SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1334 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pengaruh cacar air pada janin ibu hamil

New Topic :  
15-11-2013 09:38:20 ciri bayi tdk berkembang
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
CiriCara.com ? Janin tak berkembang lagi atau gagal hidup bisa terjadi pada trisemester pertama, kedua, maupun ketiga. Kegegalan hidup pada trisemester awal hingga 20 minggu disebut keguguran atau abortus. Keguguran bisa saja terjadi karena Anda tidak menjaga janin dengan baik. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin terjadi karena beberapa faktor.

Dilansir dari tabloid Nakita, penyebab keguguran sekitar 80 persen adalah masalah kromosom akibat kelainan genetik. Paling banyak terjadi pada usia 13 minggu kehamilan.

Pada trisemester kedua, kematian janin bisa saja terjadi karena adanya suatu inkompetensi servik. Artinya tahim tak cukup kuat menyangga dan juga karena faktor adanya lilitan tali pusat. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin diantaranya terjadi pelepasan plasenta sehingga janin tak mendapatkan suplai oksigen.

Namun, jangan terlalu mengkhawatirkan kehamilan Anda. Pada prisnipnya, kematian janin yang disebabkan oleh kelainan atau infeksi dan juga faktor lainnya tak banyak terjadi, hanya sekitar 3-4 persen saja. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar menjaga kehamilan dengan baik.

Dilansir Female.Kompas.com, ahli kandungan, dr UF Bagazi, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital mengatakan bahwa jika terjadi sesuatu pada janin, ibu hamil bisa merasakan beberapa ciri. Berikut ciri-ciri janin gagal hidup:

1. Mual dan muntah tak lagi dirasakan

Pada trisemester pertama, ibu hamil pada umumnya akan merasa mual dan muntah-muntah. Tapi, jika si janin gagal hidup, maka ibu hamil tak lagi merasakannya.

2. Muncul flek atau darah

Jika pada trisemester pertama muncul flek atau darah dari alat kelamin, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup di dalam rahim Anda.

3. Tak merasa ada gerakan janin

Pada trisemester kedua dan ketiga, biasanya ibu hamil akan merasakan janin menendang atau memukul. Jika Anda tidak merasakan hal itu lagi, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, tinggi fundus rahim juga relatif menurun. Bahkan, muncul pula pendarahan.

4. Mengalami kontraksi rahim

Pada trisemester kedua dan ketiga, seharusnya ibu hamil tak merasakan kontraksi dalam rahimnya. Tapi, jika merasakannya, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, Anda juga selalu merasakan nyeri.

Itulah ciri-ciri janin gagal hidup di dalam rahim Anda. Jika merasakan ciri-ciri di atas, maka alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. (NR)

semoga membantu, tapi ada baiknya bunda periksa ke dokter spesialis dan agar yakib bunda boleh cari second opinion ke 2 atau 3 spesialis.
   


10-05-2016 17:53:20 Tips Kehamilan Bulan Kelima
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Bulan Kelima: Ayo Jaga Kesehatan!
• Tetap Konsisten Periksa
Jadwal periksa kandungan tidak boleh dilewatkan hanya karena Anda merasa baik-baik saja. Pemeriksaan bulan ini adalah fisik, terutama tekanan darah dan berat badan plus kemungkinan Anda disarankan untuk tes hepatitis B. Pada bulan ini fisik Anda tidak banyak berubah hanya berat badan yang bertambah karena nafsu makan meningkat. Bertambahnya bb membuat beberapa otot tubuh seperti perut, pinggang, paha dan kaki menerima tambahan beban lebih dari bagian tubuh lainnya, ketika ada keluhan sakit segera konsultasikan ke dokter Anda.
• Sakit Pulih, Hamil Aman
Beberapa penyakit yang diulas dengan penyebab, pengaruhnya terhadap kehamilan, disertai dengan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan oleh ibu hamil.
- Batuk, penyebab: refleks tubuh mengusir zat asing yang ada di tenggorokan
pengaruh: keluar air seni atau feses spontan, mencetus pendarahan dengan riwayat perdarahan, sesak nafas dan sakit perut bagian bawah
tindakan: minum banyak air putih, hindari penyebab alergi, minum obat antibiotik
- Migrain, penyebab dan gejala: nyeri tajam dan berdenyut di salah satu sisi kepala, disertai mual, muntah, lemah, tidak nafsu makan. Disebabkan perubahan cuaca, tekanan udara, hormon tubuh, bahan kimia berbau dan asap rokok. 
pengaruh: muncul pertama kali saat trimester pertama, tidak mempengaruhi tumbuh kembang janin, ibu hamil yang sering terkena migrain beresiko 19x terkena stroke, 5x penyakit jantung dan 2x preeclampsia. 
- Flu, penyebab: infeksi saluran pernafasan oleh virus, gejala utama: demam, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorakan. 
pengaruh: resiko komplikasi, pneumonia (radang paru-paru)
tindakan: banyak istirahat, konsumsi makanan bergizi seimbang dan banyak minum

Baca selengkapnya di blog kami ya ayah bunda Bulan Kelima Kehamilan: Ayo Jaga Kesehatan ~ RSI Cahaya Giri 

semoga bermanfaat

   
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
sekedar info bunda

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan minggu ke 41, meskipun demikian persiapan harus dapat anda lakukan jauh-jauh hari. Hal ini berhubungan dengan kondisi kelahiran bayi setiap ibu hamil berbeda-beda, salah satu faktornya dapat dikarenakan penanganan segera oleh ahli medis dikarenakan adanya kelainan yang ditemukan pada ibu hamil dan janin, ataupersalinan prematur. Kenali tanda gerakan janin anda menjelang persalinan untuk mempersiapkan anda menjelang kelahiran bayi anda. Pada usia kehamilan 36 minggu janin anda sudah memiliki ukuran dan kematangan yang siap dilahirkan. Organ tubuhnya telah terbentuk dengan sempurna, diantaranya adalah ginjal, paru paru dan hati, hati yang dimiliki bayi anda diusia 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan kesiapan organ yang dimiliki oleh bayi, maka kehamilan anda tengah memasuki minggu persiapan dalam menjelang persalinan.

Kondisi bayi akan terus mengalami gerakan terutama dalam melatih paru paru dalam kesiapan pernapasan setelah dilahirkan. Pada usia 37 minggu bayi akan mengubah posisi dalam menyesuaikan persalinan yang akan dihadapi, gerakan janin menjelang persalinan di usia minggu ini ditandai dengan bayi turun ke panggul, normalnya kepala akan menghadap pada jalan lahir menjelang persalinan. Gerakan selanjutnya pada usia ini adalah ditandai dengan lapisan bulu halus mengalami kerontokan dan vernix caseosa (lapisan yang melindungi bayi di dalam rahim) mulai menghilang, bayi akan menelan keduanya yang mempengaruhi buang air besar pertama yang berwarna kehitaman.

Menjelang usia kandungan di minggu ke 38, ibu hamil sering mengalami kontraksi. Selain itu gerakan bayi terus berkembang, salah satunya adalah kondisi bayi pada usia ini adalah dengan menambah simpanan lemak untuk membantu kondisi suhu badan bayi  terjaga setelah terjadinya persalinan. Selanjutnya pada minggu ke 39 maka kondisi gerakan janin tengah siap menghadap jalan lahir, pada minggu ini cairan amnion yang jernih berubah menjadi pucat seperti susu.

Selanjutnya di minggu akhir seperti pada usia kehamilan minggu ke 40 ditandai dengan kondisi rahim yang semakin sempit, pada minggu terakhir bayi di dalam kandungan akan menghasilkan hormon yang disebut dengan hormon kortison dari kelenjar adrenal, yang membantu dalam menyempurnakan organ paru-paru dan mempersiapkan penerimaan udara setelah lahir. Selain itu untuk organ reproduksi bayi laki laki, kebanyakan testisnya  sudah turun sedangkan untuk bayi perempuan, ovariumnya masih berada di pinggir panggul sambil setelah dilahirkan.

Dengan demikian bagi anda yang memasuki kehamilan di usia akhir, trimester ketiga sebaiknya senantiasa mengenali tanda-tanda menjelang persalinan yang semakin dekat. Salah satunya ibu hamil sering mengalami nyeri pada selangkangan dikarenakan posisi kepala janin sudah turun ke bagian jalan lahir. Selanjutnya ibu hamil sering mengeluhkan sakit pada panggul dan tulang belakang diakibatkan adanya pergeseran dan pergerakan janin. Ibu hamil harus mengetahui kontraksi asli menjelang persalinan, diawali dengan adanya kontraksi yang kuat. Terakhir yang menjadikan tanda kelahiran bayi anda semakin dekat adalah pecahnya air ketuban. Dengan pecahnya membran maka proses persalinan akan lebih cepat, cervix akan ditekan oleh kepala bayi sehingga merangsang dan membuka pelepasan prostaglanding dalam memicu kontraksi menjelang persalinan yang akan anda hadapi.
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Matawanita.com - Dalam pernikahan, setiap perempuan mendambakan kehamilan yang sehat. Hamil yang sehat itu yang bagaimana? Yang pasti hamil di dalam kandungan, janin dinyatakan hidup dan sehat oleh dokter dan bidan, sesuai dengan masa pertumbuhannya. Namun perlu dipahami pula bahwa keadaan hamil selain membahagiakan juga akan membawa dampak perubahan fisik dan mental bagi ibu hamil, terlebih hamil pertama kali. 

Hal penting yang perlu dipahami bahwa semua yang dialami seorang ibu hamil bukanlah sebuah keluhan penyakit, namun karena perubahan fungsi tubuh seorang ibu yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses alamiah yang berlangsung sejak awal pembuahan hingga tiba saat persalinan.

Kunjungan pada dokter maupun bidan secara teratur merupakan suatu upaya pemantauan kesehatan dan bukan untuk pengobatan, kecuali bila seorang ibu hamil terdapat penyakit yang menyertai selama kehamilan, misalnya hipertensi, diabetes , penyakit kelainan jantung dan sebagainya. 

Keluhan umum yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada saat tiga bulan pertama kehamilan antara lain pusing, payudara terasa membesar, kadang nyeri pada perut, badan merasa lemas, keringat dingin, tidak selera makan, mual, merasa mudah lelah, rasa mau pingsan, malas beraktifitas, mood tidak menentu dan kadangkala disertai demam ringan dan keringat dingin. Keluhan yang dirasakan ini tidak selalu sama pada tiap ibu hamil terutama bagi yang sedang hamil pertama kalinya. 

Meskipun perubahan tersebut sedikit banyak akan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun tidak sebanding dengan kebahagiaan saat  kelahiran sang buah hati kelak. Keadaan fisik dan keluhan ringan tersebut erat kaitannya dengan  perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Tidak perlu cemas dan gelisah, jalani dengan penuh rasa syukur dan berusaha untuk menikmati setiap "bonus kehamilan". 

Semua perubahan tersebut adalah proses alamiah sebagai upaya tubuh ibu mempertahankan kehadiran janin dalam kandungan. Apa yang dapat ibu hamil lakukan pada awal kehamilan yang kurang nyaman tersebut? 

- Menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antara suami istri dan lingkungan keluarga. Dukungan dan perhatian suami,keluarga  dan sahabat akan memberi  pengaruh baik bagi janin dalam kandungan dan  memberi efek  positif bagi persiapan mental seorang ibu yang sedang hamil. 

- Teratur memeriksakan kehamilan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan pemantauan keadaan bayi dalam kandungan. Diskusikan dengan dokter dan bidan tentang  permasalahan yang dirasakan saat kehamilan agar mendapat petunjuk yang tepat. 

- Hindari kelelahan, misalnya bekerja berdiri terlalu lama lebih dari enam jam tanpa istirahat, hindari berada dalam kerumunan  yang membuat ibu hamil kekurangan oksigen. Usahakan malam cukup istirahat tidur. 

- Cukupi kebutuhan makan dan minum. Bila masih mual dan muntah makan dalam porsi sedikit tapi sering, tidak harus makan nasi,bisa diganti roti biskuit, buah, sayur,puding, sereal, es krim, susu atau makanan yang bergisi lainnya. Setiap kali muntah segera berusaha untuk makan lagi agar bayi tetap tumbuh sehat.

 - Menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan sesama ibu hamil atau bergabung dalam kegiatan yang melibatkan para ibu agar bisa saling berbagi pengalaman, membaca buku atau majalah tentang persiapan perawatan bayi, mendengar musik, dan sibukkan diri dengan kegiatan positif  untuk memperbaiki suasana hati. 

- Bawa semua keluhan  yang dirasakan dengan keikhlasan dalam doa dan ucapan syukur  atas kesehatan janin dan anugerah kehamilan. http://tinyurl.com/dyoab29

   
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
Bunda yona,,,

sabar ya bund,,,
oh ya,,,, maaf nih bund,, mau tanya,,,
selain telat haid, ada ga bund tanda2 kehamilan yang bunda rasain :
aku barusan searching nih,,, karena aku belum ada pengalaman hamil, jadi aku ga tau bun,,, karena aku juga masih H2C bun,,hihihihihi,,,
Semoga info yang aku dapet dari internet bisa membantu yach bun,,,

Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dilihat pada minggu-minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Payudara atau putting yang nyeri, bengkak.

Salah satu perubahan fisik yang dialami saat kehamilan adalah perubahan pada payudara. Payudara anda akan terasa berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Atau bisa juga terasa lebih penuh Dan lebih berat. Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Perubahan pada payudara anda akan terlihat lebih jelas apabila anda baru pertama kali hamil.

Kelelahan yang sangat.

Banyak perempuan yang merasa kehabisan tenaga selama kehamilan, terutama pada masa-masa awal. Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, tubuh anda bekerja dengan sangat keras memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda. Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat. Ditambah, hormon progesteron yang merupakan depresan alami bagi sistem syaraf pusat, sehingga adanya hormon ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan anda merasa mengantuk. Sebagai tambahahan, adanya kemungkinan hamil dapat menyebabkan timbulnya perasaan khawatir yang dapat menyerap energi anda dan menyebabkan susah tidur.

Flek darah atau nyeri perut.

Ada yang mengalami flek atau sedikit pendarahan pada saat awal kehamilan, sekitar 10 atau 14 Hari setelah pembuahan. Dikenal sebagai pendarahan karena implantasi, yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan seperti ini biasanya terjadi lebih awal, lebih sedikit Dan warnanya lebih terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar. Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid.

Mual dengan atau tanpa muntah.

Mual pada pagi Hari adalah tanda-tanda klasik pada awal kehamilan. Kebanyakan rasa mual mulai terasa sekitar minggu keempat sampai kedelapan kehamilan, tapi muntah-muntah bisa dimulai pada dua minggu pertama setelah kehamilan.

 Tidak suka atau ingin makan satu makanan tertentu.

Memalingkan hidung anda dari suatu makanan tertentu biasanya merupakan tanda-tanda awal bahwa anda sedang hamil. Bahkan bau makanan tertentu bisa menyebabkan rasa mual di awal kehamilan.

Sering buang air kecil.

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mereka jadi lebih sering pergi ke kamar kecil daripada biasanya. Pada trimester pertama kehamilan, hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan ke arah kandung kemih anda.

Sakit kepala.

Bila anda hamil, anda mungkin akan terganggu dengan seringnya anda mengalami sakit kepala ringan. Pada masa awal kehamilan, sakit kepala mungkin disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar adalah salah indikator awal terjadinya kehamilan. Peningkatan jumlah hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan berjalan lambat, sehingga makanan lebih lambat bisa masuk ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

Perubahaan suasana hati.

Membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan bisa membuat anda luar biasa emosional Dan cengeng. Perubahan suasana hati ini, dari gembira menjadi sedih, juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Merasa pusing dan melayang.

Merasa pusing dan melayang biasa terjadi pada ibu hamil. Sensasi ini biasanya adalah akibat dari perubahan sirkulasi saat pembuluh darah dalam tubuh anda membesar Dan tekanan darah anda menurun. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya gula darah.

Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu basal tubuh anda adalah temperatur yang diambil secara oral pada saat anda pertama kali bangun di pagi Hari. Temperatur ini akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi Dan menetap pada level tersebut sampai anda mendapatkan haid berikutnya. Apabila anda sering mencatat suhu basal tubuh anda untuk menentukan kapan anda mengalami ovulasi, anda akan melihat bahwa peningkatan selama leibh dari dua minggu berarti anda mengalami kehamilan. Pada kenyataannya, suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan anda..


Read more:
http://doktersehat.com/2007/07/19/tanda-tanda-dan-gejala-awal-kehamilan/#ixzz1LRvE8v4h
   


17-04-2011 05:53:32 Diet Sehat untuk Ibu Hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Resep Bunda kali ini ingin berbagi tentang mengenai makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Sepanjang kehamilan, kebutuhan zat gizi mengalami peningkatan. Terutama pada trimester I saat terjadi pembentukan organ-organ vital, lalu trimester II sewaktu janin mengalami pertumbuhan terbesar, dan trimester III disaat semua fungsi tubuhnya mengalami pematangan.
 

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Kalori
Selama hamil, ibu membutuhkan tambahan energi/kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, juga plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil.

Protein
Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram. Artinya, wanita hamil butuh protein 10-15 gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil. Protein tersebut dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Lemak
Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga yang vital dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat pada akhir trimester III. Tubuh wanita hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapannya untuk menyusui setelah bayi lahir.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori utama. Pilihan yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta. Selain mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar dan wasir.

Vitamin dan Mineral
Wanita hamil juga membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sebelum hamil. Ini perlu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Tak cuma itu. Tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B6 dan B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.
Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi, disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Berikut adalah Tips Sederhana untuk Ibu hamil :

  1. Merubah Cara Makan
    Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi. Pilih sumber protein yang mengandung asam amino lengkap, seperti telur dan susu. Untuk lemak tak jenuh, pilih ikan tuna, salmon dan lain-lain yang mengandung DHA tinggi, yang baik untuk perkembangan otak janin.
  2. Perhatikan Jadwal Makan
    Jangan menunda-nunda makan pagi, siang maupun malam, serta makan makanan selingan, agar asupan gizi ke tubuh Anda dan bayi anda berjalan lancar.
  3. Jangan Sepelekan Sarapan
    Pada pagi hari, kadar gula menurun, setelah semalaman perut kosong. Dengan sarapan, energi Anda terisi, sehingga aktivitas kerja pun tidak terganggu.
  4. Makanlah dalam jumlah sedikit namun sering
    Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dengan ngemil. Terutama buat ibu hamil yang mengalami muntah-muntah sehingga selera makannya turun, dan malas makan makanan berat. Saat muntah, makanan yang sudah masuk ke perut keluar lagi, sehingga tubuh dan janin kehilangan asupan nutrisi. Dengan cara ngemil, maka asupan nutrisi bisa dijaga dengan baik.
  5. Hindari makanan yang menggunakan bumbu yang merangsang (terlalu pedas, terlalu gurih, terlalu asam), memiliki aroma yang menyengat, berlemak, dan berminyak
  6. Jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau lapar
    Bila sedang tak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan rendah garam, atau gandum. Bagaimanapun, janin membutuhkan asupan nutrisi.
  7. Perbanyak Minum
    Minum air putih yang disarankan adalah sedikitnya 10 – 12 gelas per hari. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.
  8. Perbanyak Makanan Berserat, Buah – Buahan dan Sayuran
  9. Hindari Makanan Yang Dapat Membahayakan Ibu dan Janin
    Ibu Hamil harus menghindari makanan berbahaya demi kesehatan diri dan janinnya. Hindarilah makanan seperti daging mentah, ikan mentah dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.
  10. Istirahat yang Cukup
    Waktu istirahat yang dianjurkan adalah 8 jam.

Contoh Menu Untuk Ibu Hamil : (disusun oleh tim Resep Bunda)

Makan Pagi :
- Nasi Tim Ayam Spesial
- Sup Wortel
- Melon Potong
- Susu Khusus Ibu Hamil

Selingan Pagi : Puding Buah Ala Bunda

Makan Siang :
- Nasi Aroma
- Gepuk Gulung
- Pepes Tahu
- Cah Sayuran
- Jus Strawberry

Selingan Sore : Mixed Fruits

Makan Malam :
- Baked Potatoes
- Chicken Steak Caseur Sauce
- Vegetable City
- Hungarian Goulash
- Orange Smoothy
- Susu Khusus Ibu Hamil


Artikel lengkap, bisa bunda lihat di : http://www.resepbunda.biz/2011/04/01/catering-diet-sehat-ibu-hamil/

   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
Makanan pedas tidak akan membahayakan perkembangan janin dalam kandungan, namun bisa mempengaruhi kondisi ibu hamil. Prinsipnya kondisi tubuh ibu hamil berbeda-beda sehingga ada yang bisa mengkonsumsi makanan pedas tanpa ada masalah, namun pada sebagian ibu hamil makanan pedas bisa menimbulkan rasa mulas dan gangguan percernaan lainnya.

Makanan pedas juga bisa mempengaruhi morning sickness pada ibu hamil, seperti mual, muntah, dan sakit perut akibat perubahan kadar hormon. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi seimbang supaya Anda dan janin menerima nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Para ahli medis menegaskan bahwa makanan pedas aman dikonsumsi saat hamil. Makanan pedas tidak akan membahayakan janin dan ibu yang mengandung, namun akan membantu janin menyerap kandungan zat dalam makanan meski makanan itu pedas.
   
27-10-2015 15:16:04 berat badan si ibu
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda bisa lihat di tabel perkembangan janin & ibu hamil di website Infobunda atau aplikasi.

31-32 minggu rata-rata berat badan janin adalah 1610gr, 32-33 week adalah 1810gr. Besarnya angka ini dapat berbeda-beda pada masing-masing individu dan  merupakan perkiraan rata-rata yang di harapkan. Untuk menambah bobot janin pada umumnya dokter akan menyarankan untuk memakan es krim sebagai selingan atau kudapan. Sebenarnya tidak hanya es krim, menambah bobot janin harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang juga. Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot janin maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot janin, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan  kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes pada kehamilan.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami.

   
06-02-2015 10:01:27 msalah bb
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Salam kenal Bunda Ani, 

Bunda, dapat mengikuti Forum yang  telah ada yakni dengan topik " berat badan ibu hamil  "(  http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=9592 ) .

Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil (http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php).

   
Jumlah Posts : 169
Jumlah di-Like : belum ada like
hehehe sering deh dapet pertanyaan begini, pada dasarnya ibu hamil/ibu menyusui bukan orang sakit yang harus menghindari makanan2... perhatikan saja, biasanya santan untuk beberapa orang ada yang berefek buang2 air, ibu menyusui juga demikian bayinya ada yang alergi sehingga harus memilih2 makanan... selama tidak terlalu berlebihan tidak masalah kok :)

semoga membantu...
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

untuk usia kehamilan 26-27 minggu sekitar 890gr sedangkan 27-28 minggu taksiran berat badan janin pada umumnya sekitar 1000 gr.  Bunda dapat lihat di aplikasi infobunda dalam tabel perkembangan janin & ibu hamil.

   
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
biar jelas aku copas dr Google aja ya bun:

Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan
Kontraksi Palsu
Details
Written by Revina
Category: Menjelang Persalinan
Ketika anda memasuki
kehamilan di minggu ke 21
anda mengalami rasa
tidak nyaman seperti
mengalami kontraksi,
anda mungkin bertanya
tanya mungkinkah
kelahiran prematur akan
menimpa anda? Hal
tersebut belum tentu
terjadi, mungkin anda
mengalami kontraksi
palsu yang disebut
dengan istilah kontraksi
Braxton Hick. Kontraksi
palsu atau braxton hicks
adalah kontraksi rahim
sporadis yang dimulai
sekitar 6 minggu dalam
kehamilan anda, meskipun
pada umunya tidak semua
ibu hamil mengalami
kontraksi palsu. Sebagian
lagi dari ibu hamil
mengalami kontraksi
palsu pada kehamilan
trimester akhir . Sebagai
kehamilan berlanjut
kontraksi braxton hicks
cenderung datang lebih
sering hingga memasuki
minggu terakhir
kehamilan anda. Meskipun
pada setiap ibu hamil
memiliki kondisi yang
berbeda, kontraksi palsu
pada umumnya tidak
menyakitkan.
Berikut adalah cara
membedakan kontraksi
asli dengan kontraksi
palsu atau Braxton
Hicks :
1. Anda dapat
membedakan rasa dari
kontraksi palsu yang
mulas akan tetapi tanpa
rasa nyeri yang dimulai
dari bagian atas rahim
anda hingga ke bagian
bawah sedangkan pada
kontraksi asli dimulai
dengan rasa mulas dan
rasa nyeri di bagian
pinggang sampai pada
perut bagian bawah.
2. Pada umunya
braxton hiks sering
terjadi pada usia
kandungan memasuki
20 minggu atau
trimester kedua .
Bahkan pada usia
kandungan jauh lebih
awal dari usia ke 20
minggu dan terjadi hingga masa persalinan
berlangsung. Sedangkan untuk kontraksi yang
sebenarnya akan terasa pada usia kandunga yang
cukup bulan yaitu berusia 27 hingga 40 minggu.
3. Dalam durasi berlangsung kontraksi palsu akan
berlangsung selama lebih dari 20 detik bahkan mencapai
2 menit atau lebih sedangkan untuk kontraksi asli
30-60 detik dan pada fase persalinan paling lama akan
terjadi 75 detik saja.
4. Ciri lain yang bisa anda bedakan ketika kontraksi
asli adalah makin lama terjadi kontraksi maka makin
kuat terasa sakit dan area kewanitaan anda seperti
mengeluarkan sesuatu sedangkan pada kontraksi palsu
akan menghilang dnegan sendirinya. Bila anda
mengalami kontraksi palsu akan hilang ketika anda
mengubah posisi duduk atau berbaring.
Adapun langkah yang bisa anda ambil untuk
mengurangi rasa tidak nyaman dari kontraksi
palsu adalah sebagai berikut :
1. Mengubah aktivitas Anda atau posisi. Kadang-
kadang dengan berjalan memberikan bantuan anda
untuk mendapatkan keadaan yang nyaman.
2. Anda dapat mandi dengan menggunakan air hangat
untuk membantu tubuh anda rileks.
3. Cobalah minum beberapa gelas air, karena
kontraksi ini kadang-kadang dapat disebabkan oleh
dehidrasi .
4. Cobalah latihan relaksasi pernapasan anda. Ini
tidak akan menghentikan kontraksi Braxton Hicks,
tetapi dapat membantu Anda mengatasi
ketidaknyamanan.
Muncul pertanyaan dari anda apakah kontraksi palsu
membutuhkan penanganan ahli medis,hubungi dokter
atau bidan anda segera jika Anda belum mencapai 37
minggu dan kontraksi menjadi lebih sering, berirama,
atau menyakitkan, atau jika Anda memiliki salah satu
dari tanda-tanda kemungkinan persalinan prematur
seperti nyeri perut atau kram seperti anda sedang
menstruasi atau juga lebih dari empat kontraksi dalam
satu jam, terjadinya pendarahan dan juga
peningkatan cairan vagina dan jenisnya berdarah atau
berair lebih banyak. Jika Anda melewati usia
kandungan 37 minggu, tidak perlu untuk memanggil
dokter atau bidan hanya saja untuk kontraksi sampai
mereka berlangsung sekitar 60 detik setiap lima menit
dan terpisah dan terus seperti ini selama satu jam
kecuali ahli medis Anda telah menyarankan sebelumnya.
   
21-01-2014 15:36:33 konsul
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

"besar" atau "kecil" lebih baik dinilai dengan ukuran, misalnya dengan mengukur tinggi fundus uterus ketika Bunda memeriksakan diri pada Bidan atau dokter. Hal yang mudah untuk bunda lakukan adalah dengan memantau usia kehamilan dengan kenaikan berat badan yang Bunda alami. Dapat Bunda lihat pada tabel 

http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php

Bila Bunda menggunakan aplikasi android Infobunda, dapat melihat pada bagian Tabel perkembangan Janin & Ibu hamil.

Pastikan apliaksi Anda telah memiliki update versi terbaru.

   
08-01-2014 11:44:56 kehamilan anak pertama
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
berumah tangga hambar rasanya tanpa kehadiran buah hati, maka dari itu setelah saya mengetahui sudah mengandung saya sangat menjaga kandungan saya, dari mulai memeriksakannya setiap bulan ke dokter, memberi vitamin rutin setiap hari, menjaga kesehatan, makan makanan yang mendukung untuk tumbuh kembang janin, berenang, istirahat yang cukup, dan lainnya.
meskipun memang saya merasakan keluhan seperti pada umumnya ibu hamil, seperti mual, muntah, sakit kepala, kram perut, tapi saya selalu menyadari bahwa saya sedang mengandung, dan saya harus bisa melewati fase itu.
semoga cerita singkat ini dapat menjadi motivasi untuk para bumil ya,
selalu jaga kandungan dan kesehatan bunda ya !