SITE STATUS
Jumlah Member :
492.751 member
user online :
1858 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: penambah nafsu makan untuk anak bentuk p

New Topic :  
31-08-2016 20:27:40 Pemberian MP-ASI
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
saya seorang ibu dengan dua orang anak.. anak kedua saya baru berusia 6 bulan.. namun perkembangan nya berbeda sekali dengan kakak nya.. maksudnya itu dalam hal pemberian MP-ASI.. putra kedua saya lebih cenderung agak susah untuk makan.. adakah saran saran dari bunda bunda sekalian?? dan pemberi vitamin penambah nafsu makan untuk usia 6 bulan apakah di perbolehkan?? ada kah rekomendasi dari bunda bunda sekalian vitamin apa yg cocok untuk bayi usia 6 bulan itu?? mohon bantuannya bunda..
   


18-04-2015 22:43:12 baby food
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
cuma minum vitamin curvit cl , itu untuk penambah nafsu makan .. alhamdulillah anak ku baru 2 kali minum langsung mau makan ..
   
18-09-2014 11:54:59 vitamin
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, vitamin penambah nafsu makan buat anak 1 thn apa ya yg bgs ? anak q hbs sakit jd ga mw mkn sm skli , smpe lmes bgt tdrn trs ..tp babnya ttp lancar.infonya ya bund
   


07-11-2013 12:22:46 bekas suntikan bcg
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
malam dok,
anak saya 11 bln, bb 7,4kg skrng makannya susah. saya periksakan k dokter anak sudah d periksa mulut, d dekat telinga, dada(pake stetoskop, mgkn jantungnya) ktnya baik. terus d kasih sirup penambah nafsu makan n vitamin u/ memperbaiki pencernaan tapi sudah 2 mggu mknnya msh susah. trs saya hrs gmn dok?
# dok bekas imunisasi bcg ank saya d lengan bagian kanan msh berwarna biru smpai skrg apakah biasa/ ada masalah dok? apakah itu yg mempengaruhi nafsu makannya?
saya tungggu jawabannya, terima kasih dok?

Dari : susanti

Jawaban:

Dear Bunda,



Setelah penyuntikan imunisasi BCG akan tampak suatu benjolan pada bekas suntikan yang dilakukan secara sub kutan (di bawah kulit). Benjolan ini tampak meradang dan terkadang mengeluarkan cairan atau nanah. Hal ini wajar terjadi. Bersihkan lelehan nanah atau cairan tersebut dengan kassa steril, tidak menekan atau mengeluarkan cairan tersebut. Benjolan dan parut bekas suntikan BCG akan menghilang dalam beberapa bulan setelah penyuntikan tersebut. 



Mengenai nafsu makan yang menurun, Bunda dapat memberikan variasi menu makanan yang menarik untuk disajikan kepada anak Bunda. Beberapa tips yang bisa Bunda coba antara lain:





  • Membentuk makanan menjadi saus atau krim. 



    Anak-anak suka mencelupkan jari ke makanan, karena itu bentuklah makanan menjadi seperti krim atau saus yang beraroma. Misalnya, dengan melumatkan avokad, menghaluskan buah-buahan atau sayuran yang dimasak dengan bumbu sedikit saus salad, melumatkan kacang panjang atau buncis tanpa serat, melumatkan tahu, atau membuat krim keju halus.



  • Membuat selai. 



    Olesan pada makanan juga disukai balita, yang umumnya berwujud selai. Buatlah selai dari avokad, keju, saus daging, mentega kacang, atau selai buah-buahan. Oleskan pada biskuit, kue-kue kering, dan roti. 



  • Menghias makanan. 



    Bentuk yang menarik juga disukai balita. Selain itu, Anda juga bisa mengakali makanan yang tidak disukai balita menjadi dimakan dengan cara meletakkannya di bawah makanan yang mereka sukai. Jadi, bila ia tidak suka sayuran, letakkan sayuran di bawah topping yang menarik, seperti keju, saus tomat, saus daging, mentega kacang, dan sebagainya, dan bentuklah dengan bentuk binatang, bulat,atau hati, sesuai selera. 



  • Sering mengubah menu. 



    Dalam hal ini, Anda dituntut untuk bersikap fleksibel ketika mempersiapkan menu dan menyajikan makanan. Bila teknik penyajian tidak berhasil, ubahlah menunya. Cobalah berbagai teknik yang berbeda dan jenis makanan yang lebih variatif.







     





















  •  
  •  





  •  





   
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4

Ramuan Tradisional Penambah Nafsu Makan Anak :

1.      LEMPUYANG WANGI

Ambil lempuyang wangi kira-kira seukuran 3/4 jari, kemudian cuci pakai air bersih. Setelah itu, parut dan beri air masak 3/4 cangkir. Tambahkan madu satu sendok makan. Hasil parutan itu kemudian diperas dan disaring, tambahkan madu satu sendok makan. Diminum satu kali sehari.

2.       TEMULAWAK

Ambil temulawak kira-kira yang berukuran 1/2 jari, lalu cuci bersih. Setelah itu parut, dan beri air masak dua sendok makan. Hasil parutan diperas dan disaring, Tambahkan madu satu sendok makan.  Diminum satu kali sehari.

3.      TEMUHITAM

Potong  temuhitam kira-kira seukuran 3/4 jari lalu cuci dengan air bersih dan rebus sampai mendidih dengan tiga gelas air (sampai airnya tinggal 3/4 saja). Setelah dingin, larutan tadi disaring, campurkan dengan gula aren. Diminum satu kali sehari.

4.       DAUN PEPAYA

Ambil daun pepaya yang muda, kemudian cuci pakai air bersih. Lalu tumbuk sampai halus, dan beri air masak sekitar 3/4 cangkir. Peras dan saring. Tambahkan madu satu sendok makan. Diminum satu kali sehari.

5.       DAUN SEMBUNG

Ambil daun sembung satu genggam. Kemudian cuci dan rebus dengan air sebanyak tiga gelas, sampai airnya tersisa 3/4 saja. Tunggu sampai ramuan dingin, setelah itu saring dan campurkan madu dan berikan pada anak. Untuk menghasilkan manfaat lebih maksimal, sebaiknya diminum dua kali sehari.

6.      TOMAT

Pilih Tomat yang matang dan segar lalu potong-potong dan buang bijinya. Blender tomat  dan sajikan dalam bentuk jus tomat. Rasa tomat yang agak masam karena tomat kaya akan garam mineral, Inilah yang dengan segera menerbitkan nafsu makan, tak lama setelah menyantapnya. Mineral-mineral ini juga merangsang pengeluaran air liur, yang menambah rasa lapar dan memungkinkan makanan dicerna dengan lebih baik.

Sumber :

http://officesoft.wordpress.com/2008/05/01/tomat-dongkrak-nafsu-makan-anak/

   


Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

untuk anak di usia dini sebaik nya jangan diberi vitamin penambah nafsu makan. karna di usia satu tahun pertumbuhan bayi sangat panjang. seperti Tumbuh gigi membuat bayi malas makan, jadi itu hal biasa bun.

   
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : belum ada like
anak ku umur 1th, udah sebulan ini susah sekali makan nya mau nya cuma minum susu aja, tapi ngemil masih mau, cuma makanan pokok nya aja yg susah, biasa saya kasih bubur atau nasi dia mau, cuma akhir"ini rada susah makan nya, perlukah di kasih vitamin penambah nafsu makan? dan vitamin apa yg bagus untuk anak usia 1th, tks
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
anak aku lahir pada 17 Agustus. Dia sangat aktif. saat ini giginya sudah 6 dan sedang belajar jalan. Anak ku dr umur 2 bulan aku kasih madu satu sendok teh setiap harinya dicampur dgn susu. supaya ga gampang sakit.saat ini ia tumbuh sehat,berisi badannya krn makannya mau. btw madu jg bagus untuk membantu pencernaan, daya tahan tubuh, penambah nafsu makan dan bisa untuk membantu proses kecerdasan pada anak.
   
17-10-2011 00:38:02 balita susah makan
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda anakq aida jg 13bln kadang maemnya susah lg suka maem sndri jd berantakan gt saya udh berusaha mengganti menu makannya+dibikin bentuk wajah gt nasinya yah alhmdlh aida tertarik jg hehee,...ada yg punya tips tradisional buat penambah nafsu makan anak ga?mksh
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter Tanti, aku punya anak 2 yang besar perempuan 2,5thn yang kecil laki-laki 14bln.
Mereka sering sekali sakit batuk pilek dan mencret sekalipun tidak sampai parah tapi selalu bergantian dan bersamaan. Padahal saya berusaha untuk tidak memberikan piring atau gelas jadi satu. Apa perlu vitamin? Tapi nafsu makan mereka cukup baik. Apa ada yang salah dengan sanitasi di rumah atau kamar tidur? Terima kasih.


Dari : melvalya andalyn napitupulu

Jawaban:

Dear Bunda melvalya andalyn napitupulu,

Sakit batuk/pilek dan diare pada umumnya disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Anak-anak bunda mudah sekali tular menularkan walaupun tidak menggunakan alat makan yang sama, karena virus tersebut menular melalui udara dan cairan tubuh misalnya ketika batuk dan bersin. Untuk mencegah mudahnya terjangkit oleh virus, dengan meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin bukanlah penambah nafsu makan, namun supplement dari berbagai macam vitamin dan zat yang dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Apabila nafsu makan anak Anda baik, berikanlah makanan yang bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan juga lauk pauk yang mengandung protein tinggi. Apabila anak Bunda sedang terinfeksi virus, tidak ada salahnya memberikan vitamin kepada mereka dan pastikan vitamin tersebut mengandung zinc untuk mempercepat proses penyembuhan. Pastikan mereka mandapatkan asupan cairan dengan baik sehingga tidak dehidrasi dan mudah lemas. Sebaiknya rumah Anda mempunya sistem ventilasi yang baik dimana udara dapat bertukar dengan baik dan cahaya matahari pun dapat masuk dengan baik. Hindari adanya debu-debu yang dapat memicu alergi. Demikian jawaban saya.
   
19-06-2008 16:35:15 Obat batuk & pilek untuk bayi
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : 1
heiiiiii bunda2..nih aq punya artikel smg bs bermanfaat.... Berjuang Menjadi Orangtua Cerdas February 1, 2008 • Berawal dari keprihatinan menghadapi situasi masa kini, sebagian orangtua bersatu membentuk komunitas. Tekadnya sederhana, mencerdaskan sesama orangtua agar terhindar dari ”kesesatan”. Mereka berusaha menjadi orangtua kritis yang tak begitu saja menerima resep dokter, atau terbujuk iklan.Mungkin beginilah paradoks zaman modern, ketika arus kehidupan dikendalikan konsumerisme. Kekuatan bujukan iklan sering kali membuat seseorang merasa tak berdaya. Apalagi bagi orang yang tak punya akses cukup untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai produk tersebut. Kalau sudah begini, apa yang diklaim dalam iklan sering kali menjadi hal yang dipercaya begitu saja. ”Anak-anak sering menjadi obyek penderita kesalahpahaman. Sebab itu, yang dicerahkan harus orangtuanya. Dengan mailing list, kami bergerilya,” tutur Purnamawati S Pujiarto SpAK, MMPed yang mengampanyekan penggunaan obat secara rasional (rational use of drug/RUD) kepada konsumen medis. Selama tiga tahun terakhir ini, Wati, demikian sapaannya, berusaha membina dan mencerdaskan para orangtua melalui komunitas maya yang diberi nama Grup Sehat. Moto komunitas ini ”be smarter be healthier”. Upayanya, yang telah tahunan dirintis, didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ibu empat anak ini juga menjadi salah satu konsultan WHO. Kini, pada mailing list sehat@yahoogroups.com telah tercatat 3.218 anggota dari penjuru Indonesia hingga yang bermukim di luar negeri. Para orangtua dapat berkonsultasi bebas dengan Wati dan sejumlah dokter lain, sampai dibimbing mempelajari ilmu kesehatan terkini dari berbagai situs terpercaya. Pujiati (29), yang tinggal di Surabaya, dulu kerap bolak-balik ke dokter anak karena putranya, Bagas (24 bulan), sering sakit. Setiap kali sakit Bagas selalu diberi antibiotik serta obat berbentuk puyer. Ketika itu dia belum paham, antibiotik tak diperlukan untuk pengobatan batuk pilek pada anak-anak yang umumnya disebabkan virus. Virus dapat dilawan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau penyakit itu disebabkan bakteri, baru diperlukan antibiotik. Sebagian dokter bahkan sering memberikan antibiotik paling ampuh, mahal, yang sebenarnya justru antibiotik spektrum luas (broad spectrum). Akibatnya, beragam bakteri yang tergolong baik pun turut tergilas. ”Setelah bergabung dengan Grup Sehat, saya baru menyadari semua praktik itu kelirumologi alias salah. Kini, kunjungan ke dokter anak sangat jarang, dan anak saya sehat. Kalau batuk pilek cukup home treatment saja. Banyak minum air putih hangat, makan makanan yang disukainya, dan istirahat. Kalau demam, saya kompres dia dengan air hangat atau minum obat penurun panas saja. Enggak perlu antibiotik dan suplemen,” tutur Pujiati. Tak mudah bagi Pujiati menularkan pengetahuan itu kepada suaminya. Sang suami malah sempat mengira komunitas yang diikutinya beraliran aneh. Orang awam memang kerap mengira komunitas ini anti-obat, anti-antibiotik, bahkan anti-dokter. Padahal sama sekali tidak. Koridor konsep RUD-lah yang menjadi pegangan Grup Sehat. ”Antibiotik itu anugerah kehidupan, harus dieman-eman (disayang-sayang). Ketika kita betul-betul membutuhkan antibiotik, dia adalah penyelamat jiwa,” ujar Wati yang kini mendirikan Yayasan Orang Tua Peduli. Penggunaan antibiotik secara tidak rasional justru memunculkan bermacam bakteri yang bermutasi, dan resisten terhadap antibiotik (superbugs). Sementara penemuan antibiotik baru tidaklah secepat perkembangan munculnya bakteri baru. Semakin sering menggunakan antibiotik secara tak rasional, malah menyebabkan anak sering jatuh sakit. Belum lagi risiko seperti gangguan hati pada anak, seperti kerap ditemukan Wati, yang juga ahli hepatologi anak ini. Proses menyenangkan Selain RUD, para anggota komunitas juga memperoleh informasi obyektif menyangkut pemenuhan gizi anak, serta problem klasik seperti anak susah makan. Tipikal sebagian orangtua masa kini yang tergopoh-gopoh menjejali anak dengan obat ketika jatuh sakit biasanya diikuti pula dengan memberi anak berbagai suplemen penambah nafsu makan dan susu formula. ”Beredarnya susu bubuk yang mengklaim bisa menjadi pengganti makanan lengkap juga banyak dipahami orangtua secara sesat. Padahal, makan itu proses belajar, eksplorasi, yang penuh dengan unsur hiburan. Sebagian orangtua sering mengambil cara praktis ketimbang bereksperimen dengan menu agar disukai anak,” kata Wati. Gempuran iklan susu formula di media massa juga dapat mendoktrin sebagian orangtua bahwa anak harus minum susu formula. Padahal, bayi hingga usia enam bulan harus eksklusif minum air susu ibu (ASI). Usia di atas satu tahun, selain ASI, bayi cukup diberi susu sapi cair tanpa pengawet, yang telah disterilisasi dengan teknik ultrahigh temperature (UHT) atau pasteurisasi. Aneka susu yang menyebut ditambahi berbagai zat penting untuk perkembangan otak hanyalah klaim yang tidak berlandaskan prinsip ilmiah evidence based medicine (EBM). ”Di luar negeri, anak di atas satu tahun masih minum formula akan ditertawakan tenaga medis. Di atas satu tahun, susu bukan segalanya. Gizi anak terutama dari makanan. Orangtua harus paham piramida makanan. Siapa bilang anak harus gemuk, yang penting anak itu sehat,” tutur Wati yang prihatin dengan praktik pemasaran susu formula yang, menurut dia, semakin tak etis. Yosi Kusuma Ningrum (27) mengaku dulu sempat termakan iklan susu formula. Susu berharga ratusan ribu rupiah itu dibelinya demi sang buah hati. Agen pemasaran susu formula kerap meneleponnya, membujuk dia agar anaknya diberi susu formula supaya gemuk. ”Sekarang enggak lagi. Mendingan uangnya ditabung untuk pendidikan anak kelak. Tetapi orang-orang, bahkan keluarga sendiri, sering sinis. Mereka bilang, kok anakku dikasih susu murah, padahal kedua orangtuanya bekerja,” ujar Yosi, ibu seorang anak yang tinggal di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Tanpa tes alergi Sebagian dokter pun sering kali terlalu mudah mendiagnosis seorang anak alergi susu sapi, tanpa melakukan tes alergi terlebih dahulu. Pujiati pernah mengalami hal ini, dan memberi anaknya susu bubuk kedelai yang harganya relatif lebih mahal. Nyatanya, setelah tak lagi minum susu bubuk kedelai pun, anaknya tak bermasalah. Anak Pujiati dan Yosi yang meminum susu sapi biasa tetap sehat, lincah, dan mudah buang air besar meskipun mereka sama sekali tidak lagi mengonsumsi suplemen vitamin dan penambah nafsu makan. Hal krusial lain dalam masalah kesehatan anak adalah imunisasi. Kesalahpahaman seputar imunisasi kerap terjadi, mulai dari isu autisme hingga pemberian imunisasi secara tunggal. Beragam riset seperti WHO, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dan Institute of Medicine (IOM) telah menegaskan vaksinasi measles, mumps, rubella (MMR) tidak berkorelasi dengan autisme. Bayi dan anak-anak pun dianjurkan divaksinasi secara simultan sehingga meminimalkan kunjungan ke dokter, mengurangi risiko tertular penyakit di rumah sakit, serta anak cepat terbentengi imunitasnya. Belum lagi dokter yang ”bereksperimen” dengan meresepkan obat yang tidak perlu untuk mengurangi efek demam dari imunisasi. ”Anak saya pernah diresepkan luminal setelah imunisasi DPT (difteri-pertusis-tetanus). Padahal, luminal itu obat penenang saraf. Katanya, biar orangtua enggak repot,” tutur Alia Indardi (34), ibu dari tiga anak, yang tinggal di Jatiwaringin, Bekasi. Alia lantas mengatakan kepada dokter tersebut bahwa dia tidak akan menebus obat itu. Alasannya, dampak demam dari imunisasi adalah gejala yang normal. Jika anaknya terganggu dengan demam tersebut, pemberian obat penurun panas saja sudah mencukupi. Untuk anak yang sedang kejang saja, luminal sudah tidak direkomendasikan lagi. ”Coba kalau pasiennya tidak memiliki informasi yang cukup dan berimbang, kan pasti sudah langsung menurut saja. Jadilah anak itu dikasih obat penenang saraf,” ujar Alia. sumber : http://purnamawati.wordpress.com
   
09-07-2017 00:23:04 susah makan
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
anak saya 13 bulan juga lagi susah makan bund ,,, tapi klo mimik sufor kuat banget kira" makanan apa yh bund biar si kecil mau makan ??? apa boleh usia 13 bulan di kasih jamu penambah nafsu makan .. trima kasih salam kenal bwt bunda" smua ☺
   
23-08-2016 17:54:57 anak gak mau makan
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : belum ada like
anak saya dr kecil susah makan nya bunda @Nova,,vit ini itu,penambah nafsu makan racikan dokter,susu kambing smua udah saya cobain ,tp ttep ajah makan nya sedikit...dia cuma lahap klo ketemu ceker doang bund,,selebihnya dia ngg nafsu..tp aku ngg trrlu pusing..yg penting dia msh mau suus sm nyemil roti biskuit ini itu...jd agak lega dikit
   
25-07-2016 07:04:11 Penafsu makan anak 1tahun
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda renni saya 2 minggu yg lalu periksa anak saya 11bln yg blm tumgi yaa cmn konsul aja. nah saya dikasih Elkana CL buat penambah kalsiumnya tp kok anak saya jadi lahap. setelah searching2 trnyta slain penambah kalsium dia juga mengandung cucurma jadi bisa juga penambah nafsu makan..
   
22-07-2016 21:38:41 Penafsu makan anak 1tahun
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
Mom. Anak saya usia 1 tahun BB 7. 5kg.. Makanya sulit banget.. Penambah nafsu makan.apa ya yang bener2 bagus dan ada hasilnya... Saya sudah mencoba supleman makanan.. Madu syamil.. Ttep aja susah banget makannya.. Share dong mom.. Thank ya👌👌😉😉