SITE STATUS
Jumlah Member :
484.478 member
user online :
2401 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil muda dan sakit pinggang


hamil muda dan sakit pinggang
bu bidan. saya umur 24 setelah testpec dinyatakan positif. skrg kira2 baru 4 minggu kehamilan. yg saya mau tanya saya dr sebelum tespec sudahbsakit pinggang tp nnti sakit nnti engga dok. skrg saya hamil anak ke 2. lalu saya juga merasakan adanya lex yg keluar ketika dilihat benar ternyata flex tetapi tidak begitu kentel dok. itu berbahaya ga ya dok ? soalnya saya tufak bisa pelan2 kerika gerak.
13 Nov 2017, 18:18
Dari : Sri Agustini1

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Masalah-Masalah Kehamilan " :Masa-masa kehamilan merupakan saat istimewa bagi seorang perempuan. Hari demi hari Bunda menantikan kehadiran si jabang bayi. Namun, kehamilan umumnya diikuti beberapa masalah yang membuat Bunda tidak nyaman dan cukup menganggu. Supaya Bunda tetap bisa menikmati kehamilan, Bunda perlu tau apa saja yang mengganggu dan bagaimana mengatasinya. Yuk baca artikel berikut:

Morning sickness
Hampir setiap Bunda hamil akan mengalaminya. Morning sickness adalah rasa mual yang muncul saat hamil. Biasanya akan mulai terasa pada trimester pertama. Meski namanya morning sickness tetapi mual bisa datang kapan saja.
Cara mengatasi:
Makanlah dalam porsi kecil namun sering sehingga Bunda tidak merasa terlalu kenyang yang bisa mengakibatkan mual bahkan muntah.

Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena rahim Bunda mulai membesar sehingga menekan kantung kemih. Biasanya muncul di awal kehamilan hingga trimester kedua. Beberapa informasi menyebutkan frekuensi akan meningkat pada malam hari.
Cara mengatasi:
- Jangan terlalu banyak minum air sebelum tidur.
- Berbaring miring saat tidur.

Konstipasi
Konstipasi atau sulit buang air besar banyak dialami Bunda hamil. Akibatnya perut terasa kembung dan tidak nyaman , terlebih lagi dengan kondisi perut yang besar. Jangan minum obat pencahar sembarangan. Selalu konsultasi ke dokter sebelum meminum obat.
Cara mengatasinya:
- Minum air putih yang cukup, 8-10 gelas sehari.
- Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi.
- Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Sakit Punggung
Dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh Bunda akan berubah. Pertambahan berat badan dan perut yang semakin membesar akan menambah beban tulang belakang untuk menopang tubuh Bunda, sehingga akan muncul ketegangan pada otot punggung.
Cara mengatasi:
- Usahakan posisi tetap tegak dan tidak membungkuk. Ingatkanlah diri untuk selalu mendorong dada ke depan.
- Gunakan sepatu rata yang nyaman dan tidak licin. Memakai high heels saat hamil berisiko tinggi terkena sakit punggung.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi panas yang terasa di dada hingga tenggorokan. Rasa panas ini muncul karena naiknya asam lambung akibat perubahan hormon saat hamil.
Cara mengatasi:
- Jangan makan terlalu kenyang dan jaga kondisi jangan sampai terlalu lapar. Makanlah dalam porsi kecil namun sering.
- Hindari makanan berminyak, pedas dan makanan yang mengandung gas. Hindari pula kopi dan minuman bersoda.
- Minum susu dapat mengurangi heartburn.

Kaki bengkak
Tidak semua Bunda hamil mengalaminya. Tetapi masalah ini cukup mengganggu baik dari sisi penampilan dan juga rasa nyeri. Terkadang bukan hanya kaki yang mengalami pembengkakan tetapi juga tangan atau wajah. Segera konsultasi ke dokter bila hal ini terjadi.
Cara mengatasi:
- Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi. Bunda bisa mengganjalnya dengan bantal.
- Jangan diurut.

Itulah beberapa masalah yang seringkali membuat Bunda hamil tidak nyaman. Meski begitu Bunda harus tetap dapat menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, janin pun akan merasa bahagia. Percayalah, Bunda akan merindukan saat-saat hamil ini.

Tips: Jangan mudah mengonsumsi obat sembarangan karena sedikit banyak akan berpengaruh pada janin.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " devina.fani " dengan judul pertanyaan "Nyeri Pinggang kiri" pada Tanya Bidan:pagi bu bidan, saya mau tanya kenapa ya udah beberapa hari ini pinggang sebelah kiri saya sakit setiap harinya?

Bidan menjawab
Dear bunda Devina.Fani,
Apakah saat bunda sedang dalam keadaan hamil ? Keluhan nyeri pada daerah pinggang dapat dirasakan pada sebelah kanan ataupun kiri pada saat hamil kemungkinan dapat dipicu oleh aktifitas sehari-hari seperti berjalan, naik tangga, mengangkat, duduk. Saat hamil membesarnya rahim berpengaruh pada pusat gravitasi, melemahkan otot perut, mengubah postur tubuh bunda serta memberikan tekanan, sehingga menimbulkan keluhan nyeri pada punggung / pinggang. Begitu pula perubahan hormon kehamilan dapat melonggarkan sendi dan ligament pada tulang panggul ke tulang belakang. Disarankan untuk melakukan olah raga ringan, rileksasi, perbanyak konsumsi air putih, serta mengurangi aktifitas yang terlalu aktif.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Widya Syamsa Adjiee " dengan judul pertanyaan " Flek pada usia kehamilan 5 minggu " pada Tanya Dokter:Dok saya sedang hamil uk 5w ini kehamilan saya yang pertama dok... kenapa yah dok saya sering banget flek coklat kadang sedikit kadang lumyan byak... saya sudah bedrest dan kurangi aktifitas yg terlalu berat tapi msih sering keluar flek... saya jg sudah minum obat penguat dr dokter tp tetap saja... apa kejadian seprti ini wajar pda awal kehamilan, apa ada keabnormalan dg kandungan saya dok? Tolong jawab dok trimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada ibu hamil, tidak pada umumnya mendapatkan perdarahan atau flek. Meskipun terkadang keluhan perdarahan dapat terjadi pada awal kehamilan.
Perdarahan dan ancaman aborsi pada kehamilan dapat disebabkan oleh multifaktoral bahkan tidak diketahui sebabnya. Penyebab yang umum pada perdarahan pervaginam ketika hamil adalah adanya masalah pada plasenta, plasenta menutupi jalan lahir dan lain-lain. Dilakukannya bed rest sebagai upaya untuk mencegah terjadinya aktivitas yang mengakibatkan timbulnya perdarahan per vaginam, hal ini dilakukan sampai perdarahan berhenti. Setelah itu, kurangi jumlah aktivitas karena dapat kembali menyebabkan terjadinya perdarahan. Selalu melakukan check up kehamilan dan datang kembali kepada dokter bila terjadi perdarahan meskipun tidak sesuai dengan jadwal check up Anda.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :