SITE STATUS
Jumlah Member :
481.966 member
user online :
1652 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: perlukah suntik tt untuk kehamilan kedua

New Topic :  
10-02-2015 13:03:32 suntik TT ( tetanus)
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25

Hi Bunda Saidah. Alawiyah, 

Salam kenal ya Bunda . Kami ucapkan terima kasih Bunda telah bergabung bersama di Infobunda. 

Berkenaan dengan topik Bunda, kami sarankan untuk bergabung pada topik "Suntik TT ibu hamil" ( http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=36224 ). 

suntik TT ( http://www.infobunda.com/dokter/7383-suntik-TT.html )  di Tanya Dokter,Oleh Bunda Sri umiyati
dok mau tanya, bulan kemarin saya suntik TT untuk pertama kalinya, dan disuruh bidan lagi klw bulan depan suntik TT yg kedua, nah apa ada pengaruhnya dok kalau saya tidak melakukan suntik TT yg kedua? dan perut saya sering sekali mengalami kram atau keras dibagian bawah, itu kenapa ya dok??
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Penyuntikan vaksin Tetanus (TT) dilakukan berkala, suntikan berikutnya bertujuan untuk memperkuat suntikan pertama (booster) untuk mencapai imunitas (kekebalan) yang baik. Bila Bunda tidak melakukan suntikan berikutnya, maka imunitas tidak tercapai dengan baik dibandingkan bila dilakukan sesuai rangkaian yang lengkap. 
Perut bagian bawah kerap kali mengalami tegang atau kram pada awal kehamilan karena pertumbuhan rahim yang kian membesar juga dipengaruhi oleh hormon yang menyebabkan perubahan kontraksi pada otot-otot perut dan punggung, hal tersebut masih tergolong normal. Jika kram tersebut terjadi secara terus menerus dan semakin lama semakin sering terutama disertai adanya cairan seperti darah ataupun lendir keluar dari vagina, maka Bunda harus waspada dan segera menghubungi dokter Bunda. Beristirahatlah sebentar ketika terjadi kram, bernafas secara normal dan duduk atau rebahan dalam posisi yang nyaman sampai rasa kram tersebut menghilang. Jangan lupa untuk kontrol kehamilan Bunda secara teratur dan meminum suplemen asam folat serta zat besi untuk mencegah terjadinya komplikasi dalam kehamilan.

Terima kasih. 

   


Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dokter Tanti, saya sedang hamil 18 minggu. perlukah suntik tetanus selama kehamilan...? Saya ingin melahirkan normal. Sebelum menikah saya sudah suntik tetanus 1x. Terima kasih atas jawaban dari dokter.

Dari : Indriyana Purnamasari

Jawaban:

Dear Bunda,

Apabila bunda telah mendapatkan suntikan TT sebelum menikah, maka bunda dapat mendapatkan suntikan TT kembali saat ini untuk meningkatkan kekebalan terhadap infeksi tetanus. Konsultasikan dengan dokter atau bidan anda untuk mendapatkan vaksin TT ini.
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
iya selama kehamilan cma 2x ajja suntik TT untk khmilan kedua dgn jrk 1 thn TT nya cuma dsuntik 1 kali ajja bundaa
   


23-11-2012 16:31:15 suntik tt untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
dokter saya mau bertanya tentang suntik tt buat ibu hamil apa aman untuk janin dan apa fungsi suntik tt untuk ibu hamil? trims

Dari : dinar isabelly

Jawaban:


Dear Bunda,

Suntikan vaksinasi untuk ibu hamil dapat di berikan pada awal kehamilan dan kemudian diberikan booster (suntikan yang ke-2) setelah 4 minggu dari penyuntikan yang pertama.

Suntik imunisasi tetanus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum pada bayi ketika ia dilahirkan. Semakin majunya dan membaiknya sanitasi lingkungan serta terjaminnya sterilitas alat-alat kesehatan dalam persalinan, banyak dokter yang berpendapat imunisasi ini tidak begitu penting karena minimnya infeksi tetanus.

Vaksin TT aman diberikan pada ibu hamil, dan sebaiknya dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi tetanus.

   
15-06-2011 16:02:43 Suntik TT untuk Ibu Hamil
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : 1
hallo bunda2 semuaaa...share donk yang pernah suntik TT selama kehamilan....kok aku pernah baca selama hamil jg harus di suntik TT yaah agar waktu melahirkan aman gitu karna nanti bisa aja dimasuki benda2 yang belum sterill untuk membantu persalinan...

tapi bun...aku udah 31w niih....telat nggaak yaah...dokterku jg nggak ngasih tauu masalh suntik TT selama hamil inih...


minta sharenya yaah bunda2 sekalian...tengkyuu ^^
   


13-11-2010 12:23:47 Suntik TT
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 1
Hallo bunda Aynde,

betul kata bunda-bunda yang lain kalau suntik TT itu gak bikin susah hamil kok..dan memang sebelum menikah disuruh suntik TT untuk melindungi calon pasutri dari kuman atau infeksi--nah biasanya kalau pas lg hamil ditanya dokternya udah disuntik TT apa blm, kalo belum biasanya disuntik mulai umur kehamilan 6 bulan kalo gak salah yang gunanya untuk melindungi si ibu dan janin ketika persalinan dari alat-alat RS/operasi yg tidak steril...suntik TT itu lebih cenderung untuk ke daya imun sih bun..
Makanya kalaupun belum disuntik TT sebelum menikah, gak apa2 karena nanti pas hamil juga disuruh dokternya disuntik

Salam kenal bunda semua

ammi fita
   
05-06-2016 20:17:57 suntik tt
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 uk q sekarang 31w tpi belum di suntik tt,,
waktU kehamilan pertama pernah disuntik tt selang beberapa menit lngsung pingsan,,jdi agak takuT
bunda2 disini ada gak yang hamil tidak suntik tt?????
   
11-03-2016 12:30:27 suntik TT2
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
aq ga suntik TT pra nikah n sebulan stlh nikah, Alhamdulillah 2bln nikah lgsg isi.. temen q jg sama, ga suntik TT tp dia baru hamil stlh 8 bln kosong n baru suntik TT pas kehamilan masuk 4bln.. jd menurut q bkn krn Suntik TT'y bund, ada yg lgsg hamil ada yg lama kosong bru hamil.. tergantung Yg Maha penciptaNya mau dikasih cpt atau lama.. ga mesti krn suntikan bund ;)
   
13-01-2016 13:00:19 debay mulai aktif
Jumlah Posts : 916
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda neneng.. biasa nya untuk kehamilan pertama, ibu bisa ngerasain gerakan baby nya stelah 18 minggu bun.
kalo untuk kehamilan kedua dan selanjutnya bisa lbh cpt merasakan gerakan baby di minggu ke 16..
sabar bun.. nanti jg ngerasain gerakan dedek nya. 😊
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
kata bidanku ibu hamil kelahiran d atas 79 tidak perlu suntik TT bund, krna suntik TT wktu mau nikah itu sudah trmasuk suntik TT untuk antibody seumur hidup
   
15-06-2015 10:06:07 5w4d kluar darah
Jumlah Posts : 172
Jumlah di-Like : belum ada like
sebaiknya langsung diperiksakan bun dari pd nunggu nanti.. lebih cepat lebih baik.. mudah2 baik2 aja ya bun..itu hanya pengalaman saya dikehamilan pertama saya.. untuk kehamilan kedua saya ini saya juga lebih berhati2 bun.. karena masih awal saya tdk banyak gerak. saya bener2 istirahat total.
   
12-06-2015 19:45:20 wajibkah suntik tt??
Jumlah Posts : 221
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda smua. aq sblm nikah gak prnh suntik TT. anak pertama jg aq gak prnh suntik TT. Alhamdulillah anakku lahir sehat n normal.pas hamil k2 ni aja aq d suntik TT krn aq ganti dokter. dokterku yg dl pindah k jawa. kmrn aq d suntim TT pas umur 4 & 5 bln bun. krn dokter tmpat aq periksa tergolong murah x y mkx d suntik. justru pas kontrol k rmh bersalin yg agak mahal malah dokterx bilang sbnrx gak prlu sentik TT krn skrg smua rmh sakit canggih alat sterilx. klo suntik TT untuk ibu"yg melahirkan d bidan atau d pedalaman gtu. gak tau jg sih. krn dah d suntik 2x jd biarlah.
   
12-06-2015 15:52:39 wajibkah suntik tt??
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamu'alaikum... Dulu awal hamil 4 minggu pertama kali periksa ke bidan ditanyain "sudah suntik tt??" sekarang kehamilan ku 31 minggu sedangkan aq lum pernah suntik tt dr sblm nikah sampe skrg. kira2 bunda2 ada yg seperti ku gak?? berdampak burukkah buat bayi ku nanti?? share donk bunda...ini kehamilan ku yg pertama. Wassalamu'alaikum...
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
bayiku aktif bgt gerakannya skrang INI saya lagi Susah tidur kalo malam kalo pagi ngantuk bgt tapi anak pertama saya masih berumur 14 bulan jadi harus nyiapin tenaga extra untuk kehamilan kedua INI??
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Siang bunda, kehamilan kedua butuh perencanaan yang baik serta dukungan dari ayah dan juga keluarga.  Jika bunda dan ayah sudah merasa ini saatnya merencanakan kehamilan kedua, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bunda dan ayah. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yah bunda :

Atur jarak kehamilan

Jarak kehamilan yang aman menurut penelitian sekitar 27 – 32 bulan setelah melahirkan berarti sekitar 2 tahun 3 bulan atau 2 tahun 8 bulan bunda. Walau sebenernya sih rahim bunda tuh udah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Tapi dengan mengatur jarak yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika bunda di kehamilan sebelumnya melahirkan secara caesar disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.

Lepas alat kontrasepsi

Jika bunda dan ayah sudah merencanakan untuk memiliki adek bayi lagi, idealnya hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus mens normal (kecuali pemakaian spiral, bunda bisa langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Jika alat kontrasepsinya dalam bentuk pil dan suntuk perlu waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi.

Pemeriksaan pra-kehamilan

Jika bunda dan ayah sudah benar-benar siap untuk kehamilan kedua, wajib melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan bunda dalam keadaan yang sehat. Setelah pemeriksaan disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap termasuk tes laboratorium.

Mempersiapkan psikologis calon kakak (anak pertama)

Nah yang ini juga gak boleh dan biasanya butuh pendekatan ekstra. Persiapkan psikologis dan mental calon kakak penting dilakukan agar tidak merasa tersisih saat bunda nantinya lebih sering memperhatikan adek bayi (anak kedua). Dapat dilakukan dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasihsayang bunda berubah.

sumber artikel

Perlu diingat bunda dalam mempersiapkan kehamilan ini, tubuh bunda perlu nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Bunda bisa dapatkan dari ikan, susu ibu hamil, telur, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi antara 3-4 bulan sebelum mempersiapkan kehamilan.