SITE STATUS
Jumlah Member :
301.520 member
user online :
2462 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (2)

   

Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (2)

Posted:2010-12-01 15:00:29


Bila minggu lalu kita membahas tentang persalinan normal, seperti janji infobunda, minggu ini kami akan mengulas tentang persalinan secara Caesar.
Persalinan Caesar adalah proses kelahiran bayi yang bukan melalui vagina melainkan perut. Normalnya persalinan Caesar akan ditempuh bila ditemukan adanya kelainan kondisi jalan lahir, misalnya panggul terlalu sempit. Pada kondisi panggul yang terlalu sempit sangat beresiko bila dilakukan persalinan normal. Dikuatirkan akan timbul trauma pada Bunda dan juga janin. Dokter juga akan memberikan saran untuk bersalin Caesar bila melihat tenaga atau energi Bunda yang tidak memungkinkan bersalin normal. Kondisi janin juga menjadi bahan pertimbangan, seperti janin tidak dalam posisi siap lahir, melintang, tertekan terlalu lama di panggul, dan bila ternyata kondisi denyut jantung janin melemah.

Pemulihan bersalin caesar memakan waktu lebih lama daripada bersalin normal. Yang paling jelas adalah setelah Caesar Bunda belum dapat memberikan ASI bila kondisi Bunda belum pulih setelah operasi. Biasanya akan memakan waktu 6-8 jam setelah operasi.
Ada beberapa kemungkinan masalah yang bisa muncul setelah persalinan caesar, yakni :
• Bekas operasi terinfeksi
Bunda harus ekstra higienis dengan bekas sayatan pada operasi Caesar. Hindari jahitan terkena air kurang lebih enam pekan. Bila tak sengaja terkena air segera keringkan. Gunakan pakaian longgar supaya bekas jahitan tidak banyak tergesek.
• Cemas bila berhubungan intim lagi
Kekuatiran ini kerap melanda para Bunda sehingga menimbulkan rasa sakit di vagina saat berhubungan intim. Jangan terkecoh, rasa sakit itu muncul karena Bunda terlalu takut dan cemas bukan karena proses bersalin caesar.

Setelah bersalin Caesar, masih bisakah bersalin normal pada proses kelahiran berikutnya?
Para pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologist menyatakan sekitar 60-80% wanita yang bersalin secara Caesar bisa melahirkan secara normal nantinya. Tentunya dengan beberapa syarat :
-    Berikan selang waktu hamil minimal 2 tahun setelah operasi Caesar
-   Bukan karena panggul yang sempit dan plasenta plasenta previa (plasenta yang menutupi jalan lahir)
-    Apabila dokter menyatakan bekas jahitan memungkinkan persalinan normal
-    Lakukan percobaan persalinan normal setelah persalinan Caesar (Vaginal Birth After Cesarean) di rumah sakit, sehingga bila persalinan normal tidak memungkinkan dapat segera diambil tindakan Caesar.

Nah, kini Bunda sudah tahu tentang persalinan normal dan Caesar. Bila faktor-faktor penyebab bersalin Caesar tidak ditemukan, jangan memilih bersalin Caesar hanya untuk menghindari rasa sakit. Tanamkan dalam pikiran Bunda kalau proses kelahiran adalah sesuatu keajaiban yang tak terlupakan seumur hidup. Selamat menyambut datangnya sang buah hati!

 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman