SITE STATUS
Jumlah Member :
481.977 member
user online :
2394 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: minum em kapsul saat kb suntik 3 bulan

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
sy dulu pke kb suntik 3 bulan dan belum pernah haid sampai 1,5 th,, trs sy lgsg ganti ke pil kb 3 hari sblum tgl suntik..bsok minum pil plasebo tp belum ada tnda2 mo haid,,bolehkah berhubungan saat minum pil plasebo?krna memang sy belum dpt haid
   


25-07-2017 22:08:37 haid tidak lancar
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
malem bunda salam kenal saya bunda isti dari batang... gini bun mau tanya saya mengalami haid tdk lancar, gara2 dulu pernah kb suntik 3 bulan. ini lagi mau promil anak kedua tapi belum lancar juga haid nya. temenku ada yg nyaranin minum premolut aku minum 3 tablet 3 hari berhenti minum langsung datang haid. tapi bukan darah gak merah segar malah coklat gitu bun? bahaya gak ya? itu haid cuma 3 hari aja.. ingin rasanya dapet haid normal gimana yaa? mohon infonya bunda😊
   
15-07-2016 17:04:36 KB Suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
Saya kemarin setelah di sc langsung di pasang KB IUD bund setelah 40 hari benang IUD keluar dari miss v saya akhirnya lebaran kemarin saya lepas IUD bund saya sekarang KB suntik 3 bulan alhamdulillah nggk gemuk BB saya 49KG bund ,, waktu hamil kemarin BB saya 59KG bund waktu di timbang saat ada IUD BB saya masih tetep aja tuh 59KG setelah KB suntik malah turun BB saya .
   


Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Famella Arini Fieranda Lee,

Pada pengguna KB suntik 3 bulan memang dapat timbul efek samping berupa keluhan flek, spotting atau perdarahan yang lama pada beberapa bulan pertama penggunaan KB suntik. Keluhan ini timbul akibat terjadinya perubahan hormon yang terjadi pada masa adaptasi. Efek samping yang timbul bervariasi tiap individunya. Apabila keluhan saat ini dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung dengan dokter, guna mencegah timbulnya komplikasi lain akibat perdarahan yang banyak dan lama, seperti anemia, dan diskusikan kembali dengan dokter untuk jenis KB terbaik untuk bunda.

   
07-01-2016 11:17:13 haid pasca melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.

Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:

• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.

• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.

• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.

Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:

• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.

• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .

• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).

• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).

• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.


Bila Bunda mengeluhkan sebah atau nyeri saat buang gas, mungkin karena Bunda kurang melakukan gerakan sehari-hari, cobalah berjalan-jalan atau olahraga ringan jika sudah pulih.

   


20-08-2015 09:41:38 amankah suntik KB
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Eka Santi,

Apabila bunda sudah tidak memberikan ASI secara eksklusif ( 6 Bulan ), maka bila bunda ingin mengganti metoda KB suntik 3 bulan menjadi KB suntik 1 bulan, boleh dilakukan. Kb suntik 1 bulan boleh diberikan pada saat jadwal pemberian KB suntik 3 bulan yang telah ditentukan.

   
06-07-2015 21:16:27 kontasepsi KB
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Ritha Sintia Dewi,

Efek samping KB suntik 3 bulan salah satunya adalah gangguan siklus haid. Siklus haid menjadi tidak teratur, berkepanjangan, atau tidak haid sama sekali. Lama hari haid yang normal adalah antara 3-7 hari, dan jumlah darah haid yang normal berkisar 30-40 ml. Apabila sampai saat ini darah haid masih cukup banyak yang keluar, sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung pada dokter, USG diperlukan untuk mengetahui keadaan alat reproduksi, selain itu diskusikan kembali dengan pasangan serta dokter untuk kontrasepsi terbaik untuk bunda.

   
10-05-2015 00:00:03 belum haid setelah kb
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Oelancit Manuela Grania,

Senang berkenalan dengan bunda. KB suntik 3 bulan adalah jenis KB yang mengandung hormon yang salah satu efek sampingnya adalah kesuburan tidak cepat kembali. Saat suntikan dihentikan biasanya menstruasi tidak segera datang, umumnya haid datang setelah 3-6 bulan, selama tidak haid kehamilan dapat saja terjadi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter, apabila 3-6 bulan, haid belum juga datang, agar mendapatkan terapi serta tindakan yang tepat. 

   
17-02-2015 22:54:41 berhubungan pasutri
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Gina Oktaviani,

Pada peggunaan jangka panjang, KB suntik 3 bulan dapat menimbulkan efek samping yang salah satunya adalah vagina menjadi lebih kering serta penurunan libido. Sebaiknya saat melakukan hubungan intim, disarankan untuk melakukan foreplay terlebih dahulu, sampai vagina siap untuk dilakukan penetrasi. Apabila keadaan tetap mengganggu, sebaiknya diskusikan kembali dengan pasangan serta bidan atau dokter untuk metoda kontrasepsi terbaik untuk bunda gunakan.

   
11-08-2014 10:16:35 KB setelah melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Ibu yang baru melahirkan dan menyusui ASI dapat menggunakan pilihan KB IUD (tidak mengandung hormonal), KB suntik 3 bulan ataupun pil KB laktasi. Masalah kenaikan berat badan saat hamil, lambat laun akan kembali normal, tergantung dari asupan makanan dan aktivitas Bunda. Bila Bunda sudah dapat melakukan aktivitas olahraga, jangan lupa untuk berolahraga juga  menyeimbangkan asupan bahan makanan yang sehat.

   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
saya mau suntik KB yang 3 bulan tapi dokter bilang saya gak boleh suntik itu karena kelebihan berat badan jadi lebih baik saya menggunakan alat KB apa selain spiral?makasih

Dari : peggy gloria

Jawaban:

Dear Bunda,



KB suntik 3 bulan (biasa di kenal depo) mengandung hormon progestin atau progesteron yang pada beberapa pengguna dapat juga memberikan efek bertambahnya berat badan (meskipun tidak terjadi pada semua pengguna metode KB ini). Bunda dapat memikirkan alternatif alat kontrasepsi lainnya seperti KB IUD copper yang tidak mengandung hormonal. Pemakaian KB IUD dapat dilakukan pada akhir menstruasi untuk mempermudah pemasangan alat KB ini. Selain itu, Bunda dapat berkonsultasi kembali pada dokter Bunda untuk kemungkinan menggunakan metode KB hormonal kombinasi yang biasa ditemukan dalam bentuk pil KB kombinasi atau suntik KB 1 bulan. Dosis dari hormon yang terkandung di dalam pil KB kombinasi saat ini jauh lebih ringan daripada dosis pil KB dari jaman terdahulu, sehingga efek samping yang biasa dikeluhkan dari jaman dahulu sudah mulai berkurang. Bila Bunda akan mencoba metode pil KB kombinasi, dapat mencoba selama 3 bulan untuk melihat apakah ada efek samping atau perubahan yang ditimbulkan dari pil tersebut. Pil KB yang diproduksi oleh produsen yang berbeda dapat mengandung dosis yang sedikit berbeda pula sehingga efek samping pada para pengguna produk yang berlainan juga berbeda-beda.


   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25

Pertanyaan dari bunda Yudha Da

saya mw nanya dok,, setelah melahirkan saya memutuskan untuk kb suntik 3 bulan,,,tp kmrin saya telat suntik karna mens,yg seharusnya tgl 9 jd tgl 12 saya baru ke dokter,,pas ke dokter saya memutuskan untuk pindah ke pil kb ,,setelah saya minum pil kb baru 3 x saya malamnya berhubungan dengan suami tanpa kondom,,,pertanyaan saya ap saya akan hamil dok, mohon konfirmasinya trimakasih

   
15-04-2014 11:42:05 konsultasi kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Pemakaian KB suntik 3 bulan (depo) dapat memberikan efek terganggunya siklus menstruasi seperti tidak adanya menstruasi. Setelah tidak memakai suntik KB 3 bulan, pemulihan siklus pada siklus normal Bunda dapat segera terjadi namun dapat juga membutuhkan waktu 3-4 bulan sampai pemakaian di hentikan bahkan lebih. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda dalah program kehamilan yang Bunda lakukan saat ini.

   
06-03-2014 11:34:40 asi dan kontrasepsi alami
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dok,sy Tika.. saat ini sy Msh menyusui ank sy yg berumur 11bln,apakah sy bs Hamil lg? Sedangkan sy blm ada menstruasi dr stlh melahirkan sampai skg.. Dan apakah kl bayi menyusu badan (tidak menggunakan dot) u/mengalami menstruasi kmbl lebih lama dibanding dgn ibu2 yg member ASI dgn dot? Trimakasih

Dari : Tika Adistia

Jawaban:

Dear Bunda, 



Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:



• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.



• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.



• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.



Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:



• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.



• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .



• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).



• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).



• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.







Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.






   
15-01-2014 13:20:54 kb suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dok mau tanya nih..2bln yg lalu saya kb suntik 3 bulan..karena saya menyusui bidan anjurkan saya kb suntik 3 bulan katanya tidak mengganggu asi..tetapi 1bln setelah suntik saya mens yg pertama selama 2 mggu tetapi setelah itu masih sering ngeflek..kata bidan itu efek yg wajar selama 3 bln..yg jadi masalahnya asi saya tiba2 agak bening baby saya jg gak mau asi..klo mau dikasih asi selalu memalingkan wajahnya sambil menangis..sedih rasanya..padahal sebelumnya baby saya klo nyusu bisa sampe setengah jam 1 kali nyusu..saya berusaha utk memberikan asi tp baby nolak terus..jd terpaksa bantu sufor..gimana nih dok solusinya..ada gak cara agar asi saya balik lg..skrg asi saya jd sedikit krna baby gak mau..paling diisep sebentar2 aja..

Dari : Fujiwara Chiaki

Jawaban:

Dear Bunda,



Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:



• Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda.



• Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.



• Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI.



• Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI.



• Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.











 Warna dan kandungan ASI adalah berlapis-lapis, bening yang Bunda temukan bukan berarti kandungan ASI tersebut tidak baik. Dikenal istilah foremilk dan hindmilk yang menunjukkan bahwa ASI awal berbeda kandungannya dengan ASI yang keluar pada waktu belakangan di dalam payudara. Maka itu, susukan ASI dari awal sampai akhir pada satu payudara sebelum berpindah ke payudara lainnya agar nutrisi dan kandungan ASI yang lengkap tersalurkan pada bayi Anda.