SITE STATUS
Jumlah Member :
501.873 member
user online :
1191 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Olahraga untuk Anak Prasekolah

   

Olahraga untuk Anak Prasekolah



Siapa sih yang tidak tahu manfaat berolahraga? Meski mungkin tidak secara spesifik tapi kita semua tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Biasanya ketika kita berbicara mengenai olahraga kita hanya memperhatikan olahraga untuk anak sekolah, remaja, dewasa sampai manula. Tetapi ternyata ada juga lho berolahraga untuk anak usia 1-5 tahun (prasekolah).

Dr. Ade Tobing, SpKO dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengingatkan orangtua perlu menyadari bahwa anak memiliki ciri khas yang berbeda dari orang dewasa, yakni proses pertumbuhan dan perkembangannya yang terlihat dari pertambahan tinggi dan berat badannya.

Anak usia prasekolah perlu bergerak yang bisa didapatkan saat mereka bermain, “anak bergerak saat bermain, itulah olahraga untuk mereka.” Jelasnya.

Namun, Bunda perlu mengatur durasi bermain untuk si kecil.   Lama bermain yang baik yakni selama 60 menit yang dikumulatifkan dalam sehari. Artinya Bunda bisa menyicil bermain 10 menit pada pagi hari, lalu 15 menit pada siang hari dan selanjutnya sampai mencapai target 60 menit. Hal itu tentu tidak sulit mengingat anak-anak senang sekali bermain.

Lebih lanjut dr. Ade memaparkan manfaat berolahraga untuk prasekolah ini memiliki kemampuan ganda, karena selain untuk meningkatkan kesehatan jasmaninya saat ini, sekaligus bisa menjadi dasar dari kesehatannya di masa mendatang. Dengan aktif melakukan latihan jasmani, anak telah memulai lebih awal gaya hidup sehat yang akan melindunginya dari penyakit kurang gerak seperti penyakit jantung, diabetes, kegemukan, osteoporosis dan lain-lain.

Berdasarkan kesiapan motorik dan kognitif (Sherman), latihan jasmani bagi anak usia 2-5 tahun adalah dengan melakukan keterampilan motorik sederhana, misalnya melompat, melempar, menangkap, berlari. Tetapi ingat, anak fun itu lebih penting, jangan memaksakan anak untuk mengikuti gerakan yang menurutnya aneh.

Nah tugas Bunda adalah memilah jenis bermain yang cocok untuk si kecil, sehingga selain anak fun mereka juga berolahraga. Selamat mencoba!

Tips :

    * Berikan gizi yang seimbang supaya anak tetap aktif.
    * Bermain bola, memasukkan bola ke dalam keranjang, berlari jarak pendek bisa menjadi pilihan.


Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman