SITE STATUS
Jumlah Member :
139.407 member
user online :
4939 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: terasa nyeri saat usia kehamilan 8 bulan

New Topic :  
10-12-2013 10:59:20 Booster ASI... Mamasoya
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
Mamasoya hadir untuk membantu produksi, menambah jumlah dan kualitas ASI.... bisa di minum saat usia kehamilan 8 bulan dan sampai proses menyusui selesai...

setiap kemasan isi 200gr
harga per dus 27.000

hubungi : MAYA 08122338187 atau bbm ke 76722A88
   
Jumlah Posts : 1379
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bunda2,,,salam kenal
saya mau share nih tapi kehamilan saya udh menginjak bulan 8,,,udh hampir lahir yah,,tapi saya punya pengalaman dan sedikit saran,,,semoga apa yg saya alamin ga di alamin sama bunda2 yg kehamilan'a baru menginjak be2rapa minggu dan kehamilan yg pertama x....

di minggu2 awal saya sempet ngeflek tapi hanya 2 hari...berat badan saya sempet naik 4 kg di bulan ke 2 tapi di bulan ke 3 dan 4 berat badan saya turun 1-2 kg...di bulan ke 5 berat badan saya naik sampe 4 kg,,,,tapi saya suka merasakan nyeri di sebelah kanan,,,,dan kencang di sebelah kiri.....dan suka sesak bila mengerjakan apa2 walaupun hanya berjalan,di bulan ke 6 saya cek up seperti biasa dan setiap cek up saya selalu di usg dan bilang keluhan2 saya, Dr.saya hanya bilang kl baby saya sungsang....dan saya di suruh nungging sebelum dan bangun tidur setidak'a 5 menit.... di bulan ke 7 Dr.saya masih bilang kl baby saya sungsang dan tidak mengatakan apa2 selain itu .....dan salah'a saya, saya tidak bertanya lebih detail kenapa baby saya sungsang.....menginjak usia kehamilan 8 bulan dan tepat'a awal bulan ini saya pindah Dr. dan rumah sakit yg dekat dengan rumah....di Dr.yg kedua kaget kenapa baby saya masih sungsang....dan saya ceritakan keluhan2 saya...akhir'a saya di usg..dan di RS yg kedua ini usg'a lebih detail di cari apa masalah'a...akhir'a kejawab kenapa baby saya sungsang..ternyata plasenta baby saya nutup jalan lahir....dan itu sudah dari awal plasenta'a menempel di sana....dan posi2 baby saya melintang...kepala di sebelah kiri....saya kecewa dengan Dr.pertama saya mengapa dia tidak mengatakan apa2 saat pemeriksaan rutin..hanya bilang kl jantung'a bagus,,ini itu' bagus tapi ga bilang kl plasenta baby saya ada di bawah mungkin bila dia bilang saya akan tanya apakah ada jalan supaya posi2 plasenta bisa pindah posi2'a....Dr.kedua saya tanya apakah saya pendarahan? saya jawab tidak...lalu dia bilang kl di tunggu sampe waktu'a lahir..yg keluar pertama x darah bukan ketuban dan dia bilang jalan terbaik cesar.....ya saya pasrah...keinginan saya untuk merasakan melahirkan pertama x secara normal pu2s...tapi kl memang jalan terbaik'a harus cesar ya saya harus terima....

jadi untuk bunda2 yg kehamilan'a baru menginjak be2rapa minggu saran saya saat pemeriksaan rutin di tanya lebih detail dimana letak plasenta jadi bila kasus'a seperti saya mungkin ada jalan supaya plasenta bisa pindah posi2'a..apakah baby kenapa2 dan sebagai'a..ya bunda2 harus lebih cerewet nanya...jangan seperti saya terima aja pa yg di sampaikan Dr.dan ga tanya lebih detail...ya maklum nama'a juga kehamilan pertama.....jadi iya..iya aja apa yg di bilang Dr.
semoga pengalaman saya ini berguna untuk bunda2 semua......
   
10-07-2013 19:33:36 hamil tua dan muda
Jumlah Posts : 669
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Andien Thetwin Sister"z,
Mungkin yang dimaksud oleh dokter tentang saudara bunda yang baru melahirkan adalah berat badan lahir bayi tidak sesuai dengan berat pada usia kehamilan 8 bulan, tetapi sesuai dengan berat pada usia kehamilan 7 bulan. Pada kehamilan dan persalinan semakin tua usia kehamilan semakin matang paru - paru janin, dan janin siap dilahirkan sejak usia kehamilan 37 minggu sampai dengan 42 minggu.
Untuk travelling sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   


Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda.....

Mau tanya nich pada usia kandungan 8 bulan apa permah merasakan mules sehabis buang air besar?apakah itu membahayakan bagi kandungan ?

apa itu termasuk kontraksi palsu yang biasa dirasakan pada usia kehamilan 8 bulan?
tolong di share dunk bunda.

kebetulan saya memasuki usia kandungan 8bln sering merakasan mules pada saat mau buang air besar dan setelah buang air besar mules yang tidak tertahan sama sepeti mau melahirkan.

thanks tolong di share ya buuu jika ada info
   
Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : 1
 Bunda,
pernah nggak kalian merasakan perut terasa kencang di bagian bawah
saat usia kehamilan 4 bulan?
kenapa ya?
gimana cara mengatasinya?
mohon sharenya ya.
mksih
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : 2

Bun2,
selangkangan ku sakit saat memasuki usia kehamilan 8 bulan.
Apa benar di akibatkan oleh kepala baby yang sudah terkunci di jalan lahir / pinggul???
butuh saran dari bun2 semua donk, many thanks :)

mom's to be
~evin~

   
08-08-2008 16:37:05 Muncul pegel disaat Hamil
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda,
Kalo masalah pegel2 sih saya rasa memang udh bawaan hamil kali ya.. Tapi yg saya alami ini bukan pegel2, tp kata org bilang "naik betis" atau apalah istilahnya. Urat2 yg di betis rasanya tegang waktu saya tidur malam. Bisa sampe 2 atau 3 kali saya mengalaminya tiap malam. Sakit banget rasanya, blm lagi suami kasian tiap malam selalu saya bangunin untuk sekedar ngurut kaki saya yg bermasalah tadi. Sekedar informasi, kamar tidur saya berada di lantai 2 (karena saya masih tinggal sama mama dan kamar yg di lantai bawah hanya ada 1 yaitu kamar mama).  Kalo kata mama sih biasanya keluhan itu muncul pada saat usia kehamilan 8 atau 9 bulan. Sementara usia kehamilan saya masih 6 bulan, kok  bisa gitu ya??
Apa memang ada pengaruh naik turun tangga itu ya??? Saya belum konsultasi lg ni karena hal ini saya rasakan baru 3 hari terakhir. Mohon infonya ya bun... Terima kasih.
   
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
@ windy : cuma skedar berbagi cerita ya bun, dulu wakty hamil anak pertama.dari usia hamil 3 minggu sampai usia kehamilan 8 bulan saya mual... Bahkan satu selama 8 bulan kehamilan saya cuma makan buah dan susu hamil, setiap kali dimasukkin makanan itu pasti keluar. Sesaat sblm melahirkan pun, sdh pembukaan ke 4 saya muntah, saking mual dan merasakan sakitnya kontraksi... tapi alhamdulillah proses melahirkannya lancar secara normal dan bayi saya waktu itu berat badannya 2,9 kg. Pjg 50 cm. kata dokter ini kondisi bayi yg normal utk ukuran saya sbg ibunya yg bertubuh mungil. Saya baru bisa.makan nasi setelah babynya lahir, semua atas kekuasaan Allah... :)
   
Jumlah Posts : 1379
Jumlah di-Like : belum ada like
 Hai...
Putraku lahir tgl 14 Agustus 2010 pagi pk. 07.27 WIB dengan operasi Caecar. Maunya Normal, Tapi di usia kehamilan 8 bulan tiba" posisi janin yg sdh oke berubah jadi sungsang (Kepala di atas). Karena aku mangalami kecelakaan lalin, jatuh dari motor.
Setelah berusaha dgn senam sujud, ternyata janinku tdk mau kembali ke posisi awalnya. Jadi hrs operasi. Akhirnya aku pilih tanggal 14 karena : 1. Hari Sabtu (jadi banyak yg bisa kasih support), 2. Merupakan Hari Pramuka (ibu mertua aktivis Pramuka), 3. Sudah berat rasanya bawa "tambur" kemana-mana.
Perawatan selama ini biasa saja. Hanya karakter anakku ini agak "malas", tapi begitu datang MOODnya.... wah...tidak bisa ditahan!
Kena Typhus diusia 9 bulan, diopname 3 hari. Di usia 18 bulan di diagnosa Flek Paru... Berobat dgn tekun (untung gampang kalo minum obat....) selama 7 bulan dan akhirnya sembuh. Tapi baru 10 hari yg lalu kena diare &demam tinggi sampai stuip. Langsung ke UGD, dirawat 4 hari..... Typhus lagi.... Padahal tdk jajan, makan rumahan, bersih...
Yah...itulah pengalamanku &balita ku....

   
Jumlah Posts : 512
Jumlah di-Like : 7
Dear bunda..
Yukk sharing keluhan2 bunda selama kehamilan di trisemester akhir ini.....
sejak usia kehamilan 8 bulan kaki sy mulai mengalami bengkak....sy kira itu bukan bengkak krn rasanya gak sakit sih..cm pegel2 aja...buat jalan jg lancar aja...tp ya itu kliatan gemuk gede bun...makanya mertua bilang itu bengkak...OOoooo...baru tau sy..hehe. Kirain klo bengkak tuhh sampe susah jalan bun...n sakit bgt. 
Keluhan kedua adalah... gusi berdarah....hikszz...sedih klo sikat gigi gusi slalu berdarah...krn ada gusi yg mengelupas bun...parah bgt niee...jd gak brani sikat gigi di bagian itu mungkin krn hormon kehamilan ya bun...
apakah ada bunda yg mengalami spt saya?? Thanx sebelumnya 
   
12-02-2011 12:08:42 Kandungan Lemah
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9
"Dalam istilah medis kandungan lemah adalah adanya gangguan pada leher rahim (serviks) yang disebut dengan inkompetensi serviks. Rata-rata setiap usia kehamilan 4 bulan, ibu tersebut akan mengalami keguguran,"
menuturkan penyebab dari inkompetensi serviks adalah adanya ketidaknormalan atau kelemahan dari bentuk serviks. Seharusnya serviks belum terbuka saat usia kehamilan 4 bulan, tapi karena ketidaknormalan tersebut serviks mengalami pembukaan yang menyebabkan hasil pembuahan keluar dari rahim atau mengalami keguguran.

Penyebab dari inkompetensi serviks ini adalah:
1. Akibat faktor bawaan atau keturunan
2. Proses kuret yang membuat trauma sehingga menghasilkan efek samping pelemahan serviks
3. Penyakit kolagen (di mulut rahim ada zat kolagen dan ini salah satu faktor risikonya)
4. Akibat adanya infeksi dari luar rahim.

"Kalau 1-2 kali keguguran itu masih normal, tapi kalau kegugurannya terjadi sebanyak 3 kali secara berturut-turut maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa penyebab dari keguguran tersebut,"

Pemeriksaan yang dilakukan bisa berupa tes darah dari kedua orangtua untuk melihat kromosomnya atau bisa juga menjalani pemeriksaan ACA (anticardiolipin) yaitu pemeriksaan kekentalan darah. Jika sang calon ibu terkena sindrom ACA, maka darahnya akan cepat mengental yang mengakibatkan aliran darah ke janin terhambat sehingga janin kekurangan zat gizi dan oksigen.

Penyebab keguguran yang paling besar adalah akibat kelainan kromosom yang disebabkan oleh orangtuanya yaitu sekitar 60 persen. Kelainan ini disebabkan karena saat proses pembuahan tersebut sel telur atau spermanya tidak bagus. Faktor risiko untuk kelainan kromosom ini terjadi pada perempuan di atas usia 35 tahun dan laki-laki diatas usia 55 tahun. Sedangkan penyebab keguguran lainnya adalah adanya infeksi yang terjadi saat usia kehamilan masih muda, kasusnya sekitar 20-30 persen.

"Kehamilan itu seperti hukum alam. Untuk mencegah keguguran, ibu hamil harus istirahat yang cukup. Jika mengalami flek sebaiknya ibu hamil istirahat total di rumah saja juga nggak ap-apa,"  jika penyebab keguguran sudah diketahui dan bisa diobati dengan baik, maka ibu tersebut boleh hamil lagi asalkan sudah selesai masa nifas dan fungsi reproduksi bekerja dengan baik.


   
Jumlah Posts : 144
Jumlah di-Like : belum ada like
yg aku baca dari artikel adalah saat usia kehamilan 5 bulan n 7 bulan...
skarang aq 22w,,,kmarin waktu 20w aku kontrol ke dokter n nanya perlu suntik ga,,,katanya lebih baik suntik aja...mencegah lebih baik daripada mengobati...gitu katanya...
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

bunda-bunda yang cuantik...

kalo saya keliatan hamilnya pas 7 bulan.. mungkin karena pada dasarnya body ku tinggi n besar.. jadinya wajarlah kalo ga keliatan.. tapi yang jelas semakin tua usia kehamilan kita pastinya akan membuncit dgn sndirinya...hehehe Malah sampai usia kehamilan 8 bulan skr tetanggaku masih kirain sy cuma tambah ndut aja...

jadi bunda2 yg masih 2-3 bulan sabar yaaaa... pasti ntar kliatan kok... It's an amazing experience ngerasain ada makhluk hidup di dalam rahim kita, apalg kalo dah rajin latihan karate hehehe...

Bun, doain yaaa, smoga persalinanku lancar dan sehat Insya Allah bulan depan... Amiiiinnn... Salam kenal


   
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
yup,posisi bayi dalam perut emang gerak terus bun, nah klo udah saatnya posisi kepala bayi dibawah di usia kehamilan 8 bulan sampai HPL nya tiba. bunda ikut senam hamil aja. nanti diajarkan di senam hamil, klo memang posisi bayinya sungsang. oiya, klo bunda sholat disaat sujud aga di lamain dikit aja bun kira2 setiap sujud 2-3 menit. smg bisa membantu, salam manis. Bunda Nenni & Zahwa
   
22-01-2008 17:00:06 mau tanya nih bunda
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
Allow Bunda... dapet info dari browsing nih, tapi sayang lupa webnya apa, cuman kebetulan ada soft copynya. Semoga membantu.



KEBUTUHAN IBU DAN BAYI

* Persiapan sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan 7 bulan. Minta bantuan suami/keluarga jika ibu diharuskan beristirahat total akibat akibat kondisinya.

* Buat daftar keperluan bayi yang pokok dahulu. Tak semua perlengkapan harus dibeli. Misal changing table bisa digantikan fungsinya dengan tempat tidur biasa atau matras. Boks bayi bisa digantikan dengan tempat tidur biasa. Kereta dorong atau keranjang bayi bisa digantikan dengan gendongan. Kalau mau yang murah, beli perlengkapan second hand dari teman, kerabat atau cari informasi di internet dan media iklan baris.

* Pakaian bayi kecil di bulan pertama tak perlu banyak, karena ia akan tumbuh dengan cepat. Sebelum dikenakan, cuci dulu.



DAFTAR KEPERLUAN BAYI:



Perlengkapan Pakaian:

Popok kain (2 lusin), alas tidur (2 lusin), bedongan (1 lusin), celana panjang berlubang dan tertutup (masing-masing 1/2 lusin), gurita tak wajib dibeli (kalaupun beli cukup 1/2 lusin), baju lengan panjang dan pendek, baju tanpa lengan, sarung tangan dan kaki, sepatu bayi (1 pasang), tadah liur (2), baju hangat, topi dan selimut untuk bepergian.



Perlengkapan Tidur

Boks bayi dan perlengkapannya seperti perlak, seprei boks, bantalan untuk pinggiran boks, kelambu, dan bantal tipis.



Perlengkapan Mandi

Bak mandi khusus bayi, waslap, baskom kecil untuk air bilasan, handuk lembut bayi, sabun dan sampo.



Perlengkapan lain

Gendongan, gunting kuku bayi, baby oil, bedak, krim untuk ruam popok, alkohol 70 persen, cotton bud, kapas, kassa steril untuk menyikat gusi dan lidahnya, tas untuk tempat perlengkapan kalau bepergian.



Daftar Keperluan Ibu

baju berkancing depan, kain panjang, BH menyusui, gurita/stagen, pembalut, breast pad (untuk bepergian), pompa ASI.



PERSIAPAN HARI "H"

Menjelang hari kelahiran sebaiknya sudah dipersiapkan koper atau tas yang berisi pakaian ibu dan bayi, serta perlengkapan lain yang diperlukan. Jadi bila sewaktu-waktu ibu mendadak harus ke rumah sakit, keperluan barang untuk di rumah sakit sudah siap dibawa. Berikut perlengkapan yang diperlukan:



Perlengkapan bayi

Biasanya perlengkapan yang akan dikenakan bayi saat pulang seperti baju, popok sekali pakai, bedongan, botol susu untuk tempat ASI bila diperah, tisu basah, sarung tangan dan kaki, topi dan selimut.



Perlengkapan ibu selama di rumah sakit

Baju berkancing depan untuk menyusui, bra menyusui, celana dalam, pembalut, perlengkapan mandi seperti handuk dan sabun, baju untuk pulang, perlengkapan kosmetik seperti bedak dan lipstik, sandal, gurita atau korset.



Perlengkapan lain yang dibawa suami

Biasanya selama di rumah sakit suami akan menemani. Untuk itu jangan lupa pula membawa sejumlah uang tunai atau kartu kredit, makanan dan minuman kecil, handphone dan charger, kamera dengan film dan baterai cadangannya.

Peralatan mandi, t-shirt/kemeja, celana panjang, baju dalam, perlengkapan ibadah, sandal dan lainnya.