SITE STATUS
Jumlah Member :
493.675 member
user online :
1059 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: mual di kehamilan 9 bulan

New Topic :  
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
kehamilan anak pertama cukup menegangkan,dari awal hamil sampai 9 bln kehamilan bawaan ny mual dan muntah tp ku lalaui dgn kegiatan jalan keluar kota sekalgus kuliah kew bulanluar kota dgn ada ny kuliah keluar kota jd ga terasa kalau waktu itu aq hamil perut bertambh besar smpi kehamilan 9 bulan yg membuat terasa pd saat mual aja,tp alhamdulillah,pd saat sidang kuliah kehamilan memasuki 7 smpi 8 bln pd saat itu mulai ada kontraksi ringan pd saat nama ku mulai di panggil aku terkejut tp suami ku menenangkan ku dan berada di samping ku sampai aku siap,akhr ny aku siap dan memasuki ruangan,di dlm ruang sidang aku ditanya untng para dosen mengerti dan pertanyaan semua dosen kulalui dgn hati tenang dan alhamdulillah berhasil kulalui sampai dinyatakan lulus,dan 1 bulan dilalaui sampai waktu ny tiba yaitu detik2 melahir kan mulai terasa sakit smpi 2 hari 2 mlm saya merasakan sakit dipinggang dan perut rasaoy pinggang mau pacul saja,tp untng sang suami menggosok perut dan pinggang saya terus smpi kadang2 sakit ny hilang dan sampai lah dgn pembukaan 1 sampai pembukaan 4 dilalui menunggu pembukaan 5 dan pembukaan 10 minta ampun lama ny akhr ny aku berjalan jongkok agar cepat pembukaan ny walau pun dgn sakit yg kurasakan dan aku akhr ny berjuang terus dan smpi lah pembukaan 10,dgn memasuki adzan magrib akhr ny aku melahir kan anak perempuan dgn berat 3400 dan panjang 50 ,alhamdulillah normal dan diberi nama SALTSA NAYZILA lahir pd tanggal 15 pebruari 2010 dgn kelahiran NORMAL
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
 Subhanalloh..nasib kita sama bund...tgl 25 des lalu aku mengalami IUFD di usia kehamilan 9 bulan...tpetnya 3 hari menjelang HPL..kaget, sedih, shock..campur aduk waktu itu..tinggal menunggu beberapa hari untuk bisa menimangnya namun Alloh berkehendak lain...Dia jauuuh lebih menyayangi anakku...:(.. padahal kondisi janin baik2 saja..tidak ada masalah..selama kehamilan pun tak pernah ada masalah..paling cuma mual muntah, kontrol terakhir pun kondisinya masih baik2 saja..ternyata sehari setelah kontrol dedek sudah nggak gerak...sedih banget rasanya.. :((
klo aku disaranin dokter untuk hamil lagi setelah 3x siklus haid setelah nifas..katanya klo 6 bulan kelamaan..bisa2 rahimnya alergi sperma..bisa2 malah makin lama lagi nanti dapet dedek lagi..tapi ya wallahu'alam..mungkin kondisi tiap bunda beda2..dokternya yg lebih tau...
semangat ya bun... mari kita kasih adek buat si kecil yg sudah di surga.. :)
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Tindakan Gigi BAgi Ibu Hamil

Posted by Putri little holiday on Wednesday, November 11, 2009 Labels: / Comments: (0)

Sebagian ibu hamil mempunyai keluhan pada gigi dan mulutnya. Mulai dari keluhan gusi berdarah, sariawan sampai pada nyeri gigi. Namun ibu hamil tak kunjung pergi ke dokter gigi karena khawatir tindakan gigi oleh dokter gigi akan mempengaruhi kehamilannya.

Mengapa ibu hamil cenderung mempunyai masalah pada gigi dan mulut ?

Saat hamil, ibu mengalami perubahan secara hormonal. Akan tetapi masalah gigi dan mulut pada ibu hamil bisa pula dipicu hal-hal sebagai berikut:

- kesehatan mulut yang buruk/kotor.

- perasaan akan muntah/mual jika menggosok gigi atau menggunakan pasta gigi.

- sering makan makanan manis saat hamil

- timbul kemalasan untuk menggosok gigi saat hamil

Apa saja bentuk masalah yang biasa dijumpai saat hamil dalam rongga mulut?

  • Gingivitis
    Gusi akan tampak bengkak, sensitif dan nyeri , dan mungkin mudah berdarah dan atau tanpa sebab.
    • Tingginya hormon progresteron dan esterogen akan meningkatkan insidensi inflamasi pada gusi.
    • Masalah gusi ini biasanya dimulai trimester 1 (bulan kedua). Keadaan paling buruk sering dijumpai saat trimester ke 3 (usia hamil 8 bulan) .
    • Saat hormon mulai turun di usia kehamilan 9 bulan, masalah gusi akan mulai berkurang.
    • Karena perubahan hormon ini, Gigi juga akan cenderung bermasalah.
    • Plak akan mudah terbentuk sehingga mudah terjadi radang gusi dan karies.

    Click to enlarge
    Pregnancy Gingivitis
    (Severe)

  • Heartburn and vomiting ( morning sickness). Morning sickness yang parah dapat meningkatkan keasaman dalam mulut sehingga menyebabkan erosi email gigi.
  • Pregnancy Epulis
    Benjolan ini bisa saja terjadi pada gusi. Tidak berbahaya dan mudah dihilangkan oleh dokter gigi. Warnana bervariasi mulai dari merah jambu sampai merah., tergantung pada tingkat pertumbuhannya. Bisa muncul di awal kehamilan.
Click to enlarge
Pregnancy epulis
  • Granuloma atau tumor
    Terjadi pada gusi, Berbentuk nodular, bengkak dan dapat membesar, teraba, dan biasanya tidak menimbulkan nyeri/sakit.Penyebabnya adalah iritasi kronis atau injury.

Click to enlarge

Bagaimana dengan tindakan gigi selama kehamilan?

Tindakan gigi seperti menambal gigi (dental filling and crowns) idealnya dilakukan pada trimester kedua. Pada kasus emergency seperti eleminasi infeksi, pencabutan gigi dan perawatan saluran akar bisa saja dimungkinkan untuk dilakukan.

Untuk tindakan gigi yang bersifat pilihan seperti dental kosmetik (pemutihan gigi) sebaiknya ditunda/dilakukan sampai pasca persalinan.

Bagaimana dengan tindakan foto gigi pada masa kehamilan?

Foto gigi kadang diperlukan untuk tindakan giig rutin atau tindakan gigi emergency. Foto gigi dengan tujuan pemeriksaan rutin sebaiknya ditunda sampai ibu melahirkan. Namun tidak menutup kemungkinan foto gigi ( X-rays) dilakukan jika keadaan emergency. Menurut American College of Radiology,single diagnostic X-rays dengan dosis radiasi tidak berpengaruh secara signifikan pada perkembangan embrio atau fetus. Radiasi dari X-rays gigi adalah sangat rendah. ZAkan tetapi sebaiknya tindakan pencegahan untuk meminimalkan paparan radiasi tetap harus dilakukan, misalnya penggunaan “thyroid collar” atau “apron” saat foto X-rays.

Sebaiknya ibu hamil menghindari semua tindakan yang beresiko pada janin pada trimester pertama karena perkembangan organ fetus terjadi pada trimester pertama kehamilan. Jika tidak bersifat emergency, tindakan gigi dapat dilakukan pada trimester ketiga atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memungkinkan. Hal tersebut untuk menghindari persalinan prematur.

Bagaimana dengan Obat yang digunakan untuk Ibu hamil selama dilakukan prosedur tindakan gigi?

Sebaiknya penggunaan obat-obatan secara umum selama masa kehamilan dihindari, terutama saat masa kehamilan 3-11 minggu. Namun demikian belum ada bukti dan laporan bahwa anestesi lokal berbahaya di awal pertama masa kehamilan. Dosis besar pada anestesi lokal dapat berpengaruh secara lanjut pada kehamilan , terutama mendekati saat persalinan. Ibu hamil dengan kasus emergency dapat menerima obat anestesi lokal dengan dosis rendah.

Lidokain adalah obat pilihan yang biasanya digunakan untuk tindakan gigi. Jika memungkinkan, sebaiknya ibu hamil menghindari obat anestesi lokal yang mengandung epinefrin. Adapun obat antibiotik dengan kategori B (misal penicillin, amoxicillin, and clindamycin) aman untuk ibu hamil.

Saran

1. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi diet yang baik, sehat dan seinmbang, rajin menggosok lidah dan gigi dengan pasta gigi dengan teratur. Penggunaan dental floss/flossing juga dianjurkan.

2. Melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pencegahan dan pemeliharaan/perawatan selama hamil.

3. Informasikan kepada dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil.

4. Jika memungkinkan, lakukan tindakan gigi saat trimester kedua atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memngkinkan/tidak emergency.

5. Tindakan gigi pilihan (misal dental kosmetik) harus dilakukan setelah ibu melahirkan.

6. Jaga sirkulasi darah dan kenyamanan ibu hamil saat duduk di kursi gigi

7. Gunakan bantal bila mana perlu agar bayi dan ibu hamil nyaman.

8. Gunakan obat kumur bilamana diperlukan. Konsultasikan dengan dokter gigi, obat kumur yang sesuai.

Bagaimana jika ibu hamil mempunyai keluhan selalu ingin muntah bila menggosok gigi?

  • Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. seperti sikat gigi untuk anak.
  • Lakukan sikat gigi dengan pelan (jangan tergesa-gesa), hati2 dan bertahap.
  • Atur pernafasan .
  • Jika gosok gigi sama sekali tidak bisa dilakukan, gunakan kapas/kain kassa untuk membersihkan gigi anda. Lakukan juga flossing.
  • jangan khawatir, reflek muntah tidak akan terjadi terus menerus selama hamil. Reflek muntah bisanya akan hilang. Jangan putus asa untuk terus mencoba. Ingat menyikat gigi tidak sama /tidak bisa digantikan dengan flossing.
  • Pilih pasta gigi yang “beraroma” sesuai dengan Anda. karena terkadang reflek muntah bisa hilang dengan pasta gigi yang beraroma segar saat menggososk gigi.

Penting

Sebaiknya untuk menghindari keluhan gigi dan mulut selama hamil, sebagai tindakan pencegahan, kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merencanakan kehamilan. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi Anda jika Anda hamil. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda (Obsgyn).


semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's

   


Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Tindakan Gigi BAgi Ibu Hamil

Posted by Putri little holiday on Wednesday, November 11, 2009 Labels: / Comments: (0)

Sebagian ibu hamil mempunyai keluhan pada gigi dan mulutnya. Mulai dari keluhan gusi berdarah, sariawan sampai pada nyeri gigi. Namun ibu hamil tak kunjung pergi ke dokter gigi karena khawatir tindakan gigi oleh dokter gigi akan mempengaruhi kehamilannya.

Mengapa ibu hamil cenderung mempunyai masalah pada gigi dan mulut ?

Saat hamil, ibu mengalami perubahan secara hormonal. Akan tetapi masalah gigi dan mulut pada ibu hamil bisa pula dipicu hal-hal sebagai berikut:

- kesehatan mulut yang buruk/kotor.

- perasaan akan muntah/mual jika menggosok gigi atau menggunakan pasta gigi.

- sering makan makanan manis saat hamil

- timbul kemalasan untuk menggosok gigi saat hamil

Apa saja bentuk masalah yang biasa dijumpai saat hamil dalam rongga mulut?

  • Gingivitis
    Gusi akan tampak bengkak, sensitif dan nyeri , dan mungkin mudah berdarah dan atau tanpa sebab.
    • Tingginya hormon progresteron dan esterogen akan meningkatkan insidensi inflamasi pada gusi.
    • Masalah gusi ini biasanya dimulai trimester 1 (bulan kedua). Keadaan paling buruk sering dijumpai saat trimester ke 3 (usia hamil 8 bulan) .
    • Saat hormon mulai turun di usia kehamilan 9 bulan, masalah gusi akan mulai berkurang.
    • Karena perubahan hormon ini, Gigi juga akan cenderung bermasalah.
    • Plak akan mudah terbentuk sehingga mudah terjadi radang gusi dan karies.

    Click to
    enlarge
    Pregnancy Gingivitis
    (Severe)

  • Heartburn and vomiting ( morning sickness). Morning sickness yang parah dapat meningkatkan keasaman dalam mulut sehingga menyebabkan erosi email gigi.
  • Pregnancy Epulis
    Benjolan ini bisa saja terjadi pada gusi. Tidak berbahaya dan mudah dihilangkan oleh dokter gigi. Warnana bervariasi mulai dari merah jambu sampai merah., tergantung pada tingkat pertumbuhannya. Bisa muncul di awal kehamilan.
Click to
            enlarge
Pregnancy epulis
  • Granuloma atau tumor
    Terjadi pada gusi, Berbentuk nodular, bengkak dan dapat membesar, teraba, dan biasanya tidak menimbulkan nyeri/sakit.Penyebabnya adalah iritasi kronis atau injury.

Click to
enlarge

Bagaimana dengan tindakan gigi selama kehamilan?

Tindakan gigi seperti menambal gigi (dental filling and crowns) idealnya dilakukan pada trimester kedua. Pada kasus emergency seperti eleminasi infeksi, pencabutan gigi dan perawatan saluran akar bisa saja dimungkinkan untuk dilakukan.

Untuk tindakan gigi yang bersifat pilihan seperti dental kosmetik (pemutihan gigi) sebaiknya ditunda/dilakukan sampai pasca persalinan.

Bagaimana dengan tindakan foto gigi pada masa kehamilan?

Foto gigi kadang diperlukan untuk tindakan giig rutin atau tindakan gigi emergency. Foto gigi dengan tujuan pemeriksaan rutin sebaiknya ditunda sampai ibu melahirkan. Namun tidak menutup kemungkinan foto gigi ( X-rays) dilakukan jika keadaan emergency. Menurut American College of Radiology,single diagnostic X-rays dengan dosis radiasi tidak berpengaruh secara signifikan pada perkembangan embrio atau fetus. Radiasi dari X-rays gigi adalah sangat rendah. ZAkan tetapi sebaiknya tindakan pencegahan untuk meminimalkan paparan radiasi tetap harus dilakukan, misalnya penggunaan “thyroid collar” atau “apron” saat foto X-rays.

Sebaiknya ibu hamil menghindari semua tindakan yang beresiko pada janin pada trimester pertama karena perkembangan organ fetus terjadi pada trimester pertama kehamilan. Jika tidak bersifat emergency, tindakan gigi dapat dilakukan pada trimester ketiga atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memungkinkan. Hal tersebut untuk menghindari persalinan prematur.

Bagaimana dengan Obat yang digunakan untuk Ibu hamil selama dilakukan prosedur tindakan gigi?

Sebaiknya penggunaan obat-obatan secara umum selama masa kehamilan dihindari, terutama saat masa kehamilan 3-11 minggu. Namun demikian belum ada bukti dan laporan bahwa anestesi lokal berbahaya di awal pertama masa kehamilan. Dosis besar pada anestesi lokal dapat berpengaruh secara lanjut pada kehamilan , terutama mendekati saat persalinan. Ibu hamil dengan kasus emergency dapat menerima obat anestesi lokal dengan dosis rendah.

Lidokain adalah obat pilihan yang biasanya digunakan untuk tindakan gigi. Jika memungkinkan, sebaiknya ibu hamil menghindari obat anestesi lokal yang mengandung epinefrin. Adapun obat antibiotik dengan kategori B (misal penicillin, amoxicillin, and clindamycin) aman untuk ibu hamil.

Saran

1. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi diet yang baik, sehat dan seinmbang, rajin menggosok lidah dan gigi dengan pasta gigi dengan teratur. Penggunaan dental floss/flossing juga dianjurkan.

2. Melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pencegahan dan pemeliharaan/perawatan selama hamil.

3. Informasikan kepada dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil.

4. Jika memungkinkan, lakukan tindakan gigi saat trimester kedua atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memngkinkan/tidak emergency.

5. Tindakan gigi pilihan (misal dental kosmetik) harus dilakukan setelah ibu melahirkan.

6. Jaga sirkulasi darah dan kenyamanan ibu hamil saat duduk di kursi gigi

7. Gunakan bantal bila mana perlu agar bayi dan ibu hamil nyaman.

8. Gunakan obat kumur bilamana diperlukan. Konsultasikan dengan dokter gigi, obat kumur yang sesuai.

Bagaimana jika ibu hamil mempunyai keluhan selalu ingin muntah bila menggosok gigi?

  • Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. seperti sikat gigi untuk anak.
  • Lakukan sikat gigi dengan pelan (jangan tergesa-gesa), hati2 dan bertahap.
  • Atur pernafasan .
  • Jika gosok gigi sama sekali tidak bisa dilakukan, gunakan kapas/kain kassa untuk membersihkan gigi anda. Lakukan juga flossing.
  • jangan khawatir, reflek muntah tidak akan terjadi terus menerus selama hamil. Reflek muntah bisanya akan hilang. Jangan putus asa untuk terus mencoba. Ingat menyikat gigi tidak sama /tidak bisa digantikan dengan flossing.
  • Pilih pasta gigi yang “beraroma” sesuai dengan Anda. karena terkadang reflek muntah bisa hilang dengan pasta gigi yang beraroma segar saat menggososk gigi.

Penting

Sebaiknya untuk menghindari keluhan gigi dan mulut selama hamil, sebagai tindakan pencegahan, kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merencanakan kehamilan. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi Anda jika Anda hamil. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda (Obsgyn).

salam

putri a.k.a zach mom's

   
Jumlah Posts : 76
Jumlah di-Like : belum ada like
setau ku.. gak ada rasa kalo ketuban kering.. masalah kehamilan ketuban kering/ plasenta pengapuran ke deteksi hanya lewat usg. jdi kita gak tau apa yg ada dikandungan bun.. sebab nya kehamilan 9 bulan harus sering di periksa
   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

sebaik ny jangan ya bun,karna tdk ad takaran pasti ny,nanti malah terjadi kontraksi hebat,malah membahayakan ibu dan janin.
sy copy kan file dr bunda denok

Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story)
by Dr. Suryo Bawono, SpOG

Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.

Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.

Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasika

n bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.

Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui.

Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.

Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah.
Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang.

   
Jumlah Posts : 136
Jumlah di-Like : belum ada like
dulu waktu hamil cwo aku gak ada mual muntah bund.tp kepala sering sakit..badan kumel,leher item,puting susu hitam pekat,puser bodong,,males mandi..
tp yg sekarng beda bgt..mual muntah sampe 9 bulan,badan bersih,puting susu tetap coklat,puser rata,,mandi sehari bisa 4 kali..tp di usg cowok jg..jd mitosnya gak ngaruh kali bund..tergantung hormon..
berharapnya si yg sekrng usg nya salah..aminn ya allah..
   
07-03-2015 22:48:34 Kelahiran Pada Bulan Mei 2015
Jumlah Posts : 196
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda nita junita aqana kira2 memasuki usia kehamilan 9 bulan bun baru posisi bayi bisa menetap, tapi kata dokter USG ku sih, skarang posisi kepala bayi saya udah menetap ada di bawah, padahal saya baru 8 bulan
   
09-11-2014 20:54:08 Forum tanya dokter
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Dok, saya mau bertanya, usia kehamilan sy baru 5bln, tp koq tulang kemaluan dan selangkangan sering terasa sakit?,,,,padahal di kehamilan yg dulu,,sakitnya baru terasa saat usia kehamilan 9 bulan.

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
"Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang. Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah. Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan. Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui. Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin. Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah. Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang." didpt dr forum tetangga...
   
27-02-2014 18:13:56 perut tersa sakit
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
ooo gtu ya... soalnya ini kehamilan pertama bund. Apa semacam ini akan di rasakan sampe usia kehamilan 9 bulan? Maaf ya bund klo banyak tanya
   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Thread dr forum sebelah nih bun...


Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.
Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.
Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.
Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui.
Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.
Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah.
Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa menyelamatkan seseorang
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : 2
pengalaman pribadi saya wkt hamil anak pertama...
Pendarahan seperti flek di kehamilan 1 bulan, perut gk keliatan baru di umur 5 bulan keliatan buncit nya,, mual gk berlebihan, suka makan daging, suka pedas, gk suka makan sayur, buah mau nya melon saja, malas mandi, di beberapa bagian tubuh hitam2, sampai ada yg seperti kulit terkupas, maunya tidur saja, malas gerak, perut lebih ke bawah dan lonjong, makan banyak, suka sakit pinggang, gk suka minum susu, bawaan nya menagis trs kalo misua gk di rumah bawaan nya sedih mau nya di keloni misua , dari usia 3 bulan hasil usg menentukan laki- laki, sampai usg sebelum melahirkan hasil nya tetep laki2 karena posisi baby mengangkang jd jelas keliatan kelamin nya...

sekarang saya hamil anak kedua,, usia baru 9w, bawaan nya berbeda bgt sama kehamilan pertama, kali ini lebih centil , suka merwarnai kuku, suka bgt pipi warna merah, pakai make up terutama celak (sblm nya gk suka pake celak mata), perut agak naik (berhub bentuk perut baru 9w sudah keliatan), seperti nya berat badan lebih banyak naik nya,  suka pake gaun, gk betah di rumah,, mual yang berlebihan terutama bauk nasi gk tahan, bauk bumbu masak gak tahan, bauk2 nyengat gk tahan, awal2 mulanya suka sekali sayur, apalagi lontong sayur, gk suka makan pedas, kalu liat cabe mual, semua buah pengen di makan tp perut sy gk tahan, malas makan nasi, gk suka daging , hanya suka ayam di goreng kering2, krn baru umur 9w jd hasil usg blom keliatan, deg2an sih pengen anak cewe, dari label yg saya liat di google sih hasil nya cewe, mudah2an sama ya, mudah2an posisi nya mengangkang kyk hamil pertama biar jelas heheheheh


sedikit banyak nya pengalaman saya mudah2an bs membantu hehehe
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : 2
wkt hamil anak pertama
Perut ku baru keliatan sekitar hamil 4 bulanan, dari hamil muda gk suka dandan, masuk di kehamilan 6 bulanan leher ketiak dan bagian2 lain hitam dan seperti kulit terkupas,kehamilan 7 bulanan baru kelihatan  bentuk nya lonjong ke depan, makan nya daging mulu,, daging sapi , gk suka sayur dan buah hanya melon, dari kehamilan muda sy udah sering USG kebetulan wkt itu kehamilan nya agak rentan dikit,,, dan di kehamilan 3 bulan sudah kelihatan jenis kelamin nya tiap usg dgn jenis kelamin yang sama,,, dan anak sy sudah lahir juli 2010 berjenis kelamin yang sama dgn wkt usg laki laki.

sekarang saya lagi hamil anak kedua
Perut ku sudah kelihatan walopun usia kandungan blom ada 3 bulan, semua dari payudara sampe bokong sudah membesar, dan suka bgt dandan, suka gonta ganti bentuk pakaian,,, suka mewarnai kuku,, gk suka daging sapi, awal mula nya hamil malah pengen sayur2, dan skrg hanya mau makan ayam doang, bauk2 yg nyengat termasuk parfum gk suka, bauk uap nasi dan melihat nasi langsung mual,, kadar mual berlebihan terlalu sering bgt dalam sehari, berhubung kmrn usg nya baru umur 6 minggu jadi Dr blom bs tau jenis kelamin nya apa,,, dan kehamilan kedua ini lebih suka jalan, gak betah di rumah, dan kurang suka tidur,,,

doakan ya bund, kehamilan kedua ini anak sy perempuan, biar sepasang


   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
sekedar sharing,tulisan ini aku dapet dari webnya dr.Suryo Bawono SpOG http://mybabyprogram.com Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story) Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang. Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah. Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan. Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui. Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin. Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah. Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang.