SITE STATUS
Jumlah Member :
493.586 member
user online :
1138 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: wajarkah ibu hamil mengalami gatal pada

New Topic :  
12-05-2010 08:52:06 perut di garuk boleh ga sich?
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Kehamilan ibarat sebuah keajaiban. Di dalam perut seorang ibu tumbuh janin. Hampir dipastikan kehamilan ini kerap dibarengi kerewelan karena muncul berbagai gangguan. Apa saja?

Saat Anda berbadan dua memang bukan cuma membawa perubahan suasana hati, tapi juga mengakibatkan munculnya beberapa “penyakit”. Kendati begitu, calon ibu tak perlu mengkhawatirkannya. Karena biasanya tidak berbahaya. Kecuali pada beberapa kasus patut dicurigai jika “penyakit” ini berlanjut makin parah.

Nah, apa saja gangguan tersebut? Ikuti pemaparan di bawah ini:

* Perubahan Pembuluh Darah.

Akan tampak garis biru yang samar-samar di bawah kulit, pada payudara, dan perut. Itu adalah kondisi normal saat hamil. Jaringan pembuluh darah mengembang untuk membawa darah lebih banyak bagi kehamilan.

Tak perlu dikhawatirkan karena umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

* Varises.

Pembuluh darah balik (vena) yang normal dan sehat membawa darah kembali ke jantung dari anggota tubuh. Karena harus bekerja melawan gaya berat, maka pembuluh vena dirancang untuk memiliki serangkaian katup yang mencegah membaliknya aliran darah. Bila katup ini hilang, darah cenderung berkumpul pada vena di mana tarikan gaya beratnya besar (seperti kaki, anus/vulva).

Masalah ini lebih sering terjadi pada wanita yang kegemukan daripada pria, dan sering muncul pertama kali saat hamil. Lantaran bertambahnya tekanan pada vena kaki, volume darah yang bertambah, terjadinya relaksasi otot-otot pada pembuluh darah yang disebabkan oleh hormon kehamilan.

Varises pada kehamilan dapat dicegah, antara lain dengan menghindari: kenaikan berat badan berlebih, duduk terlalu lama, mengangkat barang berat, mengejan terlalu kuat saat buang air besar, menggunakan pakaian ketat, merokok, dan sebagainya.

Penghilangan varises lewat pembedahan tak dianjurkan saat hamil. Toh, kebanyakan varises ini akan menghilang sendirinya setelah melahirkan. Biasanya saat berat badan kembali normal.

“Yang dikhawatirkan jika varises terdapat pada jalan lahir. Karena akan mengganggu proses persalinan. Mungkin bisa terjadi perdarahan,” ujar dr. Nanang.

* Guratan pada Perut.

Gurat-gurat di atas perut diakibatkan oleh meregangnya kulit. Biasanya karena pertambahan berat badan yang terlalu banyak/cepat.

Gurat-gurat ini memang sulit untuk dihilangkan, tapi tak perlu berkecil hati. Anggap saja itu sebagai hadiah dan bagian dari kesempurnaan Anda sebagai wanita yang telah melahirkan.

Perlu para ibu ketahui, perut hamil memang perut yang gatal dan akan bertambah gatal seiring bertambahnya usia kehamilan. Ini disebabkan perut ibu membesar sehingga kulit perut meregang. Akibatnya kulit menjadi kering.

Kendati terasa gatal, hindari untuk menggaruk. Cukup olesi dengan cairan pelembab kulit. Memang tak akan menghilangkan sama sekali rasa gatal. Paling tidak, bisa mengurangi keadaan tersebut.

* Perut Terasa Panas.

Pada awal kehamilan, tubuh akan memproduksi sejumlah progesteron dan estrogen yang cenderung melemaskan semua jaringan otot halus di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan. Akibatnya kadang-kadang makanan berjalan lambat di dalam sistem pencernaan, sehingga perut terasa kembung dan panas.

Rasa panas di perut akibat melemasnya cincin otot yang memisahkan kerongkongan dengan lambung. Akibatnya, makanan dan cairan yang keras serta asam dapat masuk ke kerongkongan dari lambung. Asam lambung ini merangsang dinding kerongkongan yang peka sehingga menyebabkan rasa panas. Untuk menghindarinya usahakan makan sedikit-sedikit tapi sering. Hindari posisi membungkuk dengan melekukkan pinggang.

* Mual di Pagi Hari.

Morning sickness atau mual dui pagi hari lumrah terjadi pada kehamilan. Hampir semua ibu hamil mengalaminya. Biasanya terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Tetapi kadang ada yang sangat berlebihan, mual sepanjang 9 bulan (hiperemesis gravidarum). Penyebab mual ini adalah akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan HCG (human chorionic gonadotrophine) dalam serum darah ibu.

Tak ada obat yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa mual. “Bisa dicegah dengan menghindari makanan atau sumber penyebab mual tersebut,” kata dr. Nanang.

* Tak Suka Susu.

Banyak ibu yang khawatir dengan kondisi janin karena ia tak suka susu. Sebetulnya yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah janin tak perlu susu, melainkan kalsium. Tentunya banyak bahan pengganti susu yang tak kalah kandungan kalsiumnya.

* Sembelit.

Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya relaksasi otot-otot saluran pencernaan akibat meningkatnya hormon-hormon kehamilan sehingga sistem pembuangan menjadi lamban. Penyebab lain, tekanan dari rahim yang terus tumbuh kepada usus menghambat kegiatan normal usus.

Anda dapat menghindarinya dengan mengkonsumsi cukup makanan berserat, seperti sayuran dan buah-buahan. Juga jaga agar tubuh tak kekurangan air.

Anda pun harus tetap bergerak aktif. Jangan lantaran hamil, lantas Anda tidur sepanjang hari. Selama dokter tak melarang, Anda bisa tetap beraktivitas. Tambahkan sedikit olahraga seperti jalan pagi.

* Sulit Bernapas.

Kesulitan bernapas biasanya mulai terjadi saat kehamilan memasuki trimester kedua. Rahim yang membesar mendorong diafragma ke atas sehingga paru-paru terdesak dan sulit baginya untuk berkembang penuh.

Peredaran biasanya terjadi setelah janin bergerak ke posisi bagian bawah rongga panggul, menjelang persalinan. Mungkin Anda akan lebih mudah bernapas bila duduk tegak daripada duduk bersandar atau membungkuk.

Jika kesulitan bernapas berlanjut parah, disertai pernapasan yang cepat, ujung jari membiru, terdapat nyeri pada dada dan denyut nadi lebih cepat, mungkin ada masalah. Segera hubungi dokter.

* Anemia.

Karena volume darah meningkat selama kehamilan, maka jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah akan meningkat pula secara bertahap.

Untuk mencegah anemia kekurangan zat besi, ibu hamil dianjurkan makan makanan yang kaya zat besi. Biasanya dokter akan memberi resep tambahan zat besi.

Bila kekurangan zat besinya ringan, mungkin tak terdapat gejala-gejala. Tapi ketika sel darah merah pembawa oksigen makin bertambah kurang, ibu akan menunjukkan gejala pucat, letih, lemah, berdebar, sesak napas, dan pingsan.

* Mimisan.

Tersumbatnya yang disertai mimisan mungkin terjadi karena kadar estrogen dan progesteron yang tinggi beredar pada tubuh, sehingga menyebabkan banyaknya aliran darah pada membran mukosa dari hidung. Akibatnya menjadi lunak dan membengkak, mirip seperti leher rahim yang akan menyiapkan kelahiran.

Untuk menghentikan mimisan, lebih baik duduk atau berdiri sedikit miring ke depan daripada berbaring atau bersandar ke belakang. Tekan kedua lubang hidung bersamaan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Tahan selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali sampai pendarahan berhenti.

* Pengeluaran Cairan dari Vagina.

Tak berbeda seperti saat Anda akan mengalami menstruasi, vagina akan sedikit mengeluarkan cairan. Normalnya berwarna putih susu, encer, dan berbau sedikit. Umumnya jumlahnya akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.

Anda bisa menggunakan pembalut untuk memberi rasa nyaman. Tapi jangan menggunakan tampon. Atau seringlah mengganti celana dalam Anda dengan menggunakan bahan katun.

* Mengompol.

Pada trimester terakhir, beberapa ibu hamil mengompol. Biasanya ketika batuk, tertawa terlalu keras, atau bersin. Mengompol ini terjadi karena tekanan dari rahim yang terus membesar terhadap kantung kemih.

Biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Beberapa latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot panggul, juga bisa mengatasi kondisi ini.

* Keletihan.

Jangan merasa diri sebagai wanita super, karena keletihan lumrah terjadi selama kehamilan. Apalagi pada trimester ketiga. Beban kandungan yang makin berat, ditambah mungkin ibu hamil kurang tidur. Rasa khawatir akan persalinan pun membuat calon ibu merasa sangat letih. Karena itu perbanyak istirahat dan makan cukup.

Calon ibu perlu mewaspadai keletihan ini jika terjadi sangat berlebihan. Misalnya, Anda sudah merasa cukup rileks, tak bekerja terlalu berat, tapi keletihan tetap terjadi. Konsultasikan dengan dokter. “Saat konsultasi, calon ibu diharapkan bisa menceritakan semua keluhan yang ada. Sehingga dokter bisa segera memberi penanganan jika diperlukan,” nasehat dr. Nanang.

* Kesemutan.

Ada ibu hamil yang merasa kesemutan di daerah telapak tangan dan kakinya. Kesemutan yang menyerang ibi hamil mungkin disebabkan: kekurangan vitamin B, gangguan metabolisme tubuh penekanan ujung-ujung saraf tepi oleh penumpukan cairan di daerah ujung-ujung jari. Bisa juga diakibatkan penekanan rahim yang membesar terhadap kumpulan jaringan saraf di daearh rongga panggul.

Mengubah-ubah posisi biasanya akan mengurangi gejala ini. Kecuali itu perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan vitamin-vitamin khusus untuk sistem saraf. Kondisi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan karena tak membahayakan ibu maupun janin. Bila berlanjut terus, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

* Kejang kaki.

Kejang kaki biasanya disebabkan kelebihan fosfor dan kelebihan kalsium dalam darah. Biasanya dokter menyarankan untuk meminum tablet kalsium tanpa fosfor.

Bila ibu hamil mengalami kejang pada betis, luruskan kaki dan lekukkan mata kaki serta jari-jari kaki ke atas ke arah hidung Anda. Lakukan beberapa kali menjelang tidur. Atau bisa juga berdiri di atas permukaan yang dingin.

* Kulit Kehitaman

Ada beberapa ibu hamil yang mengalami perubahan kulit menjadi kehitaman di tubuhnya, misalnya di bagian leher, ketiak, atau perut. Perubahan tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon MSH (melanophore stimulating hormone). Perubahan kulit tersebut sulit dihilangkan selama kehamilan. Tetapi akan berangsur-angsur hilang setelah melahirkan.

Ibu tak perlu mengkhawatirkan keadaan ini. Apalagi jika melihat ibu hamil lain tidak mengalaminya. Memang tidak semua mengalami hal yang sama. Bahkan, pada kehamilan pertama dan kedua pun kerap terjadi perbedaan.

* Masalah Gigi

Gangguan keseimbangan hormon saat hamil bisa mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Bila kondisi ini terus berlanjut dan parah, tentu akan sangat mengganggu fungsi pengunyahan (gigi berlubang atau goyang). Gangguan ini tidak terjadi sendirinya, tetapi disebabkan ibu hamil malas merawat gigi dan kebersihan mulutnya.

Tentu saja ibu tidak boleh membiarkan keadaan ini sampai berlanjut. Jagalah kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi secara benar. Yang perlu diingat penggunaan obat-obatan pereda sakit gigi yang tidak terkontrol dan terus menerus dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin. Karena itu setiap obat yang akan ibu konsumsi, harus sepengetahuan dokter

semoga informasi ini dapat membantu menambah pengetahuan para bunda semua


   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda nancy lya, kalo gatal jangan digaruk bun, pengalaman punya kakak saya jadi.ada bekas garis2 nya gt, susah hilang...ini saya berusaha banget biar ga garuk, klo terasa gatal saya bedakin.. cm emg ga smua ibu hamil.mengalami gatal dn stretchmark, saya gatel nya merah2 gt, ga ada stretchmark nya
   
04-02-2014 12:46:32 pantat nyeri
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat siang dokter, usia kehamilan saya skrg adalah 27 minggu, sudah 2 kali saya mengalami nyeri di pantat, yg pertama di pantat sebelah kanan dan yg kedua di pantat sebelah kiri. Tanda2 awal adalah rasa ngilu pada pantat yang berangsur2 semakin parah, sampai akhirnya saya akan sangat sulit berjalan, apalagi kalau hrs bertumpu di bagian yg nyeri tersebut. Selama 2 kali itu, nyeri bisa berlangsung sampai dengan seminggu, nyeri perlahan hilang setelah saya mengoleskan heat cream di bagian yg nyeri tersebut. Hal ini sangat menyulitkan saya krn kalau sedang parah , saya sampai harus di gendong oleh suami. Waktu serangan kedua, saya sedang jalan dan tersandung, krn hrs menahan beban berat badan supaya tdk jatuh, akhirnya makin nyeri pantat saya, sampai2 pungung saya setelah itu juga terasa nyeri dan kepala saya langsung pusing dan mata saya berkunang-kunang hingga krg lbh 3 menit.
Apakah yg saya rasakan ini wajar terjadi pd ibu hamil dok? Apa kira2 penyebab nya? karna saya sering dengar banyak ibu hamil mengalami nyeri pada punggung, bukan pada pantat. Apa yang sebaiknya saya lakukan agar tdk terjadi lagi ya dok? Terima kasih
   


04-09-2016 22:43:16 Silahkan Bertanya, disini
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya donk saya hamil 34 minggu saya mengalami gatal pada seranglangkangan sampai kebelakang saya mau tanya obat nya untuk ibu hamil apa yach..?? soalnya gatalnya g' tahan di Garuk2 sampai lecet. di bantu donk solusi nya mksih sebelumnya
   
24-08-2010 16:18:21 keluar keputihan
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
dsog ku bilang hampir setiap ibu hamil mengalami keputihan cz perubahan produksi hormon selama kehamilan...

saranya klo mpe berwarna, bau n gatal harus segera ditangani, klo ga takutnya pas lahiran berpengaruh pada kebutaan babynya (lahiran normal)...

sering2 ganti celana aja bun klo dah ngerasa basah..biar kering terus...or klo ragu cpet2 konsul dech sebaiknya gimana...

   


22-04-2016 09:54:46 keputihan hamil 25week
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
wajar kok bun ibu hamil mengalami keputihan selama tidak berubah warna , tidak gatal, dan tidak berbau
   
12-01-2016 16:17:28 gatal di seluruh badan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Stretch mark bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya faktor genetik atau keturunan. Bila orang tua Bunda ada riwayat mengalami  stretch mark, maka besar kemungkinan Bunda juga akan mengalami stretch mark.
Selain faktor genetik, berat badan juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya stretch mark. Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan stretch mark. Garis-garis pada kulit ini muncul karena pecahnya jaringan kulit disebabkan meregangnya permukaan kulit  dan melemahnya jaringan elastis karena tubuh yang semakin melebar.
Sebenarnya stretch marks sebaiknya dicegah, karena untuk mengatasi dan menghilangkannya tergolong sulit dan masih menjadi kontroversi keberhasilannya sampai sekarang.

Untuk mencegah terjadinya stretch mark Bunda bisa melakukan upaya sebagai berikut:
 

* Hindarilah peningkatan berat berlebih dalam satu waktu untuk menghindari over stretching dari kulit Bunda.

* Bunda dapat berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran untuk menjaga elastisitas kulit.

* Hindari terjadinya dehidrasi dengan minum air cukup (8 gelas sehari).

* Bunda dapat menggunakan body lotion atau pelembab alami sepeti minyak zaitun untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Oleskan pelembab 3-4 kali sehari. Pelembab yang berbahan utama cocoa butter or shea butter juga baik untuk mencegah stretch mark.

* Vitamin C juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu mencegah terjadinya stretch mark pada tahap awal.

Penggunaan cream untuk menghilangkan stretch mark pada umumnya ditujukan untuk memperbaiki keadaan dan kelembapan kulit sehingga stretch mark akan terlihat memudar. Berhati-hatilah dengan penggunaan cream stretch mark pada ibu hamil dan menyusui karena beberapa cream tidak boleh digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Pada beberapa kasus seperti pada stretch mark tahap awal yang masih berwarna kemerahan, penggunaan beberapa jenis cream dapat membantu mengurangi penampakan garis ini. Selain itu dapat juga dicoba dengan terapi laser namun tidak dapat menjamin keberhasilan terapi pada semua orang dan jenis stretchmark.

   
25-08-2015 10:06:21 Bercak darah saat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Terkadang ibu hamil mengalami flek perdarahan dan kehamilannya tetap sehat, meski begitu bila Bunda khawatir segera periksakan pada bidan atau dokter kandungan Bunda ya.

   
Jumlah Posts : 92
Jumlah di-Like : belum ada like
Selain manfaat susu kedelai yang telah dikenal luas untuk ibu hamil, saat ini terdapat pula peneliti yang mencurigai adanya efek negatif dari salah satu zat dari kedelai bila seorang ibu mengandung janin laki laki. Dugaannya adalah salah satu zat yang ada dalam kedelai mengganggu perkembangan seksual janin laki laki tersebut ketika dewasa.

Penelitian yang menunjukkan hubungan Antara genistein (zat dalam kedelai) dan perkembangan sekual belum dilakukan pada manusia. penelitian baru dilakukan pada sebatas sekelompok tikus. Meskipun penelitian ini baru pada sekelompok tikus, tidak ada salahnya ini juga menjadi perhatian Anda kaum ibu. (sumber)

selain itu susu hedelai ini juga bisa menyebabkan keguguran untuk ibu hamil yang mengkonsumsinya pada usia kehamilan 1-3 bulan (trisemester 1). Hal ini disebabkan kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai yang justru dapat membuat wanita hamil mengalami keguguran.

Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen (sex female hormone) yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hamper sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri. Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.

Kondisi ini akan berubah sesuai dengan umur kandungan, semakin tua umur kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan/ mencegah kontraksi berlebih dari rahim.

Jadi, untuk mengurangi bahaya untuk ibu yang sedang hamil pada trisemester pertama, sebaiknya para ibu hamil menunda untuk minum susu kedelai dan juga makan makanan dari bahan pangan yang terbuat dari kedelai. Jangan sampai karena hal sepele seperti ini justru membuyarkan harapan yang telah diimpi-impikan.

*kl sy ttp minum tp tdk sering2 dan pola makan seimbang bunda... semoga bermanfaat.
   
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda allen.. kalo soal nyeri di pergelangan kaki, masi suka pakai sepatu high heels kah? kalo iya sebaiknya dikurangi. perbanyak olahraga, khususnya olah daerah kaki. tuk gatal2 kayanya hampir sebagian besar ibu hamil mengalami demikian.. hanya saja beda2 area "gatal"nya. hahaha.. cuma kalo sampe menghitam itu, apa bunda suka digaruk2 ya? saranku kasi salep kulit bun sbg obat luar. semua itu bunda bisa konsultasikan ke dokter kandungan. tuk obat salep, kalo bunda sebelumnya ada riwayat gatal dan sdh berobat ke dokter spesialis kulit, pakai aja obat itu. krn penggunaannya sbg obat luar, maka sy rasa akan aman2 aja digunakan kembali pd saat bunda allen hamil. semoga sdkt berguna dan semoga cepet sembuh yaa bunda :)
   
05-04-2015 13:06:45 StrethMark
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai bunda2... Sebenarnya menggaruk dgn tangan atw sisir gak ada pengaruhnya dengan strechmark. Banyak pemicu strechmark, sekedar berbagi ilmu dengan bunda2 berikut saya jelaskan tentang strechmark. Pemicu stretchmark antara lain akibat peregangan berlebihan pada kulit dalam waktu yang cepat. Sebenarnya kolagen pada kulit sangat membantu elastisitas kulit untuk dapat mengimbangi peregangan yang terjadi. Namun pada kondisi tertentu stretchmark kerap muncul tanpa kita inginkan. Apa penyebab timbulnya stretchmark? Kehamilan merupakan salah satu pencetus timbulnya stretchmark akibat peregangan kulit pada daerah perut. Penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid dan berdampak merusak kolagen juga dapat memicu munculnya stretchmark. Selain itu, penyebab lainnya adalah kekurangan vitamin A, C, E, serta obesitas atau kenaikan berat badan secara berlebihan dalam waktu singkat. Stretchmark dibedakan dua macam yakni stretchmark alba yang berwarna putih dan stretchmark rubra yang berwarna merah muda. Stretchmark terbentuk sejak masa kanak – kanak usia 5 tahun, pubertas hingga usia 50 tahun. Banyak para ibu hamil berpendapat keliru tentang stretchmark ini. Rasa gatal pada permukaan kulit perut sebenarnya adalah awal gejala timbulnya strechmark, bukan sebaliknya bahwa akibat digaruk pada perut saat hamil maka timbul stretchmark. Namun tidak semua gejala gatal pada permukaan kulit tanda stretchmark, kondisi alergi dan kelembaban permukaan kulit akibat keringat juga menjadi pemicu gatal pada ibu hamil. Keadaan stretchmark pada kehamilan itu sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan kondisi hormon kehamilan dan peregangan dinding perut yang berlebihan. Himbauan untuk menggaruk daerah perut lebih pada tujuan menghindari luka lecet dan infeksi pada kulit bukan untuk mencegah timbulnya stretchmark. Untuk ibu hamil disarankan tidak menggunakan aneka macam krim pemutih untuk menghilangkan stretchmark tanpa seijin dokter atau bidan. Cara alami adalah dengan rajin mengoleskan minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan pelembab non alergenik yang aman seusai mandi. Konsumsi makanan yang cukup mengandung vitamin A, C dan E agar kulit tetap segar, penuhi kebutuhan protein terutama albumin yang cukup agar kolagen kulit terjaga selama hamil. Contoh menu yang cukup banyak mengandung albumin adalah putih telur dan ikan gabus. Buah-buahan segar untuk sumber vitamin alami seperti jeruk, stroberi, tomat dan sebagainya. Cukupi kebutuhan minum air putih agar kulit tetap segar dan elastis.
   
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
biar jelas aku copas dr Google aja ya bun:

Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan
Kontraksi Palsu
Details
Written by Revina
Category: Menjelang Persalinan
Ketika anda memasuki
kehamilan di minggu ke 21
anda mengalami rasa
tidak nyaman seperti
mengalami kontraksi,
anda mungkin bertanya
tanya mungkinkah
kelahiran prematur akan
menimpa anda? Hal
tersebut belum tentu
terjadi, mungkin anda
mengalami kontraksi
palsu yang disebut
dengan istilah kontraksi
Braxton Hick. Kontraksi
palsu atau braxton hicks
adalah kontraksi rahim
sporadis yang dimulai
sekitar 6 minggu dalam
kehamilan anda, meskipun
pada umunya tidak semua
ibu hamil mengalami
kontraksi palsu. Sebagian
lagi dari ibu hamil
mengalami kontraksi
palsu pada kehamilan
trimester akhir . Sebagai
kehamilan berlanjut
kontraksi braxton hicks
cenderung datang lebih
sering hingga memasuki
minggu terakhir
kehamilan anda. Meskipun
pada setiap ibu hamil
memiliki kondisi yang
berbeda, kontraksi palsu
pada umumnya tidak
menyakitkan.
Berikut adalah cara
membedakan kontraksi
asli dengan kontraksi
palsu atau Braxton
Hicks :
1. Anda dapat
membedakan rasa dari
kontraksi palsu yang
mulas akan tetapi tanpa
rasa nyeri yang dimulai
dari bagian atas rahim
anda hingga ke bagian
bawah sedangkan pada
kontraksi asli dimulai
dengan rasa mulas dan
rasa nyeri di bagian
pinggang sampai pada
perut bagian bawah.
2. Pada umunya
braxton hiks sering
terjadi pada usia
kandungan memasuki
20 minggu atau
trimester kedua .
Bahkan pada usia
kandungan jauh lebih
awal dari usia ke 20
minggu dan terjadi hingga masa persalinan
berlangsung. Sedangkan untuk kontraksi yang
sebenarnya akan terasa pada usia kandunga yang
cukup bulan yaitu berusia 27 hingga 40 minggu.
3. Dalam durasi berlangsung kontraksi palsu akan
berlangsung selama lebih dari 20 detik bahkan mencapai
2 menit atau lebih sedangkan untuk kontraksi asli
30-60 detik dan pada fase persalinan paling lama akan
terjadi 75 detik saja.
4. Ciri lain yang bisa anda bedakan ketika kontraksi
asli adalah makin lama terjadi kontraksi maka makin
kuat terasa sakit dan area kewanitaan anda seperti
mengeluarkan sesuatu sedangkan pada kontraksi palsu
akan menghilang dnegan sendirinya. Bila anda
mengalami kontraksi palsu akan hilang ketika anda
mengubah posisi duduk atau berbaring.
Adapun langkah yang bisa anda ambil untuk
mengurangi rasa tidak nyaman dari kontraksi
palsu adalah sebagai berikut :
1. Mengubah aktivitas Anda atau posisi. Kadang-
kadang dengan berjalan memberikan bantuan anda
untuk mendapatkan keadaan yang nyaman.
2. Anda dapat mandi dengan menggunakan air hangat
untuk membantu tubuh anda rileks.
3. Cobalah minum beberapa gelas air, karena
kontraksi ini kadang-kadang dapat disebabkan oleh
dehidrasi .
4. Cobalah latihan relaksasi pernapasan anda. Ini
tidak akan menghentikan kontraksi Braxton Hicks,
tetapi dapat membantu Anda mengatasi
ketidaknyamanan.
Muncul pertanyaan dari anda apakah kontraksi palsu
membutuhkan penanganan ahli medis,hubungi dokter
atau bidan anda segera jika Anda belum mencapai 37
minggu dan kontraksi menjadi lebih sering, berirama,
atau menyakitkan, atau jika Anda memiliki salah satu
dari tanda-tanda kemungkinan persalinan prematur
seperti nyeri perut atau kram seperti anda sedang
menstruasi atau juga lebih dari empat kontraksi dalam
satu jam, terjadinya pendarahan dan juga
peningkatan cairan vagina dan jenisnya berdarah atau
berair lebih banyak. Jika Anda melewati usia
kandungan 37 minggu, tidak perlu untuk memanggil
dokter atau bidan hanya saja untuk kontraksi sampai
mereka berlangsung sekitar 60 detik setiap lima menit
dan terpisah dan terus seperti ini selama satu jam
kecuali ahli medis Anda telah menyarankan sebelumnya.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Berita pada Infobunda yang berjudul Tips Berpuasa Saat Hamil :

Bulan Ramadhan telah tiba, menjadi suatu kewajiban bagi para muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Namun apakah ibu hamil diperbolehkan menjalankan puasa? Banyak penelitian yang membuktikan bahwa puasa saat hamil aman, tidak berpengaruh dengan berat janin dan IQ anak, berpuasa sangat baik untuk kesehatan, selama kondisi Bunda sehat dan tidak mengalami keluhan apapun.

Seperti hal-nya Okky Setiana Dewi, bintang film “Ketika Cinta Bertasbih” yang kini sedang mengandung empat bulan sering mengalami muntah-muntah, namun keinginannya untuk berpuasa sangat besar, ditambah dengan dukungan suami semakin mantap Ia untuk berpuasa. Meskipun berpuasa Ovy Vitrio (Rio) selalu mengingatkan istrinya untuk menjaga si jabang bayi. Di bulan puasa ini Okky ingin menambah keimanannya dan ingin mengenalkan anaknya tentang ajaran islam meskipun masih dalam kandungan.

Pada kehamilan trimester pertama, ibu hamil mengalami mual dan muntah-muntah akibat perubahan hormonal karena asam lambung yang naik, sehingga tidak dianjurkan untuk berpuasa karena akan beresiko kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Apabila usia kehamilan Bunda sudah lima bulan keatas , konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda, bila diperbolehkan berpuasa berikut tips yang dapat Bunda lakukan selama berpuasa.

Ketika sahur sebaiknya Bunda yang sedang hamil mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan komposisi nutrisi yang seimbang, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup. Bagi Bunda yang suka dengan makanan dan minuman yang manis dan pedas, sebaiknya di hindari terlebih dahulu, disarankan untuk minum air putih yang banyak., atau Bunda dapat minum susu kehamilan untuk mengurangi ancaman anemia ibu hamil.

Saat menjalankan puasa lakukan kegiatan yang ringan, hindari kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat atau kegiatan di lapangan. Istirahat yang cukup saat berpuasa untuk menghindari kelelahan. Hentikan puasa, apabila Bunda mengalami hal berikut : muntah lebih dari 3 kali dikhawatirkan akan membuat dehidrasi, diare dengan perut sakit, mulas dan melilit, keluar keringat dingin yang menandakan tubuh Bunda kurang sehat, mimisan atau mengeluarkan darah, badan terasa lemas, pusing dan mata berkunang-kunang.

Waktu yang di tunggu-tunggu saat puasa adalah waktu berbuka puasa, saat berbuka puasa di sunnahkan untuk berbuka dengan makanan atau minuman yang manis. Berkebalikan ketika sahur, saat berbuka tubuh membutuhkan energi setelah sehari melakukan akivitas sehingga membutuhkan minuman manis, namun perlu di batasi. Saat berbuka disarankan tidak meminum air dingin atau es, sebaiknya minumlah air hangat untuk menormalkan kerja lambung. Makanlah dengan porsi yang lebih besar dari biasanya, karena janin juga membutuhkan asupan nutrisi, sebelum tidur Bunda disarankan untuk makan makanan ringan  dan minum air hangat agar tubuh Bunda dapat memproduksi ASI dengan baik.

   
03-01-2013 10:41:33 sering pusing
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
  Ketika Hamil, terjadi berbagai perubahan hormonal, selain itu ketika hamil juga dibutuhkan jumlah sel darah merah yang sebaiknya selalu berada pada batas normal. System sirkulasi darah juga harus memenuhi kebutuhan tubuh yang semakin bertambah pula volume nya, dan masalah yang terjadi biasanya penumpukan cairan tubuh (termasuk darah) pada tubuh bagian bawah karena beratnya volume yang harus di pompa menuju tubuh bagian atas (Bantulah tubuh memompa darah ke bagian atas dengan cara menekuk dan meluruskan tungkai kaki seperti gerakan memompa saat anda berdiri). Perubahan-perubahan tubuh yang terjadi ini dapat mempengaruhi kondisi ibu hamil, akan menjadi cepat lelah, sakit kepala, lebih mudah marah atau nafsu makan yang sangat bertambah. Apabila ibu hamil mengalami gangguan tersebut, yang pertama kali di perhatikan adalah, cek tensi darah anda, cek kadar Hb anda dan perhatikan asupan nutrisi Anda serta Istirahat yang cukup. Bila semuanya normal, maka kemungkinan besar sakit kepala itu adalah akibat dari perubahan hormonal ataupun dilatasi pembuluh darah (kebanyakan sakit kepala tidak ditahui penyebabnya). Bila bunda merasa sangat terganggu dengan sakit kepala tersebut, periksakan diri Anda pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
   
20-11-2012 19:00:12 Hipertensi Bagi Wanita Hamil
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like
Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang diderita ibu hamil akan dapat membahayakan kondisi janin dan kesehatan ibu. seseorang dikatakan mengalami hipertensi saat tekanan darahnya diatas 140/90 mmHG (berarti 140 mmHg tekanan sistolik dan 90 mmHg tekanan diastolik). Hipertensi pada ibu hamil banyak terjadi pada usia ibu hamil dibawah 20 tahun atau diatas 40 tahun, kehamilan bayi kembar, atau terjadi pada kehamilan anaka pertama.

Hipertensi disebabkan oleh 2 hal yaitu hipertensi primer yang disebabkan karena pola hidup kurang sehat seperti stress, mengkonsumsi garam berlebih, merokok, dan minum alkohol. Lalu hipertensi sekunder yang disebabkan adanya gangguan ginjal atau jantung.

Ibu tak perlu khawatir, karena hipertensi dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dengan tidak merokok dan minum minuman beralkohol, hindari stress, atur pola makan yang sehat, serta berolahraga yang cukup. ibu juga bisa mengkonsumsi beberapa bahan makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah seperti coklat, ikan buah jeruk, buah pisang dan ikan. Selanjutnya, Lakukan kontrol rutin terhadap kehamilan ibu dan ikuti petunjuk yang disarankan oleh dokter.

Semoga bermanfaat ibu.

ibu bisa share seputar kehamilan dan konsultasi kehamilan