SITE STATUS
Jumlah Member :
493.586 member
user online :
1053 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pentingnya asam folat untuk janin

New Topic :  
09-02-2015 14:42:59 kurang HB
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Salam kenal Bunda Ani, 

Bunda, dapat mengikuti Forum yang  telah ada yakni dengan topik " Hb rendah saat hamil  "(  http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=18909 ) .

Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat beberapa artikel - artikel di Infobunda :
1. Pentingnya Asam Folat untuk Janin ( http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=414 )
2.
Bahan Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil( http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=12 )

   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat pagi bunda. sebaiknya jika dokter menyarankan mnm vitamin dan penguat sebaiknya diminum ya. vitamin asam folat untuk mencegah cacat pd janin. vitamn tambah darah untuk mencegah terjdinya perdarahan saat melahirkan.
   
17-10-2016 19:05:42 flek 3 minggu
Jumlah Posts : 46
Jumlah di-Like : belum ada like
iy bun.. saya pikir mau coba beli sendiri bun.. tapi saya kurang tau brp mg asam folat untuk trimester 1.. kalau kadar asam folat berlebihan apa ngga ada efek buat janin y bun??
   


Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
Bun,saya tipikal orang yg mudah stress.. dan saya pernah kb suntik 3bulan hanya sekali.. dan akhirnya perlahan mens saya siklus nya makin memanjang dan tdk beraturan,kadang sebulan sekali,pernah juga sampai 2bulan lebih dan sy sgt berharap itu hamil.dgn PDnya saya usg karna saya mengalami semua tanda kehamilan. ternyata tuhan berkehendak lain.dan waktu itu sy blm juga hamil.akhirnya saya banyak konsumsi bawang dayak direbus guna menyuburkan rahim,kegunaan lainnya bisa juga untuk melunturkan kista atau miom.dalam beberapa bulan kemudian saya telat dan hari ke 70 ibu saya memaksa untuk tespack,padahal saya sdh putus asa.tapi ternyata saya telah hamil 2bulan lebih,dan janin saya alhamdulillah sehat meski tdk pernah saya beri asam folat.akhirnya saya usg pertama dan bidan bilang saya wajib konsumsi asam folat untuk pertumbuhan janin,dan sejak saat itu setiap malam saya minum folavit,namun saya disarankan usg ulang 2minggu kemudian..saya sangat cemas krna takut janin saya terlambat pertumbuhan nya.tapi setelah 2minggu saya usg alhamdulillah detak jantung janin saya sangat kuat dan tangan kaki nya telah tumbuh.. Subhanallah, coba bunda tetap berikhtiar dgn doa dan usaha untuk mempersubur rahim.dalam 2tahun pernikahan akhirnya sy bisa hamil stelah saya pikir bahwa saya mandul.semoga bermanfaat bunda..😊
   
02-10-2014 11:13:29 Folic Acid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda positif hamil? Bila Bunda berencana memeriksakannya ke dokter kandungan, pastikan Bunda mendapat asam folat dalam resep vitamin yang diberikan dokter.

Mengapa asam folat?

Cacat lahir pada bayi terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 kehamilan. Untuk itu asam folat atau juga disebut vitamin B9 wajib dikonsumsi saat hamil terutama pada trimester pertama, dimana otak dan tulang belakang janin mulai terbentuk. Janin yang tumbuh tanpa asupan asam folat yang cukup, sangat beresiko menderita gangguan pembentukan selubung syaraf. Jika gangguan tersebut terjadi di kepala maka tengkorak janin tidak akan terbentuk sempurna (Anencephaly). Selain di kepala kemungkinan lain terjadi pada tulang belakang (Spina Bifida) dimana tulang belakang tidak menutup dengan sempurna.

Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Bahkan asam folat juga bagus untuk pasien yang menderita penyakit jantung, anemia, kanker dan Alzheimer.

Di mana saja asam folat terkandung?

Tidak sulit mendapatkan asam folat. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bila Bunda kurang menyukai jenis makanan di atas, Bunda bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat. Tapi tentu saja, bahan makanan natural jauh lebih baik.

Asam folat untuk persiapan kehamilan?

Beberapa dokter memang ada yang menyarankan wanita yang merencanakan kehamilan untuk mengonsumsi asam folat. Ada penelitian yang mengungkapkan, jika wanita yang berencana hamil dan mengonsumsi asam folat  maka akan meningkatkan 50% lebih besar peluang terjadinya kehamilan.

Tips :

- Sayuran dan buah-buahan yang masih segar memiliki kualitas terbaik. Jangan menyimpannya terlalu lama.

- Supaya kandungan asam folat tidak hilang, jangan memasaknya dengan suhu yang terlalu tinggi.

- Tidak perlu memotong bahan makanan terlalu kecil. Justru hal ini dapat merusak asam folat yang terkandung di dalamnya.

   


30-09-2014 14:17:57 Livron B.plex
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

yang Bunda sebutkan adalah termasuk suplemen vitamin dan mineral, mengandung asam folat, zat besi dan vitamin lain yang berguna untuk tubuh sebagai tambahan di luar makanan alami. perlu Bunda ketahui bahwa ibu hamil memerlukan tambahan asam folat untuk mencegah resiko cacat janin dan keguguran.

   
15-03-2014 22:41:19 vitamin
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Zee,

Terima kasih atas perttanyaannya.

Santa E mengandung vitamin E yang dibutuhkan untuk kehamilan.

Becom C adalah multivitamin yang mengandung Vitamin B Kompleks dan vitamin C

  • Vitamin B kompleks penting untuk memelihara aktifitas dari susunan saraf.
  • Vitamin C memegang peranan penting dalam memelihara daya tahan tubuh

Folamef mengandung asam folat yang dapat mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin serta membantu pembentukan sel darah merah.

Saya sarankan untuk melanjutkan konsumsi keduanya (vitamin E & Asam Folat), untuk Becom C, bunda dapat menggunakan multivitamin lain yang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C.

Terima kasih

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 
Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat.

Cacat lahir pada bayi terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 kehamilan. Untuk itu asam folat atau juga disebut vitamin B9 wajib dikonsumsi saat hamil terutama pada trimester pertama, dimana otak dan tulang belakang janin mulai terbentuk. Janin yang tumbuh tanpa asupan asam folat yang cukup, sangat beresiko menderita gangguan pembentukan selubung syaraf. Jika gangguan tersebut terjadi di kepala maka tengkorak janin tidak akan terbentuk sempurna (Anencephaly). Selain di kepala kemungkinan lain terjadi pada tulang belakang (Spina Bifida) dimana tulang belakang tidak menutup dengan sempurna.

Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Bahkan asam folat juga bagus untuk pasien yang menderita penyakit jantung, anemia, kanker dan Alzheimer.

Di mana saja asam folat terkandung?

Tidak sulit mendapatkan asam folat. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bila Bunda kurang menyukai jenis makanan di atas, Bunda bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat. Tapi tentu saja, bahan makanan natural jauh lebih baik.

Asam folat untuk persiapan kehamilan?

Beberapa dokter memang ada yang menyarankan wanita yang merencanakan kehamilan untuk mengonsumsi asam folat. Ada penelitian yang mengungkapkan, jika wanita yang berencana hamil dan mengonsumsi asam folat  maka akan meningkatkan 50% lebih besar peluang terjadinya kehamilan.

Mengenai DHA, saat ini bermacam-macam pendapat mengenai penggunaannya pada kehamilan. Ada yang berpendapat bahwa DHA memang baik untuk kesehatan namun tidak menjadi pengobatan atau penentu baiknya pertumbuhan otak janin. Bila ingin meminum suplemen DHA dan tidak memiliki kontra indikasi maka boleh saja, tetapi perlu diingat bahwa perkembangan janin juga dipengaruhi oleh banyak faktor ya Bunda.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Siang Dok, usia kehamilan saya 6 minggu dan setelah USG hasilnya kantung janin sudah terlihat dan bakal janin sudah terlihat walau masih kecil. Yang menjadi permasalahan dokter mengatakan kandungan saya lemah karna posisi terlalu bawah dan rawan keguguran. Tapi dokter tidak memberi resep obat penguat...apakah benar posisi kandungan atau kantung janin saya ini membahayakan Dok....apa yang harus saya lakukan atau konsumsi agar kehamilan ini bisa terus dipertahankan sampai waktu melahirkan nanti..terimakasih sebelumnya

Dari : Eka Wastutik Iriyani

Jawaban:

Dear Bunda,

Selamat atas kehamilan anda. Dari keterangan bunda, saya dapat merasakan kekhawatiran bunda. Kemungkinan dokter kandungan anda tidak memberikan obat untuk memperkuat kandungan anda karena memang tidak ada hal yang mengancam sejauh ini, beliau hanya menginformasikan bahwa letak dari kantung kehamilan anda berada pada posisi yang rawan dengan keguguran. Hal ini tidak berarti akan pasti mengalami keguguran atau memerlukan penguat kehamilan. Yang anda perlu lakukan adalah beraktivitas seperti biasa, beristirahat dengan baik, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi baik, memeriksakan kandungan anda secara berkala, mendapatkan vaksinasi dan suplemen zat besi serta asam folat untuk mencegah adanya resiko keguguran. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear Dok.Tanti, sy sedang hamil 8 bln dan ini kehamilan prtama sy, saat ni sy mengkonsumsi obat Luminal dr dok saraf, sy sdh konsultasikan hal ini ke dok saraf yg brsngkutan dn dok tsbt bilang bhwa obt trsbut aman bgi ibu hamil, krn msh pnasaran sy sdh tanya k 2 dktr spesialis kndungan yg brbeda dn jwbn nya sama ykni obt trsbt aman bgi ibu hamil dn bgi janin dlm kndungn sy. prlu dketahui bhwa sy mngkonsumsi obt trsbut sdh 1 thun dn itu hrs setiap hari (saran dok saraf jk ingin smbuh total). Krn msh pnsrn jg prtnyaan sy tetap sm dok apakah aman bgi ibu hamil mengkonsumsi obt Luminal? Bgmn dgn janin sy? mhon pnjlsn nya, terima kasih bnyk dok..

Dari : Novi Yanti

Jawaban:

Dear bunda,



saya yakin dokter anda akan memberikan obat-obatan setelah menimbang kebaikan yang ingin dicapai dari obat tersebut. Luminal mengandung Phenobarbital tentunya diberikan kepada anda ketika dalam keadaan mengandung ini bukan tanpa alasan, biasanya dokter akan menimbang lebih besar mana keuntungan ataupung kerugian dari obat yang akan diberikan. Bila telah dinilai dapat memperburuk keadaan anda bila tidak meminum obat ini, maka dokter akan memberikannya agar kesehatan anda dapat terjaga di bandingkan bila anda tidak meminumnya. Saya sarankan kepada Bunda untuk meminum suplemen yang mengandung asam folat untuk mencegah adanya kecacatan pada janin. Demikian jawaban saya, semoga membantu.

   
04-02-2011 12:12:08 Kehamilan Pasca Kuret
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
buat bunda yg hamil pasca kuret ... selamat ya ... jgn khawatir kok ... kalo emang hasil test positif langsung ke dok aja ... jgn lupa minta obat penguat karena historical pernah keguguran ...aku juga sama kok, hamil setelah kuret di usia kandungan 3bln krn janin ga berkembang ... sedih bgt saat itu, kyanya gagal bgt jaga titipan ALLAH ... dan setelah itu setiap datang bulan, aku selalu nangis krn merasa takut ga bs hamil, atau kalo hamil gagal lagi lah .. setelah berusaha rilex, positif thinking dan berserah diri aja sama ALLAH ... alhamdililah setelah 8 bln dr kuret aku hamil ... anakku skrg udah 11 bulan ...

waktu awal hamil juga aku diem2 aja (ga bilang2 ke org2 selain keluarga kalo aku hamil, karena takut gagal lagi). sebelum ke dokter aku juga minum asam folat untuk jaga kondisi janin, aku juga sama lhoh bun, awalnya ragu2 ke dok, takutnya testnya salah lah ... tp suami maksa untuk ke dok, akhirnya sih manut dech ... selama hamil dijaga aja, jgn terlalu cape, minum susu hamil, makan makanan yg sehat, jauhin dech makan mie instan, junk food, ... aku puasa dech tuh makan yg kya gitu selama hamil dan menyusui ... hehehehe .. demi ade nayi ...

jgn lupa berdoa, insya allah segalanya pasti lancar ...

tetep semangat bundaaaa ...

   
03-02-2011 16:33:24 Kehamilan Pasca Kuret
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo Bunda salam kenal yah,

Aku juga pernah ngalamin hal yang sama, aku pernah keguguran di usia kehamilan 3 bulan dan di kuret. Setelah 8 bulan akhirnya aku hamil lagi, sebelum ketahuan hamil malah aku sempet flek, yang aku kira itu tanda2 mau haid, tapi setelah seminggu kemudian aku ngalamin tanda2 hamil, kaya mual, pusing, akhirnya setelah aku testpack positif, Alhamdulillah... dan sekarang usia kehamilanku udah 35 minggu ^_^

Kalo nurut aku, ada baiknya kamu periksa ke dokter buat mastiin kehamilan kamu juga supaya dikasih vitamin sama dokter, karena awal kehamilan itu penting banget asupan vitamin dan asam folat untuk pencegahan cacat janin.

Kalo masalah berat badan yg belum naik itu biasa di awal kehamilan, aku malah turun 2 kiloan di usia kehamilan 2-3 bulan karena setiap makan pasti keluar lagi , tapi sekarang malah naek sampe 15 kilo Udah bagus kamu mao maksain buat minum susu, aku juga minum susu bisa 2-3 kali sehari waktu hamil muda, karena aku takut anakku kekurangan gizi, kalo bisa kamu sedia cemilan/biskuit atau buah2an, yang penting perut kamu ga kosong.

Semoga kali ini kita berhasil sampai lahiran yah... Amiiiin...


   
16-12-2010 14:43:20 gak doyan susu hamil
Jumlah Posts : 52
Jumlah di-Like : belum ada like
slm knl bunda titik.. wah aku waktu 10 minggu lg parah2nya bun..
kalo kt dokterku, susu hamil ga tll memegang peranan penting dlm pembentukan asam folat utk janin, yg penting mnm vitamin2 pendukung yg dksh donkter bund..
trs aku sndiri termasuk yg ngidamnya parah krn sehari bs 3x muntah.. klo mual sih stp saat,smp kemana2 bw kresek.. :D
tapi alhamd stp abis muntah, suami buatin susu (kadang susu hmil/prenagen emesis or susu fullcream biasa),mungkin emg dasarnya aku suka susu, jd masuk2 aja tuh mnm susu bun.. tp ttp aja sih muntah2nya g bs dihindari,krn aku ada maag jg jd hyper-emesis..

untuk bunda yg krg suka susu, coba cari alternatif mknn/mnman lain yg mngandung kalsium aja bun, konsulkan jg sm dokternya bunda, mgkin ada jenis mknn/mnman yg bs memenuhi kebutuhan kalsium utk ibu hamil slain susu....
keep happy n healthy ya bun :)
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Nelly...

mao share jg ya... di kehamilan pertamaku aku jg Blighted Ovum, akhirnya flek terus pada usia kehamilan 7 minggu, kata dokter sih.. harus dikuret krn biarpun ttp kt pertahankan janin tdk berkembang dan suatu saat akan terjadi pendarahan hebat yg beresiko tinggi, akhirnya aku kuret di minggu ke-8 tgl 27 dec taun lalu, stlh dikuret hny ada sisa darah seperti kt sdh mau selesai mens sekitar 3-4 hari.
haid selanjutnya pas sebulan dr tanggal aku dikuret itu..., kalo untuk hamil lg dokter menyarankan untuk tunggu tiga bulan krn agar kondisi rahim kembali ke semula.. slama 3 bulan itu saya dibekali oleh dokter asam folat untuk persiapan selanjutnya, tp saya jg ga berani pas 3 bulan lsg cb hamil lg krn pikiran jng terlalu mepet sama waktu yg diberi au dokter (biar lbh siap rahimnya hehehe) , dan skrg syukurnya aku dah isi lg... sudah 12 minggu.. berarti dengan jeda krg lebig 5 bulan , mohon doanya yah bun.. smoga smua lancar" dan berjalan dng baik..
kalau untuk masalah berhubungan dengan suami saya memang tunggu 40 hari dulu bun, krn ktnya sama kyk masa nifas org setelah lahiran gt...
Smoga ceritanya bs jd sharing buat bunda yah.. tetap semangat bunn ^ ^
   
23-07-2010 14:25:37 Stop asam folat?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
sy ada artikel ttg asam folat bun, semoga bermanfaat ...

Pengertian Asam Folat
Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Fungsi Asam Folat
Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

Sumber/ Penghasil Asam folat
Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Defisiensi Asam Folat
Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Bagi ibu hamil
Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Referensi
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia: Jakarta, 2004.