SITE STATUS
Jumlah Member :
475.623 member
user online :
2603 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kapan Pulih dari Luka Melahirkan SC dan Normal?

   

Kapan Pulih dari Luka Melahirkan SC dan Normal?



Proses persalinan merupakan peristiwa yang menegangkan sekaligus membahagiakan bagi Bunda dan keluarga, disatu sisi Bunda harus mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk membantu si kecil melihat dunia. Disisi lain, kelahiran si kecil sangat dinantikan dan memberikan kebahagiaan bagi Bunda dan keluarga.

Umumnya, proses persalinan terbagi menjadi dua cara, yang pertama dengan proses persalinan secara normal. Dimana si kecil dapat terlahir dengan cara alami dengan adanya kontraksi  dari rahim Bunda. Setelah melahirkan, biasanya Bunda akan merasakan ketidaknyaman pada area genital, terlebih jika Bunda mendapatkan beberapa jahitan pasca persalinan. Namun, proses penyembuhannya tentu lebih cepat, aman dan alami untuk Bunda.  Tentu saja, jika diikuti dengan terjaganya kebersihan pada area genital.

Yang kedua adalah proses persalinan melalui tindakan SC (section caesarean). Pada cara SC, upaya yang dilakukan untuk keselamatan ibu dan bayi adalah dengan melakukan tindakan operasi. Tentu tindakan ini dapat dilakukan dengan beberapa syarat, semisal: jika persalinan normal dapat membahayakan nyawa Bunda atau si kecil, maka SC dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Bunda. Jika tidak ditemukan komplikasi pada kehamilan, sebaiknya persalinan normal tetap menjadi pilihan utama bagi Bunda.

Dalam proses ini, Bunda tidak akan merasakan sakit pada saat melahirkan si kecil. Rasa sakit tersebut baru dapat dirasakan setelah operasi selesai dan efek dari bius yang digunakan mulai menghilang , dimana luka jahitan akan mulai terasa nyeri. Pemberian obat pereda nyeri dan antibiotik merupakan hal yang umum diberikan pada Bunda untuk meredakan rasa nyeri tersebut.  Penyembuhan pada SC lebih lama ketimbang melahirkan secara normal, selain Bunda harus menunggu luka jahitan tersebut mengering, pembatasan ruang gerak juga perlu diperhatikan oleh Bunda, agar proses penyembuhan berjalan baik.

Selain itu, kontrol ulang ke dokter kandungan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Bunda. Umumnya, seminggu setelah melahirkan Bunda diwajibkan agar melakukan kontrol ulang agar dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan pada luka bekas operasi tersebut. Proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama lagi jika ditemukan komplikasi yang timbul.

Pada kedua proses tersebut, pemenuhan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan dalam masa-masa pemulihan. Jadi, demi mempercepat proses penyembuhan, Bunda diharapkan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, selain dapat mempercepat proses penyembuhan, nutrisi tersebut juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas ASI Bunda.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman