SITE STATUS
Jumlah Member :
492.785 member
user online :
473 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: rumah sakit yang menyediakan usg 4 dimen

New Topic :  
16-04-2013 10:35:19 bisa normal g yard :
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
 Dear Bunda Iyank Rafalaz, 
Bila dilihat dari hasil USG terakhir yang menunjukkan ketebalan segmen bawah rahim kurang dari 0, 5 cm dan posisi janin sudah dalam dalam posisinya, persalinan pervaginam dapat dilakukan, asal syarat lain terpenuhi.
Beberapa syarat  untuk dapat melakukan persalinan normal dengan bekas SC adalah :
1. Jarak dengan persalinan sebelumnya lebih dari 2 tahun.
2. SC terdahulu dilakukan bukan karena indikasi panggul sempit, dan mempunyai penyakit bawaan.
3. Jumlah SC sebelumnya ( bila telah 2x berturut turut SC maka untuk terjadinya kejadian ruptur uteri sangat tinggi ).
4. Penyembuhan luka pada SC sebelumnya pada usia kandungan 37 mgg hasil USG menunjukkan ketebalan segmen bawah rahim 4, 5 mm ( petanda parut yg sembuh sempurna ), bila didapatkan hasil kurang dari 3, 5mm ( petanda parut tidak sembuh sempurna ).
5. Persalinan normal dilakukan di Rumah Sakit yang mempunyai fasilitas kamar operasi.
6. Posisi janin tidak sungsang.
7. Persalinan normal harus berjalan secara alami.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.

   


Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
all bunda---->yang sabar ya bunda semua,aku juga pernh ngalamin hal yng serupa.aku sampai 2 kali keguguran tapi alhamdulilah aku udah di beri penggantinya lagi kmrin aku melahirkan tag 24 des 2011.
yang pertama di usia kehamilanku 2 minggu jadi ndak perlu di kuret cuma mengeluarkan gumpalan darah dan mules2 trus sampe lemes hanya di bawa ke poliklinik.
yang ke dua hamil  10 minggu tapi di dalam rahimkku 13 minggu.
crita ya bun tentang ke hamilanku yng ke-2 ini aku kehilangan bngt sampai pingsan2 trus masih blum percaya klo yng di dlm rahim
ku sudah meninggal 3 minggu yang lalu.
aaku baru pindah ke kota "K" aku ikut suami tpi di sini kita hnya ber-2 dan masih kos,pagi2 aku mersa ada yng bergerak2 dalm perut (setlh penantian 8 bulan setelh keguguran yang pertama)aku lnsung beli test pack ternyata aku positiv hamil(aku telat 4 minggu aku diamkan karena siklus haidku tidak pasti kadang sampai 6 bulan sekli baru haid sejak remaja) karena berhubung di sini aku blum tahu daerahnya aku cek ke bidan dket tmpat kost.bidan nya masih meragukan kehamilankku ktnya hanya karna pngn pnya anak dan siklus haidku yng tidak teratur,tpi aku tunjukin hasil test packnya  akhirnya ia percaya mngkin dlm hatinya tetep ndak percaya.2 minggu  kemudian aku kembali lgi karna aku mersa mules2 seperti di remes2 kata bidannya ndak pa2 cuma stres aja..haaah..jwabnya kurang memuaskan akhirnya aku pindah ke klinik bersalin deket kerjaan suami sama mereka mengatakan perutnya masih kecil jadi blum bisa di cek tapi sudah teraba tegang(di klinik itu fasilitasnya kurang lengkap).seminggu kemudian aku kmbali keklinik itu krna sakit yng tak tertahankan lagi2 bilang klo ndak apa2.akhirnya aku diemin sampai 3 minggu aku bawa jaln2 cari rumah biar ndak kost lagi,pada tgl 20 januari 2010 aku sudah tak kuat menahan sakitnya aku sama suami muter2 tanya sana-sini rumah sakit yang lengkap,penanganannya cepat,akhirnya ktmu juga aku lngsung masuk ruangan dokter spesialis kandungan  di USG bagai di sambar petir di siang bolong ternyata janinkku sudah meninggl 3 minggu yng lalu(usia janin dlm rahim 10 minggu)umur kehamilankku 13 minggu.tak kuasa aku menahan tangis dokter menyarankan lngsung di kuret krna sudah terlalu lma takutnya menjadi penyakit,(kanker rahim)aku menyesal ndak dari dulu nyari RS ini krna di kota "K" rumh sakit ini termasuk mahal ktnya orng2 jadi mereka selalu menyarankan ke RSUD. aku juga marah sama bidan meragukan kehamilnkku.ya sudahlah mungkin ALLOH SWT akn memberikan jln yng terbaik untuk kluarga kmi.setlh kuret aku di kasih vitamin E dosis tinggi alhamdulilah 2 bulan setelh kuret aku hamil lgi,tpi dlm pengawasan dokter dari umur kehamiln 7 minggu sampai mau melahirkan aku di beri obat penguat "preabor'dan vit new lacta ibu.
buat bunda tetep semngat ya,misal klo tersa ada yng aneh dlm kehamiln nya sakit,mules,blum wktunya melahirkan cpt ke dokter.


maaf pnjang bngt postnya......
   
06-08-2010 16:44:09 senam hamil... perlu gak..?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
bunda bebila usia kehamilan kita sama, HPLnya juga sama nih.... sperti saran Xavier's mom dan beberapa bunda di thread terdahulu, saya mulai senam hamil sendiri dirumah sejak 26 minggu... Puji Tuhan, latihan pernafasannya bikin kita ga ngos2an klo naik tangga, n kadang klo perut lg kenceng gitu dgn nafas panting akan mengurangi rasa sesak... trus senam kakinya juga bikin kaki ga keram n ga bengkak...bobonya jg jadi nyaman lho bun, pokonya belum melahirkan aja aku udah ngerasain banget manfaatnya.... so, buat saya senam hamil penting bgt, saya ada beberapa artikelnya...silahkan bunda coba sendiri dirumah,jgn lupa. ciptakan perasaan serileks mungkin, buang jauh2 pikiran2 ttg sakitnya melahirkan...

kebetulan untuk senam massal dirumah sakit saya ga ada waktunya, karna saya bekerja pulang aga malam, dan jarak rumah sakit yg menyediakan fasilitas senam hamil aga jauh, so, saya lakukan sendiri dirumah, ditemani suami n bisa pasang musik favorit... selamat mencoba.....

Gerakan Dasar Senam Hamil

Bagaimana gerakan dasar senam hamil? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di rumah:

  • Duduk bersila dan tegak, kedua lengan mengarah ke depan dan santai. Lakukan sebanyak mungkin dalam posisi sehari-hari

  • Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak antara kedua bahu. Keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dengan badan sejajar lantai. Lakukan gerakan ini: Tundukkan kepala, lihat perut bagian bawah dan pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan mengerutkan lubang anus. Selanjutnya turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali

  • Lakukan sikap merangkak dengan meletakkan kepala di antara kedua tangan lalu menoleh ke samping kanan/kiri, selanjutnya turunkan badan hingga dada menyentuh kasur dengan menggeser siku sejauh mungkin ke samping. Bertahanlah pada posisi tersebut selama 1 menit, kemudian tingkatkan menjadi 5-10 menit atau sesuai kekuatan ibu hamil

  • Berbaring miring ke kiri (lebih baik ke arah punggung bayi), lutu kanan diletakkan di depan lutut kiri (ganjal dengan bantal). Lengan kanan ditekuk di depan dan lengan kiri letakkkan di belakang

  • Berbaring miring, kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, bawah kepala diberi bantal, demikian juga bawah perut agar perut tidak menggantung. Tutup mata, tenang, atur nafas dengan berirama.

  • Berbaring telentang, pegang kedua lutut dengan kedua tangan dan rileks. Lakukan kegiatan berikut: Buka mulut secukupnya, tarik nafas dalam semaksimal mungkin, ketupkan. Mengejanlah seperti buang air besar, gerakan badan ke bawah dan ke depan. Setelah tak dapat menahan lelah, kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 3-4 kali dengan interval 2 menit.

Latihan Otot Kaki
1. Duduklah dengan posisi kedua lutut diluruskan, tubuh bersandar pada kedua lengan yang diletakkan di belakang pantat.
2. Tegakkan kedua telapak kaki dengan lutut menekan kasur. Kemudian tundukkan kedua telapak kaki bersama jari-jarinya. Ulangi beberapa kali.
3. Hadapkan kedua telapak kaki satu sama lain dengan lutut tetap menghadap ke atas, kembalikan ke posisi semula. Ulangi terus sebanyak beberapa kali.
3. Kedua telapak kaki digerakkan turun ke arah bawah, lalu gerakan membuka ke arah samping, tegakkan, kembali, dan seterusnya.
4. Kedua telapak kaki buka dari atas ke samping turunkan, hadapkan, kembali ke posisi semula, dan seterusnya.

Kegunaan: Memperlancar sirkulasi darah di kaki dan mencegah pembengkakan pada pergelangan kaki.

Latihan Pernafasan
1. Pernafasan perut
- Tidurlah terlentang dengan satu bantal, kedua lutut dibengkokkan dan dibuka kurang lebih 20 cm.
- Letakkan kedua telapak tangan di atas perut di sekitar pusat sebagai perangsang. Keluarkan napas dari mulut (tiup) sambil tangan menekan perut ke dalam.
- Tarik napas dari hidung dengan mulut tertutup, perut mengembang mendorong kedua tangan ke atas. Perhatikan bahwa gerakan pernafasan dilakukan dengan perut (jadi dada tidak ikut kembang kempis).

Kegunaan: Melemaskan dinding perut agar mudah diperiksa oleh dokter/bidan.

2. Pernafasan iga
- Tidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan dalam posisi mengepal di iga sebagai perangsang.
- Bernapaslah seperti pada pernapasan perut, dengan pengecualian tangan menekan iga ke dalam dan iga mengembang mendorong kedua tangan ke arah samping luar.

Kegunaan: Mendapatkan oksigen sebanyak mungkin.

3. Pernapasan dada
- Tidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan di dada bagian atas.
- Keluarkan napas dari mulut (tiup) dengan tangan menekan dada ke arah dalam.
- Tarik napas dari mulut dengan mulut terbuka, dada mengembang mendorong ke dua tangan ke atas.

Kegunaan: Mengurangi rasa sakit saat bersalin.

4. Pernapasan panting (pendek-pendek dan cepat)
Pernapasan ini menyerupai pernapasan dada, hanya saja irama pernapasan lebih cepat dengan gerakan napas dihentikan separuhnya (bernapas tidak terlalu dalam, pendek-pendek saja).

Kegunaan: Istirahat atau menghilangkan lelah sesudah mengejan. Juga dilakukan saat ibu sudah merasa ingin mengejan sementara pembukaan belum lengkap, supaya jalan lahir tidak bengkak atau sobek.

Semua gerakan latihan pernapasan di atas sebaiknya dilakukan enam kali sehari, di pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Latihan Otot Panggul
1. Tidur terlentang, kedua lutut dibengkokkan.
2. Letakkan kedua tangan di samping badan. Tundukkan kepala dan kerutkan pantat ke dalam hingga terangkat dari kasur.
3. Kempeskan perut hingga punggung menekan kasur. Rasakan tonjolan tulang panggul bergerak ke belakang.
4. Lemaskan kembali dan rasakan tonjolan tulang bergerak kembali ke depan. Ulangi gerakan ini 15-30 kali sehari.

Kegunaan: Mengembalikan posisi panggul yang berat ke depan, mengurangi dan mencegah pegal-pegal, sakit pinggang dan punggung serta nyeri di lipat paha.

Latihan Otot Betis
1. Berdiri sambil berpegangan pada benda yang berat dan mantap.
2. Posisikan ibu jari dan jari-jari lain menghadap ke atas.
3. Regangkan kaki sedikit dengan badan lurus dan pandangan lurus ke depan.
4. Tundukkan kepala seraya berjongkok perlahan sampai ke bawah tanpa mengangkat tumit dari lantai.
5. Setelah jongkok, lemaskan bahu. Kempeskan perut, kemudian perlahan kembalilah berdiri tegak, lepaskan kerutan. Lakukan enam kali dalam sehari.

Kegunaan: Mencegah kejang di betis.

Latihan Otot Pantat
1. Tidur terlentang tanpa bantal, kedua lutut dibengkokkan dan agak diregangkan.
2. Dekatkan tumit ke pantat dengan kedua tangan di samping badan.
3. Kerutkan pantat ke dalam sehingga lepas dari kasur, angkat panggul ke atas sejauh mungkin.
4. Turunkan perlahan (pantat masih berkerut), lepaskan kerutan, dsb. Ulangi enam kali sehari.

Kegunaan: Mencegah timbulnya wasir saat mengejan.

Latihan Anti Sungsang
1. Ambil posisi merangkak, kedua lengan sejajar bahu, kedua lutut sejajar panggul dan agak diregangkan.
2. Kepala di antara kedua tangan, tolehkan ke kiri atau ke kanan.
3. Letakkan siku di atas kasur, geser siku sejauh mungkin ke kiri dan ke kanan hingga dada menyentuh kasur. Lakukan sehari 2 kali selama 15 – 20 menit/kali.

Kegunaan: Mempertahankan dan memperbaiki posisi janin agar bagian kepala tetap di bawah. (berbagai sumber)


   


Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : 1
Haloo bunda winnie...
Ikut prihatin y bun...
Yang sabar n tetep SMANGAT y bun!!!!

Bila terjadi keguguran dilakukan kuret atau kuretase untuk mengeluarkan jaringan yang masih tersisa atau janin yang telah gugur tetapi masih utuh dalam rahim.

Serba-Serbi Kuret

Bila dilakukan oleh ahlinya, kuret akan berjalan dengan baik.

Banyak ibu yang menganggap kalau kuret hanya merupakan tindakan untuk menggugurkan kandungan. Ini keliru sebab kuret bisa dilakukan untuk banyak kasus, seperti diduga mengalami endometrium, ada sisa plasenta yang tertinggal, juga karena kasus abortus (keguguran) yang tak dikehendaki (janin mati di dalam kandungan). Jika ibu merasa ada gangguan dengan rahim dan perlu dilakukan tindakan, sebaiknya jangan takut untuk dikuret supaya kesehatan ibu tetap terpelihara dengan baik. Tentu saja asal dilakukan oleh ahlinya.Sebenarnya apa sih yang dimaksud kuret? Kuret atau kuretase adalah sebuah tindakan medis untuk mengeluarkan jaringan atau sisa jaringan dari dalam rahim. Jaringan bisa berupa janin yang mengalami abortus, endometriosis, atau sisa plasenta yang tertinggal seusai persalinan. Kuret perlu dilakukan supaya rahim bersih dari jaringan yang tidak semestinya berada bahkan tumbuh di dalamnya. Jika rahim tak dibersihkan, akan memunculkan gangguan seperti nyeri dan perdarahan. Memang, ada obat yang bisa menghentikan perdarahan, namun sewaktu-waktu perdarahan bisa muncul kembali.

Perdarahan terlalu yang banyak dapat membahayakan keselamatan jiwa ibu. Belum lagi risiko lain, infeksi misalnya.

Tak hanya untuk membersihkan rahim, kuret pun dilakukan bisa karena alasan penegakkan medis. Contoh, seorang wanita sering mengalami perdarahan di antara dua masa menstruasi. Perdarahan yang tak semestinya ini harus didiagnosa lewat USG. Namun USG terkadang tak bisa menjawab penyebab terjadinya perdarahan. Untuk menegakkan diagnosis maka bisa dilakukan kuret guna mengambil sedikit jaringan yang ada di dalam rahim. Jaringan tersebut lalu diperiksa di dalam laboratorium sehingga dapat diketahui penyebab utamanya, apakah karena kanker atau yang lainnya.

Kuret merupakan tindakan operasi yang risikonya tergolong tinggi. Karena itu, saat memu-tuskan untuk kuret, ibu harus memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi yang baik dan dokter yang benar-benar berkompeten. Hindari orang yang hanya mengaku-ngaku saja kalau dia mahir menguret padahal tak dibekali pendidikan yang cukup dalam bidang kuretase. Misalnya, dukun beranak atau oknum dokter yang melakukan malapraktik pengguguran kandungan. Padahal yang berkompeten melakukan kuret adalah dokter ahli kandungan dan kebidanan. Umumnya, setiap dokter kandungan sudah dibekali ilmu tentang kuret, jadi seharusnya setiap dokter kandungan mampu melakukannya dengan baik.

Prosedur KURETASE

Prosedurnya sama antara kuret karena keguguran maupun nonkeguguran.

1. PERSIAPAN SEBELUM KURETASE

a. Puasa

Saat akan menjalani kuretase, biasanya ibu harus mempersiapkan dirinya. Misal, berpuasa 4-6 jam sebelumnya. Tujuannya supaya perut dalam keadaan kosong sehingga kuret bisa dilakukan dengan maksimal.

b. Cek adanya Perdarahan

Dokter akan melakukan cek darah untuk mengetahui apakah pasien mengalami gangguan perdarahan atau tidak. Jika ada indikasi gangguan perdarahan, kuret akan ditunda sampai masalah perdarahan teratasi. Namun tak menutup kemungkinan kuret segera dilakukan untuk kebaikan pasien. Biasanya akan dibentuk tim dokter sesuai dengan keahlian masing-masing, dokter kandungan, dokter bedah, dokter hematologi, yang saling berkoordinasi. Koordinasi ini akan dilakukan saat pelaksanaan kuret, pascakuret, dan sampai pasien sembuh.

c. Persiapan Psikologis

Setiap ibu memiliki pengalaman berbeda dalam menjalani kuret. Ada yang bilang kuret sangat menyakitkan sehingga ia kapok untuk mengalaminya lagi. Tetapi ada pula yang biasa-biasa saja. Sebenarnya, seperti halnya persalinan normal, sakit tidaknya kuret sangat individual. Sebab, segi psikis sangat berperan dalam menentukan hal ini. Bila ibu sudah ketakutan bahkan syok lebih dulu sebelum kuret, maka munculnya rasa sakit sangat mungkin terjadi. Sebab rasa takut akan menambah kuat rasa sakit. Bila ketakutannya begitu luar biasa, maka obat bius yang diberikan bisa tidak mempan karena secara psikis rasa takutnya sudah bekerja lebih dahulu. Walhasil, dokter akan menambah dosisnya.

Sebaliknya, bila saat akan dilakukan kuret ibu bisa tenang dan bisa mengatasi rasa takut, biasanya rasa sakit bisa teratasi dengan baik. Meskipun obat bius yang diberikan kecil sudah bisa bekerja dengan baik. Untuk itu sebaiknya sebelum menjalani kuret ibu harus mempersiapkan psikisnya dahulu supaya kuret dapat berjalan dengan baik. Persiapan psikis bisa dengan berusaha menenangkan diri untuk mengatasi rasa takut, pahami bahwa kuret adalah jalan yang terbaik untuk mengatasi masalah yang ada. Sangat baik bila ibu meminta bantuan kepada orang terdekat seperti suami, orangtua, sahabat, dan lainnya. Bila diperlukan, gunakan jasa psikolog apabila ibu tak yakin dapat mengatasi masalah ini sendirian.

d. Minta Penjelasan Dokter

Hal lain yang perlu dilakukan adalah meminta penjelasan kepada dokter secara lengkap, mulai apa itu kuret, alasan kenapa harus dikuret, persiapan yang harus dilakukan, hingga masalah atau risiko yang mungkin timbul. Jangan takut memintanya karena dokter wajib menjelaskan segala sesuatu tentang kuret. Dengan penjelasan lengkap diharapkan dapat membuat ibu lebih memahami dan bisa lebih tenang dalam pelaksanaan kuret.

2. SAAT KURETASE

Sebelum dilakukan kuretase, biasanya pasien akan diberikan obat anestesi (dibius) secara total dengan jangka waktu singkat, sekitar 2-3 jam. Setelah pasien terbius, barulah proses kuretase dilakukan.

Ketika melakukan kuret, ada 2 pilihan alat bantu bagi dokter. Pertama, sendok kuret dan kanula/selang. Sendok kuret biasanya dipilih oleh dokter untuk mengeluarkan janin yang usianya lebih dari 8 minggu karena pembersihannya bisa lebih maksimal. Sedangkan sendok kanula lebih dipilih untuk mengeluarkan janin yang berusia di bawah 8 minggu, sisa plasenta, atau kasus endometrium.

Alat kuretasebaik sendok maupun selangdimasukkan ke dalam rahim lewat vagina. Bila menggunakan sendok, dinding rahim akan dikerok dengan cara melingkar searah jarum jam sampai bersih. Langkah ini harus dilakukan dengan saksama supaya tak ada sisa jaringan yang tertinggal. Bila sudah berbunyi “krok-krok” (beradunya sendok kuret dengan otot rahim) menunjukkan kuret hampir selesai. Sedikit berbeda dengan selang, bukan dikerok melainkan disedot secara melingkar searah jarum jam. Umumnya kuret memakan waktu sekitar 10-15 menit.

3. PERAWATAN PASCAKURETASE

Perawata usai kuretase pada umumnya sama dengan operasi-operasi lain. Misal, ibu harus menjaga bekas operasinya dengan baik, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, tidak melakukan hubungan intim untuk jangka waktu tertentu sampai keluhannya benar-benar hilang, dan meminum obat secara teratur. Obat yang diberikan biasanya adalah antibiotik dan penghilang rasa sakit.

Jika ternyata muncul keluhan, sakit yang terus berkepanjangan atau muncul perdarahan, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Mungkin perlu dilakukan tindakan kuret yang kedua karena bisa saja ada sisa jaringan yang tertinggal. Jika keluhan tak muncul, biasanya kuret berjalan dengan baik dan pasien tinggal menunggu kesembuhannya.

Dampak KURET

Terkadang kuret tidak berjalan lancar. Meskipun telah dilakukan oleh dokter kandungan yang sudah dibekali ilmu kuret namun kekeliruan bisa saja terjadi. Bisa saja pada saat melakukannya dokter kurang teliti, terburu-buru, atau jaringan sudah kaku atau membatu seperti pada kasus abortus yang tidak ditangani dengan cepat. Berikut adalah dampaknya.

+ Perdarahan

Bila saat kuret jaringan tidak diambil dengan bersih, dikhawatirkan terjadi perdarahan. Untuk itu jaringan harus diambil dengan bersih dan tidak boleh tersisa sedikit pun. Bila ada sisa kemudian terjadi perdarahan, maka kuret kedua harus segera dilakukan. Biasanya hal ini terjadi pada kasus jaringan yang sudah membatu. Banyak dokter kesulitan melakukan pembersihan dalam sekali tindakan sehingga ada jaringan yang tersisa. Namun biasanya bila dokter tidak yakin sudah bersih, dia akan memberi tahu kepada si ibu, “Jika terjadi perdarahan maka segera datang lagi ke dokter.”

+ Cerukan di Dinding Rahim

Pengerokan jaringan pun harus tepat sasaran, jangan sampai meninggalkan cerukan di dinding rahim. Jika menyisakan cerukan, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan rahim.

+ Gangguan

Haid

Jika pengerokan yang dilakukan sampai menyentuh selaput otot rahim, dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran siklus haid.

+ Infeksi

Jika jaringan tersisa di dalam rahim, muncul luka, cerukan, dikhawatirkan bisa memicu terjadinya infeksi. Sebab, kuman senang sekali dengan daerah-daerah yang basah oleh cairan seperti darah.

+ Kanker

Sebenarnya kecil kemungkinan terjadi kanker, hanya sekitar 1%. Namun bila kuret tidak dilakukan dengan baik, ada sisa yang tertinggal kemudian tidak mendapatkan penanganan yang tepat, bisa saja memicu munculnya kanker. Disebut kanker trofoblast atau kanker yang disebabkan oleh sisa plasenta yang ada di dinding rahim.

DAPAT Hamil Kembali

Setelah menjalani kuret, ibu tetap bisa hamil dan memiliki anak lagi. Asal kondisi organ reproduksinya baik, ditambah dengan masa subur yang tidak bermasalah. Bila ada yang bilang usai kuret tak bisa hamil lagi itu keliru. Penyebab sulit hamil, mungkin ada masalah dengan organ reproduksi atau ada masalah kesuburan.

Namun, seusai kuret ibu dianjurkan untuk mengistirahatkan rahimnya dahulu sampai benar-benar sehat dan siap hamil dari 3 bulan sampai 6 bulan setelah kuretase. Terutama bila kuret dilakukan pada saat kondisi kehamilan tua karena kondisi uterus sudah membesar sehingga perlu istirahat. Namun bila kuret dilakukan pada saat kehamilan masih muda (batasannya hingga 20 minggu) kehamilan bisa dilakukan lebih cepat jika ibu sudah merasa siap.

Irfan Hasuki. Ilustrator Pugoeh

Smoga bermanfaat....

Pindri,bundana najla

   
18-06-2008 15:39:52 Inisiasi dini
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like

dr milis tetangga...

Dear All,

Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai "Inisiasi Menyusui Dini"

Dan aku belajar banget dari talk show ini .. Mohon maaf kalau cerita ini tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ??

Ini merupakan proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahiran.

Ternyata selama bertahun-tahun, kita bener-bener merupakan kodrat dan anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita.

Kata dokter yang kemaren berbicara, dia mengatakan, di luar sudah sadar hal ini sejak 1987 tp di Indonesia baru sadar thn 2006. Lebih baik baru tahu daripada tidak sama sekali.

Si Dokter menceritakan bagaimana proses inisiasi menyusui dini ternyata merupakan proses alami yang seharusnya dilakukan setelah seorang ibu melahirkan bayinya. Dia menceritakan dan bahkan memutarkan video yang dia buat terhadap cucunya sendiri dan juga seorang bayi lainnya. Dia bercerita, bahwa ternyata ada beberapa hal yang akan terjadi selama proses ini, dan ini juga tergambar dalam video yang diputar.

Jadi si Dokter ini menjelaskan bahwa pada saat proses Inisiasi Menyusui Dini akan terjadi tahap2 spt ini (berdasarkan penelitian Ilmiah):

1.       Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung diletakan di dada si ibu tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit ketemu kulit. Ternyata suhu badan ibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan, otomatis suhu badan si ibu jadi naik 2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibu akan turun 1 derajat. Jadi Tuhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayi sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.

2.       Gerakan kedua yang terjadi yaitu, setelah si bayi merasa lebih tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak spt hendak merangkak. Ternyata gerakan ini pun bukanlah gerakan tanpa makna karena ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak2 perut ibunya di atas rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lama dari proses ini tergantung dari si bayi. Untuk gerakan ini, ternyata si dokter punya pengalaman. Pernah ada dukun beranak melakukan proses melahirkan, dan ternyata si ibu mengalami pendarahan hebat. Pada saat itu si dukun meletakkan anaknya di dada si ibu, dan anak tersebut menggerak-gerakkan kakinya memasage perut ibunya bahkan lebih dari satu jam, sampai pendarahan si ibu berhenti.

3.       Setelah melakukan gerakan di kakinya, si bayi akan melanjutkan dengan mencium tangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan ternyata wilayah sekitar putiing si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi dengan mencium bau tangannya, si bayi membantu si bayi untuk mengarahkan kemana dia akan bergerak. Dia akan mulai bergerak mendekati puting ibu denga ketika sudah mendekati puting si ibu, si bayi itu akan menjilat2 dada si ibu. Ternyata jilatan ini berfungsi utk membersihkan dada si ibu dari bakteri2 jahat dan begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri2 yang baik dalam tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi karena hanya si bayi yang tau seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.

4.       Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu yang bertujuan untuk merangsang supaya air susu si ibu segera berproduksi dan bisa keluar. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu

5.       Terakhir baru mulailah si bayi itu menyusu.

Mendengar cerita si Dokter ditambah dengan video yang diputarnya, aku ngerasa Amazing... Tuhan memang maha sempurna. Dia sudah menciptakan siklus kehidupan yang begitu indah, namun ternyata diputus oleh manusia selama bertahun-tahun lamanya. Ternyata, walaupun waktu aku melahirkan ada inisialisasi menyusui dini, ternyata langkahnya belum sempurna, karena waktu itu bayi ku cuma melakukan sampai tahap ke 3, yaitu menjilat2 sekitar dada aku.

Si Dokter benar-benar menyarankan audience jika suatu saat akan memiliki anak, untuk meminta kepada rumah sakit yang akan membantu kelahiran supaya diperbolehkan melakukan inisiasi menyusui dini ini minimal 1 jam, karena kelima proses di atas ini bisa berlangsung sekitar 1-2 jam. Beliau juga mengatakan tidak semua RS berani melakukan ini, dan kita sebagai orang tua harus berani meminta ini dilakukan karena ternyata hal ini merupakan siklus kehidupan yang selama ini tidak kita sadari sudah kita putus.

Si Dokter juga mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit2, kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit2 lainnya. Dikatakan juga menekan angka kematian bayi baru melahirkan sebesar 22%.

Makanya dia benar2 mempromosikan hal ini kepada semua calon ortu.

Beliau juga mengatakan, sebuah rumah sakit yang benar-benar mendukung ibu dan anak, maka tidak akan menyediakan ruangan khusus bayi, karena dia mengatakan bahwa dengan memisahkan si ibu dengan si bayi ternyata daya tahan tubuh si bayi akan drop sampai 25%.

Jadi seharusnya tempat bayi adalah di sisi si ibu, 24 jam penuh. Jika ada tindakan memisahkan si ibu dari bayi, maka menurutnya itu adalah tiindakan kriminal. Dan ternyata sebagai RS yang sudah melakukan hal ini, RS Carolus sudah melakukan hal ini (bukan promosi). Tidak ada ruang khusus bayi di Rumah Sakit. Karena ketika si ibu bersama dengan si bayi, daya tahan si bayi akan dalam kondisi prima, dan si ibu bisa melakukan proteksi terhadap si bayi jika memang perlu. Bahkan di RS Carolus tidak ada waktu utk show bayi, karena letak bayi adalah di sisi si ibu. Si dokter mengatakan 95% bayi menangis bukan karena kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya utk bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

Aku benar-benar terpukau denger cerita ini. N ini benar-benar pengalaman baru buat aku, dan benar-benar menambah pengalaman utk masa depan aku. N aku juga sempet ngerasa berdosa banget ama anakku, karena walau aku sering minta anakku di bawa ke ruangan, ada jam2 tertentu di mana bayiku aku letakkan di ruang bayi. Maaf ya anakku ..

So buat temen-temen yang memang mau mempunyai anak, cucu ataupun keponakan, sharing ini semoga bisa menambah wawasan, dan bisa membantu kita mencari yang terbaik buat anak-anak kita.

N tolong disharingkan ke orang-orang lainnya, sehingga makin banyak orang yang tau mengenai hal ini. Karena ini adalah keajaiban. Setidaknya buat aku.

   


13-05-2008 15:46:56 INISIASI MENYUSUI DINI
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo bunda semua... (^_^) ni aku ada info dari temen mailisku di femina & friend Lembah.Hastuti@gmail.com. moga bisa nambah info buat bunda2 di IB ini.
PENTING DIBACATUH... .! Jangan di lewatkan ya....! Terutama buat ibu2x, Dan calon ibu-ibu... n Bapak2

Dear All,

Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai "Inisiasi Menyusui Dini"

Dan aku belajar banget dari talk show ini. Mohon maaf kalau cerita ini tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ??
Ini merupakan proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahiran.

Ternyata selama bertahun-tahun, kita bener-bener merupakan kodrat dan anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita.

Kata dokter yang kemaren berbicara, dia mengatakan, di luar sudah sadar hal ini sejak 1987 tp di Indonesia baru sadar thn 2006. Lebih baik baru tahu daripada tidak sama sekali.

Si Dokter menceritakan bagaimana proses inisiasi menyusui dini ternyata merupakan proses alami yang seharusnya dilakukan setelah seorang ibu melahirkan bayinya. Dia menceritakan dan bahkan memutarkan video yang dia buat terhadap cucunya sendiri dan juga seorang bayi lainnya. Dia bercerita, bahwa ternyata ada beberapa hal yang akan terjadi selama proses ini, dan ini juga tergambar dalam video yang diputar.

Jadi si Dokter ini menjelaskan bahwa pada saat proses Inisiasi Menyusui Dini akan terjadi tahap2 spt ini (berdasarkan penelitian Ilmiah):

1. Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung diletakan di dada si ibu tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit ketemu kulit. Ternyata suhu badan ibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan, otomatis suhu badan si ibu jadi naik 2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibu akan turun 1 derajat.
Jadi Tuhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayi sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.

2. Gerakan kedua yang terjadi yaitu, setelah si bayi merasa lebih tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak spt hendak merangkak. Ternyata gerakan ini pun bukanlah gerakan tanpa makna karena ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak2 perut ibunya di atas rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lama dari proses ini tergantung dari si bayi. Untuk gerakan ini, ternyata si dokter punya pengalaman. Pernah ada dukun beranak melakukan proses melahirkan, dan ternyata si ibu mengalami pendarahan hebat. Pada saat itu si dukun meletakkan anaknya di dada si ibu, dan anak tersebut menggerak-gerakkan kakinya memasage perut ibunya bahkan lebih dari satu jam, sampai pendarahan si ibu berhenti.

3. Setelah melakukan gerakan di kakinya, si bayi akan melanjutkan dengan mencium tangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan ternyata wilayah sekitar puting si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi dengan mencium bau tangannya, membantu si bayi untuk mengarahkan kemana dia akan bergerak. Dia akan mulai bergerak mendekati puting ibu, ketika sudah mendekati puting si ibu, si bayi itu akan menjilat2 dada si ibu. Ternyata jilatan ini berfungsi utk membersihkan dada si ibu dari bakteri2 jahat dan begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri2 yang baik dalam tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi karena hanya si bayi yang tau seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.

4. Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu yang bertujuan untuk merangsang supaya air susu si ibu segera berproduksi dan bisa keluar. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu

5. Terakhir baru mulailah si bayi itu menyusu.

Mendengar cerita si Dokter ditambah dengan video yang diputarnya, aku ngerasa Amazing... Tuhan memang maha sempurna. Dia sudah menciptakan siklus kehidupan yang begitu indah, namun ternyata diputus oleh manusia selama bertahun-tahun lamanya. Ternyata, walaupun waktu aku melahirkan ada inisialisasi menyusui dini,
ternyata langkahnya belum sempurna, karena waktu itu bayiku Cuma melakukan sampai tahap ke 3, yaitu menjilat2 sekitar dada aku.

Si Dokter benar-benar menyarankan audience jika suatu saat akan memiliki anak, untuk meminta kepada rumah sakit yang akan membantu kelahiran supaya diperbolehkan melakukan inisiasi menyusui dini ini minimal 1 jam, karena kelima proses di atas ini
bisa berlangsung sekitar 1-2 jam. Beliau juga mengatakan tidak semua RS berani melakukan ini, dan kita sebagai orang tua harus berani meminta ini dilakukan karena ternyata hal ini merupakan siklus kehidupan yang selama ini tidak kita sadari sudah kita
putus.

Si Dokter juga mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit2, kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit2 lainnya. Dikatakan juga menekan angka kematian bayi baru
melahirkan sebesar 22%.

Makanya dia benar2 mempromosikan hal ini kepada semua calon ortu.
Beliau juga mengatakan, sebuah rumah sakit yang benar-benar mendukung ibu dan anak, maka tidak akan menyediakan ruangan khusus bayi, karena dia mengatakan bahwa dengan memisahkan si ibu dengan si bayi ternyata daya tahan tubuh si bayi akan drop sampai 25%.

Jadi seharusnya tempat bayi adalah di sisi si ibu, 24 jam penuh. Jika ada tindakan memisahkan si ibu dari bayi, maka menurutnya itu adalah tindakan kriminal. Dan ternyata sebagai RS yang sudah melakukan hal ini, RS Carolus sudah melakukan hal ini (bukan promosi). Tidak ada ruang khusus bayi di Rumah Sakit. Karena ketika si ibu bersama dengan si bayi, daya tahan si bayi akan dalam kondisi prima, dan si ibu bisa melakukan proteksi terhadap si bayi jika memang perlu. Bahkan di RS Carolus tidak ada waktu utk show bayi, karena letak bayi adalah di sisi si ibu. Si dokter mengatakan 95% bayi menangis bukan karena kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya utk bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

Aku benar-benar terpukau denger cerita ini. N ini benar-benar pengalaman baru buat aku, dan benar-benar menambah pengalaman utk masa depan aku. N aku juga sempet ngerasa berdosa banget ama anakku, karena walau aku sering minta anakku di bawa ke ruangan, ada jam2 tertentu di mana bayiku aku letakkan di ruang bayi. Maaf ya anakku..

So buat temen-temen yang memang mau mempunyai anak, cucu ataupun keponakan, sharing ini semoga bisa menambah wawasan, dan bisa membantu kita mencari yang terbaik buat anak-anak kita.
N tolong disharingkan ke orang-orang lainnya, sehingga makin banyak orang yang tau mengenai hal ini. Karena ini adalah keajaiban. Setidaknya buat aku.
   
07-07-2013 07:33:04 awal kehamilan
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
aku kmrin telat 2 hari lgsung TP bun...dan lgsung + trs kedokter di USG 4 dimensi kantung rahimnya dah keliatan dokter bilang usia janin sudah 5 minggu pas usia janin 6 minggu USG lagi debay nya udah keliatan dan udah ad detak jantungnya ....subhanallah...takjub banget dan ngerasa kuasa Allah sangat tiada berbatas ...didalam tubuhku ad denyut jantung lain :) mungkin masing2 org beda kali ya...ad yg 6 minggu blm keliatan ..ada yg udah aku punya pengalaman "bodoh" tentang TP..tahun lalu aku telat 4 hari,karena cuek aku beli TP murah ( lupa merk nya ) aku cek negative bun...trs aku buang dan aku jalani hari hari biasa dan aku ikut mnjalankan ibdh puasa...ke kantor pake high heel fav min 10cm ..satu hari pulang kantor ad mslh dgn kendaraan ku,aku dengan cuek jalan kaki sambil cr tempat untuk berbuka...pulang dari situ muncul flek bun,aku kira gejala mau dtg bulan ( kdg klo mau dtg bulan aku suka flek flek coklat dulu ) mlmnya aku demam..yg aneh paginya flek ga muncul lg jd ky normal...aku ke kantor..siangnya demam hebat plus ad flek lg..aku curiga jd lgsung izin pulang dan singgah kr apotik aku beli test pack mahal 2 sekaligus ( cadangan klo aku ga bs pake dan gagal, aku mau test ulang pagi) ternyata posiitif bun..demam..flek tp + sore itu aku lgsung ke rumah sakit dan di USG hasilnya + 6 minggu ..namun takdir berkata lain flek terus menerus dan dokter memutuskan janin harus di luruhkan karena posisinya sudah bergeser dan cepat atau lambat dia akan keluar dgn sndirinya.. berbekal pengalaman buruk itu,sejak saat itu walau telat 2 hr aku lgsung cek dan menggunakan test pack " layak " bukan price minded tp mmg hasil akurasinya beda..aku udah coba uji... aku mohon bantu doa,semoga aku bs jaga debay ku dengan baik untuk yg saat ini...semua pola hidup tdk sehat sdh aku rubah..kebiasaan buruk yg blm bs di tinggal hanya mkn gorengan dan mknan pedas..aku pasti berusaha demi debay.. buat calon bunda yg msh berusaha...tetap semangat ya...
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Berita Gembira !!!.....

Kini kami hadirkan fitur-fitur baru untuk para pecinta infobunda.com.

Fitur-fitur baru yang kami miliki antara lain ada Grup, Rumah Sakit,
Resep dan Iklan Baris.

Untuk para Bunda yang sedang mengandung atau telah mempunyai buah hati,
maka akan otomatis tergabung dalam sebuah grup berdasarkan perkiraan
melahirkan dan tanggal lahir sang buah hati yang nantinya Bunda bisa
berbagi pengalaman seputar kesehatan kehamilan dan juga tumbuh kembang
anak. Selain itu, kami juga menyediakan fitur Rumah Sakit, diharapkan
dapat memudahkan para Bunda untuk mengetahui rumah sakit yang terdekat.

Nah…bagi yang ingin mempromosikan produk yang dimiliki oleh Bunda dapat
menggunakan fitur Iklan Baris, sedangkan bagi Bunda-bunda yang ingin
berbagi masakan atau sedang bingung mencari menu masakan untuk buah
hati, dapat mengunjungi fitur Resep.

So, kami tunggu partisipasinya ya Bunda, terima kasih.

Salam,
Tim Infobunda.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Berita Gembira !!!.....

Kini kami hadirkan fitur-fitur baru untuk para pecinta infobunda.com.

Fitur-fitur baru yang kami miliki antara lain ada Grup, Rumah Sakit,
Resep dan Iklan Baris.

Untuk para Bunda yang sedang mengandung atau telah mempunyai buah hati,
maka akan otomatis tergabung dalam sebuah grup berdasarkan perkiraan
melahirkan dan tanggal lahir sang buah hati yang nantinya Bunda bisa
berbagi pengalaman seputar kesehatan kehamilan dan juga tumbuh kembang
anak. Selain itu, kami juga menyediakan fitur Rumah Sakit, diharapkan
dapat memudahkan para Bunda untuk mengetahui rumah sakit yang terdekat.

Nah…bagi yang ingin mempromosikan produk yang dimiliki oleh Bunda dapat
menggunakan fitur Iklan Baris, sedangkan bagi Bunda-bunda yang ingin
berbagi masakan atau sedang bingung mencari menu masakan untuk buah
hati, dapat mengunjungi fitur Resep.

So, kami tunggu partisipasinya ya Bunda, terima kasih.

Salam,
Tim Infobunda.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok,saya mau bertanya..
Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki 33 minggu, dan ini adalah kelahiran saya yang kedua. Kelahiran anak pertama saya melalui operasi sesar, karena setelah didiagnosa sejak usia kandungan 16 minngu ternyata janin saya kekurangan air ketuban (oligohydramnion).
Setelah konsultasi dengan 4 Dokter, di kelahiran kedua ini, 2 Dokter mem-vonis harus sesar lagi, dikarenakan jarak antara kelahiran pertama dgn kedua dekat, 1 dokter belum bisa memutuskan, dan 1 dokter bisa menjamin saya untuk kelahiran normal dan bisa jadi dengan induksi.
Pertanyaan saya, apabila saya memutuskan untuk melahirkan normal dan dengan induksi, apakah kemungkinan terburuk yang saya akan alami?? Apa yang sebaiknya saya lakukan, sesar atau normal??

Dari : Dian Pratiwi

Jawaban:

Dear Bunda,
Apabila pada persalinan sebelumnya menggunakan cara operasi Caesar, maka persalinan berikutnya dapat saja dilakukan “percobaan persalinan normal” dengan syarat tidak ada kendala untuk dilakukan persalinan per vagina. Apabila kehamilan Bunda cukup sehat dan baik, serta memenuhi syarat untuk dilakukan persalinan normal, maka dokter anda dapat melakukan percobaan persalinan normal di rumah sakit yang juga mempunyai fasilitas kamar Operasi, agar apabila mengalami kegagalan pada persalinan percobaan, dapat segera dilakukan operasi Caesar.
Namun harus diingat, bahwa tehnik sayatan dan lokasi sayatan pada operasi Caesar sebelumnya juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan, apakah dapat dilakukan persalinan normal secara aman atau tidak. Sebaiknya bunda berkonsultasi pada dokter OBSGYN yang melakukan operasi Caesar terdahulu mengenai hal ini. Demikian ajwaban saya, semoga dapat membantu Anda.
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hellow para bundaaa ... aku hadir lagiiiii ... :D
sorry, kmrn2 suami cuti, tp kita jadi tukang di rumah (lagi renovasi soalx .. hehe..)

bunda ari : gusi bengkak dan sakit itu normal ya ?? ...
soalx pengalaman iparku dulu, dia mengalami sakit gigi (nth apa penyebabx ... aku lupa), tapi dokter gigi malah suruh nahan sampe dia melahirkan. karena mereka tidak berani menanggung resiko utk ibu hamil. itu sebabx, 2-3 bln belakangan ini aku rajin ke dokter gigi hanya utk bersihkan kerak gigi dan tambal ... :D
bukannya kenapa kenapa ... karena aku ga mau kejadian spt iparku .. (nahan sakit smpe melahirkan booo ...) dan juga kl kita menjaga kesehatan di dlm mulut, itu jg penting .. karena semua masuk dari mulut ... kalo ga bersih kan bnyk bakteri ... dan bakteri itu bisa saja masuk melalui air ludah dll ...... tp aku bilang ke dokter gigiku... kalo aku sedang hamil. jadi dia kasih perlindungan di badanku,... (utk si bayi) kl pas gigiku mau di laser (x ray ... kali ya ??) tp blm di tambal skrg ... :( masih nunggu 2 mggu lagiiii ... hikks :((

chinta shintaaa : hhmmm ... dikau bun, teteeep aja males makan !!.. udh nyobain makan cereal ga ? atau minum yoghurt ? atau susu kedelai  (ga ush bnyk2 ... 1x aja/hari) atau minum kacang ijo, pake susu ....
padahal enak loh kalian di sana ada produk yg jual susu hamil, trus makanan sayur2an bergizi serta ikan2an tinggal pilih. Tinggal kitanya aja yg jangan manjain, kudu lawan rasa ga bisa makan dll, krn di sana produk memadai. 
lah ... di sini mana ada yg jual produk susu hamil. untung aku punya temen yg baru pulang dr indo, tp borong susu hamil banyak ... krn saat hamil muda dia di indo. nah skrg usia kehamilanx 6 bln dia udh ga butuh susu itu lagi ... lumayan booo ... masih 1 toples full (kira2 mgkn 6 kotak susu hamil), kebetulan merkx sama dgn yg wktu itu aku beli ... tp dulu sayangnya aku belinya cuma 1 kotak doang ... heheee.. untungx kita berdua ga ada yg mabok berlebihan ... (smpe muntah segala ... hehee)  udah gitu di sini mana ada yg jual sayur bening (itu bagus utk asam folat), atau ikan2an ... di sini ikan hargax selangit buuu .... trus di siniiii ... kalo mau USG tunggu 3 bln pertama. ga spt di indo, biar baru 3-4 minggu bisa di usg .... bener loh bunn ....

babyplusindonesia : kalo aku morning sickx (ga mroning sick sih ... cuma sedikit mual, dan mengganggu perut) selalu sebelum bobo malam. hahahahaaaaaa... aneh kan ? hehehe ... kalo siang2 gini sampe malam mah, gak masalah, paling laper ... hahaha..
tapi bener, selama ini aku jg kudu motivasiin dan ttp semangat! ... however, aku juga dulu pernah memiliki pengalaman di "kuret" di usia 7w (sm spt usia skrg ini ...) tp aku selalu berharap dan berpositive thinking ... agar hal tsb ga akan terjadi lagi. yg skrg ini akan terus sampe titik darah penghabisan di saat melahirkan nanti ... amiiinn. hehehee ...

sedikit info dr saya ya ...
kmrn saya ke dokter kandungan, saya infoin bahwa saya hamil. akhirnya dokter kasih bnyk sekali catatan ttg apa yg harus saya lakukan di laboratory. hahahaa ... intinya sih cuma 1, cuma periksa darah saja ... tapi terbagi menjadi 7-8 botol. hahaha.. utk di cek apa kah darahku baik2 saja, atau ada penyakit dll ...
trus saya hrs buat janji temu dng rumah sakit utk di USG tp nanti, tunggu udh 3 bln. jadi ... 1 bln dr skrg saya baru bisa melihat janin saya untuk pertama kalinya. tepatx tgl 23 april nantiiii ... (hikks .. masih lama yaaa ?? ... :(   )

ohya, mengenai perkembangan kehamilan ... perut saya rada membesar, payudara juga donkkk ... (yeahh !! i love it ... hehee) trus anehnya ... kalo saya buka BH, kl di perhatiin ada putih2 .. spt air susu .. di pentil payudara saya ... tp hbs itu dlm wkt hitungan beberapa detik, hilang ... apa terserap kembali atau terkena udara ... tp ga mengering di tempat. smlm begitu aku liat hal tsb lagi, aku coba mengabadikanx melalui foto, baru bergegas utk ambil kamera (hp) ...kembali ke kaca, eh susunya udh menghilang .... apakah yg lain jg pnya pengalaman yg sama spt sya ??

info2 ya para bundaaaa .....

*conny*



   
Jumlah Posts : 728
Jumlah di-Like : 3

Ayah ikut Terlibat

Menantikan kelahiran buah hati adalah saat-saat yg membahagiakan bagi Ayah-Bunda. Dlm prosesnya, seharusnya sang Ayah pun terlibat aktif.

Pada saat menunggu kelahiran:

(1) Menemani untuk memeriksakan kandungan secara rutin
(2) Hadir dalam kelas persiapan kelahiran
(3) Lakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tanpa diminta (mis: menyapu, ngepel, mencuci dsb)
(4) Berikan kejutan-kejutan kecil seperti mengajak nonton, memberikan bunga atau membelikan makanan kesukaan Bunda.
(5) Penuhi permintaan "ngidam" nya

Pada saat persalinan:

(1) Ingat tas rumah sakit yang sdh disiapkan
(2) Menemani di ruang persalinan (he he he tidak semua ayah bisa melakukannya)
(3) Siaga dan siap
(4) Matikan hp

Nah, Bunda ingatkan Ayah mengenai hal-hal di atas ya ... Semoga membantu

( www.facebook.com/BabyPlusIndonesia.com )
"Sekolah" Khusus bagi Bayi dalam Kandungan

   
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : 2
 Lam kenal ya bun..
wah sama kya saya tuh bun, sya juga terlahir premature malah 7 bulan, tapi waktu hamil dulu saya tenang dan positif thinking aja bakal lahir cukup bulan, alhamdulillah lahir normal dan cukup bulan malah lewat 5 hari.. malah sempet takut bakal di ceasar.. tapi alhamdulillah gak..

waktu itu saya pas udah 9 bulan bulan/40 minggu, pas lwt 3 hari nge flek trs pas hari ke 5 nya mulai mules deh dari malem sampe pas shubuh mulesnya tiap 5 menit sekali, langsung aja ke rumah sakit, eh udah pembukaan 4, pagilanya langsung lahiran... alhamdulillah lancar.. yang penting sugesti ke diri kita, tenang, dan positif thinking aja bun,,, klo semuanya akan lancar, selamat dan baik2 aja..

tetap semangat ya bun

 lam kenal
bunda abib

   
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam bunda Ari...   Mau sharing aja nih.. Dulu waktu hamil Caca, sampai umur 40 minggu, Caca belum masuk ke panggul, posisi kepala sudah di bawah... Mules juga sempet sebentar-sebentar aja, tidak ada pembukaan.. Tanggal 16 Agustus (terakhir control) kata DSOG ku tidak ada indikasi kelilit tali pusar, dokter bilang kalo sampai dengan minggu depan tidak turun juga, maka mau nggak mau harus sectio caesar.. Pulang dari DSOG, ketuban ku sudah pecah, mengalir sampai malam harinya.. Besoknya, tanggal 17 Agustus pagi, aku cek ke rumah sakit terdekat, hasil USG bilang ketubanku sudah hampir habis, dan harus sectio..   Ternyata bunda, Caca tidak turun-turun ke panggul karena dia kelilit tali pusar lebih dari satu tali... Itupun ketauannya setelah Caca keluar dari perutku...
  Jadi bunda, pilih yang terbaik aja.. Utamakan keselamatan bunda dan dedeknya.. Kalo memang tidak bisa normal, mungkin sectio itu jalan terbaik buat bunda..   Semoga persalinannya lancar dan sehat dua-duanya, yaa, amiin   Salam, Ummi Wien dan Caca
   
12-08-2008 10:04:53 kebutuhan persalinan
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : 2
Sepengalaman saya, Rumah sakit memang menyediakan popok dan baju bayi. Apalagi saat-sata genting mau melahirkan biasanya baik suami apalagi kita udah lupa deh untuk memberikan tas ysnag sudah dipersiapkan sejak awal. Baru sesudah si kecil sudah rapih, baru susternya minta ke suami kita untuk gurita dan kebutuhan ibunya. However, kita tetep harus menyediakan : - Baju si kecil 5 pasang (karena kita gak tau berpa lama kita bakal di RS) - Beserta popok atau diapersnya (siapkan aja lebih.. untuk pampers cari ukuran yang new Born) - kain untuk alas/bedong si kecil - Gendongan - Minyak telon - Sisir bayi dan ibunya - sampoo dan sabun baik untuk si kecil atau si ibu - handuk - Botol susu - kaus kaki dan tangan - Topi si kecil - Baju untuk pulang - Gurita/ stagen untuk ibu - softeks khusuh untuk melahirkan - Bra untuk menyusui dan underwear - Baju/ blus yang berkancing sehingga memudahkan untuk menyusui( kalo gaka da kancing kita bakalan repot ) - Handuk kecil untuk menyerap ASI atau breast Pad - Kain/sarung batik ( biasanya memudahkan kita kalau mau pip atau pupu) - Peniti - Minyak kayu putih untuk si ibu - kebutuhan pribadi ibu seperti roll on, sendal, lotion, dll - jangan lupa uang cash atau kartu asuransi - Baju si bapak juga jangan lupa, biasanya hal ini sering terlupakan kalo boleh aku saranin barang2 si kecild an si ibu dipisahkan.. jadi nyarinya gak repot, karena yang sibuk nanti biasanya bapaknya. untuk baju si kecil, jangan lupa dikasih nama bu, soalnya gak semua suster telaten hapal barang2 pasien2 mungilnya. Terus kalo bisa itu tas perlengkapan melahirkan, udah harus ada pas kehamilan kita udah masuk 9 bulan, ditempat yang mudah dijangkau kayak di mobil atau samping tempat tidur... salam maniez...bunda rysma & dayrra