SITE STATUS
Jumlah Member :
482.255 member
user online :
2725 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kaki kiri terasa geli tandanya

New Topic :  
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : 2
Ikutan ya bun..hehe lam kenal..
iya nih aku juga sdang bahagia2nya..amazing bgt merasakan gerakan baby di perut...gerakan baby ptama kali di usia kandungan 18w,rasanya spt gelombang aer yg jalan di perut ,lama2 berasa kya kedutan...makin besar..makin keras deh geraknya..hehhe skr udah masuk minggu ke 28,dan geraknya makin aktip.bener kata bunda Riantie,dia juga udah bsa di ajak ngbrol,lucu deh..kalo denger suara papa nya aja dia langsung respon,pdhal sblumnya lg diem..hehhe.ada lg kejadian lucu.pas kemaren di tinggal papanya pegi ke luar kota,seharian ga ketemu..begitu pulang,papanya pegang perut,menyapa..eh dia respond dgan kenceng..duk..ampe berasaa ke tangan papanya hehhe..kangen kali yaa.ato marah di tinggal..hehhe

oiah bunda2..ini ada artikel..moga bermanfaat utk smuaa yaa..dan rata2 emang begitu yg di rasa,seprti yg di artikel itu

~hv a happy pregnancy and mom to be...~

Uniknya Gerakan Janin Antara minggu ke-18 sampai ke-22, Bunda akan dibuat takjub merasakan gerakan janin pertamakalinya. Janin umumnya bergerak normal minimal 10 kali sehari atau 1 kali dalam 1 jam. Ia akan lebih aktif di malam hari karena pengaruh hormon dalam tubuh ibu yg juga aktif di malam hari. Kelincahan geraknya juga berbeda satu sama lain, jadi tidak perlu membandingkan gerakan janin Anda dengan janin ibu lainnya ya. Inilah uniknya gerak-gerik janin yang perlu Anda tahu:
  • Mengulet. Pagi hari sebelum bangkit, Anda biasa mengulet di tempat tidur? Janin juga melakukannya. Dia juga merasa pegal setelah beberapa jam tidur. Gerakan meregangkan otot tubuh itu dilakukan beberapa kali dalam sehari. Janin mengulet di pagi hari bisa membangunkan Anda yang masih tidur lho! Aksinya makin terasa jika Anda berbaring telentang.  
  • Olahraga. Luruskan kaki kanan ke depan, lalu kaki kiri! Luruskan tangan kanan ke depan, ganti tangan kiri. Itulah gerakan olahraga janin. Anda merasakannya sebagai gerakan menendang dan menyikut, padahal di dalam rahim janin tengah melatih otot tubuhnya untuk berkembang.
  • Mengisap Jempol. Tidak hanya dilakukan bayi atau balita, janin juga bisa! Umumnya jempol masuk ke mulut janin saat Anda menikmati makanan lezat. Janin menunggu turunnya zat-zat gizi di makanan itu sampai ke aliran darahnya melalui plasenta. Unik, tapi itu fakta!
  • Berputar. Saat Anda bekerja, janin tidak mau kalah. Ia sibuk menggerakkan kedua tangan. Apalagi bila ia menganggap tali pusat yang menghubungkan janin dengan Anda adalah benda menarik. Janin akan memutar-mutar tali pusat dan menggunakannya untuk berpindah dari satu sisi ke sisi lain.
  • Mengetuk, tok ..tok! Biasanya muncul bila Anda mengetuk janin lebih dahulu. Janin usia 24 minggu bisa merespon karena sistem saraf pusat di seluruh tubuh sudah berkembang sehingga bisa merasakan usapan tangan Anda saat memegang perut sambil sedikit menekan. Bila janin membalas ketukan Anda, tandanya ia tahu Anda menyapa.
  • Menggelitik. Saat Anda ingin beristirahat atau tidur, janin kadang belum lelah sehingga masih ingin bermain di cairan hangat ketuban. Gerakan yang Anda rasakan adalah ia menggelitik tulang rusuk. Maksudnya meminta respon agar Anda membelai dan mengusap tubuhnya dari luar sampai ia tertidur.
  • 'Hormat'. Cuaca di luar hangat, Anda pun ingin menikmatinya dengan berjemur. Tapi tidak demikian dengan janin. Biasanya ia akan melakukan aksi 'hormat' atau lebih tepatnya menutup mata dan kepala karena silau melihat cahaya yang tembus ke dalam perut.     
   


02-12-2015 00:05:41 24w perut keras dan kencang
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
mbk kl tidur miring ke kiri kaki kanan seperti di tekuk di atas kaki kiri lalu tarik napas panjang ulangi sampai terasa ringan perut kita.
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
uk saya 14w,, kaki kiri saya terasa sakit banget.. dan di fonsh asam urat,apakah pengaruh asam urat dengan lahiran normal
   


10-02-2015 16:55:37 nyeri kaki
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

subhanallah ya Bunda Marizka :), masih kuat gotong :D ... hehehe....#maaf ya bund, bercanda#

saya bantu kutip info dari artikel mengenai keluhan saat hamil yaa ... ( http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=123&catid=4 )

"

Pegal-pegal
Penyebabnya bisa karena ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Sepanjang kehamilan, boleh dibilang ibu membawa beban berlebih. Otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Hal inilah yang membuat posisi ibu hamil dalam beraktivitas apa pun jadi terasa serba salah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak atau olahraga.
Solusinya :
Amat disarankan untuk senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil pun sebaiknya menjaga sikap tubuh. Ibu diwajibkan mengonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Menggunakan koyo? Boleh-boleh saja.

 

Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

 

Kaki bengkak (Edema)
Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.
Solusinya : 
Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia."

semoga membantu ya informasinya ... 

   
27-08-2014 11:06:12 mual
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda,

Pada masa kehamilan, Bunda akan mengalami beberapa perubahan hormon dan juga fisik, seperti yang dijelaskan pada artikel yang berjudul "Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya" berikut:

Saat hamil kondisi fisik berubah. Banyak keluhan yang muncul. Tak semuanya berat tapi ada juga yang ringan dan tak perlu penanganan lebih lanjut. Apa sajakah dan bagaimana mengatasinya?

Pusing
Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat calon ibu merasa pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Solusinya:
Penanganan yang tepat tentu harus dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat pengaruh hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia dan hipertensi, mau tidak mau harus diatasi dulu faktor penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah rendah, kurangi aktivitas dan hemat pengeluaran energi. Juga hindari gerakan mendadak seperti dari posisi duduk atau jongkok langsung ke posisi berdiri. Kalaupun merasa perlu menelan obat antisakit kepala lantaran tak kuat lagi menahannya, pilihlah yang paling aman. Salah satunya parasetamol yang masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi ibu hamil sekalipun tanpa resep dokter.

Mual dan Muntah
Menurut Dr. HM. Bayu Wahyudi, MOH, SPOG, sekitar 50 hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan terkadang disertai pegal, pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan di usia 6-14 minggu. Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Diperkirakan, hormon inilah yang mengakibatkan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini makin cepat merangsang muntah. Sebenarnya hormon HCG  sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik.
Solusinya :
Sediakan snack atau makanan ringan seperti, crackers, kue beras atau sebatang coklat di samping tempat tidur Anda. Makanlah bahan makanan tersebut ketika Anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan-makanan tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, jagalah pola makan dan makanlah sesering mungkin walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya untuk menjaga agar perut tidak berada dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah yang stabil. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, perbanyak minum, mengkonsumsi vitamin B6, istirahat cukup, menjauhi makanan pedas serta bersikap positif terhadap kehamilan dapat mengurangi gejala mual-mual.

Buang air kecil
Inilah keluhan yang paling sering dialami. Adanya janin membuat tekanan pada kandung kemih. Kadangkala penyebabnya kecenderungan ibu hamil yang minum lebih banyak. Akibatnya, ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. Selain itu letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang. Itulah salah satu sebab ibu hamil sering buang air kecil.
Solusinya :
Yang perlu diwaspadai, saat ini sering terjadi infeksi pada saluran atau kandung kemih pada ibu hamil. Sayangnya, sulit membedakan buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi atau tidak. Yang mungkin bisa dijadikan pedoman yakni rasa nyeri yang menyertai. Jika keluarnya air seni diiringi oleh rasa nyeri dan warnanya merah atau keruh mungkin itu pertanda infeksi. Untuk mengatasinya, jangan menunda keinginan buang air kecil.

Pegal-pegal
Penyebabnya bisa karena ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Sepanjang kehamilan, boleh dibilang ibu membawa beban berlebih. Otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Hal inilah yang membuat posisi ibu hamil dalam beraktivitas apa pun jadi terasa serba salah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak atau olahraga.
Solusinya :
Amat disarankan untuk senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil pun sebaiknya menjaga sikap tubuh. Ibu diwajibkan mengonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Menggunakan koyo? Boleh-boleh saja.

Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

Kaki bengkak (Edema)
Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.
Solusinya : 
Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia.

Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Gatal-gatal
Keluhan ini pun lazimnya disebabkan pengaruh faktor hormonal.
Solusinya :
Cukup dengan menggunakan obat luar. Sedapat mungkin hindari obat-obatan oral atau yang diminum. Obat-obatan jenis ini umumnya tidak baik bagi tumbuh kembang janin.

Nyeri ulu hati
Jika mengalami keluhan ini jangan panik. Hal ini disebabkan adanya sejumlah kecil isi lambung yang lewat di pangkal saluran kerongkongan (penghubung mulut dengan lambung).
Solusinya:
Tak perlu ke dokter untuk mengatasinya. Malah pencegahannya tergolong mudah. Selama kehamilan, jangan membungkuk atau berbaring datar. Kalaupun ingin berbaring cobalah gunakan bantal yang tinggi. Sediakan pula segelas susu di samping tempat tidur dan minumlah sedikit-dikit setiap kali terasa nyeri.

Sembelit
Hormon progesteron saat hamil menyebabkan relaksasi usus. Akibatnya daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan yang menumpuk mengakibatkan sembelit. Sebab lainnya bisa juga kandungan zat besi pada tablet khusus ibu hamil. Selain itu, kebiasaan menahan buang air besar seringkali menjadi penyebab.
Solusinya :
Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat. Satu lagi, lebih teraturlah ke belakang dan minum air putih minimal delapan liter setiap hari.

Apabila Bunda mengalami keluhan yang berlebih, segera periksakan ke dokter ya Bunda. Semoga bermanfaat.

   


Jumlah Posts : 100
Jumlah di-Like : 2
wah, bawaan bayi ternyata emang beda2 ya bun..xixi...
saya sama kaya bunda putri dan bunda kusuma, hawanya mualess tenan...-_-" kadang kudu macu diri buat ngerjain pekerjaan rumah walau badan rasanya pingin nempel kasur...hehe
bunda tuti malah rajin jalan2 rupanya, pantesan pinggangnya gak pada sakit ya..
saya udah minum susu, kalsium, tetep aj kalo tidur, gak bisa bangun karena sakit akibat pinggang kaku.kemarin nyoba 30 menit senam hamil, pinggang kiri terasa banget sakitnya...haduh....
@bunda kusuma:saya juga ngos2an banget bun...apalagi kalo nyuci baju yang banyak berdiri,duduk dan nunggingnya...kalo sholat, pas sujud, perutnya bun...gak muat....>.< kaki kudu dibuka lebar...hihi
@bunda tuti: wah, saya juga ada neh di paha...warnanya putih...di sekitar payudara malah warnanya item...karena gatel banget dulu, jadi saya garuk2..haduh, jadi jelek begini...T.T
ini perut juga udah mulai gatel, saya tahan2 biar gak berbekas lagi...
   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dok, saya mau nanya..pinggul dan seputaran kaki kiri saya yang sebelah kiri terasa nyeri sudah hampir sebulan ini. Apakah ini pengaruh dari kehamilan saya atau bagaimana ya Dok?

Dari : Rizky Amelia Lubis

Jawaban:

Dear Bunda Rizky Amelia Lubis,

Rasa nyeri dari daerah pinggul yang menjalar ke kaki dapat juga di sebut low back pain, kemungkinan karena bertambah beratnya tubuh Anda, namun untuk jelas mengetahui keluhan anda ini, sebaiknya anda mengunjungi dokter kandungan Anda, dokter anda juga dapat memberikan obat anti nyeri untuk mengurangi keluhan Anda tersebut. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
 salam kenal bunda-bunda cantik...
mau tanya ni...saya haid tgl 19-24 agustus, dan tgl 24 berhubungan intim, 4 hari kemudian saya merasakan tidak nyaman diperut kiri saya....ampe kaki kiri juga pegel. setelah ditelaah, katanya itu ovulasi, hari berikutnya perut sebelah kanan yang nyeri..setelah sembuh, ko berasa kembung terus perutnya hingga hari ini. kadang brasa kram perut, PD juga kadang senut2.. sakit pinggang dan punggung, kadang terasa lelah banget. apa itu tanda kehamilan? maklum saya sudah menunggu selama 8 tahun, dan sebelumnya ga pernah merasakan tanda2 ini.paling pas ovulasi nyeri perutnya tapi itu juga paling 2 hari. kali ini ko keluhannya berlanjut dan macem2.kemaren sempet tes tapi masih negatif.apa ni sarannya bunda2? share juga dong pengalaman awal kehamilan sebelum datang haid berikutnya....thanks sebelumnya ya bund...
regards
aning
   
01-06-2010 12:46:59 gerakan janin
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
gerakan babyku awalnya cuman seperti cedutan.  Memasuki bulan ke 6-7 geraknya seperti gelembung, terasa geli. apalagi hamil kembar, kalo gerak dua2nya rame banget, kiri kanan kayak di kitik2.  Sekarang memasuki minggu ke 31, Geraknya semakin kuat, kalo dia lagi nendang bikin kaget. Tapi memang gelembung2nya gak selincah ketika usia 24-28 minggu'an. Mungkin udah semakin sempit kayaknya yaa....?? Tapi seperti sudah terjadwal. Paling aktif ketika aku di kantor, siang hari. dan juga ketika istirahat malam, pulang dari kantor jam 7'an. Tengah malam hanya kadang-kadang saja, sekitar jam 1-2an. Yang paling sering ya siang hari sama malam hari, waktu istirahat atau berbaring.

Bayi juga bergerak bila dirangsang.  Dan tiap babyku memiliki ketertarikan sendiri-sendiri. Yang 1 suka gerak-gerak kalo waktu denger musik atau baca buku. Dan yang 1nya lagi suka gerak-gerak kalo pas nonton film atau kalo lagi diajak ngobrol. Sepertinya nanti punya hobby yang beda-beda yaaa... hehe. Rasanya gak sabar menanti kelahiran mereka dan melihat mereka tumbuh...

Wah kok jadi curhat yaaa.... hehe...
tapi siapa tahu bisa digunakan untuk perbandingan buat bunda-bunda yang lain...
   
26-06-2008 15:25:20 Nyeri Perut
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
lam kenal jg amichan....wah... kehamilan kita seumuran ya... tp mungkin ini calon baby pertamanya ya... 
waduh... klo lg hamil besar jgn ngangkat yg berat2 atuh bu.... kasihan kan baby di perut ikutan ngerasain nyeri tu...
coba deh klo nyeri lg bunda coba nungging (sujud) kira2  5 - 10 menit, klo msh terasa nyeri jg coba bunda tidur telentang kaki kiri di tekuk satu trus letakan 2 jari tangan kanan di bawah perut sblh kanan sambil bunda gerakan menekuk kaki kanan... klo terasa sakit/ nyeri buru2 ke DSOG ya bun... biar di USG.
mudah2 an bisa membantu ya bun... kmrn saya jg belum lama nyeri gitu tp alhamdulillah stlh nungging beberapa saat nyerinya hilang.
salam ibuadam.    
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
sama bund kaki kiri juga sering keram kok...tapi bag selangkangan gak sakit,,kalo jalan juga cepet capek
   
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 mau tanya dong..
usia kandungan aq baru 33week tapi selangkangan semakin hari semakin sakit, bahkan skrg kaki kiri pun mulai merasa pegel bgt.. apa itu gpp ya bun..??
   
Jumlah Posts : 66
Jumlah di-Like : belum ada like
bun, ada yg sama ky aku ga? udah seminggu ini aku rutin jalan pagi, didepan komplek aja paling 5-10 menit. tiba2 tadi pagi abis jalan, kaki jadi pegel bgt dari bawah betis ampe mata kaki, kiri kanan dbawah betis rasanya kenceng banget, biasanya ga ky gtu... kira2 tanda apa ya itu bun?
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bund2 yg cantik2 mau tanya aq hamil 37w semalam perut kencamg2 terasa agak mulas seperti mau pup tp jarang2 mulas nya d bawa jalan sakit d bawa jongkok saya fikir mau pup ternyata bukan setelah berdiri kaki kanan terasa keram.. tp pagi td saya bawa jalan pagi skrg mulas dan kencang sudah tidak terasa.. apa ga apa2 bund kalo begitu
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bund2 yg cantik2 mau tanya aq hamil 37w semalam perut kencamg2 terasa agak mulas seperti mau pup tp jarang2 mulas nya d bawa jalan sakit d bawa jongkok saya fikir mau pup ternyata bukan setelah berdiri kaki kanan terasa keram.. tp pagi td saya bawa jalan pagi skrg mulas dan kencang sudah tidak terasa.. apa ga apa2 bund kalo begitu