SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
4143 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Waspada Terhadap Bakteri E.Coli

(Posted:2011-06-08 14:52:13)

 Beberapa Negara di Eropa dan Amerika terserang bakteri Escherichia Coli (E.Coli). Sejak pertengahan Mei 2011 penyakit ini mulai mewabah di Jerman. Tercatat 1.733 kasus penyakit dan mengakibatkan 18 orang meninggal akibah wabah ini.

Kementerian Kesehatan juga telah memberikan himbauan melalui siaran pers  untuk meningkatkan kewaspadaan kepada seluruh jajaran kesehatan di Tanah Air, meskipun di Indonesia belum ditemukan adanya kasus starin E.coli yang sedang mewabah di Eropa dan Amerika Serikat.
 
Penyebab wabah ini berasal dari strain baru yang belum pernah dikenal oleh ilmuwan. Berdasarkan hasil penellitian strain bakteri ini merupakan bentuk mutan dari dua bakteri E coli, enteroaggregative E coli (EAEC) dan enterohemorrhagic E coli (EHEC). Apabila kedua bakteri ini bergabung, akan berbahaya bagi manusia. 
 
Masa inkubasi penyakit yang disebabkan bakteri E.coli ini berkisar 3 hingga 4 hari, dan pasien dapat sembuh dalam jangka waktu 10 hari. Namun dapat pula menjadi ganas  seperti kasus yang terjadi di Eropa yang disebut dengan Haemolytic Uraemic Syndrome (HUS). Gejala penyakit ini berupa sakit perut seperti kram dan diare. Pada sebagian kasus, bahkan dapat mengeluarkan diare berdarah (haemorrhagic colitis). Juga dapat timbul demam dan muntah.
 
Penyakit yang disebabkan bakteri E.coli termasuk penyakit menular, untuk itu diperlukan upaya pencegahan dengan bergaya hidup bersih dan sehat.Organisasi kesehatan WHO menyarankan 5 hal untuk keamanan pangan, yaitu  menjaga kebersihan, memisahkan bahan mentah dengan makanan matang, memasak makanan sampai matang, menjaga makanan pada suhu aman dan menggunakan air bersih untuk mencuci bahan pangan.
 
Bunda juga tak perlu khawatir, tapi tetap waspada dan berusaha melakukan pencegahan. Pada umumnya bakteri akan mati saat dimasak dengan suhu 70 derajat celcius selama 30 menit. 
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman