SITE STATUS
Jumlah Member :
493.655 member
user online :
1414 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: manfaat gerakan jongkok berdiri saat ham

New Topic :  
Jumlah Posts : 66
Jumlah di-Like : belum ada like
Bener bgt bunda octaa.. sepengalamanku ikut senam hamil itu positif bgt dampaknyaa..jdi tau cara yg bener nanti ngadain proses lahiran normal... gk boleh mengejan ketika blm pembukaan lengkap., cara pernapasan yg bener dsbnyaa.. semangat bunda2
. ak jg males jalan pagi..kmren ikut senam hamil 4kali pertemuan.. Baru jalan pagi 2 kali aja 2hari sblm ak ngeluarin tanda lendir drh

tpi dirumah sering jongkok berdiri.. saat duduk besila gunanya biar debay yg udh pas diposisinya.. udh kplny dibwh ttp gk berubah,trus biasakan tidur posisi samping kiri.. itu bkl cepat turun dedenyaaa
.
semangat bunda semua..ditunggu kabar bahagianyaa.. moga semuanya bs jalanin proses kelahiran dgn tenang, nyaman,n bahagia.. merasakan tanda tanda cinta dr debay 😍😍😍😍😛😍😍
.
   


Jumlah Posts : 50
Jumlah di-Like : belum ada like
TIPS AGAR BAYI CEPAT MASUK KE RONGGA PANGGUL

Olah Raga:

Lakukanlah gerakan jongkok-berdiri secara rutin setiap pagi dan sore dengan berpegangan di tempat tidur atau benda yang kuat menahan beban badan. Lakukan gerakan ini sebanyak 5–8 hitungan ya, Mam.Lakukanlah olahraga jalan kaki untuk mendukung gerakan bayi masuk rongga panggul. Sediakan waktu selama 20–30 menit setiap hari untuk berjalan kaki.Ikutilah kelas senam hamil, yoga, atau pilates. Instruktur senam pasti akan membimbing Anda melakukan gerakan untuk membantu mendorong bayi masuk rongga panggul. Misalnya, Anda bisa mencoba gerakan duduk bersila dengan kedua telapak kaki menyatu (gaya yoga) atau duduk di atas pilates dengan mengoyang-goyangkan pinggul (gaya pilates) .

Sering nungging:

Lakukanlah posisi nungging untuk memutar posisi kepala janin, bahkan hingga masuk panggul. Atur posisi nungging dengan dada menempel pada matras atau kasur, miringkan wajah, dan lebarkan kaki. Lakukan posisi ini sebanyak 2x sehari selama 10–15 menit.Lakukan kegiatan mengepel lantai dengan banyak jongkok dan mengangkat ember (yang tidak terlalu berat) bisa juga mempercepat si Kecil masuk rongga panggul.Lakukan gerakan sujud dalam salat. Gerakan ini juga bermanfaat agar posisi si Kecil masuk ke rongga panggul. Anda bisa memperlama gerakan sujud ini ketika salat.

Mengajak bicara
Komunikasi yang terjalin antara Anda dengan si Kecil di dalam kandungan diyakini dapat mempererat ikatan batin antara orangtua dan anak. Karena itu, Anda bisa meminta bayi Anda untuk masuk ke rongga panggul sebagai jalan lahirnya. Cobalah untuk berbicara dengan si Kecil ya, Mam, sambil mengelus perut Anda, seperti “Ayo Sayang, bantuin Mama cari jalan lahir ya biar kamu cepat lahir dengan normal nanti”.

   
Jumlah Posts : 437
Jumlah di-Like : belum ada like
cara Agar mempercepat janin mauk ke rongga panggul

Ibu hamil rajin berolahraga
Ibu bisa melakukan gerakan jongkok berdiri
Lakukanlah secara rutin setiap pagi dan sore dengan cara berpegangan di tempat tidur atau sesuatu yang kuat menahan beban badan ibu. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 – 8 hitungan.
Ibu bisa mengikuti kelas senam hamil
instruktur senam pasti akan membimbing ibu dalam melakukan gerakan untuk membantu mendorong bayi masuk rongga panggul.
Olahraga jalan kaki
Olahraga ringan seperti jalan kaki ini juga mampu untuk mendukung gerakan bayi masuk rongga panggul. Lakukanlah selama 30 menit setiap hari.
Ibu hamil sering nungging
Lakukanlah posisi nungging untuk memutar posisi kepala janin, bahkan hingga masuk panggul. Atur posisi nungging dengan dada menempel pada matras atau kasur, miringkan wajah, dan lebarkan kaki. Lakukan posisi ini sebanyak 2 kali sehari selama 10–15 menit.
Ibu bisa melakukan kegiatan mengepel lantai dengan cara jongkok, hal ini bisa juga mempercepat bayi masuk ke rongga panggul.
Ibu bisa melakukan gerakan sujud seperti dalam shalat. Dengan melakukan gerakan ini juga bermanfaat agar posisi si bayi masuk ke rongga panggul.
Ibu mengajak bicara janin di dalam kandungan
Dengan sering mengajak bicara janin di dalam kandungan juga bisa membantu proses janin masuk ke rongga panggul. Karena komunikasi yang terjalin antara ibu dan janin di dalam kandungan bisa mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Oleh karena itu, ibu bisa meminta bayi ibu di dalam kandungan agar mau masuk ke rongga panggul sebagai jalan lahirnya. Lakukanlah dengan cara mengelus perut ibu dan sambil berbicara kepadanya. Seperti “ ayo dek, bantuin bunda ya cari jalan lahir agar kamu bisa lahir dengan normal dan cepat, bunda tidak sabar ingin melihatmu sayang..”
Untuk mengetahui bayi sudah masuk ke rongga panggul atau belum ibu bisa melakukan USG ke dokter kandungan. Biasanya bidan atau dokter juga bisa mengetahui posisi bayi dengan cara meraba perut anda. Untuk anda sendiri perlu mengetahui tanda-tanda yang bisa dirasakan ketika bayi anda sudah masuk ke panggul, seperti berikut tanda-tandanya :

Susah buang air besar
Tidak nyaman pada bagian panggul bagian bawah
Buang air kecil semakin sering
Apabila kehamilan anda sudah memasuki 35 minggu sebaiknya periksakan ke dokter agar anda mengetahui posisi bayi dan anda pun bisa mempersiapkan untuk persalinan normal. Mengetahui posisi bayi sudah masuk ke rongga panggul adalah sangat penting karena apabila sudah siap dengan posisi itu maka persalinan bisa berjalan dengan normal dan cepat. Semoga cara agar janin cepat masuk ke rongga panggul tadi bisa membantu. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu…
   


Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
iya tuh banyakin gerakan jongkok berdiri sma jalan pgi... dd aq dah kmrn lahir maju 2mggu... alhamdulillah normal walau ke lilit tali pusar
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
@ bunda riska : iya bund, anak pertama memang agak lama mungkin karena masih jalan lahirnya masih orisinal kali ya hehehe. untuk gerakan jongkok berdiri bunda bisa gunakan kursi atau meja sebagai pegangan bund lakukan sekitar 5-10x gerakan tiap pagi, siang dan malam.

dokterku sih masih belum nyuruh untuk periksa dalam cuma USG aja karena katanya memang masih wajar kalo baby belum masuk panggul di usia segitu.

@ bunda Cha Nisa : kayaknya bunda mengalami kontraksi palsu bund, aku mah udah lumayan sering kontraksi palsu kayak gitu perut sampe ke miss v kenceng2.
   


Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal, usia kehamilan kita cuma terpaut sedikit aku sekarang sedang hamil 34w hampir 35w. kata dokter juga belum masuk panggul, kalo anak pertama biasanya 38w akan masuk panggul dengan sendirinya. tapi kalo ingin si kecil masuk panggul lebih cepat coba lakukan gerakan jongkok berdiri dengan durasi yang agak cepat capek sih memang tapi sangat membantu, naik turun tangga tapi hati2 jangan buru2, jalan cepat, pijat refleksi dan minta kunjungan si papa :)
   
09-06-2010 14:15:00 diminta sesar
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : 1
@mba putri a.k.a zach mom,s,
makasih ya sarannya....agak heran juga sih karena aku rajin senam hamil yang tentu saja ada gerakan jongkok berdiri itu...tapi ternyata kok tetap ga cepat turun ya...

tempo hari sempat juga diukur ukuran panggul luarnya dan normal..tapi memang mana tahu panggul dalamnya..

sekarang jadi menyiapkan hati saja supaya rela kalau memang harus SC :) 

@bunda dedeh : 
salut untuk perjuangan dan tidak cepat putus asanya.....
semoga lancar persalinannya...sudah ada perkembangankah??
   
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
olahraga jongkok berdiri itu.. pada saat gerakan jongkoknya nunggu brp detik ya?apa langsung diri jongkok.. diri jongkok aja berulang misal 10kali?
   
27-08-2016 18:33:15 hpl Bulan oktober merapat
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
ia bun makanya kemaren 32 weeks kontrol kaget si debay muter keatas kepalanya padahal sebelumnya sudah dibawah 30 weeks saat di USG. ia harus perbanyak gerakan jongkok, sujud diperlama dll. bidannya malah ngewarning jika 34 minggu nanti belum berubah persalinan anak pertama akan sulit normal jadi harus Caesar. huarggg....pengennya normal #penuhharap.
   
Jumlah Posts : 81
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda akbar.. namaku rafida bukan farida..hehehee..
iya bun makanya klo lwt dr hpl dokter biasanya cek kondisi air ketuban klo warnanya dh keruh ada kemungkinan debay udh ngeluarin bab jd bisa keracunan..klo dh keruh gt ya mau gk mau biasanya induksi atau SC..

suamiku jg kerja di luar jawa tp skrg lg cuti sih.. saranku bun banyakin jongkok aja...jongkok berdiri 4-5x aja.. kmrn aq nungging sbelum tdr..paginya kluar lendir byk..trs td abis ngelakuin gerakan senam hamil kluar lg lendir..

aq jg blm ngerasain mules2..msh dtunggu sminggu lg sm dokter krn ketuban msh bgus..
   
27-04-2016 18:32:36 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 201
Jumlah di-Like : belum ada like
Aku hpl usg tm 1 tgl 4 mei hpl bidan tgl 5 mei bunda tinggal itungan hari yaa.
Bunda depi hpht tgl brp kita samaa..

Positif think aja bun susy ada bbrp bumil yg msuk panggul bbrp saat sblm lahiran kok telatenin ajaa jongkok berdiri..
   
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda puput: cb usg lg bun..

bunda yanuar: iya bun makanya saya ga Hb lg. takutnya tambah kenceng perutnya. saya dari kemarin kontraksi 5menit sekali smpe saat ini sy blm tidur gara2 mules luar biasa. td pagi saya kluar flek darah bun. tp skrg sore blm kluar flek lg. mules2 ga nahan banget. bunda banyakin jongkok berdiri. kmrn saya jg gitu sm makan buah kurma dan ajak ngobrol dedenya
   
21-03-2016 18:43:49 kepala bayi
Jumlah Posts : 201
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda jongkok berdiri itu gmna? Mksdnya hbis berdiri lalu jongkok lgsg berdiri lagi atau saat jongkok diem dlu bbrp mnit bru berdiri apa bagaimana ?
   
07-03-2016 18:55:46 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 201
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda susy iya aku prediksi jga cwek bun tp aku teetep beli bju yg wrna netral bun biar suatu saat bisa dipakek calon adek adeknya hahaha soalnya baju baby newborn jga kan bntr makeknya mgkn cuma dua bulan ajaa, bru deh kalau dah lahiran bnr2 tau jk nya uda bisa didandanin sesuai jk bun aku aja stok baju baby setiap model cuma 6 aja bun baju kutung 6 baju panjang 6 baju pendek 6 bgtu jga clana nyaa kbykan beli popok kain ajaa deh hehehe biar ga mubadzir jga dede pasti cepet endutnyaa kalau kena asi

Iya bunda amii gpp deh maju aku udah berat bawa perut hihihihi ini uda bnyakin jalan jga sama jongkok berdiri

Aku awal hamil sapek tm 2 jrwt dmna mna bun apagi dijidat itu jrwt kecil kecil bgt gatel n sakit sapek jidat ga kliatan kalau jidat tp uda msuk 8bulan ini wajah jdi bersih lg ilang sndri jrwtnyaa pdhl ga aku obatin..
   
26-02-2016 11:31:33 kepala bayi
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
ada beberapa ibu hamil yg masuk panggul saat beberapa hari mau lahiran bun. sering" jongkok berdiri aja bun.