SITE STATUS
Jumlah Member :
492.739 member
user online :
1349 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: usia berapa anak boleh pakai rexona

New Topic :  
25-04-2015 00:12:39 mengajak bayi berenang
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
amankah neckring (pelampung leher) untuk bayi? usia berapa bayi boleh mulai pakai pelampung leher?

saya sudah 2 kali mengenalkan kolam pada bayi saya, pertama saat usianya 5 bulan, sudah pakai pelampung leher, dia nyaman dengan air n bereksplorai dgn baik. tapi keesokan harinya jatuh dr tempat tidur saat tidur malam.
kedua saat usianya 6 bulan, agak rewel.. entah krn berenangnya saat waktu tidur siangnya, atau agak trauma krn berenang sebelumnya. setelah renang yg kedua, besok paginya jatuh lagi dari tempat tidur.
saya jadi agak trauma kalo mau ajak renang lagi..
baiknya bagaimana ya?
   


15-01-2009 12:02:09 pampers or deaper
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda mau tanya apakah ada efek sampingnya dalam penggunaan Pampers or Diapers, seperti jalan akan ngangkang/ apa sajanya, mau infonya dong???? sebaiknya sejak usia berapa bayi sudah pakai pampers??? apa sejak lahir boleh??? Thank's yaa
   
22-06-2016 07:16:37 gendongan kangguru
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda...mau tnya nih,usia berapa baby boleh d gendong pake gendongan ransel/kangguru,tp posisi baby menghadap ke kita?
   


12-02-2015 15:56:18 usia berapa anak tengkurap
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
usia berapa anak tengkurap
   
17-12-2010 15:57:39 penggunaan bedak bayi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, saya mau tanya apa bener penggunaan baby powder itu tidak d anjurkan untuk baby ? alasannya apa ya?
Jika tidak boleh hingga umur berapa anak boleh menggunakan baby powder.

Terima kasih

Dari : anggitha ramadhanty

Jawaban:

Dear Bunda,

Tidak apa menggunakan bedak pada kulit bayi, selama pada permukaan kulit itu tidak ada luka lecet atau luka terbuka, dan tidak diajurkan menggunakan bedak bayi pada daerah kelamin, karena adanya saluran kencing yang dapat beresiko masuknya bubuk bedak tersebut ke dalam saluran kencing. Apabila pada lipatan lipatan kulit bayi cenderung mengalami lecet, sebaiknya menggunakan baby oil atau baby lotion untuk mencegah luka lecet akibat gesekan.
   


21-04-2010 16:06:02 perkembangan bayi
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : 5
 Dear bunda Eka,

Sebenarnya saya juga kurang tahu pastinya bayi melihat jelas pada usia berapa. Anak saya ketika usia 2 minggu sudah mulai suka memandang arah datangnya cahaya (misalnya lampu), usia 3 minggu sudah mulai bisa memperhatikan apabila ada orang yang bergerak di sisinya matanya ikut memandang arah gerakannya. Setelah 1 bulan sudah mulai tandai orang misalnya ayah bunda dan neneknya apabila mendekatinya dia langsung tertawa (padahal belum bicara atau mengeluarkan suara) sedangkan orang lain yang kurang dikenalnya dia hanya diam memperhatikan saja. Sekarang usia anak saya 1 bulan 2 minggu sudah bisa mengikuti arah gerakan saya (misalnya saya jalan dari pintu ke box bayi atau sebaliknya, kepalanya ikut mutar dan matanya memperhatikan saya). jadi kurang tau sebenarnya dia sudah melihat jelas atau masih melihat bayangan saja.
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
salam bunda semua..

saya bunda nya fayyadh dan fawwaz (kembar). sekarang usia mereka udah 2,5 bulan.
saya mo nanya nih, usia berapa anak mulai belajar tengkurap?
soalnya sekarang anak2 saya udah tidur miring hampir tengkurap. padahal mereka baru 2,5 bulan. apa gak kecepetan tuh?
mohon sharingannya ya bunda....

bunda lili
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
kasih masukan dong mulai usia berapa bayi boleh konsumsi susu kambing?
   
12-05-2008 17:23:37 oetmeal for anak
Jumlah Posts : 130
Jumlah di-Like : 1
hi....bun ...........sharing yuuk   mulai usia berapa anak kita bisa konsumsi oatmeal nich bun?.............  
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Moms, mo kasih masukan nih... Artikel ini saya ambil dr Internet (lupa alamatnya)

Perawatan Bayi Baru Lahir

Betulkah minyak kayu putih tak boleh diberikan sebelum anak usia 3 tahun?

Pemberian minyak kayu putih pada usia berapa saja tak masalah. Hanya ada dua faktor; seberapa besar konsentrasinya dan seberapa iritatif serta sensitif kulit si bayi. Tentunya konsentrasi minyak kayu putih yang asli, misal, dari Ambon, akan berbeda dengan yang sudah campuran. Yang asli akan terasa makin pedas. Faktor iritasi yang ditimbulkan pun berbeda. Semakin asli semakin beruntusan kulitnya.

Jadi, tak ada larangan orang tua memakaikan minyak kayu putih pada bayinya, tergantung seberapa iritatif dan sensitif kulitnya. Apalagi pori-pori kulit bayi lebih kecil dibanding pori-pori orang dewasa. Pori-pori ini digunakan untuk pernapasan kulit. Jika pori-pori tertutup dengan minyak, tak terjadi pernapasan kulit. Akibatnya, kulit jadi kemerahan. Solusinya, tak usah diberi obat macam-macam. Mandikan saja dan dikeringkan.

Bagaimana dengan pemberian bedak pada bayi?

Sebetulnya di Indonesia tak perlu penggunaan bedak, baby oil, baby lotion, dan segala macam. Sebab, tingkat kelembabannya tinggi, hingga permukaan kulit tak pernah kering.

Praktek lain yang salah tentang bedak yaitu digunakan untuk membersihkan bekas kencing atau daerah-daerah yang basah karena keringat. Padahal, campuran bedak dan keringat adalah media yang baik untuk tumbuh kuman. Sementara permukaan kulit sendiri sudah penuh kuman. Itu sebab, bila tak mandi, terjadi pembusukan oleh bakteri yang ada di permukaan kulit. Apalagi di lipatan-lipatan seperti leher, selangkangan, yang lebih cepat terjadi pembusukan.

Memang tak menyebabkan kematian, tapi banyak beruntusan, dan kadang ada nanah-nanah kecil di lipatan seperti leher. Solusinya, bayi dimandikan. Jangan pakai air panas, kecuali di daerah yang dingin sekali. Pakailah sabun bayi atau sabun khusus, selain untuk membersihkan juga menghambat tumbuhnya kolonisasi kuman.

Bolehkah pemberian minyak kelapa pada biang keringat?

Tidak, karena akan menutup pori-porinya.

 

Bagaimana mengatasi bayi kembung? Perlukah pemakaian minyak telon?

Bayi ditelungkupkan/ditengkurapkan. Kalau banyak angin di perutnya, akan keluar kentut. Sebab, dengan ditelungkupkan, gas di perut akan mencari tempat yang lebih tinggi untuk kemudian keluar.

Pemakaian minyak telon jika berdasarkan keyakinan ibu tak apa-apa, maka silakan. Asal tahu, minyak telon bisa menyebabkan kulit bayi merah-merah, meski tak membahayakan. Tapi memang itu sifatnya iritasi.    
   
Jumlah Posts : 169
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda vina : anak usia berapa? sudah baca soal growth spurt? baca soal nursing strike? coba googling dulu kalau sudah tau nanti tau sebab kenapa bayi seakan2 tidak pernah puas nenen/tarik2 puting atau malah mogok nenen...


soal ruam, saran saya jangan coba2 pakai ini dan itu kalau parah segera ke dokter, hentikan pemakaian diapers sementara sampai sembuh, dan jangan nunggu diapers penuh baru diganti, fyi diapers cocok2an ya...

bunda dee : ini pengalaman saya menyusui anak pertama karena terlalu asik nenenin kanan jadi payudara kiri lebih kecil, selesai menyusui PD back to normal ukuran rata maklum PD saya tutup cangkir, kemudian hamil anak ke dua payudara kembali besar montok dua2nya sama, dan sekarang menyusui anak kedua saya pastikan kanan dan kiri seimbang, pada dasarnya payudara memang besar sebelah :)
   
27-08-2014 16:22:07 kpn pk baby walker
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda,

Pada saat usia si kecil mulai belajar berjalan, pada umumnya Bunda akan menggunakan baby walker sebagai alat bantunya untuk belajar bukan? nah, berikut penjelasan dr. Tanti pada tanya dokter yang berjudul "Usia berapa bayi bisa diperkenalkan baby walker?" pada pertanyaan berikut : 

"dok,anak sya usianya 6 bulan apa sudah boleh menggunakan baby walker?apa dampak positif dan negatif menggunakan baby walker?satu lagi apa boleh bayi dipijat?"

dr. Tanti menjawab :
Dear bunda, Telah banyak di lakukan penelitian mengenai baby walker di Negara Amerika dan Eropa, para peneliti dan dokter berpendapat bahwa penggunaan baby walker dapat mempertinggi resiko cedera pada anak dan tidak membantu anak dalam berjalan. Penggunaan baby walker dapat memperlambat kemampuan anak dalam latihan berjalan, hal ini berdasarkan penelitian di Amerika. Bila bunda tetap ingin menggunakan baby walker sebaiknya bunda memperhatikan keamanan benda tersebut, pilihlah dengan cermat , sebaiknya anak anda yang masih berusia 6 bulan tidak menyangga beban badannya sebelum waktunya ia kuat untuk menyanggah badannya sendiri. Pemijatan pada bayi tidak dianjurkan bila dilakukan oleh seseorang yang belum berpengalaman, sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang telah terlatih dan mempunya sertifikat . Pijat bayi tidak seperti memijat orang dewasa, dalam hal ini di lakukan sentuhan-sentuhan lembut bukan manuver pemijatan seperti pada orang dewasa. Demikian jawaban saya.

   
06-01-2014 14:45:02 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like

Pertanyaan dari Mama Meilan :

Salam kenal bunda semua, mau ikutan bertanya ya bunda...sebaiknya sampai usia berapa tahun anak menggunakan popok? karena keponakan saya sekarang usia 5 tahun masih menggunakan popok...terimakasih atas jawabannya..

Jawaban :

Popok sekali pakai dapat membantu mengurangi kerepotan Bunda saat melakukan toilet training, terutama malam hari. Mengenai usia toilet training, biasanya di usia 2-3 tahun anak sudah bisa dibiasakan ke toilet. Patokan anak siap toilet training adalah bila sudah bisa memberitahu / sudah menyadari saat dia perlu ke toilet, dan sudah bisa menahan pipis.

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda/Mom, mo tanya usia berapa bulan bayi boleh keluar rumah?
Mengingat anak saya masih usia 2minggu.
Share ya bunda/mom infonya, terima kasih sebelumnya.
   
02-10-2012 08:33:24 ASI mengendap?apa itu?
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda Rechan...
Just share aja ya....

Kalau boleh tahu berarti selama ditinggal sikecil minum sufor? trus seberapa lamakah perjalanan bunda untuk pulang ke rumah eyang?
Insyaalloh semua itu ada jalan keluarnya bunda...
Anakku sering aku tinggal dinas pada saat usia kurang dari 8bulan...waktu itu aku tinggal luar kota sekitar umur 1.5 bulan, 4 bulan dan 7 bulan....
Pada saat usia 1.5 bulan itu saya ke bandung selama seminggu (alhamdulillah stock asip saya mencukupi kebutuhan anak saya ketika saya keluar kota), tapi alhasil PD saya bengkak, tidak bisa di perah, pake tanganpun juga susaaaaaaaaaaah sekali keluarnya sampe sakit keraaaaaaaaaaas banget padahal sudah mandi air anget, kompres air anget n dingin (bergantian) sampe minum air anget selama di bandung....tapi proses memerah tetap susah....(jadi inget waktu itu..hikshikshiks...)....setelah itu saya pulang dalam keadaan PD yang keras dan sakit, begitu sampe rumah langsung di nen langsung sama anakku...alhamdulillah subhanalloh...PD langsung kempes n gak begitu sakit...(memang isapan baik lebih baik dari segalanya..hihihhi...)....3 hari kemudian saya kembali ke kantor dan selama di kantor hasil perahan saya menurun drastis bund...dari sekali pompa bisa 200ml waktu itu cuman dapet 30 sd 80ml....(tp alhamdulillah asip dari bandung bisa mencukupi kebutuhan anak saya sd hasil perahan kembali normal...)...pada waktu itu saya makan banyak, banyak sayuran, minum pil katuk, banyak minum, segala jenis sayuran yg bisa merangsang produksi asi saya makan...hahahaha ampe jadi gendut saya bund...alhamdulillah 2 minggu kemudian asi kembali seperti semula, alhamdulillah bertambah seiring dengan kebutuhan bayi...
Untuk tugas keluar kota yang selanjutnya...saya semakin mengerti kalau pada intinya menyusui itu:
1. Niat dan semangat
2. Pikiran tidak boleh stres
3. Banyak makan makanan yang bergizi
4. Banyak minum
5. Rutin memompa (karena semakin banyak di isap maka semakin banyak asi nya)
Maaf kalo sok tahu ya bunda...hihihihi...

Trus maaf klo masalah asi mengendap itu, mungkin maksudnya karena lama tidak di nen langsung jadi rangsangan berupa isapan kurang jadi asi semakin sedikit keluarnya...
Ndak apa2 bunda, tetep di nen kan aja meskipun cuman siang dan malam...sekarang sudah usia berapa sikecil???

Perihal membawa asi....seharusnya memang asi itu selalu dalam keadaan beku...
Bagi pengalaman pada saat di bandung, saya membawa asip pake cooler box+ice gel beku+es batu alhamdulillah sampe di rumah asip tetap oke meskipun ada beberapa yang mencair...tapi bismillah tetap saya berikan soalnya daripada dibuang eman2...Alhamdulillah anak saya sehat sd sekarang usianya 14 bulan...

Sekarang juga ada lho bund, jasa pembawa asip....:)....
Jadi asip nya bunda jangan dibuang...tapi disimpen aja di frezeer.
Ini aku share daya tahan asip ya:
1. di suhu raung tahan sd 8 jam
2. di frezeer satu pintu tahan sd 6 bulan
3. di kulkas dua pintu, di frezeernya bisa tahan sd 3 bulan
4. di kulkas satu pintu, di frezeernya bisa tahan 2 sd 3 minggu
5. di kulkas bawah tahan 2 sd 3 hari
6. asi setelah di angetin tahan sd 4 jam
Mohon maaf jika ada kesalahan ya...

Sekian share dari saya ya bunda...semoga bunda rechan sempat membacanya.....semangat bunda...