SITE STATUS
Jumlah Member :
493.776 member
user online :
1442 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: selingkuh dengan mertua streaming

New Topic :  
03-04-2016 02:50:01 stress saat hamil
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
sholat bund dila, minta sama Allah biar dikasi kekuatan n biar ibu mertua dibukakan pintu hatinya, jangan terlalu dipikirkan tiap kata2 ato tingkah laku mertua walo mungkin kesannya ga sopan kalo nyuekin mertua tapi demi calon anak kan harus selalu happy .. ada lho istri yg harus hadapi kenyaataan kalo suaminya selingkuh dengan sahabat dekatnya disaat uk 5w tapi dia trs brusaha kuat demi anak yg dikandungnya sampe anaknya lahir dg selamat, sabar ya bunda dila, tetap tersenyum :-)
   


Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : belum ada like
tolong di fotoin bund Iteung... :(
Aku panik bund.. aku tinggal dengan mertua. mertuaku dominan banget ke anakku karena ini cucu pertama. Mertuaku pro banget sama sufor sedangkan aku mau anakku ASIX.. :(
Aku takut ini jadi alasan supaya anakku di kasih sufor... ;,(
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
anak ku lahir pada taggal 7 desember 2011 melalui tidakan induksi tp aq bersyukur walau induksi lebih amat sakit dr persalinan normal aq bisa merasakan perjuangam melahirkan bidadari yg di beri nama aisha rusyda soulhana (icha). Di lakukan tindakan induksi /rangsangan karna di usia ehamilan 10 bulan 3 hari aq belom merasakan/tanda-tanda akan melahirkan sedangkan dokter kandungam ku bilang air ketuban sudah pas-pasan dan ari-ari/placenta sudah pengapuran,makanya d jadwal kan tgl 6 des tindakan induksi.. tindakan induksi yg aq alami tergoling cepat karna perkiraan bidan yg merawat aq akan melahirkan besok pagi jam setengah 10 pagi tetapi jam setengah 3 subuh pembukaan ku sudah lengkap alhamdulillah aq d bimbing dengan mertua,orang tua dan suami tercinta bahkan mertua ku memberikan aq amalan agar proser persalinan ny lancar,cepat,dan selamat. Aqu bener-bener merasakan amalan itu sangat berpengaruh dalam persalinanku, aq merasa sebuah mukjiza bener-bener datang menolong karna setela pecah ketuban ternyata ketuban ku sudah hijau pekat karna usia kandungan sudah tua tapi anak ku alhamdulillah sangat sehat dy lahi dng afgar skor sempurna kulit muka n badan nya berwarna pink,dan segera menangis tanpa di rangsang,juga tidak di infus/di beri oksigen. proses pengeluaran bayinya juga cepat nggak nyampoe 5 menit dan aq cuma 1x ngedan.. sekarang dy sudah berusia 1,9 tahun dan dy msih asi.. dy tumbuh menjadi gadis yg pintar,lucu,canti,mandiri.. di usia 1,8 thn sudah hapal doa makan, berhitung 1-12, gerakan sholat,bicaranya sudah lancar,makan sendiri tanpa berantakan,buang sampah d tempat sampah,bnyak bgt dech... ummy n abi bangga memilikimu nak..jadilah anak yg sholeh,pintar,ceria,di senangin banyak org,berguna bagi nusa'bangsa dan agam AMIN..
Hidden Image
   


15-03-2011 22:21:52 cuma mau curhat aja nih bun,,
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Askum...
salam kenal bunda...aq stuju sama bunda2 lainnya kl hubungan emosional bunda dengan mertua harus diperbaiki. Masalah mertua yg suka curi2 kesempatan berdua dgn babynya hehe..maklumlah bunda, rasa sayang terhadap cucu jauh lebih besar drpd sayang ke anak sendiri... Kl bunda lg emosi langsung liat wajah baby nya aja pasti langsung adem lg (soalnya aku begitu)....yg sabar ya bun...pastii bunda bisa..
   
13-03-2011 20:32:29 cuma mau curhat aja nih bun,,
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda 79, kalo boleh saran... sebaiknya hubungan emosional dengan mertua diperbaiki dulu... mungkin anak bunda cucu pertamanya... jadi heboh banget deh ngurusinnya...
memang enak sih cuma ngomong, tapi coba deh mengerti dari sisi psikologisnya... ngobrol sama suami mungkin? bisa jadi suami punya jalan keluar buat ngatasi ibunya... OK? semoga berhasil....
   


Jumlah Posts : 651
Jumlah di-Like : 3
3 bulan pertama setelah nikah saya juga serumah dengan mertua, karena saya ngajar dan males harus ikut swami ke jakarta. hidup sama mertu ya...gitu deh :)

saran saya bunda beri pengertian ke swami agar pindah, pisah rumah. pengalaman saya itu adalah solusi terbaik.

kalo pun gak bisa pindah beri pengertian sama mertua bahwa kita pengen yang terbaik buat anak. kasarnya, uang mah bisa dicari. jaman sekarang tuh banyak penyakit aneh2, gak sama dengan jaman ortu kita dulu...

pastikan swami juga bisa 'ngambil hati' ibunya, mintalah bantuannya, karena ucapannya akan lebih dihargai dari pada kita ngomong langsung ke mertua....

bunda jangan terlalu banyak pikiran, inget janinnya bund...
sehat ya bund...
   
Jumlah Posts : 94
Jumlah di-Like : belum ada like
bun...share pengalaman bunda dengan mertua dunk ...

aku baru menikah 6 blan yang lalu dan sedang hamil 19 minggu, 2 bulan terkahir ini sementara tinggal dimerta karena kami baru pindah dari makassar....
ternyata 7 tahun pacaran hanya indh diawal saja,...mertuaku waktu kami pacaran baik seklai bun.... and akhir2 ini ak jadi sering diatur, smp gk boleh  priksa ke dokter dgn alasan mahal lebih baik kebidan, klo suamiku sih lebih percaya sm dokter dan kami tdjk pernh mempermaslahkan soal biaya, smp yang bikin sya kesel gak boleh sering minum susu kedelai, susu hamil dan vitamin...... ( heran )....pdhl minum susu hamil hanay 2x seminggu...

gimana ya bund solusinya?? sy gk mau stres mikirin ini??? secara sya lagi hamil kasihan ma baby saya ...
udh gitu semenjak hamil memenag saya gk suka sekali masak, bawaanya selau mual,,,,ini klo lagi males masak sy didiemin... kadang saya br plg dr luar kota juga disruh masak

share pengalaman n solusinya ya bund....thanks

   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Waduh, kebetulan saya lagi iseng nge-browsing internet dan nyari2 apa ada yang tau tentang yayasan siwi asih dan suster bernama Nining.

Saya sempet ambil suster di Yayasan Siwi Asih, Depok. Tadinya dapet no. tlp yang di Pamulang, tapi di sana lagi kosong waktu itu dan saya dikasih no tlp Yay. Siwi Asih (YSA).

Sebenernya sih tidak ada masalah. Waktu itu tanggal 29 Nov 2008, saya balik dari rmh mama dengan bayi saya yang baru berumur 1 bulan kurang 3 hari. Suami saya ngejemput saya dengan mertua dan suster yang baru diambil dari YSA. Nama susternya: Suster Sarijah, kami manggilnya suster Sari. Orangnya baik, kerjanya agak lama tapi secara keseluruhan dia baik. Sempat ada selisih pendapat dengan mertua saya, tapi setelah saya telpon ibu Kris si pemilik YSA, selisih pendapat tersebut bisa diselesaikan secara damai. Tapi sayang, si suster Sari harus berhenti kerja karena saudara iparnya yang mengasuh anaknya yang berusia 7 tahun ternyata juga lagi hamil, jadi ia harus mengurus anaknya sendiri.

Saya telpon ibu Kris, dan dengan pengertian ibu Kris bilang, iya tidak apa2, diganti aja, ia tidak memotong jatah tukar saya (2x tukar dalam 4 bulan). karena suster sari berhenti bukan karena tidak betah dan bukan karena ketidakcocokan.

Penggantinya datang, namanya (ngakunya: Laningsih), dipanggilnya: Nining, umurnya 29 tahun dan belum menikah.

Hati-hati dengannya. Semula saya terpesona dengan kelembutannya. Suaranya sedikit manja tapi lembut. Waktu itu saya masih cuti, jadi masih di rumah aja, si Nining hobi banget nongkrong di kamar saya sambil ngajak ngobrol. Sebenernya sih saya pengen baca novel, tapi ya ngobrol jg gak apa2 karena keliatannya dia baik. Kadang-kadang saya juga sambil membuka laptop mengerjakan pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah.

Dia sempet cerita macem2, katanya dulu waktu SMU dia sempet ditawarin jadi fotomodel tapi dia tidak mau (tau ya bener apa kagak, tinggi sih, setingi saya, tapi... ya... cantik atau tidaknya seseorang relatif sihh yaaa..). Terus dia sempet minta diajarin pake komputer... nah lho, saya binun, kok suster mau belajar kmptr? Saya bilang aja, percuma belajar kmptr kl kg punya, nanti kl punya jg bisa sendiri (masa saya mau bilang ngapain suster belajar komputer?)

Dia sempet cerita dia berenti kerja di tempat yg sebelumnya krn kagak tahan, adik bos nya centil banget, suka ngisengin dia. Bisikin omongan macem-macem, apalagi kl dia lagi sendirian. Katanya sih adik bosnya itu naksir dia tapi dia sebel karena dia pernah denger si cowok itu bilang ke temen2nya kl Nining yang naksir dia.

Waktu itu sih saya iyaaaa aja. Malah saya sempet percaya dan berprasangka ke suster sari karena si Nining sempet cerita katanya si suster sari ngomong ke dia dulu waktu kerja di rumah saya kl mau pulang naek angkot, padahal kenyataannya yang pertama dianterin suami saya sampe tempat bus dan yang kedua dianterin pegawai suami saya sampe ke rumahnya di depok.

Saya sempet tugas keluar kota dan meninggalkan anak saya di rumah (bersama papa dan kakek neneknya). Waktu itu sempet kepotong liburan 1 hari (imlek) dan sekeluarga harus pergi silahturahmi ke keluarga yang lebih tua, karena rumah kami toko dan pegawai pun sedang libur, papa nya disuruh jaga rumah bersama anak saya dan si suster Nining.

Saya sebenarnya tidak suka dengan pengaturan seperti itu, tapi saya percaya 100% dengan suami saya, Tapi sejak saat itu si Nining berubah kelakuan. Setelah saya pulang ke rumah, kalau saya bilang begini atau begitu, dia selalu bilang tapi kata bapak begono, bu. Si nining jg sempet ngerusakin ASI saya (saya ninggalin ASI beku dan ASI dingin di kulkas), 240 cc lho. saya udah nanya ke suster RSB tempat saya melahirkan, katanya kalau sewakyu dinginnya agak kental dikit tidak apa2, emang kadang ada ASI yang seperti itu, manasinnya aja yang ati-ati (jangan terlau panas tapi juga jangan dengan air dingin, cukup direndem di aer yang kalau ketetesan katanya "ADUH" tapi kagak melepuh).
Si nining tetep ngotot, katanya dari dingin aja udah rusak, gitu dipanasin (direndem di air anget) jadi kuning dan berbusa. Malah waktu dia telpon saya ke kantor, dia bilang saya tunjukin ke bapak ya, bu, saya bilang buat apaan, simpen aja di kulkas biar entar sore saya liat sendiri, bapak mana ngerti.

Waktu saya keluar kota itu, anak saya kan minum susu formula karena stok ASI udah abis, ternyata suaranya jadi serak banget. Saya cuma bilang harusnya setelah minum susu diminumin air putih. Nining bilang, tapi bu kan waktu bikin susu juga udah ada airnya, jadi kagak usah minum air putih lagi gak apa-apa, di tempat kerjanya yang dulu juga waktu ke dokter katanya kg usah minumin air putih lagi krn di susunya kan udah ada airnya. Ihhhh... sebel deh, saya kan kagak tau bosnya yg dulu ke dokter mana dan bener gak dokternya bilang begitu. Cuma saya mikir aja sih, kalo kita minum sirop, kan bikinnya juga pake air putih, tapi kl minum begitu aja apalagi anget-anget, setelah minum di tenggorokan pasti kan berasa lengket.

Pernah waktu pagi2, biasanya mandi jam 7, tapi jam 7 waktu itu dia masih ketiduran lagi, baru bangun jam 8 waktu saya mau berangkat ke kantor. Saya kirakan mau dimandiin, ternyata si Nining cuma bawa-bawa baskom aja, trus saya nanya, kok kaga mandi? Dia bilang kata bapak kagak usah mandi, sekaan aja. Saya nanya ke suami saya, suami saya bilang dia kagak ngomong gitu, dia cuma nanya kok kagak mandi dan si nining bilang iya cuma sekaan aja. Dasar cowok, mungkin dia pikir kesiangan atau apa jadi dia diem aja, tapi bukan berarti dia yang nyuruh kagak mandi, kan?

Saya udah mulai kagak suka tuh. Dibilangin selalu pinteran si Nining, udah gitu ngapain coba kalo dibilangin selalu kata bapak bgini bgitu padahal suami saya kagak ngomong.

Terakhir yang paling parahnya waktu pagi anak saya ngompol, emang sih mau mandi. Tapi tatakan kain yang kena ompolnya kan masih basah, kl mau dipakai untuk tatakan mandi boleh, tapi yang basahnya jangan untuk kepala donk, masa pesing bekas pipis naik ke kepala, masih mending kl untuk pantat. Saya bilang baik2, itu basah kena ompol, yang basahnya jangan kena kepala ya. Dia bilang kagak kena, tapi kagak ngerubah letak anak saya. Saya manjat tepat tidur dan saya pegang kain di bawah kepala anak saya, basah. Si nining langsung cemberut, dan anak saya ditarik ke bawah (saya udah mau komentar lagi tuh, jangan terlalu kebawah, kan udah agak besar nanti melorot dari ranjang, tapi saya tahan-tahan ya udah deh, saya awasin ini, bisa saya tangkep kl melorot drpd dibilang bawel).
Waktu mandi, anak saya tenaganya memang kuat dan cukup tinggi untuk usianya yang baru 3 bulan setengah sehingga di belakang kepalanya harus saya jagain dengan tangan saya supaya kagak kebentur ember. Nah, waktu mau ngebalik, si Nining tidak hati2, untung tangan saya yg udah saya tarik masih sempet megangin kepala anak saya, karena si Nining ngebalik badan anak saya TANPA megangin leher belakangnya (bayangin, anak 3 1/2 bulan megangnya kayak begitu). Setelahnya waktu ngebalik, biasanya kaki anak saya ditekuk berlutut karena belum blh berdiri, anak saya langsung berdiri, saya bilang Ning bediri tuh dia, balasnya Iya udah mau diangkat, tapi kagak diangkat-angkat. Saya bilang lagi, bediri tuh, dia bilang lagi dengan cemberut: Iya udah mau diangkat.
Setelah diangkat beneran, saya marah dan saya bilang: Kalau mandiin anak ati-ati yah, pertama nyaris kebentur, kedua anak bediri-bediri sebelum waktunya katanya mau diangkat tapi kagak diangkat2.

Dia diem aja, gitu suami saya masuk untuk melihat anak saya, baru si Nining nyautin: Biasanya kl mandi  dibantuin pegangin oleh neneknya. Saya diem aja, tapi saya kesel, biasanya dia ngeledek2 saya kagak bisa mandiin anak sendiri karena saya masih takut. Nah kl mandiin harus dipegangin mah namanya dia juga belum becus.

Setelah kejadian itu tiap pagi saya yang mandiin, dibantuin suami saya. Anak saya ternyata lebih senang dan ketawa-ketawa, mungkin happy krn papa dan mamanya berduaan mandiin dia :)

Satu lagi, si Nining kl mangku anak di mobil suka ketiduran, tapi kl diminta kagak dikasih, saya sampai ikutan duduk di belakang di sebelah dia, takut seandainya dia ketiduran dan suami ngerem mendadak.

Belakangan, setelah insiden mandi itu, saya juga mangku sendiri di mobil. Dia cemberut aja kagak suka. Yang paling parahnya pernah waktu pulang, saya kan nungguin pintu mobil dibukain dari luar krn saya ngegendong anak saya. Eh si nining ikutan duduk di sebalah saya kaga turun2, suami saya negor dia: Ning, turun donk, bantuin ibu turun. Mungkin dia lagi menghayal, karena biasanya kalau dia yang gendong semua perhatian tercurah ke dia, bahkan suami saya mayungin kl lagi panas banget (ya tentu aja krn si Nining kan gendong anak kami).

Nining kerjanya juga perhitungan, dia tidak mau nyapu ataupun ngepel kamarnya sendiri. Tapi dia dengan baeraninya setelah br 1 bulan kerja, minta uang untuk keperluan sehari-harinya (sabun, sampo, odol, pembalut, dll). Katanya sabunnya tidak dijual di Indomaret (nah lho, saya sendiri cuma pakai sabun lifebouy batangan dari toko), pembalutnya harus yang merk Kotex. Suami saya tidak suka, suami bilang biasanya pembantu dibelikan kebutuhan bulanan setelah beberapa bulan kerja dan itupun mereka tidak minta, mereka biasanya membayar dengan uang, baru kalau ternyata cocok dengan pembantu tersebut dan terbukti baik ia kagak usah bayar lagi.

Terakhir sepulang dr rumah mama saya, dia ceritanya mau nyuci baju di kamar mandi, udah diberantakin papan gilesan, sabun dan ember2 tapi orangnya kagak ada. Saya sih diem aja, sebodo deh. Pulang dr rmh mama saya dia langsung ilang juga saya sebodo. Ternyata dia langsung mandi, duduk di loteng dan ceritanya nagis sesenggukan cerita ke mertua saya. Katanya mau berhenti, udah kagak tahan ama saya, bahkan mama saya ikut-ikutan marahin dia, dia mau pulang besok kagak peduli gimana.

Saya sih bilang ya berenti, berenti aja, kagak masalah, saya sendiri juga udah sempet telpon ibu kris sebelumnya nyari pengganti, tapi adanya yang lebih muda dan belum married juga, ada lagi yang jauh lebih pengalaman (Gajinya lebih mahal) jadi saya mikir, yang sepantaran aja centilnya kayak begini, apalagi yang lebih muda. Dan dengan pengalaman kayak si nining aja belagunya udah setengah mattteeee, apalagi yang lebih pengalaman.

Akhirnya suami saya ngebujukin dia 2 hari lagi krn suster penggantinya br ada 2 hr lagi, saya sih sebenernya malesss, saya bisa kok ijin cuti, dia mau berenti ya berenti aja ngapain ditahan-tahan.

Nah lho, mama saya marahin dia? Yang ada tuh mama saya cuma bilang,kl anak ngompol gantiin celananya dulu baru buka bajunya biar kagak dingin, tapi si nining dengen ngeyelnya bilang kan bajunya kena. Trus mama dan saya sih diem aja. Males dan kami juga sudah terbiasa dengan ngeyelnya si nining.

Yang parahnya, ternyata si nining tukang ngadu domba. Dia bilang dimarahin ama mama saya padahal ternyata tidak. Di rumah saya sendiri, dulu waktu awal-awal kerja, dia suka cerita-cerita ke pembantu mama saya tanpa ditanya. Dia cerita di rumah mertua saya dia susah makanlah, kagak pernah makan daging lah, makan kerupuk aja seminggu sekali juga kagak, kerupuk kl udah malem dimasukin ke kamar mertua saya (padahal ini krn di rumah mertua banyak tikus maklum toko, dan kerupuknya kerupuk bangka, mertua saya nyimpennya cuma di plastik, bukan di toples, tapi kl dia cerita ke org2 setelah dia bilang jarang banget makan kerupuk dia mau supaya org berkesan apa? Kesannya kerupuk dimasukin kamar krn takut diambil diam2 oleh dia? Padahal udah saya jelasin lho kl di rmh tuh banyak tikus), terus bilang mertua saya bawelnya setengah mati.

Mertua saya memang agak polos. Ia sempat bilang katanya suster yang baru pengganti si nining nanti belum pernah kerja lho, belum pernah ngurus bayi. Saya cuma nanya tau dari siapa, katanya dr pembantu rumahnya, saya nanya emang si embak kenal? Katanya tau dari si nining. Astagaaa, mau berenti ya berenti aja, jangan ngejelek2in calon penggantinya, Dulu waktu suster sari selisih pendapat dengan mertua saya dan bilang mau berhenti dia udah telpon ibu kris nanya ada pengganti gak dan si suster sari bilang si nining sama kok pengalamannya denga dia.

Saya juga udah telpon ibu kris sebelumnya, katanya suster penggantinya (suster yang sekarang ini), jauh lebih pengalaman, gajinya juga lebih mahal lagi. Saya sih lebih percaya dengan ibu Kris.

Suster saya yang sekarang namanya suster Sri. Kerjanya cekatan, pagi-pagi dia bangun sholat dan kemudian nyuci baju. Nyetrika baju waktu siang ketika anak saya tidur dan kerjanya sebet banget. Saya sekarang bisa sarapan dengan tenang. Dulu waktu masih si nining, pagi-pagi jam 5.30 sampai jam 7.00 saya dan suami saya sarapan dan mandi terkebut-kebut karena anak saya dipegang oleh kami berdua. Ibu mertua sibuk persiapan mau buka toko, dan si nining sibuk nyetrika di loteng.

Itu sih pengalaman saya dengan Yayasan Siwi Asih. Sejauh ini ibu kris baik, saya tidak ada masalah dengannya. Cuma hati-hati aja kalau suster yang mau ditawarkan ke ibu-ibu sekalian namanya nining / laningsih / ningsih / lanny. Karena itu suster yang sama dengan cerita saya di atas.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan info. Kejadiannya baru aja kok. Tanggal 18 Feb 2009 kemarin si nining baru aja berhenti nya, jadi mungkin sekarang dia lagi nyari-nyari kerjaan baru.


   
Jumlah Posts : 149
Jumlah di-Like : belum ada like
Teman2 sesama Bunda,

Mau sharing, topik ini pernah saya bagikan di forum tetangga...
Teman-teman, kemarin saya hadir di seminar tentang cara mendidik anak dengan hati. Saya bagikan oleh-olehnya dari keranjang pertama saya

Apa yang saya dapat kemarin semakin memantapkan saya untuk menekuni cara berpenghasilan dari rumah agar lebih dapat mengatur waktu dan memegang kendali dalam mendidik anak di rumah. Tangkap oleh-olehnya, ya...hupssss:

Ada suatu hasil survei mengenai kebiasaan anak-anak di kota besar yang ayah dan ibunya bekerja di luar rumah selama minimal 5 hari seminggu x minimal 8 jam sehari di kantor x minimal 2 jam sehari di perjalanan pp. Hasil surveinya adalah sbb:

Anak-anak tanpa pengawasan langsung orang tuanya ini ternyata telah menghabiskan waktu rata-rata 5.000 jam di depan televisi sejak lahir sampai mereka meraih gelar diploma. Bahkan yang lebih mengejutkan adalah, waktu di depan televisi ini lebih lama daripada waktu yang mereka pakai untuk belajar secara formal di sekolah sampai mereka meraih gelar diploma.

Wow, teman-teman dapat membayangkankah tentang mutu tayangan media telivisi saat ini dan dampaknya bagi anak-anak? Scr global, bukankah ini yang disajikan: mertua vs menantu, anak vs ibunya sendiri, gaya pacaran ABG saat ini, kisah-kisah selingkuh . Memprihatinkah, lho...karena apa yang mereka tonton di usia emas akan tersimpan di memori selamanya dan akan menjadi model/contoh yang dapat dengan mudah mereka tirukan.

Fakta hasil survei ini dipaparkan kembali agar apapun saat ini yang kita lakukan melalui pekerjaan, melalui bisnis, melalui berbagai profesi lainnya, adalah bijaksana untuk kita bersama bercermin pada kata bijak berikut:

Spent our today's time for our children in order not to loose them in the future.

Sebagai catatan: Usia 0-6 tahun adalah usia emas bagi anak untuk pembentukan disiplin dan kecerdasan emosinya. Ternyata, menurut survei dari David Goleman, seorang psikolog dan penulis di The New York Times, kesuksesan seseorang itu porsi terbesarnya yaitu 80%, ditentukan oleh kecerdasan emosionalnya (EQ), dan sebanyak 20% ditentukan oleh IQ.

Pertanyaannya, siapakah yang akan berperan penuh dalam proses pendampingan anak-anak dalam melewati usia emas yang menentukan kesuksesan mereka di masa depan? Jika kita sebagai para Bunda tidak rela ketika perhiasan emas kita jatuh di jalan dan hilang, terlebih lagi kita tidak akan rela usia emas anak terhilang dari genggaman karena kita tidak punya cukup waktu untuk sang buah hati.

Semoga oleh-oleh saya membawa manfaat, ya.

Cheers,

Talia
Klik Aja di Sini: Solusi bagi Dilema Bunda: Antara Karir dan Si Kecil
   
22-11-2016 09:02:01 Bicara uang dengan LiveOlive
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda bunda yang hebat, assalamualaikum,saya arika... sedang mengandung anak pertama usia kandungan 30minggu, saya sering kali merasa ketakutan karena seringnya keluarga mertua menakut2i kalau akan susah melahirkan kalau jarang gerak, padahal kerjaan saya adalah saleswoman bersama suami juga, pada akhirnya saya berhenti bekerja, saya mulai mengikuti perintah ibu mertua, nge pel 2x sehari, mencuci pakai dengan jongkok bukan dengan mesin, menyapu lagi dan nge pel di sore hari juga, menyetrika baju sekaligus memasak. saya seringkali merasa kelelahan. menurut bunda, bagaimana caranya menghilangkan rasa ketakutan seperti itu ya bund? kadanga saya berfikir apa lebih baik caesar saja ya? terus terang saya kurang PD
   
Jumlah Posts : 111
Jumlah di-Like : 2

Contact Number : 081510123080 (SMS/WHATSAPP) / BBM : D527E0AC

Cara Pemesanan :
1 judul buku : Ketik (KODE BUKU + QTY + ALAMAT LENGKAP)
> 2 judul buku : Via Email / SMS sebutkan kode judul saja.

1. Buku dijamin baru dan original (asli)
2. Pemesanan melalui SMS/WHATSAPP (LIHAT CARA PEMESANAN DIATAS), pemesanan cara lain akan diabaikan
3. Buku yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan kecuali buku tersebut stoknya kosong, uang yang sudah ditransfer akan dikembalikan.
4. Pengiriman melalui JNE dan pembayaran via BCA.
5. Maaf tidak melayani pemesanan di hari libur & bila respon terlambat.

Searching/cari buku hanya dengan tekan (CTRL + F) lalu cari buku yang agan ingin cari.

Berikut daftar harga bukunya gan, koleksi lengkap silahkan pilih...

W0800    BUKU FANTASTEEN.CHOCOBLOOD HARGA --> Rp. 32000
W0801    BUKU FANTASTEEN.REINKARNASI HARGA --> Rp. 32000
W0802    BUKU PBC.IRISH HARGA --> Rp. 32000
W0803    BUKU PBC.LADYS TRIP HARGA --> Rp. 32000
W0804    BUKU PBC.UNTITLED:SEMUA ORANG BISA MENULIS HARGA --> Rp. 32000
W0805    BUKU PBC. GALANEON AND FRIENDS HARGA --> Rp. 32000
W0806    BUKU PBC.SETULUS HATI DILLA HARGA --> Rp. 32000
W0807    BUKU PBC.ZERO BASKET BALL HARGA --> Rp. 32000
W0808    BUKU PBC.THE JOKERS SECRET HARGA --> Rp. 32000
W0809    BUKU PBC.THE MEANING OF LOVE HARGA --> Rp. 32000
W0810    BUKU PBC.RAINBOW FOR LIFE HARGA --> Rp. 32000
W0811    BUKU FANTASTEEN.HANTU SUMMER HARGA --> Rp. 32000
W0812    BUKU PBC.PURPLELITHA'S SISTERS HARGA --> Rp. 32000
W0813    BUKU PBC.HOLIDAY ISLAND HARGA --> Rp. 32000
W0814    BUKU PBC.SEBEL TAPI SUKA HARGA --> Rp. 32000
W0815    BUKU PBC.CHANGES:PERUBAHAN YANG INDAH HARGA --> Rp. 32000
W0816    BUKU PBC.SHELLY AVOINNIARABLE HARGA --> Rp. 32000
W0817    BUKU PBC.HARI-HARI KETTY HARGA --> Rp. 32000
W0818    BUKU PBC.RHYTHM OF FRIENDSHIP HARGA --> Rp. 32000
W0819    BUKU PBC.JOURNAL FROM FETHIYE HARGA --> Rp. 32000
W0820    BUKU PBC.THE TROUBLEMAKER HARGA --> Rp. 32000
W0821    BUKU PBC.DO YOU STILL REMEMBER HARGA --> Rp. 32000
W0822    BUKU PBC.MYTH IN BELLVIATRA HARGA --> Rp. 32000
W0823    BUKU PBC.I NEED YOU HARGA --> Rp. 32000
W0824    BUKU PBC.GOOD MORNING PAGI HARGA --> Rp. 32000
W0825    BUKU PBC.THE DOZEN DICES HARGA --> Rp. 32000
W0826    BUKU PBC.THE MISSION HARGA --> Rp. 32000
W0827    BUKU PBC.CERITA NABILA HARGA --> Rp. 32000
W0828    BUKU FANTASTEEN.GONE HARGA --> Rp. 32000
W0829    BUKU PBC. GG ON THE SKY HARGA --> Rp. 32000
W0830    BUKU PBC.MAKE ALL HAPPY HARGA --> Rp. 32000
W0831    BUKU PBC.THE THEATRE SCHOOL HARGA --> Rp. 32000
W0832    BUKU PBC.UNFORGETTABLE MOMENT HARGA --> Rp. 32000
W0833    BUKU PBC.LEFT HANDED GIRL HARGA --> Rp. 32000
W0834    BUKU PBC.FANTASTIC FIVE HARGA --> Rp. 32000
W0835    BUKU PBC.THE BEST FOE HARGA --> Rp. 32000
W0836    BUKU PBC.G 3 F HARGA --> Rp. 32000
W0837    BUKU PBC.24 HOUR STAY AT SCHOOL HARGA --> Rp. 32000
W0838    BUKU MINMIE ATW:TERPIKAT GAOHU HARGA --> Rp. 32000
W0839    BUKU MINMIE ATW:RAHASIA SUP THUPA HARGA --> Rp. 32000
W0840    BUKU MINMIE ATW:JERUK TERBANG DI ITALIA HARGA --> Rp. 32000
W0841    BUKU FANTASTEEN.MUMMY HARGA --> Rp. 32000
W0842    BUKU THEY WANT ME BRIGHT HARGA --> Rp. 32000
W0843    BUKU AKU INGIN JADI RAJA HARGA --> Rp. 32000
W0844    BUKU AA GYM & FENOMENA DARUT TAUHID HARGA --> Rp. 32000
W0845    BUKU HAID MENGHALANGI IBADAH? NO WAY (REPUBLISH) HARGA --> Rp. 32000
W0846    BUKU OXANA: APARTEMENT SYNDROME HARGA --> Rp. 32000
W0847    BUKU WANITA LEBIH ISTIMEWA DLM WRSN HARGA --> Rp. 32000
W0848    BUKU SGK: LET'S BE SMART! HARGA --> Rp. 32500
W0849    BUKU CATATAN CINTA SANG ISTRI HARGA --> Rp. 32500
W0850    BUKU 24 JAM SEBELUM MENIKAH HARGA --> Rp. 32500
W0851    BUKU ANAKKU DIBUNUH ISRAEL HARGA --> Rp. 32500
W0852    BUKU LASKAR SYUHADA HARGA --> Rp. 32500
W0853    BUKU LUKA DI CHAMPS ELYSEES HARGA --> Rp. 32500
W0854    BUKU MEMBONGKAR RHS IKHWAN NYEBELIN HARGA --> Rp. 32500
W0855    BUKU LAFAZ CINTA HARGA --> Rp. 32500
W0856    BUKU 'L' - SEBELAS CERITA HARGA --> Rp. 32500
W0857    BUKU THE LOST SYAMBEL HARGA --> Rp. 32500
W0858    BUKU BACKPACKER SURPRISE HARGA --> Rp. 32500
W0859    BUKU POLITIK ANTI YAHUDI HARGA --> Rp. 32500
W0860    BUKU THE MAGIC OF RUBY VALLEY HARGA --> Rp. 33000
W0861    BUKU YOU KNOW ME SO WELL HARGA --> Rp. 33000
W0862    BUKU TRAVELICIOUS MEDAN HARGA --> Rp. 33000
W0863    BUKU PARENTS & CHILDREN TALK HARGA --> Rp. 33000
W0864    BUKU TIYA HARGA --> Rp. 33000
W0865    BUKU KENALI K'PRIBADIAN MELALUI TLSN TGN HARGA --> Rp. 33000
W0866    BUKU BIJAK MENYIKAPI PERBEDAAN PENDAPAT HARGA --> Rp. 33000
W0867    BUKU ONE GIGABYTE OF LOVE HARGA --> Rp. 33000
W0868    BUKU ALENA HARGA --> Rp. 33000
W0869    BUKU SHALAT DHUHA HARGA --> Rp. 33000
W0870    BUKU AIDS DALAM ISLAM HARGA --> Rp. 33000
W0871    BUKU SAAT TUHAN MENYAPA HATIMU HARGA --> Rp. 33000
W0872    BUKU A BOY FROM MAKKAH HARGA --> Rp. 33000
W0873    BUKU GEMBLAK:TRAGEDI CINTA BUDAK HM HARGA --> Rp. 33000
W0874    BUKU MISTERI PUNCAK ARARAT HARGA --> Rp. 33000
W0875    BUKU TOBAT MEROKOK - HC HARGA --> Rp. 33000
W0876    BUKU MESTAKUNG HARGA --> Rp. 33500
W0877    BUKU ZIKIR & DOA PENGHUNI SURGA HARGA --> Rp. 34000
W0878    BUKU DI BAWAH NAUNGAN CAHAYA-MU HARGA --> Rp. 34000
W0879    BUKU KUTEMUKAN ENGKAU DI SETIAP TAHAJUDKU-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0880    BUKU ANTIQUE FUGA#1: NAMAKU SHANIA HARGA --> Rp. 34000
W0881    BUKU ANTIQUE FUGA#2: ROH DENGAN DUA JIWA HARGA --> Rp. 34000
W0882    BUKU ITOKO INGIN DIET HARGA --> Rp. 34000
W0883    BUKU NO OTHER HARGA --> Rp. 34000
W0884    BUKU SUMMER HARGA --> Rp. 34000
W0885    BUKU ACCIDENTALLY FABULOUS HARGA --> Rp. 34000
W0886    BUKU KOMIK GARUDA 19: M SAHRUL KURNIAWAN HARGA --> Rp. 34000
W0887    BUKU KOMIK GARUDA 19: PAULO SITANGGANG HARGA --> Rp. 34000
W0888    BUKU MISTERI DI GUNUNG TEULABONARI HARGA --> Rp. 34000
W0889    BUKU MERAMU K.DRAMATIS/KONFLIK,AKSI HARGA --> Rp. 34000
W0890    BUKU NO MORE GALAU/DEAR BUNDA CUWIY HARGA --> Rp. 34000
W0891    BUKU SHOCKING CHINA HARGA --> Rp. 34000
W0892    BUKU SHOCKING EGYPT HARGA --> Rp. 34000
W0893    BUKU MIMPI BAYANG JINGGA-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0894    BUKU LIPUTAN 9 HARGA --> Rp. 34000
W0895    BUKU ME AND MY BOLLY HOBBY HARGA --> Rp. 34000
W0896    BUKU THE BLACKSIDE HARGA --> Rp. 34000
W0897    BUKU CEWEK-CEWEK TULALIT HARGA --> Rp. 34000
W0898    BUKU FOOLOVE HARGA --> Rp. 34000
W0899    BUKU CERITA SEPANJANG MUSIM HARGA --> Rp. 34000
W0900    BUKU HEIDI HARGA --> Rp. 34000
W0901    BUKU HIKAYAT THE DA PECI CODE-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0902    BUKU UBAH ORG BUANGAN JADI REBUTAN HARGA --> Rp. 34000
W0903    BUKU THE YOUNG NINJA  HARGA --> Rp. 34000
W0904    BUKU TINGGAL&BEKERJA DI SELANDIA BARU HARGA --> Rp. 34000
W0905    BUKU CHANDRA-BIBIT HARGA --> Rp. 34000
W0906    BUKU DUA CINTA OBAMA HARGA --> Rp. 34000
W0907    BUKU FIRE IN THE HEART (NEW) HARGA --> Rp. 34000
W0908    BUKU TSUNAMI FINANSIAL HARGA --> Rp. 34000
W0909    BUKU JUMPALITAN MENJADI IBU HARGA --> Rp. 34000
W0910    BUKU RAIH 5 MUKJIZAT SETIAP HARI-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0911    BUKU FINANCIAL PARENTING HARGA --> Rp. 34000
W0912    BUKU DREAMLAND HARGA --> Rp. 34000
W0913    BUKU DIARY GUE DIARY LO HARGA --> Rp. 34000
W0914    BUKU MSG SERIES:THE CLAVE BAND HARGA --> Rp. 34000
W0915    BUKU MSG SERIES: PURPLE BASKET TEAM HARGA --> Rp. 34000
W0916    BUKU SPOOKY: HORRIBLE TOOTH FAIRY HARGA --> Rp. 34000
W0917    BUKU SPOOKY: THE AUTHOR'S TERROR HARGA --> Rp. 34000
W0918    BUKU REBECCA OF SUNNYBROOK FARM HARGA --> Rp. 34000
W0919    BUKU PEREMPUAN BAWANG & LELAKI KAYU HARGA --> Rp. 34000
W0920    BUKU SESUATU YANG TERTUNDA HARGA --> Rp. 34000
W0921    BUKU STASIUN HARGA --> Rp. 34000
W0922    BUKU DELAPAN SISI HARGA --> Rp. 34000
W0923    BUKU KEEGANS MATCHMAKING HARGA --> Rp. 34000
W0924    BUKU BUKAN SALAHMU HARGA --> Rp. 34000
W0925    BUKU PUISI HAP HARGA --> Rp. 34000
W0926    BUKU PUISI EKARISTI HARGA --> Rp. 34000
W0927    BUKU PUZZLE UPIN&IPIN:KELUARGA UPIN&IPIN HARGA --> Rp. 34000
W0928    BUKU THE SECRET FOR MUSLIM HARGA --> Rp. 34000
W0929    BUKU SAJIAN RUHANI PENYEJUK IMAN HARGA --> Rp. 34000
W0930    BUKU KCPK.ALDEN AND THE HORSE HARGA --> Rp. 34000
W0931    BUKU FOUR SEASONS TALES HARGA --> Rp. 34500
W0932    BUKU DEGALINGS HARGA --> Rp. 34500
W0933    BUKU MELACAK JEJAK KOTA KUNO HARGA --> Rp. 34500
W0934    BUKU UKTRIP:SMART&FUN HARGA --> Rp. 34500
W0935    BUKU FOREVER RICH HARGA --> Rp. 34500
W0936    BUKU SPECIAL EDUCATION 4 SPEC.CHILD HARGA --> Rp. 34500
W0937    BUKU SUPERBERKAH SHALAT JUMAT HARGA --> Rp. 34500
W0938    BUKU JODOH DARI NEGERI SEBERANG HARGA --> Rp. 34500
W0939    BUKU MI FAMILIA HARGA --> Rp. 34500
W0940    BUKU PENUNTUN: JANGAN TAKUT MARRIED HARGA --> Rp. 34500
W0941    BUKU TUHAN, KUATKAN IMANKU! HARGA --> Rp. 34500
W0942    BUKU LENTERA CINTA 4 TEENS HARGA --> Rp. 34500
W0943    BUKU BULAN SABIT DI ATAS EIFFEL HARGA --> Rp. 34500
W0944    BUKU MUSLIM, DIALOG DAN TEROR HARGA --> Rp. 34600
W0945    BUKU MORALITY FOR BEAUTIFUL GIRLS HARGA --> Rp. 34800
W0946    BUKU RAHASIA MEMIKAT HATI MERTUA HARGA --> Rp. 34800
W0947    BUKU PERGAULAN HARGA --> Rp. 34800
W0948    BUKU AMSTERDAM SURPRISES HARGA --> Rp. 35000
W0949    BUKU MASRURI VS THE OLYMPIANS HARGA --> Rp. 35000
W0950    BUKU DI BAWAH BENDERA SARUNG HARGA --> Rp. 35000
W0951    BUKU STEVE JOBS HARGA --> Rp. 35000
W0952    BUKU CINTA SEMUSIM HARGA --> Rp. 35000
W0953    BUKU NEW-MEREKA BILANG AKU KAFIR HARGA --> Rp. 35000
W0954    BUKU POWERING YOUR MICROBLOGS HARGA --> Rp. 35000
W0955    BUKU YA ALLAH,TABURKAN CINTA KAMI HARGA --> Rp. 35000
W0956    BUKU PENYEGAR JIWA HARGA --> Rp. 35000
W0957    BUKU MENJADI SUPERCOMPANY HARGA --> Rp. 35000
W0958    BUKU RESPONS MSYRKAT.LOKAL ATAS BENCANA #2 HARGA --> Rp. 35000
W0959    BUKU POWER BRANDING HARGA --> Rp. 35000
W0960    BUKU KKJD.MISTERI GUDANG TUA HARGA --> Rp. 35000
W0961    BUKU MAN DOWN HARGA --> Rp. 35000
W0962    BUKU KOMIK NANNY HARGA --> Rp. 35000
W0963    BUKU THE RAID HARGA --> Rp. 35000
W0964    BUKU LITTLE SNIPPETS HARGA --> Rp. 35000
W0965    BUKU KSKP.ROBOT RAINBOW CAKE HARGA --> Rp. 35000
W0966    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 1: PENCURI MISTERIUS  HARGA --> Rp. 35000
W0967    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#2:UNFINISHED STORY HARGA --> Rp. 35000
W0968    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 3: MULUTMU HARIMAUMU HARGA --> Rp. 35000
W0969    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 4: FESTIVAL OLAHRAGA HARGA --> Rp. 35000
W0970    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 5: BELAJAR SABAR HARGA --> Rp. 35000
W0971    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 6: AKIBAT BURUK SANGKA HARGA --> Rp. 35000
W0972    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#3:MYSTERIOUS PAINTING HARGA --> Rp. 35000
W0973    BUKU KOMIK CATATAN HARIAN OLIN#1:PILIHAN TERAKHIR HARGA --> Rp. 35000
W0974    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 7: INDAHNYA BERBAGI HARGA --> Rp. 35000
W0975    BUKU KSKP.CUTE MATRYOSHKA HARGA --> Rp. 35000
W0976    BUKU KSPK.SUPER CONCERT HARGA --> Rp. 35000
W0977    BUKU KSKP.KEMAL VS PUTRI HARGA --> Rp. 35000
W0978    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#4:KUTUKAN SUNGAI MERAH HARGA --> Rp. 35000
W0979    BUKU 33 KUNCI MENGUAK THE LOST SYMBOL HARGA --> Rp. 35000
W0980    BUKU THE KING IS DEAD HARGA --> Rp. 35000
W0981    BUKU KAYA LEWAT TERJEMAHAN HARGA --> Rp. 35000
W0982    BUKU PAQUITA DAN PANGERAN BIANGLALA HARGA --> Rp. 35000
W0983    BUKU DIET FOR MUSLIMAH HARGA --> Rp. 35000
W0984    BUKU FANTASTEEN.THE BOOK OF BLACK SPELL HARGA --> Rp. 35000
W0985    BUKU FANTASTEEN.ZEIRA AND THE WORLD OF MAGIC HARGA --> Rp. 35000
W0986    BUKU FANTASTEEN.ABSOLUTE ZERO HARGA --> Rp. 35000
W0987    BUKU FANTASTEEN.MAGIC WRITING SCHOOL HARGA --> Rp. 35000
W0988    BUKU FANTASTEEN.THE LAGAZIV HARGA --> Rp. 35000
W0989    BUKU FANTASTEEN.TORIAD:DUNIA YANG TAK PERNAH HARGA --> Rp. 35000
W0990    BUKU PBC.LUCY CATTERMOLE HARGA --> Rp. 35000
W0991    BUKU PBC.TALE OF ANGEL HARGA --> Rp. 35000
W0992    BUKU FANTASTEEN.SIHIR DAN MANUSIA SERIGALA HARGA --> Rp. 35000
W0993    BUKU FANTASTEEN.THE MYSTERIOUS MURDER HARGA --> Rp. 35000
W0994    BUKU FANTASTEEN.RUMAH ANGKER HARGA --> Rp. 35000
W0995    BUKU FANTASTEEN.CLOSER:PERHATIKAN PERANGKAPNYA HARGA --> Rp. 35000
W0996    BUKU FANTASTEEN.TERROR HARGA --> Rp. 35000
W0997    BUKU K-NOVEL:SAM DI GI HARGA --> Rp. 35000
W0998    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY:IN SEOUL HARGA --> Rp. 35000
W0999    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY:IN NEW YORK HARGA --> Rp. 35000

   
22-10-2016 10:55:31 hpl bln februari 2017
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bersoda dulu mertua saya malah minum terus sehari satu gelas sprite di trimester pertama, karena mual dan muntah nya hilang cm dengan itu. hehhe. ayo jadi smart mom to be ya Bunda2. yg ptg tau kebiasaan tubuh sama pinter2 dengerin alarm tubuh..
   
Jumlah Posts : 46
Jumlah di-Like : belum ada like
iy bun.. saya d pisah dari anak saya,soalnya saya pendarahan seperti mens.. jadi anak saya saya titipkan mertua bun.. baru 3 hari tidak bertemu,dan hari ini saya minta suami untuk bertemu dengan anak,anak saya sudah tidak mau lagi dengan saya bun.. bagaimana ini bun?? sedih banget bunda @mon bi.. saya sampai stres bun.. nangis terus.. apa ini y resikonya?? atau ada jalan lain bun?? terimakasih
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5

kl di sini, usia 4 bln bayi sdh bisa makan, tapi menurutku tunggu saja hingga 6 bln, krn takut ususnya belum siap terima makanan, dan kalau mau memberikan makanan mending konsultasi dulu dengan dokter.

rencana saya juga pengen kasih jus wortel (cair) biar cuma 20 ml dan sisanya ASIP atau sufor. krn dulu mertua kasih ke suami jus wortel sejak umur 4 bln krn suami dulu alergi dengan susu. itu sbbnya skrg usia sdh 40an thn daya pandangnya 12:10 (lebih dr 10:10). tapi saya blm konsultasikan ke dokter mengenai hal ini jadi nanti aja deh.. masih ada ASI kog .. hehehe

   
Jumlah Posts : 73
Jumlah di-Like : belum ada like
buat yg beragama islam silahkan di bca sampai sel3sai ini certa nyta dr ust nai peruqyah internasional.. Nuruddin Al Indunissy CAESAR & AL QUR’AN, SEBAGAI SOLUSINYA. KEMARIN · PUBLIK Bismillah Assholatu wa Sallamu ala Rosulillah. Segala puji hanya milik Allah, Rabb yang maha luas dan kekal kasih sayangnya. Tulisan ini saya persembahkan bagi jiwa-jiwa yang sedang mencari ketenangan dan kemenangan haqiqi dalam naungan kebahagiaan islam. Dalam tulisan ini saya akan kupas secara mendalam, langkah dan tahapan bagaimana melahirkan dengan senyuman dan menangkal angkuhnya kejahatan system dunia farmasi dan industry rumahsakit. RumahSakit merupakan industry jasa yang sangat erat kaitannya dengan para pemegang dunia farmasi (industry dan penjual obat), sehingga bukan rahasia jika ada system yang serakah, yang mengikat mereka agar saling menguntungkan sementara korbannya adalah manusia secara umum dan muslim yang sekuler (memisahkan agama dengan kehidupan) dan materialis (mementingkan object yang terlihat dan mengabaikan dunia spiritual yang justru lebih besar perannya). Caesarean Sections/Section Caesaria atau lebih dikenal dengan “Operasi Caesar”, merupakan tindakan medis untuk mengeluarkan bayi dari rahim ibundanya dengan membedah/menyayat abdomen (perut) ibu. Proses Caesar ini terjadi dalam hitungan menit saja dan tidak sakit karena ibunda dibius terlebih dahulu, namun sehari pasca Caesar mulai terjadi sakit yang luarbiasa pada bekas operasi, punggung dan kepala. Kadang sakit ini berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya saat ibunda batuk, bersin bahkan tertawa dan resiko pada kehamilan dan kelahiran berikutnya. Jika tindakan ini menimbulkan cacat permanent pada ibu, lalu kenapa banyak orang memilih untuk pasrah Caesar bahkan ada trend Caesar dikalangan ibu-ibu yang mengaku moderen? Maka berikut ini adalah alasan-alasan Caesar secara logis/normal: 1. Ukuran bayi terlalu besar, sementara panggul sang ibu kecil. 2. Bayi menderita kelainan misalnya spina bifida. 3. Posisi kepala janin tidak berada di bawah atau sungsang. 4. Sang ibu memiliki penyakit jantung atau kondisi medis lain yang berisiko memburuk akibat tekanan saat melahirkan. 5. Penurunan suplai darah ke plasenta sebelum kelahiran. Hal ini dapat menyebabkan bayi lahir dengan tubuh kecil. 6. Plasenta menghalangi leher rahim. 7. Luka terbuka yang disebabkan infeksi herpes genital yang aktif. 8. Sang ibu terinfeksi virus HIV. 9. Terdapat lebih dari satu janin dan kondisi kehamilan yang kompleks misalnya posisi janin yang kurang ideal atau kembar siam. Dan alasan lainya. Adapun trend Caesar, yang merupakan pilihan sendiri, baik karena menghindari sakitnya proses lahiran normal (semisal mulas pada bukaan 1 hingga 10, kerusakan/luka jahitan pada vagina, proses bukaan yang lama atau sakitnya saat melahirkan itu sendiri) ataupun ikut trend Caesar untuk memilik tanggal lahir yang cantik (caesar yang direncanakan) itu merupakan resiko sendiri dan bukan kesalahan dunia medis. Namun dari sebuah survey yang dikutip dari sebuah buku kehamilan oleh Nadia Mulya menunjukkan bahwa 394 responden memilih caesar karena beragam alasan. Sebanyak 83.5% di antaranya mengaku harus bersalin caesar karena keputusan dokter (komplikasi medis) atau ada indikasi medis yang mengancam keselamatan ibu dan bayi. Semoga Allah merahmati para dokter dan bidan yang jujur, memudahkan kehidupannya di dunia dan akhirat karena ini bagian dari profesi yang luhur yang menjadi solusi bagi kesulitan umat manusia di dunia modern ini. Masalah kemudian timbul, saat sebuah system memaksa mereka untuk melakukan hal yang ditolak nurani setiap manusia yang hidup hatinya. Bagaimana sikap seoran mukmin yang beriman pada taqdir menyikapi hal ini? Bukankah Allah azza wa jalla telah menentukan sunnatullah pada setiap wanita untuk mengalami kelahiran dengan normal jauh sebelum adanya Sectio Cesaria? Telah lama saya menghembuskan adanya indikasi gangguan non-medis pada proses Caesar, beberapa tahun silam saya mulai menteorikan lengkap dengan solusinya untuk mengatasi Caesar yang tidak direncanakan ini. Sebagaimana penelitian pribadi saya tentang adanya campur tangan musuh-musuh Allah (syaitan) pada banyak penyakit dalam yang kemudian mengarah pada operasi besar. Banyak sekali penyakit pada jasad yang divonis operasi (setelah melalui proses scaning yang moderen) namun kemudian tidak ditemukan penyakitnya. Alhamdulillah, dari training-training yang digelar dibawah bendera Yayasan RehabHati dan Yayasan Qur’anic Healing di Indonesia dan Malaysia banyak sekali testimony membahagiakan dari saudari-saudari kita yang tidak jadi Caesar setelah diupayakan melalui upaya spiritual dengan Teraphy Al Qur’an (ruqyah syariyyah), do’a dan sinerginya dengan Ath Tib An Nabawai atau metode pengobatan ala Nabi dengan memaksimalkan konsumsi Madu, Habbatussauda, Zaitun dan herbal Sunnah yang penuh berkah lainnya juga tidakan bekam dan upaya pengobatan tradisional lain. Alhamdulillah, bayi-bayi telah lahir dengan sempurna atas keagungan dan kekuasaan Allah melalui kedahsyatan teraphy Al Qur’an beberapa tahun kemudian setelah teori itu ditrainingkan. Bahkan salah satu trainer RehabHati yang juga praktii medis di salah satu RumahSakit Islam di Kota Wonogiri memberikan testimony yang mengejutkan bahwasannya setelah direktur rumahsakit yang juga kawan saya mengeluarkan intruksi untuk meruqyah setiap pasien yang mau Caesar 2 jam berikutnya banyak sekali –sekali lagi, banyak sekali– pasien yang tidak jadi dicaesar karena telah lahir terlebih dahulu. Anda pun, insya Allah akan melihat ramai testimony dibawah tulisan ini tentang kesaksian mereka yang telah mendapatkan berkah dari teraphy Al Qur’an ini. Setelah tahun demi tahun saya lalui dalam mensosialisasikan ruqyah syariyyah bersama team, Desember 2014 lalu saya Allah beri amanah seorang putera. Alhamdulillah lahir normal di salahsatu rumahsakit di kota Kediri. Tidak ada masalah, meski sebenarnya saya miris melihat beberapa suami dengan begitu mudahnya membubuhkan tanda-tangan Caesar untuk istrinya melalui jalur BPJS. Waktu berlalu cepat, April 2016 ini Allah memberi amanah yang kedua setelah melalui perjuangan yang panjang. Saya, ingin setiap ibu, setiap muslimah dan mukminah membaca tulisan dari jari seorang ayah ini. Seorang ayah yang mengerti bahwa melahirkan itu rasanya seperti setengah kematian, dan setelah lahiran nanti masih ada perjalanan panjang yang harus dilalui dengan tabah untuk mencapai jannah-Nya. 1 April 2016, saya sedang dalam perjalanan dari kota Sukabumi menuju kota Bogor. Istri memberitahu bahwasannya, besok, sepertinya tidak bisa menemani saya mengisi Mega Training RehabHati di kota Bogor karena mulai merasakan mulas dan sakit perut. Dan saya mengizinkannya, tentu saja meski saya tidak bisa menemani beliau mengingat MegaTraining di Bogor ini adalah salah satu event Pelatihan Ruqyah terbesar yang dikonsep beberapa bulan sebeumnya untuk menyakinkan 1000 peserta yang telah teregistrasi untuk hadir itu merasa nyaman, aman dan terkesan dalam menikmati Traning dan Teraphy Al Qur’an Gratis yang diselenggarakan Team RumahRehab Bogor. 2 April 2016, saya mengisi training dengan gelisah. Sambal sesekali melihat Handphone, seandainya saja ada kabar emergensi dari rumah karena diprediksi kisaran 12 April 2016 ini istri akan melahirkan anak keduanya. Dan malam harinya saya langsung pulang ke rumah kontrakan saya di Kota Wisata, Cibubur. 3 April 2016, Alhamdulillah kekhawatiran saya terobati. Istri sepertinya bukan mulas indikasi akan melahirkan, namun sakit perut biasa. Saya mengajak istri untuk check-up kerumahsakit, namun ia menolaknya. Saya menghormati keputusannya, dan diam-diam bertekad seandainya hingga besok dzuhur istri menolak kerumah sakit saya akan mengkondisikan agar ia bersedia dirawat. 4 April 16, 12.15 PM selepas dzuhur beliau memberi tahu bahwa lututnya mulai gemetar. Saya kaget ketika beliau mengatakan bahwa sehari semalam ini lebih dari 10 kali ke kamar mandi. Saya melihat indikasi muntaber, dan ini berbahaya, dalam kondisi mengandung bisa dehidrasi. 4 April 16, 12.45 PM taksi sudah ada didepan rumah dan membawa kami kesalah satu rumah sakit termegah di daerah ini, tentu saja bukan karena saya cukup uang namun untuk memastikan kenyamanan istri karena ini adalah hak dunia medis. Qodarullah, macet menghadang dan jam 14.00 Dokter kandungannya sudah pulang, dan baru akan buka lagi jam 17.00, akhirnya saya istri dan putra saya yang baru berusia 15 bulan belok ke salahsatu Mall untuk menunggu dokter. 4 April 16, 17.40 PM kami sudah bersama dokter pribadi istri, ia seorang muslimah muda yang ramah, berkerudung dan professional. Beliau menyimpulkan bahwa istri dehidrasi, dan air ketuban ada pada level 8 (standar sehat ada pada level 10). Dan saya menyetujui istri dirawat malam itu. Malam itu saya mulai merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ayah, menggendong anak kesana-kemari, check-in rawat inap, tanda tangan sana-sini, dan yang lebih berat mengkondisikan bayi tidur dirumahsakit. Alhamdulillah, semua berlalu dengan baik karena kami mengambil kelas ruang rawat inap VIP. Cukup luas untuk saya dan anak saya, babysitter, dan tentunya istri yang malam itu divonis dehidrasi dan muntaber. Setelah check-up, USG, dirawat dan check lab diketahui bahwa muntaber istri disebabkan Jamur. Dan dokter, pagi itu memberitahukan dengan senyum lega bahwa untuk Jamur sudah ada obatnya. Istri boleh pulang pagi berikutnya. 5 April 16, 11.30 AM, Alhamdulillah kami pulang dengan tenang. Dan dihari yang sama bidan memberitahu kami bahwa kondisi kandungan sekarang aman dan sudah “bukaan 1”. Dalam proses persalinan ada proses yang bernama “Pembukaan”, pembukaan atau bukaan yang dimaksud adalah pembukaan atau prosesnya mulut Rahim dari 1 hingga 10. Proses bukaan ini terjadi secara bertahap dan alami, ada semacam asam atau gas yang mendorong bayi keluar. Bayi terdorong keluar karena dorongan gas dan mengkerutnya Rahim, sehingga mulut Rahim terbuka secara bertahap. Ini proses harus dilalui seorang ibu dengan tabah, sabar dan tawakkal. Jika menyerah, maka alternative lain adalah Caesar. 8 April 2016, istri masih muntaber dan semakin lemah. Seakan obat itu tidak mempan. Dan kami kembali lagi check-up, kerumahsakit yang sama. 8 April 2016, 9.30AM kami masuk melalui pintu IGD, dan langsung dibawa keruang persalinan. Di check, dan masih bukaan 1 dan kondisi makin lemah. 8 April 2016, 9.35 AM dokter dan 1 perawat disampingnya menyampaikan kepada saya bahwa kondisi semakin lemah, dan Air ketuban semakin menyusut. Prediksi beliau sudah “Level 6”, hingga disarankan untuk diberi perangsang (Induksi) atau Cesar. 8 April 2016, 9.50 AM, saya memutuskan untuk menolak dan mengupayakan sendiri terlebih dahulu dirumah. “Saya sendiri praktisi pengobat, seperti dokter. Hanya saja, kalau dokter dibidang medis saya bagian non-medis. Saya telah banyak menembukan bahwa masalah seperti ini ada indikasi non-medis, jadi saya ingin mengupayakan terlebih dahulu dirumah”. Dokter tersenyum dan mengangguk, beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya, dan kami pun pulang. 8 April 2016, 12.30 PM, saya kembali sampai dirumah. Otak saya mulai berputar mencari cara, teringat sahabat saya ust. Rahmat Bekam, ketua PBI Jabar sekarang yang selama ini memberikan saran-saran herbal secara ilmiah tentang penyakit melalui tinjauan medis. Dan Istri beliau, yang juga seorang Herbalis dan Bidan Thibun Nabawi memberi 4 saran kepada istri: 1. Konsumsi Habbatussauda (menambah mules). 2. Zaitun untuk melancarkan kelahiran, oles dan minum. 3. Minum air kelapa (untuk menormalkan kembali air ketuban) meskipun sebenarnya tidak ada cara untuk menambah air ketuban. 4. Bekam di pinggang. Dan pergelangan kaki kanan dibawah mata kaki yang merupakan titik untuk melancarkan proses pembukaan. Beliau juga, seperti saya kutif dari istri, menyarankan untuk ruqyah. “Jangan lupa ruqyah”, katanya. Saya teringat, beberapa tahun lalu pernah menemukan kasus dan menteorikan bahwa salah satu titik persembunyian syaitan yang menyebabkan keguguran adalah pada pergelangan atas kaki kanan dibawah mata kaki. 8 April 2016, 18.20 PM, selepas maghrib saya mulai mengawali proses ruqyah pada istri. PROSES RUQYAH 1 Ruqyah Syariyyah merupakan proses pembacaan Ayat Suci Al Qur’an kepada seorang mukmin yang sedang kesulitan, terutama ketika terikat/terbelenggu sebuah kondisi yang tidak dimengerti secara logis dengan harapan mendapatkan syfa atau kesembuha dan rahmat dari Allah azza wa jalla yang menciptakan dan menjaga setiap mahluk-Nya. Diawali dengan wudhu, menunaikan shalat maghrib, dan mempersiapkan 1 liter air kelapa muda dan air putih disampingnya untuk diruqyah bersamaan dengan istri. Dan istri menggunakan hijab sempurna agar khusyuk dan merupakan bagian dari adab do’a. Setelah mengucap Taawudz, Ayat Kursi, Al Falaq dan An Nas sebagai do’a perlindungan sebelum memulai ruqyah saya mengucapkan istighfar, sholawat dan berdo’a kepada Allah agar dilancarkan proses persalinan istri. Ini adalah muqodimah awal dalam setiap ruqyah syar’ie. Selanjutnya saya sentuhkan tangan kanan saya persis diperut istri, mendekatkan bibir kepadanya dan mulai membaca do’a-do’a Nabi sholallahu alaiyhi wa sallam untuk mengawali ruqyah. Kemudian membaca al Fatihah, Al Baqarah 1-4, 102, 163-164, 255-257, 284-286, Al Imran 18-19 dan bayi didalam mulai bergerak-gerak seakan musafir kehausan mendapat air segar. Saya mengulang-ngulang ayat itu dan bayi mulai motah berputar-putar hingga istri saya gelid an memegangi perutnya. Ruqyah dilanjutkan dengan membaca surah-surah berikutnya hingga selesai. Ada kesimpulan besar disini, selama ini saya yakin bahwa bayi sungsang dan terikat ari-ari bisa lahir dengan normal hanya mendengar testimony kawan-kawan alumni pelatihan ruqyah yang saya bina dan juga video-video keajaiban Al Qur’an saat dibacakan pada janin dalam kandungan dan kemudian bayi sujud –saat itu– saya merasakan sendiri bahwa bayi tidak hanya bergerak namun berputar. Masyaa Allah.. Selanjutnya saya meruqyah Air kelapa dan air putih untuk minumannya. Saya dekatkan bibir saya kepada dua wadah air dan membacakan surah al Fatihah 7x, Al Kafiruun 1x, Al Falaq dan An Nass masing-masing 3x. Nabi sholallahu alaiyhi wa sallam membacakan surah Al Kafirun kepada air yang dicampur garam saat mengobat luka sengatan. 9 April 2016, 18.20 PM Hari itu istri mencoba check kandungan di Klinik Bersalin Ranti di daerah ciangsana cibubur dan hasilnya menakjubkan, bidan disana mengatakan dengan penuh percaya diri bahwa air ketuban normal dan sudah mulai bukaan 2. Disana mulai ada cahaya yang merekah! Bahkan sang bidan disana menyimpulkan, masih ada satu minggu waktu untuk menunggu. Dan istri mengatakan, bahkan, bu bidan lela (istri rahmat bekam) sebelumnya prediksi bahwa masih ada dua minggu waktu. Hal ini membuat saya termenung, kenapa bisa-bisanya seorang dokter specialist menyarankan induksi dengan kondisi ketuban yang menakutkan? Apakah alat-alat itu terlalu modern? Kepenasaranan ini mulai menggelitik saya untuk menggali lebih dalam tentang apa itu Air ketuban. Saya menggalinya di internet dan juga menggali beberapa informasi dari istri tentang apa yang dokter lakukan saat USG dan kemudian menyimpulkan tentang air ketuban. Dan disini ada hal yang menarik lagi. Saat USG dokter memperlihatkan melalui layar kombinasi warna gelap, biasanya, selama usia kehamilan 1-9 bulan dilayar itu terlihat kondisi bayi dan bentuknya; tangan, jemari, kepala, kaki termasuk jenis kelaminnya. Saat alat detector ditempel di perut istri, tampilan pada layar itu hanya gelap, dengan kondisi demikian artinya air ketuban sudah hamper habis (dinding rahim melekat pada bayi, karena tidak ada air atau sedikit). Saya sontak teringat banyak kasus yang dilalui dalam teraphy ruqyah, pasien mengakui dan menyebutkan jenis penyakitnya terlihat di Xray, namun saat operasi tidak ada. Jika syaitan bisa mempengaruhi electron listrik, mempengaruhi dan merusak koneksi internet, laptop bahkan beberapa kehancuran pada bentuk-bentuk jasad, maka sangat mungkin juga mempengaruhi tampilan alat dokter kandungan. Masih segar diingatan saya ketika menteraphy seorang umaht di Kenya, afrika timur. Beliau mengaku 6 kali dioperasi dan 2 kalinya adalah operasi cesar, dari 4 operasi tersebut dokter mendeteksi benda hitam pada perutnya dan ketika dibedah benda itu tidak ada. Kasus ini banyak terjadi (sekali lagi, banyak terjadi) di rumahsakit dan kemudian mereka lari ke pengobatan alternative. Baiklah, saya melanjutkan upaya secara maksimum. Mendekatkan diri kepada Allah, menolong sebanyak-banyaknya muslimin-muslimah yang bisa ditolonga dan dimudahkan dengan teraphy Al Qur’an minggu itu. Termasuk upaya sedekah sesuai yang Allah mampukan dan takdirkan kepada kami, juga ibadah-ibadah lainnya. Berharap Allah subhanahu wa ta’ala mengampuni kami, karena tidak ada kesulitan kecuali disebabkan dosa dan kesalahan kita sendiri. Dihari yang sama saya mengisi private teraphy di rumah rehab bogor, 1 jam dari rumah. Hari itu saya sudah agak lega, tinggal menunggu hari lahir. Namun jujur, minggu itu kami lalui dengan sangat lama. “Hikmah itu selalu ada, dalam situasi tersulit sekalipun. Saat kita terbentur pada sebuah kondisi "tidak ada pilihan", sementara kaki lelah dan harus terus melangkah --maka-- disana Allah sedang mengajari kita untuk tabah. Menundukan kepala dalam-dalam, menyadari bahwa kita ini lemah tidak berdaya dihadapan ketetapan Allah yang maha gagah perkasa. Merasakan sebuah kekuatan sedang mengatur kita dengan kemahaanNya” 17 April 16, 11.35 PM. Istri saya mulai merasakan mulas hebat. Bapa Mertua dari Kediri sudah berjaga-jaga, dan Rafiq kecil tertidur pulas. Sambil memangkunya, saya berfikir keras. Seandainya dibawa kerumah sakit, apa yang akan terjadi dengan dia? Akhirnya kami menyimpulkan untuk kerumahsakit besok pagi. 18 April 16, 05.40 AM. Kami sudah ada diruang IGD, dan Istri dibawa ke ruang persalinan. Check-up dan lain-lain. Alhamdulillah sudah bukaan 3. Dan saya ke lantai 1 untuk Check-in. Istri dibawa kekamarnya. Kami tidak mengambil ruang VIP namun mengambil Ruang Kelas 1, dibawahnya. Pertimbangan mengambil ruang VIP sebelumnya adalah untuk menjaga hijab istri. Dan pertimbangan mengambil ruang kelas 1 adalah setelah kami tahu bahwa meski di ruang kelas 1, yang mana ada dua pasien tetap ada hijab. Dan yang lebih penting, ternyata semua kelas persalinannya diruang tertutup yang baik. Ini terjadi karena kami tidak pernah kerumahsakit sebelumnya. Hal yang mengesankan disana adalah ketika istri saya curhat tentang sikap salah satu bidan kepadanya, ia mengatakan ada bidan yang tidak ramah dan kasar saat cek sendiri diruang persalinan. Istri saya berkata, bidan itu berkata: “Ck..ck. Bagaimana bu upaya teraphynya. Diteraphy apa sih. Hipno-hipno gitu itu ya?” Katanya tanpa beban, bahwa seharusnya kamilah yang berkata dengan bangga karena tidak menerima atau menolak induksi minggu kemarin. Bayangkan kalau minggu kemarin melakukan induksi, pasti gagal karena belum saatnya. Dan kalau induksi gagal maka tindakan selanjutnya adalah Caesar. Istri saya menjawab: “Bukan, suami saya hanya membacakan al Qur’an kepada saya. Namanya terapy Ruqyah”. “Hh.. Yang paling penting kan mulesnya, untuk bukaan itu ya harus mules bukan diruqyah”. Kata bidan itu, menyakiti hati saya saat mendengarnya dari istri. Saya hanya berkata; “Sabar. Ini belum seberapa. Mereka hanya tidak tahu”. Jam demi jam, menit demi menit, detik demi detik selanjutnya saya mengawasi setiap gerak dan tindakan. Disamping istri, mengatur strategi, mengatur waktu, memotivasi, menemani dan yang terpenting memastikan si kaka Rafiq tidak bosan. Bukaan 4, 5, 6 dan 7 berlalu menggembirakan meski lebih lama dari normal. Prediksi lahiran adalah selepas dzuhur, selambatnya ashar. Sebelum ganti shift bidan menyimpulkan, selambat-lambatnya maghrib insyaAllah lahir. Murotal Al Qur’an terus mengalir mewarnai keluh kesah hati kami. 18 April 16, 02.40 PM. Bidan shift sore datang, berwajah tegas-professional dan berkata; “Bu. Check lagi”. Ia memegang perut istri, memasang alat denyut jantung dan mencetaknya. Dan menawarkan oksigen, serta menaruh disampingnya. Dan ia menyimpulkan masih bukaan 7, dan menyarankan dibawa keruang persalinan. Alasannya sangat logis, agar nanti tidak buru-buru saat kontraksi. Dan saya menerimanya tanpa alasan. 18 April 16, 02.55 PM. Istri sudah diruang persalinan, dipasang infus dan selang oksigen. Hal ini membuat ayah mertua panic dan menelpon ibu mertua untuk segera kejakarta. Saya memperhatikan dengan seksama, drama ini. 18 April 16, 03.03 PM. Suster tadi kembali dan membawa selembar kertas dan papan yang ia dekap didadanya. “Bapa, ini sudah jam 3, dan saatnya lahiran. Namun kondisi mulas malah makin berkurang. Saya izin untuk memasang akselerator” kata bidan itu sangat elegan membuat saya hati-hati untuk bicara. “Akselerator, apa bedanya dengan induksi?” Jawab saya. “Beda. Kalau induksi itu membuat mulas sebelum mulas. Kalau akselerator itu menambah mulas setelah mulas. Agar lancer dan cepat lahir.” Katanya sambil senyum. Saya diam. Dan lalu menimpali. “Sama saja. Apa tidak bisa tunggu sebentar?” Kata saya kemudian. “Sudah saatnya pa, ini saran dokter” katanya. Padahal entah dimanakah bu dokter itu. “Kalau tunggu dulu bagaimana, saya kan bilang tidak mau di induksi?” Jawab saya. “Kalau bapa nolak, bapa harus menandatangani bahwa bapa menolak tindakan medis” Katanya sambil menggerak-gerakan kertas ditangannya dan tidak lupa senyum. “Tunggu satu jam!” Tukas saya. “Iya, kalau bapa nolak harus tanda tangan. Lagian, bapa ini sudah dua kali nolak induksi. Kita harus cek, ada apa ini?” Katanya membuat urat leher saya menegang. “Baik, apa susahnya tanda tangan? Tapi tujuan anda minta izin kan sebagai persetujuan. Dan ingat, praduga dokter itu juga bisa salah. Saya menunggu dari 2 minggu lalu detik-demi-detiknya. Dan, bayangkan kalau saya setuju induksi minggu lalu. Sudah rusak istri saya. Jangan samakan saya dengan pasien-pasien BPJS anda!” jawab saya meninggi. Suster itu diam, dan berkata singkat; “Baik” lalu pergi. 6 Jam dari saat itu adalah waktu sulit kami. Tidak ada poses bukaan, mulas sudah berkurang. Suster tidak lagi diruangan hanya sesekali mengecek. Diruangan sebelah terdengar jeritan tangisan bayi berulang-ulang menandai telah lahir jiwa baru. Namun kami masih menunggu, dan disaat itu pula Allah tunjukan keagungan-Nya. 18 April 16, 07.40PM. Maghrib dan Isya sudah berlalu, do’a sudah dihantar kelangit. Al Qur’an mengalun, ruangan sepi. Diblok lain Rafiq bersama bibinya sudah tertidur pulas setelah main sendiri seharian tanpa ayah dan ibunya. Dan ini adalah hal pertama baginya. Mertua saya pergi ke Airport menjemput ibu Mertua. Tinggal saya dan Istri. Wajah istri mulai pucat sudah lebih dari 20 jam proses bukaan 3 sampai 7 dan terkunci disini. Bidan mengabarkan; “Pa. jika bapa tetap tidak mau induksi. Sebaiknya dibawa lagi ke kamar inap”. Saya hanya mengangguk lemas, namun didada saya masih membara sebuah keyakinan bahwa Allah menciptakan sesuatu dengan perencanaan dan jalan-jalan. Jangankan janin manusia, anai-anai dan semut kecil saja sudah Allah atur hidup dan matinya. Milyaran bakteri Allah atur hidup matinya dalam hitungan jam, apalagi manusia. Suster sibuk diruang sebelah, dan saya melepaskan genggaman tangan istri dan meletakannya di perut. Mulai melakukan upaya terakhir, sebelum istri dibawa kembali ke ruang rawat inap. PROSES RUQYAH 2. Pertama saya memberitahu dan mengajak istri untuk menghentikan proses dzikir. Karena selama proses menunggu bukaan berikutnya, saya sarankan istri untuk beberapa kalimah yang agung, diantaranya; berdzikir “Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntum minadzolimiin”, karena itu yang diucapkan Nabi yunus saat ada dalam puncak kesulitan diperut ikan. Juga dzikir “Ya Hayyu Ya Qayyum” karena itu hal yang diucapkan Nabi sholallahu alaiyhi wa sallam saat ia ada dalam kondisi genting. Selanjutnya, karena masih punya wudhu, saya langsung memulainya dengan Ta’awudz, Basmallah dan surah al Fatihah dengan suara lirih dan kemudian semakin menguat. Posisi bibir sangat dekat dengan Rahim istri. Seperti ruqyah biasa saya mulai dengan Al Fatihah, Al Baqarah (1-4, 163-164, 255-257, 284-286) dan saya mengulang-ngulang secara menyeluruh tiap ayatnya sebanyak 3 sampai 7 kali, dan mengulangnya lebih banyak pada surah al Baqarah ayat 257. Kemudian dilanjut surah Al Imrah ayat 18-19 dan pada ulangan yang ke3 atau 4 saya mendengar istri berbisik lirih. “Bi. Ada sesuatu yang mengalir keluar”, katanya. Dan saya mengecek ternyata ada cairan, lendir dan bercampur darah mengalir. Saya memberitahu suster yang ada diluar da nada dua suster yang masuk mengecek dan positive ketuban pecah. Allahuakbar! Kedua suster itu pun segera membenahi ruangan dan peralatan yang disiapkan. Saya mengabari ayah ibu mertua dan juga ayah ibu kandung, memohon do’a mereka agar dimudahkan. 18 April 16, 08.50 PM Ketuban pecah dan Bukaan 8. 18 April 16, 09.40 PM Bukaan 9. 18 April 16, 10.10 PM, Dokter datang dan kepala bayi sudah meraksuk keluar. Dokter sigap menangani proses lahiran dan jam 10.15 malam itu Salman Al Farisi, putra kedua kami terlahir dengan sempurna. Berat 3.04 kg dan panjang 50cm. Saya memuji Allah subhanahu wa ta’ala dan membacakan ucapan selamat datang kepada putra kedua dengan lantunan Syahadatain ditelinganya dan kemudian mentahniknya. Sesaat setelah lahiran, dan bayi mulai di observasi. Seorang suster yang baik hati, yang mengurusi proses terakhir lahiran itu berkata kepada Istri; “Bu. Disamping sedang operasi Caesar, padahal ia masuk bareng ibu dan saat itu ia juga disaranin induksi namun gagal”. Banyak sekali proses Induksi dan Caesar yang tidak wajar terjadi, tidak semua kesalahan terjadi pada praktisi medis karena mereka hanyalah instrument dari dunia farmasi dan industri rumahsakit. Kesalahan terbesar adalah pada sistem yang jahat dan kelemahan iman yang membuat ketawakalan seseorang berkurang, terlindas dunia dan orang-orang materialist. 19 April 16, 05PM, Dokter mengizinkan pulang. Seharian dikamar inap, saya dan istri mendengar rintihan pasien sebelah yang tidak henti-hentinya. Beliau di Caesar 2 hari kemarin dan hari pertama memang tidak ada tanda-tanda penderitaan, namun hari kedua saya menyaksikan derita wanita-wanita yang dioperasi. Rasa panas bekas sayatan dan jahitan, juga sakit yang menjalar dipunggung dan kepala. Selama masih ada tawakal yang tersisa, maka jangan sekali-kali serahkan istri anda untuk di Caesar. Tindakan ini hanya boleh diambil saat tidak ada pilihan, atau dalam kondisi khusus. Jangan cepat menelan mentah-mentah apa yang diprediksi dokter pengobatan dokter adalah dugaan manusia sementara Al Qur’an adalah wahyu yang pasti. Wallahu ta’ala alam.