SITE STATUS
Jumlah Member :
493.858 member
user online :
1002 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pengalaman kepergok mertua ketika berhub

New Topic :  
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Pengalaman dulu mertua saya juga sering banget makan durian waktu hamil,trus waktu suami saya lahir rambutnya langsung rontok jadi botak sendiri ngga dibotakin.tp alhamdulillah sekarang sih ngga botak.tapi sebaiknya konsumsi yg ada efek sampingnya dibatasin waktu hamil,krn kondisi kehamilan tiap orang kan beda2 begitu pula efeknya.

   


26-12-2013 15:17:18 posi2 rahin
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
dok saya mau tanya.sy ikut promil sdh 2th tp blm dpt jg.saya mengikuti tes usg dan hsg sehat jg sd berganti 2 dokter.tp ketika hsg posi2 rahim saya agak miring kekiri.bgmn dok cara mengatasinya apa ada trik2 ttn biar cpt hamil, apkh posisi ketika berhub berpengaruh tdk? dan skr sy diberi obt toko e, ovacare dan folaplus.makasih dok
   
27-06-2011 12:01:45 cairan di vagina
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : 1
 dear bunda,

bunda valen g ush kawatir unt keputihan di masa hamil tuh wajar bu karna ad perubahan hormon dan kata org jawa cairan itu unt melumasin janin asal keputihan ini tidak berbau dan gatal aja. semakin bertambah usia kehamilan biasanya akan smakin bnyk dan benar kata bunda diatas asal jg tidak berwarna coklat ato mirip darah krn di takutkan itu flek.

bunda valen jika keluhan ibu ini di tanyakan pada dokter biasanya ad dokter yg akan memberi obat unt mengurangi keputihan ini dan ad dokter juga yg tidak memberi obat.jika ad dokter yg memberi obat tolong jgn bunda minum krn bakal bs mempengaruhi perkembangan kehamilan krn ini berdasarkan pengalaman dr mertua saya yg meminum obat krn keluhan keputihan ini td ternyata setelah minum obat janin didlm gerakannya tdk seperti biasa alias jd rada diam.setelah di tanyakan ama dokter yg laen dokternya malah menyalahkan kenapa obatnya koq di minum krn keputihan pada ibu hamil itu udh biasa terjadi

demikianlah sedikit info dr saya bunda semoga bermanfaat selamat menjalani masa2 indah kehamilan dan menunggu kehadiran si kecil.

happy pregnant
   


17-02-2009 11:51:41 detak jantung bayi
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Hi Bunda semuanya, salam kenal ya ..   aku mau nanya nih, mgkn yang sudah pengalaman bs share :) aku skrg sedang hamil anak pertama, jalan ke minggu 11 ... nah, aku penasaran deh, kapan ya sekiranya detak jantung bayiku bisa terdengar? dan kapan ya bisa kita rasakan ...   dan bgmn pengalaman bunda2 semua ketika pertamakali mendengar/merasakan detak jantung si buah hati di dalam perut bunda..share ya...   makasih :)   salam, rizkiana
   
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
hai bunda wiwi,



jadi inget pengalaman pribadi saya ketika hamil Zahwa putri saya. waktu itu usia kandungan saya 34-35 minggu, saya mengalami flek tp darah yg keluar merash seger dan jumlahnya sedikit. memang beberapa hari sebelumnya saya sangat kecapaian aktifitas di kantor (over load) dan agak stress juga karena banyak pekerjaan yg harus segera selesai pada hari itu juga/di luar rutinitas daily activity. sehingga terjadilah flek tersebut.

mengingat kehamilan itu adalah kehamilan ke-2. karena kehamilan pertama anak saya meninggal sehabis persalinan. dan jarak antara kehamilan ke 1 dan ke 2 hanya 4 bulan (persalianan dua2nya SC/sectio ceasar). sehingga dengan kejadian flek tersebut DSOG menyarankan saya untuk bedrest di RS selama 2 hari tp saya n suami minta 1 minggu bedrest di RS. hasil diagnosa DSOG semuanya bagus2 saja tidak ada yg extrim. akhirnya saya cerita dgn DSOG kalau memang saya agak stress di kantor n lumayan capek dan sangat melelahkan.

DSOG memberikan obat penguat dan obat kapsul spy tidak kontraksi yg dimasukkan lewat Dubur. dan para perawat RS memonitor kesehatan saya n baby setiap 2 jam sekali.

Alhamdulillah Zahwa lahir sesuai jadwal SC di usia kandungan 38-39 minggu. Zahwa n bunda sehat dan selamat.

sekarang usia Zahwa udah 10 bulan lewat 1 minggu. Alhamdulillah Zahwa sehat dan tumbuh kembangnya normal.



sekedar berbagi penglaman,

salam manis,

bunda Zahwa
   


Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
anak sy dilahirkan pd tgl 17 maret 2013 di RSIA evasari, dgn program standar makanan emas yg diawali dengan IMD (inisiasi menyusui dini) + rawat gabung, sampai dg hari ke 2 ASI sy sama sekali tdk keluar, dan tdk ada tanda2 akan keluar. tp sy sudah dikasih penjelasan di awal perihal ASI baik oleh dokter maupun oleh teman dan atasan sy dikantor (RS dan Kantor sgt menggalakan ASIX). dokter dan perawat hanya menekankan bayi itu bs bertahan tidak makan selama 3 hari. susui saja terus untuk merangsang asinya keluar. rumah sakit yg menggalakan asi pasti atau kebanyakan menggunakan rawat gabung ibu dan anak. walau kami2 ini ibu baru yg gendong bayi mungkin merupakan pengalaman pertama (sy iya). saya susui terus sepanjang malam walau mertua yg saat itu nemenin ribut kasih sufor dibilang bayi sy haus. krn dukungan dr teman banyak dan smua menentramkan hati, sy elus2 dedeknya sambil berkata, kita kerjasama ya nak, besok sdh hari 3. alhamdulillah puting sy menonjol dua2nya, bayi kodratnya lahir hanya ngenyot, dia ngenyot sepanjang malam, kalau ibunya disindir asinya ga keluar anak sy nangis (pengalaman yg tdk akan pernah saya lupakan). hari 3 dipagi hari entah dimulai dr kapan, payudara sy yg tdnya lembek jd keras. dan alhamdulillah keluar... bapak sy yg menjenguk dihari 3 bilang, alhamdulillah itulah rezeki anakmu, rezeki itu dtg ketika dibutuhkan dan Allah memberikan rezeki kpd stiap manusia termasuk yg baru lahir, sampai hari ke 4 payudara sy sakit krn bengkak asinya penuh, krn keluarnya kecil masih terdpt sumbatan (ksalahan sy ketika hamil tdk rajin merawat PD sy). sy termasuk memiliki ASI yg sdikit sy tanya teman yg pro ASIX yg dulu sy tau ASI nya melimpah, mereka menyarankan rileks, tenang, ucapkan asi sy berlimpah, mancur2, banyak istirahat. menurut kedokteran lupa penghasil asi itu hormon apa ya.., yg pasti hormon berkurang kalau kita stress dan kurang istirahat. sampai dg saat ini usia anak saya 3 bulan dan masih ASIX berat badannya sesuai dgn usianya. kalau sakit sgt mudah disembuhkan, kaya panas, batuk, pilek cukup susui lebih banyak dr biasanya, ga perlu obat kimia. dan bayi selama asix tdk akan tkena penyakit berat. sampai dgn saat ini sy mensyukuri ASIP (asi perah krn sy sdh mulai bekerja) yg dihasilkan tiap harinya. sedikit atau banyak sy syukuri. menurut dokter semakin sering disusui atau diperah produksi asi akan smakin banyak juga. oh ya sy suka googling artikle dr. waldi nurhamzah itu bagus bgt, dia termasuk DSA terbaik di indonesia. inilah pengalaman sy, pengalaman di rumah sakit yg tidak akan pernah sy lupakan. berusaha memenuhi hak anak sy untuk ASIX.
   
01-03-2013 17:52:06 cara menyapih
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 Aduh kasian...

Dia masih mau dekat sama bundanya kok udah mau disapih? Atau apakah ada alasan lain bun? 
Kalo pengalaman saya bund, dulu saya terpaksa stop memberikan ASI karena ternyata saya hamil, dan itu juga sebelumnya saya pernah keguguran jadi memang tidak disarankan untuk stop ASI.
Sebelum2nya, malah sejak saya berniat memberikan full ASI ketika anak saya berumur 2 minggu, sempat ditentang mertua, yang bilang macam2 tentang menyusui. Tapi karena saya keukeuh ya mau bilang apa lagi. 

Ketika anak saya berumur 11 bulan pun saya sempat ditanya kapan mau disapih. Saya jawab: "belum kepikiran" Dan saya diajari dengan segala macam ilmu2nya. Bukan saya ga menghormati orang jaman dulu, cuma ga sepaham aja.

Menurut saya, menyapih anak dengan bilang ASI udah pahit, atau mengolesi nipple dengan berbagai macam supaya membuat anak berhenti menyusu adalah sama saja mengajarinya berbohong. Dan saya tidak pernah terlintas ingin membohonginya bahkan saat membujuknya ketika menangis sekali pun, karena saya juga tidak ingin dia membohongi saya kelak.

Kalo para bunda ingin menyapih, katakan saja: "sudah ya, nak. Bunda tidak bisa lagi menyusui kamu karena bunda saat ini sedang hamil." Atau apa saja alasan mengapa bunda ingin menyapih. Katakan dengan bahasa yang bisa diterimanya dan sesederhana mungkin.
Dan pengalaman saya beserta para bunda lainnya yang coba metode ini berhasil dalam 2 malam. Selanjutnya anak2 kami tidak pernah meminta lagi.

Cheers
   
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like




Organ kewanitaan yg harus selalu mendapat perhatian adalah vagina, dimana lokasi vagina berada didekat dubur dan merupakan organ yg terbuka , hal inilah yg menyebabkan vagina sangat rawan terhadap penyakit tumbuhnya jamur apabila tidak terjaga kebersihannya. Selain itu vagina merupakan alat kopulasi ( hubungan kelamin) dengan pria. Untuk itulah vagina perlu mendapatkan perawatan khusus sehingga kesehatan wanita dapat terjaga , guna memfasilitasi perawatan ini banyak sekali produk- produk modern telah menyediakan. Namun bagaimana dengan mengembalikan kekencangan otot – otot vagina, memperkuat daya cengkram vagina ? ? ? obat – obatan modern pun telah diketemukan bahkan ada yang menggunakan cara vagino plasti yakni menyuntikkan cairan ke bibir vagina,

namun cara ini mengandung resiko tinggi bahkan membahayakan jiwa sebab ada kasus yg mati karena melakukan cara ini. Vagina yg sering dipergunakan untuk melakukan hubungan seksual, untuk melahirkan akan mengalami degradasi ( penurunan) daya cengkram otot vagina sehingga banyak kasus yg terjadi suami tidak puas dengan pelayanan isteri tidak seperti ketika masih muda dulu,

hal ini menyebabkan para suami mencari wanita idaman lain ( WIL) alias berselingkuh, perilaku suami yg demikian banyak mengakibatkan keretakan rumah tangga bahkan perceraian terjadi.

Bagaimana cara mengatasi hal itu ? ?

Caranya mudah yakni memakai Tongkat Gurah Vagina ! ! !

Tongkat Gurah Vagina adalah cara yg paling aman dan higienis mengembalikan kekencangan otot vagina, menguatkan daya cengkram vagina serta mampu untuk menyembuhkan sakit keputihan .

Mengapa demikian ? ? ?

Sebab TTONGKAT GURAH VAGINA akan mengeluarkan lendir – lendir kotor yg merugikan vagina, mengeluarkan lendir – lendir berlebih dari vagina sehingga vagina menjadi bersih, bebas dari jamur yg mengakibatkan keputihan , menghilangkan rasa gatal -gatal didalam vagina serta menjadi peret alias otot – otot vagina menjadi lebih kencang , daya cengkram vagina kuat kembali , keadaan demikian akan menyebabkan suami akan puas, ketagihan saat berhubungan seksual dengan isteri sebab suami akan merasakan sang isteri seperti perawan kembali. Dan perselingkuhan pun dapat dihindari.

Cara mempergunakan Gurah Vagina ?

Gurah vagina terbuat dari komposisi : clerodendron serratum 80 % & bahan lainnya hingga 100 % . Untuk memudahkan penggunaan gurah vagina maka bahan – bahan tersebut diolah dan dicetak menjadi seperti tongkat dengan panjang lebih

kurang 12 cm. Selanjutnya sering disebut Tongkat Gurah Vagina ( TGV) . TGV ini diolah sedemikian rupa sehingga aman & higienis untuk dipergunakan tanpa efek samping apapun.

Cara pemakaian TGV ( anda dapat menggunakan cara ini sendirian tanpa bantuan orang lain)

1. Pegang ujung tongkat gurah vagina.

2. Kemudian masukkan pelan – pelan TGV kedalam vagina ( banyak yg bertanya apakah cari ini tidak berbahaya ? ? tidak ! ! cari ini tidak berbahaya sebab pengalaman telah membuktikan bahwa dengan memasukkan TGV kedalam vagina tidak mengganggu fungsi vagina) .

3. Diamkan selama 2 menit ( jangan lebih dari 2 menit ! ! )

4. Kemudian tarik TGV dari vagina pelan – pelan ( setelah ditarik di TGV akan banyak lendir -lendir yg menempel , itulah lendir yg kotor dan tidak bermanfaat)

5. Setelah itu cuci TGV dengan air bersih

6. Simpan ditempat yg kering ( TGV tidak perlu dijemur) .

7. Bagi anda yg mengalami keputihan lakukan kegiatan ini 2 kali sehari pagi & sore dengan TGV yg sama sampai sembuh dan jika hanya untuk menjaga agar vagina tetap sehat & peret lakukan seminggu sekali

8. Zat yang terkandung dalam clerodendron serratum akan membunuh bakteri, jamur yang ada didalam vagina.

9. TGV dapat dipergunakan selama 1 – 2 tahun sehingga TGV dapat anda pergunakan selama diperlukan.

10.Tongkat Gurah vagina ini tidak dianjurkan bagi yg masih gadis/ perawan / virgin

untuk menambah nikmat dalam Berhub. seks, Pakailah TGV satu setengah atau 2 jam sebelum berhubungan. dan rasakan kemesraan yg luar biasa saat berhubungan... !

HARGA : 75.000
PEMESANAN
LILIK SOLEKAH Pembelian, pemesanan bisa melalui telp/ sms ke : Jl. PROF. Dr. Satrio 36 Jakarta
Hp. 0812 18 900 300Hp. 0817 60 111 09Hp. 0852 1111 8004Hp. 08 999 746 999
PESAN BISA MELALUI VIA BB Massenger PIN BB 268928F6

PESONA KECANTIKAN ADALAH TOKO ONLINE YANG MENJUAL OBAT KESEHATAN DAN KECANTIKAN DARI BERBAGAI MANCA NEGARA KWALITAS INTERNASIONAL DIANTARANYA :

- OBAT PELANGSING TUBUH MEIZITANG BOTANICAL

- OBAT PELANGSING TUBUH  FRUIT & PLANT HERBAL

- OBAT PELANGSING TUBUH  LIDA DAIDAHUA

- OBAT PELANGSING TUBUH FATLOSS

- OBAT PELANGSING TUBUH CREAM HOT GELL

- OBAT PELANGSING TUBUH  ABC ACEI BERRY

- OBAT PENINGGI BADAN GROW-UP SUPER

- OBAT PENGGEMUK BADAN KIANPI PIL

- OBAT PENGGEMUK BADAN SAMYUN WAN

- VAKUM PEMBESAR PAYUDARA

- CREAM PEMBESAR PAYUDARA

- CREAM PEMUTIH WAJAH TENSUNG

- CREAM PEMUTIH BADAN 2 MENIT ( SCRAP )

- CREAM PEMUTIH BADAN HAND BODY LOTION

- PEMUTIH KETIAK & SELANGKANGAN ( WHITENING -C )

- PEMUTIH GIGI CLEANNES TOOTH

- OBAT JERAWAT ACNE PIL + CREAM

- PENGHILANG BEKAS LUKA ( MEILIBAHENLING )

- PENGHILANG SELULIT ( STREAT MARCK )

- PERAPAT VAGINA CHIEN CHIN

- PERAPAT VAGINA TONGKAT MADURA

- PENUMBUH RAMBUT HAIR TONIC

- PEMBESAR PANTAT BUTTOK CREAM

- PERONTOK BULU YOFUME ( 3 MENIT )

- PEMERAH BIBIR PIAOHONG SUANG

- DLL

INFO SELENGKAPNYA :-----------------------------------------------------------------------------------------

www.pesonakecantikan.com
   
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
Slam knal bunda shinta. Saya sangat bs merasakan yg ibu alami ketika itu, krna hal yg sama pernah terjadi pd saya ketika niki(my baby) berusia 2 minggu, n kejadianya jam 2 pagi. Ketika itu yg ada di rumah hanya saya dan ibu mertua, krna miswa sdng kerja di luar kota,  Paniknya luar biasa dan saya tdk tau mesti ngapain, saya hanya bs menangis dan memeluk anak saya, tapi ibu mertua saya langsung berinisiatif untuk ke RS terdekat, langsung masuk IGD , nah di IGD Niki harus dipasang oksigen krna pernafasanya semakin melemah, hati ini menjerit lho bun ketika tangan mungil niki hrus disuntik untuk pasang oksigen, ngebayang dunk betapa mungilnya tangan untuk bayi yg baru berusia 2 minggu., dokter jaga suggest klu anak saya hrus masuk inkubator, dan inkubator RS tresbut sedang penuh, dokter trsbut mecoba telp RS yg lain yg pnya inkubator, setelah mendapatkanya pagi itu kita ke RS tersebut pake ambulance krna Niki harus cepat2 di tangani, saya takuttt banget lho bund, sesampainya d RS tersebut Niki jg harus di infus lagi, dan lagi2 tangan mungilnya hrs disuntik lagi, ouh saat itu ga tau bgaimana perasaan ini lho bund, saya hnya bs berdoa n menangis, ingin sekali menggantikan penderitaan niki ketika itu. Niki di inkubator selama 2 hari, tapi saya bertekad untuk tetap memberikan asi  ekslusif, setiap 2 jam sekali saya perah dan saya minta tolong susternya untuk memberikannya ke anak saya, dan malamnya juga saya harus menggangu susternya untuk tetap memberikan asi perahan saya heheheh :-), itu gara2 tersedak lho bu, krna menggangu pernafasannya dan kmrn kata dsanya siy krna ada virus jg siy. ah pkoknya itu adalah pengalaman yg paling mengerikan selama saya pnya niki, tp puji tuhan sekarang Niki sudah kembali sehat.

Note : Klu ada kejadian jangan panik bund, karna klu panik itu sangat bahaya, saya tidak bisa ngebayangin klu ibu mertua saya tidak ada ketika itu, krna saya saking paniknya sdh tdk bisa ngapa2in, saya hanya menangis dan memeluk anak saya tanpa ada inisiatif yg lain, kepala dah buntu rasanya.

Maaf panjang ceritanya ya, just for share doang bund .....maapkan...

Rgds,
Elvi
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Slam knal bunda shinta. Saya sangat bs merasakan yg ibu alami ketika itu, krna hal yg sama pernah terjadi pd saya ketika niki(my baby) berusia 2 minggu, n kejadianya jam 2 pagi. Ketika itu yg ada di rumah hanya saya dan ibu mertua, krna miswa sdng kerja di luar kota,  Paniknya luar biasa dan saya tdk tau mesti ngapain, saya hanya bs menangis dan memeluk anak saya, tapi ibu mertua saya langsung berinisiatif untuk ke RS terdekat, langsung masuk IGD , nah di IGD Niki harus dipasang oksigen krna pernafasanya semakin melemah, hati ini menjerit lho bun ketika tangan mungil niki hrus disuntik untuk pasang oksigen, ngebayang dunk betapa mungilnya tangan untuk bayi yg baru berusia 2 minggu., dokter jaga suggest klu anak saya hrus masuk inkubator, dan inkubator RS tresbut sedang penuh, dokter trsbut mecoba telp RS yg lain yg pnya inkubator, setelah mendapatkanya pagi itu kita ke RS tersebut pake ambulance krna Niki harus cepat2 di tangani, saya takuttt banget lho bund, sesampainya d RS tersebut Niki jg harus di infus lagi, dan lagi2 tangan mungilnya hrs disuntik lagi, ouh saat itu ga tau bgaimana perasaan ini lho bund, saya hnya bs berdoa n menangis, ingin sekali menggantikan penderitaan niki ketika itu. Niki di inkubator selama 2 hari, tapi saya bertekad untuk tetap memberikan asi  ekslusif, setiap 2 jam sekali saya perah dan saya minta tolong susternya untuk memberikannya ke anak saya, dan malamnya juga saya harus menggangu susternya untuk tetap memberikan asi perahan saya heheheh :-), itu gara2 tersedak lho bu, krna menggangu pernafasannya dan kmrn kata dsanya siy krna ada virus jg siy. ah pkoknya itu adalah pengalaman yg paling mengerikan selama saya pnya niki, tp puji tuhan sekarang Niki sudah kembali sehat.

Note : Klu ada kejadian jangan panik bund, karna klu panik itu sangat bahaya, saya tidak bisa ngebayangin klu ibu mertua saya tidak ada ketika itu, krna saya saking paniknya sdh tdk bisa ngapa2in, saya hanya menangis dan memeluk anak saya tanpa ada inisiatif yg lain, kepala dah buntu rasanya.

Maaf panjang ceritanya ya, just for share doang bund .....maapkan...
   
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
Alhamdulillah tanggal 22 Juni 2010 kemarin si kembar, "Kira Elysia Setyadi" dan "Kara Kalani Setyadi" lahir melalui persalinan normal. Detik-detik menjelang persalinan banyak membuat orang terheran-heran, karena aku tidak merasakan sakitnya kontraksi sama sekali. Tanggal 21 Juni 2010 Jam 5.30an, celana dalam basah seperti keputihan. Semula juga dipikirnya keputihan, jadi didiamkan dan dibuat istirahat saja. Jam 13.an terjadi hal yang sama dan masih dicuekin. Jam 18.30an, kembali celana dalam yang sudah diganti, basah lagi. Kali ini disuruh mama untuk istirahat. Meskipun masih sempat dibuat masak untuk makan malam. Jam 20.00 istirahat di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, aku bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman. Eh tengah malam jam 01.00 pecah ketuban. Awalnya aku pikir itu ngompol. pas ke kamar mandi kok ada darahnya... akhirnya bangunin orang seluruh rumah deh.. Berangkat ke RSI 2 Jemursari, diperiksa, sudah pembukaan 3 longgar. Dan belum terasa sakit sama sekali. Jam 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. suster bilang gak boleh ngeden/persen dulu. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin deh... Jam 08.00 pembukaan 8. Jam 09.36 keluar baby I, Kara Kalani Setyadi. Jam 09.44 lahir baby 2, Kira elysia setyadi. dari mulai pembukaan pertama, sampai baby lahir dua2nya, alhamdulillah tidak terasa sakit sama sekali. Mertua yang nungguin juga jadi heran lihat aku gak teriak kesakitan sama sekali. Bahkan pada saat dijahit pun, aku tertidur pulas, sampe gak merasakan rasanya dijahit seperti apa... ketika bangun pun, mau jalan ke kamar, gak dibolehin sama suster, disuruh duduk manis di kursi roda... ya sudah, akhirnya nurut di dorong pake kursi roda ke kamar.  sampe kamar disuruh tiduran, tapi karena banyak teman-teman yang udah ngumpul, akhirnya becanda sampe tengah malam... hehehe... tetangga kamar sampe terheran-heran melihat aku.
Tapi sayang, kira-kara tidak bisa ikut berkumpul bersama om-om dan tante-tantenya, karena harus dirawat di inkubator.

Karena prematur, Kira-Kara sempat menginap di RS selama 38 hari.

Itulah pengalaman melahirkan si kembar yang tidak akan pernah terlupakan... Teori Pernafasan, Relaksasi dan Senam hamil benar-benar bermanfaat untuk proses kelahiran.. Membuat kelahiran jadi terasa tidak sakit, dan menyiksa...
Untuk bunda-bunda yang menanti proses kelahiran, semangat yaaa... Percayalah, ternyata melahirkan itu tidak sesakit yang kita lihat atau kita dengar sebelumnya... Saya sudah membuktikannya... Insyaallah bunda-bunda sekalian pun juga bisa....
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Masa cuti berakhir. Padahal masa pemberian ASI eksklusif pada bayi belum berakhir. Bisakah ASI Eksklusif dilanjutkan? Mia resah. Bayinya baru berusia 3 bulan, masih dalam masa pemberian ASI Eksklusif sampai buah hatinya berusia 6 bulan, namun masa cuti kerjanya sudah berakhir. “Bagaimana melanjutkan ASI eksklusifnya. Masa sih harus dicampur dengan susu formula. Sayang kan?”

Benar! Alangkah sayangnya dan ruginya jika pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif sampai gagal. Pernahkah melihat bayi macan diberi makan daging? Atau, bayi kambing atau sapi, makan rumput? Sebelum usianya cukup, semua bayi mamalia makan air susu, termasuk bayi manusia.

Usia cukup bagi bayi manusia untuk mendapat makanan lain selain air susu ibu adalah setelah 6 bulan. Dari usia 0 hingga 6 bulan bayi harus mendapat ASI eksklusif, yakni pemberian ASI murni tanpa bayi diberi tambahan lain seperti cairan air putih, teh, madu, buah-buahan, maupun makanan tambahan seperti bubur susu atau bubur saring dsb., sampai usia bayi 6 bulan, menurut hasil penelitian, positif membuat bayi mendapat nutrisi terbaik; meningkat daya tahan tubuhnya, meningkat kecerdasannya, dan meningkat jalinan kasih
(bonding) dengan bunda (dan ayah).

Sayangnya, seperti Mia yang bekerja, juga Mia-Mia yang lain, masa cuti melahirkan hanya 3 atau 4 bulan saja. Masih ada ada 2 - 3 bulan lagi untuk memberikan ASI Eksklusif. Itu memang dilema. Bagaimana melanjutkan pemberian ASI eksklusif atau hanya malam hari memberi ASI, siang dengan susu formula?

Beri ASI Perah

Namun, Dr. Utami Roesli SpA, MBA.IBCLC, pakar ASI, meyakinkan bahwa setelah masa cuti berakhir, ibu masih bisa memberikan ASI eksklusif. “Rugi sekali jika ibu hentikan. Sebab, usus bayi usia 3 bulan belum siap mencerna makanan selain air susu ibu. Selain itu. ASI merupakan sumber gizi ideal dengan komposisi seimbang, yang jika diberikan secara eksklusif bayi akan lebih sehat dan lebih cerdas dibanding bayi yang tidak mendapatkannya,” tegas Utami.

Untuk buah hati tercinta, seharusnya bekerja di luar rumah bukanlah halangan untuk memberikan yang terbaik untuknya, termasuk memberikan ASI secara eksklusif. “Ibu tetap bisa memberikan ASI perah, yakni ASI yang diperas dari payudara, lalu diberikan pada bayi saat ibu bekerja di kantor,” ujar Utami yang juga ketua Lembaga Peningkatan dan Pengembangan (LPP) ASI Rumah Sakit St. Carolus.

ASI perah adalah ASI yang diambil dengan cara diperas dari payudara untuk kemudian disimpan dan nantinya diberikan pada bayi. Apa tidak basi? Menurut Utami, sampai waktu tertentu dan dengan penyimpanan yang benar, ASI tidak akan basi. Misalnya, ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.

Memerah ASI bukanlah hal yang sulit, bahkan tidak selalu membutuhkan alat khusus atau pompa ASI. Cukup dengan pijitan dua jari sendiri, ASI bisa keluar lancar car! Memang membutuhkan waktu, yakni masing-masing payudara 15 menit. ASI ini bisa diberikan untuk bayi keesokan harinya. Tampung ASI tersebut di sebuah wadah, misalnya plastik gula, lalu tandai setiap wadah dengan spidol sesuai waktu pemerahan, misal plastik pertama, kedua, dst. Berikan pada bayi sesuai urutan pemerahan.

Persiapan dan Pemberian

Untuk memberi bayi ASI perahan, jauh-jauh hari sebelum masa cuti berakhir ibu memang harus menyiapkan diri sendiri dan bayi. Apalagi jika si buah hati merupakan anak pertama. Beratnya meninggalkannya memang luar biasa. Apalagi siang hari tak bersamanya dan tak menyusuinya pasti berat. Di kantor, saat payudara membengkak karena produksi ASI tak disusu bayi, ingatan ibu pastilah pada buah hati di rumah.

Mempersiapkan diri sendiri menjadi penting. Pertama, adalah mempersiapkan mental untuk meninggalkan bayi dan memupuk rasa percaya bahwa ia akan baik-baik saja di rumah. Kedua, persiapan dengan mulai belajar memerah dua minggu sebelum cuti berakhir. Ketika bayi tidur dan payudara mulai terasa membengkak, segera perahlah payudara lalu simpan di kulkas. Esok siang, ASI perah tersebut bisa ibu berikan pada bayi.

Sedangkan untuk mempersiapkan bayi, ibu harus memulai membiasakan bayi diberi ASI perahan dengan sendok, bukan botol susu. “Berikan dengan cara menyuapinya dengan sendok agar bayi tidak bingung putting. Sampai bayi usia 5 bulan, bisa terjadi bingung putting,” tegas Utami. Bingung putting terjadi jika ibu yang biasa memberi Asi lewat payudara, lalu bayi disusui dengan botol, maka ketika akan diberikan lewat payudara lagi bayi kemungkinan menolaknya. Ini lantaran, dot botol lebih lancar mengeluarkan susu dibandingkan lewat payudara.

Persiapkan Mental ‘Pengasuh’

Tetap memberi ASI selama ibu bekerja di kantor berarti ibu harus memupuk kerjasama dengan pengasuh. Ini bukan hal mudah. Apalagi jika yang ibu percayai merawatnya adalah orangtua sendiri atau mertua. Kalau mereka tidak punya pemahaman yang sama tentang pemberian dan manfaat ASI eksklusif, ditambah pengalaman mereka dulu mungkin menyusui sambil dicampur susu atau makanan padat, akan sedikit menyulitkan.

“Tapi, jangan menyerah. Pelan-pelan jelaskan sama ibu atau ibu mertua tentang pentingnya ASI eksklusif, dan bahwa usus bayi belum siap mencerna makanan. Begitu juga jelaskan pada pengasuh, kerjasama orangtua dengan pengasuh di rumah ini juga menentukan keberhasilan menyusui secara eksklusif ” tegas Utami.

Memang di hari-hari pertama pemberian susu perah dengan sendok, bayi mungkin menolaknya. Ia bahkan bisa cemas dan gelisah. Namun, janganlah khawatir, 3 atau 4 hari setelahnya bayi akan terbiasa. Itu sebabnya, sebelum masa cuti berakhir bayi perlu dilatih disuapi susu dengan sendok. Jadi, tak perlu resah jika harus kembali bekerja, bukan?

Pemberian ASI Perahan

  • Ambil ASI berdasarkan waktu pemerahan (yang pertama diperah yang diberikan lebih dahulu).
  • Jika ASI beku, cairkan di bawah air hangat mengalir. Untuk menghangatkan, tuang ASI dalam wadah, tempatkan di atas wadah lain berisi air panas.
  • Kocok dulu sebelum mengetes suhu ASI. Lalu tes dengan cara meneteskan ASI di punggung tangan. Jika terlalu panas, angin-anginkan agar panas turun.
  • Jangan gunakan oven microwave untuk menghangatkan agar zatzat penting ASI tidak larut/hilang.
  • Berikan dengan sendok.

Simpan ASI Praktis dan Awet

  • Taruh ASI dalam kantung plastik polietilen (misl plastik gula); atau wadah plastik untuk makanan atau yang bisa dimasukkan dalam microwave, wadah melamin, gelas, cangkir keramik. Jangan masukkan dalam gelas plastik minuman kemasan maupun plastik styrofoam.
  • Beri tanggal dan jam pada masing-masing wadah.
  • Dinginkan dalam refrigerator (kulkas). Simpan sampai batas waktu yang diijinkan (+ 2 minggu).
  • Jika hendak dibekukan, masukkan dulu dalam refrigerator selama semalam, baru masukkan ke freezer (bagian kulkas untuk membekukan makanan), gunakan sebelum batas maksimal yang diijinkan. (+3-6 bulan)
  • Jika ASI beku akan dicairkan, pindahkan ASI ke refrigerator semalam sebelumnya, esoknya baru cairkan dan hangatkan. Jangan membekukan kembali ASI yang sudah dipindah ke refrigerator.

Sumber: Tabloid Ibu & Anak

sedikit esmoni td karena mendengar ada bidan yang mengatakan tdk boleh dipompa asi
karena akn merusak jaringan susu.
banyak kok ibu2 yang berhasil dengan asi perah ketika mereka bekerja.
jd si dd sebelum 6 bln cuma ASI saja.

salam

putri a.k.a zach mom's
 

   
28-06-2010 13:46:38 Kelahiran Si Kembar
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
Alhamdulillah tanggal 22 Juni 2010 kemarin si kembar, "Kira Elysia Setyadi" dan "Kara Kalani Setyadi" lahir melalui persalinan normal. Karena Premature (lahir di minggu ke-34), kondisi si kembar hingga hari ini masih di inkubator dan di infus. Fungsi lambungnya belum sempurna. Sehingga masih perlu penanganan dari dokter anak. Mohon do'a bunda-bunda, agar si kembar kira-kara bisa lekas sehat dan pulang berkumpul bersama keluarga.

Detik-detik menjelang persalinan banyak membuat orang terheran-heran, karena aku tidak merasakan sakitnya kontraksi sama sekali. Tanggal 21 Juni 2010 Jam 5.30an, celana dalam basah seperti keputihan. Semula juga dipikirnya keputihan, jadi didiamkan dan dibuat istirahat saja. Jam 13.an terjadi hal yang sama dan masih dicuekin. Jam 18.30an, kembali celana dalam yang sudah diganti, basah lagi. Kali ini disuruh mama untuk istirahat. Meskipun masih sempat dibuat masak untuk makan malam. Jam 20.00 istirahat di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, aku bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman. Eh tengah malam jam 01.00 pecah ketuban. Awalnya aku pikir itu ngompol. pas ke kamar mandi kok ada darahnya... akhirnya bangunin orang seluruh rumah deh.. Berangkat ke RSI 2 Jemursari, diperiksa, sudah pembukaan 3 longgar. Dan belum terasa sakit sama sekali. Jam 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. suster bilang gak boleh ngeden/persen dulu. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin deh... Jam 08.00 pembukaan 8. Jam 09.36 keluar baby I, Kara Kalani Setyadi. Jam 09.44 lahir baby 2, Kira elysia setyadi. dari mulai pembukaan pertama, sampai baby lahir dua2nya, alhamdulillah tidak terasa sakit sama sekali. Mertua yang nungguin juga jadi heran lihat aku gak teriak kesakitan sama sekali. Bahkan pada saat dijahit pun, aku tertidur pulas, sampe gak merasakan rasanya dijahit seperti apa... ketika bangun pun, mau jalan ke kamar, gak dibolehin sama suster, disuruh duduk manis di kursi roda... ya sudah, akhirnya nurut di dorong pake kursi roda ke kamar.  sampe kamar disuruh tiduran, tapi karena banyak teman-teman yang udah ngumpul, akhirnya becanda sampe tengah malam... hehehe... tetangga kamar sampe terheran-heran melihat aku.
Tapi sayang, kira-kara tidak bisa ikut berkumpul bersama om-om dan tante-tantenya, karena harus dirawat di inkubator.

Itulah pengalaman melahirkan si kembar yang tidak akan pernah terlupakan... Teori Pernafasan, Relaksasi dan Senam hamil benar-benar bermanfaat untuk proses kelahiran.. Membuat kelahiran jadi terasa tidak sakit, dan menyiksa...
Untuk bunda-bunda yang menanti proses kelahiran, semangat yaaa... Percayalah, ternyata melahirkan itu tidak sesakit yang kita lihat atau kita dengar sebelumnya... Saya sudah membuktikannya... Insyaallah bunda-bunda sekalian pun juga bisa....
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Waduh, kebetulan saya lagi iseng nge-browsing internet dan nyari2 apa ada yang tau tentang yayasan siwi asih dan suster bernama Nining.

Saya sempet ambil suster di Yayasan Siwi Asih, Depok. Tadinya dapet no. tlp yang di Pamulang, tapi di sana lagi kosong waktu itu dan saya dikasih no tlp Yay. Siwi Asih (YSA).

Sebenernya sih tidak ada masalah. Waktu itu tanggal 29 Nov 2008, saya balik dari rmh mama dengan bayi saya yang baru berumur 1 bulan kurang 3 hari. Suami saya ngejemput saya dengan mertua dan suster yang baru diambil dari YSA. Nama susternya: Suster Sarijah, kami manggilnya suster Sari. Orangnya baik, kerjanya agak lama tapi secara keseluruhan dia baik. Sempat ada selisih pendapat dengan mertua saya, tapi setelah saya telpon ibu Kris si pemilik YSA, selisih pendapat tersebut bisa diselesaikan secara damai. Tapi sayang, si suster Sari harus berhenti kerja karena saudara iparnya yang mengasuh anaknya yang berusia 7 tahun ternyata juga lagi hamil, jadi ia harus mengurus anaknya sendiri.

Saya telpon ibu Kris, dan dengan pengertian ibu Kris bilang, iya tidak apa2, diganti aja, ia tidak memotong jatah tukar saya (2x tukar dalam 4 bulan). karena suster sari berhenti bukan karena tidak betah dan bukan karena ketidakcocokan.

Penggantinya datang, namanya (ngakunya: Laningsih), dipanggilnya: Nining, umurnya 29 tahun dan belum menikah.

Hati-hati dengannya. Semula saya terpesona dengan kelembutannya. Suaranya sedikit manja tapi lembut. Waktu itu saya masih cuti, jadi masih di rumah aja, si Nining hobi banget nongkrong di kamar saya sambil ngajak ngobrol. Sebenernya sih saya pengen baca novel, tapi ya ngobrol jg gak apa2 karena keliatannya dia baik. Kadang-kadang saya juga sambil membuka laptop mengerjakan pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah.

Dia sempet cerita macem2, katanya dulu waktu SMU dia sempet ditawarin jadi fotomodel tapi dia tidak mau (tau ya bener apa kagak, tinggi sih, setingi saya, tapi... ya... cantik atau tidaknya seseorang relatif sihh yaaa..). Terus dia sempet minta diajarin pake komputer... nah lho, saya binun, kok suster mau belajar kmptr? Saya bilang aja, percuma belajar kmptr kl kg punya, nanti kl punya jg bisa sendiri (masa saya mau bilang ngapain suster belajar komputer?)

Dia sempet cerita dia berenti kerja di tempat yg sebelumnya krn kagak tahan, adik bos nya centil banget, suka ngisengin dia. Bisikin omongan macem-macem, apalagi kl dia lagi sendirian. Katanya sih adik bosnya itu naksir dia tapi dia sebel karena dia pernah denger si cowok itu bilang ke temen2nya kl Nining yang naksir dia.

Waktu itu sih saya iyaaaa aja. Malah saya sempet percaya dan berprasangka ke suster sari karena si Nining sempet cerita katanya si suster sari ngomong ke dia dulu waktu kerja di rumah saya kl mau pulang naek angkot, padahal kenyataannya yang pertama dianterin suami saya sampe tempat bus dan yang kedua dianterin pegawai suami saya sampe ke rumahnya di depok.

Saya sempet tugas keluar kota dan meninggalkan anak saya di rumah (bersama papa dan kakek neneknya). Waktu itu sempet kepotong liburan 1 hari (imlek) dan sekeluarga harus pergi silahturahmi ke keluarga yang lebih tua, karena rumah kami toko dan pegawai pun sedang libur, papa nya disuruh jaga rumah bersama anak saya dan si suster Nining.

Saya sebenarnya tidak suka dengan pengaturan seperti itu, tapi saya percaya 100% dengan suami saya, Tapi sejak saat itu si Nining berubah kelakuan. Setelah saya pulang ke rumah, kalau saya bilang begini atau begitu, dia selalu bilang tapi kata bapak begono, bu. Si nining jg sempet ngerusakin ASI saya (saya ninggalin ASI beku dan ASI dingin di kulkas), 240 cc lho. saya udah nanya ke suster RSB tempat saya melahirkan, katanya kalau sewakyu dinginnya agak kental dikit tidak apa2, emang kadang ada ASI yang seperti itu, manasinnya aja yang ati-ati (jangan terlau panas tapi juga jangan dengan air dingin, cukup direndem di aer yang kalau ketetesan katanya "ADUH" tapi kagak melepuh).
Si nining tetep ngotot, katanya dari dingin aja udah rusak, gitu dipanasin (direndem di air anget) jadi kuning dan berbusa. Malah waktu dia telpon saya ke kantor, dia bilang saya tunjukin ke bapak ya, bu, saya bilang buat apaan, simpen aja di kulkas biar entar sore saya liat sendiri, bapak mana ngerti.

Waktu saya keluar kota itu, anak saya kan minum susu formula karena stok ASI udah abis, ternyata suaranya jadi serak banget. Saya cuma bilang harusnya setelah minum susu diminumin air putih. Nining bilang, tapi bu kan waktu bikin susu juga udah ada airnya, jadi kagak usah minum air putih lagi gak apa-apa, di tempat kerjanya yang dulu juga waktu ke dokter katanya kg usah minumin air putih lagi krn di susunya kan udah ada airnya. Ihhhh... sebel deh, saya kan kagak tau bosnya yg dulu ke dokter mana dan bener gak dokternya bilang begitu. Cuma saya mikir aja sih, kalo kita minum sirop, kan bikinnya juga pake air putih, tapi kl minum begitu aja apalagi anget-anget, setelah minum di tenggorokan pasti kan berasa lengket.

Pernah waktu pagi2, biasanya mandi jam 7, tapi jam 7 waktu itu dia masih ketiduran lagi, baru bangun jam 8 waktu saya mau berangkat ke kantor. Saya kirakan mau dimandiin, ternyata si Nining cuma bawa-bawa baskom aja, trus saya nanya, kok kaga mandi? Dia bilang kata bapak kagak usah mandi, sekaan aja. Saya nanya ke suami saya, suami saya bilang dia kagak ngomong gitu, dia cuma nanya kok kagak mandi dan si nining bilang iya cuma sekaan aja. Dasar cowok, mungkin dia pikir kesiangan atau apa jadi dia diem aja, tapi bukan berarti dia yang nyuruh kagak mandi, kan?

Saya udah mulai kagak suka tuh. Dibilangin selalu pinteran si Nining, udah gitu ngapain coba kalo dibilangin selalu kata bapak bgini bgitu padahal suami saya kagak ngomong.

Terakhir yang paling parahnya waktu pagi anak saya ngompol, emang sih mau mandi. Tapi tatakan kain yang kena ompolnya kan masih basah, kl mau dipakai untuk tatakan mandi boleh, tapi yang basahnya jangan untuk kepala donk, masa pesing bekas pipis naik ke kepala, masih mending kl untuk pantat. Saya bilang baik2, itu basah kena ompol, yang basahnya jangan kena kepala ya. Dia bilang kagak kena, tapi kagak ngerubah letak anak saya. Saya manjat tepat tidur dan saya pegang kain di bawah kepala anak saya, basah. Si nining langsung cemberut, dan anak saya ditarik ke bawah (saya udah mau komentar lagi tuh, jangan terlalu kebawah, kan udah agak besar nanti melorot dari ranjang, tapi saya tahan-tahan ya udah deh, saya awasin ini, bisa saya tangkep kl melorot drpd dibilang bawel).
Waktu mandi, anak saya tenaganya memang kuat dan cukup tinggi untuk usianya yang baru 3 bulan setengah sehingga di belakang kepalanya harus saya jagain dengan tangan saya supaya kagak kebentur ember. Nah, waktu mau ngebalik, si Nining tidak hati2, untung tangan saya yg udah saya tarik masih sempet megangin kepala anak saya, karena si Nining ngebalik badan anak saya TANPA megangin leher belakangnya (bayangin, anak 3 1/2 bulan megangnya kayak begitu). Setelahnya waktu ngebalik, biasanya kaki anak saya ditekuk berlutut karena belum blh berdiri, anak saya langsung berdiri, saya bilang Ning bediri tuh dia, balasnya Iya udah mau diangkat, tapi kagak diangkat-angkat. Saya bilang lagi, bediri tuh, dia bilang lagi dengan cemberut: Iya udah mau diangkat.
Setelah diangkat beneran, saya marah dan saya bilang: Kalau mandiin anak ati-ati yah, pertama nyaris kebentur, kedua anak bediri-bediri sebelum waktunya katanya mau diangkat tapi kagak diangkat2.

Dia diem aja, gitu suami saya masuk untuk melihat anak saya, baru si Nining nyautin: Biasanya kl mandi  dibantuin pegangin oleh neneknya. Saya diem aja, tapi saya kesel, biasanya dia ngeledek2 saya kagak bisa mandiin anak sendiri karena saya masih takut. Nah kl mandiin harus dipegangin mah namanya dia juga belum becus.

Setelah kejadian itu tiap pagi saya yang mandiin, dibantuin suami saya. Anak saya ternyata lebih senang dan ketawa-ketawa, mungkin happy krn papa dan mamanya berduaan mandiin dia :)

Satu lagi, si Nining kl mangku anak di mobil suka ketiduran, tapi kl diminta kagak dikasih, saya sampai ikutan duduk di belakang di sebelah dia, takut seandainya dia ketiduran dan suami ngerem mendadak.

Belakangan, setelah insiden mandi itu, saya juga mangku sendiri di mobil. Dia cemberut aja kagak suka. Yang paling parahnya pernah waktu pulang, saya kan nungguin pintu mobil dibukain dari luar krn saya ngegendong anak saya. Eh si nining ikutan duduk di sebalah saya kaga turun2, suami saya negor dia: Ning, turun donk, bantuin ibu turun. Mungkin dia lagi menghayal, karena biasanya kalau dia yang gendong semua perhatian tercurah ke dia, bahkan suami saya mayungin kl lagi panas banget (ya tentu aja krn si Nining kan gendong anak kami).

Nining kerjanya juga perhitungan, dia tidak mau nyapu ataupun ngepel kamarnya sendiri. Tapi dia dengan baeraninya setelah br 1 bulan kerja, minta uang untuk keperluan sehari-harinya (sabun, sampo, odol, pembalut, dll). Katanya sabunnya tidak dijual di Indomaret (nah lho, saya sendiri cuma pakai sabun lifebouy batangan dari toko), pembalutnya harus yang merk Kotex. Suami saya tidak suka, suami bilang biasanya pembantu dibelikan kebutuhan bulanan setelah beberapa bulan kerja dan itupun mereka tidak minta, mereka biasanya membayar dengan uang, baru kalau ternyata cocok dengan pembantu tersebut dan terbukti baik ia kagak usah bayar lagi.

Terakhir sepulang dr rumah mama saya, dia ceritanya mau nyuci baju di kamar mandi, udah diberantakin papan gilesan, sabun dan ember2 tapi orangnya kagak ada. Saya sih diem aja, sebodo deh. Pulang dr rmh mama saya dia langsung ilang juga saya sebodo. Ternyata dia langsung mandi, duduk di loteng dan ceritanya nagis sesenggukan cerita ke mertua saya. Katanya mau berhenti, udah kagak tahan ama saya, bahkan mama saya ikut-ikutan marahin dia, dia mau pulang besok kagak peduli gimana.

Saya sih bilang ya berenti, berenti aja, kagak masalah, saya sendiri juga udah sempet telpon ibu kris sebelumnya nyari pengganti, tapi adanya yang lebih muda dan belum married juga, ada lagi yang jauh lebih pengalaman (Gajinya lebih mahal) jadi saya mikir, yang sepantaran aja centilnya kayak begini, apalagi yang lebih muda. Dan dengan pengalaman kayak si nining aja belagunya udah setengah mattteeee, apalagi yang lebih pengalaman.

Akhirnya suami saya ngebujukin dia 2 hari lagi krn suster penggantinya br ada 2 hr lagi, saya sih sebenernya malesss, saya bisa kok ijin cuti, dia mau berenti ya berenti aja ngapain ditahan-tahan.

Nah lho, mama saya marahin dia? Yang ada tuh mama saya cuma bilang,kl anak ngompol gantiin celananya dulu baru buka bajunya biar kagak dingin, tapi si nining dengen ngeyelnya bilang kan bajunya kena. Trus mama dan saya sih diem aja. Males dan kami juga sudah terbiasa dengan ngeyelnya si nining.

Yang parahnya, ternyata si nining tukang ngadu domba. Dia bilang dimarahin ama mama saya padahal ternyata tidak. Di rumah saya sendiri, dulu waktu awal-awal kerja, dia suka cerita-cerita ke pembantu mama saya tanpa ditanya. Dia cerita di rumah mertua saya dia susah makanlah, kagak pernah makan daging lah, makan kerupuk aja seminggu sekali juga kagak, kerupuk kl udah malem dimasukin ke kamar mertua saya (padahal ini krn di rumah mertua banyak tikus maklum toko, dan kerupuknya kerupuk bangka, mertua saya nyimpennya cuma di plastik, bukan di toples, tapi kl dia cerita ke org2 setelah dia bilang jarang banget makan kerupuk dia mau supaya org berkesan apa? Kesannya kerupuk dimasukin kamar krn takut diambil diam2 oleh dia? Padahal udah saya jelasin lho kl di rmh tuh banyak tikus), terus bilang mertua saya bawelnya setengah mati.

Mertua saya memang agak polos. Ia sempat bilang katanya suster yang baru pengganti si nining nanti belum pernah kerja lho, belum pernah ngurus bayi. Saya cuma nanya tau dari siapa, katanya dr pembantu rumahnya, saya nanya emang si embak kenal? Katanya tau dari si nining. Astagaaa, mau berenti ya berenti aja, jangan ngejelek2in calon penggantinya, Dulu waktu suster sari selisih pendapat dengan mertua saya dan bilang mau berhenti dia udah telpon ibu kris nanya ada pengganti gak dan si suster sari bilang si nining sama kok pengalamannya denga dia.

Saya juga udah telpon ibu kris sebelumnya, katanya suster penggantinya (suster yang sekarang ini), jauh lebih pengalaman, gajinya juga lebih mahal lagi. Saya sih lebih percaya dengan ibu Kris.

Suster saya yang sekarang namanya suster Sri. Kerjanya cekatan, pagi-pagi dia bangun sholat dan kemudian nyuci baju. Nyetrika baju waktu siang ketika anak saya tidur dan kerjanya sebet banget. Saya sekarang bisa sarapan dengan tenang. Dulu waktu masih si nining, pagi-pagi jam 5.30 sampai jam 7.00 saya dan suami saya sarapan dan mandi terkebut-kebut karena anak saya dipegang oleh kami berdua. Ibu mertua sibuk persiapan mau buka toko, dan si nining sibuk nyetrika di loteng.

Itu sih pengalaman saya dengan Yayasan Siwi Asih. Sejauh ini ibu kris baik, saya tidak ada masalah dengannya. Cuma hati-hati aja kalau suster yang mau ditawarkan ke ibu-ibu sekalian namanya nining / laningsih / ningsih / lanny. Karena itu suster yang sama dengan cerita saya di atas.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan info. Kejadiannya baru aja kok. Tanggal 18 Feb 2009 kemarin si nining baru aja berhenti nya, jadi mungkin sekarang dia lagi nyari-nyari kerjaan baru.


   
20-07-2017 13:50:31 ASI encer
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like

slm  kenal bunda cantika&bunda2 semuanya
sering baca2 ttg thread "asi encer" banyak bunda2 yg beranggapan klo asi encer itu gak ada gizinya, padahal klo yg saya baca2 di web itu asi kan dibagi 2 asi awal dan asi akhir, asi awal yg keluar biasanya lebih encer dibandingin asi yg keluar di belakang lebih kental tapi keduanya itu bergizi kok bun (setau aku) :D 
belajar dr pengalaman ank pertama yg skrg umurnya udah 4 tahun hehhehe, dulu sering banget di cerewetin sama mertua setiap harus makan sayur bayem dan sayur daun katuk setiap hari, + lagi harus makan bubur kc hijau, skrg saya lagi menyusui anak ke-2 tgl 22 juli nanti genap 2 bulan umurnya, sampe skrg sih msh makan sayur daun katuk dan bayam tapi saya tambahain minum suplemen blackmores pregnancy and breastfeeding gold bun biar asi yg keluar lebih berkualitas :) 
TQ bun