SITE STATUS
Jumlah Member :
481.953 member
user online :
2763 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - anak suka geregetan


anak suka geregetan
apa penyebab anak suka geregetan kya kejang trus bhaya gaa dok ...usia 8 bln
10 Oct 2017, 0:34
Dari : Milla Andriani

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kenali Fakta Bayi Baru Lahir " :Menjadi Bunda baru selain merasakan kebahagiaan terkadang juga menimbulkan kebingungan. Tak sedikit Bunda baru yang merasa stress dengan bayinya. Belum lagi saran keluarga atau teman yang seringkali membuat Bunda cemas. Ketahui 10 fakta bayi baru lahir, seperti:
1. Tidur pulas dan lama. Jangan kuatir bila si kecil lebih banyak tidur daripada terbangun. Bayi baru lahir tidur 18-22 jam sehari. Pola tidurnya pun tidak beraturan. Tidur sepanjang siang dan bangun di malam hari saat Bunda perlu istirahat.

2. Lapar terus. Bayi baru lahir akan minta menyusu 2-3 jam sekali. Lambungnya yang kecil mampu menampung Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula sebanyak 100ml. Bila bayi sudah kenyang biasanya ia akan melepaskan puting dan memalingkan wajahnya.

3. Berat badan turun. Jangan panik saat berat si kecil turun. Hal itu normal. Berat badan bayi akan turun 5-10% dari berat lahir. Tetapi tidak boleh lebih dari itu. Konsultasi pada dokter bila berat bayi turun terlalu banyak. Bisa jadi cara menyusui yang tidak tepat sehingga ia kurang mendapat nutrisi.

4. Tantrum. Bayi seringkali menangis dan membuat Bunda stress. Sudah disusui ia masih saja menangis. Tenang, Bun! Tarik napas dan buang napas pelan. Bayi menangis bukan hanya karena lapar. Bisa saja ia bosan. Bunda bisa mengajaknya jalan-jalan ke luar dengan stroller.

5. Berhenti napas beberapa detik. Bunda baru serigkali kaget melihat bayinya berhenti bernapas beberapa detik. Memang bayi baru lahir mengambil jeda napas sampai beberapa detik. Kondisi ini disebut Periodic Breathing atau napas periodik. Selama bibir bayi tidak biru dan kejang, berhentinya napas beberapa detik ini normal. Kebiasaan ini akan hilang saat bayi berusia 2 bulan.

6. Sering kaget. Bayi memiliki beberapa refleks. Salah satunya refleks moro atau refleks terkejut. Jangan heran bila tiba-tiba bayi terkejut padahal tidak suasana sedang sunyi senyap. Refleks ini bagus untuk kemampuannya beradaptasi dengan lingkunga.

Masih ada beberapa fakta lain mengenai bayi baru lahir. Minggu depan situs kesayangan Bunda ini akan membahasnya lebih lanjut. Jadi, jangan kuatir lagi ya, Bun!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " meimey(1) " dengan judul pertanyaan " Bayi Sering Ngulet dan Kaget " pada Tanya Bidan:Pagi bu bidan... mau tanya nih . Ank sya usia 28 hari kno ya kq sering molet .. padahal dlm keadaan tidur pun molet smpai mukanya merah gitu... itu gpp ta bu...
Kaget nya jg wktu dengar sswtu yg agak keras dy kaget... palagi klo tidur gtu pas dengar suara agak keras pasti kaget dan kebangun truz nangis deh... bagaimna mengatasinya bu... mohon jwabannya bu bidan

Bidan menjawab
Dear bunda Meimey,
Kebiasaan bayi untuk menggeliat/ngulet merupakan hal yang normal. Ngulet pada bayi menandakan kemampuan motoriknya berkembang dengan baik, karena pada saat bayi ngulet beberapa bagian tubuhnya bergerak sekaligus secara bersamaan seperti kedua tangan, kaki, bokong dan punggung. Mengeliat/ngulet dapat diartikan seperti gerakan stretching ( pemanasan otot ) Biasanya, setelah melakukan ngulet, muka bayi akan memerah sesaat. Bayi yang mengalami kaget ketika tidur merupakan pertanda, indra pendengarannya berfungsi dengan baik. Hal ini menandakan adanya otot reflek yang bekerja. Kondisi yang terjadi pada bayi, merupakan refleks primitive yang merupakan bagian dari adaptasi. Refleks ini dikenal dengan refleks moro, sehingga membantu bayi dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru. Bayi mengalami kaget mulai dari awal kelahirannya hingga usia 4-5 bulan,


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Renny Widjaya(0) " dengan judul pertanyaan " Bayi mengedan " pada Tanya Dokter: dok saya mau tanya, anakku umurnya 2 bulan,dari lahir memakai sufor dikarenakan asi tidak keluar, selama ini anak saya sering mengalami gumoh, serta keringat yg berlebihan, ditambah lagi sering ngulet dan neden tetapi karna bukan mau bab, sampai - sampai udelnya yg tadinya bagus menjadi nonjol keluar karena seringnya neden, setiap kali ngulet atau neden mukanya sampai merah kasian saya liatnya, trus anak saya sering menjulurkan lidah keluar, knapa ya dok, setiap pemeriksaan atau imunisasi berat badan selalu bertambah dengan baik dan sehat menurut dokter yg memeriksanya.sedih saya liatnya, apakah tidak cocok dgn sufornya atau ada hal yg lainnya? terimakasih tolong dijawab..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Gumoh dapat terjadi dikarenakan adanya udara dalam lambung bayi sehingga susu yang di minum akan keluar bersamaan dengan keluarnya udara tersebut. Gumoh dapat di cegah dengan cara menepuk punggung bayi setelah minum susu , gendonglah bayi anda dalam posisi tegak, lalu tepuk lembut punggungnya sesaat setelah minum susu sampai bayi anda bersendawa , setelah itu anda dapat menidurkan bayi anda, hal ini dapat mencegah tersedaknya bayi karena udara telah keluar dalam proses sendawa tersebut.
Bayi yang baru lahir tentunya selalu belajar dan beradaptasi dengan dunia di luar kandungan. Bayi yang baru lahir terkadang terdengar merintih sesekali, terbatuk, mengeluarkan suara saat bernafas, bernafas cepat lalu melambat dan terkadang berhenti sebentar, memiliki gerakan seperti terkejut, memiliki pola tidur dan minum susu yang tidak teratur, juga terlihat seperti mengedan/ mengulet/ stretching. Semua hal itu termasuk wajar kecuali ada gejala lain seperti merintih dan menangis terus menerus, terdapat demam, tidak dapat bernafas dan lainnya. Bila Bunda rajin melakukan penimbangan dan pemeriksaan terhadap bayi anda maka itu sangat baik sekali. Bunda dapat melihat perkembangan dan pertumbuhannya pada grafik di kartu KMS. Bila pertumbuhan dan perkembangan terlihat baik maka tidak ada masalah.



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter