SITE STATUS
Jumlah Member :
485.981 member
user online :
2728 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - perkembangan bayi


perkembangan bayi
dok,mau tanya...
anak saya umur 8bulan tetapi belum bisa duduk sendiri hanya bisa tengkurep gulang guling,,terus tangannya agak lemes dok., belum bisa merangkak,, kalo ada mainan langsng merespon ingin mengambil mainan tersebut,namun karna belum bisa merangkak,,
18 May 2017, 14:00
Dari : Mamahnya Dede Khiar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Si Kecil Belum Bisa Merangkak " :Bunda mungkin sudah pernah mendengar penjelasan bahwa setiap bayi itu unik. Meski usianya sama, tetapi perkembangannya bisa saja berbeda. Dalam hal kemampuan merangkak misalnya. Ada bayi yang bisa merangkak lebih cepat, tetapi ada juga yang lambat. Bila Bunda menemukan bayi Bunda lebih lambat merangkak dibanding anak lain seusianya, bisa saja Bunda langsung resah. Kekuatiran seperti “Jangan-jangan anak saya tidak normal.” tersimpan di dalam pikiran Bunda. Tenang, Bun! Yuk, simak artikel berikut.

Usia berapa?
Bila Bunda mendapati bayi Bunda lebih lambat merangkak, jangan langsung merasa bayi Bunda kurang pandai dan tidak normal. Perkembangan setiap bayi memang tidak sama satu sama lainnya. Tidak banyak bayi yang bisa merangkak di usia 6 bulan. Tetapi perlu Bunda ketahui, sebelum si kecil bisa merangkak, ia sudah harus melewati tahap-tahap seperti; tengkurap yang biasanya dilakukan bayi usia 3-4 bulan dan duduk (5-6 bulan). Bila ia sudah melewati tahap itu baru si kecil akan merangkak, yang biasanya terjadi di usia 7-8 bulan.

Tetapi bila pada usia 7-8 bulan ia masih belum bisa merangkak, Bunda harus membantu menstimulasinya. Keterlambatan yang dialami si kecil bisa jadi karena Bunda jarang mengajaknya bergerak, sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk melatihnya.
Tetapi Bunda harus waspada bila dalam rentang 8-12 bulan bayi Bunda belum juga bisa merangkak, segera hubungi dokter anak.

Ajak bermain
Untuk melatihnya merangkak Bunda harus memberikan stimulasi. Stimulasi si kecil sesuai dengan usianya. Ajaklah ia bermain yang bisa membuatnya melatih koordinasi mata dan tangannya. Misalnya, Bunda hendak memberikan boneka padanya dari jarak jauh. Mintalah ia untuk merangkak mengambil boneka tersebut. Berlatih seperti ini juga meningkatkan keberanian dan kepercayaan dirinya, lho.

Untuk mengetahui sejauh mana progress kemampuan si kecil, sebaiknya Bunda sendiri yang mengajaknya bermain. Bila perlu catat perkembangannya setiap bermain. Bila Bunda harus mempercayakan kepada seorang pengasuhnya untuk menstimulasi, jangan lupa untuk selalu menanyakan perkembangan si kecil saat berlatih. Sehingga Bunda dapat mengevaluasinya dan berdiskusi dengan dokter anaknya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "rizkainsani" dengan judul pertanyaan " Anak 8 bulan 10 hari belum bisa duduk dan merangkak " pada Tanya Dokter: siang Dok, anak saya perempuan sekarang usianya 8 bulan 10 hari. sampai saat ini belum bisa duduk dan merangkak, merangkak dengan perut ("ngelasut") juga belum bisa. apa ada kelainan atau itu normal ya dok? mengingat anak saya lahir sebelum usia kandungan 9 bulan. apa yang bisa saya lakukan untuk merangsannya agar bisa cepat duduk dan merangkak?? trimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pertumbuhan dan perkembangan pada tiap anak tidaklah selalu sama. Ada anak yang mengalami perkembangan lebih dahulu dari rata-rata anak seusianya, ada juga yang sedikit terlambat namun masih dalam batas yang sehat. Bila anak Bunda tidak ada gangguan motorik, menanggapi dan dapat berkomunikasi dengan baik, mungkin hanya membutuhkan bimbingan lebih dalam perkembangannya. Namun meskipun demikian, menilai dan mendiagnosa apakah seorang anak memiliki gangguang pada pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan pengamatan dan pemeriksaan yang lebih lagi oleh dokter. Bunda dapat memberikan latihan pada anak Bunda, janganlah menyerah dalam memberikan latihan namun disesuaikan dengan kemampuan anak Bunda. Bunda dapat menaruh dalam posisi tengkurap agar bayi bertumpu pada perutnya dan membantunya bila ingin membalikkan badan atau mulai belajar menopang tubuhnya dengan tangan dan lututnya. Rangsang gerakannya dengan memberikan mainan kesukaannya beberapa langkah di depan bayi Anda agar Ia mau bergerak meraihnya. Kadang seorang anak dapat melewati suatu fase belajar seperti tidak melakukan merangkak namun langsung melakukan belajar berjalan meskipun jarang terjadi. Ada baiknya untuk membawa ke dokter atau klinik tumbuh kembang anak untuk pengamatan dan kesimpulan lebih lanjut.



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Berita
Jenis :