SITE STATUS
Jumlah Member :
494.719 member
user online :
3504 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: membuat janin mendesak untuk keluar

New Topic :  
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
aamiin.... penginnya normal krn dh srg kontraksi miss v jg dh srg nyeri... cm dr bidan dn dokter menyarankn jln terbaik sc mengingat janin mendesak pengin keluar tp mulut rahimnya tdk ada reaksi utk membuka
   


23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
Jumlah Posts : 98
Jumlah di-Like : belum ada like
salam bunda semua
saya akan berbagi pengalaman perjuangan saya
yang akhirnya mendapat jawaban dari yang maha kuasa.

awal pernikahan saya,sy dan suami tidak ada niat menunda momongan.
satu thn pernikahan kami, tidak ada tanda adanya kehamilan,kecemasan sy mulai memuncak saat 3thn pernikahan saya mulai periksakan diri ke dokter namun dokter selalu bilang tidak ada masalah dengan rahim sy.
akhirnya di thn 2012 saya periksa di klinik yasmin rscm dari situ sy mulai mendapat penanganan serius,sy di rujuk untuk melakukan HSG bulan 10 tgl 13 2012 sy pun akhirnya memutuskan untuk HSG,

saat itu sy sendiri datang ke rs dan dokter yang mau menangani sy mempertanyakan keluarga yg mendampingi....wahhh sy mulai merasa ciut nyali knp harus ada keluarga apakah sakit,,,,
akhirnya karna huby tersayang tdk dapat mendampingi,bibi sy yg mendampingi.

masuk ke ruang tindakan dan ketika sy diminta berganti pakaian seperti pakaian org mau operasi sy mulai gemetar apalagi melihat alat yg panjang2 dan betul saja alat itu masuk di rahim sy,dan rasa nya mulas dan sakit tp sy masih bisa tahan.

dan hasil dari HSG menunjukan bahwa saluran tuba saya tersumbat yang artinya tdk mungkin sperma masuk ke rahim karna ada sumbatan tsb.therapy selanjutnya adalah hydrotupertubasi yg harus di lakukan di bulan berikut nya,itu adalah peniupan rahim untuk membantu membuka sumbatan tuba..

hari itu pun tiba dan lagi2 suami tdk bisa mendampingi,,dengan ditemani ibunda sy mendaftar,terkejut waktu perawat menanyakan mau pilih ruang kelas brp... berarti harus ambil ruang rawat inap,nyali saya mulai ciut apa separah ini hydro sampai2 harus dirawat..

dan ketika sudah sy urus semua nya tibalah sy harus memasuki ruang tindakan,dengan baju kebesaran serba hijau dan beda nya kali ini kedua paha sy di ikat pikiran mulai campur aduk,dan ternyata ketika alat yg panjang itu mulai mengorek rahim sy,terasa mulas yg sangat sangat tidak nyaman dan rasanya seperti di cangkul di tikam dicincang,terlebih ketika cairan yg disemprotkan itu masuk rahim sy rasanya seperti di siram air keras disayat di giling,sy sangat tidak tahan ingin sy cekik dokter nya saking sy tdk kuat menahan sakit,suster dengan gampang nya menyuruh sy tarik nafas..boro2 tarik nafas mau nafas aja susah..dalam hati sy berkata ya allah ya rabb jika memang kesakitan ini akan mempermdah jaNin yg akan engkau titipkan maka kuatkanlah hamba menahan segala sakit ini...

kurang lebih 15mnt tindakan itu tetapi sakit nya ber jam2 belum hilang..dan satu minggu sy kurang bisa berjalan normal karna mulas nya belum hilang.

kejadian itu membuat sy trauma untuk ke rs sy merasa seperti tdk di manusiakan.seperti robot yg selalu harus patuh bahkan hub dengan suami dijadwalkan tanpa harus memikirkan kita senang apa tdk.

satu bulan dua tiga tdk ada tanda2 kehamilan, sy mulai putus asa,dan sy mulai mengumpulkan kembali kekuatan untuk program berikutnya tapi untuk program dokter sy black list hehehe

sy mulai mengumpulkan info pengobatan alternatif akhirnya sy mendapat info sinshe sukimin taryono di jkt timur lagi2 sy harus sendiri menjalani pengobatan itu karna suami sedang bertugas di luar kota,pas pertama sy berobat di sinshe ternyata tdk lebih menyakitkan kaki sy dipijat sampe sy teriak2 sinshe bilang penyumbatan sy parah tp masih bisa di obati rutin tiap minggu setelah sy pijat 3hari sy jinjit jalan karna kaki sakit,tp dengan semangat sy jalani pengobatan itu tiap minggu sinshe juga memberi arak khusus untuk kompres di perut,,dan ternyata pengobatan itupun tidak membuahkan hasil,

saya pun beralih pengobatan pijat di bogor banyak rekomen dari gogling yang katanya beliau sudah banyak membantu pasien seperti sy dan antrinya seperti kereta api,,,tapi pas sy datangi alamat beliau jangan kan antri pasien yg datang hanya saya dan ternyata pak ngadimo sudah meninggal seminggu lalu kata orang disitu,kecewaaaaa tapi apa boleh buat sy pun coba berobat dengan anak pak ngadimo tapi setelah sy dipijat sepertinya beliau kurang faham,,kesimpulan nya ini terakhir kali sy datang..

semangat sy masih belum putus sy coba datangi ustadz rekomen dari tetangga ibunda sy beliau memeriksa sy lewat air dan beras tapi kesimpulan beliau berbeda beliau mengatakan saya baik2 saja dan masalah nya ada pada suami eng ing eng ya selama ini sy sendiri sibuk periksa dan suami tdk pernah cek sama sekali.pak ustadz memberi sy air doa untuk saya dan suami,tapi air itu tidak sampai pada suami sy karna waktu sy menyusul suami ke luar kota jayapura papua air itu tertinggal...mungkin memang belum jodoh.

program berikutnya saya lanjut di kota jayapura pijit bareng suami juga minum cheng yun wan dan paket untuk suami mulai minum jus 3diva banyak makan taoge kacang2an dan sayur2 hijau.
siklus haid sy 28 hari dan tdk pernah telat malah kadang lebih cepat tapi kali ini say telat satu hari dengan hati yang penuh harap sama coba tespack dan subhanallah ada dua garis samar,samarrrrr Bangettttttt tapi lagi2 kecewa di hari terlambat haid 10 hari sy haid Hikssss sedih kecewa campur jadi satu...semenjak sy konsumsi obat cina ini haid sy berikut nya menjadi siklus 30hari

ya allah sampai kapan ujian ini...

stop program bbrp bulan sampai akhirnya ibunda sy mengabarkan ada ustadz disukabumi semangat kembali berkobar walau daftar di bulan ini dapat antrian nya bisa bulan depan,dengan bantuan bunda mendaftar di bulan februari 2014 sy mendapat no antrian tgl 13maret 2014,tgl 10 sy go dari jayapura kesukabumi,daaannn yg saya kagum pasien beliau datang darimana saja dengan berbagai macam penyakit kronis,sy datang tepat tgl 13 pagi buta mendapat giliran periksa tgl 14 malam sy sampai menginap dimesjid setempat ,,

ya allah semoga ini ikhtiar terakhir sy itu doa sy dalam hati...

satu bulan 2bulan hingga akhir thn tdk ada tanda2 sy akan hamil,dengan hati pasrah berserah diri kepada allah yg maha besar sy mulai melakukan shalat sunah duga witir dan suami membaca surah maryam tiap sehabis magrib denga segelas air untuk sy minum,sy ke panti untuk sedekah minum paket madu penyubur suami istri sy tdk lagi berharap harus hamil sy hanya pasrah dengan kehendak allah..apapun itulah yg terbaik ..

akhir dari penantian januari 2015
saat ini sy sedang masa subur tepat nya tgl 1 sd tgl 7 karna haid sy di tgl 20 des 2014 seperti biasa wajib sy hb dengan suami walau tidak lagi terlalu berharap biasa nya di masa subur kami hb selang seling satu hari tapi kali ini suami sakit jadi hb sy seling jauh 2hari dan 3hari,setelah suami sy sembuh sy minta langsung puasa hb untuk cek sperma tgl 14 januari hasil lab suami sy keluar dan dokter memberi rujukan ke dokter bedah karna memang ada sedikit masalah yg saya sendiri tidak tau knp suami sy harus ke dokter bedah,,,

rencana ke dokter bedah pun selalu tertunda karna kesibukan suami,,tapi ada yg aneh dlm diri sy yg sy rasa,mulut sy selalu terasa pahit dan tgl 15 4hari sblm hari haid sy puting payudara sy terasa ngilu porsi makan bertambah dan ngilu di puting berlangsung beberapa hari bukan hilang malah tambah ngilu setiap harinya pipis terus juga keputihan yg biasa nya jika dekat hari haid bukan puting yg sakit tapi payudara biasanya yg sakit,,karna keputihan itu sy lalu ke dokter diagnosa dokter tidak masalah dengan keputihan sy hanya infeksi saluran kencing makanya pipis terus,,

dokter pun meresepkan obat tapi ketika obat itu sy tebus dirumah sy ragu untuk meminumnya entah kenapa sy ragu,,sampai hari haid sy tiba tgl 18 hingga sore haid itu tdk muncul dengan hati yang yakin sy minta suami belikan tespack...

semalaman sy kurang nyenyak tidur sebentar2 sy cek celana dalam takut ada darah haid tapi tidak ada,,tepat nya jam 4subuh dengan hati berdebar sy selupkan tespack di urine sy terlihat garis tegas satu garis lalu tespack itu saya taruh di di atas penampungan urin dengan posisi datar,sambil sy melanjutkan bersih2..ketika sy lirik lagi tespack nya subhanallah ada dua garis samar tapi samar yg bisa dilihat dari kejauhan..

air mata sy menetes menatap tidak percaya pada tespack itu saya bawa saya simpan dengan hati yang berbunga saya perlihatkan hubby tersayang berharap hubby memasang muka terkejut dan memeluk sy,,tp harapan sy meleset hubby cuma melihat tespack itu dan bergumam dijaga baik2 to..hello hello padahal kan sy nunggu adegan peluk2kan dan hubby kecup kening sy dan berkata makasih ya miih papii seneng bngt dan lalu sy menangis bahagia dipelukan hubby huaaaaa ngayal hehehe ,,yg jelas hubby sy memang sok cuek tp sy tau hubby seneng apalagi saat sy tes di sore hari dan besok terus menerus garis nya makin tegas...

sampai akhirnya dokter menyatakan selamat bu kandungan ibu diperkirakan sudah 4minggu subhanallah bahagia sekali hati sy...

semoga nanti khayalan sy dipeluk hubby jadi kenyataan pas dirumah..hehehe masih ngarep..
walaupun kenyataan nya sy sLah lagi hahaha sedih yaa...punya hubby super cuek tp sy bersyukur jika perhatian dan cintanya sangat besar selama ini hubby mendampingi sy tanpa mengeluh
...
itulah bunda pengalaman sy jadi kalau keberhasilan sy karna program apa sy juga tdk tau karna banyak program yg sy lakukan...tapi yg sy yakin ini kehendak allah dan allah akan memberi ketika kita umat nya telah siap menerima titipan nya,,perjuangan sy adalah pelajaran untuk sy menjadi ibu yg baik dan pengalaman ketika kita mendapat sesuatu dengan sebuah perjuangan nikmat nya teramat indah.semoga bunda2 semua yang sedang mendambakan momongan segera diberikan oleh allah,dan semoga kandungan sy lancar hingga melahirkan nanti sehat baby nya tentunya mommy nya juga hahaha ,,,semoga pengalaman sy menjadi penguat dan semangat untuk bunda yang sedang program baby.assalamualaikum


   


Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
Bunda yona,,,

sabar ya bund,,,
oh ya,,,, maaf nih bund,, mau tanya,,,
selain telat haid, ada ga bund tanda2 kehamilan yang bunda rasain :
aku barusan searching nih,,, karena aku belum ada pengalaman hamil, jadi aku ga tau bun,,, karena aku juga masih H2C bun,,hihihihihi,,,
Semoga info yang aku dapet dari internet bisa membantu yach bun,,,

Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dilihat pada minggu-minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Payudara atau putting yang nyeri, bengkak.

Salah satu perubahan fisik yang dialami saat kehamilan adalah perubahan pada payudara. Payudara anda akan terasa berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Atau bisa juga terasa lebih penuh Dan lebih berat. Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Perubahan pada payudara anda akan terlihat lebih jelas apabila anda baru pertama kali hamil.

Kelelahan yang sangat.

Banyak perempuan yang merasa kehabisan tenaga selama kehamilan, terutama pada masa-masa awal. Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, tubuh anda bekerja dengan sangat keras memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda. Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat. Ditambah, hormon progesteron yang merupakan depresan alami bagi sistem syaraf pusat, sehingga adanya hormon ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan anda merasa mengantuk. Sebagai tambahahan, adanya kemungkinan hamil dapat menyebabkan timbulnya perasaan khawatir yang dapat menyerap energi anda dan menyebabkan susah tidur.

Flek darah atau nyeri perut.

Ada yang mengalami flek atau sedikit pendarahan pada saat awal kehamilan, sekitar 10 atau 14 Hari setelah pembuahan. Dikenal sebagai pendarahan karena implantasi, yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan seperti ini biasanya terjadi lebih awal, lebih sedikit Dan warnanya lebih terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar. Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid.

Mual dengan atau tanpa muntah.

Mual pada pagi Hari adalah tanda-tanda klasik pada awal kehamilan. Kebanyakan rasa mual mulai terasa sekitar minggu keempat sampai kedelapan kehamilan, tapi muntah-muntah bisa dimulai pada dua minggu pertama setelah kehamilan.

 Tidak suka atau ingin makan satu makanan tertentu.

Memalingkan hidung anda dari suatu makanan tertentu biasanya merupakan tanda-tanda awal bahwa anda sedang hamil. Bahkan bau makanan tertentu bisa menyebabkan rasa mual di awal kehamilan.

Sering buang air kecil.

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mereka jadi lebih sering pergi ke kamar kecil daripada biasanya. Pada trimester pertama kehamilan, hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan ke arah kandung kemih anda.

Sakit kepala.

Bila anda hamil, anda mungkin akan terganggu dengan seringnya anda mengalami sakit kepala ringan. Pada masa awal kehamilan, sakit kepala mungkin disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar adalah salah indikator awal terjadinya kehamilan. Peningkatan jumlah hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan berjalan lambat, sehingga makanan lebih lambat bisa masuk ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

Perubahaan suasana hati.

Membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan bisa membuat anda luar biasa emosional Dan cengeng. Perubahan suasana hati ini, dari gembira menjadi sedih, juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Merasa pusing dan melayang.

Merasa pusing dan melayang biasa terjadi pada ibu hamil. Sensasi ini biasanya adalah akibat dari perubahan sirkulasi saat pembuluh darah dalam tubuh anda membesar Dan tekanan darah anda menurun. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya gula darah.

Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu basal tubuh anda adalah temperatur yang diambil secara oral pada saat anda pertama kali bangun di pagi Hari. Temperatur ini akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi Dan menetap pada level tersebut sampai anda mendapatkan haid berikutnya. Apabila anda sering mencatat suhu basal tubuh anda untuk menentukan kapan anda mengalami ovulasi, anda akan melihat bahwa peningkatan selama leibh dari dua minggu berarti anda mengalami kehamilan. Pada kenyataannya, suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan anda..


Read more:
http://doktersehat.com/2007/07/19/tanda-tanda-dan-gejala-awal-kehamilan/#ixzz1LRvE8v4h
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Keguguran (abortus) adalah “hantu” menakutkan bagi ibu yang memang mengharapkan kehamilannya. Berdoa pada Yang Maha Kuasa sudah seharusnya dilakukan untuk menjauhi kejadian yang tidak diinginkan ini. Tapi itu saja belum cukup. Ibu hamil pun mesti memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda dan penyebab keguguran sehingga dapat melakukan antisipasi dan tindakan penyelamatan sebelum keguguran terjadi.

GEJALA DINI

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan peringatan dini keguguran, setidaknya dengan begitu ibu bisa lebih waspada. Gejala-gejala tersebut adalah:

* Tidak enak badan; merasa lemas atau tidak fit seperti hari-hari sebelumnya

* Perut tidak nyaman, kepala pusing, atau terasa limbung

* Mimisan.

Jika ibu mengalami gejala tadi, beberapa tindakan ini bisa membantu mengatasinya:

- Minum air putih, setelah itu bisa diteruskan dengan minum minuman segar lain, seperti jus.

- Makan makanan bergizi. Jika tidak bisa (karena mual), makanlah buah-buahan segar, biskuit, atau minum susu.

- Hentikan semua aktivitas.

- Lakukan relaksasi (atur napas dan tenangkan pikiran). Kuatkan keyakinan bahwa ibu dapat melalui kondisi ini dengan baik. Berdoalah dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan dengan si jabang bayi saat ia lahir nanti.

Jika semua ini tidak membuat kondisi ibu membaik, segera hubungi dokter. Jika Anda diminta datang kontrol, sempatkan diri untuk itu. Saat pemeriksaan, ceritakan apa yang terjadi. Sebaiknya ibu tidak melewatkan satu gejala pun karena anamnesis (mencari keterangan dari pasien) sangat memengaruhi diagnosis. Akan baik bila ibu memiliki buku catatan kejadian dan pengalaman selama kehamilan.

GEJALA UMUM

Ada juga gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan, seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo.

2. Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari.

3. Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat.

4. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari).

5. Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

6. Punya riwayat keguguran dan saat hamil sekarang mengalami perdarahan atau kejang, atau kedua-duanya.

Bila ibu hamil merasakan satu atau lebih gejala di atas, segeralah datang ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang semestinya.

TIGA JENIS ABORTUS

Apakah ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tadi pasti akan kehilangan calon bayinya? Belum tentu. Perdarahan yang dialami ibu hamil, umpamanya, bisa bukan merupakan tanda keguguran tapi hal lain, seperti letak plasenta yang tidak benar atau karena ibu hamil mengalami trauma.

Abortus sendiri pun digolongkan menjadi tiga; abortus yang mengancam, abortus spontan, serta abortus lanjut.

* Abortus mengancam

Biasanya terjadi di antara kehamilan timester pertama dan kedua awal. Tanda-tandanya; ibu mengalami kontraksi, perdarahan, dan bisa disertai keluarnya cairan. Janin bisa diselamatkan jika masih dalam kondisi baik dan ostium (lubang rahim) belum terbuka. Sebaliknya jika lubang rahim sudah terbuka, dokter tidak bisa berbuat banyak. Kemungkinan yang terjadi adalah abortus spontan.

* Abortus spontan

Yakni keluarnya janin dari dalam rahim sebelum dapat hidup mandiri. Biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama atau bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Dengan kata lain, abortus spontan bisa terjadi tanpa diketahui karena gejalanya mirip haid hanya lebih berat dan lebih terasa tegang. Maka itu waspadai bila ibu mengalami keluarnya bercak-bercak darah yang terus menerus, perdarahan disertai nyeri di bagian tengah perut dan kadang-kadang disertai sakit pinggang serta terdapat bekuan darah.

Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksi auto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

* Abortus lanjut

Keluarnya hasil konsepsi yang disebabkan kelainan plasenta dan serviks atau ibu hamil terpapar bahan beracun seperti asap rokok, alkohol dan bahan kimia. Tanda-tandanya sama dengan abortus spontan.

JENIS KEGUGURAN

Istilah keguguran sendiri dibedakan berdasarkan waktu kejadiannya. Disebut keguguran dini jika terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan dan keguguran lambat jika terjadi setelah minggu ke-12. Pembagian lain adalah keguguran penuh dan tidak penuh. Disebut keguguran penuh apabila jaringan janin dan plasenta keluar seluruhnya dari rahim pada saat keguguran. Disebut keguguran tidak penuh jika sebagian jaringan fetus tertinggal dalam rahim.

SIAPA YANG PALING BERISIKO KEGUGURAN?

Risiko keguguran lebih banyak dialami ibu-ibu dengan kondisi:

1. Ketika mengandung berusia lebih dari 33 tahun atau suami berusia lebih dari 53 tahun.

2. Pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali.

3. Pernah melahirkan bayi meninggal atau bayi cacat.

4. Punya keluarga dengan riwayat keguguran.

semoga membantu
dan menambah pengetahuan semuanya

salam

putri a.k.a zach mom's

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Selama masa kehamilan, Bunda harus senantiasa menjaga kondisi kesehatan Bunda dan janin yang Bunda kandung. Hal ini untuk menghindari kelainan atau komplikasi yang dapat mempengaruhi kehamilan Bunda. Salah satu yang juga harus Bunda perhatikan adalah jumlah cairan ketuban.

Cairan ketuban atau amnion adalah cairan yang memenuhi rahim.  Cairan ini diproduksi oleh buah kehamilan, yakni sel-sel trofoblas. Sejak usia kehamilan 12 minggu, janin akan mulai meminum air ketuban dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk air seni. Jadi seperti siklus yang berulang-ulang.

Penting bagi Bunda yang tengah hamil untuk memeriksakan jumlah cairan ketuban untuk mengetahui apakah jumlahnya cukup atau kurang.  Cairan ketuban yang sedikit  atau istilah medisnyaOligohidramion dapat mengganggu kehidupan janin, hingga dapat mengakibatkan kondisi gawat janin. Sekitar  4-8 % wanita hamil di Indonesia mengalami Oligohidramion.

Bagaimana pemeriksaannya?

Dengan melakukan USG, tepatnya dengan menggunakan parameter AFI ( Amniotic Fluid Index). Pada kehamilan normal, saat cukup bulan, jumlai cairan ketuban sekitar 1000 cc atau sekitar 10 – 20 cm. Cairan ketuban dikatakan berkurang jika jumlahnya kurang dari 500 cc atau 5 cm.

Apa penyebab cairan ketuban kurang?

 Berikut beberapa diantaranya:

-          Masalah pada plasenta hingga menyebabkan  nutrisi tidak mengalir untuk janin, biasanya terjadi pada kehamilan lewat bulan.

-          Membran cairan ketuban pecah atau bocor, hingga menyebabkan cairan ketuban dalam rahim berkurang.

-          Janin tidak berkembang dengan baik.

-          Komplikasi pada Bunda hamil, seperti diabetes, preeklamsia, hipertensi yang berpengaruh pada jumlah cairan ketubannya.

Apa risiko cairan ketuban kurang?

-          Janin dapat mengalami cacat bawaan pada saluran kemih, pertumbuhannya terhambat , bahkan meninggal sebelum dilahirkan.

-          Kondisi cairan ketuban yang sedikit membuat janin seolah berada dalam ruangan sempit, yang membuatnya tidak bebas bergerak. Pada kasus yang ekstrem , sudah terbentuk amniotic band (serat amnion) yang berisiko fatal dapat memotong atau menjepit anggota tubuh janin.

-          Bila cairan merembes atau robek sebelum waktu lahir dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada janin yang berasal dari kuman di bawah.

Bagaimana bila cairan ketuban diketahui sedikit?

-          Jalani pola hidups sehat, terutama mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

-          Perbanyak istirahat.

   
Jumlah Posts : 59
Jumlah di-Like : belum ada like
mahal ya bunda wiwie..

bunda farah hampir sama akaya aku.. kmarin janin harusnya usia 3 bulan.. tp kata dokter masih 8 minggu itu pun janin tdk terlihat dan aku mengalami flek.. padahal perutku terlihat semakin membesar.. tp yaudahlah bund.. udah dikuret.. sempet agak nyesel sih aku seolah memaksa ankku untuk keluar.. soalnya suami panik bgt pas aku flek darah segar.. akhirnya dipacu deh sama dokter.. itupun kuretnya g dibius..
   
03-01-2015 20:07:58 Hamil haid mungkin kah ?
Jumlah Posts : 203
Jumlah di-Like : belum ada like
Jika terjadi kehamilan, maka secara otomatis menstruasi akan berhenti. Darah yg terkadang keluar selama masa kehamilan, itu adalah flek yang terkadang dianggap normal, namun juga bisa membahayakan bagi ibu atau janin. Jika darah keluar secara terus menerus dan dalam volume yg banyak seperti darah haid, sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter atau bidan, untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan
   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Mira.p.ii,

Lotion apa saja, asalkan dipastikan lotion tidak mengandung bahan asam salisilat, karena pada penggunaan dengan dosis tinggi dapat membuat cacat pada janin. Disarankan untuk banyak konsumsi air, buah serta sayur untuk mengurangi keluhan kering pada kulit.

   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Hanifaa Choirunnisa,   

Kontraksi dan flek yang keluar adalah tanda awal dimulainya proses persalinan. Selama ketuban tidak rembes dan tidak pecah, kontraksi alami yg dirasakan pada akhir kehamilan tidak akan membuat janin dalam keadaan membahayakan. Sebaiknya lakukan pemantauan gerak janin dan denyut jantung janin serta kemajuan persalinan.

   
24-01-2014 11:02:55 meludah terus :(
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Dshe Pedrosa Nyit-nyut, 

Masalah air liur yang berlebih saat hamil terutama pada awal kehamilan memang kerap dikeluhkan para bunda, tetapi bunda tidak perlu khawatir karena keadaan ini tidak membahayakan buat bunda maupun janin. Keluhan ini biasanya disebabkan dari faktor hormonal, juga rasa mual yang berlebih yang membuat bunda jarang untuk menelan air liur ( pada keadaan normal air liur akan ditelan tanpa disadari oleh kita ) sehingga tanpa disadari produksi air liur semakin bertambah banyak , membuat bunda selalu ingin meludah. Berikut ini sedikit cara untuk mengurangi keluhan, antara lain sering menyikat gigi dan berkumur setiap hari, makan dalam porsi kecil tapi sering, kurangi konsumsi makanan yang mengandung zat tepung, minum air putih minimal 8 gelas/ hari, mengunyah atau menghisap permen yg tidak mengandung banyak gula guna membantu menelan air liur.

   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
just share...

haii Bunda.. ak mau berbagi cerita.. semoga kita bs ambil plajaran dr pengalaman saya..

1thn setelah saya menikah puji Tuhan akhirnya saya hamil juga.. dan setelah saya tau usia nya sudah 3 atw 4 minggu.
tp kebahagiaan nya hanya 1hr saja.. krn keesokannya saya mengalami flek krn sblmny saya pergi seharian kata Dr saya kecapean dan harus bnyk istirahat..
Di hari ke 3 bukan hanya flek tp ada darah dan perut kram.. saya lngsg ke dokter dan dokter mengharuskan saya bedrest total dan saya dibri obay penguat yg yg di masukan melalui anus.. 4hr saya bedrest total.. tp pendarahan ga berhenti2 bahkan kram perut smakin sakit tdk karuan.. saya ke RS lagi dan Dr saya blng janin saya mengecil.. yg awalnya 9.2 skrg jd 7.2.. dan BB saya turun 2kg dlm wkt 3hr.. Dr menyarankan saya untuk mengkonsumsi obat peluntur.. tp saya tolak..
dan saya cb untuk priksa di RS yg lain pas di usg trnyata janinny sdh smakin kecil menjadi 4.2 dan Dr inipun blng ini tdk bs dipertahankan.. rasa sakit kram hebat yg saya rasa trnyata itu pergeseran janin yg mau keluar.. yg menyedihkan hal ini terjadi tepat di hari ulang tahun saya :( tp saya percaya rencana Tuhan pst yg terbaik..

dan akhirny saya mnm obat peluntur.. puji Tuhan sktnya hilang.. ya mungkin untuk kali ini saya blm bs memiliki bayi tp saya percaya ada hari dmn Tuhan akan mempercayai saya & suami untuk memiliki bayi sehat.. amiinnn...

smoga pengalaman saya ini bs jd pelajaran bagi kita smua..
   
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
semalem aku k dokter yg lain bund untuk usg kembali..janinku msh berukuran 0,71 mm itu sama dgn usia kandungan 5 minggu..itu klo dilihat dri ukuran janinnya..tapi kata dokter janinku sudah tidak bagus dan terancam keguguran..lalu aku dksh penguat kandungan dan vitamin dan dsuruh istirahat..namun 2 minggu kemudian aku dsuruh balik lg bund untuk usg kembali dan melihat kembali janinku berkembang atw tidak..waswas sekali rasanya..
apa ad makanan atw hal semacamnya yg bs membuat janin tumbuh dgn baik dan sehat bund?
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI) tanpa makanan tambahan lain pada bayi berumur 0-6 bulan. Ibu yang sedang menyusui sangat disarankan untuk menjaga pola makannya. Artinya, jangan sampai kurang gizi dan harus bergizi. Selain itu, makanan dengan citarasa yang kuat seperti asam atau pedas juga sebaiknya dihindarkan dulu.

Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi sejak lahir karena paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal ASI perlu diberikan secara eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun. Namun tak sedikit ibu yang memiliki permasalahan menyusui karena ASI sedikit atau bahkan tidak keluar. Kemudian dengan mudahnya menyerah pada susu formula maupun MPASI dini yang sama sekali tidak aman bagi pencernaan bayi. Padahal bayi yang baru lahir memiliki cadangan makanan 3-5 hari.
 

Mengapa ibu harus berjuang untuk memberi ASI? Bukankah susu formula lebih mudah didapat?

REKOMENDASI WHO

WHO merekomendasikan para ibu untuk menyusui secara ekslusif selama 6 bulan, melanjutkannya dengan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dari bahan-bahan lokal yang kaya nutrisi sambil tetap memberikan ASI / menyusui sampai anak berusia 2 tahun atau lebih. (World Health Assembly Resolution 54.2, 2001)

EFEK BURUK SUSU FORMULA

Telitilah komposisi pada susu formula yang mengandung pemanis, susu sapi yang bersifat allergen, serta zat-zat kimia sintetisnya. Pemberian susu formula pada bayi maupun anak ini dapat meningkatkan resiko asma, alergi, infeksi saluran pernapasan akut, oklusi pada gigi anak, infeksi dari susu formula yang terkontaminasi, kurang gizi, kanker, penyakit kronis, diabetes, infeksi saluran pencernaan, penyakit kardiovaskular (jantung), obesitas, infeksi telinga dan otitis media, terkena efek samping dari kontaminasi lingkungan, bahkan kematian pada bayi dan anak-anak.
 

Mengingat pentingnya ASI tersebut, para ibu hendaknya tidak menolak memberikan ASI dengan alasan demi menjaga kecantikan, karena kesibukan kerja, karena ASI sedikit atau bahkan berhenti produksi sehingga bayinya hanya diberi susu formula.

Tahukah Anda, ada banyak ibu yang merasa kesusahan dalam memberikan asi, baik asi kering hingga asi yg kuantitasnya sedikit, hal itu justru membuat mereka beralasan untuk tidak menyusui. Padahal jika mereka koreksi kembali pola makan, nutrisi hingga pola hidup, maka ASI yang berlimpah dan bernutrisi tinggi bisa mereka dapatkan.

Salah satu penyebab utama dari asi kering, atau jumlah asi yg sedikit, adalah kurang nya protein dalam tubuh si Ibu. Protein sendiri tidak bisa di konsumsi 1 minggu sekali, atau 1 bulan sekali, konsumsilah itu rutin secara berimbang jumlahnya (bukan hanya 1 potong tempe tahu dan 1 ayam, itu belum cukup), konsums lengkap antara hewani dan nabati SETIAP HARInya. Jika anda bingung mengatur hal tersebut, gunakanlah SPIRULINA.

Spirulina, suplemen herbal (bukan obat, dan tanpa bahan kimia/pewarna/pengawet), bermanfaat untuk:

*) Ibu Menyusui (busui)
[-] meningkatkan produksi & kualitas asi
[-] mencegah rambut rontok

*) Program Hamil (promil)
[-] meningkatkan kualitas sel sperma/telur
[-] meningkatkan potensi hamil

*) Ibu Hamil (bumil)
[-] mengatasi mual
[-] mencegah kelainan sel (cacat dll.)
[-] mencegah kelainan otak (autisme dll.)
[-] mencegah rambut rontok
[-] mencegah tulang keropos (osteoporosis)
[-] mempercepat proses pemulihan kesehatan stlh melahirkan/operasi


*) Bayi/Anak-Anak
[-] meningkatkan nafsu makan
[-] mengatasi bapil/radang (batuk/pilek)
[-] mengatasi diare/susah bab
[-] mengatasi demam
[-] memperkuat tulang & gigi
[-] meningkatkan daya ingat otak anak
[-] meningkatkan kecerdasan anak

*) Semua Orang
[-] meningkatkan daya tahan tubuh shg tidak mudah sakit meski kondisi lingkungan tdk mendukung, kalaupun sakit jadi lebih cepat sembuh
[-] mempercepat proses pemulihan setelah sakit/opname/operasi/kemoterapi
[-] mempercepat proses pemulihan setelah gym maupun aktivitas berat lainnya (mengatasi otot capek/linu)
[-] mengatasi anemia, maag, alergi, malnutrisi, vertigo, miopi (mata minus)
[-] meningkatkan hemoglobin
[-] melancarkan haid
[-] mengatasi malnutrisi
[-] membersihkan darah
[-] membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi)
[-] membantu masalah menopause
[-] memperlambat proses penuaan
[-] menghapus radikal bebas
[-] sbg antioksidan alami & anti kanker
[-] memperbaiki sistem pencernaan

Hati-Hati Produk Tiruan! Spirulina kami tidak dijual di apotek/toko obat lainnya, hanya dijual disini.
---------------------------------------

1btl Spirulina isi 120tab Rp 205rb
Info/Order: 0888.246.256.0

----------------------------------------

Alami, Aman, & Halal
POM TL 054 415 341


Apakah Semua Jenis Spirulina Sama?
Jawabannya, Kandungan Spirulina Kami BEDA!

Komposisi Spirulina:

*) Protein +/- 60% (Asam Amino - esensial)
[-] Isoleusice
[-] Leucine
[-] Lysine
[-] Methionine
[-] Cystine
[-] Phenylalanine
[-] Threonine
[-] Tryptophane
[-] Valine

*) Karbohidrat +/- 14%
[-] Ramnose
[-] Phosphorolated Cyclitois
[-] Asam Glucosamine Muramic
[-] Glycogen
[-] Asam Scialic

*) Lipid +/- 6%

[-] Asam Palmitic (asam lemak jenuh)
[-] Asam Linoleic (FA jenuh)
[-] Asam Gamma Linoleic (Omega 6)
[-] Asam Alpha Linolenic (Omega 3)
[-] Chlorophyll-a
[-] Beta sitosterol
[-] Beta carotene

*) Vitamin

[-] Biotin
[-] Cyanocobalmin
[-] Delta-Calcium Panthothenate
[-] Folic Acid
[-] Inositol
[-] Nicotinic Acid (PP)
[-] Pyridoxine (Vit.B6)
[-] Riboflavine (Vit.B2)
[-] Thiamin (Vit,B1)
[-] Tocopherol (Vit.E)
[-] Ascorbic Acid (Vit.C)

1 tablet Spirulina kami setara dengan:

*) Betakaroten: 25 buah wortel
*) Klorofil: 20 buah wheatgrass
*) Vit.B1: 16 ekor ikan sarden + 8 mangkok nasi
*) Vit.B2: 4 buah kentang
*) Vit.B3: 8 buah lemon
*) Vit.B6: 4 asparagus
*) Vit.B12: 4 potong hati sapi
*) Kalsium: 6 gelas susu
*) Protein: 3 potong daging sapi
*) Asam Gamma Linoleic (Omega 6): 3 tangkai bunga primrose

---------------------------------------
1btl Spirulina isi 120tab Rp 205rb
Info/Order: 0888.246.256.0


 

   
25-11-2011 15:35:20 keguguran tapi tidak di kuret
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear Dr. Tanti
Dok, saya baru saja mengalami keguguran pd usia janin 6 minggu, menurut dokter janin saya tidak berkembang dan ada kelainan kromosom dan juga janin saya mengecil (diameter sblmnya 12,3 setelah kontrol lg dlm waktu 2 minggu janin saya menjadi 5,2).
tp dokter tidak menyuruh saya untuk di kuret, saya hanya dikasih obat untuk membersihkan rahim. kata dokter nanti janin saya akan keluar dengan sendiri nya, karna janin saya masih kecil .
pertanyaan saya:
1. apakah tidak apa2 jika saya tdk di kuret? apakah dgn tdk di kuret nanti akan menyebabkan tuba saya infeksi? dan akan sulit hamil lagi?
2. apa yg menyebabkan janin saya mengecil?
3. setelah berapa bulan saya boleh hamil lagi setelah mengalami keguguran ini?
4. apakah kelainan kromosom itu penyakit turunan?
Mohon informasi nya ya dok.
Terima kasih


Dari : Melisa

Jawaban:

Dear Bunda, saya turut prihatin dengan kejadian yang bunda alami. Keguguran kerap kali terjadi tanpa diketahui penyebabnya. Kelainan kromosom dapat menjadi salah satu dugaan penyebab keguguran, namun tidak di ketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebabnya. Gaya hidup sehat dan pola hidup sehat adalah pencegahan terbaik untuk menghindar terjadinya kelainan-kelainan atau penyakit dalam hal kesehatan. Apabila dokter anda menilai bahwa keguguran saat ini cukup dengan menggunakan pengobatan dan tidak di kuret, maka anda tidak perlu khawatir, namun tetaplah control dan memperhatikan tanda-tanda perdarahan. Anda dapat kembali hamil sebaiknya setelah tiga siklus menstruasi, agar tubuh anda telah siap untuk menjalani kehamilan berikutnya. Makanlah makanan segar dan bergizi serta cukup beristirahat untuk menjaga kondisi kesehatan anda. Demikian jawaban saya.