SITE STATUS
Jumlah Member :
475.734 member
user online :
3676 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Apa Itu Foremilk Dan Hindmilk ?

   

Apa Itu Foremilk Dan Hindmilk ?



ASI merupakan makanan paling baik untuk bayi? Kandungan ASI terdiri dari nutrisi yang baik, lengkap dan sempurna. Di dalam ASI terkandung protein, lemak, air, ganfliosida, dan yang terpenting dan tidak bisa didapatkan dari susu formula, ASI mengandung daya tahan tubuh atau immunoglobulin.

Apakah Bunda pernah mendengar istilah bahwa ASI terdiri dari 3 tipe: Kolostrum, Foremilk dan Hindmilk? 

Kolostrum tentu Bunda sudah mengetahuinya yakni cairan susu yang keluar pertama kali saat si bayi baru lahir. 

Foremilk atau orang biasa menyebutnya dengan ASI depan adalah ASI awal yang keluar setiap pertama kali si kecil disusui. Foremilk mengandung lebih banyak protein, karbohidrat dan vitamin, tetapi rendah lemak. Biasanya Foremilk tampak jernih karena mengandung lebih banyak air dan lebih sedikit lemak.

Foremilk mengandung laktosa yang penting bagi pembentukan otak bayi dan memenuhi kebutuhan bayi terhadap air minum. Selain itu, foremilk juga kaya akan protein yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mempercepat pembentukan saraf dan jaringan tubuh dan memperkuat daya tahan tulang serta kulit.

Melimpahnya air susu dalam payudara kadang membuat foremilk mengucur terlalu deras, sehingga bayi bisa tersedak atau bahkan menolak minum ASI. Cara mengatasinya adalah dengan memerah atau memompa foremilk sebagian hingga jumlah ASI dalam payudara menjadi sedikit berkurang dan aliran ASI tidak terlalu deras.

Hindmilk (ASI belakang) adalah ASI yang keluar sesudah beberapa menit si kecil menghisap ASI. Hindmilk keluar sesudah Foremilk. Kandungannya lebih banyak kalori dan lemak. Semakin sedikit jumlah air susu, semakin tinggi pula kandungan lemak di dalamnya sehingga bayi akan mendapatkan cukup energi dan merasa kenyang seharian. Warna dari Hindmilk tampak lebih cerah, putih susu dan lebih kental.

Lemak juga berperan penting dalam melindungi organ-organ vital dalam tubuh bayi yang belum terbentuk sempurna, sebagai sumber energi dan melindungi tubuh bayi dari serangan suhu panas maupun dingin.

Biarkan bayi Bunda menyusu pada satu payudara sampai kosong, baru berpindah ke payudara lainnya. Atau sekitar 15 menit untuk 1 payudara, baru berpindah ke payudara lainnya. Durasi menyusui yang normal adalah sekitar 25-30 menit, selebihnya bayi hanya mengisap puting susu tanpa menghisap air susu Bunda.

Indikator seimbangnya foremilk dan hindmilk selain peningkatan berat badan yang baik, juga melalui warna kotoran yang keluar. Bila berwarna keemasan (golden feces), artinya si bayi sudah mendapatkan foremilk dan hindmilk secara seimbang. Bila kotoran bayi berwarna coklat maupun hijau, artinya bayi tidak mendapatkan foremilk dan hindmilk secara baik sehingga diperlukan pengkajian lebih lanjut mengenai keadaan ini. 

Selain menjaga pola makan dan banyak minum air putih, penting bagi Bunda menyusui untuk menjaga kestabilan suasana hatinya. Rasa galau atau stres akan membuat detak jantung Bunda tidak teratur dan bayi Bunda dapat merasakannya ketika ia sedang menyusu. Ia pun akan merasa tak nyaman mendengarkan jantung yang berdetak tak karuan dan menolak untuk menyusu. 

Bunda senang, ASI pun lancar, buah hati pun sehat ^_^ 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman