SITE STATUS
Jumlah Member :
493.599 member
user online :
1190 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jihan fahira menikmati hari hari bersama

New Topic :  
08-03-2008 10:36:45 ARTI NAMA BAYI KITA
Jumlah Posts : 98
Jumlah di-Like : belum ada like
Ikutan juga ah...



Nama anakku Fakhira Ady

klo Fakhira itu artinya kebanggaan (bhs arab)

itu aku ambil dari nama2 bayi di internet & aku print,nama itupun aku&suamiku putuskan setelah pemikiran yang paaaaaaaaaaanjang &laaaaaaaaaamaa.......padahal aku udh liat2 print-an nama2 bayi itu dari aku hamil 6/7 bulan gitu,tapi baru bisa diputuskan waktu dia umurnya 2 hari Array

abisnya susah banget, udh ketemu nama yg cocok,orang tuaku ga setuju, ketemu yg lain lagi, bilang ga bagus.Khan jd bingung.... Array

Tapi....akhirnya ketemu juga,itupun pas ngeliat nama itu langsung aja diambil,ga pake nanya2 lagi Array

tapi emang dasar seneng sich sama nama itu khan mepet2 dikit mirip sama namaku Farah Array &kebetulan aku juga suka sama Jihan Fahira,jadinya aku ambil dech,cuma bedanya nama anakku ditambahin pake K

Jadiiiii.....

Fakhira itu artinya Kebanggaan

Ady itu nama Abinya



bisa diartikan mudah2an dia bisa jadi kebanggan abi & mamanya (amiiiiiiiiiiin)







maap ya kepanjangan Array
   


10-07-2013 12:12:33 puasa disaat hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
 >>..ANTARA QADHA DAN FIDYAH BAGI IBU HAMIL DAN MENYUSUI ..<<

1. Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan Dirinya Saja Bila Berpuasa
Bagi ibu, untuk keadaan ini maka wajib untuk mengqadha (tanpa fidyah) di hari yang lain ketika telah sanggup berpuasa.

Keadaan ini disamakan dengan orang yang sedang sakit dan mengkhawatirkan keadaan dirinya. Sebagaimana dalam ayat,

“Maka jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajib baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.”(Qs. Al Baqarah[2]:184)

Berkaitan dengan masalah ini, Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan, “Kami tidak mengetahui ada perselisihan di antara ahli ilmu dalam masalah ini, karena keduanya seperti orang sakit yang takut akan kesehatan dirinya.” (al-Mughni: 4/394)

.

2. Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan Dirinya dan Buah Hati Bila Berpuasa

Sebagaimana keadaan pertama, sang ibu dalam keadaan ini wajib mengqadha (saja) sebanyak hari-hari puasa yang ditinggalkan ketika sang ibu telah sanggup melaksanakannya.

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Para sahabat kami (ulama Syafi’iyah) mengatakan, ‘Orang yang hamil dan menyusui, apabila keduanya khawatir dengan puasanya dapat membahayakan dirinya, maka dia berbuka dan mengqadha. Tidak ada fidyah karena dia seperti orang yang sakit dan semua ini tidak ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah). Apabila orang yang hamil dan menyusui khawatir dengan puasanya akan membahayakan dirinya dan anaknya, maka sedemikian pula (hendaklah) dia berbuka dan mengqadha, tanpa ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah).’” (al-Majmu’: 6/177, dinukil dari majalah Al Furqon)

.

3 .Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan si Buah Hati saja

Dalam keadaan ini, sebenarnya sang ibu mampu untuk berpuasa. Oleh karena itulah, kekhawatiran bahwa jika sang ibu berpuasa akan membahayakan si buah hati bukan berdasarkan perkiraan yang lemah, namun telah ada dugaan kuat akan membahayakan atau telah terbukti berdasarkan percobaan bahwa puasa sang ibu akan membahayakan. Patokan lainnya bisa berdasarkan diagnosa dokter terpercaya – bahwa puasa bisa membahayakan anaknya seperti kurang akal atau sakit -. (Al Furqon, edisi 1 tahun 

Untuk kondisi ketiga ini, ulama berbeda pendapat tentang proses pembayaran puasa sang ibu. Berikut sedikit paparan tentang perbedaan pendapat tersebut.

.

Dalil ulama yang mewajibkan sang ibu untuk membayar qadha saja.

Dalil yang digunakan adalah sama sebagaimana kondisi pertama dan kedua, yakni sang wanita hamil atau menyusui ini disamakan statusnya sebagaimana orang sakit. Pendapat ini dipilih oleh Syaikh Bin Baz dan Syaikh As-Sa’di rahimahumallah

.

Dalil ulama yang mewajibkan sang Ibu untuk membayar fidyah saja.

Dalill yang digunakan adalah sama sebagaimana dalil para ulama yang mewajibkan qadha dan fidyah, yaitu perkataan Ibnu Abbas radhiallahu’anhu, “Wanita hamil dan menyusui, jika takut terhadap anak-anaknya, maka mereka berbuka dan memberi makan seorang miskin.” ( HR. Abu Dawud)

dan perkataan Ibnu ‘Umar radhiallahu’anhu ketika ditanya tentang seorang wanita hamil yang mengkhawatirkan anaknya, maka beliau berkata, “Berbuka dan gantinya memberi makan satu mud gandum setiap harinya kepada seorang miskin.” (al-Baihaqi dalam Sunan dari jalan Imam Syafi’i, sanadnya shahih)

Dan ayat Al-Qur’an yang dijadikan dalil bahwa wanita hamil dan menyusui hanyaf membayar fidyah adalah, “Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar diyah (yaitu) membayar makan satu orang miskin.” (Qs. Al-Baqarah [2]: 184)

Hal ini disebabkan wanita hamil dan menyusui yang mengkhawatirkan anaknya dianggap sebagai orang yang tercakup dalam ayat ini.

Pendapat ini adalah termasuk pendapat yang dipilih Syaikh Salim dan Syaikh Ali Hasan hafidzahullah.

.

Dalil ulama yang mewajibkan sang Ibu untuk mengqadha dengan disertai membayar fidyah

Dalil sang ibu wajib mengqadha adalah sebagaimana dalil pada kondisi pertama dan kedua, yaitu wajibnya bagi orang yang tidak berpuasa untuk mengqadha di hari lain ketika telah memiliki kemampuan. Para ulama berpendapat tetap wajibnya mengqadha puasa ini karena tidak ada dalam syari’at yang menggugurkan qadha bagi orang yang mampu mengerjakannya.

Sedangkan dalil pembayaran fidyah adalah para ibu pada kondisi ketiga ini termasuk dalam keumuman ayat berikut,

“…Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin…” (Qs. Al-Baqarah [2]:184)

Hal ini juga dikuatkan oleh perkataan Ibnu Abbas radhiallahu’anhu, “Wanita hamil dan menyusui, jika takut terhadap anak-anaknya, maka mereka berbuka dan memberi makan seorang miskin.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh Al Bani dalam Irwa’ul Ghalil). Begitu pula jawaban Ibnu ‘Umar radhiallahu’anhu ketika ditanya tentang wanita hamil yang khawatir terhadap anaknya, beliau menjawab, “Hendaklah berbuka dan memberi makan seorang miskin setiap hari yang ditinggalkan.”

Adapun perkataan Ibnu Abbas dan Ibnu ‘Umar radhiallahu’anhuma yang hanya menyatakan untuk berbuka tanpa menyebutkan wajib mengqadha karena hal tersebut (mengqadha) sudah lazim dilakukan ketika seseorang berbuka saat Ramadhan.



Demikian pembahasan tentang qadha dan fidyah yang dapat kami bawakan. Semoga dapat menjadi landasan bagi kita untuk beramal. Adapun ketika ada perbedaan pendapat dikalangan ulama, maka ketika saudari kita menjalankan salah satu pendapat ulama tersebut dan berbeda dengan pendapat yang kita pilih, kita tidak berhak memaksakan atau menganggap saudari kita tersebut melakukan suatu kesalahan.

Semoga Allah memberikan kesabaran dan kekuatan bagi para Ibu untuk tetap melaksanakan puasa ataupun ketika membayar puasa dan membayar fidyah tersebut di hari-hari lain sambil merawat para buah hati tercinta. Wallahu a’alam.

.

.

Maraji’:
Majalah As Sunnah Edisi Khusus Tahun IX/1426H/2005M
Majalah Al Furqon Edisi 1 Tahun VII 1428/2008
Majalah Al Furqon Edisi Khusus Tahun VIII 1429/2008
Kajian Manhajus Salikin, 11 Desember 2006 bersama Ust. Aris Munandar hafidzahullah
Panduan dan Koreksi Ibadah-Ibadah di Bulan Ramadhan, Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah. Majelis Ilmu. Cet 1 2008
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
Hai para bunda, ... Aku mau infokan berita bahagia. Aku dan bunda soffa udh melahirkan, tp utk prosesx bunda soffa ntr biar dia sendiri yg cerita ya. Aku akan ceritakan proses kelahiran anakku. Spt tulisanku terakhir di atas, bahwa aku mengalami kontraksi tiap 10 mnt skali selama 3 hari, ga bisa tidur selama 3 hari, tp ga bisa jg makan selama 3 hari. Hari ke-3, yaitu hari jumat, tgl 28 okt pagi2 (wkt setempat) kami ke RS awalx hny utk mencek aja... Kenapa aku ttp pendrahan yg diketahui trrnyt itu mrpkn "pintu" penghubung. Jika pintu tsb pecah, maka bisa jd kuman dll bs masuk.. Tp itu bkn mjd tanda utk melahirkan, kadang org2 bs kehilangan darah tsb di usia 7 bln lalu perlahan menuju ke proses pembukaan., tp trnyt bgtu di cek di RS, udh bukaan 2 menuju ke-3. Smntr aku udh mulai ga kuat. Krn bgtu di cek uterusku posisi msh ke blkg, jd blm bs sejajar dgn jalan keluar (mulut rahim) smntr kepala bayi udh siap, tp ga msk pintu rahim. Akhirx dr pihak rs berkata, aku akan disiapkan kamar dan hrs melahrikan hari ini. Tp setelah ditunggu sampe jam 3 sore, masih bukaan 3 menuju ke-4. Aku udh ga kuat tahan kontraksi, akhirnya aku minta epidural. Dr situ agak lmyn, bisa tertawa dan nyanyi2 sama si suami,di ruangan melahirkan smbl nunggu wktu.tp sampe jam 5 sore trnyt msh bukaan 3 ke -4. Dokter menyarankan agar di caesar, krn ketuban udh dipecahin separuh (krn kejepit dgn kepala si bayi)juga bayiku besar. tp si bidan beropini agar kita tunggu lg smpe jam 7 mlm, krn rahimku udh mulai sejajar dgn mulut rahim, tapi ternyata smpe jam 7 mlm pun blm ada bukaan lagi. Maka diputuskan caesar. Hiikkss ... :(( tp ya, ternyata.. Si bayi ga bisa keluar jg krn lehernya kelilit tali puser. Dan aku jg udh lemes banget krn aku ga makan dan ga tidur 3 hari kl hrs disuruh ngeden blm tentu kuat. Tapi puji Tuhan, anakku "Samuel Surya Pierre " lahir pada tgl 28 okt, pukul 20.12 malam wkt Pcis. Dgn berat 3,600 gr panjang 51 cm. Yah, bgtulah proses kelahiran yg aku alami. Sekalipun kita udh jalan sesering mgkn swktu hamil, tp posisi rahim, besar bayi, dan posisi bayi pun trnyt berperan jg di detik2 kelahiran. Buat para bunda yg masih menunggu detik2 proklamasi si bayi, persiapkan diri anda ya,.. Usahakan ttp makan yg baik, trs jgn terlalu letih dan segar di saatnya nanti... Okeh ? ... Selamat berjuang ya.. Aku lg menikmati hari2ku sbagai seorg mama, sekalipun nyerih di sekujur tubuhku blm hilang, tp kalo meliat Samuel tertidur di pangkuanku aku merasa sangat senang dan bahagia menjadi mamanya. Dan hari ini tepat 1 mggu anakku lahir.. Happy 1 week bday my boy !! .... Love you always !!! ... Muuuaahhhh...
   


17-02-2009 09:07:32 THE SMEEL OF RAIN
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
Semoga bermanfaat..... THE SMEEL OF RAIN Di akhir cerita ini, ini memberikan dua opsi. Saya pikir anda akan memilih apa yang saya pilih…. Pada malam yang dingin di bulan maret dan angin berhembus di kegelapan malam di Dallas amerika. Dan seorang dokter melangkah masuk ke dalam ruangan dimana Diana Blesing di rawat. Diana masih merasa pening akibat dari efek operasi. Diana baru saja dioperasi Suaminya David mengenggam tangannya dan berusaha menahan emosinya atas berita yang baru saja di dengarnya. Siang itu pada tanggal 10 maret 1991, Diana mengalamai komplikasi pada kandungannya. Di usia kandungan baru 24 minggu dia harus menjalani operasi Caesar untuk mengeluarkan bayi di dalam kandungannya.Maka lahirlah anak Perempuan pasangan itu, yang bernama Dana Lu Blesing. Yang hanya 12 inci dan beratnya hanya satu pound sembilan ons (0.86 kg) . Dan perkataan dokter yang lembut rasanya seperti bom bagi mereka. Dokter mengatakan dengan sebaik-baiknya " Saya tidak yakin, anak ini akan dapat bertahan" Hanya ada kemungkinan 10 persen, dia kan melewati malam ini. Dan jika dapat bertahan, hanya ada kesempatan yang sangat kecil dia dapat bertahan, masa depannya akan sangat kejam. Dengan rasa tidak percaya, David dan Diana mendengarkan apa yang dokter jelaskan tentang sesuatu yang sangat buruk. Dana sangat tidak mungkin untuk selamat. "Dana tidak akan dapat berjalan, dia tidak akan dapat berbicara, dia kemungkinan akan buta, dan dia pasti akan mudah untuk dapat menderita catastrophic (masalah besar) dari Celebral plasty ( idiot) dan penghambatan perkembangan mental dan lain sebagainya." " Tidak mungkin" Kata Diana tidak percaya Dia dan David suaminya dan anak lelakinya Dustin yang berumur 5 tahun, telah lama mendambakan seorang putri di dalam anggota keluarganya. sekarang mimpi itu telah terwujud…. Tetapi setelah hari itu berlalu, dan penderitaan baru di dalam keluarga itu. Karena Dana mengalami pertumbuhan system sel saraf yang sangat lambat sehingga cahaya atau sentuhan dapat membuat dia merasa kesakitan ( tidak nyaman), jadi mereka tidak dapat menggendong bayi mungil itu di dada. Dan memberikan rasa cinta yang besar Semua mereka lakukan untuk berdoa supaya Tuhan mau berjaga di dekat putrid mereka yang berharga , dan dana berjuang sendirian dibawah lampu sinar ultraviolet di dalam incubator. Mereka tidak melupakan bagaimana dana bertumbuh dan akhirnya menjadi semakin kuat. Minggu demi minggu berlalu, Dana tumbuh dengan lambat tetapi pasti. Berat dan kekuatannya juga semakin bertambah Akhirnya setelah dana berusia dua bulan. Mereka mendapatkan ijin untuk menyentuh dana dengan tangan untuk pertama kalinya. Dan dua bulan kemudian, dokter memperingatkan dengan lembut kemungkinan yang suram yang akan terjadi, kesempatannya sangat kecil untuk bertahan dan hidup dengan normal. Semuanya sangat kecil sekali. Dan Dana bisa di bawa pulang dari rumah sakit, seperti yang diinginkan ibunya. Lima Tahun kemudian, Dana telah menjadi seorang gadis kecil yang mungil dengan mata abu-abunya yang cerah dan semangat hidup yang luar biasa. Tidak ada tanda-tanda akan mengalami suatu gangguan mental atau fisik yang akan di deritanya. Dia seperti gadis kecil yang normal dengan segala aktifitasnya. Tetapi cerita tidak berakhir disini. Di suatu siang yang panas, pada musim panas tahun 1996 di dekat rumah mereka di Irving , Texas . Dana sedang duduk di pangkuan ibunya, di sebuah lapangan bola setempat, dimana saudaranya Dustin sedang latihan baseball bersama teamnya, Seperti biasa, Dana mengoceh tanpa henti kepada ibunya dan beberapa orang dewasa duduk di dekat mereka ketika tiba-tiba Dana terdiam. Dana memeluk tangan ibunya dan merangkulkannya ke tubuh mungilnya. Lalu ia bertanya.. " Mama,… mama mencium sesuatu…? Mamanya mencoba membaui udara dan berusaha mendeteksi akan mendekatnya badai. " Ya,… Baunya seperti akan hujan…" Diana menjawab Dana memandang mata ibunya dan bertanya lagi " Mama mencium baunya …" Sekali lagi ibunya mejawab " Ya… saya pikir nanti akan hujan. Karena baunya seperti hujan." Masih dalam dekapan ibunya, Dana mengelengkan kepalanya dan menepuk pundak ibunya dengan tangan mungilnya. Dengan perlahan dia mengatakan " Bukan, Baunya seperti Sahabatku yang selama ini memelukku.... " Air mata mengalir ke pipi Diana karena Dana, karena kebahagian dan pertolongan sehingga dana dapat seperti anak lainnya. Sebelum hujan turun, perkataan Dana mengingatkan Diana akan keberadaan Dana dalam keluarga itu, di dalam hatinya selama ini. Pada saat hari-hari yang panjang di dalam dua bulan pertama kehidupan Dana, ketika system sarafnya sensitive terhadap sentuhan sekalipun.Pada saat Dana tidak dapat di dekapnya di dalam pelukannya sekalipun ibunya sangat menginginkanya. TUHAN telah mendekap Dana di dalam pelukanNya dan menjaganya. Dan Bau Cinta Tuhan yang telah diingat oleh Dana sangat baik. MALAIKAT ITU ADA , tetapi kadang-kadang, ketika mereka tidak punya sayap, dan tak rupawan, juga tak secemerlang cahaya, kita menyebutnya SAHABAT. _________________________ *** INTERNET E-MAIL CONFIDENTIALITY *** This message and any attachment hereto may contain information that is privileged, confidential or otherwise protected from disclosure. If you are not the intended recipient, please notify the sender by return e-mail and destroy this message, along with any attachment. You are hereby formally advised that any unauthorized disclosure, copying or distribution of this material, or the taking of any action in relation to the contents is strictly prohibited. Thank you for your cooperation. JGC INDONESIA
   
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
Ass wr wb, Temen-temen terkasih, semoga artikel yg saya copy kan dari website group sehat bisa bermanfaat yaa. Amin.... Agar ASI lancar di awal masa menyusui 8/6/2007 (Diterjemahkan dari artikel “How to Get Your Milk Supply Off to a Good Start”) http://www.lalecheleague.org/NB/NBJulAug05p142.html Lisa Marasco, IBCLC; Santa Maria, CA, USA Diana West, IBCLC; Long Valley NJ, USA From: NEW BEGINNINGS, Vol. 22 No. 4, July-August 2005, pp. 142-147 Idealnya proses menyusui dapat segera dilakukan begitu bayi lahir. Bayi yang lahir cukup bulan akan memiliki naluri utk menyusu pada ibunya di 20 – 30 menit setelah ia lahir. Itupun jika ia tidak mengantuk akibat pengaruh obat ataupun anastesi yang diberikan ke ibu saat proses melahirkan. Di jam-jam pertama, bayi akan relatif tenang, terjaga dan memiliki kemampuan bawaan utk melakukan proses latch-on (proses masuknya sebagian besar ke dalam mulut bayi hingga ia dapat ”mengunci” dan menyusu dg baik) dan menyusu dengan baik. Riset menunjukkan bahwa bayi baru lahir yang diletakkan di perut ibu sesaat setelah ia lahir, akan mampu mencari payudara ibu dan menyusu dengan baik dalam kurun waktu kurang dari 50 menit. Memisahkan bayi dari ibunya sebelum hal tsb dilakukan akan membuat bayi kehilangan kesempatan besar. Bayi akan mengantuk dan kehilangan minatnya utk menyusu pada ibunya. Akibatnya proses inisiasi menyusui mengalami hambatan (Righard and Alade 1990; Widstrom et al. 1990; Wang and Wu 1994). Oleh karena itu, pastikan bahwa bayi mendapatkan kesempatan utk melakukan proses inisiasi menyusui paling tidak satu jam pertama setelah ia lahir. Hal ini akan menunjang proses lancarnya ASI di kemudian hari. Meskipun proses menyusui dapat segera ibu lakukan setelah bayi lahir, beberapa bayi nampak tidak dapat latch on dengan baik setelah ia lahir. Hal ini disebabkan pengaruh epidural atau anastesi lainnya yang diberikan ibu selama masa melahirkan. Beberapa jenis anastesi mengurangi refleks bayi mencari payudara ibu dan menyusu pada ibunya, juga meningkatnya temperatur tubuh bayi dan tangisan bayi (Ransjo-Arvidson et al. 2001). Namun perlu dipahami bahwa jika bayi tidak dapat menyusu setelah ia lahir bukan akhir dari segalanya. Segera minta bantuan dari ahli laktasi jika bayi sulit menyusui atau melakukan latch on. Sehingga problem tersebut dapat segera diatasi. Selanjutnya, semakin seringnya bayi disusui makin meningkatkan reseptor hormon prolaktin (Lihat kolom di halaman 144.) Jika menyusui di jam-jam pertama kelahiran tidak dapat dilakukan, alternatif terbaik berikutnya adalah memerah ASI atau pompa ASI selama 10-20 menit tiap 2 hingga 3 jam sekali, hingga bayi dapat menyusu. Tindakan tsb dapat membantu memaksimalkan reseptor prolaktin dan meminimalkan efek samping dari tertundanya proses menyusui oleh bayi. Jika ibu melahirkan di RS atau di klinik melahirkan, biasanya disediakan breastpump elektrik dan ibu butuh bantuan menggunakannya. Perawat, konsultan laktasi ataupun bidan dapat membantu ibu dalam menggunakan alat tsb. Suasana yang menyenangkan, tenang dan nyaman akan membantu saat-saat berduaan dan terciptanya bonding antara ibu dan bayi. Meskpun tidak mudah membuat suasana spt it di RS, namun adanya dukungan, support dan kenyamanan akan membantu ibu dalam proses makin lancarnya produksi ASI. Menyusui Pasca Melahirkan dengan Operasi Cesar Ibu yang melahirkan dengan cara operasi cesar (c-sections) seringkali sulit menyusui bayinya segera setelah ia lahir. Terutama jika ibu diberikan anastesi umu. Ibu relatif tidak sadar untuk dapat mengurus bayinya di jam pertama setelah bayi lahir. Meskipun ibu mendapat epidural yang membuatnya tetap sadar, kondisi luka operasi di bagian perut relatif membuat proses menyusui sedikit terhambat. Sementara itu, bayi mungkin mengantuk dan tidak responsif untuk menyusu, terutama jika ibu mendapatkan obat-obatan penghilang sakit sebelum operasi. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa proses melahirkan dengan cesar akan menghambat terbentuknya produksi ASI (Dewey et al. 2003; Grajeda and Perez-Escamilla 2002; Rowe-Murray Fisher 2002; Hartmann 1987). Meskipun demikian, menyusui sesering mungkin setelah proses kelahiran dg cesar akan meminimalisasi masalah-masalah tsb. Bahkan beberapa ibu yang melahirkan dg cesar memiliki produksi ASI yang berlimpah. Kehebatan Kolostrum Tiap ibu perlu mengetahui dan menghargai betul betapa berharganya kolostrum. Kolostrum, cairan bening kekuningan yang sering disebut “Pre-milk”, akan diproduksi di hari-hari pertama menyusui. Kolostrum, kemudian disusul dengan ASI “matang”, akan menjaga dan melindungi bayi seperti plasenta saat ia dalam kandungan ibu. Kolostrum relatif rendah lemak dan karbohidrat, tetapi kaya akan protein. Kandungan tsb sangat tepat sesuai dengan kebutuhan bayi di hari-hari pertama. Kolostrum mudah dicerna dan mengandung sel-sel hidup yang memberikan proteksi terhadap berbagai bakteri, virus dan alergen. Kolostrum ini akan melindungi bagian dalam usus bayi dan menjaganya dari absorpsi substansi-substansi yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Faktor imun seperti IgG dan IgA sangat banyak jumlahnya dalam kolostrum dibandingkan dengan ASI matang. Kedua zat imun tsb akan menstimulasi dan meningkatkan sistem imun bayi. Dan penelitian menunjukkan bahwa manfaat tsb akan terus didapatkan bayi selama hidupnya. Lebih jauh lagi, kolstrum beraksi sebagai laxative (“obat pencuci perut”) yg efektif, mulai dari membuang meconium dari usus, hingga memecahkan bilirubin (substansi yg dapat membuat bayi menjadi kuning). Dua minggu kemudian, kolostrum akan berubah komposisi menjadi ASI matang. Namun kondisi tsb tidak terjadi secara sekaligus. Kolostrum akan secara perlahan berubah menjadi ASI matang. Karena itu ASI yang dihasilkan di saat-saat tsb terlihat lebih kekuningan dibandingkan ASI yg dihasilkan kemudian. Terkadang kita jumpai beberapa ibu yang belum dapat menghasilkan ASI di awal setelah kelahiran bayinya. Ibu-ibu yang tidak melihat kolostrum saat menyusui bayinya akan merasa khawatir jika dirinya tidak dapat memproduksi ASI. Namun, kenyataan bahwa tidak terlihatnya ASI saat bayi menyusu, bukan berarti ASI (kolostrum) tidak keluar. Kolostrum yang dihasilkan ibu umumnya diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu sekitar 7.4 sendok teh (36.23 ml) per harinya. Atau sekitar 1.4 hingga 2.8 sendok teh (6.86-13.72 ml) sekali menyusu. Dan jumlah yang sangat sedikit tsb akan segera diminum dan ditelan oleh bayi (Hartmann 1987; Hartmann and Prosser 1984; Houston et al. 1983). Kenyataan bahwa warna dari kolostrum yang bening kekuningan dan tampak spt air liur menyebabkan kolostrum sulit untuk diidentifikasi. Sehingga tak jarang ibu yang merasa ASInya belum keluar, padahal ASI (kolostrum) nya sudah keluar. Memerah ASI di awal-awal pasca melahirkan akan terasa sulit, karena payudara terasa bengkak. Disini ibu membutuhkan bantuan dari konsultan laktasi. Selanjutnya seiring dengan waktu dan makin seringnya ibu memerah ASI, maka ibu akan lebih terampil dalam memerah ASI. Karena sedemikian berharganya kolostrum, maka pastikan ibu memberikannya ke bayi meskipun hanya dalam jumlah yg amat sangat sedikit. Kolostrum ini akan menjadi hadiah yang tak ternilai harganya utk anak. Karena manfaatnya yang demikian hebat, maka segala macam upaya dalam memberikan kolostrum akan menjadi hal yang patut diperjuangkan. Rooming-In (Rawat Gabung) Banyak RS yang menawarkan pilihan agar bayi dapat terus bersama ibunya selama 24 jam. Kondisi ini dinamakan rawat gabung. Meskipun selama ini banyak RS yang masih menerapkan ruangan khusus untuk bayi, terpisah dari ibunya. Namun riset terakhir menunjukkan bahwa jika tidak ada masalah medis, tidak ada alasan untuk memisahkan ibu dari bayinya, meskipun sesaat (Yamauchi and Yamanouchi 1990; Buranasin 1991; Oslislo and Kaminski 2000). Bahkan makin seringnya ibu melakukan kontak fisik langsung (skin-to-skin contact) dengan bayi akan membantu menstimulasi hormon prolaktin dalam memproduksi ASI (Hurst 1997). Karena itu pada tahun 2005, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan kebijakan agar ibu dapat terus bersama bayinya di ruangan yang sama dan mendorong ibu untuk segera menyusui bayinya kapanpun sang bayi menginginkannya. Semua kondisi tsb akan membantu kelancaran dari produksi ASI. Susui bayi sesering mungkin Seperti yang telah diketahui bersama, ibu harus menyusui sesering mungkin kapanpun bayi menginginkannya. Ini berarti, paling tidak tiap 2 hingga 3 jam sekali dan tiap 4 hingga 5 jam di malam hari dari 8 hingga 12 kali menyusui selama 24 jam. Coba kalkulasikan berapa lama bayi menyusu, mulai dari awal hari menyusu hingga akhir hari. Umumnya bayi menyusu kira-kira 20-40 menit sekali menyusu, tapi bukan berarti ibu harus melihat jam dan mengukur lamanya bayi menyusui. Di minggu-minggu pertama menyusui, terutama saat bayi baru lahir, hari-hari ibu terasa hanya diisi dengan kegiatan menyusui saja. Saat bayi baru selesai menyusui, ibu harus menyusu kembali. Ini sangat lumrah terjadi. Sebelum ASI matang keluar, bayi akan terasa begitu rakus menyusu. Hal ini disebabkan lambung bayi yang begitu kecil, sehingga mereka mudah lapar. Makin sering bayi menyusui akan memperbanyak ASI yang diproduksi. Hal ini disebabkan oleh stimulasi maksimum dari reseptor-reseptor prolaktin yang akan memicu produksi ASI dalam jumlah sebanyak mungkin. Bulan pertama menyusui adalah masa pembelajaran utk bayi. Di bulan tsb, ia berusaha menguasai betul bagaimana teknik menyusui yang tepat. Hingga masuk ke bulan berikutnya, ia dapat menyusu dengan baik dalam waktu yang singkat. Dengan selalu berada di dekatnya, Ibu dapat memastikan tanda-tanda awal bayi lapar (mimik muka tanda haus, dsbnya). Jadi ibu dapat segera menyusuinya sebelum bayi kelaparan dan menangis karena stres. Jika hal ini dilakukan, ibu dan orang sekitar ibu akan terhindar relatif jauh dari stres. Seiring waktu, ibu tidak selalu menghabiskan waktu dengan menyusui sepanjang hari. Ingatlah bahwa ibu dalam masa pemulihan pasca melahirkan, sehingga ibu butuh banyak istirahat. Menyusui adalah cara alami untuk memastikan ibu dapat berisitrahat dengan baik. Terutama di sela waktu menyusui. Ibu dapat beristirahat saat bayi sedang tidak menyusu. Semakin bertambahnya waktu juga, bayi akan memiliki pola menyusui. Sehingga ibu dapat mengatur waktunya dengn baik. Pola menyusui yang bayi atur akan sangat spesifik sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan emosinya hingga kebutuhan fisiologisnya. Dan pola menyusui tsb akan terus berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Lindungi diri dengan lingkungan yang supportif Masa menyusui adalah masa yang paling sensitif dalam kehidupan ibu. Baik secara fisik ataupun emosional. Begitu ibu mulai menyusui, ibu butuh lingkungan yang supportif, yang mendukung ibu dari berbagai keraguan dan kritikan. Menyusui memang hal biologis yang wajar. Namun di dalam masyarakat, kita masih sering menjumpai orang-orang yang tidak nyaman dengan keberadaan ibu menyusui. Dan orang-orang ini akan banyak melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sinis seputar produksi ASI ibu. Hal ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan yang mereka ketahui tentang menyusui dan kadang dipengaruhi oleh anggapan yang salah tentang payudara dari segi sexual. Disini lah ibu butuh banyak dorongan dan dukungan positif. Jangan pedulikan tanggapan negatif yang dapat mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri ibu akan ASI dan menyusui. Memang tidak mudah menjaga jarak dari orang-orang yang tidak mendukung ibu dalam hal menyusui. Namun ingatlah bahwa ibu butuh suasana dan lingkungan yg kondusif demi keberhasilan ASI eksklusif. Ingatlah selalu bahwa bayi ibu butuh air susu ibu. Ingatlah selalu akan hal ini diatas segala kritikan dan tekanan. Jika ibu sulit menghadapi berbagai kritikan dan tekanan, mintalah bantuan suami ataupun orang lain yang dapat membantu ibu untuk menghadapi hal tsb. Mungkin ibu berpikir, “Bagaimana jika orang yg tidak mendukung saya adalah ibu saya atau ibu mertua saya ? Bagaimana cara utk menghadapinya ?”. Banyak eyang baru yang tidak berhasil menyusui anaknya saat ia bayi. Beberapa eyang yang sedih akan berupaya sedemikian rupa membantu agar anaknya ataupun menantunya sukses menyusui bayinya. Namun ada juga eyang yang justru menjadi defensif. Mereka akan berupaya mempertahankan pendapatnya agar diberikan susu formula dan menganggap menyusui adalah hal yang menyebalkan. Nah tahukah anda pengalaman ibu anda ataupun ibu mertua anda dalam hal menyusui ?! Tanyakan hal ini kepada mereka. Dengarkan cerita dan pengalaman mereka saat menyusui dulu. Dengan demikian, anda mendapatkan informasi, dukungan ataupun masalah teknis yang mungkin anda belum dapatkan. Hal ini akan mengetahui bagaimana perjuangan mereka dahulu dan bagaimana anda mengetahui betul bahwa mereka adalah orang tua yang baik. Dengan menunjukkan empati dan mendengarkan pengalaman mereka, anda akan mendapatkan dukungan ataupun masukan yang baik dalam menyusui. Kewajiban lainnya Di minggu-minggu pertama menyusui, ibu akan terfokus pada perawatan anak, menyusui dan merawat diri sendiri. Tanggung jawab lainnya tidak akan terlalu menjadi perhatian. Jika anda memiliki anak yang lebih besar (akak dari bayi), anda perlu memperhatikan mereka juga. Padahal anda harus membagi perhatian utama ke bayi dan anda sendiri. Mintalah bantuan kepada suami ataupun pengasuh yang akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan utama sang kakak. Biasanya teman ataupun kerabat akan mengunjungi ibu di awal-awal pasca ibu melahirkan. Di saat spt ini ibu seringkali merasa tidak dapat leluasa menyusui bai ataupun utk beristirahat. Jika hal ini terjadi, katakanlah secara perlahan dan sopan kepada tamu bahwa ibu butuh waktu untuk menyusui ataupun istirahat. Jika tamu tsb tetap memaksa utk tinggal, maka cara terbaik adalah membatasi waktu berkunjung. Atau ibu dapat menjelaskan secara perlahan bahwa ibu butuh istirahat. Istirahat di tempat tidur Tahukah anda bahwa istrihat di tempat tidur di hari-hari pertama menyusui adalah kunci awal keberhasilan menyusui. Ibu dapat membawa buku atau majalah ataupun tv untuk dibawa ke kamar ibu. Siapkan juga snack dan minuman di dekat tempat tidur. Jadi ibu hanya berdiri jika ke kamar mandi. Meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri dan menyusui bayi kapanpun ia inginkan, akan membantu kelancaran ASI. Jika perlu jelaskan ke tiap orang bahwa ini adalah “perintah dokter” jika ibu butuh justifikasi. Pasca melahirkan, banyak dokter yang menginstruksikan kepada ibu utk melakukan hal diatas. Karena meskipun ibu merasa senang dan segar, tubuh ibu tetap butuh istirahat banyak utk memulihkan diri pasca melahirkan. Jika ibu tidak istirahat di awal-awal pasca melahirkan, maka beberapa bulan berikutnya akan terasa lebih sulit. Dan hal ini jelas akan mempengaruhi produksi dari ASI. Masak dan pekerjaan rumah Dari sekian banyak tanggung jawab, ada 2 hal yang sebaiknya tidak ibu lakukan sendiri, yaitu masak dan pekerjaan rumah. Mintalah bantuan teman ataupun keluarga utk dapat membantu ibu menyiapkan makanan. Jadi jika ada banyak tamu yang datang membawakan banyak makanan, simpanlah dalam kulkas utk cadangan makanan ibu nanti. Biasanya banyak tamu yang berpikir jika mereka membawa makanan akan jauh lebih bermanfaat utk ibu pasca melahirkan. Pekerjaan rumah, terutama di hari-hari saat ibu melahirkan, akan terasa sangat menumpuk. Ini bukan waktunya utk ibu memikirkan hal-hal resik spt ini. Meskipun banyak yang sudah membantu membersihkan rumah dsbnya. Jangan pedulikan hal-hal yang detail, terutama menyangkut urusan keapikan rumah, selama masa awal menyusui. Jangan paksakan diri utk membereskan pekerjaan rumah, terutama di awal pasca melahirkan. Mintalah bantuan orang lain. Beritahukan mereka dimana letak piring akan menghemat energi ibu daripada mengerjakannya sendiri. Ingat dan ingatlah selalu bahwa urusan rumah bukanlah tanggung jawab anda saat ini. Tiap orang yang bertamu akan mengerti bagaimana rasanya menjadi seorang ibu. Sehingga mereka tidak akan menuntut rumah selalu terlihat rapi. Seorang ibu menyusui yang mengatakan: “Memang melakukan sesuatu tidak semudah mengatakan sesuatu. Semua orang bilang saya hanya boleh menyusui saja. Santai dan jangan memikirkan urusan rumah. Jangan hiraukan. Konsentrasi menyusui saja. Lupakan urusan lain. Saya pikir saya tidak akan menghiraukan nasehat itu, Ini sama saja saya membiarkan diri saya sendiri bermalas-malasan. Padahal saya dapat melakukannya meski saya harus mengurus dan menyusui bayi saya. Saya tidak mengerti kenapa tiap orang menyarankan hal tsb”. Jawabannya hanya satu : Jangan biarkan energi ibu habis untuk hal yang tidak perlu, meski itu sekecil apapun. Simpan energi ibu untuk menyusui bayi. Pengasuh pasca melahirkan (Postpartum Doula Care ) Banyak ibu yang memilki suami ataupun keluarga yang begitu mendukung dan membantu semua urusan ibu. Namun ada hal lain yg ibu butuhkan selain hal tsb.Selain merawat bayi, ibu juga perlu merawat dan memanjakan diri sendiri. Terkadang ibu juga merasa kebingungan dalam merawat bayi baru lahir. Disinilah