SITE STATUS
Jumlah Member :
457.467 member
user online :
3848 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mencegah dan Menangani Batuk Pilek

   

Mencegah dan Menangani Batuk Pilek

Posted:2015-01-28 14:43:00


Tak terasa waktu berjalan, kini si kecil tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas. Tahun ini ia mulai masuk sekolah dan mulai bersosialisasi dengan teman-temannya. Tetapi, kok sekarang ia jadi sering batuk pilek ya?

Hal ini sering dirasakan oleh orangtua yang anaknya baru masuk sekolah. Karena di sekolah anak-anak berinteraksi satu sama lain, tidak menutup kemungkinan ia tertular dengan anak yang kurang sehat saat itu. Maka dari itu, tak heran si kecil lebih sering sakit dibanding sebelum sekolah. Tetapi bukan berarti Bunda harus menghentikan si kecil bermain dengan teman-temannya, lho ya.

Dari sekian banyak penyakit, batuk pilek adalah penyakit yang paling sering menyerang anak. Bagaimana caranya supaya ia tidak mudah terserang batuk pilek dan bagaimana cara mengobatinya? Simak artikel berikut!

Perubahan Cuaca

Batuk pilek biasanya muncul saat perubahan cuaca, terutama dari kering ke musim hujan. saat perubahan cuaca imunitas atau daya tubuh anak menurun, sebaliknya, perkembangan virus dan bakteri meningkat.

Selain virus, batuk pilek juga bisa disebabkan karena alergi. Biasanya batuk pilek karena alergi bisa berlangsung hingga 2 minggu.

Sebagai upaya pencegahan, berikan makanan yang bergizi, ajari ia untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Kegiatan mencuci tangan memperkecil kemungkinan si kecil terserang virus yang menempel di tangan. Bila perlu berikan masker dan minta ia untuk mengenakan masker saat ada teman yang sakit di kelas.

Apa yang harus dilakukan?

Bunda tak perlu kuatir berlebihan. Memang sedih melihat hidung anak tersumbat dan batuk terus menerus. Tetapi batuk pilek akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari atau maksimal 10 hari. Berikut hal-hal yang harus Bunda lakukan saat si kecil terserang batuk pilek:

1. Cukup Tidur dan Minum
Pastikan si kecil cukup tidur. Tidur membantu imunitas tubuh menjadi lebih baik. Imunitas diperlukan untuk melawan virus penyebab batuk pilek. Jangan lupa untuk memberinya minum yang banyak supaya terhindar dari dehidrasi.

2. Udara bersih
Bila Bunda sedang merenovasi rumah, jauhkan si kecil dari debu-debu yang mengganggu pernapasannya. Bila memungkinkan, ungsikan si kecil dan bawa ke tempat dengan udara yang bersih yang sejuk.

3. Makan Bergizi
Cukupi kebutuhan gizi anak supaya imunitas tubuh meningkat. Kurangnya makanan bergizi membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah. Hentikan makanan cepat saji, cokelat dan permen.

4. Obat Sirup
Bila diperlukan (panas mencapai 38,5 derajat celcius) berikan obat penurun panas.

5. Lebih dari 10 hari
Bila batuk pileknya tak kunjung sembuh lebih dari 10 hari, segera ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Bunda sudah tahu apa yang harus Bunda lakukan saat anak batuk pilek dan tahu bagaimana cara mencegahnya. Jadi, Bunda tak perlu melarangnya untuk bermain dengan teman sekolahnya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman