, pada saat puasa sebaiknya setelah makan sahur dan malam hari sebelum tidur. Bila perlu gunakan obat kumur sehabis sahur agar kesegaran mulut anda tetap terjaga.
  • - Konsumsilah buah-buahan penghilang bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Atau bila memungkinkan anda dapat meminum 2-5 cangkir teh hijau sehari, karena teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  • - Mengkonsumsi probiotik seperti yogurt juga dapat memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.
  • - Sebaiknya gunakan sikat gigi memiliki tekstur  halus dan rapat sehingga sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dibersihkan dengan menyeluruh.

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman