SITE STATUS
Jumlah Member :
484.294 member
user online :
2007 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tanya bidan


tanya bidan
hay bu, usia saya 27 tahun, skg sy sedang mengandung 19 minggu. saya sering makan, tapi berat badan saya tak kunjung naik. masih stuck di angka 41kg☹ apa itu normal bu?? saya khawatir akan nutrisi bayi yg saya kandung. mohon penjelasan nya bu.
10 Nov 2017, 15:53
Dari : DenitaaZulfikar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kiat Menaikkan Berat Badan Janin " :Saat Bunda harus memeriksakan si kecil dalam kandungan adalah saat yang ditunggu-tunggu. Meski hanya melalui Ultrasonografi (USG) Bunda dapat melihat keadaan janin, termasuk pertumbuhannya. Tanyakan pada dokter berapa berat dan panjang si kecil saat ini? Apakah berat si kecil cukup sesuai dengan usia kehamilan Bunda. Bagaimana bila ternyata berat janin tidak cukup? Apa yang harus dilakukan? Yuk, baca artikel ini!

Perlu Bunda ketahui bahwa cukup atau tidaknya berat badan janin tidak bisa diukur dari berapa banyak pertambahan berat badan Bunda. Bila kenaikan berat badan Bunda sedikit, bukan berarti janin memiliki berat badan yang rendah. Begitu juga dengan besar kecilnya perut Bunda, itu bukanlah suatu patokan berat badan janin.

Faktor Penentu
Bunda harus tahu faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi berat badan janin. Berat badan janin ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu
-Nutrisi Bunda
-Hormon pertumbuhan janin
-Penyakit metabolik Bunda
-Genetik
-Sistem transfer nutrisi Bunda ke janin

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Hindari merokok dan minum alkohol. Sebisa mungkin hindari area yang dipenuhi asap rokok. Asap rokok yang terhirup juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, bukan hanya perokok aktif saja.

Hindari stress karena stress dapat mempengaruhi selera makan Bunda yang juga akan berpengaruhi terhadap asupan nutrisi ke janin. Lakukan rileksasi misalnya pijat khusus ibu hamil, atau lakukan Yoga hamil dengan instruktur dapat membuat Bunda lebih rileks.

Makan Cukup
Bila dokter menyatakan berat badan janin Bunda rendah, bukan berarti Bunda harus makan sebanyak-banyaknya. Ketahui berapa kalori yang dibutuhkan Bunda yang sedang hamil.
-Trimester 1 dan trimester 2, diperlukan tambahan 150 kkal dari kebutuhan harian Bunda.
-Trimester tiga, diperlukan tambahan 300 kkal dari kebutuhan Bunda sehari-hari.

Konsumsilah makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein (hewani maupun nabati), lemak, vitamin, mineral, serat dan air.

Makanan yang dapat menambah berat badan janin salah satunya adalah makanan yang berprotein tinggi, kalsium dan mengandung vitamin C seperti; daging sapi, ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, ikan laut, oatmeal, minyak ikan, sayuran dan buah. Untuk camilan Bunda bisa mengonsumsi biskuit, yoghurt, dan es krim.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mamafardhan " dengan judul pertanyaan " Berat badan tidak naik saat hamil " pada Tanya Bidan:sy mw tanya dok, sy hamil sudah 18mgg tp berat badan sy tetap dan belum naik dari awal kehamilan yaitu 63kg, pdhl sy sudah mkn 3x sehari+ngemil dn buah, tp qo BB sy masih blm berubah ya dok?Apakah BB yg tidak naik bisa berpengaruh thdp janin sy dok?dn apa yg harus sy konsumsi untuk menambah BB sy?trims..

Bidan menjawab
Dear bunda Mamafardhan,
Apakah saat trimester awal BB bunda turun ?? Bila pada saat pemeriksaan kehamilan, berat badan janin sesuai dengan masa kehamilan, bunda tidak perlu khawatir, biasanya berat badan bunda akan meningkat drastis pada saat kehamilan trimester kedua dan ketiga. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukup cairan serta mineral, vitamin, dan besi, makanan selingan diantara waktu makan, dan jangan lupa tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat terpantau pertumbuhan serta perkembangan janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Istie Almeera Athaleeta Kekira " dengan judul pertanyaan " Hamil 17 minggu BB belum naik " pada Tanya Dokter: Dok saya sekarang sedang hamil 17 minggu ,tapi berat badan saya tidak naik ,,apakah ini termasuk normal atau tidak

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Rata-rata kenaikan bobot badan ibu hamil pada kehamilan usia 17 minggu sebanyak 2.7 Kg. Bila bobot bunda belum ada kenaikan maka bisa mencoba mengatur menu makanan untuk menambah berat badan. Untuk menambah bobot janin pada umumnya dokter akan menyarankan untuk memakan es krim sebagai selingan atau kudapan. Sebenarnya tidak hanya es krim, menambah bobot janin harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang juga. Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot janin maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot janin, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes pada kehamilan.
Sebaiknya sebelum merubah pola dan menu makanan, Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menilai apakah Bunda memang memerlukan tambahan asupan makanan untuk menambah berat badan.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :