SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1247 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jika jerawat di kompres dengan air panas

New Topic :  
13-03-2014 10:19:05 mohon solusinya dok....
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Gatal pada daerah intim dapat dikarenakan alergi, jamur atau infeksi lainnya seperti bakteri ataupun virus. Untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat, Budna periksakan dulu ya pada dokter. Bila di cuci dengan air panas, untuk sementara akan terasa nyaman, namun memicu rasa gatal yang lebih hebat datang kembali.

   


27-06-2014 16:17:20 Cara Terbaik Memerah ASI Bun
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Saat bunda kembali kerja setelah cuti melahirkan, bunda perlu belajar bagaimana caranya memompa ASI yang maksimal agar kebutuhan bayi akan ASI eksklusif tetap terpenuhi dan kesibukan pekerjaan bunda pun tak terganggu.

ASI perah bisa bunda dapatkan dengan cara memompa ASI dengan tangan atau juga dengan alat khusus pompa ASI yang manual ataupun elektrik. Tapi buat bunda yang masih baru masih tampak kesulitan dan belum terbiasa dengan kegiatan memompa ASI ini.

Jangan khawatir bunda bisa melakukannya bersama dengan suami. Hal ini bertujuan agar suami juga dapat merasakan hubungan spesial ibu dan anak dari proses cara memompa ASI, dampaknya keluarga akan semakin harmonis dan lebih hangat.

Perhatikan step by step nya bunda jika memompa ASI dengan tangan :

  1. Bersihkan puting susu dengan memerah sedikit ASI, lalu oleskan pada puting dan areola. Perlu tau bunda, ASI mengandung zat anti bakteri.
  2. Setelah semua siap, bunda bisa mulai memerah ASI, dimulai dengan merangsang puting agar refleks hormon prolaktin dan oksitosin muncul.
  3. Letakkan ibu jari sekitar 2-3 cm di atas puting, dan jari telunjuk serta jari tengah sekitar 2-3 cm di bawah puting, sehingga membentuk huruf C. Tekan seluruh jari sisanya ke arah dinding dada.
  4. Tekan areola dengan gerakan memutar dari belakang puting antara ibu jari dan jari lain ke arah puting lalu lepaskan. Jika dilakukan dengan benar, tentunya tidak akan sakit saat dilakukan. Ulangi ini beberapa kali sampai ASI keluar. Yakinkan ASI tidak mengalir melalui jari telunjuk bunda, sehingga terbuang.
  5. Pindah posisi ibu jari dan jari lain pada sisi kanan dan kiri areola, lalu tekan dengan cara yang sama.
  6. Agar semua waduk air susu dapat dikosongkan (di areola ada 15-20 waduk), pindahkan jari ke posisi yang lain pada payudara yang sama, setelah + 3 menit memerah pada posisi yang sama. Misalnya saja, ibu jari pada posisi jarum jam 12, 11, 10, 9, dan jam 8, masing-masing tiga menit. Jadi totalnya kira-kira 15 menit.

Cara memompa yang benar akan mampu mengosongkan payudara , yanga rtinya meningkatkan produksi ASI. Nah, payudara yang kosong itu segera mengirim sinyal ke otak agar otak memerintahkan tubuh untuk terus memproduksi air susu. Dengan begitu, produksi ASI akan lancar, maka bunda pun terhindar dari masalah saluran susu tersumbat, serta puting yang nyeri akibat tekanan di satu tempat terus menerus.

Jika memompa menggunakan alat pompa manual atau elektrik

  1. Cuci tangan bunda terlebih dahulu dengan sabun antiseptik dan air
  2. Cuci botol penyimpanan ASI yang biasanya sudah tersedia dan juga bagian-bagian dari pompa ASI dengan air panas dan sabun antiseptik khusus, bilas bersih dan keringkan.
  3. Setelah itu kompres payudara bunda dengan handuk hangat sambil dipijat dengan halus searah menuju ke puting sampai ASI terlihat keluar.
  4. Setelah keluar masukkan alat pompa kemudian lanjutkan memompa ASI menggunakan alat pompa tersebut.

Bunda juga perlu memperhatikan dalam memilih alat pompa ASI, berikut kiatnya bunda :

  1. Sesuaikan isapan pompa dengan kenyamanan bunda, misalnya pegangannya dan besar pompanya.
  2. Bentuknya sederhana sehingga mudah digunakan dan dibersihkan.
  3. Bisa menghisap lebih banyak setiap menitnya, misalnya bunda bisa pilih pompa yang bisa menghisap kedua payudara sekaligus jadi lebih efisien, bun.

sumber : merries ; ayahbunda

Nah bunda sekian tip pompa ASI dariku yah, semoga bermanfaat.

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda sering mengalami perut kembung?  Perut rasanya begah dan berasa mau muntah, badan juga rasanya gak enak. Coba cara alami ini yuk bunda buat ngobatin perut perut kembung :

  • Gunakan minyak telon atau kayu putih

Saat kembung, kompres perut dengan air hangat, namun ada cara yang lebih praktis, bunda bisa mengusap minyak telon atau minyak kayu putih. Kalau yang mengalami anak bunda, bunda bisa memakai minyak telon yang hangatnya lebih ringan. Cari minyak telon yang aromanya lembut dan tidak terlalu menyengat. Kalau saya dan keluarga sih biasanya pake minyak telon Konicare.

  • Minum jahe hangat

Jahe bisa memberi rasa hangat tanpa perih di perut. Bunda bisa membuat jahe hangat dengan cara yang mudah, caranya cuci bersih jahe, lalu kupas, memarkan dan campur jahe dengan air panas. Air jahe nya bisa bunda tambahkan dengan sedikit gula atau madu untuk menambah rasa.

  • Kurangi makan makanan manis

Sebaiknya hentikan asupan makanan manis sementara waktu saat perut sedang kembung, agar rasa kembung berkurang. Jika masih tetap ingin makan yang manis-manis, makan saja buah-buahan segar seperti apel, pisang, atau jeruk yang rasanya tidak terlalu asam.

  • Hindari susu dan kafein

Untuk sementara coba hindari dulu minum susu atau kafein saat perut terasa kembung, karena susu termasuk makanan yang sulit untuk dicerna bagi sebagian orang, sedangkan kopi sendiri dapat membuat perut makin kembung.

sumber

Kalau bunda cara alami nya apa? Share disini yah bun

   


16-09-2012 13:36:39 Imunisasi Bayi
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Selamat Siang Bun, Tgl 14 Sept 2012 anak ku di imunisasi. Imunisasi kali ini gejala yang ditimbulkan tidak sama dengan imunisasi pertama dan kedua. Kali ini bayi ku tidak lagi menjerit kesakitan akibat nyeri pasca imunisasi tapi masih tetap suhu badannya naik jadi mesti dikompres. Yang menjadi perbedaan disini sie emang bayi ku tidak lagi merasakan nyeri tapi jika disentuh/disenggol pasti sakit sampai hari ini. Sudah ku kompres dengan air hangat tapi tak kunjung sembuh, kira2 apa setiap pasca imunisasi berbeda2 reaksinya????


Bagi bunda yang baru akan mengimunisasi bayi nya, sekarang udah ada imunisasi yang tidak berakibat sakit nyeri dan panas. tapi ya lumayan harganya sekitar 300rb. Semoga bayi bunda semua sehat
   
28-07-2010 15:04:10 Jika bayi Kejang ?
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like

dear bunda nisa....

gimana kabar nisa dah sehat. ya memang jika buah hati kita kejang pasti kita merasa panik apalagi  anak pertama. Karena saya dulu pernah mengalaminya. Dan sekarang saya masih tetap waspada jika anak saya panas, karena jika anak sudah pernah kejang (steep) pasti akan terulang lagi jika panas. Kata ortu jika anak kita panas sampai kejang (steep) kita harus siap dengan jeruk nipis utk di peras di balurkan ke seluruh badan dan kepala. Dan jika anak panas jgn pakai baju yg tertutup rapat. dan jangan di kompres dgn air dingin, tp harus dgn air hangat. tiap 3 atau 8 jam sekali jk panas di beri obat penurun panas parasetamol ato sanmol.

Ya smoga nisa sehat slalu amien. Salam hangat tuk nisa.

   


Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Bawa bayi Anda terbang naik pesawat?

Buat orang tua yang akan melakukannya untuk pertama kali, membawa si buah hati naik pesawat bisa jadi pengalaman yang menimbulkan kecemasan. Selain berkonsultasi dengan dokter mengenai kesiapan si kecil, berikut adalah tips membawa bayi Anda naik pesawat, mulai dari persiapan booking tiket pesawat hingga tips agar si kecil tenang dan nyaman selama di pesawat.

Selain itu, simak juga ketentuan bayi dari tiap-tiap maskapai utama di Indonesia di bawah ini.

Sebelum booking tiket

Kapan usia aman bayi naik pesawat?

Ketentuan tiap maskapai bisa berbeda-beda, ada yang minimum usia 2 hari, ada yang minimum usia 14 hari. Maskapai biasanya akan meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang.

Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Jadi kapan usia terbaik untuk bayi naik pesawat? Usia minimum 3 bulan dianggap usia yang paling aman untuk bayi naik pesawat. Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Berapa harga tiket pesawat untuk bayi?

Umumnya, bayi digolongkan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan. Sebagian besar maskapai mengharuskan bayi untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Walau tidak memiliki tempat duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte lahir, demikian juga paspor ketika terbang ke luar negri. Tiap maskapai memiliki ketentuan berbeda mengenai harga tiket bayi. Bagi beberapa maskapai, harga tiket bayi gratis. Namun ada juga maskapai yang menentukan tarif bayi yaitu sekian persen dari tarif dewasa, sekalipun bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Jika bayi memiliki tempat duduk sendiri, tarif yang dikenakan serupa dengan tarif dewasa.

Apakah bayi mendapat jatah bagasi sendiri? Hal ini juga tergantung tiap maskapai. Pastikan hal ini dari maskapai terkait.

Barang-barang apa saja yang diperlukan selama penerbangan?

Antisipasi juga sekiranya terjadi delay. Di beberapa penerbangan internasional berlaku batasan untuk membawa cairan di kabin, namun ini tidak berlaku khusus untuk makanan/susu bayi:

Pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas kabin Anda:

  • Bawa popok sekali pakai dan tissue basah, dikemas bersama di dalam sebuah tas/kantung kecil. Saat mengganti popok bayi di toilet pesawat, Anda jadi tidak perlu membawa seluruh tas kabin.
  • Baju cadangan untuk bayi dan juga Anda. Ini terutama untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi dll.
  • Susu dan makanan bayi. Ini termasuk ASI yang sudah diperah dalam botol jika bayi Anda minum ASI.
  • Air panas di dalam botol untuk membuat makanan bayi.
  • Nursing apron atau celemek menyusui, yaitu kain yang berguna untuk menutupi ibu dan bayi saat menyusui maupun memerah susu di tempat umum.
  • Selimut untuk bayi. Walau di beberapa penerbangan jarak jauh (long-haul) disediakan selimut, bahannya bisa jadi tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, bau selimut bayi Anda sendiri akan menyenangkan buat si bayi.
  • Empeng.
  • Mainan favorit bayi, dan juga mainan baru untuk mencegah bayi dari kebosanan.

Saat booking tiket

Saat memesan tiket, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Waktu terbang. Untuk penerbangan jarak pendek, memilih waktu terbang siang bisa jadi keputusan terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi. Untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah paling nyaman untuk bayi karena dia bisa tidur nyenyak di pesawat.
  • Jika bayi Anda sudah lebih besar, pesanlah satu tempat duduk ekstra untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.
  • Jika memungkinkan, book tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Tempat duduk ini memiliki ruang lebih untuk kaki Anda dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising. Jika Anda book tiket secara online, informasikan hal ini sekali lagi melalui call center maskapai.
  • Pilih tempat duduk di gang (aisle) agar leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau berjalan-jalan di lorong kabin.
  • Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.

Saat tiba di bandara

Usahakan untuk tiba jauh lebih awal di bandara, supaya Anda tidak tergesa-gesa sewaktu check-in dan melewati security (jika ke luar negri: bagian imigrasi). Jika Anda membawa bayi dengan stroller, maka stroller harus dilipat tiap kali melewati mesin scan security.

Selagi menunggu boarding, usahakan untuk bermain/beraktivitas dengan sang bayi agar dia kelelahan dan mudah tertidur saat sudah di atas pesawat.

Bagaimana agar bayi tenang selama di pesawat?

  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.
  • Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.
  • Suhu kabin cenderung dingin. Perlengkapi bayi dengan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan.
  • Jika bayi dalam keadaan bangun selama penerbangan, sibukkan bayi dengan beraktivitas kecil agar dia tidak kebosanan. Jika dia masih rewel dengan mainannya, beri mainan baru.
  • Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan.

Ketentuan bayi dari tiap maskapai

Ketentuan bayi naik pesawat Lion Air,Wings Air, Malindo, Batik Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan.
  • Maskapai berhak tidak mengangkut bayi yang usianya kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (terbit setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan) dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat untuk perjalanan udara.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban sekiranya terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Sriwijaya Air, NAM Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia 0-23 bulan pada saat penerbangan.
  • Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepala bayi tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.

Tarif bayi: Sekitar 10% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Garuda Indonesia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Bayi prematur dapat terbang dengan melengkapi Medical Information (MEDIF) dan laporkan kondisi tersebut pada petugas darat.
  • Bayi harus disertai dengan seorang pendamping dewasa yang memangku bayi tersebut.
  • Pendamping tersebut harus bepergian pada penerbangan yang sama, di kelas yang sama, dan untuk tujuan yang sama dengan bayi.
  • Satu bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa yang mengambil tanggung jawab penuh atas bayi.
  • Bayi dapat menggunakan fasilitas Baby Basinet yang disediakan oleh Garuda di dalam pesawat (selama masih tersedia), namun pada saat lepas landas, mendarat dan kondisi turbulensi, bayi wajib dipangku.
  • Awak kabin akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bagi bayi. Selain itu juga disediakan pelampung khusus bagi bayi yang akan dikumpulkan kembali setelah mendarat. Pelampung tersebut hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: gratis 10 kg.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Citilink:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat AirAsia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Tigerair Mandala:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa (berusia 18 tahun atau lebih), satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000. Jika ingin book tempat duduk sendiri untuk bayi, maka dikenakan tarif tiket dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller dan kursi bayi di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Jetstar:

Usia bayi:

  • Bayi adalah berusia kurang dari 2 (dua) tahun saat penerbangan.
  • Untuk bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari khusus Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K) dan Valuair (VF), orang tua harus mengisi formulir Jetstar Travel Celarance. Bayi dengan usia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan Jetstar Pacific (BL) dan Jetstar Japan.
  • Bayi wajib disertai bukti usia seperti akte lahir atau paspor (wajib untuk internasional)
  • Bayi harus disertai dengan orang tua atau orang dewasa berusia 15 tahun atau lebih.

Tarif bayi:
Gratis jika tidak duduk di tempat duduk sendiri (khusus rute domestik dan rute antara Australia dan Selandia Baru). Untuk rute lain, berlaku tarif bayi.
Bagasi bayi: Tidak ada.

   
24-02-2014 04:16:10 Just Share,bunda :)
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like

COMMON PROBLEM PADA ANAK

Selama ini banyak dari kita menjadi orangtua berdasar ilmu "KATANYA", baik dalam masalah kesehatan anak, parenting maupun psikologi anak. Memang tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua, kita harus aktif untuk belajar dari semua sumber yang dapat dipercaya, dari buku,seminar,internet maupun berdiskusi langsung dengan ahlinya. Kadang kala kita lebih percaya pada orangtua kita karena beliau lebih berpengalaman, tetapi dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada beliau,kita tetap harus mencari informasi tambahan karena ilmu pengetahuan selalu berkembang.

Seperti kita tahu, common problem pada anak atau yang jadi langganan sakitnya anak tidak jauh2 dari demam,batuk,pilek,diare,muntah & konstipasi. Tetapi yang sering luput dari perhatian,bahwa itu semua bukan penyakit,tetapi ALARM, gejala suatu penyakit, maka akan lebih bijak jika kita lakukan observasi untuk mencari penyebab sakitnya dan BUKAN mengobati gejala penyakitnya.

Demam umumnya tidak berbahaya,yg hrs kita lakukan dicari penyebabnya. Jika demam disertai meler,batuk,rewel,lesu,tinja lembek biasanya mrpk gelaja FLU. Demam dg mual,muntah,diare kemungkinan Gastroentritis. Demam disertai rewel & anak suka tarik2 telinga,mungkin infeksi telinga atau tumbuh gigi. Demam & sakit saat berkemih,mengarah ke Infeksi Saluran Kencing. Demam,>3th,sakit saat menelan,mengarah pada radang tenggorokan. Demam >38,5C,batuk,dahak byk & SESAK NAPAS ada kemungkinan Pneumonia. Demam,sakit kepala hebat,sakit hebat,muntah & kaku bulu kuduk,mengarah ke Meningitis.

Yang penting harus diamati perilaku anak & dijaga agar tidak dehidrasi.Anak harus byk diberi asupan cairan (air,sup,jus buah bahkan es krim juga boleh kok selama anak tidak alergi dingin toh ditenggorokan es akan lumer & menyesuaikan suhu tubuh), kompres dengan air hangat atau bisa juga diajak berendam air hangat. Jika suhu sudah diatas 38,3C & anak merasa tidak nyaman,boleh diberikan obat demam. Tapi jika behavior anak masih baik,masih lari2 & bermain,pemberian obat demam bisa ditunda karena sebenarnya obat demam hanya menurunkan demam bbrp strip saja & lbh mrpk pain killer utk memberi rasa nyama pada anak. Selama penyebabnya masih ada, suhu badan masih mungkin utk naik lagi. Suhu tinggi ini juga diperlukan utk membunuh virus lho,karena virus berkembang baik disuhu tidak tinggi.

Batuk & pilek sebenarnya tidak ada obatnya,akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yg baik. Batuk sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh utk mengeluarkan sesuatu yg mengganggu saluran pernafasan.Obat batuk yg beredar dipasaran sebagian besar tidak akan memulihkan anak lebih cepat.  WHO scr tegas menyatakan bahwa batuk pada anak tdk diredakan dgn obat,melainkan dg cara yg aman & nyaman.Reflek batuk ini tidak boleh dihilangkan krn dpt membuat dahak terkumpul & menyumbat jalan nafas. Yg bisa kita lakukan adalah mengurangi produksi lendir dgn banyak minum yg hangat,bantal agak tinggi,jangan ada asap rokok & diusahakan agar ruangan lembab (bs dg menaruh ember diisi air panas mendidih dikamar),& jangan gunakan Antibiotik.

Orangtua kdg menganggap anak meler sbg flu,pdhl bisa infeksi virus,alergi,kedinginan. Tidak ada cara atau obat utk membunuh infeksi virus flu. Daya tahan tubuh anak thd infeksi virus flu akan meningkat sejalan dgn waktu.

Jika batuk & pilek yang tidak kunjung sembuh, perlu dicermati adanya alergi atau virus yg pingpong.

Diare jg bukan penyakit melainkan ALARM, shg kita hrs mencari penyebabnya & bukan menghentikan diarenya. Sebagian besar disebabkan oleh virus shg bisa sembuh sendiri /self-limited disease, & tujuan terapi adalah untuk mencegah dehidrasi bukan utk menstop Diare. Diare bisa disebabkan oleh Infeksi (Virus-->paling srg pada anak, bakteri & parasit), keracunan makanan,efek samping obat terutama antibiotika yg tdk rasional,gangguan proses pencernaan, alergi bahan makanan tertentu (alergi susu/intoleransi laktosa)

Muntah jg merupakan ALARM, bisa disebabkan infeksi virus (Gastroentritis),makan terlalu banyak,stres,over excited,mabuk perjalanan. Baik muntah maupun diare yg harus kita perhatikan adalah asupan cairan utk mencegah dehidrasi.

Konstipasi biasanya disebabkan oleh makanan kurang serat-banyak lemak,kurang cairan/minum,peralihan makanan lunak ke padat, peralihan ASI ke susu non ASI.  Tapi bisa juga krn kebiasaan & kondisi psikologis spt kebiasaan menahan BAB krn enggan menggunakan toilet umum, kondisi medis spt dehidrasi,lama berbaring,susah makan,luka pada anus atau krn efek samping obat2an. Untuk mengatasinya dgn makan seimbang & teratur,cukup kebutuhan serat,cukup kebutuhan cairan & ajari anak utk tidak menahan BAB.

Belajar menjadi orangtua terutama utk lebih rasional dalam penggunaan obat pada anak2 memang sulit,bahkan biasanya ujian akan datang dr orang2 terkasih disekitar yg memperhatikan kita. Tapi saat saya bimbang, akankah anakku akan kuberi obat ini,padahal sudah jelas2 penyebabnya virus yg akan sembuh sendiri tanpa obat ( walaupun waktunya lama), yg saya lakukan adalah membaca ulang side effect dari obat,jika kurang mantap browsing dulu www.drugs.com sehingga saya akan berpikir ulang dengan efek samping seperti itu akankah saya tega " membeli kenyamanan sesaat". Saya tidak Anti Obat, hanya berusaha lebih rasional dalam penggunaan obat apalagi antibiotik jika tidak perlu benar.

Menjadikan dokter sebagai partner untuk berkonsultasi juga sesuatu yg penting & tidak menjadikan mereka "tukang obat". Setidaknya jika ke dokter,setelah menceritakan semua gejalanya saya akan bertanya "diagnosanya apa ya dok?" dan bukan "obatnya apa?"

   
28-06-2013 10:34:52 timbilan / bintitan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok gimana caranya biar mata tidak mudah timbilan? terimakasih


Dari : Fikri Kecil

Jawaban:

Dear Bunda,
Saya tidak dapat memastikan apa sebenarnya "timbilan" yang Bunda maksudkan itu karena tidak dapat melihatnya, kemungkinan yang terjadi adalah infeksi pada tempat tumbuhnya bulu mata, atau bisa juga berupa hordeolum (bintitan) infeksi pada kelopak mata maupun ke adaan lain. Namun hal ini harus dipastikan dengan memeriksakan ke dokter untuk terapi yang lebih tepat. Adanya radang pada tempat tumbuhnya bulu mata ataupun kelopak mata, pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus, dapat juga mengalami reaksi peradangan non-infeksi (misalnya kasus alergi). Bila peradangan timbul setiap kali memakan makanan tertentu, maka untuk memastikannya, hindari makanan tersebut sampai radang sembuh, lalu mencoba memakannya kembali. Bila terjadi peradangan di tempat yang sama, kemungkinan alergi terhadap bahan makanan tersebut. Bersihkan daerah yang meradang dengan air hangat (bukan air panas) dengan kain kassa atau kain berbahan lembut yang bersih. Kompres dengan air hangat dapat membantu mengurangi nyeri namun tidak dengan air panas. Kunjungi dokter untukpemberian  terapi yang tepat.
 
   
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like

CREAM PEMBESAR PANTAT
( BUTTOK’S CREAM )
  CUKUP SEKALI OLES LANGSUNG MEMBESARKAN DAN MENGENCANGKAN PINGGUL Atau PANTAT
BUTTOK’S Cream ( Pembesar Pantat Atau Pinggul) adalah Cream Special Untuk Daerah Pinggul Atau Pantat Yang Berguna Untuk:
* Meremajakan Sel-Sel Kulit Yang Sudah Mati atau Rusak. * Menghaluskan Kulit Dan Mengencangkan Kulit.
* Memutihkan Kulit.
* Cukup sekali Oles Langsung Menbesarkan Pinggul Yang Kecil.
* Mengencangkan Pinggul Yang Kendor.
* Menaikkan Pinggul Yang Kelihatan Seperti Turun.
* Baik Dikarenakan Faktor Keturunan.
* Sudah Melahirkan.
* Kemakan Usia.
* Atau Faktor Yang Lainnya.
* Dalam Waktu Singkat Tanpa Efek Samping.
* Karena Bahan Alami Dari Sari-Sari Tumbuhan.
* Tanpa Iritasi Pada Kulit.
* Untuk Semua Jenis kulit.
* Cocok Untuk Pria Dan Wanita.

KOMPOSISI:
* deionisedwater 17, 55%
* stearicacid 5, 5%
* cetosstearylacohol 2, 0%
* glycerine 2, 0%
* sorbitol 6, 0%
* mineral oil 7, 0%
* fragrance 0, 1%
* methylparaben 0, 15%
* imidazolidinylurea 0, 7%
* triethanolomine 0, 7%
* collagent 1, 0%
* wheatgermoil 10%
* aloevera 0, 5%
* lanolin 0, 8%
* vitamin E 6, 4%

ATURAN PAKAI:
* Kompres Dengan Air Hangat
* Lalu Oleskan Creamnya Secara Merata
* Diamkan Selama 10-15menit Dan Sambil Dipijat-Pijat
* Ulangi Beberapa Kali, Lakukan Pada Malam Hari.

SPESIFIKASI:
Asal Negara :USA BEAUTY INDUSTRIE, USA
Kemasan Isi : 120 Ml

Tanpa Olah Raga Tanpa Operasi Tanpa Suntik Silicon
100% Original PRODUK INI SUDAH TERKENAL DI USA & KOREA
HARGA PROMOSI: Rp. 150.000; (BELI 2 GRATIS 1)

DAN INI BERBAGAI MACAM PRODUCT PELANGSING DAN KECANTIKAN IMPORT ANTARA LAIN:

@ Obat Pelangsing Tubuh ( Mezitang botanical softgel ) Rp. 160.000
@ Obat Pelangsing Tubuh ( Fruit & Plant ) Rp. 150.000
@ Obat Pelangsing Tubuh ( Fatloss Jimpness Beauty ) Rp. 145.000
@ Obat Pelangsing Tubuh ( Lida Dai Dai Hua ) Rp. 160.000
@ Obat Pelangsing Tubuh ( ABC ACAI BERRY ) Rp. 160. 000
@ Obat Peninggi Badan ( Zenith Grow-up U.S.A ) Rp. 150.000
@ Obat Penggemuk Badan ( Kianpi Pil Gingseng ) Rp. 150.000
@ Obat Pemutih Wajah ( Cream Ten-Sung ) Rp. 170.000
@ Obat Pemutih Badan ( Whitening Hand Body Lotion ) Rp. 150.000
@ Obat Pemutih Ketiak & Slakangan ( Whitening-C ) Rp. 150.000
@ Obat Pemutih Gigi ( Cleaness ) Rp. 150.000
@ Obat Pelangsing Tubuh ( Meizitang ) Rp. 180.000
@ Obat Pemerah Bibir & Puting ( Piaohong Shuang ) Rp. 150.000
@ Spray Pembesar Payudara ( DOVE BREAST ESSENCE ) Rp. 150.000
@ Vacum Pembesar Payudara Cream ( Fengruqi ) Rp. 350.000
@ Obat Penghilang Jerawat ( Cream Pill Acne pill ) Rp. 150. 000
@ Obat Penghilang Bekas Luka ( Mailibaheling ) Rp. 150.000
@ Obat Perontok Bulu ( Yofume ) Rp. 150.000
@ Obat Penumbuh Rambut ( Hair Tonic ) Rp. 150.000
@ Cream pelangsing badan ( Hot Gel ) Rp. 150.000
@ Obat Perapat Vagina Virgin ( Chein Chin ) Rp. 150.000

 
PEMESANAN :
Pembelian, Pemesanan Bisa Melalui Call/Sms :
NAUFAL FARMA
Jl. PANJANG ARTERI KEDOYA NO. 38 JAK-BAR


Call/Sms ON LINE 24 JAM:
HP. 0812 8777 9876
HP. 0857 1310 8108
Black Berry PIN : 29DB6DBE


Bisa Di Transfer Melalui :
BANK BTN
Rek. 100-140-157-000-2795
A/n : MUHAMAD NUR


BANK BCA
Rek. 293-042-3015
A/n. IRNAWATI

BANK BNI
Rek. 020-843-6338
A/n : MUHAMAD NUR


BANK BRI
Rek. 588-601-004-568-532
A/n : MUHAMAD NUR


BANK MANDIRI
Rek. 900-000-613-7617
A/n. MUHAMAD NUR

Setelah Uang Di Transfer Tolong Konfermasi Nama & Alamat Yang Lengkap & Barang Langsung Kita Kirim Melalui jasa Pengiriman :
POS, TIKI/JNE, THOMAS EXSPRES, JAYA EXSPRESS, LORENA EXPRESS, JHON EXPRESS Dll. Waktu Pengiriman 1-2 Hari

KUNJUNGI WEBSITE KAMI :http://www.naufalfarma.com/

  DICARI AGEN LUAR KOTA DAN LUAR NEGERI
   
22-09-2011 15:41:21 Tips menjaga kehamilan
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

1. Ibu hamil, perhatikan makanan anda, pastikan anda mengkonsumsi makanan yg sehat dan bernutrisi.
2. Ibu, semasa hamil tidak diperbolehkan merokok, karena menurut hasil penelitian, bayi akan lahir dengan ukuran lebih kecil.
3. Semasa kehamilan, khususna trisemester pertama kurangi konsumsi obat-obatan.
4. Ibu, pastikan makanan,air dan udara yg berhubungan dengan ibu hamil tetap bersih ya.
5. Pastikan ibu hamil tetap menjaga sirkulasi darah dan nafsu makan serta istirahat yg cukup
6. Ibu hamil dapat tetap bekerja, asalkan ibu tetap istirahat yg cukup, makan yg teratur dan melakukan pemeriksaan rutin
7. Ibu hamil dapat juga berpergian hanya saja jangan sampai terlalu melelahkan dan terlalu lama ya bu
8. Ibu, jangan terlalu banyak duduk selama kehamilan, karena akan menyebabkan kaki bengkak dan tromboflebitis.
9. Ibu, selama kehamilan ibu harus menggunakan pakaian longgar dan tidak memberikan ikatan yg ketat pada bagian perut.
10. Ibu, selama kehamilan dapat juga menggunakan kutang yg menyokong payudara ibu ya, dan pastikan pakaian selalu bersih.
11. Bu, hindari menggunaan sepatu ber-hak tinggi selama kehamilan ya bu.
Perbanyak istirahat ya bunda, tidur siang dan perbanyak istirahat sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.
12. Ibu hamil, hindari tempat hiburan yang ramai, sesak dan panas karena dapat menyebabkan ibu mudah pingsan,
13. Ibu hamil, tetap jaga keseharatan ya bu, selama mandi gunakan sabun yang lembut dan bilas hingga bersih. Jangan berendam saat mandi ya bu
14. Ibu, berhubungan dengan suami anda saat sedang hamil tidak dilarang, asalkan ibu tidak memiliki riwayat abortus, pendarahan, kehamilan tidak di minggu terakhir kehamilan.
15. Ibu, selama kehamilan harus melakukan pemeriksaan secara teratur kepada dokter anda ya.
16. Ibu, jika kehamilan memasuki bulan akhir, lebih sering lah memeriksakan kehamilan anda ya bu.
17. Bu, jangan tunda pemeriksaan jika anda mengalami keluhan terhadap kehamilan anda. Meskipun ini belun saatnya anda melakukan pemeriksaan.
18. Bu, hindari zat-zat kimia yang menimbulkan keracunan seperti insektisida, cat, bahan-bahan yg mengandung merkuri dan lain-lain.
19. Bu, selain anda harus berhenti merokok, anda juga harus berhenti menjadi perokok pasif.karena sangat berbahaya bagi kesehatan janin anda.
20. Bu, selama kehamilan, perbanyak konsumsi air putih karena cairan yang masuk b’guna untuk meningkatkan volume darah bagi ibu hamil
21. Bu, minumlah 6-8gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu atau air putih biasa.periksakan kecukupan cairan anda dari air seni anda. Bila berwarna bening, anda sudah mengkonsumsi cairan dengan cukup.
22. Konsumsi makanan yang bergizi untuk memebuhi kecukupan gizi untuk ibu dan janin anda ya bu.
23. Usahakan makanan yang anda konsumsi memebuhi 5kelompok makanan yaitu nasi, daging, protein, sayuran dan sumber karbohidrat.
24. Ibu, selama kehamilan kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak konsumsi makanan berserat ya bu.
25. Bu, konsumsi vitamin Asam Folat 400mikrogram perhari mulai dari sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama kehamilan ya bu.
27. Mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan sangat baik untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada buah hati anda.
28. Untuk mendapatkan asam folat yg cukup, ibu hamil dapat mengkonsumsi sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli dan lainnya.
29. Bu, selama masa kehamilan ibu di anjurkan unruk mengkonsumsi tablet penambah darah guna mencegah anemia
30. Tablet penambah darah adalah tablet yg mengandung zat besi. Konsumsi sebanyak 30miligram setiap harinya bu, karena dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil
31. Bu, anemia saat kehamilan dapat menyebabkan terjadinya resiko pendarahan saat persalinan. Jadi konsumsilah makanan yang mengandung zat besi yang cukup.
32. Bu, cuci tangan sesering mungkin terutama setelah memegang daging mentah saat memesak atau setelah menggunakan kamar kecil. Untuk mencegah penyebaran kuman yang beresiko besar saat kehamilan
33. Ibu, kenali kondisi diri anda sendiri ya. Bila tubuh menunjukan gejala aneh seperti nyeri, pendarahan vagina, merembesnya air ketuban, pusing, pingsan, dan lain-lainnya segerankonsultasikan ke dokter anda.
34. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat tradisional, kafein,
alcohol selama kehamilan.
35. Ibu, semasa kehamilan sebaiknya mengurangi konsumsi coklat, kafein yang ada pada teh, kopi, alcohol, minuman ringan karena tidak baik untuk kehamilan anda.
36. Bagi ibu hamil yang sebelum masa kehamilan mengkonsumsi obat-obatan seperti untuk hipertensi, epilepsi, asma atau kencing manis, konsuiltasikan kembali ke dokter anda
apa anda boleh melanjutkan obat tersebut atau tidak
37. Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, konsultasikan dulu dengan dokter anda.
38. Sering-sering berkonsultasi kepada dokter anda mengenai kehamilan anda. Semakin banyak anda tahu, semakin baik bu.
39. Bergabunglah dengan kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam hamil dan lain-lain.
40. Selain mendapat manfaat dari kelas-kelas ibu hamil, calon bunda jg dapat berbagi pengalaman dan menambah pengalaman.
41. Ibu, tetaplah beraktifitas selama kehamilan, karena baik untuk ibu dan calon bayi anda.
42. Olah raga yang aman untuk ibu hamil seperti berjalan, sepeda statis, dan senam ibu hamil sangat di anjurkan.
43. Ibu hamil, tetap konsultasikan olahraga yang tepat untuk anda selam kehamilan dengan dokter anda, jadi janin juga tetap sehat.
44. Bu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5-6 kali perhari selama kehamilan. Ini lebih baik daripada makan 3x dalam porsi lebih besar.
45. Untuk ibu hamil, porsi makan yg kecil dan lebih sering dapat mengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung.
46. Ganti makanan yang dapat menyebabkan nyeri lambung meskipun anda menyukai nya dengan makanan yang lebih bergizi.
47. Ibu hamil, hindari mandi atau berendam dengan air panas karena membahayakan kehamilan
48. Bu, rencanakan dan buatlah lingkungan rumah yangh aman untuk sikecil nantinya. Hal

ini untuk mecegah bahaya-bahaya yg tidak diinginkan.

Info

   
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : 7

Sebaiknya para Ibu harus berhati- hati dalam memilih botol susu untuk buah hati, ada beberapa botol susu yang mengandung zat yang berbahaya sehingga dapat menimbulakn masalah kesehatan, pada nantinya. Untuk itu perlu ketelitian dalam memilih botol susu. Di tahun 2008, peneliti Amerika dan Kanada menemukan kandungan zat polikarbonat yang berbahaya untuk sistem reproduksi, saraf dan sistem daya tubuh proses pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh.

  Tips berikut dapat digunakan dalam memilih susu yang aman dan tepat:
  1. Pilihlah ujung botol susu yang pas ukurannya dengan mulut bayi dan tahap perkembangannya. Untuk bayi yang baru lahir tidak perlu menggunakan ujung botol yang orthodontis sampai dengan bayi tersebut memiliki gigi.
  2. Bacalah dan ikuti petunjuk range usia yang tercantum dalam botol, jangan memberikan bayi botol susu yang tidak sesuai dengan usianya.
  3. Botol plastik memerlukan perawatan dalam mencuci dan menjaga kebersihannya, sterilkan selalu botol sebelum digunakan bisa dengan menggunakan alat steril khusus atau mengocoknya dengan air panas untuk membunuh bakteri.
  4. Orang tua harus lebih jeli dalam membaca label dan memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya, atau cari botol yang ada tanda ‘recycle’ sehingga bisa digunakan kembali, atau pilih yang botol dengan tanda ‘food grade’.
Selain memilih botol yang tepat, sebaiknya Ibu juga membaca kode huruf atau simbol kode botol seperti lambing segitiga yang menentukan jenis bahan plastiknya.
  1. PET/PET atau Polyethylene Terephthalate, Bahan ini dipakai untuk botol plastik transparan seperti kemasan untuk air mineral. Botol ini aman digunakan untuk sekali pakai dan jangan memasukkan air panas atau hangat.
  2. HDPE atau High Density Polyethylene, Bahan ini biasa dipakai untuk botol susu berwarna putih susu. Seperti PET bahan ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian sekali.
  3. PVC atau Polyvinyl Chloride, Bahan plastik ini sangat sulit didaur ulang dan biasanya digunakan juga untuk botol dan pembungkus plastik (cling wrap). PVC berbahaya untuk ginjal dan hati.
  4. LDPE atau Low Density Polyethylene, Bahan ini dapat didaur ulang dan cocok untuk tempat makanan atau botol yang lentur. Bahan ini baik untuk tempat makanan.
  5. PP atau Polypropylene, Bahan ini adalah paling aman jika Anda membeli barang berbahan plastik seperti untuk botol bayi atau tempat makanan.
  6. PS atau Polystyrene, Bahan ini biasa dipakai untuk tempat minuman sekali pakai atau kotak makan styrofoam. Bahan styrene berbahaya untuk otak dan sistem saraf. Beberapa negara sudah melarang pemakaian bahan ini.
  7. Others, Jika simbolnya tertulis others itu artinya bahan plastiknya bisa berasal dari Acrylonitrile Butadiene Styrene Acrylic, Polycarbonate, Polylactic Acid, Nylon atau Fiberglass. Sebaiknya hindari yang tertulis Polycarbonate karena mengandung BPA.
Dan pastikan botol susu sesuai dengan ukuran mulut bayi dan volume air susu yang keluar.

Dan yang paling PENTING di AdoraBabyShop Semua nya AMAN untuk bayi so CHECK IT OUT!!!
   
21-02-2008 18:09:30 aneka resep makanan buat baby
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : 2
sekilas artikel tentang MPASI utk Ibu muda/ ibu baru



Bayi sebaiknya di berikan ASI eklusif hingga usia 6 bulan. Karena bagi bayi usia tersebut tidak ada makanan lain yang sebaik ASI. Namun jika kondisi tertentu, seperti produksi ASI tidak mecukupi kebutuhan nutrisi bayi atau alasan medis yang lain, maka pada usia 4 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang. Perlu diberikan makanan pendamping ASI. Teks & Foto: Budi Sutomo



Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks makan, seperti mengisap, menelan dan akhirnya mengunyah. Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan perkembangan sistem alat pencernaan bayi, mulai dari makanan bertekstur cair, kental, semi padat hingga akhirnya makanan padat. Secara umum kesiapan bayi menerima makanan pendamping ditandai dengan hal-hal berikut:

1. Bayi mulai memasukan tangan ke mulut dan mengunyahnya.

2. Bayi merespon dan membuka mulutnya saat disuapi makanan.

3. Hilangnya refleks menjulurkan lidah

4. Bayi lebih tertarik pada makanan dibandingkan botol susu atau ketika disodorkan puting susu.

5. Bayi rewel atau gelisah padahal sudah diberi asi atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.

6. Bayi sudah bisa duduk sambil disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.



Variasi Makanan Pendamping

Memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap baik dari tekstur maupun jumlah prosinya. Kekentalan makanan dan jumlah harus disesuaikan dengan ketrampilan dan kesiapan bayi di dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, awalnya bayi diberi makanan cari dan lebut, setelah bayi bisa menggerakan lidah dan proses mengunyah, bayi sudah bisa diberi makanan semi padat. Sedangkan makanan padat diberikan ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi geligi. Porsi makana juga berangsur mulai dari satu sendok hingga berangsur-angsur bertambah sesuai porsi bayi.



Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, papaya, avokad. Perhatikan responnya, apakah bayi mentoleransi atau tidak. Bayi biasanya lebih menyukai makanan manis dan bayi biasanya akan memuntahkan jika tidak suka. Jangan dipaksakan jika bayi menolak, berikan jenis makanan pengganti lain dengan rasa berbeda sebagai gantinya. Ketrampilan menelan pada bayi tergantung pada rangsangan yang tepat pada saraf pengecapannya. Karenanya berikan makanan manis seperti sari buah-buahan pada ujung lidah. Dan sayuran pada bagian tengah. Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Citarasa sayuran cenderung langu dan kurang diminati bayi, agar terbiasa makan sayuran, kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah.



Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair, lembut atau saring, seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran saring/dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat namun tetap bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan makanan keluarga atau makanan padat namun tetap memperhatikan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat menggangu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam atau berlemak. Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih ketrampilan di dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.



Organ pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, makanan tertentu bisa menyebabkan ganguan pencernaan, seperti sembelit, muntah atau perut kembung. Makanan yang dihindari seperti, makanan yang mengandung gas, durian, nangka, cempedak, tape, kol dan kembang kol.



Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Bayi



Makanan yang diberikan bayi harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.



Variasi Bubur untuk Bayi

Bubur susu cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, teksturnya yang lembut mudah dicerna dan diserap alat pencernaan bayi. Penambahan tepung seperti tepung beras atau tepung maizena bisa dilakukan. Tujuan penambahan tepung adalah meningkatkan nilai gizi dari bubur, susu sebagai sumber protein dan tepung sebagai sumber karbohidrat pemberi energi bayi. Sebenarnya variasi makanan bayi tidak hanya bubur susu. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan susu, jika menggunakan susu olahan berikan susu formula yang sesuai dengan usia bayi. ASI juga bisa ditambahkan ke dalam bubur susu, proses membuatnya setelah tepung direbus dengan air atau kaldu (air rebusan daging ayam/daging atau ikan) hingga matang dan mengental, tambahkan larutan susu formula hangat atau ASI, baru diaduk rata. Susu apalagi ASI sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan gizinya, cukup diseduh dengan air panas/hangat dan di campur dengan bubur tepung.



Variasi makanan pendamping asi tidak hanya bubur tepung, bubur buah dan bubur sayuran. Perlu diberikan selang-seling dengan bubur susu agar kebutuhan akan vitamin dan mineral bayi terpenuhi. Bubur buah bisa menggunakan avokad, sari jeruk manis, papaya, melon, semangka atau pisang. Jangan menggunakan buah-buahan terlalu asam dan berserat kasar seperti nanas karena bayi belum pencernaan bayi belum bisa menerima. Sayuran seperti wortel, kacang merah, kacang hijau, tomat dan kentang juga bisa dibuat bubur sayuran. Cairan yang digunakan bisa kaldu daging, kaldu ikan, kaldu ayam atau kaldu sayuran.



Nasi Tim
Variasi nasi tim untuk MP-ASI sebaiknya jangan menggunakan bahan yang monoton. Variasikan setiap hari, ini penting agar bayi tercukupi semua gizinya. Mengingat kandungan gizi setiap bahan pangan juga berbeda satu dengan yang lain. Selain nasi sebagai bahan utama sumber karbohidrat, di dalam nasi tim sebaiknya mengandung protein hewani atau nabati dan sayuran. Seperti nasi tim, ditambah dengan daging cicang dan potongan kecil wortel. Atau nasi tim dikombinasi dengan tahu, tomat atau bayam.


Makanan yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Bubur tepung beras/beras merah, dimasak dengan menggunakan cairan air/kaldu daging/sayuran, susu formula, ASI atau air.
2. Bubur tepung baik tepung maizena, dimasak dengan kaldu atau susu formula/ASI
3. Pure buah atau buah yang dihaluskan, seperti pisang, papaya, melon, apel, avokad.
4. Pure sayuran, sayuran yang direbus kemudian dihaluskan menggunakan blender. Sayuran yang dianjurkan, kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning. Selama memblender sayuran sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar tekstur sayuran dapat lembut.
5. Pure Kacang, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.
6. Daging, pilih yang tidak berlemak
7. Ayam, pilih daging ayam kampung muda tanpa tulang, kulit dan lemak.
8. Ikan, pilih daging ikan tanpa duri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Semua jenis makanan yang mengandung protein gluten, biasanya terdapat di dalam tepung terigu, barley, biji kandum, cookies dari tepung terigu dan havermut. Protein gluten di dalam bahan pangan ini seringkali menyebabkan reaksi gluten intolerance yang menyebabkan perut kembung, mual dan diare pada bayi.
2. Hidari pemberian gula, garam, bumbu masak/penyedap rasa terhadap makanan bayi.
3. Makanan terlalu berlemak
4. Buah terlalu asam, seperti jeruk, sirsak
5. Makanan terlalu pedas atau berbumbu tajam, hindari cabe, lada dan asam
6. Susu sapi dan olahannya. Khususnya untuk bayi yang memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi atau lactose intolerance
7. Buah-buahan mengandung gas, durian, cempedak, pemicu kembung dan sembelit
8. Sayuran mengandung gas, kol, kembang kol, lobak, pemicu perut kembung
9. Kacang tanah, bisa menyebabkan alergi atau pemicu anaphylactic shock atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga bayi susah bernapas.
10. Seringkali telur memicu alergi, berikan bertahap dengan porsi kecil dan lihat reaksinya. Jika tidak menimbulkan alergi telur bisa diberikan.

Jadwal Pemberian Makanan Pada Bayi
Pola makan bayi sebenarnya tidak ada acuan pastinya, karena waktu makan bayi dan istirahat bayi belum teratur seperti orang dewasa, karenanya gunakan pola makan sehari sebagai berikut.
Berikan ASI sekehendak atau semaunya bayi.
Jika menggunakan susu formula pengganti ASI, berikan 5 kali sehari dengan takaran 180-210 ml untuk bayi usia 4-5 bulan. Untuk, bayi usia 5-6 bulan, berikan 5 kali sehari dengan takaran susu 210 ml-240 ml setiap kali minum. Tambahkan satu kali bubur susu dan satu kali bubur buah atau pure sayuran.

Kebutuhan gizi bayi
Usia bayi 0-6 bulan dengan berat 6,0 kg dan tinggi 60 cm, angka kecukupan gizi yang dianjurkan perharinya adalah:

Energi 550 kkal
Protein 10 g
Vitamin A 375 RE
Vitamin D 5 mcg
Vitamin E 4 mg
Vitamin C 40 mg
Vitamin B12 0/4 mcg
Kalsium 200 mg
Besi 0.5 mg
Seng 1.3 mg

Sumber: Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi, 2004
   
01-02-2008 09:13:53 Tanya, ASI Perah
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Panduan Menyimpan ASI

Menyimpan sekitar 60 120 ml per botol sangat disarankan untuk mengurangi sisa ASI. ASI yang disimpan di kulkas lebih besar kandungan anti-infeksinya dibanding ASI yang beku dari freezer. Masukkan ASI kedalam kulkas biasa dulu untuk merendahkan suhunya baru pindahkan ke dalam freezer.



ASI bisa disimpan:

* Dalam suhu ruangan (19-22C) sampai 10 jam lamanya

* Di dalam kulkas (0-4C) sampai 8 hari (usahakan di bagian paling belakang dari kulkas) sampai 8 hari lamanya

* Di dalam freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 2 minggu

* Di dalam freezer dengan bagian khusus yang memiliki tutup terpisah dari pintu freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 3-4 bulan.

* Di dalam freezer yang sangat dingin (-17 sampai -8C) sampai 6 bulan lamanya



Tempat untuk menyimpan ASI

ASI yang disimpan di kulkas atau ASI beku dapat ditempatkan pada:

* Plastik dengan permukaan keras (seperti botol bayi) atau wadah yang terbuat dari gelas dengan tutup yang rapat.

* Kantong ASI yang didesain khusus untuk penyimpanan dalam freezer.

* Catatan: botol susu sekali pakai tidak direkomendasikan untuk dipakai.



Bagaimana cara menghangatkan ASI?

* Rendam atau aliri botol dengan air panas.

* ASI jangan dipanaskan sampai mendidih

* Perlahan kocok-kocok ASI sebelum mengukur suhunya. Mengocok secara perlahan juga akan membantu mencampur bagian yang mengental dengan yang cair.

* Dilarang menggunakan microwave dalam menghangatkan ASI.

* Rendam ASI perah dalam kontainernya (misalnya botol susu) di dalam mangkuk berisi air panas



ASI beku yang telah dicairkan

Jika ASI beku telah dicairkan, masih bisa disimpan dalam kulkas biasa sampai 24 jam ke depan. Tetapi ASI tidak boleh dibekukan lagi. Tidak diketahui dengan pasti apakah ASI yang tersisa di botol aman dan masih baik kondisinya untuk diminumkan lagi kepada bayi pada saat minum berikutnya. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya ASI disimpan dalam botol yang tidak terlalu besar, jadi mengurangi sisa ASI yang tidak terminum.



Menurut buku THE BREASTFEEDING ANSWER BOOK, halaman 228, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan zat dalam ASI yang tak dikenal untuk melindungi ASI dari bakteri dan kontaminasi. Sebuah studi, Barger & Bull 1987, mnemukan secara statistik bahwa tidak ada perbedaan kadar bakteri dalam ASI yang telah disimpan 10 jam dalam suhu ruangan dengan ASI yang telah disimpan selama 10 jam. Bahkan sebuah penelitian lain, Pardou 1994, menemukan bahwa setelah 8 hari disimpan di kulkas ada kecenderungan ASI memiliki kadar bakteri yang lebih rendah dibanding saat setelah diperah atau dipompa.



Sumber: diterjemahkan dari situs La Leche League