SITE STATUS
Jumlah Member :
492.629 member
user online :
1593 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: manfaat fregnolin bagi ibu hamil

New Topic :  
07-02-2016 07:56:43 manfaat susu kedelai
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
ap y manfaat nya susu kedelai bagi ibu hamil?mhon pencerahan.sya ucpkan trima ksih
   


12-01-2016 15:16:24 virus toxo dan rubella
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear bunda Enda Hairstyle(0)

Saya turut berduka atas kejadian tersebut, Saya tdk dapat membantu menjawab mengenai kepastian apakah akan terulang kembali kejadian tersebut. Namun saya ingin mengingatkan kepada Bunda mengenai pentingnya suplemen asam folat saat perencanaan kehamilan, awal kehamilan dan ketika menyusui.

Pada masa awal kehamilan bagi ibu hamil memerlukan asupan asam folat sekitar 400 mcg per hari, kemudian meningkat menjadi 600 mcg pada trimester kedua dan ketiga. Begitu juga dengan masa menyusui, asam folat tetap dibutuhkan. Bila Bunda mendapatkan beberapa suplemen asam folat termasuk susu kehamilan, perhatikan jumlah kandungan asam folat pada produk tersebut, pilihlah salah satu atau diminum bergantian agar tidak berlebihan atau kekurangan.Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini.  Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.

   
24-11-2015 15:35:36 vitamin bumil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,Pada masa awal kehamilan bagi ibu hamil memerlukan asupan asam folat sekitar 400 mcg per hari, kemudian meningkat menjadi 600 mcg pada trimester kedua dan ketiga. Begitu juga dengan masa menyusui, asam folat tetap dibutuhkan. Bila Bunda mendapatkan beberapa suplemen asam folat termasuk susu kehamilan, perhatikan jumlah kandungan asam folat pada produk tersebut, pilihlah salah satu atau diminum bergantian agar tidak berlebihan atau kekurangan.Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini.  Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.

   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Manfaat minum air kelapa bagi ibu hamil di antaranya:
- Meningkatkan kekebalan tubuh, tentu akan berdampak positif bagi ibu dan calon bayinya.
- Kandungan air kelapa bermanfaat untuk menjaga stamina dan meningkatkan metabolisme tubuh.
- Sebagai penawar racun.
- Baik untuk pencernaan.

   
Jumlah Posts : 173
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ami coba bunda search digoogle manfaat dan resiko puasa bagi ibu hamil. kalo mmg baik dan bunda ami kuat ya silakan saja bun. kalo diindonesia puasakan sampe 13-14 jam kalo dspanyol jng2 lbh panjang nah bunda kuat gak? agama kita ka udah ngasih keistimewaan buat ibu hamil untuk mengganti puasanya dng fidyiah. ya sudah kita pilih saja mana yg kita sanggupnya
   


Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
7 Buah Terbaik Untuk Wanita Hamil::
Wanita hamil memerlukan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh ibu maupun bayi yang dikandung. Pasalnya, wanita yang mengandung memerlukan asupan energi lebih banyak, karena pada dasarnya energi tersebut terbagi dua dengan si calon bayi. Oleh sebab itu, cermat memilih makanan adalah hal penting agar kondisi ibu dan bayi yang dikandung tetap dalam keadaan prima sampai masa kelahiran tiba.
Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil adalah buah-buahan. Tentu saja tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh wanita hamil karena ada sebagian buah yang justru sebaiknya dihindari saat masa kehamilan. Kita dapat mengatakan bahwa setiap buah punya manfaat sendiri-sendiri, tapi buah terbaik manakah yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita hamil?
1. Buah naga Buah naga yang sudah matang, menurut pengobatan oriental, dapat membantu dahak yang yang kerap terjadi pada wanita hamil. Buah naga jarang menggunakan pestisida karena kulitnya yang tebal, sehingga aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung.
2. Apel Buah yang mampu menjauhkan Anda dari dokter ini tentu saja disarankan untuk wanita hamil. Pasalnya, buah Apel mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti asal malat, tannin, dan serat lain yang diperlukan. Banyak wanita hamil yang tidak ingin menambah berat badan tidak terlalu banyak, karena mengkonsumsi buah apel secara ideal setiap hari. Buah inijuga membantu perkembangan janin dan bermanfaat untuk mengatasi sembelit/diare yang kerap terjadi pada masa kehamilan.
3. Anggur Anggur adalah sumber zat besi, fosfor, kalsium, asam organik, karoten, lesitin, vitamin C, dan vitamin B1 yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, permintaan darah jauh lebih tinggi, oleh sebab itu perlu mengkonsumsi makanan dengan sumber zat besi yang baik seperti anggur.
   
28-01-2014 11:34:10 hamil muda
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Buah pepaya memang kaya akan manfaat. Bagi ibu hamil dan ibu yang menginginkan kehamilan di anjurkan untuk menghindari memakan buah pepaya yang masih  muda dan belum matang maupn daun pepaya, karena kandungannya lebih banyak latex dan memiliki sifat mirip dengan hormon oxytocin dan prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim dan keguguran.Semoga info ini dapat menahan rasa dan keinginan Bunda untuk memakan buah pepaya muda, pertimbangkan kegunaan dan manfaat bahan-bahan makanan saat Bunda sedang mengandung, apakah rasa ingin dan mitos mengidam lebih memberikan manfaat ataupun kerugian di bandingkan dengan menghindari hal-hal tersebut? Bijaksanalah dalam memilih bahan makanan untuk kesehatan kehamilan Bunda.

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Wanita hamil memerlukan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh ibu maupun bayi yang dikandung. Pasalnya, wanita yang mengandung memerlukan asupan energi lebih banyak, karena pada dasarnya energi tersebut terbagi dua dengan si calon bayi. Oleh sebab itu, cermat memilih makanan adalah hal penting agar kondisi ibu dan bayi yang dikandung tetap dalam keadaan prima sampai masa kelahiran tiba.

Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil adalah buah-buahan. Tentu saja tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh wanita hamil karena ada sebagian buah yang justru sebaiknya dihindari saat masa kehamilan. Kita dapat mengatakan bahwa setiap buah punya manfaat sendiri-sendiri, tapi buah terbaik manakah yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita hamil?


Buah naga yang sudah matang, menurut pengobatan oriental, dapat membantu dahak yang yang kerap terjadi pada wanita hamil. Buah naga jarang menggunakan pestisida karena kulitnya yang tebal, sehingga aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung.

Apel.. buah yang mampu menjauhkan Anda dari dokter ini tentu saja disarankan untuk wanita hamil. Pasalnya, buah Apel mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti asal malat, tannin, dan serat lain yang diperlukan. Banyak wanita hamil yang tidak ingin menambah berat badan tidak terlalu banyak, karena mengkonsumsi buah apel secara ideal setiap hari. Buah inijuga membantu perkembangan janin dan bermanfaat untuk mengatasi sembelit/diare yang kerap terjadi pada masa kehamilan.


Anggur adalah sumber zat besi, fosfor, kalsium, asam organik, karoten, lesitin, vitamin C, dan vitamin B1 yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, permintaan darah jauh lebih tinggi, oleh sebab itu perlu mengkonsumsi makanan dengan sumber zat besi yang baik seperti anggur.


Jambu air memiliki efek mengurangi panas pada musim panas. Kandungan zat cair-nya yang cukup banyak, membuat buah jambu bermanfaat untuk ibu hamil. Buah jambu air bisa dijadikan jus untuk minum sehari-hari wanita hamil.

Cherry..Diantara semua buah-buahan, buah Cherry adalah sumber terbaik untuk zat besi. Bayangkan, buah yang bentuknya kecil ini memiliki zat besi 20 kali lebih tinggi dibanding buah Apel dan Jeruk. Buah Cherry juga kaya akan karoten, vitamin B1, B1, vitamin C, asam sitrat, kalsium, dan juga fosfor. Mengkonsumsi buah ini secara teratur, dapat membantu memperkuat darah dan memperbaiki fungsi pencernaan. Selain itu, cukup makan buah Cherry selama kehamilan akan membantu kulit bayi putih dan sehat.


Stroberi kaya akan Vitamin C untuk mencegah flu. Asam pektin dan organik dalam stroberi dapat mencairkan lemak dalam makanan, merangsang nafsu makan, dan meningkatkan peristaltik.
   
08-11-2013 22:31:16 hamil 12w malas makan..
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil:
Sebelumnya kita mungkin pernah mendengar mitos tentang bahaya buah semangka bagi ibu hamil. Namun setelah diteliti lebih jauh, buah semangka sama sekali tidak berbahaya bagi ibu hamil, justru malah menyimpan banyak manfaat. Untuk mengetahui beberapa manfaat yang dikandung buah semangka ini bagi ibu hamil, berikut informasinya.

1. Sebagai penambah cairan tubuh.
2. Membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama.
3. Mengurangi perasaan mual.
4. Meringankan gejala heartburn pada perut.
5. Mencegah kram otot pada kehamilan trisemester pertama.
6. Membantu perkembangan kesehatan pada janin, terutama pada otak, penglihatan, otot dan sistem imun.
7. Mengurangi resiko terjadinya preeclampsia hingga 50% pada ibu hamil.
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Photobucket

Mau sharing nih ibu, tentunya ibu pernah mendengar mitos yang menjelaskan bahwa air kelapa mempunyai manfaat bagi kehamilan?

Mitos ini sering kita dengar dimasyarakat secara turun temurun yang menjelaskan bahwa air kelapa muda sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Air kelapa muda konon dapat membuat kulit bayi bersih, mata bayi bersih, rambut bayi lbat, bahkan  air ketuban pun akan bersih.

Ternyata mitos turun temurun itupun sejalan dengan penelitian ilmiah bahwa air kelapa muda memang mempunyai manfaat bagi tubuh manusia khususnya ibu hamil. analisis ini terbukti terkait dengan zat gizi dan nutrisi alami yang terkandung didalam air kelapa yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil adalah sebagai berikut:

- Elektrolit alami

Air kelapa muda kaya akan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan, riboflavin yang bermanfaat untuk rehidrasi serta memulihkan stamina tubuh. Karena tubuh ibu hamil sangat membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi ibu.

- Anti penyakit

Air kelapa muda mengandung asam lauric yang berfungsi sebagai penawar racun dan anti penyakit. Asam lauric ini adalah zat yang juga terdapat dalam air susu ibu serta memiliki karakter anti jamur , anti bakteri juga anti virus.

- Membantu pencernaan

Selama masa kehamilan plasenta akan memproduksi hormon progesteron yang akan memperlambat kontraksi otot lambung sehingga sistem pencernaan akan bekerja lambat. Nah, air kelapa dapat memperbaiki fungsi pencernaan ibu.

- Melancarkan saluran kemih

Air kelapa sangat baik untuk membersihkan saluran kemih dan dapat melancarkan air seni yang akan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Infeksi saluran kemih adalah hal yang dikhawatirkan saat masa kehamilan.

- Mengatasi heartburn pada ibu hamil

Dada terasa panas seakan-akan terasa seperti terbakar, itu adalah ke,uhan heartburn. Heartburn akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil. Tapi dengan mengkonsumsi air kelapa keluhan hertburn dapat teratasi.

- Membantu mengurangi morning sickness

Air kelapa dipercaya mempunyai khasiat sebagai anti muntah (antidote). Sehingga air kelapa dapat mengurangi keluhan pusing, mual, dan muntah akibat morning sickness.

- Mencegah kram kaki

Keluhan kram pada kaki sering dikeluhkan ibu hamil, hal ini disebabkan tubuh kekurangan kalium. Air kelapa mengandung 670 mg kalium per 330 ml sementara tubuh membutuhkan sekitar 4.700 mg saat hamil. Sangat diamjurkan menjaga asupan kalium disaat hamil.

Itulah tadi sedikit share yang mudah-mudahan bermanfaat bagi ibu.  

Ibu juga bisa berbagi cerita dan info  menarik disini. Ingin konsultasi seputar kehamilan juga bisa klik disini

Sumber: 1, 2, 3

   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like

Photobucket

Hewan peliharaan khususnya anjing, yang mempunyai sifat setia dan aktif mampu memberikan banyak manfaat. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa anjing juga bermanfaat bagi ibu hamil.

Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh University of Liverpool mengungkapkan karena memelihara anjing membuat wanita hamil memiliki aktifitas fisik yang lebih sering dan karena itu juga ibu hamil berat badannya cenderung dalam ukuran ideal selama masa hamil. Sang peneliti, Dr. Sandra McCune berkata: "Kami mengamati bahwa berolahraga bersama anjing mendorong peningkatan motivasi wanita hamil untuk terus melakukannya. Untuk olahraga berisiko rendah, anjing dapat membantu wanita hamil yang dianggap sulit untuk memenuhi target olahraganya sehingga tetap aktif dan fit selama kehamilan. Selain itu ada diet seimbang yang akan turut memastikan kehamilan yang sehat."

Untuk hasil studinya sendiri mengatakan bahwa sebanyak 50 persen ibu hamil yang memiliki anjing mampu memenuhi target olahraga yang direkomendasikan perhari yakni 30 menit. Gerakan-gerakan yang dilakukan antara lain jalan cepat, melempar, dan hal lainnya.

sumber utama

Banyak tips-tips berguna untuk ibu hamil bisa didapatkan disini. Atau dapat saling sharing mengenai pengalaman pribadi ketika dalam masa kehamilan.

   
22-09-2011 15:41:21 Tips menjaga kehamilan
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

1. Ibu hamil, perhatikan makanan anda, pastikan anda mengkonsumsi makanan yg sehat dan bernutrisi.
2. Ibu, semasa hamil tidak diperbolehkan merokok, karena menurut hasil penelitian, bayi akan lahir dengan ukuran lebih kecil.
3. Semasa kehamilan, khususna trisemester pertama kurangi konsumsi obat-obatan.
4. Ibu, pastikan makanan,air dan udara yg berhubungan dengan ibu hamil tetap bersih ya.
5. Pastikan ibu hamil tetap menjaga sirkulasi darah dan nafsu makan serta istirahat yg cukup
6. Ibu hamil dapat tetap bekerja, asalkan ibu tetap istirahat yg cukup, makan yg teratur dan melakukan pemeriksaan rutin
7. Ibu hamil dapat juga berpergian hanya saja jangan sampai terlalu melelahkan dan terlalu lama ya bu
8. Ibu, jangan terlalu banyak duduk selama kehamilan, karena akan menyebabkan kaki bengkak dan tromboflebitis.
9. Ibu, selama kehamilan ibu harus menggunakan pakaian longgar dan tidak memberikan ikatan yg ketat pada bagian perut.
10. Ibu, selama kehamilan dapat juga menggunakan kutang yg menyokong payudara ibu ya, dan pastikan pakaian selalu bersih.
11. Bu, hindari menggunaan sepatu ber-hak tinggi selama kehamilan ya bu.
Perbanyak istirahat ya bunda, tidur siang dan perbanyak istirahat sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.
12. Ibu hamil, hindari tempat hiburan yang ramai, sesak dan panas karena dapat menyebabkan ibu mudah pingsan,
13. Ibu hamil, tetap jaga keseharatan ya bu, selama mandi gunakan sabun yang lembut dan bilas hingga bersih. Jangan berendam saat mandi ya bu
14. Ibu, berhubungan dengan suami anda saat sedang hamil tidak dilarang, asalkan ibu tidak memiliki riwayat abortus, pendarahan, kehamilan tidak di minggu terakhir kehamilan.
15. Ibu, selama kehamilan harus melakukan pemeriksaan secara teratur kepada dokter anda ya.
16. Ibu, jika kehamilan memasuki bulan akhir, lebih sering lah memeriksakan kehamilan anda ya bu.
17. Bu, jangan tunda pemeriksaan jika anda mengalami keluhan terhadap kehamilan anda. Meskipun ini belun saatnya anda melakukan pemeriksaan.
18. Bu, hindari zat-zat kimia yang menimbulkan keracunan seperti insektisida, cat, bahan-bahan yg mengandung merkuri dan lain-lain.
19. Bu, selain anda harus berhenti merokok, anda juga harus berhenti menjadi perokok pasif.karena sangat berbahaya bagi kesehatan janin anda.
20. Bu, selama kehamilan, perbanyak konsumsi air putih karena cairan yang masuk b’guna untuk meningkatkan volume darah bagi ibu hamil
21. Bu, minumlah 6-8gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu atau air putih biasa.periksakan kecukupan cairan anda dari air seni anda. Bila berwarna bening, anda sudah mengkonsumsi cairan dengan cukup.
22. Konsumsi makanan yang bergizi untuk memebuhi kecukupan gizi untuk ibu dan janin anda ya bu.
23. Usahakan makanan yang anda konsumsi memebuhi 5kelompok makanan yaitu nasi, daging, protein, sayuran dan sumber karbohidrat.
24. Ibu, selama kehamilan kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak konsumsi makanan berserat ya bu.
25. Bu, konsumsi vitamin Asam Folat 400mikrogram perhari mulai dari sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama kehamilan ya bu.
27. Mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan sangat baik untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada buah hati anda.
28. Untuk mendapatkan asam folat yg cukup, ibu hamil dapat mengkonsumsi sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli dan lainnya.
29. Bu, selama masa kehamilan ibu di anjurkan unruk mengkonsumsi tablet penambah darah guna mencegah anemia
30. Tablet penambah darah adalah tablet yg mengandung zat besi. Konsumsi sebanyak 30miligram setiap harinya bu, karena dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil
31. Bu, anemia saat kehamilan dapat menyebabkan terjadinya resiko pendarahan saat persalinan. Jadi konsumsilah makanan yang mengandung zat besi yang cukup.
32. Bu, cuci tangan sesering mungkin terutama setelah memegang daging mentah saat memesak atau setelah menggunakan kamar kecil. Untuk mencegah penyebaran kuman yang beresiko besar saat kehamilan
33. Ibu, kenali kondisi diri anda sendiri ya. Bila tubuh menunjukan gejala aneh seperti nyeri, pendarahan vagina, merembesnya air ketuban, pusing, pingsan, dan lain-lainnya segerankonsultasikan ke dokter anda.
34. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat tradisional, kafein,
alcohol selama kehamilan.
35. Ibu, semasa kehamilan sebaiknya mengurangi konsumsi coklat, kafein yang ada pada teh, kopi, alcohol, minuman ringan karena tidak baik untuk kehamilan anda.
36. Bagi ibu hamil yang sebelum masa kehamilan mengkonsumsi obat-obatan seperti untuk hipertensi, epilepsi, asma atau kencing manis, konsuiltasikan kembali ke dokter anda
apa anda boleh melanjutkan obat tersebut atau tidak
37. Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, konsultasikan dulu dengan dokter anda.
38. Sering-sering berkonsultasi kepada dokter anda mengenai kehamilan anda. Semakin banyak anda tahu, semakin baik bu.
39. Bergabunglah dengan kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam hamil dan lain-lain.
40. Selain mendapat manfaat dari kelas-kelas ibu hamil, calon bunda jg dapat berbagi pengalaman dan menambah pengalaman.
41. Ibu, tetaplah beraktifitas selama kehamilan, karena baik untuk ibu dan calon bayi anda.
42. Olah raga yang aman untuk ibu hamil seperti berjalan, sepeda statis, dan senam ibu hamil sangat di anjurkan.
43. Ibu hamil, tetap konsultasikan olahraga yang tepat untuk anda selam kehamilan dengan dokter anda, jadi janin juga tetap sehat.
44. Bu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5-6 kali perhari selama kehamilan. Ini lebih baik daripada makan 3x dalam porsi lebih besar.
45. Untuk ibu hamil, porsi makan yg kecil dan lebih sering dapat mengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung.
46. Ganti makanan yang dapat menyebabkan nyeri lambung meskipun anda menyukai nya dengan makanan yang lebih bergizi.
47. Ibu hamil, hindari mandi atau berendam dengan air panas karena membahayakan kehamilan
48. Bu, rencanakan dan buatlah lingkungan rumah yangh aman untuk sikecil nantinya. Hal

ini untuk mecegah bahaya-bahaya yg tidak diinginkan.

Info

   
02-05-2011 13:43:30 Kloset Jongkok dan Kehamilan
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : belum ada like
kebetulan sekali bunda julia,kemaran aku abis baca info soal pengaruh kloset duduk bagi ibu hamil tua.
menurut penelitian,kloset jongkok justru bagus buat kehamilan. karena memperkuat otot bawah, juga memancing janin agar cepet masuk panggul.
bukankah kalo hamil tua,kita harus banyak2 jongkok berdiri?
emang sih rasanya ga nyaman.tp ternyata byk manfaat dari ktdknyamanan itu.
tp tetep aja bunda harus extra hati2.
happy pregnant ya bun
   
15-06-2010 11:02:55 Herpes simplex saat hamil..
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.
alasannya dapat anda baca di bawah ini.
tolong di baca perlahan supaya jelas.

SERANGAN HERPES SELAGI HAMIL
Ribut dan saling menyalahkan pasangan, tak akan menyelesaikan masalah. Yang penting, tangani segera karena berdampak buruk pada janin.
Menurut dr. Irsyad Bustamam, SpOG, siapa pun yang didiagnosa terinfeksi penyakit ini umumnya akan membunyikan genderang perang dengan pasangannya. Apalagi bila yang bersangkutan merasa hidupnya selama ini "bersih". Pasalnya, lanjut dokter kebidanan dan kandungan yang berpraktek di RSIA Hermina, Jatinegara ini, herpes termasuk penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.

"Kendati di kepustakaan disebut ada beberapa cara penularan lain semisal lewat handuk, alat cukur, sisir, atau benda-benda lain yang dipakai bersama, angka kejadiannya kecil sekali. Sebab, virus penyebabnya hanya bisa hidup di tubuh manusia. Di luar tubuh, virus itu cepat mati."

Herpes genitalis, disebut juga herpes simpleks, sebetulnya merupakan penyakit kulit yang terdapat di perbatasan antara kulit dan selaput lendir. Penyebabnya adalah virus herpes simpleks (VHS) yang bisa dibedakan menjadi 2 tipe. Pertama yang umumnya mengenai segala usia dan memilih bersarang di pinggang ke atas, kedua yang terutama mengenai kalangan dewasa dan memilih pinggang ke bawah sebagai tempat sasaran infeksinya. Namun akibat pola hubungan seksual yang begitu bervariasi, bisa saja lokasi terjadinya infeksi VHS terbolak-balik. Semisal tipe 1 ditemukan di daerah genital dan anus, sedangkan tipe 2 di sekitar bibir atau di langit-langit.

FAKTOR PEMICU

Begitu masuk ke dalam tubuh untuk pertama kalinya, VHS akan membentuk masa inkubasi atau infeksi primer yang biasanya berlangsung sekitar 2-5 hari setelah kontak seksual dengan penderita atau pengidap VHS. Di saat ini, karena tubuh belum membentuk antibodi, yang muncul adalah gejala mirip flu seperti demam, badan terasa lemah, pening dan nyeri persendian/pegal-pegal di sekujur tubuh, serta mata terasa perih. Hingga tanpa pemeriksaan laboratorium, infeksi VHS seringkali sulit dibedakan dengan flu.
Yang membedakan adalah timbulnya gejala lokal di daerah yang terinfeksi berupa bintil-bintil kecil yang gampang pecah.Bintil-bintil berisi cairan bening ini bila dibiarkan akan berkembang menjadi bisul-bisul bernanah.
Ciri lain, bintil-bintil tersebut biasanya berkelompok, warna dasarnya merah sembab dan terasa nyeri sekali. Bahkan kalau sampai terkena saraf, yang bersangkutan tak bisa BAK lantaran luar biasa sakitnya. Jika tidak disertai infeksi tambahan, kulit tempat tumbuh bintil-bintil tadi akan tampak seperti sediakala jika tak digaruk. Sedangkan bila digaruk bisa meninggalkan jaringan parut.

Berlalunya infeksi primer tersebut akan diikuti dengan fase/masa laten. Yakni saat virus bersembunyi di simpul-simpul saraf. Masa laten ini berlangsung lama, meski tak bisa dipastikan seberapa lamanya. "Tergantung kondisi individu yang bersangkutan." Artinya, ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicu. Seperti kurang tidur, dibebani pikiran berlebih atau stres, sedang menstruasi atau tengah hamil, sehabis melakukan hubungan seksual, kelelahan fisik, alergi obat-obatan/makanan tertentu, maupun sebab-sebab lain yang sampai sekarang tak diketahui pasti.

Kondisi-kondisi pemicu itulah yang kemudian membuat VHS bisa aktif lagi dan disebut fase kambuh atau recurrent. Kekambuhan ini bisa terjadi kapan pun dan sewaktu kambuh gejala yang diperlihatkan bisa ringan sekali atau malah kerap tak memperlihatkan gejala klinis sama sekali karena dalam tubuh sudah terbentuk antibodi. Alhasil, yang bersangkutan kerap terkecoh dan menganggap dirinya sudah sembuh. Padahal, sekali terkena, VHS akan selamanya bercokol di tubuh kita. Celaka, kan?

Hanya saja, imbuh Irsyad, faktor pemicunya sangat kasuistik. Artinya, ada yang karena alergi, ada pula karena sebab lain. Begitu juga kapan faktor pemicu tadi memunculkan fase kekambuhan tak bisa dipastikan. Cuma, aku Irsyad, angka kekambuhan pada orang hamil akan meningkat karena kondisi kehamilan sendiri membuka peluang untuk memunculkan kekambuhan. Sebab, selain terjadi perubahan hormonal yang drastis, selama kehamilan tubuh mengadakan perubahan sistem kekebalan. Terlebih bagi ibu hamil yang mengalami stres. Dengan kata lain, ibu hamil memang rentan terkena infeksi VHS.

BISA SEBABKAN KECACATAN

Sebetulnya, tegas Irsyad, VHS tak membedakan wanita dan pria dari belahan dunia mana pun serta tak memandang status ekonomi kaya ataupun miskin.
Hanya saja, dari penelitian yang pernah dilakukan di Skotlandia, misalnya, infeksi VHS hampir tak pernah ditemukan pada orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Sedangkan angka kejadian pada wanita nakal atau pria yang gemar "jajan", meningkat 10 kali lipat. Itu sebabnya, wanita yang merasa dirinya "bersih" bisa saja tertular dari pasangannya yang bertipe petualang,
misal. Kalaupun si pria begitu yakin dirinya negatif, padahal bisa saja negatif itu lantaran hasil pemeriksaannya kurang akurat atau sebetulnya ia pengidap, namun VHS dalam tubuhnya sedang berada dalam masa laten.

Hingga bisa jadi sistem kekebalan tubuhnya tak memperlihatkan tanda tertentu yang bisa tertangkap oleh pemeriksaan laboratorium.
Nah, ketimbang ribut dan saling menyalahkan, lanjut Irsyad,
suami-istri amat disarankan untuk saling setia pada pasangannya. Selain jangan pernah coba-coba melakukan hubungan seksual dengan wanita/pria di luaran yang bukan tidak mungkin pernah pula berhubungan intim dengan orang lain yang terinfeksi VHS. Runyam, bukan?

Padahal seperti disebutkan di atas, ibu hamil karena kondisi kehamilannya termasuk kelompok yang rentan terinfeksi VHS, baik infeksi primer maupun recurrent. Sementara virus tersebut bisa masuk dalam sirkulasi darah janin melalui plasenta yang menghubungkan ibu dengan janinnya. Bisa juga melalui selaput ketuban, hingga bisa dibayangkan apa jadinya bila ada kebocoran atau malah ketuban pecah. Kemungkinan terjadinya infeksi VHS kian besar.
Celakanya, infeksi VHS pada janin bisa terjadi pada setiap tahapan kehamilan. Mulai dari trimester awal sampai trimester akhir. Di trimester awal, misalnya, secara teoritis di kehamilan usia 0-12 minggu, organ-organ penting sedang terbentuk, hingga kerusakan di masa ini, meski sekecil apa pun, efeknya jauh lebih besar ketimbang kerusakan sama yang terjadi di usia kehamilan selanjutnya. Namun secara umum, infeksi yang terjadi di trimester awal bisa menyebabkan janin mati yang berakhir dengan keguguran.
Sedangkan infeksi yang menyerang di trimester kedua dan ketiga memberi peluang pada janin untuk lahir prematur, kendati biasanya dibarengi dengan berbagai bentuk komplikasi kecacatan maupun kematian begitu dilahirkan. Dari catatan yang ada, lanjut Irsyad, mortalitas atau angka kematian pada bayi yang terinfeksi VHS terbilang tinggi, yakni sekitar 60 persen. Kendati begitu, tidak berarti semua janin yang dikandung oleh ibu yang terinfeksi VHS tak memiliki harapan untuk hidup, lo. Karena sekitar 40 persen sisanya berpeluang besar untuk hidup. Hanya saja 50 persen dari angka sisa janin yang hidup tadi akan mengalami kecacatan.


Bentuk kecacatannya itu sendiri bisa macam-macam. Apalagi infeksi VHS ini memiliki keunikan, yakni memilih daerah sasaran khusus yaitu susunan saraf pusat, organ-organ dalam tubuh, terutama hati dan mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Namun, imbuh Irsyad, tak diketahui pasti mengapa VHS hanya memilih tempat-tempat tersebut.

TAK BISA TUNTAS

Deteksi dini VHS pada ibu hamil bisa diketahui dari tanya-jawab apakah ada riwayat kontak seksual dengan penderita/pengidap VHS. Karena bila kontak dilakukan saat penyakit pasangan sedang aktif, yang bersangkutan dipastikan bakal tertular. Sedangkan bila virusnya sedang dalam fase laten, belum tentu yang bersangkutan terinfeksi. Padahal memastikan kapan seseorang berada dalam fase laten atau kambuh, agak sulit mengingat secara klinis keduanya bisa saja tanpa gejala.

Yang bisa dijadikan pegangan sebetulnya adalah pemeriksaan laboratorium, semisal pap smear. Meski sebetulnya pap smear wajib dilakukan setahun sekali oleh wanita yang pernah melakukan hubungan seksual, tak peduli apakah dia terkena herpes atau tidak. Toh, bilang Irsyad, lewat pemeriksaan ini bisa sekaligus terdeteksi karsinoma serviks yang angka kematiannya paling tinggi di kalangan wanita.

Selain itu, lanjut Irsyad, deteksi VHS bisa dilakukan pula dengan biakan jaringan tubuh yang terinfeksi, menggunakan mikroskop elektron atau dengan pemeriksaan imunologis, yakni diperiksa kadar IgG dan IgM-nya. Dari pemeriksaan-pemeriksaan itulah dokter akan memutuskan terapi apa yang akan diberikan untuk ibu hamil yang terinfeksi. "Sayangnya", lanjut Irsyad, "sampai saat ini belum ada obat anti virus yang dapat menyembuhkan infeksi VHS secara tuntas tanpa kambuh-kambuh lagi."
Obat yang kini digunakan biasanya hanya sebatas agar virus yang berada di luar aliran darah, masa hidupnya lebih pendek alias cepat mati. Sementara virus yang sudah telanjur masuk ke dalam aliran darah seolah tak pernah bisa "tersentuh". Dengan begitu kejadian recurrent akan selalu ada.

Itulah mengapa penanganan pada janin (bila sudah terinfeksi) sampai sekarang belum memuaskan karena hanya pengobatan simptomatis alias menghilangkan gejalanya saja. Jenis dan dosis obat, cara, dan lama pemberiannya pun hanya ditentukan oleh dokter dengan memperhitungkan segi efektivitas dan keamanan bagi janin maupun ibunya. Sementara pengobatan lokal yang biasa dilakukan adalah pemberian salep, larutan garam khusus atau kompres rivanol untuk membersihkan bisul yang bernanah.
Tentu saja dalam memberikan terapi pengobatan, dokter akan selalu berpatokan bahwa setiap obat pasti berpengaruh pada janin. Artinya, bila memang memberi manfaat yang lebih besar dibanding efek sampingnya, obat tersebut akan tetap digunakan. Begitu juga sebaliknya.

Yang jadi masalah, hingga saat ini penggunaan obat-obatan untuk menanggulangi herpes, belum diketahui secara jelas efek negatifnya. Artinya, apakah akan merusak/memperparah kondisi janin yang sudah terinfeksi atau tidak. Sementara efek VHS pada janin sudah jelas, yakni 60 persen menimbulkan mortalitas dan 20 persen menyebabkan kecacatan.

Dengan memperhitungkan risiko itulah biasanya obat-obatan diberikan begitu seorang ibu hamil diketahui terinfeksi VHS, tanpa harus menunggu usia kehamilan tertentu. Ini jauh lebih baik dibandingkan bila infeksi tersebut dibiarkan semakin parah. "Jadi, begitu si ibu ketahuan terinfeksi, harus segera ditangani karena dokter pun harus berpacu melawan waktu. Kalau terlambat memberi obat, janin bisa keburu meninggal."
TAK PERLU DITUTUP-TUTUPI

Sayangnya, peluang terjadinya kecacatan itu sendiri tidak bisa "diutak-atik" dengan pemberian obat-obatan tertentu karena sampai saat ini memang tidak ada yang bisa memprediksi, bagian tubuh mana pada janin yang diserang VHS dan seberapa parah serangan virus tersebut.
Memang, kecacatan biasanya akan terdeteksi dengan pemeriksaan USG karena kecacatan akibat infeksi umumnya menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. Semisal hamil 35 minggu, namun hanya "terbaca" 30 minggu dari pantauan USG.
Manifestasi kecacatannya sendiri bisa macam-macam. Mulai dari kelainan kulit yang luas, kelainan organ tubuh terutama hati dan sistem saraf pusat yang bisa terlihat lewat kejang-kejang tanpa sebab, rendahnya kemampuan berpikir dan keterlambatan fungsi motorik halus dan kasar. Kendati begitu, tegas Irsyad, kehamilan yang disertai kecacatan dalam tingkat separah apa pun, sebaiknya tetap dipertahankan. Bukankah sebagai manusia, si kecil juga punya hak untuk hidup?

Sementara cacat berat yang mempertipis kemungkinan hidup, tetap juga harus didasari banyak pertimbangan bila kehamilan ingin diakhiri. "Enggak segampang membalikkan telapak tangan, karena harus melibatkan banyak ahli yang duduk dalam Komisi Etik Kedokteran. Bahkan dokternya langsung atau si ibu sendiri secara pribadi tak berhak memutuskan untuk menggugurkan kandungannya."

Pada kehamilan yang terinfeksi VHS dan sudah cukup bulan biasanya akan ditempuh tindakan seksio. Sebab, melahirkan spontan lewat vagina/jalan lahir yang terinfeksi justru akan lebih membahayakan janin karena terjadi kontak langsung dengan daerah terinfeksi.
Tentu saja, kata Irsyad, situasi dan kondisi apa pun pada ibu maupun janinnya harus diinformasikan pada pasien. Termasuk kemungkinan kecacatan apa saja yang bakal terjadi. Kalaupun ketahuan janin belum terinfeksi atau terancam bahaya sejauh itu, keluarga pasien tetap harus diberi tahu kemungkinan penularan apa saja yang bakal mengenai bayinya.

Pendek kata, apa pun yang ditemukan lewat berbagai pemeriksaan, tak boleh ditutup-tutupi sama sekali. Hanya saja mengingat hal ini merupakan sesuatu yang sensitif, dokter harus pandai-pandai memilih teknik penyampaiannya. Semisal disampaikan lebih dulu pada suami agar tak kelewat mengejutkan atau membuat si ibu syok berat.

"Pengobatan" Penunjang

Sampai saat ini, terang Irsyad, belum ditemukan makanan dan minuman apa saja yang bisa menangkal serangan VHS. Hanya saja pada mereka yang terinfeksi amat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi baik untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dalam kondisi prima semacam itu diharapkan ibu hamil tak berpeluang mendapat kemungkinan terburuk yang bakal menimpanya. Karena infeksi ini disebabkan oleh virus yang belum ada obatnya, satu-satunya jalan disarankan menjaga kondisi agar tidak terserang VHS.

Sementara kalau sudah ketahuan terinfeksi, sebaiknya berobat bersama suami/istri dan membatasi aktivitas seksual untuk memperkecil peluang penularannya karena bisa menimbulkan fenomena bola pingpong. Kalaupun tetap ingin menikmati aktivitas seksual amat disarankan untuk menggunakan kondom.
Sedangkan "pengobatan" umum yang disarankan adalah dengan menjaga kesehatan dan higienis tubuh serta istirahat cukup. Jika sudah terinfeksi, jaga daerah infeksi agar tak lembab dan tetap bersih karena kondisi kotor bisa menimbulkan infeksi sekunder. Selain jangan pernah menggaruknya yang hanya akan memperbesar peluang penularan ke tempat lain, bahkan ke orang lain.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's
   
15-06-2010 10:56:47 Herpes simplex saat hamil..
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.
alasannya dapat anda baca di bawah ini.
tolong di baca perlahan supaya jelas.

SERANGAN HERPES SELAGI HAMIL
Ribut dan saling menyalahkan pasangan, tak akan menyelesaikan masalah. Yang penting, tangani segera karena berdampak buruk pada janin.
Menurut dr. Irsyad Bustamam, SpOG, siapa pun yang didiagnosa terinfeksi penyakit ini umumnya akan membunyikan genderang perang dengan pasangannya. Apalagi bila yang bersangkutan merasa hidupnya selama ini "bersih". Pasalnya, lanjut dokter kebidanan dan kandungan yang berpraktek di RSIA Hermina, Jatinegara ini, herpes termasuk penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.

"Kendati di kepustakaan disebut ada beberapa cara penularan lain semisal lewat handuk, alat cukur, sisir, atau benda-benda lain yang dipakai bersama, angka kejadiannya kecil sekali. Sebab, virus penyebabnya hanya bisa hidup di tubuh manusia. Di luar tubuh, virus itu cepat mati."

Herpes genitalis, disebut juga herpes simpleks, sebetulnya merupakan penyakit kulit yang terdapat di perbatasan antara kulit dan selaput lendir. Penyebabnya adalah virus herpes simpleks (VHS) yang bisa dibedakan menjadi 2 tipe. Pertama yang umumnya mengenai segala usia dan memilih bersarang di pinggang ke atas, kedua yang terutama mengenai kalangan dewasa dan memilih pinggang ke bawah sebagai tempat sasaran infeksinya. Namun akibat pola hubungan seksual yang begitu bervariasi, bisa saja lokasi terjadinya infeksi VHS terbolak-balik. Semisal tipe 1 ditemukan di daerah genital dan anus, sedangkan tipe 2 di sekitar bibir atau di langit-langit.

FAKTOR PEMICU

Begitu masuk ke dalam tubuh untuk pertama kalinya, VHS akan membentuk masa inkubasi atau infeksi primer yang biasanya berlangsung sekitar 2-5 hari setelah kontak seksual dengan penderita atau pengidap VHS. Di saat ini, karena tubuh belum membentuk antibodi, yang muncul adalah gejala mirip flu seperti demam, badan terasa lemah, pening dan nyeri persendian/pegal-pegal di sekujur tubuh, serta mata terasa perih. Hingga tanpa pemeriksaan laboratorium, infeksi VHS seringkali sulit dibedakan dengan flu.
Yang membedakan adalah timbulnya gejala lokal di daerah yang terinfeksi berupa bintil-bintil kecil yang gampang pecah.Bintil-bintil berisi cairan bening ini bila dibiarkan akan berkembang menjadi bisul-bisul bernanah.
Ciri lain, bintil-bintil tersebut biasanya berkelompok, warna dasarnya merah sembab dan terasa nyeri sekali. Bahkan kalau sampai terkena saraf, yang bersangkutan tak bisa BAK lantaran luar biasa sakitnya. Jika tidak disertai infeksi tambahan, kulit tempat tumbuh bintil-bintil tadi akan tampak seperti sediakala jika tak digaruk. Sedangkan bila digaruk bisa meninggalkan jaringan parut.

Berlalunya infeksi primer tersebut akan diikuti dengan fase/masa laten. Yakni saat virus bersembunyi di simpul-simpul saraf. Masa laten ini berlangsung lama, meski tak bisa dipastikan seberapa lamanya. "Tergantung kondisi individu yang bersangkutan." Artinya, ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicu. Seperti kurang tidur, dibebani pikiran berlebih atau stres, sedang menstruasi atau tengah hamil, sehabis melakukan hubungan seksual, kelelahan fisik, alergi obat-obatan/makanan tertentu, maupun sebab-sebab lain yang sampai sekarang tak diketahui pasti.

Kondisi-kondisi pemicu itulah yang kemudian membuat VHS bisa aktif lagi dan disebut fase kambuh atau recurrent. Kekambuhan ini bisa terjadi kapan pun dan sewaktu kambuh gejala yang diperlihatkan bisa ringan sekali atau malah kerap tak memperlihatkan gejala klinis sama sekali karena dalam tubuh sudah terbentuk antibodi. Alhasil, yang bersangkutan kerap terkecoh dan menganggap dirinya sudah sembuh. Padahal, sekali terkena, VHS akan selamanya bercokol di tubuh kita. Celaka, kan?

Hanya saja, imbuh Irsyad, faktor pemicunya sangat kasuistik. Artinya, ada yang karena alergi, ada pula karena sebab lain. Begitu juga kapan faktor pemicu tadi memunculkan fase kekambuhan tak bisa dipastikan. Cuma, aku Irsyad, angka kekambuhan pada orang hamil akan meningkat karena kondisi kehamilan sendiri membuka peluang untuk memunculkan kekambuhan. Sebab, selain terjadi perubahan hormonal yang drastis, selama kehamilan tubuh mengadakan perubahan sistem kekebalan. Terlebih bagi ibu hamil yang mengalami stres. Dengan kata lain, ibu hamil memang rentan terkena infeksi VHS.

BISA SEBABKAN KECACATAN

Sebetulnya, tegas Irsyad, VHS tak membedakan wanita dan pria dari belahan dunia mana pun serta tak memandang status ekonomi kaya ataupun miskin.
Hanya saja, dari penelitian yang pernah dilakukan di Skotlandia, misalnya, infeksi VHS hampir tak pernah ditemukan pada orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Sedangkan angka kejadian pada wanita nakal atau pria yang gemar "jajan", meningkat 10 kali lipat. Itu sebabnya, wanita yang merasa dirinya "bersih" bisa saja tertular dari pasangannya yang bertipe petualang,
misal. Kalaupun si pria begitu yakin dirinya negatif, padahal bisa saja negatif itu lantaran hasil pemeriksaannya kurang akurat atau sebetulnya ia pengidap, namun VHS dalam tubuhnya sedang berada dalam masa laten.

Hingga bisa jadi sistem kekebalan tubuhnya tak memperlihatkan tanda tertentu yang bisa tertangkap oleh pemeriksaan laboratorium.
Nah, ketimbang ribut dan saling menyalahkan, lanjut Irsyad,
suami-istri amat disarankan untuk saling setia pada pasangannya. Selain jangan pernah coba-coba melakukan hubungan seksual dengan wanita/pria di luaran yang bukan tidak mungkin pernah pula berhubungan intim dengan orang lain yang terinfeksi VHS. Runyam, bukan?

Padahal seperti disebutkan di atas, ibu hamil karena kondisi kehamilannya termasuk kelompok yang rentan terinfeksi VHS, baik infeksi primer maupun recurrent. Sementara virus tersebut bisa masuk dalam sirkulasi darah janin melalui plasenta yang menghubungkan ibu dengan janinnya. Bisa juga melalui selaput ketuban, hingga bisa dibayangkan apa jadinya bila ada kebocoran atau malah ketuban pecah. Kemungkinan terjadinya infeksi VHS kian besar.
Celakanya, infeksi VHS pada janin bisa terjadi pada setiap tahapan kehamilan. Mulai dari trimester awal sampai trimester akhir. Di trimester awal, misalnya, secara teoritis di kehamilan usia 0-12 minggu, organ-organ penting sedang terbentuk, hingga kerusakan di masa ini, meski sekecil apa pun, efeknya jauh lebih besar ketimbang kerusakan sama yang terjadi di usia kehamilan selanjutnya. Namun secara umum, infeksi yang terjadi di trimester awal bisa menyebabkan janin mati yang berakhir dengan keguguran.
Sedangkan infeksi yang menyerang di trimester kedua dan ketiga memberi peluang pada janin untuk lahir prematur, kendati biasanya dibarengi dengan berbagai bentuk komplikasi kecacatan maupun kematian begitu dilahirkan. Dari catatan yang ada, lanjut Irsyad, mortalitas atau angka kematian pada bayi yang terinfeksi VHS terbilang tinggi, yakni sekitar 60 persen. Kendati begitu, tidak berarti semua janin yang dikandung oleh ibu yang terinfeksi VHS tak memiliki harapan untuk hidup, lo. Karena sekitar 40 persen sisanya berpeluang besar untuk hidup. Hanya saja 50 persen dari angka sisa janin yang hidup tadi akan mengalami kecacatan.


Bentuk kecacatannya itu sendiri bisa macam-macam. Apalagi infeksi VHS ini memiliki keunikan, yakni memilih daerah sasaran khusus yaitu susunan saraf pusat, organ-organ dalam tubuh, terutama hati dan mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Namun, imbuh Irsyad, tak diketahui pasti mengapa VHS hanya memilih tempat-tempat tersebut.

TAK BISA TUNTAS

Deteksi dini VHS pada ibu hamil bisa diketahui dari tanya-jawab apakah ada riwayat kontak seksual dengan penderita/pengidap VHS. Karena bila kontak dilakukan saat penyakit pasangan sedang aktif, yang bersangkutan dipastikan bakal tertular. Sedangkan bila virusnya sedang dalam fase laten, belum tentu yang bersangkutan terinfeksi. Padahal memastikan kapan seseorang berada dalam fase laten atau kambuh, agak sulit mengingat secara klinis keduanya bisa saja tanpa gejala.

Yang bisa dijadikan pegangan sebetulnya adalah pemeriksaan laboratorium, semisal pap smear. Meski sebetulnya pap smear wajib dilakukan setahun sekali oleh wanita yang pernah melakukan hubungan seksual, tak peduli apakah dia terkena herpes atau tidak. Toh, bilang Irsyad, lewat pemeriksaan ini bisa sekaligus terdeteksi karsinoma serviks yang angka kematiannya paling tinggi di kalangan wanita.

Selain itu, lanjut Irsyad, deteksi VHS bisa dilakukan pula dengan biakan jaringan tubuh yang terinfeksi, menggunakan mikroskop elektron atau dengan pemeriksaan imunologis, yakni diperiksa kadar IgG dan IgM-nya. Dari pemeriksaan-pemeriksaan itulah dokter akan memutuskan terapi apa yang akan diberikan untuk ibu hamil yang terinfeksi. "Sayangnya", lanjut Irsyad, "sampai saat ini belum ada obat anti virus yang dapat menyembuhkan infeksi VHS secara tuntas tanpa kambuh-kambuh lagi."
Obat yang kini digunakan biasanya hanya sebatas agar virus yang berada di luar aliran darah, masa hidupnya lebih pendek alias cepat mati. Sementara virus yang sudah telanjur masuk ke dalam aliran darah seolah tak pernah bisa "tersentuh". Dengan begitu kejadian recurrent akan selalu ada.

Itulah mengapa penanganan pada janin (bila sudah terinfeksi) sampai sekarang belum memuaskan karena hanya pengobatan simptomatis alias menghilangkan gejalanya saja. Jenis dan dosis obat, cara, dan lama pemberiannya pun hanya ditentukan oleh dokter dengan memperhitungkan segi efektivitas dan keamanan bagi janin maupun ibunya. Sementara pengobatan lokal yang biasa dilakukan adalah pemberian salep, larutan garam khusus atau kompres rivanol untuk membersihkan bisul yang bernanah.
Tentu saja dalam memberikan terapi pengobatan, dokter akan selalu berpatokan bahwa setiap obat pasti berpengaruh pada janin. Artinya, bila memang memberi manfaat yang lebih besar dibanding efek sampingnya, obat tersebut akan tetap digunakan. Begitu juga sebaliknya.

Yang jadi masalah, hingga saat ini penggunaan obat-obatan untuk menanggulangi herpes, belum diketahui secara jelas efek negatifnya. Artinya, apakah akan merusak/memperparah kondisi janin yang sudah terinfeksi atau tidak. Sementara efek VHS pada janin sudah jelas, yakni 60 persen menimbulkan mortalitas dan 20 persen menyebabkan kecacatan.

Dengan memperhitungkan risiko itulah biasanya obat-obatan diberikan begitu seorang ibu hamil diketahui terinfeksi VHS, tanpa harus menunggu usia kehamilan tertentu. Ini jauh lebih baik dibandingkan bila infeksi tersebut dibiarkan semakin parah. "Jadi, begitu si ibu ketahuan terinfeksi, harus segera ditangani karena dokter pun harus berpacu melawan waktu. Kalau terlambat memberi obat, janin bisa keburu meninggal."
TAK PERLU DITUTUP-TUTUPI

Sayangnya, peluang terjadinya kecacatan itu sendiri tidak bisa "diutak-atik" dengan pemberian obat-obatan tertentu karena sampai saat ini memang tidak ada yang bisa memprediksi, bagian tubuh mana pada janin yang diserang VHS dan seberapa parah serangan virus tersebut.
Memang, kecacatan biasanya akan terdeteksi dengan pemeriksaan USG karena kecacatan akibat infeksi umumnya menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. Semisal hamil 35 minggu, namun hanya "terbaca" 30 minggu dari pantauan USG.
Manifestasi kecacatannya sendiri bisa macam-macam. Mulai dari kelainan kulit yang luas, kelainan organ tubuh terutama hati dan sistem saraf pusat yang bisa terlihat lewat kejang-kejang tanpa sebab, rendahnya kemampuan berpikir dan keterlambatan fungsi motorik halus dan kasar. Kendati begitu, tegas Irsyad, kehamilan yang disertai kecacatan dalam tingkat separah apa pun, sebaiknya tetap dipertahankan. Bukankah sebagai manusia, si kecil juga punya hak untuk hidup?

Sementara cacat berat yang mempertipis kemungkinan hidup, tetap juga harus didasari banyak pertimbangan bila kehamilan ingin diakhiri. "Enggak segampang membalikkan telapak tangan, karena harus melibatkan banyak ahli yang duduk dalam Komisi Etik Kedokteran. Bahkan dokternya langsung atau si ibu sendiri secara pribadi tak berhak memutuskan untuk menggugurkan kandungannya."

Pada kehamilan yang terinfeksi VHS dan sudah cukup bulan biasanya akan ditempuh tindakan seksio. Sebab, melahirkan spontan lewat vagina/jalan lahir yang terinfeksi justru akan lebih membahayakan janin karena terjadi kontak langsung dengan daerah terinfeksi.
Tentu saja, kata Irsyad, situasi dan kondisi apa pun pada ibu maupun janinnya harus diinformasikan pada pasien. Termasuk kemungkinan kecacatan apa saja yang bakal terjadi. Kalaupun ketahuan janin belum terinfeksi atau terancam bahaya sejauh itu, keluarga pasien tetap harus diberi tahu kemungkinan penularan apa saja yang bakal mengenai bayinya.

Pendek kata, apa pun yang ditemukan lewat berbagai pemeriksaan, tak boleh ditutup-tutupi sama sekali. Hanya saja mengingat hal ini merupakan sesuatu yang sensitif, dokter harus pandai-pandai memilih teknik penyampaiannya. Semisal disampaikan lebih dulu pada suami agar tak kelewat mengejutkan atau membuat si ibu syok berat.

"Pengobatan" Penunjang

Sampai saat ini, terang Irsyad, belum ditemukan makanan dan minuman apa saja yang bisa menangkal serangan VHS. Hanya saja pada mereka yang terinfeksi amat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi baik untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dalam kondisi prima semacam itu diharapkan ibu hamil tak berpeluang mendapat kemungkinan terburuk yang bakal menimpanya. Karena infeksi ini disebabkan oleh virus yang belum ada obatnya, satu-satunya jalan disarankan menjaga kondisi agar tidak terserang VHS.

Sementara kalau sudah ketahuan terinfeksi, sebaiknya berobat bersama suami/istri dan membatasi aktivitas seksual untuk memperkecil peluang penularannya karena bisa menimbulkan fenomena bola pingpong. Kalaupun tetap ingin menikmati aktivitas seksual amat disarankan untuk menggunakan kondom.
Sedangkan "pengobatan" umum yang disarankan adalah dengan menjaga kesehatan dan higienis tubuh serta istirahat cukup. Jika sudah terinfeksi, jaga daerah infeksi agar tak lembab dan tetap bersih karena kondisi kotor bisa menimbulkan infeksi sekunder. Selain jangan pernah menggaruknya yang hanya akan memperbesar peluang penularan ke tempat lain, bahkan ke orang lain.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's