SITE STATUS
Jumlah Member :
457.956 member
user online :
2521 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tidak Semua Spotting Berbahaya

   

Tidak Semua Spotting Berbahaya

Posted:2016-09-07 09:24:35


Di tengah kebahagiaan Bunda yang sedang hamil muda, tiba-tiba muncul flek, bercak kemerahan yang disebut spotting. Spotting umumnya dijumpai pada wanita yang tengah hamil muda, namun spotting yang terjadi dalam kurun waktu yang lama bisa jadi merupakan tanda keguguran. Sebelum panik dibuatnya, yuk cari tahu tentang si spotting ini!

1.   Tidak semua flek yang muncul merupakan tanda keguguran. Flek atau spotting dalam volume sedikit, tidak dalam kurun waktu yang lama dan tidak nyeri biasanya tidak perlu dicemaskan.

2.   Proses pelekatan sel telur pada dinding rahim bisa menimbulkan spotting. Biasanya kondisi ini tidak membahayakan selama tidak terjadi komplikasi lain.

3.   Spotting juga bisa muncul karena terjadi peradangan pada mulut rahim. Selain itu hubungan suami istri saat hamil muda bisa juga menimbulkan spotting karena mulut rahim menjadi lebih lunak.

4.   Embrio yang gagal berkembang dan sel telur yang menempel di luar dinding rahim (kehamilan etopik) ditandai dengan spotting hingga perdarahan yang cukup banyak. Kondisi ini membahayakan karena bisa mengancam nyawa Bunda.

5.   Perdarahan yang berlangsung terus menerus dengan jumlah volume yang semakin banyak dapat berujung pada keguguran. Terlebih lagi bila disertai nyeri di sekitar perut . Segera datang ke Rumah Sakit bila Bunda mengalami kondisi seperti ini.

6.   Jika keadaan Bunda mengkuatirkan, dokter dapat memberikan obat untuk mempertahankan kehamilan. Yang terpenting Bunda harus tetap tenang, berisitirahat yang cukup dan jangan dulu berhubungan suami isteri.

7.   Hentikan kegiatan berolahraga sejenak bila Bunda mengalami spotting. Sebaiknya berbaring dan beristirahatlah. Bila Bunda bekerja di luar rumah, mintalah ijin pada atasan Bunda dan bersantailah di rumah.

8.   Bila Bunda memiliki riwayat keguguran, dokter akan memberikan obat penguat (support) sebagai upaya pencegahan keguguran berulang. Jangan asal minum obat penguat, konsultasikan dulu ke dokter Bunda.

9.   Jangan menyalahkan diri Bunda bila muncul spotting. Spotting yang terjadi bukan dikarenakan aktivitas dan makanan tertentu. Hal ini terjadi karena memang adanya faktor genetik seperti kelainan kromosom.

10.  Kelainan kromosom yang terjadi dapat berujung pada perdarahan dan keguguran. Ini merupakan proses alami karena rahim menemukan ‘benda asing’ dan akan mengeluarkannya secara natural.

Setelah mengetahui tentang spotting Bunda kini tahu bagaimana harus menyikapinya. Semoga Bunda dan janin Bunda sehat terus ya!

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman