SITE STATUS
Jumlah Member :
485.590 member
user online :
1060 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kesuburan


kesuburan
dok,sy seorang istri yg mendambakan kehamilan secepatnya mengingat usia sy sdh 29th dan suami 36th..menstruasi sy teratur tiap bulannya dg waktu mens 5-6hari..mens hari 1-3 darah cukup bnyk,tp stlh itu lgsg sedikit dan terkdg hny bercak2 saja..pertanyaan sy,apakah sy termasuk wanita yg subur utk bisa memperoleh keturunan bila melihat riwayat mens sy?trmksh
26 Mar 2014, 22:05
Dari : Sisca Asmoro

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, fasilitas live chat ini sudah dapat digunakan dengan menggunakan android. Tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Tentunya untuk menyatakan seseorang tidak mampu hamil harus dilakukan beberapa tes, seperti :

• Tes sperma
Tes sperma dilakukan untuk mengetahui jumlah sperma seorang pria. Memang untuk membuahi sel telur, pria hanya membutuhkan satu sel sperma namun tes ini dilakukan untuk memperkirakan berapa peluang yg ada untuk hamil. Selain jumlah sel, tes sperma juga bertujuan untuk melihat seberapa aktif sel-sel sperma itu bergerak menuju sel telur.

• Tes kesuburan wanita
Tes ini bertujuan untuk mengamati tanda-tanda kapan seorang wanita sedang dalam masa subur. Sehingga bisa disarankan melakukan hubungan suami istri lebih sering pada masa ini untuk mencapai kehamilan.

Sulitnya mencapai kehamilan tentu bukan tanpa sebab. Penyebab ini bisa timbul dari sisi wanita atau pun pria. Misalnya saja pada wanita terjadi penyumbatan saluran sel telur yang pada akhirnya sulit ditembus sel sperma. Penyebab lain pada wanita adalah faktor usia. Kualitas sel telur sedang tinggi-tingginya pada usia 20-30 tahun. Pada usia 35 tahun kesuburan mulai turun seiring dengan kualitas sel telur yang menurun. Tidak heran bila kita sering mendengar anjuran untuk menikah dan hamil di usia kurang dari 30 tahun.
Penyebab pada pria bisa dikarenakan infeksi yang membuat sperma tidak matang saat keluar (ejakulasi). Pada beberapa kasus juga ditemukan adanya faktor genetik.
Penyebab lainnya karena faktor psikologi pasangan yang kurang relax dan gaya hidup (merokok, mengonsumsi alkohol, kafein, dll).
http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=311

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Siklus menstruasi memang ada yang teratur (setiap 28 hari) maupun tidak teratur. Seiring berkembangnya waktu, banyak wanita yang mengeluhkan tidak teraturnya siklus menstruasi, di duga karena perubahan pola makan, pola istirahat dan stress dari pekerjaan atau sehari-hari yang tinggi, hal ini dapat berkaitan dengan kestabilan hormonal wanita tersebut. Bila tidak ada masalah dengan organ reproduksi istri anda, maka ketidak teraturan menstruasi dapat di sebabkan oleh faktor hormonal. Sebaiknya Istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk mengetahui keadaan kesehatan organ reproduksi. Selain itu, ketahuilah masa subur istri dengan cara :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
Rumusnya:
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Berhubungan intim di utamakan ketika perkiraan masa subur tersebut, agar tercapai pembuahan.
Apabila dalam kurun waktu satu tahun belum juga di karunia keturunan, maka anda dan istri dapat memeriksakan kesuburan (tes fertilitas) untuk mengetahui keadaan fungsi organ reproduksi dari sang suami dan istri untuk mendapatkan terapi yang tepat.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4209
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita