SITE STATUS
Jumlah Member :
480.336 member
user online :
2646 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Amankah menu Lebaran untuk Wanita Hamil?

   

Amankah menu Lebaran untuk Wanita Hamil?



Beberapa hari lagi kita akan meninggalkan bulan Ramadhan dan memasuki bulan Syawal, bulan kemenangan bagi umat muslim. Untuk menyambut hari istimewa ini biasanya para Bunda disibukkan dengan membuat menu-menu khas lebaran. Sebut saja mulai dari ketupat sayur, opor ayam, rendang sampai sambal tumis sudah menjadi menu wajib setiap tahunnya. Belum lagi kue-kue kering yang manis yang semuanya itu mengandung lemak.

Untuk Bunda yang sedang hamil tentu saja Bunda tidak bisa menyantap makanan-makanan itu seperti layaknya saat Bunda tidak hamil.

Dr. Martina Claudia, SpOG yang praktek di Eka Hospital dan Siloam Hospital memberi ‘bekal’ pengetahuan pada Bunda sebelum Lebaran tiba.

Dr. Claudia menjelaskan dari keseluruhan kalori yang dibutuhkan ibu hamil, Bunda hanya boleh mengasup 15 % lemak.

Makanan yang perlu diseleksi :
  • Makanan Bersantan
    kita semua tahu kandungan santan menyimpan banyak lemak dan sebaiknya Bunda membatasi mengonsumsi makanan jenis ini. Membatasi bukan berarti tidak boleh, boleh saja menyantap ketupat sayur dengan rendang tetapi dagingnya sepotong saja ya, Bun. Santannya saja sudah berlemak, belum lagi ditambah dagingnya.
  • Kulit Ayam
    selain daging juga pasti ada menu ayam, misalnya opor ayam. Bunda boleh mengonsumsi ayam tetapi hindari kulit ayam karena kulit ayam banyak sekali mengandung lemak.
  • Daging kambing
    sebaiknya Bunda menghindari daging kambing apalagi kalau Bunda memiliki darah tinggi.
Menghindari makanan-makanan di atas tentu saja bukan tanpa alasan. Kalau Bunda tidak mengontrolnya bisa mengakibatkan sulitnya proses pencernaan makanan sehingga asam yang dikeluarkan meningkat dan berpotensi menyebabkan iritasi lambung. Selain itu juga mempengaruhi komposisi darah, membuat pembuluh darah menjadi lemah yang berujung pada meningkatnya tensi darah.
“Pada dasarnya semua makanan boleh dikonsumsi ibu hamil, hanya saja perlu dibatasi.” Pesan dr. Claudia.

Tips :
Ingat! Jangan hanya demi kepuasan makan, Bunda mengabaikan kesehatan si jabang bayi.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman