SITE STATUS
Jumlah Member :
484.478 member
user online :
2390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Bimbingan belajar


Bimbingan belajar
saat hamil 7 minggu kadang punggung pegal kadang perut nyeri
14 Nov 2017, 11:19
Dari : Bimbingan Belajar Belajar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan " :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Khandysta Putri Irawan" dengan judul pertanyaan "Sakit Punggung hamil 6w" pada Tanya Bidan:bu bidan saya mau tanya .... saya lgi hamil usia kehamilan saya 6 minggu 5 hari tp knpa iya saya skrng merasakan sakit punggung bawah yg sangat hebat buat duduk aja sakit banget apa ga bakal knpa knpa iya bu bidan ... takut nya ngaruh sama debay nya

Bidan menjawab
Dear bunda Khadysta Putri Irawan,
Keluhan yang bunda rasakan dapat berupa nyeri panggul murni yang biasa terjadi pada bumil. Namun dapat juga keluhan ini adalah Sciatica yaitu rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah hingga paha, betis, tumit dan telapak kaki baik pada satu atau kedua sisi kaki. Rasa nyeri tersebut bisa bersifat "tumpul" seperti kram atau "tajam" seperti ditusuk-tusuk atau terbakar, terus menerus atau hilang timbul tetapi semakin parah rasa sakitnya. Rasa nyeri ini dapat meningkat saat duduk, bersin bahkan tertawa. Sciatica disebabkan oleh iritasi atau peradangan syaraf sciatic ( syaraf terbesar dan terpanjang yang menjalar dari punggung bawah, melewati belakang sendi panggul dan bercabang hingga kedua belah paha, betis, tumit, dan telapak kaki ). Sebaiknya konsultasikan keluhan bunda pada dokter atau bidan yang menangani bunda, untuk memastikan apakah nyeri panggul yang bunda alami disebabkan karena murni linu panggul, pergeseran tulang sendi panggul yang disebabkan karena tergelincir, atau menderita Sciatica. Sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Valeria 1988 " dengan judul pertanyaan " Perut nyeri di kehamilan 12 minggu " pada Tanya Dokter:Selamat sore dok, saya mau nanya sewaktu memasuki kehamilan 12 minggu sampai menginjak kehamilan 13 minggu ini perut saya sering sekali nyeri terutama di perut kanan agak ke bawah, tapi tidak terlalu kontinyu hanya lumayan sering, dan sakitnya jg kadang-kadang berpindah-pindah setelah hampir seharian nyeri di perut kanan, nanti siang setelah makan pindah sedikit nyeri di kiri atau di tengah, atau di bawah tepat diatas kandung kemih. Apakah normal ya dok? atau perlu perhatian khusus? jadwal cek dokter saya masih kurang lebih 2 minggu lagi jadi saya agak2 kurang sreg kalau harus cek ke dokter kandungan saya sekarang. Terimakasih jawabannya dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Keluhan nyeri pada daerah ulu hati juga bisa ditemukan karena adanya asam lambung yang tinggi saat kehamilan. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, kunyahlah makanan hingga lembut dan hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang pedas atau asam. Apabila Bunda menemui adanya perdarahan menyertai keluhan nyeri Bunda maka segera periksa ke dokter meski belum waktunya untuk kontrol kehamilan. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :