SITE STATUS
Jumlah Member :
484.019 member
user online :
2327 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hidrosalping


hidrosalping
siang dok saya divonis hidrosalping kanan dan kiri dan sy diharuskan laparoskopi/laparaskopi (maaf jk slh penyebutan) jk sy tdk melalukan laparoskopi sy tdk bs hamil dan setelah operasipun sy tdk bs hamil alami. yg menjd pertanyaan sy apakah ad cara lain untk mengobati hidrosalping sy secara alami tanpa operasi. krn sy takut tdk bs hamil secara alami. terima kasih dok atas jawabannya
11 Nov 2017, 13:47
Dari : Cinta Muradji

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pemeriksaan Kesuburan melalui HSG Atau Tiup Tuba " :Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG?
Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur.

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini, dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bundahafizh " dengan judul pertanyaan " Tuba non patent, apakah bisa hamil?" pada Tanya Bidan:Dokter Tanti yang dirahmati Allah, apakah dengan kondisi saya seperti ini saya masih ada kemungkinan bisa hamil? Apa yang harus saya lakukan (terapi atau apa) agar saya bisa mempunyai keturunan? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Bidan menjawab
Dear bunda hafizh, Apabila diketahui bahwa tuba falopii mengalami blockade (keadaan non potent), maka penyelesaiannya adalah dengan membuka sumbatan pada saluran tuba tersebut. Tentu saja berdasarkan letak dan jenis kelainan dari tuba tersebut. Sebenarnya ada beberapa usaha yang dapat dilakukan beserta resiko dari usaha tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter OBSGYN yang berpengalaman dalam melakukan operasi saluran tuba, atau alternative lain yaitu dengan cara in vitro fertilization (IVF atau bayi tabung). Namun sekali lagi, semua terapi berdasarkan dari sumber permasalahn tuba yang terjadi. Kembalilah berkonsultasi dengan dokter OBSGYN Anda, mengenai kasus Anda dan jalan keluarnya. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " keni waluyo " dengan judul pertanyaan " Sumbatan tuba falopi " pada Tanya Dokter: Selamat malam dokter,saya mau tanya apa ciri-ciri yg dirasakan perempuan yang mengalami sumbatan pada tuba falopi?apakah tetap mens tiap bulan?saya sudah 2,5 tahun menikah tp blm dikarunia anak.Pada hari ke 12 mens saya di usg vagina untuk mengetehui adanya sel telur,dari situ terlihat sel telur.Pada waktu itu dokter tak mengatakan adanya masalah pada rahim saya.yg saya tanyakan apakh usg vagina bisa mendeteksi adanya kemungkian sumbatan pada saluran telur?atas infonya saya ucapkan terimaksih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Pada alat reproduksi wanita memiliki dua ovarium dan dua saluran (tuba fallopi). Ketika masa subur, salah satu dari ovarium akan mengeluarkan sel telur kemudian sel telur tersebut akan melalui saluran tuba falopi menuju rahim dan siap untuk dibuahi. Apabila salah satu atau kedua saluran tuba tersebut terjadi penyumbatan ,maka akan menyebabkan masalah kesuburan (keadaan infertilitas). Namun masalah kesuburan bukan hanya dikarenakan oleh penyumbatan tuba falopi, namun dapat disebabkan oleh hal lainnya dari pihak suami maupun istri, maka itu pemeriksaan infertilitas sebaiknya dilakukan pada pasangan suami istri yang bersangkutan.Untuk melihat adanya penyumbatan tuba falopi, pada umumnya dilakukan pemeriksaan salpingography yaitu pemeriksaan X-ray dengan menggunakan pewarna contrast untuk melihat saluran tuba dan fungsi saluran tersebut.Masalah pada siklus menstruasi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah hormonal dan lain-lain,masalah penyumbatan saluran tuba yang berhubungan dengan gangguan siklus menstruasi biasanya terjadi tidak secara langsung, yang umum terjadi adalah adanya kista pada saluran tuba sehingga menimbukan gangguan pada alat reproduksi dan salah satunya adalah gangguan siklus menstruasi. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.





Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum