SITE STATUS
Jumlah Member :
493.810 member
user online :
1628 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jika anggota bpjs tidak pernah sakit uan

New Topic :  
22-12-2010 20:31:24 Sharing memberi MPASI
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Bunda, beberapa bulan terakhir saya melihat banyak sekali yang menanyakan MPASI. Demikian saya akan membagi pengalaman dan pengetahuan saya sebagai referensi, semoga berkenan...

Selamat bunda! Telah meluluskan si Baby jadi sarjana ASI. Saya yakin dengan jerih payah dan usaha keras bunda telah membuahkan hasil yang tak tergantikan bangganya. Si Baby tidak minum apa pun selain ASI, dan saya yakin hal ini akan senantiasa membuat bunda tersenyum. Begitu pun yang saya rasakan pada waktu itu. Rasa bangga yang bisa saya buktikan pada suami dan mertua, yang pada awalnya mereka tidak mendukung ASI (secara ASI saya baru keluar di hari ke 11, tapi saya tidak menyerah), saya perlihatkan anak saya, Altamis, dalam keadaan sehat (tidak pernah sakit walau batuk pilek sekali pun) dan postur tubuh yang besar, serta lebih pintar dari sesusianya (secara ASI adalah satu-satunya yang diserap otak). Untuk bunda yang belum berhasil, jangan menyerah bund. Beritakan juga kabar baik tentang ASI.

Tepat di usia 6 bulan, walau buku referensi menyarankan untuk memberinya MPASI awal di pagi hari sebagai sarapan, saya malah memberinya tepat jam 12 siang, sebagai makan siang. Kenapa begitu? Karena pada pagi hari, usus dalam keadaan kosong, dan dalam keadaan yang sangat baik untuk menyerap segala sesuatu yang baik (dalam hal ini ASI -  juga karena alasan inilah, saya selalu sarapan dengan buah), jadilah saya berlakukan siang hari. Hari pertama, saya memberinya setengah sendok teh bubur beras putih dicampur ASI 30 ml. Dicampur dengan ASI supaya Altamis mengenali rasanya (ooohhh... ini kan makananku tiap hari), jadi saya tidak kesulitan memberinya. Dannnn... gagal total! Awalnya Altamis ketawa-ketawa tiap kali saya masukkan bubur ke mulutnya, dan tak lama dia menangis. Mau bobo. Hehehe... Tidak apa deh. Namanya juga lagi sama-sama belajar.


Mom nelpon dan nyuruh kasih biskuit Farley, dengan alasan yang instan mudah dicerna. Jadi deh sorenya saya pergi ke supermarket dan borong itu biskuit. Besokannya, kembali di makan siang, saya kasih 1 keping biskuit plus ASI, dan kembali gagal, Altamis nangis-nangis mau bobo. Tapi waktu iseng-iseng saya baca ingredient, saya kaget bukan kepalang, taunya ada gula di campurannya. Bunda, dengan adanya campuran gula, akan membuat giginya keropos, sugar addict, diabetes, dan yang lebih terlihat jelas, akan merepotkan kita dalam memberinya makan, secara dia sudah kenal makanan yang enak-enak. Dan yang lebih parah, di badannya langsung bentol-bentol merah, waduh... alergi dah. Karena alasan ini juga, saya urung memberinya biskuit (jadi saya yang habisin dah. hahaha...).


Besokannya, saya memberinya kembali ke menu utama, bubur beras putih campur ASI. Begitu terus saya beri, sampai 3 hari tidak ada reaksi apa-apa (tidak bentol-bentol lagi), saya ganti menu, bubur kentang campur ASI, juga sampai 3 hari, lalu saya ganti menu lagi, bubur jagung (nah, ini jadi menu favoritnya), lalu bubur wortel, bubur brokoli, bubur alpukat, bubur mangga, bubur zukini, bubur ubi kuning. Yang saya beri sehari sekali, dalam porsi kecil (1 sdm) dan dicampur ASI.


Begitu umur Altamis 6 bulan 2 minggu, saya buat jadi 2 kali sehari, porsi 2 sdm.


Begitu umur Altamis 7 bulan pas, saya buat jadi 3 kali sehari (pagi-siang-malam), porsi 3 sdm. Cuma sudah jadi 2 3 mix. Yang saya campur bubur jagung wortel, bubur kentang brokoli, bubur kentang bayam mangga, dsb... dan tetap saya campur dengan ASI.


Begitu umur 8 bulan, porsi jadi 75 ml, dan saya mengenalkan air kaldu sayur (bawang putih 1 siung, bawang bombay 1/2 siung, wortel 1 biji, daun bawang, daun seledri) dicampur ke masakan sebagai gantinya ASI.

Umur 9 bulan, porsi jadi 100 ml, saya tambahkan ceker ayam ke kaldu sayuran. Menu utamanya sekarang: bubur kentang+jagung+ati ayam+brokoli, dengan ditambahi kaldu.

Dan semua ini saya buat tanpa tambahan GULA, GARAM apalagi ROYCO/MECIN/DSB...
Pengalaman membuktikan, jika sedari bayi dikenalkan bumbu tersebut, kelak besarnya ia akan susah makan (picky eater), yang benar-benar membuat gemas kita (udah capai-capai masak taunya ga dimakan), atau mau makan juga paling: mie instan, mie goreng, bakso, telur dadar, kecap-garam, wah, kalau sampai begini, jangan dituruti ya bund. Kasian dia kan sedang dalam masa pertumbuhan.

Btw, untuk bubur jagungnya, di usia awal, jagung kalau diblender agak bertekstur kasar, saran saya, bunda pakai juicer daripada blender trus saring lagi (pernah saya begini 3 jagung jadi 3 sendok dalam waktu 3 jam).

Ada juga yang menyarankan untuk MPASI awal di hari pertama, sebaiknya diberi juice buah, karena buah mengandung gluten yang mudah diserap usus, karena selama ini kan bayi hanya makan yang cair, jadi kalo dikasih selain buah, nanti kasian ususnya kaget. Tapi saya memberikannya beras putih dengan alasan, sebagai sumber karbo yang baik, apalagi dia sudah aktif bergerak. Jadi terserah bunda mau memberinya yang mana, keputusan ada di tangan bunda.

Semoga membantu...
   


09-05-2017 10:43:30 Gentle Birt
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai.. moms... tiba2 saya inget punya aplikasi ini yang saya install di awal2 kehamilan. makasih banget buat moms yang sudah sering menjawab pertanyaan saya. Ohya, sekarang anak saya sudah 9 bulan. lahir dengan Gentle / gentle birth di bidan. sehat. dan tidak pernah sakit serta tidak pernah kemasukan obat kimia sama sekali selain vaksin. alhamdulillah.... buag ibu-ibu yang sedang hamil, semangat yah... sempatkan untuk belajar terus, terutama belajar ttg gentle birth. kelahiran yang lembut, romantis, dan ramah jiwa. salam cinta.
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
putri pertamaku lahir tgl 13 maret 2004
lahir normal walau sedikit butuh perjuangan, Mutiara termasuk bayi yg sehat krn hampir tidak pernah sakit, setahun paling sekali atau dua kali itupun demam atau pilek saja
Mutiara termasuk anak yg aktif, usia 9 bulan sdh bisa berjalan
usia 3 tahun sdh mulai prescool sekarang usia 10 th sudah kelas 6 di suatu Madrasah Ibtidaiyah
   


03-04-2014 23:28:25 payudara sebelah kiri sakit
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
kenapa iya kok payudara sebelah kiri terasa sakit saat tidur berbaring ke kanan ataupun kiri, sebelumnya tidak pernah sakit tapi ini baru harini payudara saya sakit..
   
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
baby hilbram saya juga minum susu lactogen dari bayi bund.. alhamdulillah. tumbuh aktif,perkembanganya cepat dan jarang sakit. sesekali demam,tp paling lama sehari. imunisasi jg hampir tidak pernah sakit sekarang sudah 1 tahun dan sudah jalan. setelah satu tahun saya ganti susunya dgn dancow 1+. menurut saya,susu apapun selama tidak memicu reaksi alergi manfaat nya sama saja. tinggal orang tua saja yg bisa memilih sesuai kantong. kalo saya pilih yg ekonomis saja. karna alhamdulillah anak saya tidak "rewel" susu. tapi tetep ya bunda,hanya ASI asupan sempurna utk anak.. saya sedih sekali tdk bisa asi ekslusif. semoga anak kedua bisa.. hihihi...
   


12-09-2011 15:13:30 vitamin buat balita
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
saya setuju sama Niela...anak saya saya kasih zinc dan high nutrients children calsium (calsiumnya aman terbuat dr extract sum sum sapi segar jadi daya serapnya 95% langsung dikenali tubuh karena organic, kalopun ada 5%nya di buang melalui BAB< air seni / keringat)saja. daya tahan tubuhnya bagus banget ( bukan berarti tidak pernah sakit ya) kalaupun sakit recoverynya cepet sekali. napsu makannya juga bagus. semua alami tidak berbahan kimia.
   
