SITE STATUS
Jumlah Member :
485.621 member
user online :
2025 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cokelat Bukan Hanya Teman si Kecil

   

Cokelat Bukan Hanya Teman si Kecil



Hari Valentine baru saja lewat. Mungkin beberapa cokelat pemberian orang-orang tersayang masih berada di lemari es Bunda. Hmmm… Siapa sih yang tidak suka cokelat? Dari anak kecil sampai orang dewasa kerap menjadi penggemarnya.
Namun tahukah Bunda bahwa sebenarnya cokelat bukan hanya bisa dimakan atau diminum. Buah cokelat yang sesungguhnya memiliki rasa pahit ini bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Segi Kesehatan
Dari segi kesehatan buah cokelat dipercaya sangat baik untuk jantung dan otak. Peneliti bernama Oscar H. Franco , MD. Phd dari University of Cambridge  di UK menyatakan, mengonsumsi cokelat secara teratur dapat mengurangi resiko sakit jantung dan stroke. Tetapi hati-hati, cokelat yang dimaksud bukanlah biskuit cokelat, chocolate bars, atau minuman cokelat yang kandungan kalori dan gulanya tinggi. Cokelat yang paling baik adalah cokelat yang kandungan flavanolsnya tidak dibuang. Tetapi banyak produsen cokelat yang membuang flavanols karena rasanya yang pahit dan menggantinya dengan susu dan gula. Cokelat yang hanya mengandung lemak dan gula tentu saja akan merugikan kesehatan, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan.
Selain itu, beberapa penelitian mengungkapkan mengonsumsi cokelat dalam jumlah cukup dapat meredakan stress. Hal ini karena dengan mengonsumsi cokelat, kita akan merasa lebih senang. Maka dari itu stress dapat segera berkurang. Sekali lagi, bila berlebihan justru dapat menjadi penyebab stress itu sendiri.

Segi Kecantikan
Pakar kecantikan kerap kali menggunakan cokelat sebagai metode perawatan unggulannya. Selain alami, cokelat juga mengandung Polyphenol yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Polyphenol  berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan tubuh dari radikal yang dapat merusak sel-sel kulit. Bukan hanya buahnya, minyak cokelat pun digunakan untuk menghaluskan kulit, bahkan dikabarkan memiliki keunggulan lebih dibanding minyak kecantikan mana pun.
Sejak dulu cokelat terutama minyaknya banyak digunakan untuk membuat kosmetik, seperti lipstik misalnya. Dengan menggunakan lipstik berbahan dasar minyak cokelat, membuat bibir si pemakainya berminyak dan lembut.

Tips :
-       Pilih cokelat yang masih mengandung flavanols. Bila terlalu manis justru malah akan membahayakan jantung dan pembuluh darah.
-       Jangan mengonsumsi berlebihan. Bukan menyehatkan salah-salah malah merugikan kita.
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman