Informasi : bolehkah minum sanmol tablet setelah min


   
Tanya dokter
Subject : Obat tetes telinga pada ibu hamil (18 February 2014)
Oleh :


"Siang Dok gini dok, telinga saya sedang bermasalah. telinga saya sakit udah 2 mingguan, uda konsul ke dokter THT jg, truz dikasih obat tetes telnga, sanmol(karena telinga saya sakit, jadi dikasih sanmol untuk meringankan rasa sakit) dan amoxan. yang mau saya tanyakan, amankah obat telinga yang saya pakai dok? trus gimana dgn sanmol dan amoxan yg saya minum? apa ngga ganggu pertumbuha janin saya?"
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Tablet Susu Kambing (18 February 2014)
Oleh :


"dokter....saya pernah browsing internet mengenai manfaat susu kambing.katanya dapat meningkatkan kecerdasan dan menambah BB anak.kemudian saya mencobanya dengan membeli yang sudah berbentuk tablet.dan saat saya berikan kepada anak,ternyata dia tidak menyukai tablet tersebut.walaupun sudah saya gerus dan dicampur air[layaknya minum puyer],dia tetap tidak mau.jadi terpaksa saya campur dengan susu formula yang biasa dia minum.yg mau saya tanyakan adalah,apakah ada efeknya jika tablet tersebut dicampur dengan susu formula?dan apakah dapat mengurangi manfaatnya?mohon jawabanya ya dok...terimakasih sebelumnya...."
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Antibiotik? (18 February 2014)
Oleh :


"Dok, saya sempat konsultasi dengan dokter SPOg mengenai keluhan pilek yang sedang saya alami saat ini,saya diminta untuk mengkonsumsi amoxcillin 500mg (tablet), tapi setelah saya mengkonsumsi obat ini untuk beberapa hari saya malah batuk berdahak! yang ingin saya tanyakan, amankan amoxcillin 500mg untuk ibu hamil (kandungan saya berusia 21 minggu???apabila tidak, obat apa ya dok yang bagus buat bumil? trimakasih atas bantuannya :)"
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Program hamil dan Masalah haid (18 February 2014)
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Artikel
Bolehkah Memberikan Teh dan Kopi untuk Anak?

Memberi makanan dan minuman tertentu pada balita dianggap dapat menunjang  kesehatan anak. Seperti kopi dan teh misalnya. Beberapa orangtua percaya memberikan air kopi dapat mencegah kejang-kejang pada balita. Sedangkan teh dipercaya dapat menghentikan diare pada balita. Benarkah demikian? Berikut ulasannya:

Ibu Menyusui Tidak Boleh Berpuasa?

Pekan depan kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Melihat anggota keluarga berpuasa, mungkin membuat Bunda juga ingin berpuasa. Tetapi apa daya, Bunda sedang dalam masa menyusui. Apa benar Bunda menyusui tidak boleh berpuasa?

 

Berbagai Pertanyaan Seputar ASI (Part II)

Minggu lalu situs kesayangan Bunda ini sudah membahas tentang pertanyaan seputar Air Susu Ibu (ASI). Karena begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan para Bunda mengenai ASI, Kami mengulasnya kembali minggu ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan lainnya yang kerap kali meresahkan para Bunda :



Tanya bidan
Subject : Tablet Prenamia (18 January 2017)
Oleh :


"mau tanya, tablet prenamia boleh minum saat tekanan darah tinggi yah? 140/90. kmrin d kasih sm dokter. terima kasih"
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : batuk saat hamil (19 January 2017)
Oleh :


"dok, saya hamil 32w, saya mengalami batuk kering, sampai perut saya tegang. 2 hari saya menggunakan ramuan tradisional. namun tak kunjung sembuh, sampai akhirnya saya ke dokter kandungan. dokter memberikan saya obat batuk promedex tablet (2x1)saya habiskan, cefadroxil 500mg (2x1)hanya 7 tablet karena saya takut dan lameson 4 (1x1)cuma 2 tablet . apakah obat-obatan itu aman bagi janin saya? apakah ada resiko jika diminum berbarengan?. saat itu dokter tidak menjelaskan cara pemakaian, hanya dibilang diminum setelah makan. saya memakannya setelah sarapan pagi dan setelah makan siang. kira-kira jeda waktu 4 jam. apakah obat-obatan itu aman bagi janin saya? apakah ada resiko jika diminum berbarengan dok?. terima kasih dokter. "
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : obat batuk hamil trimester 3 (14 January 2017)
Oleh :


"maaf buk bidan, saya hamil 7 jalan 8 bln.saya batuk dokter beri saya obt batuk,bagaimana dengan promedex tablet yg diberikan dokter kepada saya yg kandungannya terdapat dextromethorphan dan guefinisin. juga lameson 4mg yg kandungannya methylprednisolone. jujur saya sangat khawatir buk. apakah berbahaya bagi janin saya? promedek saya habiskan 10 tablet dosis 2x1 dan lameson 3 tablet dok. mohon dijawab buk bidan. terima kasih buk..."
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah ibu hamil minum Yogurt heavenly blush dan bear brand? (18 January 2017)
Oleh :


"Bu bidan saya hamil 14minggu,, bolehkah ibu hamil meminum yogurt heavenly blush dan bear brand??? tapi saya tetap minum susu hamil.. Terimakasih"
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 


Tanya Apoteker
Subject : sanmol dan ambroxol (20 January 2017)
Oleh :


"siang dok, anak saya (16 bln) saat ini sedang sakit batuk dan badannya agak panas. Saya menggunakan sanmol utk demamnys dan ambroxol utk batuknya. Yang ingin saya tanyakan, apakah sanmol dan ambroxol bisa diminumkan secara bersamaan? dan berapa dosis yang aman untuk anak saya? "
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : gagalkah? (20 January 2017)
Oleh :


"tidak pendarahan setelah minum gynaecosit dan cytotec, apakah janin akan lahir cacat? cytotec jg sudah dimasukkan ke vagina 2 tablet."
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Tablet prenamia (20 January 2017)
Oleh :


"Sore dok, sy hamil 21 week. Kmrin dr cek TD 140/90 trus sm dokter d kasih tablet prenamia, setahu saya, prenamia untk kurang darah. Apa tdk papa sya minum dok smentara TD sya tinggi."
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : amankah obat-obatan ini dok? (21 January 2017)
Oleh :


"dok, amankah lameson 4 bagi ibu hamil 7 bulan? saya mengalami batuk. dokter kandungan memberikan promedex tablet (2x1), cefadroxil 500mg (2x1)dan lameson 4 (1x1). saat itu dokter tidak menjelaskan cara pemakaian, hanya dibilang diminum setelah makan. saya memakannya setelah sarapan pagi dan setelah makan siang. kira-kira jeda waktu 4 jam. apakah obat-obatan itu aman bagi janin saya? apakah ada resiko jika diminum berbarengan dok?. terima kasih dokter. "
 Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini