SITE STATUS
Jumlah Member :
493.744 member
user online :
814 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: siklus menstruasi maju seminggu terus ti

New Topic :  
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
assalamualaikum,mau tanya..sya baru 1 bulan nikah dan pada hari ke sembilan sya menstruasi..siklus menstruasi sya kdg maju 3 hari tpi kdg tanggalnya sama kyk bulan lalu n ga pernah terlambat...setelah seminggu menstruadi pinggul saya sakit kyk gejala menstruasi...kenapa ya?
   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok Saya mau tanya, Saya terlambat datang bulan,tapi saya TP hasilnya negatif. Saya dari dulu blm prnah terlmbat datang bulan kecuali hamil,biaasanya malah maju sekitar satu mingguan. Yang saya tanyakan apakah penyebab saya terlambat datang bulan??? Apakah Menyusui bisa menjadi faktornya???

Dari : Lina Nur Isnainiah

Jawaban:

Dear Bunda,

Pada Ibu menyusui ASI eksklusif, terutama dengan waktu menyusui yang teratur dan terus menerus, dapat mengalami efek kontrasepsi alami dari system hormonal selama menyusui. KB alami ini mempunya efek serupa dengan metode KB suntik 3 bulan maupun pil KB laktasi atau menyusui, yaitu terjadi perubahan siklus menstruasi, mengeluarkan flek-flek atau tidak menstruasi sama sekali. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.


   
20-10-2015 10:57:42 masa subur
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

disarankan untuk berhubungan intim secara teratur 2-3 kali seminggu tanpa menggunakan metode kontrasepsi untuk mencapai kehamilan. Hubungan intim terutama dilakukan pada masa subur. Bunda boleh saja melakukan hubungan intim di luar masa subur, kecuali ada keadaan tertentu maka dokter akan mengutamakan hubungan intim pada masa subur saja.

   


13-08-2015 11:49:03 berhubungan pd saat hmil tua
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

sudah pernah di bahas di artikel

“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
13-08-2015 11:06:14 mau promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Sudah pernah di bahas di artikel

 “Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   


Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like

hi bund...tanya dong... saya tgal 24 april 2015 kuret karena kantung janin pecah akibat kecapean, saat itu usia kehamilan 6 minggu 2 hari dan seminggu setelahnya sudah usg dan rahim sudah bersih dan sehat.. 2 minggu kmudian saya TP dan hasilnya udah negatif. tapi waktu kemarin tepatnya 29 mei 2015 saya TP lagi kok hasilnya positif ya... emang ada gejala rada mual waktu kena bau2an tertentu, payudara juga kenceng dan nyeri kalo kesentuh. saya coba usg trnyata rahim masih kosong dan dokter malah ketawa karena gak mungkin saya sudah hamil lagi sedangkan belum menjalani siklus menstruasi sama sekali. gimana ya?  apa mungkin saya udah hamil lagi? tapi saya blom dpet mens sama sekali setelah kuret..

   
23-09-2014 15:51:54 haid setelah melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, Apabila anda menyusui ASI terus menerus dan kontinyu dari waktu ke waktu, maka kemungkinana anda mendapatkan efek kontrasepsi dari kegiatan menyusui ASI tersebut. Hal ini juga mempengaruhi siklus menstruasi anda. Bisa kembali normal secepatnya dan bisa juga tidak menstruasi berbulan-bulan.

   
23-09-2014 15:42:32 Haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, Apabila anda menyusui ASI terus menerus dan kontinyu dari waktu ke waktu, maka kemungkinana anda mendapatkan efek kontrasepsi dari kegiatan menyusui ASI tersebut. Hal ini juga mempengaruhi siklus menstruasi anda.

   
18-09-2014 10:44:16 pengen cepat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
16-09-2014 14:18:07 khawatir susah hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

memang tidak mudah untuk mengatasi keadaan yang para Bunda alami ini, karena masing2 individu memiliki respons yg dapat berbeda pula terhadap terapi. Yang perlu Bunda perhatikan untuk menjaga kesimbangan hormonal adalah:

1. olahraga secara teratur. Usahakan untuk selalu berolahraga secara teratur dan kontinyu untuk menjaga kesehatan Bunda. Setidaknya 2 atau 3 kali seminggu. Olahraga dapat Bunda lakukan seperti senam, berenang, lari (jogging) atau berjalan cepat tergantung kemampuan Bunda.

2. Jagalah asupan makanan yang baik. perhatikan asupan gizi Bunda. Hindari makanan dengan jumlah karbohidrat yang tinggi, gula tinggi atau garam tinggi. Hindari makanan berpengawet atau fast food. Pilihlah bahan makanan yang segar dan olah dengan baik agar gizinya pun tidak hilang. Bila Bunda vegetarian, sebaiknya berkonsultasi pada ahli gizi, karena vegetarian dapat beresiko memiliki anemia dan hal lain karena tidak memakan hewan (protein hewani).

3.Beristirahatlah dengan baik. Jaga istirahat Bunda dengan baik. Bila Bunda memiliki waktu untuk tidur siang, boleh tidur siang tetapi tidak terlalu lama agar tidak mengganggu siklus tidur malam. Jangan tidur terlalu larut malam. Bila keesokan hari Bunda bangun tidur dengan perasaan yang baik dan kekuatan yang baik, merasa cukup beristirahat, maka pola tidur Bunda sudah baik.

4. Selesaikan masalah dengan baik. Setiap manusia wajar bila mengalami stress dalam hidup. Stress juga berguna untuk memacu manusia menjadi lebih baik dan mencapai hal yang lebih baik lagi. Namun, hindari stress yang berlebihan, bicara dengan orang yang Bunda percaya ketika Bunda memiliki masalah yang kira-kira sulit terselesaikan. Meskipun mungkin orang tersebut tidak banyak membantu Bunda dalam hal tersebut, setidaknya Bunda telah berbicara mengenai kekhawatiran Bunda dan membagi masalah Bunda untuk mencari penyelesaiannya. Stress yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan Bunda juga bila terlalu berlarut-larut.

5. Konsultasi dengan dokter. Untuk masalah reproduksi , Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. pemberian terapi memang pada umumnya dilakukan berulang. Dalam hal mengatur siklus menstruasi, dapat dilakukan terapi berulang bahkan berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tergantung dari kasus dan individu itu sendiri merespon terapi ini. Pentingnya untuk selalu follow up pada dokter Bunda adalah, agar dokter dapat memberikan langkah selanjutnya dan terapi tidak berhenti ditengah jalan.

6. Periksa juga suami Bunda. Masalah fertilitas atau kesuburan, berhubungan juga dengan suami Bunda, karena tidak hanya Bunda yang harus subur, suami juga harus subur agar dapat mendapatkan kehamilan.

7. Ketahui masa subur Bunda. Sel telur dilepaskan saat masa subur. Ketahui masa subur Bunda.

   
27-08-2014 11:00:39 blm positip jg
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda semua, memang sebagian dari wanita yang setelah kb malah sulit untuk hamil, karena menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB. Seperti yang dijelaskan pada artikel Infobunda yang berjudul "Sulit Hamil Setelah Lepas KB" :

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
bund mau tanya, yg pasti tuh pake patokan dokter apa bidan ya masalah HPL?
Soalnya gini, aku priksa ke dokter HPLnya berubah2, maju mundur, sedangkan periksa ke bidan HPLnya sama ama perkiraanku (patokan siklus menstruasi).
ini yg bikin bingung...
tolong pengalaman bunda2 donk...
   
06-06-2014 22:30:05 obat metformin
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Zee,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Metformin, selain untuk pengobatan diabetes, dapat juga digunakan untuk pengobatan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). PCOS adalah suatu kondisi dimana perempuan mengalami hormon yang tidak seimbang. Kondisi ini dapat menyebabkan, siklus menstruasi yang tidak teratur, kista, atau sulit hamil.

Penggunaan Metformin dapat membantu supaya siklus menstruasi normal, membantu ovulasi dan juga mencegah keguguran untuk penderita PCOS.

Pada saat menstruasi, bunda dapat terus mengkonsumsi metformin tersebut namun mohon terus melakukan pemeriksaan regular dengan dokter bunda

Terima kasih.

   
09-05-2014 14:49:51 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Dalam artikel yang saya temukan:
Pada beberapa pasangan yang ingin segera memiliki buah hati ditemukan beberapa kesulitan. Sulitnya mencapai kehamilan dipengaruhi beberapa faktor seperti yang telah Infobunda paparkan minggu lalu. Kesulitan itu bisa diatasi dengan mengetahui faktor kondisi ideal terjadinya kehamilan, yakni :
• Hubungan seksual normal (2-3 kali seminggu)
• Hubungan seksual tepat waktu (khususnya pada saat masa subur atau Ovulasi)
• Mulut rahim dan cairan mulut rahim dalam kondisi baik
• Saluran telur dapat berfungsi normal
• Rahim atau dinding rahim normal
• Adanya sperma dengan jumlah dan kualitas yang baik

(http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=312&catid=17&catname=Mempersiapkan-Kehamilan&title=Berbagai-Upaya-Mempercepat-Kehamilan#ixzz2d8nE55nU)

Dalam kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
(http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4343&subjek=Siklus-menstruasi-dan-masa-subur-#ixzz2d8nMBvIi)

Dalam kasus sebelumnya, bidan kami mengatakan:
Untuk mendapatkan keturunan, diperlukan kerja sama yang baik antara ayah dan bunda, kesuburan bukan hanya semata mata milik istri, suami pun juga berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan.
Beberapa tips yg mungkin dapat membantu :
1. jaga berat badan ( terlalu kurus / gemuk dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi ).
2. pilih waktu berhubungan yg tepat ( pada saat bunda dalam masa subur ).
3. pilih posisi senggama yang tepat.
4. jangan bersenggama terlalu sering, frekwensi yang disarankan 2 hari sekali, atau 3x dlm seminggu.
5. menikmati hubungan dengan menciptakan suasana yang romantis.
6. makan makanan yang bergizi serta babyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ).
7. Hindari minuman beralkohol, rokok serta memakai pakaian yang terlalu ketat ( terutama untuk ayah ).
Saran saya, tidak ada salahnya bunda dan ayah melakukan pemeriksaan pada dokter ahli kebidanan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dapat merencanakan program kehamilan.
(http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19278&start=0&topik=aku-ingin-cepat-hamil-s&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2d8qX4i3S)

   
23-04-2014 13:20:10 haid jadi tidak teratur
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda pasti pernah mendengar istilah infertilitas, tetapi mungkin Bunda belum mengerti apa sih sebenarnya infertilitas itu. Infertilitas adalah keadaan di mana seseorang tidak dapat hamil atau tidak dapat menjalani kehamilannya secara utuh. seseorang dapat dicurigai infertilitas bila telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi lebih dari satu tahun namun belum juga hamil.

Tentunya untuk menyatakan seseorang tidak mampu hamil harus dilakukan beberapa tes, seperti :

• Tes sperma
Tes sperma dilakukan untuk mengetahui jumlah sperma seorang pria. Memang untuk membuahi sel telur, pria hanya membutuhkan satu sel sperma namun tes ini dilakukan untuk memperkirakan berapa peluang yg ada untuk hamil. Selain jumlah sel, tes sperma juga bertujuan untuk melihat seberapa aktif sel-sel sperma itu bergerak menuju sel telur.

• Tes kesuburan wanita
Tes ini bertujuan untuk mengamati tanda-tanda kapan seorang wanita sedang dalam masa subur. Sehingga bisa disarankan melakukan hubungan suami istri lebih sering pada masa ini untuk mencapai kehamilan.

Sulitnya mencapai kehamilan tentu bukan tanpa sebab. Penyebab ini bisa timbul dari sisi wanita atau pun pria. Misalnya saja pada wanita terjadi penyumbatan saluran sel telur yang pada akhirnya sulit ditembus sel sperma. Penyebab lain pada wanita adalah faktor usia. Kualitas sel telur sedang tinggi-tingginya pada usia 20-30 tahun. Pada usia 35 tahun kesuburan mulai turun seiring dengan kualitas sel telur yang menurun. Tidak heran bila kita sering mendengar anjuran untuk menikah dan hamil di usia kurang dari 30 tahun. 
Penyebab pada pria bisa dikarenakan infeksi yang membuat sperma tidak matang saat keluar (ejakulasi). Pada beberapa kasus juga ditemukan adanya faktor genetik.
Penyebab lainnya karena faktor psikologi pasangan yang kurang relax dan gaya hidup (merokok, mengonsumsi alkohol, kafein, dll).

Bila Bunda merasa terlalu lama sulit hamil, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan riset terlebih dahulu termasuk tes sperma dan tes masa subur. Setelah itu biarkan dokter mendiskusi-kan pada beberapa ahli sebelum mengambil tindakan tepat sampai Bunda mencapai kehamilan. Tindakan tepat ini sangat penting mengingat setiap pasangan memiliki hambatan yang berbeda.

Tips :
-    Lakukan hubungan suami istri normal (2-3 kali seminggu) atau menurut saran dokter.
-    Bunda bisa menggunakan tes ovulasi untuk mengetahui kapan masa subur Bunda.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Perkiraan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18, (Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.) Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11,( Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.)