14-07-2011 18:32:54 biar gemuk
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau saya sih, bunda...tidak terlalu suka anak gemuk. yang penting anak saya sehat tidak pernah sakit sih sudah cukup. Bagaimanapun gemuk kan bukan gerarti sehat bun. begitu juga sebaliknya.... Lagipula spertinya anak bunda sehat sekali tuh...masih tetap aktif kan...^^
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 Kalau dulu, saya selalu disuruh beri air putih ke Altamis supaya bisa nelan liur, kalo ga ditelan nafasnya suka grok grok. Saya cuma iya-iya saja, tapi tetap tidak saya lakukan. Karena saya cuma percaya ASI lebih baik daripada air, secara pengalaman udah membuktikan Altamis tidak pernah sakit, bahkan demam sekali pun.

Ternyata pas saya nge-browsing, air putih yang diberikan pada bayi <6 bulan malah memperberat kinerja ginjal (hasil riset John Hopkins university). Wah, hepi juga dulu tidak memberikan air putih. Lidahnya juga tidak putih seperti kalau minum susu formula.
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Dear bunda,

Secara hamil badan rentan penyakit, sebaiknya kita menjaga kondisi tubuh supaya tidak cepat sakit. Cobalah setiap hari mengonsumsi buah, 1 biji aja supaya tubuh dapat vitamin. Baik juga supaya badan tidak melar. Kalau bangun pagi, sebaiknya segera kumur dengan listerine (makin pedas makin yahud), sedikiittt aja, tidak usah banyak-banyak.

Tapi kalau sudah terlanjur sakit, kumurnya dibuat makin sering. Kalau batuk lebih baik makan permen fisherman's friend (pilih yang tanpa aspartam), dijamin dalam sehari sakitnya berkurang.

Pengalaman pribadi... selama hamil saya tidak pernah sakit.
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
@Bunda Upie,

Bayam banyak mengandung zat besi, mencegah ibu hamil dan janinnya anemia. Mengenai hal ini, saya pernah bertemu dengan seorang ibu yang tidak suka makan sayur dan setiap hari minum teh (bahkan ketika menyusui anaknya). Bagi si ibu tidak terasa efeknya, tapi bagi si anak sangat berasa. Di saat sang anak dewasa, si anak sering terkena anemia parah (sampai opname) dan sering pusing tanpa sebab. Terkadang kita suka melupakan untuk menjaga kesehatan janin.

Kalau susu kacang kedelai sangat baik untuk bumil, kalsiumnya juga tinggi. Dulu saya tiap hari minum itu, selama hamil tidak pernah sakit, juga begitu lahir, anak saya putih bersih tak ada tahi lalat atau tanda lahir.

Happy pregnant!
   
Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda Emma & Bunda Tirta,.. Salam kenal yah…

Saya memahami perasaan bunda, karena pastinya semua ibu ingin melakukan yang terbaik buat buah hatinya. Namun, kadang ada banyak hal yang membuat semuanya tidak seperti yang kita inginkan.

Semangat yah bunda, alangkah baiknya kalau kita gak usah mikirin apa yg sudah terjadi supaya tidak mengurangi kebahagiaan & keindahan menjadi seorang Ibu. Nanti kalau bundanya stress, si kecil juga bisa merasakan suasana hati bundanya lho… Kasihan kan J 

Bayi saya juga, Kay – 7 bulan, tidak mendapat ASI ekslusive karena sesudah melahirkan saya masih harus minum obat penurun tekanan darah. Jadi sesudah saya berhenti minum obat, dia diberikan sufor di siang hari dan minum ASI di malam hari. Tapi Puji Tuhan, sampai sekarang tumbuh kembangnya bagus dan system imunnya kuat sehingga hampir tidak pernah sakit.

Bunda sudah melakukan yg baik kok, dan sekarang nikmati aja menjadi Ibu, yuk..

Salam,

Mommy Kay

   
Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda Emma & Bunda Tirta,.. Salam kenal yah…

Saya memahami perasaan bunda, karena pastinya semua ibu ingin melakukan yang terbaik buat buah hatinya. Namun, kadang ada banyak hal yang membuat semuanya tidak seperti yang kita inginkan.

Semangat yah bunda, alangkah baiknya kalau kita gak usah mikirin apa yg sudah terjadi supaya tidak mengurangi kebahagiaan & keindahan menjadi seorang Ibu. Nanti kalau bundanya stress, si kecil juga bisa merasakan suasana hati bundanya lho… Kasihan kan J 

Bayi saya juga, Kay – 7 bulan, tidak mendapat ASI ekslusive karena sesudah melahirkan saya masih harus minum obat penurun tekanan darah. Jadi sesudah saya berhenti minum obat, dia diberikan sufor di siang hari dan minum ASI di malam hari. Tapi Puji Tuhan, sampai sekarang tumbuh kembangnya bagus dan system imunnya kuat sehingga hampir tidak pernah sakit.

Bunda sudah melakukan yg baik kok, dan sekarang nikmati aja menjadi Ibu, yuk..

Salam,

Mommy Kay

   
22-09-2010 23:09:38 Minum Obat Saat Menyusui
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
@Bunda Ziziheart,

Kalau bisa bund, ASI full saja. Jauh lebih berkualitas daripada sufor. Anak saya tidak pernah sakit sama sekali berkat ASI.

Untuk lebih membuat ASI lebih berkualitas, lebih baik jangan minum obat. Kalau sakit lebih baik ditahan saja, demi buah hati. Memang di 6 bulan pertama, para ibu menyusui sering sakit. Tapi kalau melihat anak yang sehat pasti senang. Jangan kuatir bund, tubuh kita mengeluarkan imun yang juga keluar di ASI pada saat kita sakit (sufor ga bisa nandingi ini).

Kalau bunda tidak pd dengan kuantitas ASI, coba minum sari kacang hijau 2 kotak plus susu 2 kotak juga. Dan semakin sering dihisap, ASI akan semakin melimpah. Saya yang ibu rumah tangga saja sampai stok banyak ASI di freezer, jaga-jaga kalau saya pergi dan sakit (seperti thypus, dbd, dan lainnya).

Kasian bund kalau dikasih sufor, tak ada yang dapat menandingi ASI.
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16

wah, diriku banget!
hehehe...

Tenang bund... biarin aja kata2 menyakitkan itu. Yang penting kita tunjukkan kalau anak kita sehat dan cakep.

Dan untungnya... memang anakku dari lahir sampai hari ini (6 bulan) tidak pernah sakit (bahkan pilek sekali pun!) dan cakep pula (ga pernah brutusan pipinya - begitu kena ASI aku langsung lap, juga ga pernah biang keringat - begitu merah langsung aku kasih baby cream, ga pernah ruam popok juga - rajin ganti popok). Jadi tidak bisa komen apa-apa deh itu orang-orang. Yang ada juga paling komen soal aku yang tidak mau memakaikan baju tanpa lengan, (ya kenapa dipakai kalau udaranya dingin?) atau saat MPASI aku tidak mau mendengar kata ortu yang menyuruh makanan instan (semua juga tau makanan instan itu tidak baik) dengan alasan nanti BAB nya keras. Tapi buktinya tadi BAB lancaaaarrr plong (di hari ke 2 MPASI).

Jadi... jangan terbakar emosi dengan kata-kata itu. Sharing saja kebetean kita, tapi tunjukkanlah kalau kita ini adalah smart moms dan yang lebih heboh lagi: sexy moms!
   
26-07-2010 17:07:10 Bayi tidur gelisah
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal all bunda...

Kenapa ya bun...anakku Aqila yang berumur 4,5 bulan klo tidur malam gelisah,terutama menjelang pukul 12 malam keatas.Aku kan kerja jam 5.30 sore baru ketemu ma sikecil,sehari2nya ma yang momong,untuk jam tidurnya sih anakku setelah azan isya baru bisa tidur pules, tetapi menjelang pukul 12 malam sampai pukul 04.00 subuh tidurnya gelisah dan maunya tidur miring atau tengkurep,klo ditelentangi pasti gak lama dah miring/tengkurep,bolak balik sembari nangis kadang,tetapi matanya merem,klo aku kasih susu dia gak mau,dan menjelang azan subuh dia baru tidur pules lagi. Aku sampe bingung nih anak apa mimpi buruk ya....atau ada yang dirasakan gak enak,tapi badannya sehat, panas gak, pilek juga gak, untuk kondisi kesehatannya sih...sampai umur 4,5 bulan alhamdulillah tidak pernah sakit,klo demam hanya sehabis imunisasi saja, paling 2 hari dah normal lagi,tapi klo dah bangun dari tidur sekitar pk 6.30 dia langsung tertawa....dan main.

Mohon masukkan dari bunda semua...itu kira2 penyebabnya apa ya....dan gimana cara mengatasinya ya...bun....

Thank'S sebelum dan sesudahnya atas saran bunda ...