SITE STATUS
Jumlah Member :
475.734 member
user online :
3651 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Macam-Macam Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

   

Macam-Macam Gangguan Pada Kelenjar Tiroid



Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher tepat di bawah jakun. Kelenjar tiroid memproduksi 2 hormon, yaitu  T4 (tiroksin) dan T3 (triiodotironin) yang bertugas mengatur sistem metabolisme dalam tubuh sehingga peranannya sangat penting bagi kita.

Kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang, seperti mengatur suhu tubuh, memengaruhi pergerakan usus, denyut jantung, kekuatan otot, metabolisme lemak, serta karbohidrat dan protein.

Macam-macam gangguan pada kelenjar tiroid dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, di antaranya adalah:

- Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi terlalu sedikitnya hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita (terutama lansia) dan memiliki gejala-gejala umum seperti mudah lelah, mengantuk, geraknya lambat, konstipasi, kulit kering, kenaikan berat badan tanpa sebab jelas, serta lebih sensitif terhadap hawa dingin.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Prof Sri Hartini mengungkapkan bahwa terdapat 3-4% perempuan hamil yang mengalami hipotiroid dan diperkirakan akan melahirkan anak dengan kondisi cacat mental. Ibu hamil sebaiknya terhindar dari masalah ini agar anak dapat lahir dan bertumbuh kembang secara maksimal.

Pada usia dini, hormon tiroid sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan. Kondisi hipotiroid yang umumnya disebabkan kekurangan yodium (iodium) akan mengakibatkan penurunan intelegensia. Dalam jangka panjang, calon ibu akan melahirkan generasi yang lambat dalam merespons. Bayi yang sejak di dalam kandungan kekurangan yodium berat, akan mengalami kekurangan hormon tiroid. Selain gondok, hal itu akan menurunkan kapasitas intelektual dan fisik, retardasi (keterbelakangan) mental, dan defek mental. 

- Hipertiroidisme

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh, Anda bisa mengalami kelenjar tiroid overaktif atau hipertiroidisme. Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba meski nafsu makan meningkat, berkeringat, gugup, serta cemas.

- Penyakit gondok

Penyakit gondok atau struma (goiter) adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang umumnya menyebabkan benjolan pada leher. Selain benjolan yang menjadi gejala utamanya, penderita penyakit ini juga bisa mengalami perubahan suara, kesulitan bernapas dan menelan, serta rasa sesak pada tenggorokan. 

- Nodul tiroid

Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang timbul dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Namun jika nodul yang tumbuh cukup besar, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kesulitan menelan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Diagnosis disfungsi kelenjar tiroid perlu dilakukan sejak dini, yaitu melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui ada atau tidaknya pembesaran di daerah leher dan tes darah, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan USG, scan-tiroid, dan pengukuran kadar TSH dalam darah. Sedangkan bagi ibu hamil, melakukan skrining merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh penderita kekurangan yodium yang sering tidak menimbulkan gejala. 

Pengobatan disfungsi kelenjar tiroid antara lain melalui pembedahan kelenjar tiroid, pemberian sinar radioaktif, dan terapi sulih hormon. Operasi dilakukan manakala ukuran tiroid membesar sedangkan pemberian obat dilakukan bila penyakit tersebut sifatnya hormonal. Jika tiroid diangkat, ia harus mengonsumsi obat seumur hidup untuk mendapatkan sumber hormon tiroid lain. Konsultasikan kepada dokter Bunda, terapi apa yang paling tepat untuk dilakukan jika Bunda mengalaminya sesuai dengan kondisi Bunda saat itu. 
 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman