SITE STATUS
Jumlah Member :
493.602 member
user online :
831 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: sebab anak usis 22 bulan tak mau bicara

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
anak saya 17 bulan rencana mau saya sapih usia 2 tahunn tapi gimana ya cara nyapih biar anak gx demam.. skrng klo mau ngurangin Asi dia suka demam
   


13-10-2016 08:05:45 hamil jarak dekat pasca sc
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
aq juga jarak deket nih...anak pertama 22 bulan...ini lg hamil 1 bulan...sedih banget kakanya baru disapih šŸ˜¢šŸ˜¢šŸ˜¢
   
13-01-2014 15:20:22 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

Saya memiliki anak usia 2 bulan, saya mau tanya bun, ciri2 popok yang aman dan nyaman untuk si kecil yang seperti apa dan bagaimana ya bun? karena baru2 ini anak saya agak jadi sering rewel ya semenjak di ganti merk popoknya..?

   


Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
knp ya akhir,akhir ini anak saya 18 bulan gak mau makan dan mnum susu?? pdhl sblm sblmnya gampang banget makan dan mnum susunya..share donk..klo ada yg mirip dngn mslh ini..
   
03-02-2009 15:52:21 Lomba Bayi dan Lomba Foto
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
sama dengan yg lain nih.. saya punya anak umur 8 bulan ... saya mau ikut lomba foto balita.. di mana ya saya minta info nya dong yg di jakarta ya... kalo bisa kirim foto nya lewat email aja... ok tq ya saya tunggu lo info nya....   oocha@ymail.com     tq ya
   


18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
So long long articcle ya,bund?Poin pentingnya disini :) 20 Mitos Kampanye Hitam Anti ImunisasiDr. Widodo Judarwanto Sp.A Imunisasi adalah investasi terbesar bagi anak di masa depan. Imunisasi adalah hak anak yang tidak bisa ditunda dan diabaikan sedikitpun. Imunisasi sudah terbukti manfaat dan efektivitasnya dan teruji keamanannya secara ilmiah dengan berdasarkan kejadian berbasis bukti. Tetapi masih banyak saja orangtua dan kelompok orang yang menyangsikannya. Setiap tahun ada sekitar 2,4 juta anak usia kurang dari 5 tahun di dunia yang meninggal karena penyakit-penyakit yang dapat dicegah oleh vaksinasi. Di Indonesia, sekitar 7 persen anak belum mendapatkan vaksinasi. Salah satu masalah utama yang menghambat keberhasilan program imunisasi adalah penyebaran informasi yang tidak benar dan menyesatkan tentang imunisasi. Hal itu adalah wajar terjadi karena demikian banyak informasi yang beredar yang tidak berdasarkan pemikiran dan dasar ilmiah meski dilakukan oleh seorang dokter. Hambatan lain adalah munculnya kelompok-kelompok antivaksinasi yang menyebabkan kampanye hitam dengan membawa faktor agama dan budaya. Biasanya, kelompok tertentu yang menyebarkan kampanye hitam imunisasi demi kepentingan pribadi khususnya dalam kepentingan bisnis terselubung yang mereka lakukan. Sebagian kelompok ini adalah yang berdiri dibelakang oknum pelaku naturopathy, food combining, homeopathy atau bisnis terapi herbal. Inilah 20 Mitos Tidak benar Yang Disebarkan Kampanye Hitam Anti Imunisasi : 1. Imunisasi tidak aman.Tidak Benar. Saat ini 194 negara terus melakukan vaksinasi untuk bayi dan balita. Badan resmi yang meneliti dan mengawasi vaksin di negara tersebut umumnya terdiri atas para dokter ahli penyakit infeksi, imunologi, mikrobiologi, farmakologi, epidemiologi, dan biostatistika. Sampai saat ini tidak ada negara yang melarang vaksinasi, justru semua negara berusaha meningkatkan cakupan imunisasi lebih dari 90% . 2. Terdapat "ilmuwan" menyatakan bahwa imunisasi berbahaya.Tidak benar imunisasi berbahaya. "Ilmuwan" yang sering dikutip di buku, tabloid, milis ternyata bukan ahli vaksin, melainkan ahli statistik, psikolog, homeopati, bakteriologi, sarjana hukum, wartawan. sehingga mereka tidak mengerti betul tentang vaksin. Sebagian besar mereka bekerja pada era tahun 1950- 1960, sehingga sumber datanya juga sangat kuno. 3. "Ilmuwan kuno" yang sering dikutip informasi di media masa atau media elektronik lainnya adalah ahli vaksin.Tidak benar. Mereka semua bukan ahli vaksin. Contoh : Dr Bernard Greenberg (biostatistika tahun 1950), DR. Bernard Rimland (Psikolog), Dr. William Hay (kolumnis), Dr. Richard Moskowitz (homeopatik), dr. Harris Coulter, PhD (penulis buku homeopatik, kanker), Neil Z. Miller, (psikolog, jurnalis), WB Clark (awal tahun 1950), Bernice Eddy (Bakteriologis tahun 1954), Robert F. Kenedy Jr (sarjana hukum) Dr. WB Clarke (ahli kanker, 1950an), Dr. Bernard Greenberg (1957-1959), Dr. William Hay, penulis buku "Immunisation: The Reality behind the Myth"(penggagas food combioning). Neil Z. Miller sering disebut sebagai peneliti vaksin internasional ternyata adalah medical research journalist dan natural health advocate. 4. Dokter Wakefield adalah "ahli vaksin", membuktikan MMR menyebabkan autisme.Tidak benar. Wakefield juga bukan ahli vaksin, dia dokter spesialis bedah. Penelitian Wakefield tahun 1998 hanya dengan sample 18. Banyak penelitian lain oleh ahli vaksin di beberapa negara menyimpulkan MMR tidak terbukti mengakibatkan autis. Setelah diaudit oleh tim ahli penelitian, terbukti bahwa Wakefield memalsukan data, sehingga kesimpulannya salah. Hal ini telah diumumkan di majalah resmi kedokteran Inggris British Medical Journal Februari 2011. 5. Imunisasi sebabkan autisme.Tidak benar. Beberapa institusi atau badan dunia di bidang kesehatan yang independen dan sudah diakui kredibilitasnya juga melakukan kajian ilmiah dan penelitian tentang tidak adanya hubungan imunisasi dan autisme. Dari hasil kajian tersebut, dikeluarkan rekomendasi untuk tenaga profesional untuk tetap menggunakan imunisasi MMR dan thimerosal karena tidak terbukti mengakibatkan Autisme. The All Party Parliamentary Group on Primary Care and Public Health pada bulan Agustus 2000, menegaskan bahwa MMR aman. Dengan memperhatikan hubungan yang tidak terbukti antara beberapa kondisi seperti inflammatory bowel disease (gangguan pencernaan) dan autisme adalah tidak berdasar. WHO (World Health Organisation), pada bulan Januari 2001 menyatakan mendukung sepenuhnya penggunaan imunisasi MMR dengan didasarkan kajian tentang keamanan dan efikasinya. Beberapa institusi dan organisasi kesehatan bergengsi di Inggris pada Januari 2001 setelah mengadakan pertemuan dengan pemerintahan Inggris mengeluarkan pernyataan bersama yaitu MMR adalah vaksin yang sangat efektif dengan laporan keamanan yang sangat baik. The American Academy of Pediatrics (AAP), organisasi profesi dokter anak di Amerika Serikat pada tanggal 12 - 13 Juni 2000 mengadakan konferensi dengan topik "New Challenges in Childhood Immunizations" di Oak Brook, Illinois Amerika Serikat yang dihadiri para orang tua penderita autisme, pakar imunisasi kesehatan anak dan para peneliti. Pertemuan tersebut merekomendasikan bahwa tidak terdapat hubungan antara MMR dan autisme. Menyatakan bahwa pemberian imunisasi secara terpisah tidak lebih baik dibandingkan MMR, malahan terjadi keterlambatan imunisasi MMR. Selanjutnya akan dilakukan penelitian lebih jauh tentang penyebab autisme. 6. Thimerosal dalam kandungan autism sebagai penyebab autisme. Tidak benar. Penelitian yang mengungkapkan bahwa thimerosal tidak mengakibatkan Autis dilakukan oleh berbagai penelitian di antaranya dilakukan oleh Kreesten M. Madsen dkk dari berbagai intitusi di Denmark. Mereka mengadakan penelitian bersama terhadap anak usia 2 hingga 10 tahun sejak tahun 1970 hingga tahun 2000. Mengamati 956 anak sejak tahun 1971 hingga 2.000 anak dengan autis. Sejak thimerosal digunakan hingga tahun 1990 tidak didapatkan kenaikkan penderita auitis secara bermakna. Kemudian sejak tahun 1991 hingga tahun 2000 bersamaan dengan tidak digunakannya thimerosal pada vaksin ternyata jumlah penderita autis malah meningkat drastis. Kesimpulan penelitian tersebut adalah tidak ada hubungan antara pemberian thimerosal dengan autis. Demikian juga Stehr-Green P dkk, Department of Epidemiology, School of Public Health and Community Medicine, University of Washington, Seattle, WA, bulan Agustus 2003 melaporkan antara tahun 1980 hingga 1990 membandingkan prevalensi dan insiden penderita autisme di California, Swedia, dan Denmark yang mendapatkan ekposur dengan imunisasi thimerosal. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa insiden pemberian thimerosal pada autisme tidak menunjukkan hubungan yang bermakna. Geier DA dalam Jurnal Americans Physicians Surgery tahun 2003, menungkapkan bahwa thimerosal tidak terbukti mengakibatkan gangguan neurodevelopment (gangguan perkembangan karena persarafan) dan penyakit jantung. Melalui forum National Academic Press tahun 2001, Stratton K dkk melaporkan tentang keamanan thimerosal pada vaksin dan tidak berpengaruh terhadap gangguan gangguan neurodevelopment (gangguan perkembangan karena persarafan). Sedangkan Hviid A dkk dalam laporan di majalah JAMA 2004 mengungkapkan penelitian terhadap 2.986.654 anak per tahun didapatkan 440 kasus autis. Dilakukan pengamatan pada kelompok anak yang menerima thimerosal dan tidak menerima thimerosal. Ternyata tidak didapatkan perbedaan bermakna. Disimpulkan bahwa pemberian thimerosal tidak berhubungan dengan terjadinya autis. Menurut penelitian Eto, menunjukkan manifestasi klinis autis sangat berbeda dengan keracunan merkuri. Sedangkan Aschner, dalam penelitiannya menyimpulkan tidak terdapat peningkatan kadar merkuri dalam rambut, urin dan darah anak Autis. Pichichero melakukan penelitian terhadap 40 bayi usia 2-6 bulan yang diberi vaksin yang mengandung thimerosal dan dibandingkan pada kelompok kontrol tanpa diberi thimerosal. Setelah itu dilakukan evaluasi kadar thimerosal dalam tinja dan darah bayi tersebut. Ternyata thimerosal tidak meningkatkan kadar merkuri dalam darah, karena etilmerkuri akan cepat dieliminasi dari darah melalui tinja. Selain itu masih banyak lagi peneliti melaporkan hasil yang sama, yaitu thimerosal tidak mengakibatkan autisme. 7. Semua vaksin terdapat zat-zat berbahaya yang dapat merusak otak ?Tidak benar. Isu itu karena "ilmuwan" tersebut di atas tidak mengerti isi vaksin, manfaat, dan batas keamanan zat-zat di dalam vaksin. Contoh: jumlah total etil merkuri yang masuk ke tubuh bayi melalui vaksin sekitar 2 mcg/kgbb/minggu, sedangkan batas aman menurut WHO adalah jauh lebih banyak (159 mcg/kgbb/minggu). Oleh karena itu vaksin mengandung merkuri dengan dosis yang sangat rendah dan dinyatakan aman oleh WHO dan badan-badan pengawasan lainnya. 8. Vaksin terbuat dari nanah, dibiakkan di janin anjing, babi, manusia yang sengaja digugurkan?Tidak benar. Isu itu bersumber dari "ilmuwan" 50 tahun lalu (tahun 1961-1962). Pengetahuan imunologi, biomolekuilar vaksin dan tknologi pembuatan vaksin berkembang sangat pesat. Sekarang tidak ada vaksin yang terbuat dari nanah atau dibiakkan embrio anjing, babi, atau manusia. Metode baru dan teknologi paling modern dari manipulasi biomolekuler telah diyakini teknologi vaksin baru sekarang memasuki "zaman keemasan." Perbaikan vaksin sangat mungkin dilakukan di masa depan untuk mendapatkan keamanan dan efektifitas vaksin lebih hebat lagi 9. Imunisasi tak masuk akal bermanfaat.Tidak benar. Pendapat yang menyesatkan yang tidak berdasarkan kajian ilmiah dan penelitian ilmiah dikeluarkan oleh Dr. William Hay seorang dokter yang bergerak di bidang food combining, dalam buku "Immunisation: The Reality behind the Myth""Tak masuk akal memikirkan bahwa Anda bisa menyuntikkan nanah ke dalam tubuh anak kecil dan dengan proses tertentu akan meningkatkan kesehatan. Tubuh punya cara pertahanan tersendiri yang tergantung pada vitalitas saat itu. Jika dalam kondisi fit, tubuh akan mampu melawan semua infeksi, dan jika kondisinya sedang menurun, tidak akan mampu. Dan Anda tidak dapat mengubah kebugaran tubuh menjadi lebih baik dengan memasukkan racun apapun juga ke dalamnya." Padahal sampai saat ini 194 negara di seluruh dunia yakin bahwa imunisasi aman dan bermanfaat mencegah wabah, sakit berat, cacat, dan kematian pada bayi dan balita. Terbukti 194 negara tersebut terus menerus melaksanakan program imunisasi, termasuk negara dengan sosial ekonomi tinggi dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan cakupan umumnya lebih dari 85 %. Ribuan penelitian tentang efikasi dan manfaat vaksi secara biomolekular dan secara statistik bermanfaat secara bermakna. 10. Vaksin mengandung lemak babi ?Tidak benar. Hanya sebagian kecil dari vaksin yang pernah bersinggungan dengan tripsin pada proses pengembangan maupun pembuatannya seperti vaksin polio injeksi (IPV) dan meningitis. Pada vaksin meningitis, pada proses penyemaian induk bibit vaksin tertentu 15 ? 20 tahun lalu, ketika panen bibit vaksin tersebut bersinggungan dengan tripsin pankreas babi untuk melepaskan induk vaksin dari persemaiannya. Tetapi kemudian induk bibit vaksin tersebut dicuci dan dibersihkan total, sehingga pada vaksin yang disuntikkan tidak mengandung tripsin babi. Atas dasar itu maka Majelis Ulama Indonesia berpendapat vaksin itu boleh dipakai, selama belum ada penggantinya. Contohnya vaksin meningokokus (meningitis) haji diwajibkan oleh Saudi Arabia bagi semua jemaah haji untuk mencegah radang otak karena meningokokus. 11. Vaksin yang dipakai di Indonesia buatan Amerika ?Tidak benar. Vaksin yang digunakan oleh program imunisasi di Indonesia adalah buatan PT Bio Farma Bandung, yang merupakan BUMN, dengan 98,6% karyawannya adalah Muslim. Proses penelitian dan pembuatannya mendapat pengawasan ketat dari ahli-ahli vaksin di BPOM dan WHO. Vaksin-vaksin tersebut juga diekspor ke 120 negara, termasuk 36 negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, seperti Iran dan Mesir. Vaksin yang digunakan oleh program imunisasi di Indonesia adalah buatan PT Biofarma Bandung. Vaksin-vaksin tersebut dibeli dan dipakai oleh 120 negara, termasuk 36 negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam 12. Program imunisasi hanya di negara Muslim dan miskin agar menjadi bangsa yang lemah?Tidak benar. Imunisasi saat ini dilakukan di 194 negara, termasuk negara-negara maju dengan status sosial ekonomi tinggi, dan negara-negara non-Muslim. Kalau imunisasi bisa melemahkan bangsa, maka mereka juga akan lemah, karena mereka juga melakukan program imunisasi, bahkan lebih dulu dengan jenis vaksin lebih banyak. Kenyataanya : bangsa dengan cakupan imunisasi lebih tinggi justru lebih kuat. Jadi terbukti bahwa imunisasi justru memperkuat kekebalan terhadap penyakit infeksi, bukan melemahkan. 13. Di Amerika banyak kematian bayi akibat vaksin ?Tidak benar. Isu itu karena penulis tidak faham data Vaccine Adverse Event Reporting System (VAERS) FDA Amerika tahun 1991-1994, yang mencatat 38.787 laporan kejadian ikutan pasca imunisasi, oleh penulis angka tersebut ditafsirkan sebagai angka kematian bayi 1 - 3 bulan. Kalau memang benar angka kematian begitu tinggi tentu FDA AS akan heboh dan menghentikan vaksinasi. Faktanya Amerika tidak pernah meghentikan vaksinasi bahkan mempertahankan cakupan semua imunisasi di atas 90 %. Angka tersebut adalah semua keluhan nyeri, gatal, merah, bengkak di bekas suntikan, demam, pusing, muntah yang memang rutin harus dicatat kalau ada laporan masuk. Kalau ada 38.787 laporan dari 4,5 juta bayi berarti KIPI hanya 0,9 %. 14. Banyak bayi balita meninggal pada imunisasi masal campak di Indonesia ?Tidak benar. Setiap laporan kecurigaan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) selalu dikaji oleh Komnas/Komda KIPI yang terdiri dari pakar-pakar penyakit infeksi, imunisasi, imunologi. Setelah dianalisis dari keterangan keluarga, dokter yang merawat di rumah sakit, hasil pemeriksaan fisik, dan laboratorium, ternyata balita tersebut meninggal karena radang otak, bukan karena vaksin campak. Pada bulan itu ada beberapa balita yang tidak imunisasi campak juga menderita radang otak. Berarti kematian balita tersebut bukan karena imunisasi campak, tetapi karena radang otak. 15. Demam, bengkak, merah setelah imunisasi adalah bukti vaksin berbahaya?Tidak benar. Demam, merah, bengkak, gatal di bekas suntikan adalah reaksi wajar setelah vaksin masuk ke dalam tubuh. Seperti rasa pedas dan berkeringat setelah makan sambal adalah reaksi normal tubuh kita. Umumnya keluhan tersebut akan hilang dalam beberapa hari. Boleh diberi obat penurun panas, dikompres. Bila perlu bisa konsul ke petugas kesehatan terdekat. 16. Program imunisasi gagal?Tidak benar. Isu-isu tersebut bersumber dari data yang sangat kuno (50-150 tahun lalu) hanya dari 1 - 2 negara saja, sehingga hasilnya sangat berbeda dengan hasil penelitian terbaru, karena vaksinnya sangat berbeda. Isu vaksin cacar variola gagal, berdasarkan data yang sangat kuno, di Inggris tahun 1867 - 1880 dan Jepang tahun 1872-1892. Fakta terbaru sangat berbeda, bahwa dengan imunisasi cacar di seluruh dunia sejak tahun 1980 dunia bebas cacar variola. Isu vaksin difteri gagal, berdasarkan data di Jerman tahun 1939. Fakta sekarang: vaksin difteri dipakai di seluruh dunia dan mampu menurunkan kasus difteri hingga 95 %. Isu pertusis gagal hanya dari data di Kansas dan Nova Scottia tahun 1986. Isu vaksin campak berbahaya hanya berdasar penelitian 1989-1991 pada anak miskin berkulit hitam di Meksiko, Haiti dan Afrika. 17. Program imunisasi gagal, karena setelah diimunisasi bayi balita masih bisa tertular penyakit tersebut ?Tidak benar. Program imunisasi di seluruh dunia tidak pernah gagal. Perlindungan vaksin memang tidak 100%. Bayi dan balita yang telah diimunisasi masih bisa tertular penyakit, tetapi jauh lebih ringan dan tidak berbahaya. Banyak penelitian imunologi dan epidemiologi di berbagai membuktikan bahwa bayi balita yang tidak diimunisasi lengkap tidak mempunyai kekebalan spesifik terhadap penyakit-penyakit berbahaya. Mereka mudah tertular penyakit tersebut, akan menderita sakit berat, menularkan ke anak-anak lain, menyebar luas, terjadi wabah, menyebabkan banyak kematian dan cacat. 18. Vaksin berbahaya, tidak effektif, tidak dilakukan di negara maju ?Tidak benar. Karena di Indonesia ada orang-orang yang tidak mengerti tentang vaksin dan imunisasi, hanya mengutip dari "ilmuwan" tahun 1950 -1960 yang ternyata bukan ahli vaksin, atau berdasar data-data 30 - 40 tahun lalu (1970 - 1980an) atau hanya dari 1 sumber yang tidak kuat. Atau dia mengutip Wakefield spesialis bedah, bukan ahli vaksin, yang penelitiannya dibantah oleh banyak tim peneliti lain, dan oleh majalah resmi kedokteran Inggris British Medical Journal Februari 2011 penelitian Wakefield dinyatakan salah atau bohong. Ia hanya berdasar kepada 1 - 2 laporan kasus yang tidak diteliti lebih lanjut secara ilmiah, hanya berdasar logika biasa. Badan penelitian di berbagai negara membuktikan bahwa dengan meningkatkan cakupan imunisasi, maka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berkurang secara bermakna. Oleh karena itu, saat ini program imunisasi dilakukan terus menerus di 194 negara, termasuk negara dengan sosial ekonomi tinggi dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. 19. ASI, gizi, dan suplemen herbal sudah cukup menggantikan imunisasi .Tidak ada satupun badan penelitian di dunia yang menyatakan bisa, karena kekebalan yang dibentuk sangatlah berbeda. ASI, gizi, suplemen herbal, kebersihan, hanya memperkuat pertahanan tubuh secara umum, karena tidak membentuk kekebalan spesifik terhadap kuman tertentu. Kalau jumlah kuman banyak dan ganas, perlindungan umum tidak mampu melindungi bayi, sehingga masih bisa sakit berat, cacat atau bahkan mati. Imunisasi merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan seluler yang spesifik terhadap kuman-kuman atau racun kuman tertentu, sehingga bekerja lebih cepat, efektif, dan efisien untuk mencegah penularan penyakit yang berbahaya. Selain diberi imunisasi, bayi harus diberi ASI eksklusif, makanan pendamping ASI dengan gizi lengkap dan seimbang, kebersihan badan, makanan, minuman, pakaian, mainan, dan lingkungan. Suplemen diberikan sesuai kebutuhan individual yang bervariasi. Selain itu bayi harus diberikan kasih sayang dan stimulasi bermain untuk mengembangkan kecerdasan, kreatifitas dan perilaku yang baik. 20. Imunisasi dan Konspirasi Zionisme di dalamnya.Tidak benar. Jika dirunut sejarah vaksin modern yang dilakukan oleh Flexner Brothers, dapat ditemukan bahwa kegiatan mereka dalam penelitian tentang vaksinasi pada manusia didanai oleh Keluarga Rockefeller. Di dunia internasional banyak yayasan sosial yang mendanai penelitian ilmiah tentang vaksin dan masalah kesehatan masyarakat lainnya. Memang Rockefeller sendiri adalah salah satu keluarga Yahudi yang paling berpengaruh di dunia tetapi sebenarnya mereka adalah pendiri WHO dan lembaga strategis lainnya (The UN's WHO was established by the Rockefeller family's foundation in 1948 - the year after the same Rockefeller cohort established the CIA. Two years later the Rockefeller Foundation established the U.S. Government's National Science Foundation, the National Institute of Health (NIH), and earlier, the nation's Public Health Service (PHS). Yayasan Rockefeller yang berdiri sejak tahun 1913 dan kredibilitasnya telah diakui dunia kesehatan Internasional yang berupaya meningkatkan kesehatan global dengan bekerja untuk mengubah sistem kesehatan sehingga lebih mudah diakses dan terjangkau masyarakat tidak mampu. Yayasan kesehatan dunia ini juga menghubungkan jaringan surveilans penyakit global untuk membantu mereka yang berjuang meminimalkan penyebaran penyakit menular yang dapat menyebabkan pandemi. Yayasan ini juga meningkatkan monitoring, deteksi dan respon terhadap penyakit menular seperti Ebola, SARS, dan flu burung untuk mencegah pandemi. Memperluas penggunaan teknologi untuk meningkatkan perawatan kesehatan. Melibatkan sektor swasta untuk bekerja dengan sektor publik dalam mengembangkan praktik dan kebijakan untuk menyediakan dan mendanai pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Sikap orang tua dalam menghadapi kampanye hitam * Bila mendengar dan mengetahui kontroversi tersebut, maka pasti akan membingungkan masyarakat awam. Hal ini terjadi karena yang memberikan informasi yang tidak benar tersebut adalah para ahli kedokteran tetapi yang tidak berkompeten sesuai keahliannya. Untuk menyikapinya kita harus cermat dan teliti dan berpikiran lebih jernih. Kalau mengamati beberapa penelitian yang mendukung adanya berbagai kejadian berhubungan dengan imunisasi, mungkin benar sebagai pemicu atau sebagai co-accident atau kebetulan. * Penelitian yang menunjukkan hubungan keterkaitan imunisasi dan berbagai hal yang tidak benar hanya dilihat dalam satu kelompok kecil (populasi). Secara statistik hal ini hanya menunjukkan hubungan, tidak menunjukkan sebab akibat. Kita juga tidak boleh langsung terpengaruh pada laporan satu atau beberapa kasus, misalnya bila orang tua anak autism berpendapat bahwa anaknya timbul gejala autism setelah imunisasi. Kesimpulan tersebut tidak bisa digeneralisasikan terhadap anak sehat secara umum (populasi lebih luas). Kalau itu terjadi bisa saja kita juga terpengaruh oleh beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita autism juga juga akan dihindari oleh anak sehat lainnya. Jadi logika tersebut harus dicermati dan dimengerti. * Menanggapi tantangan tersebut, Prof Sri Rezeki Hadinegoro, Ketua Pelaksana Konferensi Vaksin Se-Asia 3 mengatakan, pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melakukan pendekatan kepada ulama dan masyarakat untuk memberikan pemahaman yang benar. "Kami tidak melawan pemahaman kelompok antivaksin, tetapi jangan memutarbalikkan fakta pada masyarakat," kata Sri dalam acara jumpa pers pelaksanaan Konferensi Vaksinasi Asia Ke-3 di Jakarta, Kamis (28/7/2011). * Ketua Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menambahkan, masyarakat seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dan kehalalan vaksin yang beredar. "Pemerintah menjamin semua vaksin yang beredar sesuai kaidah-kaidah yang berlaku. Pada kasus kontroversi vaksin meningitis untuk jemaah haji, kami mengikuti saran MUI," katanya. * Persoalan black campaign dari vaksin ternyata juga ditemui di negara-negara lain, misalnya di Filipina. Menurut Enrique Tayag, President of Philliphine Foundation for Vaccination, kelompok antivaksin juga menjadi tantangan. "Bagaimanapun masyarakat harus diingatkan manfaat vaksin untuk kesehatan anak jauh lebih besar daripada efek samping yang ditakutkan," katanya dalam kesempatan yang sama. Hambatan lain adalah munculnya kelompok-kelompok antivaksinasi yang menyebabkan kampanye hitam dengan membawa faktor agama dan budaya. Biasanya kelompok tertentu yang menyebarkan kampanye hitam imunisasi demi kepentingan pribadi khususnya dalam kepentingan bisnis terselubung yang mereka lakukan. Sebagian kelompok ini adalah yang dilakukan oleh oknum pelaku naturopathy, homeopathy, food combining, atau bisnis terapi herbal. Sebagian dari kelompok ini juga dilakukan oleh dokter bahkan beberapa profesor. Tetapi semuanya bukan berasal dari ahli medis, dokter atau profesior yang berkompeten di bidangnya seperti ahli kesehatan anak, ahli vaksin, ahli imunologi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak juga dokter atau profesor yang bergerak di bidang bisnis terapi alternatif atau non medis. Meski sebenarnya ilmu dan aliran terapi alternatif tersebut pada umumnya sangat baik, tetapi sayangnya sebagian kecil di antara mereka demi keberhasilan bisnis mereka mengorbankan kepentingan anak di dunia dengan menyebarkan informasi tidak benar dan menyesatkan.   Benarkah imunisasi lumpuhkan generasi?Dr Piprim B Yanuarso SpA (K)Konsultan Kardiologi Anak Bagian Anak FKUI/RSCM JakartaPengurus PP IDAI, JakartaPencinta anak-anak dan ibunya anak-anak.  Pendahuluan Akhir-akhir ini kita sering mendengar atau melihat seminar dengan judul yang membuat mata seorang dokter terbelalak. "Imunisasi lumpuhkan generasi" atau "Wahai para orangtua bekali dirimu dengan pengetahuan tentang bahaya imunisasi". Sebagai seorang dokter saya lalu merenung, bila benar apa yang mereka serukan itu, betapa besar dosa saya sebagai dokter anak yang sering mengimunisasi bayi dan anak yang datang ke tempat praktek. Betapa jahatnya saya sebagai manusia karena telah mengimunisasi begitu banyak bayi dan anak selama ini, bahkan sejak saya masih sebagai dokter umum di puskesmas dahulu. Lalu saya merenung dan mencoba meneliti kembali permasalahan ini. Siapa sebenarnya yang salah dan siapa yang benar? Dalam kontroversi yang memuat perbedaan 180 derajat ini, tidak mungkin kedua-duanya salah atau benar. Pasti salah satu benar dan yang lain salah. Dan saya khawatir bila selama ini sayalah yang bersalah itu. Saya sungguh khawatir jangan-jangan saya telah melumpuhkan begitu banyak generasi muda. Jangan-jangan saya telah melakukan dosa kemanusiaan yang sangat besar. Galau habis-habisan.Rasa galau itu membuat saya membuka-buka literatur dan data yang ada tentang permasalahan imunisasi. Saya mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi dengan seruan yang menentang keras imunisasi. Suatu pernyataan yang sangat bertolak belakang dengan yang selama ini saya pelajari bahwa imunisasi itu suatu tindakan preventif yang amat bermanfaat buat kemanusiaan. Di lain pihak kegalauan saya juga semakin menjadi bila mengingat andai seruan tersebut kemudian menyebar ke masyarakat luas lalu apa yang akan terjadi dengan bayi-bayi mungil tak berdosa itu di kemudian hari? Mungkinkah penyakit-penyakit berat yang dapat dicegah dengan imunisasi akan bangkit kembali dari kuburnya gara-gara seruan itu? Masalah ini justru menimbulkan kegalauan lebih dalam bagi saya. Apakah sebenarnya imunisasi itu? Sebelum melangkah lebih jauh mari kita bahas sekilas apakah yang dimaksud dengan imunisasi. Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak terpajan pada penyakit tersebut ia tidak menjadi sakit. Kekebalan yang diperoleh dari imunisasi dapat berupa kekebalan pasif maupun aktif. Imunisasi yang diberikan untuk memperoleh kekebalan pasif disebut imunisasi pasif, dengan cara memberikan antibodi atau faktor kekebalan kepada seseorang yang membutuhkan. Contohnya adalah pemberian imunoglobulin spesifik untuk penyakit tertentu, misalnya imunoglobulin antitetanus untuk penyakit tetanus. Contoh lain adalah kekebalan pasif alamiah antibodi yang diperoleh janin dari ibu. Kekebalan jenis ini tidak berlangsung lama karena akan dimetabolisme oleh tubuh. Kekebalan aktif dibuat oleh tubuh sendiri akibat terpajan pada antigen secara alamiah atau melalui imunisasi. Imunisasi yang diberikan untuk memperoleh kekebalan aktif disebut imunisasi aktif dengan memberikan zat bioaktif yang disebut vaksin, dan tindakan itu disebut vaksinasi. Kekebalan yang diperoleh dari vaksinasi berlangsung lebih lama dari kekebalan pasif karena adanya memori imunologis, walaupun tidak sebaik kekebalan aktif yang terjadi karena infeksi alamiah. Untuk memperoleh kekebalan aktif dan memori imunologis yang efektif maka vaksinasi harus mengikuti cara pemakaian dan jadwal yang telah ditentukan melalui bukti uji klinis yang telah dilakukan. Tujuan imunisasi adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang dan menghilangkan penyakit tersebut pada sekelompok masyarakat (populasi), atau bahkan menghilangkannya dari dunia seperti kita lihat pada keberhasilan imunisasi cacar variola. Keadaan terakhir ini lebih mungkin terjadi pada jenis penyakit yang hanya dapat ditularkan melalui manusia, seperti penyakit difteri dan poliomielitis. Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian dan kecacatan seumur hidup dan akan menjadi beban bagi masyarakat di kemudian hari. Sampai saat ini terdapat 19 jenis vaksin untuk melindungi 23 PD3I di seluruh dunia dan masih banyak lagi vaksin yang sedang dalam penelitian. Adakah bukti bahwa imunisasi bermanfaat ? Pertanyaan selanjutnya yang perlu dijawab adalah adakah manfaat imunisasi? Ataukah imunisasi hanya bikin mudhorot (keburukan) buat kemanusiaan? Untuk menjawab pertanyaan ini saya kemudian menelaah berbagai data status kesehatan masyarakat sebelum dan sesudah ditemukannya imunisasi di berbagai negara. Namun saya ingin menampilkan data dari negara maju seperti Amerika Serikat, karena kelompok antiimunisasi selalu menuduh bahwa imunisasi adalah sebuah proyek konspirasi dari negara ini untuk melumpuhkan generasi muda di seluruh dunia.Sebelum adanya vaksin polio, terdapat 13.000 - 20.000 (16.316) kasus lumpuh layuh akut akibat polio dilaporkan setiap tahun di AS meninggalkan ribuan korban penderita cacat karena polio yang mesti menggunakan tongkat penyangga atau kursi roda. Saat ini AS dinyatakan bebas kasus polio. Angka penurunan mencapai 100%.Sebelum adanya imunisasi campak, 503.282 kasus campak terjadi setiap tahun dan 20% di antaranya dirawat dengan jumlah kematian mencapai 450 orang pertahun akibat pneumonia campak. Setelah ada imunisasi campak kasus menurun hingga 55 kasus pertahun pada tahun 2006. Angka penurunan 99.9%.Sebelum ditemukan imunisasi difteri terjadi 175.885 kasus difteri per tahun dengan angka kematian mencapai 15.520 kasus. Setelah imunisasi ditemukan tahun 2001 jumlahnya menurun menjadi 2 kasus dan tahun 2006 tidak ada lagi laporan kasus difteri. Angka penurunan mencapai 100%Sebelum tahun 1940an terdapat 150.000-260.000 kasus pertussis setiap tahun dengan angka kematian mencapai 9000 kasus setahun. Setelah imunisasi pertussis ditemukan angka kematian menurun menjadi 30 kasus setahun. Namun dengan seruan antiimunisasi yang marak di AS terjadi lagi peningkatan kasus secara signifikan di beberapa negara bagian. Pada 8 negara bagian terjadi peningkatan kasus 10-100 kali lipat pada saat cakupan imunisasi pertussis menurun drastis.Sebelum vaksin HiB ditemukan, HiB nerupakan penyebab tersering meningitis bakteri (radang selaput otak) di AS, dengan 20.000 kasus per tahun. Meningitis HiB menyebabkan kematian 600 anak pertahun dan meninggalkan kecacatan berupa tuli, kejang, dan retardasi mental pada anak yang selamat. Pada tahun 2006 kasus meningitis HIB menurun menjadi 29 kasus. Angka penurunan 99.9%.Hampir 90% bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi Rubella saat hamil trimester pertama akan mengalami sindrom Rubella kongenital, berupa penyakit jantung bawaan, katarak kongenital, dan ketulian. Pada tahun 1964 sekitar 20.000 bayi lahir dengan sindrom Rubella kongenital ini, mengakibatkan 2100 kematian neonatal dan 11.250 abortus. Setelah adanya imunisasi hanya dilaporkan 6 kasus sindrom Rubella kongenital pada tahun 2000. Kasus Rubella secara umum menurun dari 47.745 kasus menjadi hanya 11 kasus pertahun pada tahun 2006. Angka penurunan 99.9%.Hampir 2 milyar orang telah terinfeksi hepatitis B suatu saat dalam hidupnya. Sejuta di antaranya meninggal setiap tahun karena penyakit sirosis hati dan kanker hati. Sekitar 25% anak-anak yang terinfeksi hepatitis B dapat diperkirakan akan meninggal karena penyakit hati pada saat dewasa. Terjadi penurunan jumlah kasus baru dari 450.000 kasus pada tahun 1980 menjadi sekitar 80.000 kasus pada tahun 1999. Penurunan terbanyak terjadi pada anak dan remaja yang mendapat imunisasi rutin.Di seluruh dunia penyakit tetanus menyebabkan kematian pada 300.000 neonatus dan 30.000 ibu melahirkan setiap tahunnya dan mereka tidak diimunisasi adekuat. Tetanus sangat infeksius namun tidak menular, sehingga tidak seperti PD3I yang lain, imunisasi pada anggota suatu komunitas tidak dapat melindungi orang lain yang tidak diimunisasi. Karena bakteri tetanus terdapat banyak di lingkungan kita, maka tetanus hanya bisa dicegah dengan imunisasi. Bila program imunisasi tetanus distop, maka semua orang dari berbagai usia akan rentan menderita penyakit ini.Sekitar 212.000 kasus mumps (gondongan) terjadi di AS pada tahun 1964. Setelah ditemukannya vaksin mumps pada tahun 1967 insidens penyakit ini menurun menjadi hanya 266 kasus pada tahun 2001. Namun pada tahun 2006 terjadi KLB di kalangan mahasiswa, sebagian besar di antara mereka menerima 2 kali vaksinasi. Terjadi lebih dari 5500 kasus pada 15 negara bagian. Mumps merupakan penyakit yang sangat menular dan hanya butuh beberapa orang saja yang tidak diimunisasi untuk memulai transmisi penyakit sebelum menyebar luas. Sebelum vaksin pneumokokus ditemukan, pneumokokus menyebabkan 63.000 kasus invassive pneumococcal disease (IPD) dengan 6100 kematian di AS setiap tahun. Banyak anak yang menderita gejala sisa berupa ketulian dan kejang-kejang. Dari data di atas para ahli menyimpulkan bahwa imunisasi adalah salah satu di antara program kesehatan masyarakat yang paling sukses dan cost-effective . Program imunisasi telah menyebabkan eradikasi penyakit cacar (variola, smallpox), eliminasi campak dan poliomielitis di berbagai belahan dunia. dan penurunan signifikan pada morbiditas dan mortalitas akibat penyakit difteri, tetanus, dan pertussis. Badan kesehatan dunia (WHO) pada tahun 2003 memperkirakan 2 juta kematian anak dapat dicegah dengan imunisasi. Katz (1999) bahkan menyatakan bahwa imunisasi adalah sumbangan ilmu pengetahuan yang terbaik yang pernah diberikan para ilmuwan di dunia ini.  Miskonsepsi tentang imunisasi Meskipun imunisasi telah terbukti banyak manfaatnya dalam mencegah wabah dan PD3I di berbagai belahan dunia, namun masih terdapat sebagian orang yang memiliki miskonsepsi terhadap imunisasi. Secara umum berikut ini adalah beberapa miskonsepsi yang sering terjadi di masyarakt: A. Penyakit-penyakit tersebut (PD3I) sebenarnya sudah mulai menghilang sebelum vaksin ditemukan karena meningkatnya higiene dan sanitasi.Pernyataan sejenis ini dan variasinya sangat banyak dijumpai pada literatur antivaksin. Namun bila melihat insidens aktual PD3I sebelum dan sesudah ditemukannya vaksin kita tidak lagi meragukan manfaat vaksinasi. Sebagai contoh kita lihat kasus meningitis HiB di Canada. Higiene dan sanitasi sudah dalam keadaan baik sejak tahun 1990, namun kejadian meningitis HiB sebelum program imunisasi dilaksanakan mencapai 2000 kasus per tahun dan setelah imunisasi rutin dijalankan menurun menjadi 52 kasus saja dan mayoritas terjadi pada bayi dan anak yang tidak diimunisasi. Contoh lain adalah pada 3 negara maju (Inggris, Swedia, dan Jepang) yang menghentikan program imunisasi pertussis karena ketakutan terhadap efek samping vaksin pertussis. Di Inggris tahun 1974 cakupan imunisasi menurun drastis dan diikuti dengan terjadinya wabah pertussis pada tahun 1978, ada 100.000 kasus pertussis dengan 36 kematian. Di Jepang pada kurun waktu yang sama cakupan imunisasi pertussis menurun dari 70% menjadi 20-40% hal ini menyebabkan lonjakan kasus pertussis dari 393 kasus dengan 0 kematian menjadi 13.000 kasus dengan 41 kematian karena pertussis pada tahun 1979. Di Swedia pun sama, dari 700 kasus pada tahun 1981 meningkat menjadi 3200 kasus pada tahun 1985. Pengalaman tersebut jelas membuktikan bahwa tanpa imunisasi bukan saja penyakit tidak akan menghilang namun juga akan hadir kembali saat program imunisasi dihentikan. B. Mayoritas anak yang terkena penyakit justru yang sudah diimunisasi.Pernyataan ini juga sering dijumpai pada literatur antivaksin. Memang dalam suatu kejadian luar biasa (KLB) jumlah anak yang sakit dan pernah diimunisasi lebih banyak daripada anak yang sakit dan belum diimunisasi. Penjelasan masalah tersebut sebagai berikut: pertama tidak ada vaksin yang 100% efektif. Efektivitas sebagian besar vaksin pada anak adalah sebesar 85-95%, tergantung respons individu. Kedua: proporsi anak yang diimunisasi lebih banyak daripada anak yang tidak diimunisasi di negara yang menjalankan program imunisasi. Bagaimana kedua faktor tersebut berinteraksi diilustrasikan dalam contoh berikut. Suatu sekolah mempunyai 1000 murid. Semua murid pernah diimunisasi campak 2 kali kecuali 25 yang tidak pernah sama sekali. Ketika semua murid terpapar campak, 25 murid yang belum diimunisasi semuanya menderita campak. Dari kelompok yang telah diimunisasi campak 2 kali, sakit 50 orang. Jumlah seluruh yang sakit 75 orang dan yang tidak sakit 925 orang. Kelompok antiimunisasi akan mengatakan bahwa persentase murid yang sakit adalah 67 % (50/75) dari kelompok yang pernah imunisasi, dan 33% (25/75) dari kelompok yang tidak diimunisasi. Padahal bila dihitung dari efek proteksi, maka imunisasi memberikan efek proteksi sebesar (975-25)/975 = 94.8%. Yang tidak diimunisasi efek proteksi sebesar 0/25= 0%. Dengan kata lain, 100% murid yang tidak mendapat imunisasi akan sakit campak; dibanding hanya 5,2% dari kelompok yang diimunisasi yang terkena campak. Jelas bahwa imunisasi berguna untuk melindungi anak. C. Vaksin menimbulkan efek samping yang berbahaya, kesakitan, dan bahkan kematianVaksin merupakan produk yang sangat aman. Hampir semua efek simpang vaksin bersifat ringan dan sementara, seperti nyeri pada bekas suntikan atau demam ringan. Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) secara definitif mencakup semua kejadian sakit pasca imunisasi. Prevalensi dan jenis sakit yang tercantum dalam KIPI hampir sama dengan prevalensi dan jenis sakit dalam keadaan sehari-hari tanpa adanya program imunisasi. Hanya sebagian kecil yang memang berkaitan dengan vaksin atau imunisasinya, sebagian besar bersifat koinsidens. Kematian yang disebabkan oleh vaksin sangat sedikit. Sebagai ilustrasi semua kematian yang dilaporkan di Amerika sebagai KIPI pada tahun 1990-1992, hanya 1 yang mungkin berhubungan dengan vaksin. Institut of Medicine (IOM) tahun 1994 menyatakan bahwa risiko kematian akibat vaksin adalah amat rendah (extra-ordinarily low). Besarnya risiko harus dibandingkan dengan besarnya manfaat vaksin. Bila satu efek simpang berat terjadi dalam sejuta dosis vaksin namun tidak ada manfaat vaksin, maka vaksin tersebut tidak berguna. Manfaat imunisasi akan lebih jelas bila risiko penyakit dibandingkan dengan risiko vaksin. Contoh vaksin MMR (melindungi campak, mumps (gondongan) dan rubella (campak jerman)pneumonia campak : risiko kematian 1:3000 risiko alergi berat MMR 1:1000.000Ensefalitis mumps : 1 : 300 pasien mumps, risiko ensefalitis MMR 1:1000.000Sindrom rubella kongenital : 1 : 4 bayi dari ibu hamil kena rubella Contoh vaksin DPaT (melindungi difteri, pertussis, dan tetanus)Difteri : risiko kematian 1 : 20, risiko menangis lama sementara 1 : 100Tetanus : risiko kematian 1 : 30, risiko kejang sembuh sempurna 1 : 1750Pertussis : risiko ensefalitis pertussis 1 : 20, risiko ensefalitis DPaT 1 : 1000.000  D. Penyakit penyakit tersebut (PD3I) telah tidak ada di negara kita sehingga anak tidak perlu diimunisasiAngka kejadian beberapa penyakit yang termasuk PD3I memang telah menurun drastis. Namun kejadian penyakit tersebut masih cukup tinggi di negara lain. Siapa pun termasuk wisatawan dapat membawa penyakit tersebut secara tidak sengaja dan dapat menimbulkan wabah. Hal tersebut serupa dengan KLB polio di Indonesia pada tahun 2005 lalu. Sejak tahun 1995 tidak ada kasus polio yang disebabkan oleh virus polio liar. Pada bulan April 2005, Laboratorium Bioofarma di Bandung mengkonfirmasi adanya virus polio liar tipe 1 pada anak berusia 18 bulan yang menderita lumpuh layuh akut pada bulan Maret 2005. Anak tersebut tidak pernah diimunisasi sebelumnya. Virus polio itu selanjutnya menyebabkan wabah merebak ke 10 propinsi, 48 kabupaten. Sampai bulan April 2006 tercatat 349 kasus polio, termasuk 46 kasus VDVP (vaccine derived polio virus) di Madura. Dari analisis genetik virus diketahui bahwa virus berasal dari Afrika barat. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa virus sampai ke Indonesia melalui Nigeria dan Sudan sama seperti virus yang diisolasi di Arab Saudi dan Yaman. Dari pengalaman tersebut terbukti bahwa anak tetap harus mendapat imunisasi karena dua alasan. Alasan pertama adalah anak harus dilindungi. Meskipun risiko terkena penyakit adalah kecil, bila penyakit masih ada, anak yang tidak terproteksi tetap berpeluang terinfeksi. Alasan kedua imunisasi anak penting untuk melindungi anak lain di sekitarnya. Terdapat sejumlah anak yang tak dapat diimunisasi (misalnya karena alergi berat terhadap komponen vaksin) dan sebagian kecil anak yang tidak memberi respons terhadap imunisasi. Anak-anak tersebut rentan terhadap penyakit dan perlindungan yang diharapkan adalah dari orang-orang di sekitarnya yang tidak sakit dan tidak menularkan penyakit kepadanya. E. Pemberian vaksin kombinasi (multipel) meningkatkan risiko efek simpang yang berbahaya dan dapat membebani sistem imunAnak-anak terpapar pada banyak antigen setiap hari. Makanan dapat membawa bakteri yang baru ke dalam tubuh. Sistem imun juga akan terpapar oleh sejumlah bakteri hidup di mulut dan hidung. Infeksi saluran pernapasan bagian atas akan menambah paparan 4-10 antigen, sedangkan infeksi streptokokus pada tenggorokan memberi paparan 25-50 antigen. Tahun 1994 IOM menyatakan bahwa dalam keadaan normal penambahan jumlah antigen dalam vaksin tidak mungkin akan memberikan beban tambahan pada sistem imun dan tidak bersifat imunosupresif. Data penelitian menunjukkan bahwa imunisasi simultan dengan vaksin multipel tidak membebani sistem imun anak normal. Pada tahun 1999 Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP), American Academy of Pediatrics (AAP), dan American Academy of Family Physicians (AAFP) merekomendasi pemberian vaksin kombinasi untuk imunisasi anak. Keuntungan vaksin kombinasi adalah mengurangi jumlah suntikan, mengurangi biaya penyimpanan dan pemberian vaksin, mengurangi jumlah kunjungan ke dokter, dan memfasilitasi penambahan vaksin baru ke dalam program imunisasi. F. Vaksin MMR menyebabkan autismeBeberapa orangtua anak dengan autisme percaya bahwa terdapat hubungan sebab akibat antara vaksin MMR dengan autisme. Gejala khas autisme biasanya diamati oleh orangtua saat anak mulai tampak gejala keterlambatan bicara setelah usia lewat satu tahun. Vaksin MMR diberikan pada usia 15 bulan (di luar negeri 12 bulan). Pada usia sekitar inilah biasanya gejala autisme menjadi lebih nyata. Meski pun ada juga kejadian autisme mengikuti imunisasi MMR pada beberapa kasus. Akan tetapi penjelasan yang paling logis dari kasus ini adalah koinsidens. Kejadian yang bersamaan waktu terjadinya namun tidak terdapat hubungan sebab akibat. Kejadian autisme meningkat sejak 1979 yang disebabkan karena meningkatnya kepedulian dan kemampuan kita mendiagnosis penyakit ini, namun tidak ada lonjakan secara tidak proporsional sejak dikenalkannya vaksin MMR pada tahun1988.Pada tahun 2000 AAP membuat pernyataan : "Meski kemungkinan hubungan antara vaksin MMR dengan autisme mendapat perhatian luas dari masyarakat dan secara politis, serta banyak yang meyakini adanya hubungan tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya, namun bukti-bukti ilmiah yang ada tidak menyokong hipotesis bahwa vaksin MMR menyebabkan autisme dan kelainan yang berhubungan dengannya. Pemberian vaksin measles, mumps, dan rubella secara terpisah pada anak terbukti tidak lebih baik daripada pemberian gabungan menjadi vaksin MMR, bahkan akan menyebabkan keterlambatan atau luput tidak terimunisasi. Dokter anak mesti bekerjasama dengan para orangtua untuk memastikan bahwa anak mereka terlindungi saat usianya mencapai 2 tahun dari PD3I. Upaya ilmiah mesti terus dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dari autisme. Lembaga lain yaitu CDC dan NIH juga membuat pernyataan yang mendukung AAP. Pada tahun 2004 IOM menganalisis semua penelitian yang melaporkan adanya hubungan antara vaksin MMR dengan autisme. Hasilnya adalah tidak satu pun penelitian itu yang tidak cacat secara metodologis. Kesimpulan IOM saat itu adalah tidak terbukti ada hubungan antara vaksin MMR dengan autisme. Penutup Setelah mengkaji berbagai literatur sebagaimana disebutkan di atas, maka secara berangsur kegalauan saya menghilang. Saya semakin yakin akan kebenaran teori ilmiah berbasis bukti yang sudah ditemukan para ahli. Bahkan beberapa waktu lalu ada sejawat saya Dr Julian Sunan, seorang dokter yang masih muda dan amat ganteng (menurut pengakuannya sendiri) telah menelaah bahwa ternyata tokoh-tokoh antivaksin yang sering dikutip kelompok antivaksin di Indonesia ternyata banyak yang fiktif. Mereka melakukan pemelintiran data dan pemutarbalikan fakta. Tak heran kalau yang sangat aman dianggap sangat berbahaya dan penyakit sangat berbahaya nan mematikan dianggap tidak apa apa dan mungkin malah diajak bersahabat karib oleh kelompok antiimunisasi. Terimakasih.  Bahan bacaan : Ranuh IGNG, Suyitno H, Hadinegoro SRS, Kartasasmita CB, Ismoedijanto, Soedjatmiko. Buku Pedoman Imunisasi di Indonesia, edisi ke-4. Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jakarta 2011.Center for Disease Control http://www.cdc.gov
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : 1
Hallo Mom Indica, kami coba jawab yah pertanyaan kapan bayi sebaiknya berenang, semoga membantu :

SEJAK bayi sebenarnya seorang anak sudah dapat diajarkan berenang, sebab saat di dalam kandungan, seorang bayi telah terbiasa berada di dalam cairan selama 9 bulan. Dalam cairan ketuban, seorang bayi akan merasa nyaman dan hangat. Karena itu sejak lahir, si kecil telah memiliki kemampuan instingtif untuk bergerak di bawah air dan tidak takut saat berada di dalam air.

Pada usia sekitar empat bulan, seorang bayi telah punya 'reflek menyelam' yang mencegahnya menelan air saat berada di dalam air. Itu sebabnya, di usia ini si kecil akan sangat mudah untuk dilatih berenang.

Tapi setelah otaknya berfungsi dengan baik, reflek ini akan berangsur menghilang, sehingga mau tak mau ia harus kembali belajar menahan napas di dalam air.

Untuk memulai belajar berenang, sebaiknya orangtua memperkenalkan si kecil lebih dulu dengan bermain di bak kamar mandi atau di kolam plastik. Pastikan air yang digunakan cukup hangat, yaitu minimal 33 derajat celcius, sehingga ia tidak kedinginan.

Kolam renang kecil ini, akan membantunya memperkenalkan sensasi berada di dalam air. Merasakan bagaimana tubuhnya berada di air, sebelum ia diperkenalkan dengan kolam renang sungguhan.

Memperkenalkan olah raga renang, harus dilakukan secara bertahap, yaitu:

  1. Mulailah dengan mengajak si kecil bermain-main di pinggir kolam terlebih dulu, misalnya dengan memukul-mukul air. Bila ia terlihat takut terkena cipratan air, jangan dipaksakan.

  2. Buatlah suasana yang menyenangkan saat bermain di dalam air, sehingga keberaniannya terbentuk. Sesekali biarkan air kolam terpercik ke wajahnya.

  3. Bila si kecil sudah terlihat lebih berani, gendong ia dan masukkan ke dalam kolam. Biarkan sementara waktu hingga ia merasa aman dan tetap berada di dekat Anda.

  4. Pukul-pukullah permukaan kolam untuk mengajaknya bermain, atau ajak ia bernyanyi bersama sehingga ia lebih santai dan merasa senang. Ikuti dengan berbagai gerakan di air, sambil bernyanyi atau bermain di dalam kolam.

  5. Apabila kepercayaan dirinya telah tumbuh, ajak ia bermain pura-pura menjadi pesawat. Caranya dengan menengkurapkan si kecil dengan menyangga badannya di telapak tangan kiri Anda, sementara perut dan kakinya disangga dengan telapak kanan Anda. Tekukkan kedua siku lengan, sehingga tubuhnya dekat dengan tubuh Anda dan ia merasa aman. Setelah itu katakan, "Asyik, pesawatnya bisa terbang...."

  6. Secara perlahan-lahan, rentangkan kedua lengan Anda. Seolah-olah ia melayang sendiri di atas air. Dalam posisi ini, ia akan merasakan tekanan dari air. Mintalah ia membentangkan kedua tangannya, katakan, "Wah, pesawatnya terbang jauh."

  7. Sebagai variasi, telentangkan si kecil di atas air. Sangga bokong dan punggung dengan telapak tangan kiri, sementara sangga leher telapak tangan kanan. Biarkan ia tidur-tiduran selama beberapa waktu. Secara perlahan-lahan, lepaskan telapak tangan Anda yang menyangga bokong dan punggungnya. Dalam posisi ini, si kecil akan merasakan nikmatnya melayang di atas air.

  8. Jika ia sudah mulai pintar melayang di air, barulah Anda pegang kedua tangannya sambil Anda berjalan mundur. Jika ini sudah bisa dilakukannya dengan piawai, lepaskan si kecil dan biarkan dia berenang sendiri.

  9. Gerakan yang dilakukan saat berenang, memberi banyak manfaat bagi anak-anak. Ia akan merasakan kebebasan dalam bergerak, jantung dan paru-parunya lebih kuat serta postur tubuh pun terbentuk akibat sirkulasi darah dan organ tubuh yang bekerja lancar.

  10. Selain itu, seorang anak yang senang berenang, akan memiliki otot-otot tubuh yang lentur dan kuat. Daya tahan tubuhnya pun lebih tinggi, dibanding anak-anak yang tak suka berenang, apalagi yang tak suka olah raga.

Berenang juga dapat menjadi sarana yang tepat dalam membentuk kepribadian, karena anak yang belajar berenang akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri, bahagia, mandiri dan mudah menyesuaikan diri.

Keuntungan lainnya, gerakan anggota badan si kecil saat berenang pun, diduga dapat merangsang pertumbuhan syaraf-syaraf tepi. Sehingga syaraf otaknya menjadi lebih aktif dan diharapkan mampu meningkatkan kepintarannya.

Jadi jangan lupa untuk menemani si kecil saat berenang, karena kedekatan yang terjalin erat antara orangtua dan anak adalah yang terpenting bagi perkembangannya. Keakraban antara orangtua dan anak, sangat berharga saat ia dewasa kelak

   
05-03-2009 13:15:21 Sariwan pada Balita
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Meski tidak berbahaya, namun sariawan atau yang istilah kedokterannya Recurrent Apthous Stomatis (RAS) dapat membuat si kecil mogok makan dan bicara. Ia juga jadi enggan bermain, akibat selalu mengeluarkan air liur untuk menghindari gesekan lidah dan mulut terus menerus.

Sariawan memang tak hanya menyerang orang dewasa, anak kecil bahkan bayi yang berusia 6-24 bulan dapat terjangkit penyakit ini.

Pada bayi, umumnya sariawan disebabkan oleh jamur. Sedang pada balita disebabkan akibat trauma dan jamur. Ada 3 jenis sariawan yang kerap menyerang anak, yaitu:

1. Stomatitis apthosa
Sariawan ini akibat adanya trauma, misalnya tergigit atau terkena sodokkan sikat gigi hingga luka atau lecet. Bila kuman masuk dan daya tahan tubuh menurun, maka luka menjadi infeksi. Biasanya timbul peradangan dan rasa sakit atau nyeri. Untuk kebaikan si kecil, pilihlah sikat gigi yang lembut dan bersihkan gigi secara benar untuk mengurangi potensi luka.

Sedang pada orang dewasa, sariawan kerap dipicu oleh pemakaian pasta gigi yang mengandung SLB (Sodium Lauryl Sulfate). Zat ini juga ditemukan pada floor cleaners, hand soaps, bahkan shampoo. Jadi SLS adalah sejenis detergen, sehingga pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung SLS.

2. Oral thrush/moniliasis
Disebabkan oleh jamur candida albican yang biasanya dijumpai dan bersarang di lidah. Pada keadaan normal, jamur memang terdapat dalam mulut. Tapi saat daya tahan tubuhnya menurun, serta penggunaan obat antibiotik yang berlangsug lama atau melebihi jangka waktu pemakaian, akan memudahkan jamur candida albican tumbuh melebihi normal.

3. Stomatitis herpetic
Disebabkan virus herpes simplek dan berlokasi di bagian belakang tenggorokan. Sariawan ditenggorokan terjadi jika ada virus yang sedang mewabah dan daya tahan tubuh sedang rendah.

Sariawan jenis stomatitis herpetic dan stomatitis apthosa biasa terjadi pada anak-anak, sementara anak balita lebih banyak mengidap sariawan jenis moniliasis.

Tergantung Frekuensi
Ada anak yang sering terkena sariawan, ada pula yang jarang. Bagi yang sering, biasanya dalam sebulan terkena 2-3 kali. Proses penyembuhannya pun cukup lama, rata-rata 7-9 hari atau 2 minggu.

Sedangkan yang jarang, umumnya baru mengalami sariawan sekitar 2-3 bulan sekali. Sariawan pada bayi dan balita lebih sering terjadi di bibir, lidah, pipi bagian dalam (mukosa), dan tenggorokan. Biasanya hanya satu atau dua titik saja.

Gejala sariawan
Pada bayi, gejala sariawan berupa suhu badan meninggi hingga 40 derajat Celcius, mengeluarkan air liur lebih dari biasa, rewel, tak mau makan atau makanan dimuntahkan, tak mau susu botol bahkan ASI, dan gelisah terus. Biasanya disertai dengan bau mulut yang kurang sedap, akibat kuman atau jamur. Sedangkan pada balita, kadang suhu yang naik tak terlalu tinggi dan nafsu makannya berkurang.

Gejala yang mudah dikenali, adalah lidah yang menjadi agak licin, berwarna kemerah-merahan, timbul luka dibagian bawah dan pinggir atau pada belahan bagian tengah lidah. Pada pipi bagian dalam tampak bintik-bintik putih, terkadang terdapat benjolan kecil yang dapat pecah sehingga mulut terasa perih.

Penanganan yang diberikan:
Sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, kecuali sariawan akibat jamur yang harus diobati dengan obat antijamur. Masa penyembuhan relatif lama, yaitu seminggu. Jika tak segera diobati, dapat berkelanjutan meski hanya menyebar di sekitar mulut saja. Tapi jamur yang tertelan dan melewati pembuluh darah, juga bisa menyebabkan diare.

Saat sariawan, biasanya si kecil enggan makan atau minum. Berikut kiat untuk membantunya mendapatkan asupan yang dibutuhkan:

- Suapi makannya dengan menggunakan sendok secara perlahan-lahan. Usahakan minum menggunakan sedotan dan gelas, untuk menghindari kontak langsung dengan sariawan serta tak menimbulkan gesekan dan trauma lebih lanjut.

- Berikan makanan yang bertekstur lembut dan cair, pada intinya yang mudah ditelan dan disuapi. Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, agar tidak menambah luka.

- Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan B serta zat besi, dapat memercepat proses penyembuhan. Misalnya buah-buahan dan sayuran hijau. Kekurangan vitamin C dapat memudahkan si kecil mengalami sariawan.

- Buatkan puding roti yang didinginkan di lemari es, es krim dengan buah, puding buah dst dst ... ketika sariawan ... anak akan merasa nyaman apabila diberikan yang dingin-dingin termasuk buat deh es mambo dari kacang hijau, dari milo ... dsb..

- Olesi bagian yang sariawan dengan madu.

Jika telah diberi obat, biasanya obat kumur, tetapi tak juga sembuh, kemungkinan ada penyebab lain. Misalnya kuman yang telah bertambah, pemakaian obat dengan dosis tak tepat, atau cara memberi makanan yang membuat sariawan si kecil kembali mengalami trauma di lidah.

Bisa juga lantaran daya tahan tubuh anak yang rendah. Biasanya anak yang sering sariawan, lebih banyak akibat daya tahan tubuhnya rendah dan kebersihan mulut dan gigi yang tak terjaga. (Teguh/berbagai sumber)

Semoga bermanfaat....
Pindri, bundana najla

   
Jumlah Posts : 720
Jumlah di-Like : belum ada like

Mau berbagi pengalaman ya Setelah melahirkan berat badan linda naik hingga 20kg dan punya masalah dengan perut yg menggelambir mau diet tapi lagi kasih ASI,mau olahraga tidak ada waktu, mau minum pil takut, akhirnya linda pakai ENVY dan hasilnya luar biasa perut yg menggelambir tidak lagi, paha menjadi kencang,pinggul menjadi kecil dan juga bisa menaikan payudara,kini linda sudah langsing lagi, semua berkat ENVY. Bagi teman - teman yang mau memesan envy teman - teman bisa hubungi linda di hp 08161400946 atau 021-92997989 bisa juga add YM linda di putri_thatagata88@yahoo.com.untuk masalah Harga dijamin deh Murahnya contact aja linda ya.kunjungi aja :http://www.envyslim88.blogspot.com / juga http://www.envygirdle88.blogspot.com


Inilah info hebat untuk Anda yang mendambakan tubuh ramping & sehat dengan Cara alami dan 100% BEBAS EFEK SAMPING !!

Sangat cocok bagi siapapun : mahasiswa, remaja, ibu rumah tangga, wanita Karir yang sangat aktif & sibuk, pekerja kantoran, pria dan wanita, tua dan muda.


TAHUKAH ANDA ???

Bentuk tubuh WANITA berubah setiap saat

Disebabkan :

     1.     Kegemukan (pola makan yang tidak teratur)

Kebiasaan makan yang berlebihan,makan lewat malam,kuantiti makanan yang tidak tetap dan sindrom ibu rumah tangga makan makanan yang tidak habis.

     2.     Daya Gravitasi

Disebabkan  payudara dan lengan tidak didukung oleh rangka tulang, maka cenderung berubah bentuk / kendor pada sudut 20 derajat tiap 10 tahun ( tergantung pada gaya hidup seseorang)

      3.     Ketidaksesuaian   dalam pemilihan pemakaian pakaian dalam

Pakaian dalam yang terlalu besar atau terlalu kecil, kurang kenyal, dan btk bra.Juga cara pemakaian bra yang keliru.

      4.     Kebiasaan duduk dan berdiri yang tidak  benar

Menyebabkan bongkok, bentuk tulang belakang berubah dan sakit pinggang

      5.     Melahirkan anak

Penambahan lemak setelah melahirkan dan perubahan bentuk payudara setelah    masa menyusui



Bagaimana Anda bisa menjadi langsing ?
1. Dengan berolah raga, perlu waktu khusus (kadang-kadang peralatan & Latihan khusus) dan perlu waktu agak lama untuk melihat hasilnya.

2. Mengkonsumsi makanan/minuman pelangsing, tidak selalu cocok bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, tubuh justru memberikan efek penolakan terutama jika produk terbuat dari bahan yang mengandung senyawa kimia/bukan bahan alami. Perlu konsultasi dengan dokter ahli jika ybs memiliki riwayat penyakit tertentu.

3. Diet ketat. Anda pasti tidak menyukai cara ini. Cukup menyiksa, perlu Biaya lebih, dan kedisiplinan tinggi. Jika Anda lalai, tubuh Anda akan segera Melar kembali dengan cepat. Jika demikian, kapan Anda akan menikmati kondisi tubuh langsing Anda sendiri ?

4. Operasi sedot lemak. Perlu biaya tinggi dan cukup beresiko.

5. Menggunakan korset biasa. Ada yang menggunakan kawat, ada juga yang menggunakan butiran magnet/butiran penyerap infra merah. Korset dengan kawat tentu saja sangat menyiksa, selain ukurannya harus diganti bila ukuran tubuh Anda berubah, untuk menggunakannyapun Anda perlu tenaga ekstra. Korset Dengan butiran penyerap infra merah yang ditempelkan pada kain, cukup baik Digunakan asal Anda bisa pastikan bahwa butiran-butiran yang ditempelkan tidak lepas Saat dicuci. Pada korset model ini, butiran penyerap infra merah hanya dilekatkan pada bagian-bagian tertentu saja sehingga penyerapan menjadi kurang optimal.



Jika demikian, maka solusi untuk Anda adalah : Gunakan Envy Body Slim sekarang juga !!
Envy Body Slim, pakaian kesehatan & pelangsing tubuh dengan : - teknologi yang meringkaskan ukuran butiran penyerap infra merah hingga skala 1 : 1000 juta tapi memberi fungsi berlipat ganda. - Efektifitas hingga 5 kali lipat - Kualitas produk terjamin - Dapat digunakan kapanpun dan di manapun - Aman digunakan segera setelah melahirkan
Mengapa Envy Body Slim ? Ya, - Produk ini telah teruji dan terbukti di Malaysia , Singapura , Thailand , Brunai dan kini di Indonesia . - Ekonomis. Hanya sekali bayar untuk pemakaian hingga TIGA tahun. Dan Anda tidak perlu mengganti ukuran korset saat tubuh Anda menjadi lebih langsing dari semula, sebab... - Envy Body Slim sangat elastis dan ringan - Bisa digunakan untuk Anda yang memiliki ukuran pinggang hingga max 116 cm - Infra Red membuatnya bekerja hingga 5 kali lebih efektif - Memiliki tekstur bahan yang sangat lembut - Anda bisa merasakan manfaatnya dalam 14 hari pertama. - Nyaman dipakai untuk kegiatan apapun, ke kantor, berolah raga, ke pesta dll. - Tanpa efek samping             Dipakai setelah melahirkan ? Ini memang jagonya !
  Manfaat Envy Body Slim bagi Anda : * Membakar lemak yang berlebihan dan menggeleber di badan. * Membantu menegangkan pinggul * Menyokong bahagian dada dan menghindarkan bentuk peha yang menggeleber. * Selesa dan mudah di pakai.. * Menyerap peluh & tidak terasa gatal. * Mudah dicuci dan di jaga. * Hanya perlu pakai minimum 8 jam sehari * Sesuai untuk wanita selepas bersalin     ENVY BODY SLIM SERI CORSET DAN GIRDLE 5 kelebihan memakai Envy Corset dan Envy Girdle
1) Terdapat Infra Merah Jauh ( FIR )
Infra merah jauh mempunyai daya tembus ,serap&rangsangankepada manusia dengan meningkatkan peredaran darah danmengoptimalkan perjalanan sistem saraf.
FIR yang terdapat di bahan Envy menguraikan lemak danmenjalankan detoksifikasi ( menyingkirkan air yangtersimpan dalam tubuh .) FIR juga berkesan sekali dalamperawatan dan mencegah sakit di bagian belakang.
2) Bahan Super Elastis
Envy Corset dan Envy Girdle dibuat dari bahan super elastisyang merupakan bahan berkualitas tinggi yang bersifatlentur dengan tenunan mikro. Bahan yang terdiri dari 10%spandeks dan 90 % nilon ini merupakan bahan terbaik
dengan indeks kelenturan tinggi untuk menyokong tulangbelakang,
posisi sikap tubuh dan membentuk tubuh yang indah.

3) Kemampuan Menyerap Keringat Yang Baik
Jaringan bahannya berupaya menghilangkan bau badan dengancepat dan nyaman
dipakai sewaktu cuaca panas disamping itu mempunyai dayapenyerapan keringat sebanyak 40% .
Bahan Envy yang lembut dan halus ini mencegah masalahkulit walau dipakai selama 24 jam. Bahan Envy dihiasidengan bahan kain “lace” yang halus untuk mencegahpembiakan kuman.

4) Dilengkapi dengan 12 Kerangka Besi
Envy Corset dan Envy Girdle ini dilengkapi dengan 12kerangka untuk menyokong postur tulang belakang yang tepatdan mencegah sakit tulang belakang.
Juga membentuk dada yang sempurna menjadikannya kelihatanlebih indah.
Kerangka besi ini tidak terlalu keras dengan kualitas yangtinggi supaya tahan lama dan tidak berubah bentuknyasetelah dipakai.

5) Potongan 4 D ( 4 Dimensi ) Dengan potongan 4D yang terdiri dari beberapa bagiantidak hanya bagian depan dan belakang saja.Sertamenitikberatkan bagian – bagian tubuh tertentu, bentuktubuh dapat dibentuk & diperbaiki dengan cepat setelahmemakai Envy Corset & Envy Girdle.
Kandungan Dasar Bahan Envy 1. Butiran Infra Merah 6 - 14 mikron 2. Gelombang Magnetik 3. Ion Titanium 4. Fiber Anti Kuman 5. Bahan Tenunan berelastis tinggi
      Siapa yang patut membeli dan memakai? * Wanita bekerja
* Surirumah
* Wanita selepas bersalin
* Gadis remaja
* Suami penyayang
 * Wanita melebihi 40 tahun ENVY CORSET & GIRDLE dipersembahkan untuk WANITA MASA KINI

KHASIAT ENVY GIRDLE :
·Envy Girdle membantu mengecilkan perut , melangsingkanpinggul dan pinggang.
·Potongan bahan di bagian belakang Envy Girdle berbentuk apel untuk membentuk pantat agar terlihat lebih bulat dan padat,12 kerangka besi yang lentur di bagian belakang Envy Girdleuntuk menyangga pinggul anda dan mengurangi bagian yang menonjol akibat lemak.
· Didesain panjang hingga ke lutut agar nyaman waktudipakai.
Berenda lebar agar Envy Girdle tidak tergulung di bagianpaha.   Cara memakai Envy Girdle :
1. Gunakan kedua tangan untuk menggulung Envy Girdle
bagian dalam ke luar ( seperti memakai stoking nilon bentukcelana)
2. Masukan satu kaki dan tarik sampai batas lutut kemudiandiikuti kaki yang sebelah lagi.
3. Tarik Envy Girdle ke batas pinggang dan sesuaikan posisipantat dengan memasukkan tangan untuk menaikkan punggung.

KHASIAT ENVY CORSET :
· Envy Corset membantu mengecilkan perut,melangsingkanpinggang
dan menaikkan payudara.
· Membentuk dan menyangga bagian atas tubuh.
· Kerangka besi yang lentur ( 4 bagian depan,4 di bagianbelakang, dan 2 di tepi )
supaya tidak menggembung dan menyangga tulang belakang.
· Empat baris cantelan baju pada corset bagian depan untukmemudahkan pemakaian
CARA MEMAKAI ENVY CORSET
1. Pakai pakaian dalam sebelum memakai Envy Corset 2. Kancingkan dari bawah ke atas   KELEBIHAN ENVY CORSET & GIRDLE DIBANDINGKAN MEREK LAIN

1. Tepi ( Envy Corset) ----- Tidak menyakitkan bagianketiak
2. Belakang ( Envy Corset ) ---- Tidak menyakitkan tulangbelikat , tidak menggelembung di bagian belakang tubuh.

Kelebihan lain Envy Corset&girdle:
1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat 2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar 3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh 4.envy celana dengan kawat lunak 5.Meskipun envy girdle&corset memakai tulang tapi tidak membuat sesak di badan.
            Perbedaan envy girdle&corset dgn envy body slim

Perbedaan utamanya adalah pada ada / tidaknya tulang rangka lunak dan letak butiran infra red pada envy.

Envy girdle-corset ada rangka tulang lunaknya.Envy girdle(celana bertulang) & korset (baju bertulang) memakai tulang dan butiran infra merahnya terletak di dalam.Kalau envy corset (baju bertulang)ada kelebihannya yaitu membuat badan kita tegak dan tidak bungkuk lagi dan juga berfungsi menopang payudara jadi kelihatan lbh naik.

Untuk envy girdle(celana bertulang)&corset(baju bertulang)ini memang all size tapi sebaiknya jika mau memakai envy girdle +corset ini teman2 memiliki ukuran lingkar pinggang mulai dr 65-95 cm dan ukuran lingkar pantat mulai dr 90-115cm.

Jadi jika teman2 yang ukuran lingkar dada dan lingkar bokongnya diluar itu tidak bisa memakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang).Tulang pada envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) tidaklah sekeras longtorso,tulangnya sangat lentur jadi teman2 akan merasa nyaman bgt pakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) ini.


Kelebihan lain Envy Corset&girdle:

1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh4.envy celana dengan kawat lunak5.Meskipun envy girdle&corset memakai tulang tapi tidak membuat sesak di badan.


Envy Baju dan celana Body slim adalah envy baju dan celana yang tidak bertulang dan butiran infra rednya terletak diluar btknya spt kaos singlet dan celananya spt celana bycle pants.Karena tidak bertulang maka lbh elastis dibanding envy girdle&corset.jadi bisa mengcover orang yang berat 40 kg s/d 80kg-an.envy slimming celana dan baju rasanya ringan dan tak membuat sesak di badan


Kesaksian Pemakai dan Pecinta ENVY Slim di Indonesia

Nani supriadi
Saya mempunyai masalah seperti yang dialami para ibu yang baru saja melahirkan anak yaitu berat badan bertambah.Berat badan saya naik menjadi 60 kg.Sebelumnya berat badan saya 47 kg.Karena kelebihan berat badan inilah membuat saya ingin diet tapi saya sempat frustasi sebab saya sulit sekali untuk diet dan akibatnya berat badan saya tidak turun turun.Sampai akhirnya suatu hari, teman kantor suami saya menawarkan produk ENVY dan suami saya tertarik untuk membelikan produk tersebut untuk saya dengan harapan dapat menurunkan berat badan saya.Saya senang sekali dan saya langsung menggunakannya.Saya menggunakan ENVY-2 dan ENVY-3. Pada saat menggunakan Envy saya merasa makan saya jadi tidak terlalu banyak dan lemak pada tubuh saya berkurang khususnya pada bagian paha serta infra red yang ada pada Envy membuat rasa pegal-pegal pada tubuh karena aktifitas sehari-hari tidak saya alami lagi dan tubuh saya menjadi lebih enak. Produk ENVY memang luar biasa hebat, sebab dalam waktu 2 bulan berat badan saya turun menjadi 53 kg.ENVY Membantu saya tampil lebih langsing dan percaya diri.


Retno Widyaastuti
Setelah kelahiran anak ke-4 , awalnya tidak ada niat untuk memperbaiki tubuh.Saat itu yang terpikir memang sudah semestinya perut besar karena seringnya bersalin.Jadilah saya ibu gendut dengan berat badan 85 kg ( bahkan pada saat hamil mencapai 95Kg).Penampilan saya tetap seperti hamil 5 bulan walaupun sudah melahirkan.Saya pantang berdiet,mengingat sejak usai muda tekanan darah saya rendah dan HB pernah sampai 5 dan harus dirawat dirumah sakit.Hampir 3 kali penawaran envy saya pandang sebelah mata karena tidak mungkin dengan kondisi saya bisa diet.Namun setelah membaca kemasan ENVY yang menyatakan dapat membantu memperlancar peredaran darah, metabolisme lemak berlebih.Rasanya tidak ada salahnya untuk mencoba.Ternyata kurang dari 2 minggu,saya merasa tubuh lebih sehat dan ringa.Pada saat cek tekanan darah membaik(120/90) sebelumnya hanya (90/60).Dan disamping itu , berat badan saya turun 5kg.ENVY benar-benar luar biasa.Sekarang saya tidak lagi sesak karena kegemukan , tidak lagi sulit mendapatkan ukuran pakaian L ( sebelumnya Triple L).Dan yang lebih hebat lagi hampir seluruh teman saya berlomba - lomba untuk menggunakan ENVY BODY SLIM karena mereka melihat perubahan bentuk badan saya.ENVY memang luar biasa,dapat menjadikan tubuh tetap sehat dan menghilangkan lemak berlebih.Mendapatkan bentuk tubuh ideal bukan hanya mimpi tapi bisa menjadi kenyataan.Terima kasih ENVY BODY SLIM.

Selvi

Pengalaman saya pribadi memakai ENVY...Aku abis ngelahirin 13 februari, selama hamil berat badan naik sampai 19,5 kg..(anak pertama)..kemudian bulan pertama setelah melahirkan berat badan turun sekitar 6kg..setiap hari pakai bengkung, gurita...cape banget..akhirnya tau soal envy..beli deh...ternyata lumaya hasilnya..lebih simpel dari pada harus masang gurita, dan badan lebih enak, dan yang paling penting berat badan turun lebih cepat...sekarang setelah 3 bulan total berat badan yang udah hilang 15kg...tinggal 4 kg lagi..cuman celana kerja sudah muat semua..(kan cuti udah selesai..jadi mesti masuk kerja)..Perlu dicatat..aku sama sekali tidak diet karena masih menyusui, makan malah tambah banyak...Sebulan pertama aku pake Envy gridle (yang pakai kawat) setelah itu pakai yang Envy slim...Bahannya enak banget, nyaman, tidak panas, bisa dipakai waktu tidur..dan tidak menganggu acara menyusui karena bahannya sangat elastis jadi...So yang punya masalah berat badan atau mau merampingkan bagian2 tubuh..ayo coba ENVY...harganya SANGAT TERJANGKAU dibanding produk korset lainnya...

Santi

Aku habis melahirkan. Berat badanku naik nggak kira-kira. dari 50kg jadi 72kg. Hiks! Resiko ibu hamil yang akhirnya aku alami deh. Penampilan nggak sedap dilihat, nggak lincah, dan kurang pede jadi akibat kelebihan berat badan.Aku sudah mencoba pakai stagen. duh ribetnya. Sudah begitu sering naik turun karena aktifitas yang kulakukan sehari-hari. Bahkan kalau kelewat kencang, serasa mual perut ini.Padahal, aku pengen banget langsing kembali. Merindui badan yang dulu lagi. Aku maunya tetap menyusui. Malas diet apalagi langsing secara instan pakai obat. Nggak deh! sayang kan si kecil masih butuh asupan gizi dari ASI?Trus gimana dong?Akhirnya aku ditawari temen pakai product ENVY. Aku beli yang Envy Slim dulu, baru sehari pakai dah beda sekali rasanya. Bahkan suamiku malam-malam sempet kaget," Lhoh mah, kok perutnya nggak kayak hamil 3 bulan lagi?"Aku sih senyum aja. Dan demi suami juga aku berusaha menjaga penampilan, tapi juga tetap mikir agar tetap bisa menyusui anakku yang masih minum ASI.Aku bekerja, rutinitasku ke gym atau olahraga laen ( aku dulu suka basket, renang, jogging dan sepak bola ) sekarang sudah susah kujalani lagi. Waktu habis buat bekerja dan ngurus anak.Dan karena aku termasuk yang suka gerak, aku putuskan untuk membeli Envy Gridle yang konon katanya lebih bagus buat membantu melangsingkan + membentuk tubuh yang ideal. Hitung-hitung sebagai ganti dengan Envy Slim-ku yang sebelumnya sudah aku miliki.Nah, kepengen juga ikutan seperti aku? sekarang berat badanku 65kg. Aku pengen lebih bugar dan ramping lagi. Maunya seperti temenku yang merekomendasikan produk ini, karena dengan ENVY ini juga dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16kg dengan hitungan tidak kurang dari 5 bulan.

Pemesanan Envy bisa langsung telp ke:

LINDA 

0 8 1 6 1 4 0 0 9 4 6

0 2 1 -  9 2 9 9 7 9 8 9

Harga Envy Corset : Rp. 302.400,00

Harga Envy Girdle :  Rp.274.300,00

Total                          :  Rp.576.700,00


Nb: untuk melihat gambar Envy Girdle & Envy Corset silahkan kunjungi :

http://www.envygirdle88.blogspot.com/




Harga Envy Body Slim

Harga ENVY (Baju)      :Rp.167.900

Harga ENVY ( Celana)  :Rp.159.300

Total seluruhnya           :Rp.327.200

 http://www.envyslim88.blogspot.com/

   
Jumlah Posts : 141
Jumlah di-Like : 1
DEAR BUNDA ADA INFO DARI SEBUAH MILIS YANG BISA JADI BAHAN PEMIKIRAN, YANG MUNGKIN SUDAH AGAK LAMA SIH...TAPI SEKEDAR BUAT INFORMASI AJA SIAPA TAHU ADA YANG BELUM TAHU...... MASIHKAH SIKECIL MENONTON TELETUBBIES?????? Walaupun kelihatan sepintas lucu, namun dibalik film tersebut tersembunyi pesan pesan Kampanye Homoseks, sehingga telah menimbulkan reaksi diberbagai dunia. Sebagian besar negara Eropah, negara Islam, Malaysia dan bahkan Singapore telah melakukan banned atas penayangan film, cuma justru lucunya tidak ada satupun organisasi Islam di Indonesia / MUI melakukan hal itu. Apakah karena terlalu sibuk??
Namun sampai saat ini walaupun penayangan di TV sudah tidak adalagi (karena sudah habus serialnya) namun kelihatannya "Teletubbies" sudah menjadi Trade Mark terbukti dengan penggunaan maskot & attributnya dalam berbagai produk anak anak (baju, kue Ul-Tah, Kaos dll) masih sering kita jumpai. Kampanye Homoseks Teletubbies Seorang Pendeta terkemuka di Amerika menguraikan misi homoseks di balik tayangan lucu Teletubbies. Kontroversi meluas. Singapura melarang penayangannya. Indonesia?
"Suka nonton Teletubbies?" Bila pertanyaan itu dilontarkan kepada anak-anak, niscaya akan dijawab 'ya'. "Bagus sih. Lain sama Pokemon atau Shinchan yang jorok," kata Eki, murid kelas IV sebuah SD di Rawamangun, Jakarta.
Saat ini, tontonan yang diputar hampir saban hari di Indosiar itu memang sedang digandrungi anak-anak. Television in the tummy of the babies (disingkat Teletubbies, televisi di perut para bocah) adalah film yang menampilkan empat tokoh boneka gendut (tubby) dan lucu bernama Tinky-Winky (berwarna ungu), Dipsy (hijau), Laa-Laa (kuning), dan Po (merah). Di kepala empat sekawan itu ada antena, yang menandakan bahwa televisi memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi anak-anak. Rumahnya berupa lapangan golf yang hijau dan sejuk, disebut Teletubbyland. Di situ ada kincir angin, televisi, kelinci, pancuran air, yang selalu disinari matahari berwajah bayi imut-imut.

Film rekaan Anne Woods dan Andrew Davenport yang pertama kali muncul di Inggris tahun 1995 itu tak sekadar nongol di televisi. Pernik-perniknya juga membanjir di toko mainan, toko buku, mal, pasar, sampai perempatan lampu merah. Bentuknya bisa komik, kartu, boneka, VCD, gantungan kunci, stiker, sikat gigi, tempat nasi, handuk, pigura, dan berbagai asesoris peralatan sekolah. Bahkan kini telah terbit majalah Teletubbies. Pendeknya, sang idola itu bisa menyapa anak-anak di mana saja, kapan saja. Tak mengherankan bila anak-anak begitu akrab.
Cuma, ada satu hal yang agaknya sulit dikenali anak-anak pada umumnya, yakni jenis kelaminnya. Sebab, kostumnya sama, aktivitasnya pun tak berbeda. Robbi Mighfari dan Balivia Andi Permata, murid-murid sebuah TK di Surabaya, mempunyai jawaban berbeda ketika ditanya mana dari anggota Teletubbies yang perempuan. Robbi menjawab Po. "Sebab Po kan warnanya merah," alasannya. Tapi menurut Balivia justru Tinky-Winki-lah, si ungu, yang perempuan.
Bagi Eki, yang paling membingungkan adalah sosok Tinky-Winky, anggota Teletubbies yang paling besar. "Dia itu laki-laki, tapi kadang tingkahnya kayak cewek. Suka mbawa tas dan bunga. Kayak orang banci,' ujarnya.
Di Barat identitas Teletubbies memang sempat menjadi perdebatan heboh. Bermula dari pendapat Pendeta Jerry Falwell dalam sebuah tulisan di National Liberty Journal (Februari 1999) yang menilai Teletubbies membawa misi homoseksualitas lewat tokoh Tinky-Winky. Alasannya? "Tinky-Winky berwarna ungu warna kebanggaan kaum gay dan mempunyai antena segitiga terbalik di kepalanya simbol kebanggaan gay," kata Falwell.

Majalah Time edisi 12 Oktober 1998 juga menyatakan hal yang sama. Di situ dilaporkan bahwa Tinky Winky yang membawa tas/dompet merah merupakan ikon kaum gay di Inggris. Identitas tokoh-tokoh Teletubbies memang tidak jelas. Perbedaan gender hanya digambarkan secara samar dengan suara dan pilihan warna: ungu dan hijau muda untuk laki-laki, merah dan kuning untuk perempuan. Dan di mata Falwell, ini dianggap sebagai pembenaran terhadap aktivitas homoseksual dan biseksual.
Kalangan rohaniwan Kristen menilai, indoktrinasi dini terhadap anak batita (di bawah tiga tahun) lewat Teletubbies akan menyebabkan anak tak bisa membedakan mana laki-laki mana perempuan. Lebih berbahaya lagi kalau anak sudah dicekoki nilai: boleh saja laki-laki sekali-sekali menjadi perempuan, dan sebaliknya. "Diluncurkannya Teletubbies adalah khusus untuk berkomunikasi dengan balita guna memasukkan nilai homoseksualitas. Dengan cerita berbahasa bayi, digambarkan bahwa perilaku homo dan biseks adalah wajar," masih kata Falwell.

Menurut psikolog pendidikan Elzim Khosyiyati, ketidakjelasan identitas ini berbahaya bagi perkembangan psikis anak-anak. "Itu sama dengan mengaburkan esensi dari nilai pendidikan anak yang harus jelas dan tegas," ujar Elzim yang juga aktivis Lembaga Pendidikan Islam Dwi Matra, Surabaya.
Hal senada ditulis Berit Kjos di situs Edutainment. Menurutnya, secara tidak disadari, anak-anak dibentuk Teletubbies untuk bisa menerima kelainan-kelainan perilaku seksual seperti biseksual, homoseksual, dan lesbian sebagai sesuatu yang wajar. Juga, anak-anak dibentuk untuk menjadikan televisi sebagai dunia mereka. Pendapat Kjos ini sama dengan pandangan umum kaum ibu di Inggris yang menilai Teletubbies mensosialisasikan televisi kepada anak-anak dalam usia terlalu dini.
Tuduhan bahwa Teletubbies membawa misi gay segera ditentang keras oleh Ragdoll Productions dan koleganya, produser film ini. Juru bicara untuk Itsy Bitsy Entertainment Co., pemegang lisensi Teletubbies di AS, berdalih bahwa dompet Tinky Winky adalah tas ajaib. "Sebenarnya yang dibawa tak menunjukkan dia gay. Ini adalah pertunjukan anak-anak, cerita," kata Steve Rice seperti dikutip Associated Press (1999).
Yang paling keras menentang Falwell tentu saja kalangan gay. Dalam sebuah wawancara diCBS, Joan Garry yang mewakili Aliansi Gay dan Lesbian, dengan nada cemooh menganggap Falwell sebagai penuduh yang pandir. Sedangkan Michael Colton di harian New York Observer menganggap tuduhan itu sebagai hal yang terlampau aneh dan mengerikan. Stan Yann dalam The Voice malah balik menuduh Falwell sebagai pendeta gemuk seperti Teletubby (tubby= gemuk) yang bodoh.

Namun pendapat Falwell tidak salah bila kita cermat melihat adegan film Teletubbies. Tingkah laku si Ungu memang seperti seorang gay. Dia suka bunga, membawa dompet warna merah, gerak tariannya dan nada nyanyiannya. Sebuah kebiasaan orang perempuan. Padahal keterangan resmi yang dikeluarkan sebuah produsen acara teve anak-anak PBS kids, jenis kelamin Tinky Winky adalah male (laki-laki).
Tinky Winky juga tak segan-segan berebut rok dengan Po. Saat rebutan itu terjadi, 'dewa'-nya Teletubbies matahari bermuka bayi lucu lalu mengatur agar yang berebut rok itu memakainya secara bergantian. Dewa bayi itu seolah menjadi 'tuhan' yang menganjurkan perilaku seks menyimpang.

Kalangan orang tua juga mesti waspada dengan adegan 'berpelukan' yang selalu dilakukan empat sekawan itu di akhir acara. Menurut Elzim, pelukan di antara anggota keluarga wajar, dan baik baik. Namun efek adegan berpelukan Teletubbies sangat didasari kebudayaan Barat. Ibu dua anak ini sekarang kerap menjumpai kecenderungan anak-anak di sekolah yang gandrung Teletubbies sering melakukan pelukan kepada kawan perempuan maupun lelaki, baik berlawanan jenis maupun tidak. "Di satu sisi memang bisa mengakrabkan, tapi di sisi lain bila perilaku ini terus-menerus dilakukan bisa fatal akibatnya. Anak-anak akan terbiasa melakukan pelukan dan ciuman dengan siapa saja tanpa pandang bulu."

Dampak lebih jauh, bila yang gandrung adalah anak laki-laki, akan berbahaya. "Anak laki-laki yang suka boneka Teletubbies akan terpengaruh seperti jiwa anak perempuan, bahkan bisa saja kemudian hari memperlakukan dirinya seperti perempuan atau waria," jelas Elzim.
Tidak hanya ajaran gay. Cara bicara tokoh Teletubbies yang cedal pun banyak diprotes kalangan ibu-ibu di Inggris. Misalnya pelafalan kata 'Halo' menjadi 'Ee-o'. Menurut Elzim Khosyiyati, bahasa cadel semacam itu tidak baik bagi proses pembelajaran kemampuan verbal anak. "Kita seharusnya mengajarkan pesan verbal secara tegas dan jelas kepada anak," ujarnya.

Meski penuh kontroversi, Teletubbies terus melaju tinggi. Ia telah mendatangkan keuntungan 80-an juta poundsterling bagi Ragdoll Productions dan BBC Worldwide, produsernya. Kini 45 negara di dunia menyiarkan serial anak-anak yang ternyata mengusung misi kaum Nabi Luth ini, dan menjadi terpopuler di dunia.
Bagi negeri yang peduli terhadap anak-anak, Teletubbies dilarang. Di Singapura, serial Tinky-Winky dan kawan-kawan ini tidak ditayangkan karena dianggap berpengaruh buruk terhadap perkembangan jiwa anak. Bagaimana di Indonesia????

Teletubbies Digugat, Menyebarkan Tradisi Gay?

Lucu amat mereka yaaa, imut-imut gemas dan empuk. Itu yang kita bayangkan ketika melihat 4 sosok selebritis baru kesukaan anak batita. Setiap ke pasar, pasti anak merengek minta dibelikan boneka salah satu dari 4 tokoh tsb. Entah yang Ungu (Tinky Winky, paling besar), Hijau muda (Dipsy), Kuning (La Laa) maupun Merah (Po, paling kecil). Saya hafal karakter-karakter mereka sampai kepada model antena di kepala masing-masing adalah karena diprotes anak-anak. Tinky Winky antenanya adalah segitiga terbalik, Dipsy lurus seperti tongkat mencuat ke atas, La Laa melingkar seperti pegas dan Po antenanya seperti bulatan cincin. Beberapa produsen boneka 'aspal' (asli palsu) meniru dengan tidak tepat, sehingga ketika saya membelikan anak saya, saya diprotes: " Nggak cocok Ummi…., antena Po bukan seperti tongkat, tapi Dipsy yang begitu." Apalah artinya mainan.

Kemudian berlanjut dengan membeli VCD nya. Lucu-lucu blo'on, khas anak baru belajar bicara. Dengan satu catatan: suara yang dipakai adalah suara dewasa yang berlogat celat, sehingga kesan saya: koq seperti orang cacat mental? Tetapi sekali lagi: Apalah artinya mainan. Apalagi memang sarat fantasi ruang angkasa dengan gambaran rumah yang seperti pesawat ruang angkasa dan segala pernak pernik khayalan termasuk matahari dengan wajah bayi di tengah-tengahnya.
Jalan ceritanya pun amat-amat sederhana: mengenalkan berbagi mainan, mengenalkan bermain bersama, mengenalkan bahwa setiap orang punya barang kesukaan (my favorite things)…. Begitu sederhana sampai bungsu saya yang belum dua tahun sudah bisa menirukan kata-kata mereka yang khas : "A-oo" sambil menutup mulut. Itu adalah ritual Teletubbies jika ada sesuatu yang salah atau sesuatu yang kurang.Tanpa sadar gaya mereka memang mudah sekali melekat pada batita dan tidak mustahil akan selamanya. Sekali lagi: Apalah arti mainan?

Tapi ternyata artinya lebih dari sekedar mainan. Beberapa waktu yang lalu beredar di internet polemik tentang Teletubbies.

Ada seorang pastor menggugat sosok Tinky Winky yang seperti banci: suara berat tapi suka sekali pada dompet. Menurut salah seorang pengamat media anak, penggambaran sosok laki-laki (suara yang berat) dengan memakai dompet merah seperti itu, khas dompet kaum ibu di Inggris raya, bahkan seperti tas tangan Ratu Elizabeth pada acara-acara sosial, sangat feminin. Pada awalnya pastor tsb-pun digugat balik oleh para pendukung Teletubbies dengan berdalih bahwa dompet Tinky Winky adalah "magic bag" alias dompet ajaib, jadi buat apasih diributkan? Itu kata mereka (it's nothing important), sekali lagi: Namanya juga mainan khayal apapun boleh. Tetapi apakah benar begitu saja?

Ternyata semakin banyak yang terungkap dalam polemik yang kemudian juga melibatkan berbagai pengamat media anak di daratan Eropa dan Amerika. Info lain yang masuk semakin mengejutkan:
1)Warna Tinky Winky adalah warna kesayangan kaum gay
2)Antena Tinky adalah simbol Gay atau lesbian (jika dibalik)
3)Antena Dipsy adalah simbol (maaf) kelamin laki-laki.
4)Antena Po simbol perempuan

Bahkan dari jalan cerita salah satu filmnya, jelas menunjukkan sebuah niat untuk memperkenalkan tingkah laku para homosex, yaitu Tinky Winky berebut rok dengan La Laa dan diperbolehkan oleh si Matahari (yang di dalam Teletubbies Land dianggap sebagai simbol pengganti semua otoritas dunia manusia, yaitu otoritas orangtua, guru dll termasuk Tuhan!). Jadi ada satu lagi yang diajarkan di sini: re-definisi atas simbol-simbol otoritas!

Selama ini kaum homosex sedang bergelut untuk minta pengakuan dunia bahwa homosexual adalah sebuah kecenderungan sejak lahir (dalam bahasa Islam disebut fitrah, sebagaimana ketertarikan laki-laki terhadap perempuan). Mereka menggugat agar punya gereja sendiri dan bisa menikah resmi dengan pasangannya, mereka juga menggugat agar masyarakat menerima mereka sebagaimana menerima para cacat mental atau orang buta. Innocent!Tanpa dosa!

Sejauh ini sudah ada gereja-gereja dan pendeta-pendeta yang cukup 'gila' untuk mengakui mereka kemudian mau menikahkan pasangan gay atau lesbian, tetapi tetap saja Kepausan di Roma menolak dan mengkucilkan pendeta dan gereja yang menyimpang. Otoritas agama seperti itu amat di tentang oleh kaum gay dan dianggap melanggar 'hak asasi mereka'. Kemudian inilah yang kita lihat, sebuah usaha untuk mulai mengubah tata nilai manusia dengan mendidik batita dengan bahasa batita.

Agaknya mereka berharap bahwa dengan mengajarkan batita "kesamaan dan persamaan" bagi mereka dan segala tingkah laku menyimpangnya, maka 20 tahunan lagi mereka akan diakui sebagai sebuah komunitas yang sah, sebagaimana sekarang orang Amerika menganggap sah adanya komunitas negro atau hispanik di Amerika Serikat.Globalisasi telah membuat Teletubbies ini bukan hanya nge-top di negeri asalnya Inggris (pertama kali diluncurkan sebagai program Unesco di stasiun TV PBS dan kemudian BBC), tapi juga segera merambah ke seluruh dunia. Keberhasilan mereka terletak pada bahasa komunikasi yang mereka gunakan.

Para aktornya telah susah payah diajarkan bagaimana bertingkah laku, berbicara dan bergerak seperti Batita (toddler). Mengingat betapa sedikitnya film-film yang mendidik yang benar-benar bisa bicara dengan batita, saya akui teknik mereka dalam berkomunikasi dengan batita amat canggih. Meskipun kita, sebagai orang dewasa akan merasa ganjil dengan gaya Teletubbies (seperti kesan yang saya dapatkan yaitu seperti orang cacat mental), tetapi bagi batita mereka betul-betul mewakili dunianya. Penuh warna, main kejar-kejaran, banyak bunga dan binatang tak berbahaya, lapangan luas dan matahari yang bersinar cerah.

Absennya sosok penting bagi batita ternyata merupakan sebuah kesengajaan demi melancarkan misi kaum gay. Sosok yang hilang adalah sosok orangtua. Biasanya, bagi batita sosok 'mama' atau 'papa' amat lekat dengan dunia mereka. Dalam Teletubbies Land, sosok itu ditiadakan (baik mama maupun papa) karena sosok-sosok inilah yang mulai menanamkan nilai-nilai tradisi dan ideologi kepada anak termasuk agama dan nilai sosial masyarakat sejak kecil.

Inilah yang sedang 'dimusuhi' kaum gay, karena biasanya orangtua-lah yang memperingatkan anaknya jika berada dekat-dekat dengan gay, takut ketularan Aids maupun takut terbawa perilaku mereka. Nah, dalam Teletubbies Land tak perlu ada orangtua, anak-anak bisa hidup mandiri dan tetap gembira tanpa mama atau papa sebagai sosok otoritas. Jika ada sesuatu yang tidak beres, ada sosok lain yang punya tugas khusus, yaitu Nu-Nu si Vacum Cleaner, sebagai sosok pelayan yang membereskan apa yang di kacaukan atau dibuat berantakan oleh para Teletubbies. Jadi tak perlu mama.

Satu-satunya sosok otoritas yang dibolehkan ada adalah sosok matahari dengan wajah bayi (sebagaimana wajah para pemirsa). Jadi dalam Teletubbies Land sosok otoritasnya berada dalam posisi yang sedikit banyak 'sejajar' dengan para Teletubbies maupun penonton: sama-sama bayi! Dan sang 'matahari bayi' tadi mengajarkan: boleh saja boys (laki-laki, yaitu Tinky Winky) memakai rok ballet berenda bergantian dengan La Laa dan yang lain. Jadi 'boys' dan 'girls' boleh bertukar peran, karena dalam Teletubbies Land jenis kelamin tidak penting dan boleh gantian! That's it !!

Ini adalah sosialisasi awal yang amat-amat halus dan canggih dengan sasaran yang amat tepat: anak yang sangat kecil yang putih bersih bagai kertas kosong. Bahkan ada pengamat media lain yang mensinyalir bahwa matahari bayi yang digambarkan dalam serial ini diambil dari mitos-mitos para penyembah berhala.Seolah para pencipta Teletubbies ingin menciptakan Dewa baru bagi manusia, yaitu dewa yang menerima gay sebagai kewajaran dalam hidup.
Wah-wah wah, apalagi yang lebih berbahaya? Perilaku kaum Luth, penghilangan fungsi lembaga keluarga (bapak dan ibu) serta penyembahan berhala.
Masih bisa diamati lebih lanjut, yaitu apa saja celotehan dan tingkah laku para Teletubbies sebenarnya sarat dengan istilah-istilah khas dunia mesum dan dunia gay. Tentunya para 'pakar kemesuman' lebih bisa menjelaskannya. SEMOGA ARTIKEL INI BISA BERMANFAAT BAGI KITA UNTUK LEBIH SELEKTIF DALAM MEMILIH TONTONAN UNTUK SI KECIL....SALAM MANIS MAMA RAKA&RARA
   
Jumlah Posts : 720
Jumlah di-Like : belum ada like
Inilah info hebat untuk Anda yang mendambakan tubuh ramping & sehat dengan Cara alami dan 100% BEBAS EFEK SAMPING !!

Sangat cocok bagi siapapun : mahasiswa, remaja, ibu rumah tangga, wanita Karir yang sangat aktif & sibuk, pekerja kantoran, pria dan wanita, tua dan muda.

Bagaimana Anda bisa menjadi langsing ?
1. Dengan berolah raga, perlu waktu khusus (kadang-kadang peralatan & Latihan khusus) dan perlu waktu agak lama untuk melihat hasilnya.

2. Mengkonsumsi makanan/minuman pelangsing, tidak selalu cocok bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, tubuh justru memberikan efek penolakan terutama jika produk terbuat dari bahan yang mengandung senyawa kimia/bukan bahan alami. Perlu konsultasi dengan dokter ahli jika ybs memiliki riwayat penyakit tertentu.

3. Diet ketat. Anda pasti tidak menyukai cara ini. Cukup menyiksa, perlu Biaya lebih, dan kedisiplinan tinggi. Jika Anda lalai, tubuh Anda akan segera Melar kembali dengan cepat. Jika demikian, kapan Anda akan menikmati kondisi tubuh langsing Anda sendiri ?

4. Operasi sedot lemak. Perlu biaya tinggi dan cukup beresiko.

5. Menggunakan korset biasa. Ada yang menggunakan kawat, ada juga yang menggunakan butiran magnet/butiran penyerap infra merah. Korset dengan kawat tentu saja sangat menyiksa, selain ukurannya harus diganti bila ukuran tubuh Anda berubah, untuk menggunakannyapun Anda perlu tenaga ekstra. Korset Dengan butiran penyerap infra merah yang ditempelkan pada kain, cukup baik Digunakan asal Anda bisa pastikan bahwa butiran-butiran yang ditempelkan tidak lepas Saat dicuci. Pada korset model ini, butiran penyerap infra merah hanya dilekatkan pada bagian-bagian tertentu saja sehingga penyerapan menjadi kurang optimal.



Jika demikian, maka solusi untuk Anda adalah : Gunakan Envy Body Slim sekarang juga !!
Envy Body Slim, pakaian kesehatan & pelangsing tubuh dengan : - teknologi yang meringkaskan ukuran butiran penyerap infra merah hingga skala 1 : 1000 juta tapi memberi fungsi berlipat ganda. - Efektifitas hingga 5 kali lipat - Kualitas produk terjamin - Dapat digunakan kapanpun dan di manapun - Aman digunakan segera setelah melahirkan
Mengapa Envy Body Slim ? Ya, - Produk ini telah teruji dan terbukti di Malaysia , Singapura , Thailand , Brunai dan kini di Indonesia . - Ekonomis. Hanya sekali bayar untuk pemakaian hingga TIGA tahun. Dan Anda tidak perlu mengganti ukuran korset saat tubuh Anda menjadi lebih langsing dari semula, sebab... - Envy Body Slim sangat elastis dan ringan - Bisa digunakan untuk Anda yang memiliki ukuran pinggang hingga max 116 cm - Infra Red membuatnya bekerja hingga 5 kali lebih efektif - Memiliki tekstur bahan yang sangat lembut - Anda bisa merasakan manfaatnya dalam 14 hari pertama. - Nyaman dipakai untuk kegiatan apapun, ke kantor, berolah raga, ke pesta dll. - Tanpa efek samping             Dipakai setelah melahirkan ? Ini memang jagonya !
  Manfaat Envy Body Slim bagi Anda : * Membakar lemak yang berlebihan dan menggeleber di badan. * Membantu menegangkan pinggul * Menyokong bahagian dada dan menghindarkan bentuk peha yang menggeleber. * Selesa dan mudah di pakai.. * Menyerap peluh & tidak terasa gatal. * Mudah dicuci dan di jaga. * Hanya perlu pakai minimum 8 jam sehari * Sesuai untuk wanita selepas bersalin    
ENVY BODY SLIM SERI CORSET DAN GIRDLE 5 kelebihan memakai Envy Corset dan Envy Girdle

1) Terdapat Infra Merah Jauh ( FIR )
Infra merah jauh mempunyai daya tembus ,serap&rangsangankepada manusia dengan meningkatkan peredaran darah danmengoptimalkan perjalanan sistem saraf.
FIR yang terdapat di bahan Envy menguraikan lemak danmenjalankan detoksifikasi ( menyingkirkan air yangtersimpan dalam tubuh .) FIR juga berkesan sekali dalamperawatan dan mencegah sakit di bagian belakang.
2) Bahan Super Elastis
Envy Corset dan Envy Girdle dibuat dari bahan super elastisyang merupakan bahan berkualitas tinggi yang bersifatlentur dengan tenunan mikro. Bahan yang terdiri dari 10%spandeks dan 90 % nilon ini merupakan bahan terbaik
dengan indeks kelenturan tinggi untuk menyokong tulangbelakang,
posisi sikap tubuh dan membentuk tubuh yang indah.

3) Kemampuan Menyerap Keringat Yang Baik
Jaringan bahannya berupaya menghilangkan bau badan dengancepat dan nyaman
dipakai sewaktu cuaca panas disamping itu mempunyai dayapenyerapan keringat sebanyak 40% .
Bahan Envy yang lembut dan halus ini mencegah masalahkulit walau dipakai selama 24 jam. Bahan Envy dihiasidengan bahan kain “lace” yang halus untuk mencegahpembiakan kuman.

4) Dilengkapi dengan 12 Kerangka Besi
Envy Corset dan Envy Girdle ini dilengkapi dengan 12kerangka untuk menyokong postur tulang belakang yang tepatdan mencegah sakit tulang belakang.
Juga membentuk dada yang sempurna menjadikannya kelihatanlebih indah.
Kerangka besi ini tidak terlalu keras dengan kualitas yangtinggi supaya tahan lama dan tidak berubah bentuknyasetelah dipakai.

5) Potongan 4 D ( 4 Dimensi ) Dengan potongan 4D yang terdiri dari beberapa bagiantidak hanya bagian depan dan belakang saja.Sertamenitikberatkan bagian – bagian tubuh tertentu, bentuktubuh dapat dibentuk & diperbaiki dengan cepat setelahmemakai Envy Corset & Envy Girdle.
Kandungan Dasar Bahan Envy 1. Butiran Infra Merah 6 - 14 mikron 2. Gelombang Magnetik 3. Ion Titanium 4. Fiber Anti Kuman 5. Bahan Tenunan berelastis tinggi
      Siapa yang patut membeli dan memakai? * Wanita bekerja * Surirumah * Wanita selepas bersalin * Gadis remaja * Suami penyayang * Wanita melebihi 40 tahun NVY CORSET & GIRDLE dipersembahkan untuk WANITA MASA KINI

KHASIAT ENVY GIRDLE :
·Envy Girdle membantu mengecilkan perut , melangsingkanpinggul dan pinggang.
·Potongan bahan di bagian belakang Envy Girdle berbentuk apel untuk membentuk pantat agar terlihat lebih bulat dan padat,12 kerangka besi yang lentur di bagian belakang Envy Girdleuntuk menyangga pinggul anda dan mengurangi bagian yang menonjol akibat lemak.
· Didesain panjang hingga ke lutut agar nyaman waktudipakai.
Berenda lebar agar Envy Girdle tidak tergulung di bagianpaha.   Cara memakai Envy Girdle :
1. Gunakan kedua tangan untuk menggulung Envy Girdle
bagian dalam ke luar ( seperti memakai stoking nilon bentukcelana)
2. Masukan satu kaki dan tarik sampai batas lutut kemudiandiikuti kaki yang sebelah lagi.
3. Tarik Envy Girdle ke batas pinggang dan sesuaikan posisipantat dengan memasukkan tangan untuk menaikkan punggung.

KHASIAT ENVY CORSET :
· Envy Corset membantu mengecilkan perut,melangsingkanpinggang
dan menaikkan payudara.
· Membentuk dan menyangga bagian atas tubuh.
· Kerangka besi yang lentur ( 4 bagian depan,4 di bagianbelakang, dan 2 di tepi )
supaya tidak menggembung dan menyangga tulang belakang.
· Empat baris cantelan baju pada corset bagian depan untukmemudahkan pemakaian
CARA MEMAKAI ENVY CORSET
1. Pakai pakaian dalam sebelum memakai Envy Corset 2. Kancingkan dari bawah ke atas   KELEBIHAN ENVY CORSET & GIRDLE DIBANDINGKAN MEREK LAIN

1. Tepi ( Envy Corset) ----- Tidak menyakitkan bagianketiak
2. Belakang ( Envy Corset ) ---- Tidak menyakitkan tulangbelikat , tidak menggelembung di bagian belakang tubuh.
Envy girdle(celana bertulang) & korset (baju bertulang) memakai tulang dan butiran infra merahnya menghadap ke dalam.Kalau envy corset (baju bertulang)ada kelebihannya yaitu membuat badan kita tegak dan tidak bungkuk lagi dan juga berfungsi menopang payudara jadi kelihatan lbh naik.Untuk envy girdle(celana bertulang)&corset(baju bertulang)ini memang all size tapi sebaiknya jika mau memakai envy girdle +corset ini teman2 memiliki ukuran lingkar pinggang mulai dr 65-95 cm dan ukuran lingkar bokong mulai dr 90-115cm.Jadi jika teman2 yang ukuran lingkar dada dan lingkar bokongnya diluar itu tidak bisa memakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang).Tulang pada envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) tidaklah sekeras longtorso,tulangnya sangat lentur jadi teman2 akan merasa nyaman bgt pakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) ini.
Kelebihan lain Envy Corset&girdle:
1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat 2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar 3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh 4.envy celana dengan kawat lunak
          Perbedaan envy girdle&corset dgn envy body slim

Perbedaan utamanya adalah pada ada / tidaknya tulang rangka lunak dan letak butiran infra red pada envy.

Envy girdle-corset ada rangka tulang lunaknya.Envy girdle(celana bertulang) & korset (baju bertulang) memakai tulang dan butiran infra merahnya menghadap ke dalam.Kalau envy corset (baju bertulang)ada kelebihannya yaitu membuat badan kita tegak dan tidak bungkuk lagi dan juga berfungsi menopang payudara jadi kelihatan lbh naik.

Untuk envy girdle(celana bertulang)&corset(baju bertulang)ini memang all size tapi sebaiknya jika mau memakai envy girdle +corset ini teman2 memiliki ukuran lingkar pinggang mulai dr 65-95 cm dan ukuran lingkar pantat mulai dr 90-115cm.

Jadi jika teman2 yang ukuran lingkar dada dan lingkar bokongnya diluar itu tidak bisa memakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang).Tulang pada envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) tidaklah sekeras longtorso,tulangnya sangat lentur jadi teman2 akan merasa nyaman bgt pakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) ini.


Kelebihan lain Envy Corset&girdle:

1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat

2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar

3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh

4.envy celana dengan kawat lunak

5.Meskipun envy girdle&corset memakai tulang tapi tidak membuat sesak di badan.


Envy Baju dan celana Body slim adalah envy baju dan celana yang tidak bertulang dan butiran infra rednyamenghadap ke luar btknya spt kaos singlet dan celananya spt celana bycle pants.Karena tidak bertulang maka lbh elastis dibanding envy girdle&corset.jadi bisa mengcover orang yang berat 40 kg s/d 80kg-an.envy slimming celana dan baju rasanya ringan dan tak membuat sesak di badan


Kesaksian Pemakai dan Pecinta ENVY Slim di Indonesia

Nani supriadi
Saya mempunyai masalah seperti yang dialami para ibu yang baru saja melahirkan anak yaitu berat badan bertambah.Berat badan saya naik menjadi 60 kg.Sebelumnya berat badan saya 47 kg.Karena kelebihan berat badan inilah membuat saya ingin diet tapi saya sempat frustasi sebab saya sulit sekali untuk diet dan akibatnya berat badan saya tidak turun turun.Sampai akhirnya suatu hari, teman kantor suami saya menawarkan produk ENVY dan suami saya tertarik untuk membelikan produk tersebut untuk saya dengan harapan dapat menurunkan berat badan saya.Saya senang sekali dan saya langsung menggunakannya.Saya menggunakan ENVY-2 dan ENVY-3. Pada saat menggunakan Envy saya merasa makan saya jadi tidak terlalu banyak dan lemak pada tubuh saya berkurang khususnya pada bagian paha serta infra red yang ada pada Envy membuat rasa pegal-pegal pada tubuh karena aktifitas sehari-hari tidak saya alami lagi dan tubuh saya menjadi lebih enak. Produk ENVY memang luar biasa hebat, sebab dalam waktu 2 bulan berat badan saya turun menjadi 53 kg.ENVY Membantu saya tampil lebih langsing dan percaya diri.


Retno Widyaastuti
Setelah kelahiran anak ke-4 , awalnya tidak ada niat untuk memperbaiki tubuh.Saat itu yang terpikir memang sudah semestinya perut besar karena seringnya bersalin.Jadilah saya ibu gendut dengan berat badan 85 kg ( bahkan pada saat hamil mencapai 95Kg).Penampilan saya tetap seperti hamil 5 bulan walaupun sudah melahirkan.Saya pantang berdiet,mengingat sejak usai muda tekanan darah saya rendah dan HB pernah sampai 5 dan harus dirawat dirumah sakit.Hampir 3 kali penawaran envy saya pandang sebelah mata karena tidak mungkin dengan kondisi saya bisa diet.Namun setelah membaca kemasan ENVY yang menyatakan dapat membantu memperlancar peredaran darah, metabolisme lemak berlebih.Rasanya tidak ada salahnya untuk mencoba.Ternyata kurang dari 2 minggu,saya merasa tubuh lebih sehat dan ringa.Pada saat cek tekanan darah membaik(120/90) sebelumnya hanya (90/60).Dan disamping itu , berat badan saya turun 5kg.ENVY benar-benar luar biasa.Sekarang saya tidak lagi sesak karena kegemukan , tidak lagi sulit mendapatkan ukuran pakaian L ( sebelumnya Triple L).Dan yang lebih hebat lagi hampir seluruh teman saya berlomba - lomba untuk menggunakan ENVY BODY SLIM karena mereka melihat perubahan bentuk badan saya.ENVY memang luar biasa,dapat menjadikan tubuh tetap sehat dan menghilangkan lemak berlebih.Mendapatkan bentuk tubuh ideal bukan hanya mimpi tapi bisa menjadi kenyataan.Terima kasih ENVY BODY SLIM.

Selvi

Pengalaman saya pribadi memakai ENVY...Aku abis ngelahirin 13 februari, selama hamil berat badan naik sampai 19,5 kg..(anak pertama)..kemudian bulan pertama setelah melahirkan berat badan turun sekitar 6kg..setiap hari pakai bengkung, gurita...cape banget..akhirnya tau soal envy..beli deh...ternyata lumaya hasilnya..lebih simpel dari pada harus masang gurita, dan badan lebih enak, dan yang paling penting berat badan turun lebih cepat...sekarang setelah 3 bulan total berat badan yang udah hilang 15kg...tinggal 4 kg lagi..cuman celana kerja sudah muat semua..(kan cuti udah selesai..jadi mesti masuk kerja)..Perlu dicatat..aku sama sekali tidak diet karena masih menyusui, makan malah tambah banyak...Sebulan pertama aku pake Envy gridle (yang pakai kawat) setelah itu pakai yang Envy slim...Bahannya enak banget, nyaman, tidak panas, bisa dipakai waktu tidur..dan tidak menganggu acara menyusui karena bahannya sangat elastis jadi...So yang punya masalah berat badan atau mau merampingkan bagian2 tubuh..ayo coba ENVY...harganya SANGAT TERJANGKAU dibanding produk korset lainnya...

Santi

Aku habis melahirkan. Berat badanku naik nggak kira-kira. dari 50kg jadi 72kg. Hiks! Resiko ibu hamil yang akhirnya aku alami deh. Penampilan nggak sedap dilihat, nggak lincah, dan kurang pede jadi akibat kelebihan berat badan.Aku sudah mencoba pakai stagen. duh ribetnya. Sudah begitu sering naik turun karena aktifitas yang kulakukan sehari-hari. Bahkan kalau kelewat kencang, serasa mual perut ini.Padahal, aku pengen banget langsing kembali. Merindui badan yang dulu lagi. Aku maunya tetap menyusui. Malas diet apalagi langsing secara instan pakai obat. Nggak deh! sayang kan si kecil masih butuh asupan gizi dari ASI?Trus gimana dong?Akhirnya aku ditawari temen pakai product ENVY. Aku beli yang Envy Slim dulu, baru sehari pakai dah beda sekali rasanya. Bahkan suamiku malam-malam sempet kaget," Lhoh mah, kok perutnya nggak kayak hamil 3 bulan lagi?"Aku sih senyum aja. Dan demi suami juga aku berusaha menjaga penampilan, tapi juga tetap mikir agar tetap bisa menyusui anakku yang masih minum ASI.Aku bekerja, rutinitasku ke gym atau olahraga laen ( aku dulu suka basket, renang, jogging dan sepak bola ) sekarang sudah susah kujalani lagi. Waktu habis buat bekerja dan ngurus anak.Dan karena aku termasuk yang suka gerak, aku putuskan untuk membeli Envy Gridle yang konon katanya lebih bagus buat membantu melangsingkan + membentuk tubuh yang ideal. Hitung-hitung sebagai ganti dengan Envy Slim-ku yang sebelumnya sudah aku miliki.Nah, kepengen juga ikutan seperti aku? sekarang berat badanku 65kg. Aku pengen lebih bugar dan ramping lagi. Maunya seperti temenku yang merekomendasikan produk ini, karena dengan ENVY ini juga dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16kg dengan hitungan tidak kurang dari 5 bulan.

 Pemesanan Envy bisa langsung telp ke:

LINDA 

0 8 1 6 1 4 0 0 9 4 6

0 2 1 -  9 2 9 9 7 9 8 9



Harga Envy Corset : Rp. 302.400,00

Harga Envy Girdle :  Rp.274.300,00

Total                          :  Rp.576.700,00


Nb: untuk melihat gambar Envy Girdle & Envy Corset silahkan kunjungi :

http://www.envygirdle88.blogspot.com




Harga Envy Body Slim

Harga ENVY (Baju)      :Rp.167.900

Harga ENVY ( Celana)  :Rp.159.300

Total seluruhnya           :Rp.327.200


http://www.envyslim88.blogspot.com

   
23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
Jumlah Posts : 720
Jumlah di-Like : belum ada like
  Mau berbagi pengalaman ah!! Setelah melahirkan berat badan linda naik hingga 20kg dan

punya masalah dengan perut yg menggelambir mau diet tapi lagi kasih ASI,mau olahraga

tidak ada waktu, mau minum pil takut, akhirnya linda pakai ENVY dan hasilnya luar biasa

perut yg menggelambir tidak lagi, paha menjadi kencang,pinggul menjadi kecil dan juga

bisa menaikan payudara,kini linda sudah langsing lagi, semua berkat ENVY. Bagi teman -

teman yang mau memesan envy teman - teman bisa hubungi linda di hp 08161400946 atau

021-92997989 bisa juga add YM linda di putri_thatagata@yahoo.com.untuk masalah Harga

dijamin deh Murahnya contact aja linda ya.Kalau MP nga bisa dibuka kunjungi aja

:http://www.envyslim88.blogspot.com / juga http://www.envygirdle88.blogspot.com
Nah kalau ini Blog Kesehatan ane kunjungi http://www.morinoki88.blogspot.com &

http://www.tracemineral88.blogspot.com     Inilah info hebat untuk Anda yang mendambakan tubuh ramping & sehat dengan Cara alami dan 100% BEBAS EFEK SAMPING !!

Sangat cocok bagi siapapun : mahasiswa, remaja, ibu rumah tangga, wanita Karir yang sangat aktif & sibuk, pekerja kantoran, pria dan wanita, tua dan muda.


TAHUKAH ANDA ???

Bentuk tubuh WANITA berubah setiap saat

Disebabkan :

     1.     Kegemukan (pola makan yang tidak teratur)

Kebiasaan makan yang berlebihan,makan lewat malam,kuantiti makanan yang tidak tetap dan sindrom ibu rumah tangga makan makanan yang tidak habis.

     2.     Daya Gravitasi

Disebabkan  payudara dan lengan tidak didukung oleh rangka tulang, maka cenderung berubah bentuk / kendor pada sudut 20 derajat tiap 10 tahun ( tergantung pada gaya hidup seseorang)

      3.     Ketidaksesuaian   dalam pemilihan pemakaian pakaian dalam

Pakaian dalam yang terlalu besar atau terlalu kecil, kurang kenyal, dan btk bra.Juga cara pemakaian bra yang keliru.

      4.     Kebiasaan duduk dan berdiri yang tidak  benar

Menyebabkan bongkok, bentuk tulang belakang berubah dan sakit pinggang

      5.     Melahirkan anak

Penambahan lemak setelah melahirkan dan perubahan bentuk payudara setelah    masa menyusui



Bagaimana Anda bisa menjadi langsing ?
1. Dengan berolah raga, perlu waktu khusus (kadang-kadang peralatan & Latihan khusus) dan perlu waktu agak lama untuk melihat hasilnya.

2. Mengkonsumsi makanan/minuman pelangsing, tidak selalu cocok bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, tubuh justru memberikan efek penolakan terutama jika produk terbuat dari bahan yang mengandung senyawa kimia/bukan bahan alami. Perlu konsultasi dengan dokter ahli jika ybs memiliki riwayat penyakit tertentu.

3. Diet ketat. Anda pasti tidak menyukai cara ini. Cukup menyiksa, perlu Biaya lebih, dan kedisiplinan tinggi. Jika Anda lalai, tubuh Anda akan segera Melar kembali dengan cepat. Jika demikian, kapan Anda akan menikmati kondisi tubuh langsing Anda sendiri ?

4. Operasi sedot lemak. Perlu biaya tinggi dan cukup beresiko.

5. Menggunakan korset biasa. Ada yang menggunakan kawat, ada juga yang menggunakan butiran magnet/butiran penyerap infra merah. Korset dengan kawat tentu saja sangat menyiksa, selain ukurannya harus diganti bila ukuran tubuh Anda berubah, untuk menggunakannyapun Anda perlu tenaga ekstra. Korset Dengan butiran penyerap infra merah yang ditempelkan pada kain, cukup baik Digunakan asal Anda bisa pastikan bahwa butiran-butiran yang ditempelkan tidak lepas Saat dicuci. Pada korset model ini, butiran penyerap infra merah hanya dilekatkan pada bagian-bagian tertentu saja sehingga penyerapan menjadi kurang optimal.



Jika demikian, maka solusi untuk Anda adalah : Gunakan Envy Body Slim sekarang juga !!
Envy Body Slim, pakaian kesehatan & pelangsing tubuh dengan : - teknologi yang meringkaskan ukuran butiran penyerap infra merah hingga skala 1 : 1000 juta tapi memberi fungsi berlipat ganda. - Efektifitas hingga 5 kali lipat - Kualitas produk terjamin - Dapat digunakan kapanpun dan di manapun - Aman digunakan segera setelah melahirkan
Mengapa Envy Body Slim ? Ya, - Produk ini telah teruji dan terbukti di Malaysia , Singapura , Thailand , Brunai dan kini di Indonesia . - Ekonomis. Hanya sekali bayar untuk pemakaian hingga TIGA tahun. Dan Anda tidak perlu mengganti ukuran korset saat tubuh Anda menjadi lebih langsing dari semula, sebab... - Envy Body Slim sangat elastis dan ringan - Bisa digunakan untuk Anda yang memiliki ukuran pinggang hingga max 116 cm - Infra Red membuatnya bekerja hingga 5 kali lebih efektif - Memiliki tekstur bahan yang sangat lembut - Anda bisa merasakan manfaatnya dalam 14 hari pertama. - Nyaman dipakai untuk kegiatan apapun, ke kantor, berolah raga, ke pesta dll. - Tanpa efek samping             Dipakai setelah melahirkan ? Ini memang jagonya !
  Manfaat Envy Body Slim bagi Anda : * Membakar lemak yang berlebihan dan menggeleber di badan. * Membantu menegangkan pinggul * Menyokong bahagian dada dan menghindarkan bentuk peha yang menggeleber. * Selesa dan mudah di pakai.. * Menyerap peluh & tidak terasa gatal. * Mudah dicuci dan di jaga. * Hanya perlu pakai minimum 8 jam sehari * Sesuai untuk wanita selepas bersalin     ENVY BODY SLIM SERI CORSET DAN GIRDLE 5 kelebihan memakai Envy Corset dan Envy Girdle
1) Terdapat Infra Merah Jauh ( FIR )
Infra merah jauh mempunyai daya tembus ,serap&rangsangankepada manusia dengan meningkatkan peredaran darah danmengoptimalkan perjalanan sistem saraf.
FIR yang terdapat di bahan Envy menguraikan lemak danmenjalankan detoksifikasi ( menyingkirkan air yangtersimpan dalam tubuh .) FIR juga berkesan sekali dalamperawatan dan mencegah sakit di bagian belakang.
2) Bahan Super Elastis
Envy Corset dan Envy Girdle dibuat dari bahan super elastisyang merupakan bahan berkualitas tinggi yang bersifatlentur dengan tenunan mikro. Bahan yang terdiri dari 10%spandeks dan 90 % nilon ini merupakan bahan terbaik
dengan indeks kelenturan tinggi untuk menyokong tulangbelakang,
posisi sikap tubuh dan membentuk tubuh yang indah.

3) Kemampuan Menyerap Keringat Yang Baik
Jaringan bahannya berupaya menghilangkan bau badan dengancepat dan nyaman
dipakai sewaktu cuaca panas disamping itu mempunyai dayapenyerapan keringat sebanyak 40% .
Bahan Envy yang lembut dan halus ini mencegah masalahkulit walau dipakai selama 24 jam. Bahan Envy dihiasidengan bahan kain “lace” yang halus untuk mencegahpembiakan kuman.

4) Dilengkapi dengan 12 Kerangka Besi
Envy Corset dan Envy Girdle ini dilengkapi dengan 12kerangka untuk menyokong postur tulang belakang yang tepatdan mencegah sakit tulang belakang.
Juga membentuk dada yang sempurna menjadikannya kelihatanlebih indah.
Kerangka besi ini tidak terlalu keras dengan kualitas yangtinggi supaya tahan lama dan tidak berubah bentuknyasetelah dipakai.

5) Potongan 4 D ( 4 Dimensi ) Dengan potongan 4D yang terdiri dari beberapa bagiantidak hanya bagian depan dan belakang saja.Sertamenitikberatkan bagian – bagian tubuh tertentu, bentuktubuh dapat dibentuk & diperbaiki dengan cepat setelahmemakai Envy Corset & Envy Girdle.
Kandungan Dasar Bahan Envy 1. Butiran Infra Merah 6 - 14 mikron 2. Gelombang Magnetik 3. Ion Titanium 4. Fiber Anti Kuman 5. Bahan Tenunan berelastis tinggi
      Siapa yang patut membeli dan memakai? * Wanita bekerja
* Surirumah
* Wanita selepas bersalin
* Gadis remaja
* Suami penyayang
 * Wanita melebihi 40 tahun ENVY CORSET & GIRDLE dipersembahkan untuk WANITA MASA KINI

KHASIAT ENVY GIRDLE :
·Envy Girdle membantu mengecilkan perut , melangsingkanpinggul dan pinggang.
·Potongan bahan di bagian belakang Envy Girdle berbentuk apel untuk membentuk pantat agar terlihat lebih bulat dan padat,12 kerangka besi yang lentur di bagian belakang Envy Girdleuntuk menyangga pinggul anda dan mengurangi bagian yang menonjol akibat lemak.
· Didesain panjang hingga ke lutut agar nyaman waktudipakai.
Berenda lebar agar Envy Girdle tidak tergulung di bagianpaha.   Cara memakai Envy Girdle :
1. Gunakan kedua tangan untuk menggulung Envy Girdle
bagian dalam ke luar ( seperti memakai stoking nilon bentukcelana)
2. Masukan satu kaki dan tarik sampai batas lutut kemudiandiikuti kaki yang sebelah lagi.
3. Tarik Envy Girdle ke batas pinggang dan sesuaikan posisipantat dengan memasukkan tangan untuk menaikkan punggung.

KHASIAT ENVY CORSET :
· Envy Corset membantu mengecilkan perut,melangsingkanpinggang
dan menaikkan payudara.
· Membentuk dan menyangga bagian atas tubuh.
· Kerangka besi yang lentur ( 4 bagian depan,4 di bagianbelakang, dan 2 di tepi )
supaya tidak menggembung dan menyangga tulang belakang.
· Empat baris cantelan baju pada corset bagian depan untukmemudahkan pemakaian
CARA MEMAKAI ENVY CORSET
1. Pakai pakaian dalam sebelum memakai Envy Corset 2. Kancingkan dari bawah ke atas   KELEBIHAN ENVY CORSET & GIRDLE DIBANDINGKAN MEREK LAIN

1. Tepi ( Envy Corset) ----- Tidak menyakitkan bagianketiak
2. Belakang ( Envy Corset ) ---- Tidak menyakitkan tulangbelikat , tidak menggelembung di bagian belakang tubuh.
Envy girdle(celana bertulang) & korset (baju bertulang) memakai tulang dan butiran infra merahnya terletak di dalam.Kalau envy corset (baju bertulang)ada kelebihannya yaitu membuat badan kita tegak dan tidak bungkuk lagi dan juga berfungsi menopang payudara jadi kelihatan lbh naik.Untuk envy girdle(celana bertulang)&corset(baju bertulang)ini memang all size tapi sebaiknya jika mau memakai envy girdle +corset ini teman2 memiliki ukuran lingkar pinggang mulai dr 65-95 cm dan ukuran lingkar bokong mulai dr 90-115cm.Jadi jika teman2 yang ukuran lingkar dada dan lingkar bokongnya diluar itu tidak bisa memakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang).Tulang pada envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) tidaklah sekeras longtorso,tulangnya sangat lentur jadi teman2 akan merasa nyaman bgt pakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) ini.
Kelebihan lain Envy Corset&girdle:
1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat 2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar 3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh 4.envy celana dengan kawat lunak 5.Meskipun envy girdle&corset memakai tulang tapi tidak membuat sesak di badan.
            Perbedaan envy girdle&corset dgn envy body slim

Perbedaan utamanya adalah pada ada / tidaknya tulang rangka lunak dan letak butiran infra red pada envy.

Envy girdle-corset ada rangka tulang lunaknya.Envy girdle(celana bertulang) & korset (baju bertulang) memakai tulang dan butiran infra merahnya terletak di dalam.Kalau envy corset (baju bertulang)ada kelebihannya yaitu membuat badan kita tegak dan tidak bungkuk lagi dan juga berfungsi menopang payudara jadi kelihatan lbh naik.

Untuk envy girdle(celana bertulang)&corset(baju bertulang)ini memang all size tapi sebaiknya jika mau memakai envy girdle +corset ini teman2 memiliki ukuran lingkar pinggang mulai dr 65-95 cm dan ukuran lingkar pantat mulai dr 90-115cm.

Jadi jika teman2 yang ukuran lingkar dada dan lingkar bokongnya diluar itu tidak bisa memakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang).Tulang pada envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) tidaklah sekeras longtorso,tulangnya sangat lentur jadi teman2 akan merasa nyaman bgt pakai envy Girdle(celana bertulang)& Corset(baju bertulang) ini.


Kelebihan lain Envy Corset&girdle:

1. Bahan terdiri dari 2 lapis kain, jadi bahannya lebih kuat2. Letak butir Infared (IR) di bagian dalam Envy jadi butir IR-nya lebih awet, karena tidak terkena gesekan dengan pakaian luar3.envy baju dengan kawat lunak sangat cocok dipakai untuk wanita yang menyusui untuk menaikkan payudara dan envy corset ini dikelilingi infra merah dengan panjang gelombang yang aman untuk tubuh4.envy celana dengan kawat lunak5.Meskipun envy girdle&corset memakai tulang tapi tidak membuat sesak di badan.


Envy Baju dan celana Body slim adalah envy baju dan celana yang tidak bertulang dan butiran infra rednya terletak diluar btknya spt kaos singlet dan celananya spt celana bycle pants.Karena tidak bertulang maka lbh elastis dibanding envy girdle&corset.jadi bisa mengcover orang yang berat 40 kg s/d 80kg-an.envy slimming celana dan baju rasanya ringan dan tak membuat sesak di badan


Kesaksian Pemakai dan Pecinta ENVY Slim di Indonesia

Nani supriadi
Saya mempunyai masalah seperti yang dialami para ibu yang baru saja melahirkan anak yaitu berat badan bertambah.Berat badan saya naik menjadi 60 kg.Sebelumnya berat badan saya 47 kg.Karena kelebihan berat badan inilah membuat saya ingin diet tapi saya sempat frustasi sebab saya sulit sekali untuk diet dan akibatnya berat badan saya tidak turun turun.Sampai akhirnya suatu hari, teman kantor suami saya menawarkan produk ENVY dan suami saya tertarik untuk membelikan produk tersebut untuk saya dengan harapan dapat menurunkan berat badan saya.Saya senang sekali dan saya langsung menggunakannya.Saya menggunakan ENVY-2 dan ENVY-3. Pada saat menggunakan Envy saya merasa makan saya jadi tidak terlalu banyak dan lemak pada tubuh saya berkurang khususnya pada bagian paha serta infra red yang ada pada Envy membuat rasa pegal-pegal pada tubuh karena aktifitas sehari-hari tidak saya alami lagi dan tubuh saya menjadi lebih enak. Produk ENVY memang luar biasa hebat, sebab dalam waktu 2 bulan berat badan saya turun menjadi 53 kg.ENVY Membantu saya tampil lebih langsing dan percaya diri.


Retno Widyaastuti
Setelah kelahiran anak ke-4 , awalnya tidak ada niat untuk memperbaiki tubuh.Saat itu yang terpikir memang sudah semestinya perut besar karena seringnya bersalin.Jadilah saya ibu gendut dengan berat badan 85 kg ( bahkan pada saat hamil mencapai 95Kg).Penampilan saya tetap seperti hamil 5 bulan walaupun sudah melahirkan.Saya pantang berdiet,mengingat sejak usai muda tekanan darah saya rendah dan HB pernah sampai 5 dan harus dirawat dirumah sakit.Hampir 3 kali penawaran envy saya pandang sebelah mata karena tidak mungkin dengan kondisi saya bisa diet.Namun setelah membaca kemasan ENVY yang menyatakan dapat membantu memperlancar peredaran darah, metabolisme lemak berlebih.Rasanya tidak ada salahnya untuk mencoba.Ternyata kurang dari 2 minggu,saya merasa tubuh lebih sehat dan ringa.Pada saat cek tekanan darah membaik(120/90) sebelumnya hanya (90/60).Dan disamping itu , berat badan saya turun 5kg.ENVY benar-benar luar biasa.Sekarang saya tidak lagi sesak karena kegemukan , tidak lagi sulit mendapatkan ukuran pakaian L ( sebelumnya Triple L).Dan yang lebih hebat lagi hampir seluruh teman saya berlomba - lomba untuk menggunakan ENVY BODY SLIM karena mereka melihat perubahan bentuk badan saya.ENVY memang luar biasa,dapat menjadikan tubuh tetap sehat dan menghilangkan lemak berlebih.Mendapatkan bentuk tubuh ideal bukan hanya mimpi tapi bisa menjadi kenyataan.Terima kasih ENVY BODY SLIM.

Selvi

Pengalaman saya pribadi memakai ENVY...Aku abis ngelahirin 13 februari, selama hamil berat badan naik sampai 19,5 kg..(anak pertama)..kemudian bulan pertama setelah melahirkan berat badan turun sekitar 6kg..setiap hari pakai bengkung, gurita...cape banget..akhirnya tau soal envy..beli deh...ternyata lumaya hasilnya..lebih simpel dari pada harus masang gurita, dan badan lebih enak, dan yang paling penting berat badan turun lebih cepat...sekarang setelah 3 bulan total berat badan yang udah hilang 15kg...tinggal 4 kg lagi..cuman celana kerja sudah muat semua..(kan cuti udah selesai..jadi mesti masuk kerja)..Perlu dicatat..aku sama sekali tidak diet karena masih menyusui, makan malah tambah banyak...Sebulan pertama aku pake Envy gridle (yang pakai kawat) setelah itu pakai yang Envy slim...Bahannya enak banget, nyaman, tidak panas, bisa dipakai waktu tidur..dan tidak menganggu acara menyusui karena bahannya sangat elastis jadi...So yang punya masalah berat badan atau mau merampingkan bagian2 tubuh..ayo coba ENVY...harganya SANGAT TERJANGKAU dibanding produk korset lainnya...

Santi

Aku habis melahirkan. Berat badanku naik nggak kira-kira. dari 50kg jadi 72kg. Hiks! Resiko ibu hamil yang akhirnya aku alami deh. Penampilan nggak sedap dilihat, nggak lincah, dan kurang pede jadi akibat kelebihan berat badan.Aku sudah mencoba pakai stagen. duh ribetnya. Sudah begitu sering naik turun karena aktifitas yang kulakukan sehari-hari. Bahkan kalau kelewat kencang, serasa mual perut ini.Padahal, aku pengen banget langsing kembali. Merindui badan yang dulu lagi. Aku maunya tetap menyusui. Malas diet apalagi langsing secara instan pakai obat. Nggak deh! sayang kan si kecil masih butuh asupan gizi dari ASI?Trus gimana dong?Akhirnya aku ditawari temen pakai product ENVY. Aku beli yang Envy Slim dulu, baru sehari pakai dah beda sekali rasanya. Bahkan suamiku malam-malam sempet kaget," Lhoh mah, kok perutnya nggak kayak hamil 3 bulan lagi?"Aku sih senyum aja. Dan demi suami juga aku berusaha menjaga penampilan, tapi juga tetap mikir agar tetap bisa menyusui anakku yang masih minum ASI.Aku bekerja, rutinitasku ke gym atau olahraga laen ( aku dulu suka basket, renang, jogging dan sepak bola ) sekarang sudah susah kujalani lagi. Waktu habis buat bekerja dan ngurus anak.Dan karena aku termasuk yang suka gerak, aku putuskan untuk membeli Envy Gridle yang konon katanya lebih bagus buat membantu melangsingkan + membentuk tubuh yang ideal. Hitung-hitung sebagai ganti dengan Envy Slim-ku yang sebelumnya sudah aku miliki.Nah, kepengen juga ikutan seperti aku? sekarang berat badanku 65kg. Aku pengen lebih bugar dan ramping lagi. Maunya seperti temenku yang merekomendasikan produk ini, karena dengan ENVY ini juga dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16kg dengan hitungan tidak kurang dari 5 bulan.

Pemesanan Envy bisa langsung telp ke:

LINDA 

0 8 1 6 1 4 0 0 9 4 6

0 2 1 -  9 2 9 9 7 9 8 9



Harga Envy Corset : Rp. 302.400,00

Harga Envy Girdle :  Rp.274.300,00

Total                          :  Rp.576.700,00


Nb: untuk melihat gambar Envy Girdle & Envy Corset silahkan kunjungi :

http://www.envygirdle88.blogspot.com




Harga Envy Body Slim

Harga ENVY (Baju)      :Rp.167.900

Harga ENVY ( Celana)  :Rp.159.300

Total seluruhnya           :Rp.327.200


http://www.envyslim88.blogspot.com

   
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10
Sekedar berbagi info aja ya Bunda-bunda sekalian  

Penggunaan empeng pada bayi masih menjadi kontroversi. Kelompok yang kontra beranggapan, empeng bisa menyebabkan serangkaian dampak kesehatan. Tidak hanya gangguan gigi dan mulut, tapi juga diare. Tidak sedikit pula yang menuduh empeng sebagai penyebab anak sulit makan dan ketidakmandirian.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa orangtua yang merasakan manfaat positif empeng. Salah satunya Lia, sebut saja begitu. Menurut ibu satu anak ini, empeng cukup membantu anaknya yang baru berusia 4 bulan untuk tenang. "Habis dia sering rewel. Segala cara sudah dicoba tapi tak berhasil. Saya jadi sulit menemukan waktu istirahat sehingga produksi ASI berkurang. Untunglah, setelah dikasih empeng tangisannya pun berhenti."

Ia juga mengatakan, kebiasaan mengisap jari berkurang sejak anaknya kenal empeng. Meski begitu, dia mengaku membatasi penggunaan empeng. "Sebelum tidur saya akan kasih empeng, tetapi sesudah dia pulas saya mencabutnya kembali."

RAMBU-RAMBU BIJAK

Sikap bijaksana memang diperlukan dalam hal penggunaan empeng, antara lain:

* Seperti dikemukakan Spesialis anak dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr. Najib Advani, Sp.A (K), MMed.Paed, "Gunakan empeng hanya jika ada indikasi." Misalnya, si kecil teramat rewel meski sudah dicoba diatasi dengan berbagai cara. Empeng bisa menjadi alternatif membuat anak tenang. Namun jangan biasakan memberikan empeng setiap kali anak rewel tanpa mau tahu apa penyebab kerewelan itu sendiri. Bukankah kerewelan seorang anak bisa disebabkan berbagai faktor. Bisa karena kesepian dan ingin diajak main, kepanasan, kedinginan, tidak nyaman karena popoknya basah, atau tidak merasa aman. Siapa tahu dengan mengatasi penyebabnya, anak bisa kembali tenang tanpa empeng. Pendapat senada disampaikan pula oleh psikolog perkembangan anak, Mayke S. Tedjasaputra, MSi., dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia "Meski empeng boleh dibilang sangat berjasa menenangkan anak untuk sementara waktu, tapi jangan sampai dijadikan sebagai alat utama untuk menenangkan anak. Orangtualah yang harus lebih dulu dapat membuat anak merasa aman dan nyaman. Tentu saja dengan lebih dulu mencari penyebab mengapa anak gelisah atau sering menangis kemudian segera mencoba menanggulanginya."

* Empeng bisa menjadi teman tidur bagi bayi yang luar biasa rewel. Umumnya anak seperti ini memerlukan kondisi tenang sebelum bisa tertidur. Empeng bisa menjadi alternatif jika cara-cara lain, seperti mendongeng, mengusap-usap bagian tubuh tertentu tidak bisa membuatnya tenang. Jadi, jangan gunakan empeng jika anak tidak memiliki gangguan sebelum tidur. Yang tak kalah penting, orangtua juga mesti cepat-cepat mencopot empeng jika anak terlihat sudah tertidur pulas. Dengan demikian, dampak negatif penggunaan empeng dalam jangka waktu lama bisa dihindarkan.

* Jangan sekali-kali menggunakan empeng untuk menunda makan atau menyusu. Orangtua sedari awal sudah bisa membedakan jenis tangisan anak, apakah si kecil menangis lantaran lapar, haus atau bukan. Selain bisa membedakan jenis tangisan buah hatinya, orangtua juga tahu ha-rus tahu jadwal dan frekuensi menyusui. Segera susui atau beri makan anak jika dia memin-tanya. Jangan pernah menundanya dengan memberi empeng hanya karena pertimbangan "praktis", semisal si ibu tak mau repot. Pembiasaan seperti ini akan membuat pertumbuhan anak terganggu karena kurangnya asupan nutrisi.

* Saat melakukan berbagai aktivitas dengan anak, usahakan empeng tidak menempel di mulutnya. Dengan begitu, penggunaan empeng tidak menghambat proses stimulasi. Bersama anak, buatlah jadwal aktivitas yang teratur. Misalnya kapan anak bermain, bereksplorasi dengan lingkungannya, termasuk aktivitas mengajak anak berkomunikasi.

* Hentikan penggunaan empeng secara bertahap di usia 7 bulan sampai 1 tahun. Soalnya, selepas usia setahun, anak tidak berada dalam fase oral lagi sehingga keinginannya untuk mengisap-isap atau menggigit-gigit benda tidak sekuat usia sebelumnya. Alihkan perhatian anak pada aktivitas lain yang menyenangkan sekaligus mampu mengasah keterampilannya.

Semestinya, di usia 2 tahun anak sudah dapat berhenti mengempeng. Ia sudah bersosialisasi dengan lingkungan luarnya. Pemakaian empeng terlalu lama tentu bisa berdampak psikologis pada anak. Anak umumnya menjadi bahan ledekan teman-temannya. Tentu perla- kuan semacam itu sangat potensial membuat anak jadi rendah diri.

* Hindari pemakaian berlebihan. Dalam kesempatan terpisah, Prof. Dr. Drg. Retno Hayati, Sp.KGA dari RS Pondok Indah, Jakarta, bahkan menegaskan tidak ada manfaat yang berarti dari empeng. Ini berbeda dari botol susu yang berjasa menyuplai asupan nutrisi. Meskipun tidak sekeras jari, empeng juga bisa menyebabkan gigi tonggos jika durasi dan frekuensi penggunaannya sudah berlebihan. Artinya, semakin sering empeng digunakan, maka kemungkinan mengalami gigi tonggos akan semakin besar. Cara penggunaannya juga turut berpengaruh. Soalnya tidak sedikit bayi yang hobi menarik-narik empengnya ke atas. Cara ini dapat berpengaruh pada pertumbunan rahang, gigi, dan mulut si kecil. Penggunaan empeng hingga lebih dari usia 2 tahun juga bisa memperparah kondisi tersebut.

Oleh karenanya, hentikan secara bertahap penggunaan empeng ketika usia anak masih di bawah 2 tahun. Alasannya, rahang masih bisa melakukan koreksi dengan sendirinya sesuai dengan bentuk rahang dan posisi gigi. Namun selewat itu, kelainan bentuk rahang dan gigi sulit dikoreksi.

Mengapa? Karena saat mengi-sap empeng, rahang atas secara refleks akan maju ke depan. Sementara rahang bawah ber-gerak ke arah sebaliknya atau terdorong masuk ke mulut. Perubahan posisi gigi juga besar kemungkinannya terjadi jika anak mengempeng. Akan tetapi anggapan ini masih memerlukan pembuktian lebih lanjut lewat penelitian. Soalnya, banyak juga anak yang tidak mengalami dampak apa-apa meskipun menggunakan empeng.

Penelitian yang ada saat ini baru menyebutkan, kebiasaan mengisap jari yang berlebihan bisa mengganggu pertumbuhan rahang dan gusi. Selain itu, bentuk bibir juga berkemung-kinan mengalami perubahan karena mengikuti rahang. Bibir jadi sedikit maju ke depan. Tentu saja kondisi ini akan semakin parah bila anak memiliki "berbakat" memiliki gigi maju. Jadi, hentikan penggunaan empeng jauh-jauh hari sebelum anak merasa terganggu dengan penampilannya kelak.

TIP MEMILIH EMPENG

* Meski dapat dibeli tanpa resep dokter, konsultasikan dulu pada dokter mengenai pilihan empeng yang tepat bagi bayi Anda. Ini meliputi ukuran besar-kecilnya empeng, maupun bahan yang digunakan untuk empeng tersebut.

* Jangan pilih empeng yang terlalu kecil dan terpisah karena mudah lepas dan selanjutnya bisa tertelan bayi.

* Pilihlah empeng yang lembut dan orthodontic sehingga aman diisap bayi.

* Bersihkan secara teratur. Untuk bayi di bawah 6 bulan hendaknya sebelum dipakai empeng disterilkan terlebih dulu. Sedangkan untuk bayi di atas 6 bulan cukup disiram air panas kemudian diseka hingga bersih. Ingat, empeng yang kotor dapat menjadi tempat perkembangbiakan bibit penyakit penyebab diare.

DIBUAT UNTUK MEMUASKAN BAYI

Awalnya, empeng dibuat untuk memuaskan kebutuhan bayi (pacifier). Ini karena berdasarkan tahapan perkembangan menurut teori Sigmund Freud, di usia 0-12 bulan bayi berada dalam fase oral. Dalam fase ini bayi mencari kepuasan dengan cara mengisap-isap benda yang ada di dekatnya. Tak heran jika bayi sering terlihat asyik mengisap jari, ujung bantal, selimut, kertas, mainan dan benda apa pun yang berada dalam jangkauannya.

Kalaupun kebiasaan mengisap jari menjadi pilihan favorit, tak lain karena jari merupakan bagian tubuh yang paling dekat sekaligus mungil ukurannya sehingga amat mudah dimasukkan ke dalam mulut. Kebiasaan ini cukup merisaukan orangtua karena banyak penelitian yang mengungkapkan dampak buruk kebiasaan mengisap jari. Salah satunya adalah gangguan pembentukan gigi dan rahang. Kuatnya isapan jari membuat gigi anak terancam tonggos. Selain itu, keberadaan jari yang bisa dimasukkan ke mulut kapan dan di mana saja, membuat bayi sulit menghentikan kebiasaan ini, sehingga akhirnya sangat mungkin terbawa sampai anak memasuki usia sekolah.

Selain itu, tidak sedikit anak yang mencoba menenangkan diri dari kegelisahannya lewat mengisap jarinya. Tidak cuma itu. Di masa eksplorasi, tangan dan jari-jemarinya kerap digunakan anak untuk memegang dan meraih benda-benda di dekatnya, termasuk benda-benda yang kotor dan tidak higienis. Akibatnya, tangan si kecil potensial menjadi sumber penularan penyakit seperti diare. Jarinya pun bisa mengalami penebalan yang kerap diistilahkan kapalan gara-gara sering diisap.

Itulah sebabnya, para pakar kemudian mencoba mencarikan solusi. Salah satunya dengan membuat empeng guna memenuhi kebutuhan mengisap-isap pada bayi. Model dan bentuk empeng pun dibuat sedemikian rupa sehingga dampaknya tidak seburuk mengisap jari. Tak heran kalau empeng kemudian menjadi alat ampuh untuk menenangkan kerewelan bayi.

KIAT MELEPAS EMPENG

Menghentikan kebiasaan mengempeng seharusnya jauh lebih mudah dibandingkan menghentikan kebiasaan mengisap jari. Toh, empeng bukan bagian dari tubuh bayi. Namun, sulit atau tidaknya sangat ditentukan seberapa jauh bayi Anda memiliki ketergantungan pada empeng.

Usaha orangtua dalam mengupayakan ketekunan, kesabaran, ketegaran dan kreativitas mencari cara ternyata cukup berpengaruh. Selain itu, kedekatan hubungan orangtua­anak juga ikut menentukan keberhasilan. Anak umumnya akan lebih kooperatif dengan merespons ajakan orangtua apabila ia merasa dipenuhi kebutuhannya untuk dicintai (dikasihi) dan diperhatikan.

Tentu saja dalam hal ini karakter anak ikut bicara. Si kecil yang bertemperamen "keras kepala", tentu membutuhkan usaha ekstra dari orangtuanya. Tidak mudah memang karena orangtua harus membentuk kebiasaan baru pada anak untuk tidak menggunakan empeng.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba, di antaranya:

* Tidak membeli empeng baru jika yang lama telah rusak.

* Aturlah penggunaan empeng menjadi semakin lama semakin jarang. Misalnya, hanya dipakai menjelang tidur dan tidak diberikan selama anak berada dalam keadaan "terjaga".

* Jika anak rewel, bujuklah dan ajaklah ia bermain atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan agar perhatiannya teralih dari empeng. Dengan demikian, anak mendapatkan aktivitas pengganti yang lebih mengasyikkan ketimbang mengempeng.

* Gantilah empeng dengan mainan gigitan/teether. Selain fungsinya hampir mirip dengan empeng, penggunaan mainan gigitan juga dianggap bermanfaat untuk mempercepat erupsi gigi susu.

EMPENG UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Sebagian kecil penyandang kebutuhan khusus ada yang dianjurkan menggunakan empeng. "Empeng membantu kemampuan mengisap pada bayi dan anak berkebutuhan khusus," aku Jeri Novaro Sumual, terapis dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta. Tentu saja dengan pemilihan empeng yang tepat dan frekuensi serta durasi penggunaan yang pas.

Namun, tidak semua pasien yang mengalami gangguan pengisapan bisa diatasi dengan pemberian empeng. Tergantung penyebab dan berat ringannya kasus. Bila gangguan pengisapan muncul akibat terganggunya pusat saraf, tentu saja penggunaan empeng nyaris tidak memberikan manfaat apa pun alias sia-sia. Yang pasti, penggunaan empeng untuk terapi harus dikonsultasikan dengan terapis.