SITE STATUS
Jumlah Member :
485.969 member
user online :
1077 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kendalikan Emosi Saat Hamil

   

Kendalikan Emosi Saat Hamil



Saat hamil Bunda menjadi lebih emosional; marah-marah tanpa alasan yang jelas, menangis tanpa sebab, merasa kurang percaya diri dan bentuk bad mood lainnya. Hal ini membuat stigma bahwa wanita hamil menjadi sulit dimengerti. Bunda pun sadar bahwa biasanya Bunda tidak mudah emosional seperti sekarang, hanya saja Bunda tidak tahu bagaimana mengendalikannya.

Sebelum kita membahas bagaimana mengendalikan emosi saat hamil, kita cari tahu dulu penyebab Bunda hamil menjadi lebih emosional.

4 Penyebab
Ada setidaknya 4 penyebab wanita hamil menjadi begitu emosional, yaitu;
1.  Lelah
Wanita hamil sering kurang tidur karena mual pada trimester pertama, atau sulit mencari posisi tidur yang nyaman saat perut semakin besar. Lelah fisik membuat Bunda lebih emosi.
2.  Tidak nyaman
Keluhan seperti sakit punggung, sakit kepala, sembelit membuat wanita hamil sedih dan emosi, bahkan sampai ada yang menangis.
3.  Hormon
Hormon kehamilan membuat wanita hamil kehilangan kontrol pada setiap otot tubuhnya, termasuk kontrol kelenjar air matanya. Bunda mudah menangis saat emosi.
4.  Tidak aman
Wanita hamil sering dibayang-bayangi proses kelahiran yang menyakitkan. Ini membuat wanita hamil merasa tidak aman. Bunda juga takut akan karir Bunda yang telah lama Bunda perjuangkan. Hal ini bisa membuatnya emosi dan uring-uringan.

Kendalikan
Bunda bisa mengendalikan emosi Bunda dengan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan. bisa melalui media, seminar atau talkshow tentang kehamilan di radio-radio. Pahamilah bahwa ini adalah proses kehamilan yang dilewati setiap wanita hamil. Nikmatilah kehamilan Bunda yang hanya berkisar antara 9 hingga 9,5 bulan. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu mengendalikan emosi:
-  Bayangkan bagaimana lucunya wajah si kecil nanti
-  Ikuti kelas yoga atau senam hamil. bertemanlah dengan sesama ibu hamil lainnya.
-  Komunikasikan setiap apa yang Bunda rasakan pada suami. Mintalah suami untuk lebih mengerti Bunda saat ini.
-  Berendam dalam air hangat sambil mendengarkan musik lembut bisa membantu melepaskan stress dan membuat tubuh Bunda lebih rileks.
-  Bila tidak ada masalah dengan kelebihan berat badan, manjakan diri Bunda dengan mengonsumsi es krim dan cokelat.
-  Bila merasa stress dan sedih berlebihan, sebaiknya kunjungi psikolog untuk meringankan beban Bunda.
Bila Bunda mampu mengendalikan emosi, Bunda akan lebih menikmati kehamilan Bunda. nanti, ada saatnya dimana Bunda akan merindukan kehamilan ini.

Tips:
-   Pastikan hamil direncanakan dan dipersiapkan, sehingga Bunda tidak kaget menghadapi setiap proses dan perubahan saat hamil.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman