SITE STATUS
Jumlah Member :
484.386 member
user online :
2382 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Diet Sehat Setelah Lebaran

   

Diet Sehat Setelah Lebaran



Beberapa hari lalu kita telah merayakan Hari Kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri dikatakan juga hari kemenangan karena  kita telah mampu mengalahkan hawa nafsu selama satu bulan di bulan Ramadhan. Bila di bulan Ramadhan kita menahan rasa lapar, justru sebaliknya di hari Lebaran tersedia berbagai menu masakan istimewa di dapur. Ketupat misalnya yang selalu menjadi menu wajib kala Lebaran.

Ketupat biasanya disantap dengan berbagai kuah bersantan seperti sayur pepaya muda dan opor ayam.  Es sirup yang menggiurkan menjadi menu minumannya, dilengkapi dengan  kue-kue kering manis di dalam toples-toples lucu. Hmmm… siapa yang mampu menolak berbagai  hidangan lezat seperti itu.

Tetapi tahukah Bunda bahwa makanan lezat itu bisa membawa petaka bila Bunda tidak mengatur kadar konsumsinya. Dengan menyantap hidangan bersantan dan manis dalam beberapa hari,  tentu saja kolesterol Bunda bisa melonjak drastis. Untuk itu Bunda perlu menetralisirnya dengan mulai melakukan diet sehat kembali. Bukan hanya Bunda, lho yang perlu berdiet. Ayah dan si kecil juga perlu mengatur kembali dietnya.
Menu Sehat Setelah Lebaran

Biasanya keluarga di rumah hanya menyantap makanan yang Bunda hidangkan. Maka dari itu tugas Bundalah untuk memilih hidangan sehat setelah Lebaran untuk keluarga tercinta.

Tinggalkan menu masakan bersantan setidaknya satu minggu. Masaklah sayur bening, misalnya sayur bayam dengan potongan jagung rebus. Pilih menu ikan daripada daging atau ayam. Tempe dan tahu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan perkedel kornet atau bakwan udang. Jangan lupa untuk menyimpan kembali kue-kue kering sisa lebaran dan siapkan selalu buah-buahan di lemari es.

Selain mengatur menu makanan sehari-sehari untuk keluarga, Bunda juga perlu melakukan diet untuk Bunda sendiri. Berikut tipsnya :

-Bila berat badan naik terlalu banyak, ada baiknya Bunda mengurangi asupan gula untuk beberapa hari.
-Santaplah menu rendah kalori terlebih dahulu sebelum makan menu lainnya. Misalnya sup kaldu, salad buah, sayuran. Bila terdapat menu berkalori tinggi, usahakan itu menjadi urutan yang terakhir sehingga perut kita sudah terasa penuh untuk menambahkan sepotong daging lagi.
-Singkirkan camilan kue-kue kering sisa Lebaran. Salad buah dan sayur segar bisa menjadi pilihan.
-Jangan lupa santap buah-buahan segar setelah makan supaya pencernaan sehat kembali.
-Mulailah kembali teratur berolahraga.  Bila Bunda mengurangi waktu berolahraga Bunda saat Ramadhan, sudah saatnya mengembalikannya ke waktu semula.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman