SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
6601 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Yuk, Memilih Menu Sahur yang Sehat

(Posted:2011-08-03 13:23:53)

 Apa menu sahur favorit Bunda dan keluarga? Di bulan puasa ini tentunya Bunda harus mempersiapkan makanan sahur untuk keluarga. Sahur bisa disetarakan dengan sarapan lebih dini, jadi dengan sahur tubuh memiliki cadangan energi. Dalam mempersiapkan sahur ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan, dengan begitu ibadah puasa dapat dilaksanakan dengan baik dan menyehatkan. 


Berikut ini beberapa tips dalam memilih menu sahur :

1. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat. Makanan yang mengandung serat mampu menahan rasa lapar lebih lama. Mengapa demikian? Tubuh kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Tidak hanya itu, serat juga bermanfaat untuk membersihkan usus. Makanan berserat ini dapat Bunda temui dalam sayur dan buah. 2. Tahukah Bunda, saat berpuasa kita kehilangan berat 1 hingga 2 kg, dan itu dalah air. Karena itu utamakanlah air dan elektrolit. Memulai puasa dengan restorasi cairan merupakan awal yang baik.
3. Biasakan juga makan sahur dengan makanan yang seimbang, yaitu, terdiri dari dari sumber karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan.
4. Makan sahur dilakukan dini pagi hari, karena itu seringkali kita tidak terlalu berselera untuk makan dan masih mengantuk. Nah, sebaiknya Bunda menyiapkan makanan dan minuman yang masih hangat dan segar dengan begitu dapat meningkatkan selera makan.

Berikut adalah contoh-contoh menu yang menutur dr Phaidon L Toruan sangat pas untuk bersahur:

1. Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun, cabai, bawang putih, kecap dan buah pisang.
2. Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang, putih 3, kuning 1 dan buah jeruk.
3. Bubur oatmeal dengan telur rebus dengan irisan tomat buah.
4. Sandwich, roti gandum, dengan butter, selai kacang, telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning kemudian disertai buah pepaya.
berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman