Informasi : kafein


   
Tanya dokter
Pertanyaan Kosong
Artikel
Bahan Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Kafein Bila dikonsumsi saat hamil, kafein bisa menyusup dalam darah janin dan menyebabkan keguguran atau mengakibatkan kelahiran dengan berat yang tidak mencukupi (low birth weight). Sementara itu, bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan saat menyusui, maka akan mempengaruhi kandungan ASI yang diberikan pada si kecil. Oleh karena itu, dianjurkan unuk mengurangi asupan kafein (tidak melebihi 300 mg per hari). Usahakan untuk mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang memiliki kadar kafein lebih ringan (decaffeinated). Batasi pula asupan coklat, karena pada umumnya 1 batang coklat pekat (dark chocolate) mengandung 500 mg kafein.

Makanan Penganggu Dalam Asi

Ketika menyusui, pengaturan menu makan seorang ibu sangat penting, sama pentingnya dengan perawatan bayi. Selain gizi seimbang plus air putih, menu makan ibu menyusui sebaiknya juga memerhatikan beberapa zat makanan yang disinyalir dapat mengganggu produksi maupun kualitas ASI. Makanan-makanan pengganggu ini dapat masuk ke ASI dan mengganggu bayi, dua jam setelah Anda mengonsumsinya. Demikian yang ditegaskan Dr. William Sears dalam The Baby Book.

Pembengkakan Kaki Saat Hamil (Edema)

 Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak perubahan fisik yang ibu hamil hadapi. Bunda yang tengah hamil kerapkali mengalami pembengkakan pada kaki  yang disebut dengan edema. Sekitar 75% ibu hamil mengalami keluhan ini pada trimester ketiga. 




Forum
Judul TopicDikunjungiTotal PostPost TerakhirDari Kategori
Apakah Kafein Dapat Menghambat Pertumbuhan si Kecil?
4331

Balita

kafein mempengaruhi kualitas asi ga sih???
2201

Mo tanya dong.............

pengaruh kafein
3126

Diskusi Bersama Dokter