SITE STATUS
Jumlah Member :
482.246 member
user online :
2686 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Apoteker



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Apoteker ini diasuh oleh seorang apoteker profesional Rachel, S.Farm, Apt yang saat ini aktif sebagai bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

saw palmetto
Oleh :


selamat sore. apakah saw palmetto bisa mengobati hirsutisme? dan apakah tersedia di apotik? mohon jawabannya. terima kasih
   
 
Rachel, S.Farm, Apt menjawab


Dear Bunda,



Hirsutism adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan rambut pada wanita seperti pria. Hirsutism seperti tumbuhnya rambut pada wajah, dada dan punggung. Jumlah bulu yang dipunyai ditentukan dari genetis. Hirutism dapat disebabkan karena hormon pria yang disebut androgen, biasanya tetosterone. Kombinasi dari perawatan tubuh dan terapi medis dapat mengatasi hirsutism. 

Hirsutism dapat disebabkan oleh : 

•    Polycystic ovary syndrome (PCOS). 

Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seks yang dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, obesitas, infertilitas dan bahkan tumor pada ovary. 

•    Cushing's syndrome. Cushing's syndrome terjadi karena tubuh terekspose dengan kortisol level tinggi. Hal ini disebabkan kelenjar adrenal memproduksi kortisol terlalu banyak atau dapat disebabkan dari obat seperti prednisone dalam jangka panjang. 

•    Congenital adrenal hyperplasia. Kondisi turunan ini dikarakterisasi dari produksi abnormal hormon steroid seperti kortisol dan androgen oleh kelenjar adrenal, 

•    Tumors. 

•    Obat-obatan



Pengobatan untuk hirsutism perlu dikonsumsi beberapa bulan sebelum terlihat perubahan yang signifikan. Obat untuk hirsustism seperti :

•    Kontrasepsi oral. Kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen dan progestin dapat mengatasi hirsutims dengan menghambat produksi androgen. 

•    Anti-androgen. Obat ini menghambat pengikatan androgen dengan reseptor dalam tubuh. Obat anti androgen yang umum digunakan adalah spironolakton. Obat ini dapat menyebabkan gangguan janin. 

•    Krim. Krim yang mengandung eflornitin dapat menurunkan pertumbuhan rambut baru, namun tidak menghilangkan rambut yang sudah ada. 

•    Saw palmetto adalah tanaman yang buahnya digunakan untuk pembuatan obat. Saw palmetto sering digunakan unruk pembesaran prostat, batuk, pilek, asma, diuretik, sedatif, afrodisiak dan juga mengatasi migran. Saw palmetto punya efek anti androgenik, makam menurunkan level hormon pria yang diharapkan dapat mengatasi hirsutism. 



Demikian jawaban saya, semoga membantu bunda. Terima kasih


   
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.



Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman