SITE STATUS
Jumlah Member :
493.668 member
user online :
1099 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: keluar keringat dingin pas hamil 34 minggu

New Topic :  
28-06-2010 13:46:38 Kelahiran Si Kembar
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
Alhamdulillah tanggal 22 Juni 2010 kemarin si kembar, "Kira Elysia Setyadi" dan "Kara Kalani Setyadi" lahir melalui persalinan normal. Karena Premature (lahir di minggu ke-34), kondisi si kembar hingga hari ini masih di inkubator dan di infus. Fungsi lambungnya belum sempurna. Sehingga masih perlu penanganan dari dokter anak. Mohon do'a bunda-bunda, agar si kembar kira-kara bisa lekas sehat dan pulang berkumpul bersama keluarga.

Detik-detik menjelang persalinan banyak membuat orang terheran-heran, karena aku tidak merasakan sakitnya kontraksi sama sekali. Tanggal 21 Juni 2010 Jam 5.30an, celana dalam basah seperti keputihan. Semula juga dipikirnya keputihan, jadi didiamkan dan dibuat istirahat saja. Jam 13.an terjadi hal yang sama dan masih dicuekin. Jam 18.30an, kembali celana dalam yang sudah diganti, basah lagi. Kali ini disuruh mama untuk istirahat. Meskipun masih sempat dibuat masak untuk makan malam. Jam 20.00 istirahat di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, aku bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman. Eh tengah malam jam 01.00 pecah ketuban. Awalnya aku pikir itu ngompol. pas ke kamar mandi kok ada darahnya... akhirnya bangunin orang seluruh rumah deh.. Berangkat ke RSI 2 Jemursari, diperiksa, sudah pembukaan 3 longgar. Dan belum terasa sakit sama sekali. Jam 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. suster bilang gak boleh ngeden/persen dulu. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin deh... Jam 08.00 pembukaan 8. Jam 09.36 keluar baby I, Kara Kalani Setyadi. Jam 09.44 lahir baby 2, Kira elysia setyadi. dari mulai pembukaan pertama, sampai baby lahir dua2nya, alhamdulillah tidak terasa sakit sama sekali. Mertua yang nungguin juga jadi heran lihat aku gak teriak kesakitan sama sekali. Bahkan pada saat dijahit pun, aku tertidur pulas, sampe gak merasakan rasanya dijahit seperti apa... ketika bangun pun, mau jalan ke kamar, gak dibolehin sama suster, disuruh duduk manis di kursi roda... ya sudah, akhirnya nurut di dorong pake kursi roda ke kamar.  sampe kamar disuruh tiduran, tapi karena banyak teman-teman yang udah ngumpul, akhirnya becanda sampe tengah malam... hehehe... tetangga kamar sampe terheran-heran melihat aku.
Tapi sayang, kira-kara tidak bisa ikut berkumpul bersama om-om dan tante-tantenya, karena harus dirawat di inkubator.

Itulah pengalaman melahirkan si kembar yang tidak akan pernah terlupakan... Teori Pernafasan, Relaksasi dan Senam hamil benar-benar bermanfaat untuk proses kelahiran.. Membuat kelahiran jadi terasa tidak sakit, dan menyiksa...
Untuk bunda-bunda yang menanti proses kelahiran, semangat yaaa... Percayalah, ternyata melahirkan itu tidak sesakit yang kita lihat atau kita dengar sebelumnya... Saya sudah membuktikannya... Insyaallah bunda-bunda sekalian pun juga bisa....
   


Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : 1
   

Dear bunda2.....

Bunda2 yg gaul abiz..,saya mo nanya neh..,klo ibu2 yg lagi hamil boleh ga yach berpuasa..??

berpengaruh ndak ama DeDenya..??secara sekarang aku juga lagi tengah hamil 32 minggu,dan ampe skrg belom bolong2 puasanya,...sebenarnya sich akunya kuat ampe buka puasa,klo pagi belom terasa benar lapernya,tapi pas udah jam 2an ga nahan lapernya,udah gitu Dedenya dalam peyut ga mo diam,jadi ga tega,...gimana donk bun..selama puasa sich ga ada gejalah2 yg bikin cape or sakit,tapi pas abiz buka mulai dech keluar keringat dingin atau pusing2 dikit gitu,Mohon saran dari bunda2 tercinta yach...ditunggu gitu lho...

Love

"Evyetta"

   
01-09-2015 11:05:11 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bun...aq lagi hamil nih 23 minggu udah 2 minggu terakhir keluar keringat dingin terus..normalkah atau ada kelainan, kehamilan sebelumnya gak kyak gini
   


Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
hai bundaa..
Sudah lama gak mampir kesini. Duluu sekali saya pernah posting soal proses kelahiran si kembar. Ini postingan di blog saya. Semoga bermanfaat untuk para bunda yang sedang menanti kelahiran buah hatinya.. Semoga semua proses persalinan berjalan lancar sesuai rencana bunda dan atas Kehandak Tuhan. Lahir selamat dan sehat bunda dan bayi...

"Melahirkan si kembar menjadi detik-detik yang mengesankan bagi saya. Bagaimana tidak, waktu melahirkan sangat jauh dari HPL nya. Minggu ke 33 tepat alias prematur. Waktu melahirkan ini memang sudah diperkirakan akan maju dari HPL karena melihat bayi yang kembar dengan kapasitas rahim saya yang hanya muat untuk 1 janin. Tapi tidak pernah dinyana kalau akan semaju itu. Tepatnya tanggal 22 Juni 2010 kemarin Kira dan Kara lahir dengan BBLR yaitu Kira BB 2010gr dan Kara BB 1500gr. Akibatnya mereka harus menginap di inkubator sampai 48 hari.
Proses melahirkan itu terasa sangat mengesankan buat kami karena saya tidak merasakan sakit sama sekali mulai dari pembukaan awal sampai lahir. Bahkan saat dijahit pun saya sampai tertidur. Saya sangat berterima kasih sekali dengan mbak Evariny dengan http://hypno-birthing.web.id nya yang membantu saya selama masa kehamilan. Berkat teori hypnobirthingnya dan latihan meditasinya saya jadi bisa melahirkan dengan lancar dan nyaman. Meskipun saya tidak dapat mengikut pelatihan langsung, dengan membaca buku panduan dan mempraktekan teori meditasi dengan bantuan CD nya, sudah mampu membuat saya merasa rileks dan tidak tegang menghadapi proses melahirkan.
Proses kelahiran itu bermula 21 Juni 2010 pukul 5.30an celana dalam basah seperti keputihan. Karena tidak tahu kalau itu rembesan air ketuban, saya tidak menghiraukan dan berpikir kalau sedang keputihan. Ganti celana dalam dan kembali beraktivitas seperti semula. Jam 1 siang kembali terjadi hal yang sama. Pukul 18.30an terjadi hal yang sama untuk ketiga kalinya. Kali ini saya tanya ke mama mertua saya. Disarankan mama mertua untuk istarahat dan bedrest. Tapi saya sempat masak makan malam untuk suami. Jam 20.00 baru saya istirahat, rebahan di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, saya bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman di rahim bunda. Apabila nanti mau lahir, bantu bunda ya biar kita sama-sama nyaman selama proses melahirkan ya sayang. Dan pukul 1 tengah malam pecah ketuban. Awalnya saya ingin pipis, belum sampai kamar mandi celana udah basah, yang saya kira ngompol. Pas sampai kamar mandi dan melihat kalo cairan itu ada warna merah darahnya, baru saya ngeh kalo itu air ketuban. Langsung saya bangunkan suami dan mertua dengan baju yang sudah basah kuyub dan menggigil kedinginan minta dianter ke RS.
Sampai di RSI 2 Jemursari Surabaya, diperiksa bidan jaga sudah pembukaan 3. Berkali-kali bidan jaga keluar masuk ruangan persalinan saya menanyakan, “Sakit gak Bu?” sampai saya bosan menjawab, “Enggak Sus.” Yang ada ingin minum terus, ingin pipis, dan ingin makan. Bahkan saya sempat menghabiskan 1 buah burger, 2 gelas teh manis, sambil membaca buku do’a yang disediakan disamping meja persalinan saya. Pukul 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. Bidan jaga bilang gak boleh persen/ngeden dulu. Tunggu sampai Prof. Dr. Agus Abadi datang. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin, dan emosi makin meningkat.
Pukul 08.00 pembukaan 8 dan pukul 09.36 lahirlah baby Kara Kalani Setyadi. Pukul 09.44 lahir baby 2, Kira Elysia Setyadi. Mama mertua yang ikut menunggu di dalam selama proses melahirkan sampai terheran-heran melihat saya tidak teriak-teriak seperti layaknya orang melahirkan. Saya ngeden/persen sesuai petunjuk dokter. DSOG nya pun sampai salut melihat saya mampu melahirkan bayi kembar prematur dalam keadaan rileks dan tidak tegang. Setelah IMD saya ditolak suster karena bayi yang terlalu kecil yang dikhawatirkan bisa biru, saya minta dokter untuk tidur. Dokter mengijinkan, dan selama proses jahit itu saya tidak merasakan apa-apa karena tertidur pulas, kecapekan. Ketika terbangun badan saya sudah bersih, dengan baju yang rapih. Saya hendak turun dan jalan pindah ke kamar rawat inap saya, kali ini bidan jaga melarang. Saya diharuskan pake kursi roda. Dan sudah banyak sahabat, kerabat yang menunggu di kamar. Meskipun sedihnya Kira dan Kara tidak dapat ikut berkumpul bersama kami. Pukul 2 siang tanggal 22 Juni 2011 tersebut saya pun nekat berjalan kaki melihat keadaan buah hati saya.  Saya tidak mempedulikan lagi omongan suster untuk menyuruh saya memakai kursi roda.
Si Kembar harus relakan menginap di RS lebih lama. Rasanya iri saat saya pulang melihat ibu-ibu yang lain bisa menggendong buah hati mereka masuk mobil/taxi, tapi saya hanya menenteng tas ditemani suami dan mertua. Ingin rasanya saya lari mengambil 2 buah hati saya, tapi keadaan tidak memungkinkan untuk saya bawa pulang. Karena kondisi pencernaan Kira Kara yang belum sempurna juga saya tidak diijinkan menyusui Kira Kara. Selama kurang lebih 3-5 hari mereka tidak dapat merasakan nikmatnya ASI. Setelah pencernaan mereka siap, mulai dilatih minum ASI melalui selang sonde yang dipasangkan lewat hidung mereka mulai 0,5ml sampai mereka benar-benar siap menyusu ke PD saya. Miris rasanya. Hati saya bahkan sempat tersayat ketika melihat selang sonde Kira mengeluarkan darah segar ketika hari pertama minum susu, yang menunjukkan pencernaannya belum siap. Setiap malam saya tidak bisa tidur ketika mengingat buah hati saya yang ada di inkubator, dan membayangkan tangan dan kaki mereka yang mulai biru membengkak karena harus pindah-pindah jarum infus. Setiap hari saya selalu menemani mereka di RS dan menabahkan diri mendengar suster-suster jaga melaporkan kalo mereka habis ganti jarum infus lagi karena bengkak. Berusaha menghibur mereka ketika mereka teriak-teriak menarik selang sondenya sebagai bentuk usaha protes mereka kalau mereka ingin minum susu langsung lewat mulutnya. Meski hanya setetes, mereka dapat tertidur lagi dengan tenang. Bagaimanapun juga saya bersyukur memiliki anak-anak yang kuat sehingga mereka mampu seperti sekarang.
Benar-benar saya sangat berterima kasih kepada suster-suster di ruang neonatus RSI 2 Jemursari Surabaya yang sabar pada saya ketika saya berkeluh kesah.  Bidan–bidan jaga dan Prof. Dr. Agus Abadi SPOG yang sudah mendukung saya selama proses melahirkan. Dr. Nunung SPA yang telah banyak sekali membantu saya merawat Kira Kara dan dengan telaten mengomeli saya bila saya bandel.
Untuk para urban Mama dan Papa yang sedang menanti proses melahirkan, saran saya hadapi semuanya dengan rileks dan setenang mungkin. Bukan demi siapa-siapa hanya demi buah hati. Karena ketika kita rileks buah hati pun merasa nyaman. Dan melahirkan itu tidak sakit. Untuk para orang tua yang sedang mengasuh bayi prematur, ikatan fisik antara Mama dan bayi serta kekuatan hati Mama sangat-sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang yang optimal bagi bayi."
   
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
Alhamdulillah tanggal 22 Juni 2010 kemarin si kembar, "Kira Elysia Setyadi" dan "Kara Kalani Setyadi" lahir melalui persalinan normal. Detik-detik menjelang persalinan banyak membuat orang terheran-heran, karena aku tidak merasakan sakitnya kontraksi sama sekali. Tanggal 21 Juni 2010 Jam 5.30an, celana dalam basah seperti keputihan. Semula juga dipikirnya keputihan, jadi didiamkan dan dibuat istirahat saja. Jam 13.an terjadi hal yang sama dan masih dicuekin. Jam 18.30an, kembali celana dalam yang sudah diganti, basah lagi. Kali ini disuruh mama untuk istirahat. Meskipun masih sempat dibuat masak untuk makan malam. Jam 20.00 istirahat di tempat tidur sambil ngobrol sama si kembar. Karena perut kaku seperti biasa, aku bilang sama si kembar, mereka boleh keluar kapan saja kalo sudah merasa sempit dan gak nyaman. Eh tengah malam jam 01.00 pecah ketuban. Awalnya aku pikir itu ngompol. pas ke kamar mandi kok ada darahnya... akhirnya bangunin orang seluruh rumah deh.. Berangkat ke RSI 2 Jemursari, diperiksa, sudah pembukaan 3 longgar. Dan belum terasa sakit sama sekali. Jam 06.00 pembukaan 5. Mulai terasa mulas seperti orang mau BAB. suster bilang gak boleh ngeden/persen dulu. Alhasil seperti layaknya orang nahan BAB, keluar keringat dingin deh... Jam 08.00 pembukaan 8. Jam 09.36 keluar baby I, Kara Kalani Setyadi. Jam 09.44 lahir baby 2, Kira elysia setyadi. dari mulai pembukaan pertama, sampai baby lahir dua2nya, alhamdulillah tidak terasa sakit sama sekali. Mertua yang nungguin juga jadi heran lihat aku gak teriak kesakitan sama sekali. Bahkan pada saat dijahit pun, aku tertidur pulas, sampe gak merasakan rasanya dijahit seperti apa... ketika bangun pun, mau jalan ke kamar, gak dibolehin sama suster, disuruh duduk manis di kursi roda... ya sudah, akhirnya nurut di dorong pake kursi roda ke kamar.  sampe kamar disuruh tiduran, tapi karena banyak teman-teman yang udah ngumpul, akhirnya becanda sampe tengah malam... hehehe... tetangga kamar sampe terheran-heran melihat aku.
Tapi sayang, kira-kara tidak bisa ikut berkumpul bersama om-om dan tante-tantenya, karena harus dirawat di inkubator.

Karena prematur, Kira-Kara sempat menginap di RS selama 38 hari.

Itulah pengalaman melahirkan si kembar yang tidak akan pernah terlupakan... Teori Pernafasan, Relaksasi dan Senam hamil benar-benar bermanfaat untuk proses kelahiran.. Membuat kelahiran jadi terasa tidak sakit, dan menyiksa...
Untuk bunda-bunda yang menanti proses kelahiran, semangat yaaa... Percayalah, ternyata melahirkan itu tidak sesakit yang kita lihat atau kita dengar sebelumnya... Saya sudah membuktikannya... Insyaallah bunda-bunda sekalian pun juga bisa....
   


Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Waktu hamil trimester 1 dan 2, gatalnya masih bisa ditahan. Secara olesi perut dengan minyak zaitun sering2. Eeeeh... begitu hamil 34 minggu ini, buseddd... gatal banget. Gatalnya sampai ke dada dan pinggang juga. Sudah diolesi minyak zaitun lebih sering lagi, tetap aja gatal. Katanya karena hormon histamin yang keluar bareng hCG di usia kehamilan yang makin matang ini.

Karena gatalnya terasa menyiksa cuma pada waktu malam dan subuh, jadi aku coba rileks, dengan narik nafas panjang dan garuk dengan bawah kuku, supaya tidak stretch mark nantinya, secara punya niat abis melahirkan nanti mo honeymoon lagi pakai lingerie yang sexy. hahaha...

Tapi tidak tahu ya kalau ada cara lain selain caladine cair dan yang panas2 itu diolesi. Kemarin pas jalan-jalan di Century ngeliat ada gel penghilang rasa gatal. Pengen banget beli, tapi secara belum tau efek negatifnya, dan masih mencoba menalar, apakah membuat kulit kering (kalo kulit makin kering makin gatal dah).

Apakah pernah ada yang mencoba gel tersebut?
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
gitu yaa bun pantes aja pas hamiL 5 minggu itu ngepLek dan gak boLeh hubungan badan seLama 2 minggu .. tp seteLah itu muLai HB lg gak keLuar pLek tp seteLah HB di bawah perut kram yg mau haid
   
06-05-2015 18:21:24 sakit pinggang usia 19w
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like
bundaa bantu info athh . aku hamil 19w tp serasaa pinggang sakit smua ampe keluar keringat dingin knp iyya? prubahan hormon apaaa iyya?? serasaa sakitt bgttt pinggangnnya mksh bun
   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like

@lala_zahra : thank untuk infonya klo ngemil cracker sih sering tiap eneg aku usahain masuk makanan, meski dikit

@aishityru : sekarang sih udah agak mendingan nich paling enegnya kalo makan-makanan yg menyengat aja.bru mulai mual,keringat dingin nya sudah hilang minggu ini

@nurul Qamariah Rubaie : aku sih ngak meriang,kalo sesak nafas sih pas posisi tidur telentang aja.jd tiap mlm aku bobo nya miring,.klo ga miring ga bisa tidur.sama aku juga bawaan nya males ngapa2in pengen nempel ama kasur aja.

   
Jumlah Posts : 83
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda wiwi aku uda 29 minggu asi blm keluar nih pdhal pas hamil anak pertama hamil 5 bulan asiku dah keluar aga was2 tp kata ortu ga p2 nNti juga kluar gt,bunda uda keluar asinya ?
   
26-08-2014 12:07:15 perkenalan
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
ass bunda2... saya suhesti dari riau... sare donk bunk... sya skrg hamil 34 minggu,, kira2 kapan ya pas nya ambil cuti kerja?
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Berita pada Infobunda yang berjudul Tips Berpuasa Saat Hamil :

Bulan Ramadhan telah tiba, menjadi suatu kewajiban bagi para muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Namun apakah ibu hamil diperbolehkan menjalankan puasa? Banyak penelitian yang membuktikan bahwa puasa saat hamil aman, tidak berpengaruh dengan berat janin dan IQ anak, berpuasa sangat baik untuk kesehatan, selama kondisi Bunda sehat dan tidak mengalami keluhan apapun.

Seperti hal-nya Okky Setiana Dewi, bintang film “Ketika Cinta Bertasbih” yang kini sedang mengandung empat bulan sering mengalami muntah-muntah, namun keinginannya untuk berpuasa sangat besar, ditambah dengan dukungan suami semakin mantap Ia untuk berpuasa. Meskipun berpuasa Ovy Vitrio (Rio) selalu mengingatkan istrinya untuk menjaga si jabang bayi. Di bulan puasa ini Okky ingin menambah keimanannya dan ingin mengenalkan anaknya tentang ajaran islam meskipun masih dalam kandungan.

Pada kehamilan trimester pertama, ibu hamil mengalami mual dan muntah-muntah akibat perubahan hormonal karena asam lambung yang naik, sehingga tidak dianjurkan untuk berpuasa karena akan beresiko kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Apabila usia kehamilan Bunda sudah lima bulan keatas , konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda, bila diperbolehkan berpuasa berikut tips yang dapat Bunda lakukan selama berpuasa.

Ketika sahur sebaiknya Bunda yang sedang hamil mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan komposisi nutrisi yang seimbang, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup. Bagi Bunda yang suka dengan makanan dan minuman yang manis dan pedas, sebaiknya di hindari terlebih dahulu, disarankan untuk minum air putih yang banyak., atau Bunda dapat minum susu kehamilan untuk mengurangi ancaman anemia ibu hamil.

Saat menjalankan puasa lakukan kegiatan yang ringan, hindari kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat atau kegiatan di lapangan. Istirahat yang cukup saat berpuasa untuk menghindari kelelahan. Hentikan puasa, apabila Bunda mengalami hal berikut : muntah lebih dari 3 kali dikhawatirkan akan membuat dehidrasi, diare dengan perut sakit, mulas dan melilit, keluar keringat dingin yang menandakan tubuh Bunda kurang sehat, mimisan atau mengeluarkan darah, badan terasa lemas, pusing dan mata berkunang-kunang.

Waktu yang di tunggu-tunggu saat puasa adalah waktu berbuka puasa, saat berbuka puasa di sunnahkan untuk berbuka dengan makanan atau minuman yang manis. Berkebalikan ketika sahur, saat berbuka tubuh membutuhkan energi setelah sehari melakukan akivitas sehingga membutuhkan minuman manis, namun perlu di batasi. Saat berbuka disarankan tidak meminum air dingin atau es, sebaiknya minumlah air hangat untuk menormalkan kerja lambung. Makanlah dengan porsi yang lebih besar dari biasanya, karena janin juga membutuhkan asupan nutrisi, sebelum tidur Bunda disarankan untuk makan makanan ringan  dan minum air hangat agar tubuh Bunda dapat memproduksi ASI dengan baik.

   
08-08-2011 12:32:06 Minum sari kurma
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda...aq mo sharing nih sudah beberapa hari badanku lemas dan keluar keringat dingin..aq juga sempat mengalami flek kecoklatan cuma sekali dan aq bawa bedtress  jadi ga flek lagi tapi badanku masih lemas dan sering keluar keringat dingin padahal aq mengkonsumsi madu dan sari kurma..tolong masukannya ya bunda karna ini kehamilan ku yg pertama dan berusia 17 minggu janinku...tx b4
   
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal Bunda, qta punya mslh yg sama, apalagi skrg udah hamil 34 minggu blm keluar air susu n puting juga masuk. aq juga bingung gmn cara ngatasinya. Tlg donk Bunda2 lain yg punya mslh sama n udah berhasil ngatasinya. thx
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
 Terimakasih bunda semuanya...ternyata juga ada ya yang mengalami hal serupa dengan saya... Sebelum menikah dan hamil...BAB saya juga ruutin, namun setelah hamil, menjadi suasah ke belakang, keras, sakit dan sampe keluar keringat dingin...

@ bunda sireumbeureum : pada awalnya saya juga berpikiran kalo saya pasti kurangminum air putih...so mpe sekarang saya selalu banyakin minum air putih juga, Bun...tapi kalo makan buah 2 kg per hari...waduh belum nyoba...emangnya di perut gak terasa kembung ya, Bun?

@ bunda indica : betul sekali, Bun...sama persis dengan yang saya alami...secara kita ga boleh "ngeden" ama dokterl...bener bener sedih... kalo bunda dapat info baru untuk mengatasi itu, tolong di share ya, Bun.

@ bunda wyta : Mmm...bolehlah..saya akan coba...kayaknya kalo lewat trimester pertama...dah tenang ya..??

@ bunda angie : wah....alhamdulillah...semua baik-baik aja..pengen banget kayak bunda angie..

@ bunda raynoa: pisang ambon? Wah baru denger nih...okd...dicoba juga deh, Bun.

@ bunda indah: Hmm...bolehlah...doyan ga doyan pokoknya harus makan buah dan sayur nih..

@ bunda lily: iya bunda...ni juga dalam rangka memperbanyak air putih...