SITE STATUS
Jumlah Member :
470.296 member
user online :
2442 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bolehkah Bayi Diajak Keluar Nonton Bioskop ?

   

Bolehkah Bayi Diajak Keluar Nonton Bioskop ?

Posted:2017-04-26 16:07:57


Banyak orangtua muda saat ini yang suka mengajak bayi mereka bepergian ke tempat umum, seperti mall, bioskop, pameran, seminar, dan lain sebagainya meski usia si bayi masih sangat kecil. Padahal kepercayaan orang Indonesia yang sering kita dengar, sebelum berusia 40 hari bayi tidak boleh diajak keluar rumah. 

Menurut dr. Margaretha Komalasari SpA,RS Pusat Pertamina, bahwa pada dasarnya di usia berapa pun bayi boleh diajak keluar rumah, jika ada yang menyebut bayi baru boleh diajak keluar rumah saat usianya 40 hari,itu hanya mitos saja. Sebab, bicara daya tahan tubuh, si kecil pun sudah memiliki ketahanan tubuh. 

Tidak ada bukti ilmiah mengenai kapan bayi yang baru lahir diperbolehkan keluar rumah. Tetapi dengan segala pertimbangan, usia 3-4 bulan dianggap umur yang dinilai aman bagi si kecil untuk mulai bepergian keluar. Itu pun dengan catatan jaraknya tidak terlalu jauh, tidak terlalu lama, dan menggunakan transportasi yang aman serta nyaman (seperti mobil pribadi atau taksi).

Apabila Bunda ingin mengajak si kecil keluar rumah seperti bioskop diusianya dibawah usia 3 tahun, maka ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan, diantaranya: 

a. Upayakan Tubuh Si Kecil Tetap Hangat
Seperti yang kita ketahui suhu didalam ruangan theatre seringkali terasa begitu dingin. Hanya saja, udara yang terlalu dingin seperti didalam ruangan bioskop tidak akan cocok untuk si kecil. Bila tidak siaga, si kecil bisa saja merasa kedinginan.

Sebaiknya pakaikan selimut atau gunakan pakaian yang hangat untuknya. Bukan hanya itu, pastikan pula jika perut si bayi berada dalam keadaan kenyang untuk menghindari rengekan atau tangisan rewelnya yang akan mungkin menganggu oranglain.

b. Pertimbangkan Suara dalam Ruangan Bioskop
Efek suara yang dimunculkan pada ruangan bioskop umumnya selalu keras dan terdengar begitu bising. Hal ini umumnya dilakukan untuk menonjolkan sound effect pada film yang diputar. Akan tetapi, kegaduhan suara seperti ini, terutama suara yang mengejutkan atau yang memekakkan telinga akan mungkin membuat bayi bunda merasa tidak nyaman dan terkejut dan akhirnya menangis.

Oleh sebab itu, sebaiknya pertimbangkan kembali efek suara yang akan ditimbulkan dari menonton bioskop. Bila sekiranya suara dari sound terlalu keras, maka TIDAK sebaiknya bunda membawa serta buah hati bunda ke tempat seperti ini.

c. Jauhkan Si Bayi dari Orang Asing
Kondisi ruangan bioskop atau tempat mengantri yang dipadati oleh banyak orang, tak jarang membuat tangan-tangan jahil dan iseng selalu ingin bersentuhan. Terutama dengan si buah hati. Melihat rupanya yang lucu dan menggemaskan, oranglain yang melihat bayi bunda akan mungkin merasa gemas ingin mencubit, menyentuh atau mencolek buah hati anda.

Akan tetapi, sebaiknya jauhkan bayi bunda dari sentuhan sembarang orang guna menghindari perantara virus yang bisa masuk kapan saja kedalam tubuh si kecil.

Dalam hal ini, bunda pun perlu bersiap-siap menerima pandangan orang lain yang merasa tidak senang atau terganggu dengan kehadiran bayi bunda sebagai penonton cilik. Akan tetapi, bila semua peraturan sudah diperhatikan, maka bunda baru bisa menikmati pengalaman sebagai seorang ibu.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman