SITE STATUS
Jumlah Member :
493.827 member
user online :
1505 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: test kehamilan haruskah 7 hari setelah b

New Topic :  
27-10-2015 14:46:27 masalah tentang haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

   Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak; suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun.  Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.
   Untuk bisa mendapatkan kehamilan, maka hubungan intim dilakukan terutama pada masa subur. Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Para bunda pada umumnya memiliki siklus setiap 28 hari.
Secara teori, ovulasi dapat terjadi pada hari ke-14 di dalam siklus menstruasi yang teratur. Namun tidak ada yang bisa memastikan secara tepat apakah ovulasi terjadi pada hari ke-14 atau di hari lain, maka itu di perkirakan rentang masa subur. Pada siklus yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Rentang masa subur dapat terjadi di antara hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.

Namun ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.


Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.

Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Untuk mengetahui hamil atau tidak, bisa cek test kehamilan dengan tetst pack setelah telat menstruasi.

   


14-06-2014 11:17:25 KAPAN BISA TES PECK?
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like

Hai Bunda Stefany, Salam Kenal,

Sekarang aku sedang hamil yang kedua uk 5 week. Saat hamil yg pertama dan kedua ini aku melakukan tespek sehari sebelum jadwal haid karna feel ku sdh kuat bgt klo aku sedang hamil. Memang gejala awal kehamilan sangat mirip dengan gejala haid kadang kita suka terkecoh. Tes kehamilan dapat dilakukan 7 hari setelah berhubungan intim di masa subur tetapi harus dilakukan di waktu yg tepat pula misal pagi hari setelah bangun tidur.

Saran ku lebih baik ditunggu sampai terlambat haid agar ga kecewa bun kecuali feel bunda sudah kuat bgt yah kaya aku ini hehee...

   
17-04-2014 10:24:53 suntik kb sebelum mens
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Suntik Kb ada dua macam, 1 bulan sekali dan 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk kembali suntik pada waktu yang telah di tentukan agar tetap mendapatkan efek kontrasepsi. Bila terlambat melakukan suntik dari jadwal yangs udah di tentukan, pergunakan kontrasepsi kondom sampai 7 hari setelah dilakukan penyuntikan yang terlambat untuk mencegah terjadinya kehamilan.

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear dok,saya 3bln yg lalu hbis melahirkan,,dan tgl 17 februari ini saya baru dpet haid,dan brarkhir tgl 19,dandr tgl 17 pula untuk prtama x nya sya mnum pil kb andalan lakstasi,,krna mnurut anjuran untuk mmulai pil trsebut dr hari prtama haid,,lalu tgl 22 skrng ini sya sdh mlakukan HB dng suami,,prtanyaan saya kira2 brp prsen dok untuk saya bs hamil ? Krna sdh tidak mnginginkan untuk hamil kmbali dok,,mohon jawaban nya dok segara,,,trimakasih dok

Dari : Chacha Salsabilla

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila baru pertama kali melakukan metode kontrasepsi baik itu pil KB maupun suntik KB, sebaiknya setelah penggunaan pertama kali tersebut tetap memakaikontrasepsi kondom selama 7 hari untuk berhubungan intim. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi obat untuk bekerja dan mencegah kehamilan. Pada penggunaan siklus berikutnya, bila terlambat dari jadwal yang ditentukan, maka gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari setelah pemberian suntikan atau minum pil KB yang terlambat tersebut. Bila Bunda tidak berada pada masa subur, kemungkinan terjadi kehamilan tidak besar terjadi, namun resiko terjadinya kehamilan masih ada bila tidak ada efek kontrasepsi sebelumnya.




   
26-03-2014 12:09:48 kb suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, sy mau tanya dan mw tau,ini hari prtma sy melakukan suntik KB 3 bulan dlm seumur hidup sy, yg sy mau tanyakan, apakah sy bisa berhubungan setelah bru2 suntik? Apa nga akan tinggal ?takutnya nti, blm ad reaksi dri suntik KB 3 bulannya dalm 1 hari ini, truz sy lgsung berhubungan. Nti hamil ato nga ?? Tlong diblz ya dok ... Makasih

Dari : Chiytra Andiaso Manggabarani

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila baru pertama kali melakukan metode kontrasepsi baik itu pil KB  maupun suntik KB, sebaiknya setelah penggunaan pertama kali tersebut tetap memakai kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk berhubungan intim. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi obat untuk bekerja dan mencegah kehamilan. Pada penggunaan siklus berikutnya, bila terlambat dari jadwal yang ditentukan, maka gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari setelah pemberian suntikan atau minum pil KB yang terlambat tersebut. Bila Bunda tidak berada pada masa subur, kemungkinan terjadi kehamilan tidak besar terjadi, namun resiko terjadinya kehamilan masih ada bila tidak ada efek kontrasepsi sebelumnya.


   


20-02-2014 13:50:39 telat suntik kb
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter mw tnya..
sy sdh telat suntik kb 3 hri.. sy pke kb 1 bln.
mnrut jdwal hrus.a tgl 24 kemarin sy suntik.
Di karenakan sy mens.a bru tgl 22 dan skrg msih mens.
apa bisa hamil dok ?

Dari : Selly Rachel Redamata

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila penggunaan kontrasepsi KB suntik maupun pil tidak dilakukan tepat dengan jadwal yang seharusnya dilakukan, maka efek dari kontrasepsi untuk mencegah kehamilan akan berkurang dan kemungkinan kehamilan lebih tinggi terjadi. Kehamilan dapat terjadi bila sel telur dan sperma bertemu pada masa subur dan terjadi pembuahan. Bila Bunda telat dalam jadwal penyuntikan kembali, gunakan terlebih dahulu kontrasepsi kondom sampai 7 hari setelah penyuntikan ulang. Untuk waktu berikutnya, meskipun masih menstruasi, lakukan penyuntikan sesuai jadwal agar kehamilan dapat dicegah dengan baik.


   
15-10-2016 14:37:33 tanda'' mau lahiran
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
jangan stress bunda vita ddnya tahu kok kapan harus keluar. selama ketuban dan plasenta masih bagus biasanya dokter akan kasih 5-7 hari setelah hpl buat tinggu kontraksi asli kalo ga ada perubahan juga biasanya disarankan induksi sama dokternya
   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Bawa bayi Anda terbang naik pesawat?

Buat orang tua yang akan melakukannya untuk pertama kali, membawa si buah hati naik pesawat bisa jadi pengalaman yang menimbulkan kecemasan. Selain berkonsultasi dengan dokter mengenai kesiapan si kecil, berikut adalah tips membawa bayi Anda naik pesawat, mulai dari persiapan booking tiket pesawat hingga tips agar si kecil tenang dan nyaman selama di pesawat.

Selain itu, simak juga ketentuan bayi dari tiap-tiap maskapai utama di Indonesia di bawah ini.

Sebelum booking tiket

Kapan usia aman bayi naik pesawat?

Ketentuan tiap maskapai bisa berbeda-beda, ada yang minimum usia 2 hari, ada yang minimum usia 14 hari. Maskapai biasanya akan meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang.

Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Jadi kapan usia terbaik untuk bayi naik pesawat? Usia minimum 3 bulan dianggap usia yang paling aman untuk bayi naik pesawat. Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Berapa harga tiket pesawat untuk bayi?

Umumnya, bayi digolongkan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan. Sebagian besar maskapai mengharuskan bayi untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Walau tidak memiliki tempat duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte lahir, demikian juga paspor ketika terbang ke luar negri. Tiap maskapai memiliki ketentuan berbeda mengenai harga tiket bayi. Bagi beberapa maskapai, harga tiket bayi gratis. Namun ada juga maskapai yang menentukan tarif bayi yaitu sekian persen dari tarif dewasa, sekalipun bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Jika bayi memiliki tempat duduk sendiri, tarif yang dikenakan serupa dengan tarif dewasa.

Apakah bayi mendapat jatah bagasi sendiri? Hal ini juga tergantung tiap maskapai. Pastikan hal ini dari maskapai terkait.

Barang-barang apa saja yang diperlukan selama penerbangan?

Antisipasi juga sekiranya terjadi delay. Di beberapa penerbangan internasional berlaku batasan untuk membawa cairan di kabin, namun ini tidak berlaku khusus untuk makanan/susu bayi:

Pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas kabin Anda:

  • Bawa popok sekali pakai dan tissue basah, dikemas bersama di dalam sebuah tas/kantung kecil. Saat mengganti popok bayi di toilet pesawat, Anda jadi tidak perlu membawa seluruh tas kabin.
  • Baju cadangan untuk bayi dan juga Anda. Ini terutama untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi dll.
  • Susu dan makanan bayi. Ini termasuk ASI yang sudah diperah dalam botol jika bayi Anda minum ASI.
  • Air panas di dalam botol untuk membuat makanan bayi.
  • Nursing apron atau celemek menyusui, yaitu kain yang berguna untuk menutupi ibu dan bayi saat menyusui maupun memerah susu di tempat umum.
  • Selimut untuk bayi. Walau di beberapa penerbangan jarak jauh (long-haul) disediakan selimut, bahannya bisa jadi tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, bau selimut bayi Anda sendiri akan menyenangkan buat si bayi.
  • Empeng.
  • Mainan favorit bayi, dan juga mainan baru untuk mencegah bayi dari kebosanan.

Saat booking tiket

Saat memesan tiket, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Waktu terbang. Untuk penerbangan jarak pendek, memilih waktu terbang siang bisa jadi keputusan terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi. Untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah paling nyaman untuk bayi karena dia bisa tidur nyenyak di pesawat.
  • Jika bayi Anda sudah lebih besar, pesanlah satu tempat duduk ekstra untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.
  • Jika memungkinkan, book tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Tempat duduk ini memiliki ruang lebih untuk kaki Anda dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising. Jika Anda book tiket secara online, informasikan hal ini sekali lagi melalui call center maskapai.
  • Pilih tempat duduk di gang (aisle) agar leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau berjalan-jalan di lorong kabin.
  • Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.

Saat tiba di bandara

Usahakan untuk tiba jauh lebih awal di bandara, supaya Anda tidak tergesa-gesa sewaktu check-in dan melewati security (jika ke luar negri: bagian imigrasi). Jika Anda membawa bayi dengan stroller, maka stroller harus dilipat tiap kali melewati mesin scan security.

Selagi menunggu boarding, usahakan untuk bermain/beraktivitas dengan sang bayi agar dia kelelahan dan mudah tertidur saat sudah di atas pesawat.

Bagaimana agar bayi tenang selama di pesawat?

  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.
  • Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.
  • Suhu kabin cenderung dingin. Perlengkapi bayi dengan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan.
  • Jika bayi dalam keadaan bangun selama penerbangan, sibukkan bayi dengan beraktivitas kecil agar dia tidak kebosanan. Jika dia masih rewel dengan mainannya, beri mainan baru.
  • Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan.

Ketentuan bayi dari tiap maskapai

Ketentuan bayi naik pesawat Lion Air,Wings Air, Malindo, Batik Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan.
  • Maskapai berhak tidak mengangkut bayi yang usianya kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (terbit setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan) dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat untuk perjalanan udara.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban sekiranya terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Sriwijaya Air, NAM Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia 0-23 bulan pada saat penerbangan.
  • Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepala bayi tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.

Tarif bayi: Sekitar 10% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Garuda Indonesia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Bayi prematur dapat terbang dengan melengkapi Medical Information (MEDIF) dan laporkan kondisi tersebut pada petugas darat.
  • Bayi harus disertai dengan seorang pendamping dewasa yang memangku bayi tersebut.
  • Pendamping tersebut harus bepergian pada penerbangan yang sama, di kelas yang sama, dan untuk tujuan yang sama dengan bayi.
  • Satu bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa yang mengambil tanggung jawab penuh atas bayi.
  • Bayi dapat menggunakan fasilitas Baby Basinet yang disediakan oleh Garuda di dalam pesawat (selama masih tersedia), namun pada saat lepas landas, mendarat dan kondisi turbulensi, bayi wajib dipangku.
  • Awak kabin akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bagi bayi. Selain itu juga disediakan pelampung khusus bagi bayi yang akan dikumpulkan kembali setelah mendarat. Pelampung tersebut hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: gratis 10 kg.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Citilink:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat AirAsia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Tigerair Mandala:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa (berusia 18 tahun atau lebih), satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000. Jika ingin book tempat duduk sendiri untuk bayi, maka dikenakan tarif tiket dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller dan kursi bayi di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Jetstar:

Usia bayi:

  • Bayi adalah berusia kurang dari 2 (dua) tahun saat penerbangan.
  • Untuk bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari khusus Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K) dan Valuair (VF), orang tua harus mengisi formulir Jetstar Travel Celarance. Bayi dengan usia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan Jetstar Pacific (BL) dan Jetstar Japan.
  • Bayi wajib disertai bukti usia seperti akte lahir atau paspor (wajib untuk internasional)
  • Bayi harus disertai dengan orang tua atau orang dewasa berusia 15 tahun atau lebih.

Tarif bayi:
Gratis jika tidak duduk di tempat duduk sendiri (khusus rute domestik dan rute antara Australia dan Selandia Baru). Untuk rute lain, berlaku tarif bayi.
Bagasi bayi: Tidak ada.

   
13-06-2015 20:08:48 membaca hasil tespack
Jumlah Posts : 63
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda" usahakan kalau mau TP itu lakukan di pagi hari setelah bangun tidur langsung TP dan jangan konsumsi apapun terlebih dahulu,,TP juga di lakukan 7 hari setelah hubungan intim
   
05-06-2015 20:27:51 TP bikin dag dig dug
Jumlah Posts : 63
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau mau TP usahakan 7 hari setelah ber hubungan,, TP pagi pas bangun tidur dan jangan konsumsi apa" dulu..
   
Jumlah Posts : 945
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda debyyora_ kalo 7 hari setelah HB belum keliatan bun
   
14-10-2014 07:36:29 bayi prematur/bblr
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
sblmnya pake sgm bblr. stlh 2kg kata dokter RS tempat anak saya lahir boleh ganti yg biasa jadilah ganti bmt platinum sehari semalam miminya banyak bgt biasanya 60ml/ 2jam ini 60ml/ 1jam. awalnya seneng anak miminya banyak ternyata klo bayi prematur itu lambungnya kan masih kecil ternyata g kuat jadilah perutnya bengkak kembung gtu bun + BAB + panas sampe 90. langsung d lariin k RS tp bukan yg tempat anak saya lahir trs d suruh puasa semalaman biar perutnya kempes. aq nangis trs g bisa liat langsung cm d balik kaca aja selama 7 hari. setelah 3kg baru ganti lg susu bebelove 1. imunisasi HBO engga... cm imunisasi biasa aja
   
15-09-2014 12:22:45 kb suntik 3 bln tdak cocok
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bila bersinambung dan tidak ada jeda waktu antara penggunaan suntik KB dengan pil KB, maka efek kontrasepsi tetap berjalan dnegan baik. Namun, bila sempat tertinggal jadwal pemberian kontrasepsi berikutnya, lebih baik menggunakan kondom dahulu sampai 7 hari setelah meminum pil pertama.

   
20-07-2014 05:01:12 test pack
Jumlah Posts : 58
Jumlah di-Like : belum ada like
7 hari setelah berhubungan udah bisa dicek bunda...semoga positif y...
   
26-05-2014 20:49:19 grup promil
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
blm test peck sih. sepuluh hari setelah hubungan pernah test, masih negatif.