ibu butuh bantuan dari doula. Doula adalah orang (biasanya wanita) profesional yg membantu ibu dalam merawat bayi dan memberikan dukungan dalam menyusui. Banyak juga doula yg ikut membantu ibu dalam proses persalinan, meski banyak juga yg membantu ibu pasca melahirkan. Doula juga dapat membantu ibu dalam mengurus rumah, mengasuh sang kakak dari bayi, ataupun merawat anda. Kehadiran doula bukan hanya utk membantu hal-hal tsb diatas, tetapi juga membantu memastikan ibu agar tetap percaya diri selama proses menyusui dengan bayinya. Saat ibu memilih menyewa doula, tanyakan betul bagaimana filosofinya tentang perawatan bayi. Apakah ia percaya bahwa bayi disusui kapanpun bayi menginginkan atau ia lebih meyakini agar proses menyusui dilakukan berdasarkan jam? Apakah dia lebih suka bayi tinggal sekamar bersama ibu, atau ia lebih suka bayi dirawat olehnya ? Apakah ia mengerti betul tentang masalah-masalah menyusui ? Apalah dia menyarankan ibu untuk menemui konsultan laktasi jika dibutuhkan ? Dengan mengetahui betul filosofi dari doula yg akan ibu sewa, maka ibu dapat memastikan kelancaran berbagai urusan di rumah dan proses menyusui. Dan apabila ibu memiliki berbagai pertanyaan atau sekedar ingin mengetahui berbagai hal seputar menyusui, ibu dapat menghubungi ahli laktasi. Makan, minum dan tidur nyenyak Agar anda memiliki tenaga utk menyusui dan merawat bayi, anda butuh makanan yang bergizi, banyak cairan dan tidur yang banyak. Jangan melewatkan saat makan. Bahkan, ibu perlu makan snack bergizi di sela-sela waktu makan. Secara umum, jumlah dan kualitas makanan sangat perlu diperhatikan bagi ibu menyusui. Meski tubuh ibu akan membuat ASI yang bagus (berkualitas) meskipun ibu makan makanan yg kurang gizi. Makan makanan yang bergizi akan mengembalikan tubuh ibu ke kondisi prima. Karena itu nikmatilah waktu makan dengan baik. Minuman juga perlu diperhatikan. Minumlah saat ibu merasa haus. Ingatlah, minum dalam volume yang banyak tidak akan memperbanyak ASI. Air adalah cairan terbaik. Meskipun ibu dapat minum the yg tidak berkafein jika ibu menginginkannya. Buah dan jus jeruk juga sangat bermanfaat karena gizinya yg baik. Tapi jika anda minum jus yang ada dalam kemasan, pastikan anda membaca label kemasan. Pastikan tidak ada gula di dalamnya. Gula dalam jus kemasan hanya akan menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh. Beberapa ibu merasa jika ia minum banyak jus jeruk, maka bayinya menjadi rewel. Demikian juga dengan susu sapi. Beberapa bayi sensitif thd protein dari susu sapi yg ada di dalam ASI. Meski hanya sedikit ibu yg mengalaminya. Ada anggapan bahwa ibu harus minum susu agar dapat membuat ASI. Anggapan ini tidak benar. ASI dibuat dari berbagai nutrien yg ada dari berbagai sumber. Jadi bukan hanya dari susu. Banyak ibu yang tidak minum susu dan tidak ada masalah dalam produksi ASInya. Selain urusan makan dan minum, hal lain yg perlu ibu perhatikan adalah masa tidur. Tidurlah kapanpun ibu bisa. Tidurlah saat bayi sedang tidur. Di awal kehidupannya, bayi masih belum memiliki pola tidur yg teratur. Sehingga waktu malam ia masih memungkinkan sering bangun dan memotong waktu tidur ibu di malam hari. Karena itu tidurlah saat bayi sedang tidur. Saat bayi tidur, biasanya ibu memanfaatkannya utk menelpon, menulis, mengerjakan pekerjaan rumah dsbnya. Padahal inilah waktu yg tepat utk ibu banyak beristirahat. Mungkin tidak mudah utk ibu tidur saat bayi tidur. Terutama jika tidak alma kemudian bayi bangun. Namun seiring waktu ibu akan terbiasa beristirahat dan mengikuti ritme bayi. Percayalah ibu akan mendapatkan banyak manfaat dengan istirahat banyak. Apalagi tubuh ibu butuh memulihkan kondisi pasca melahirkan. Agar produksi ASI selalu optimal Menyeimbangkan urusan menjaga produksi ASI agar terus optimal, menyusui dan mengurus keluarga adalah hal yg tidak mudah. Setiap hari ibu harus memenuhi kebutuhan bayi, keluarga dan diri sendiri. Terkadang sulit sekali bagi ibu utk membagi perhatian dan menyeimbangkan semua urusan. Jika hal ini terjadi, cobalah utk selalu mengingat bahwa ibu telah memberikan yg terbaik utk keluarga ibu sesuai dengan kemampuan ibu. Jangan pernah memaksakan diri sendiri. Anda akan kelelahan jika berusaha memaksakan diri. Akibatnya produksi ASI juga tidak optimal. Bersikap ariflah dalam melalui proses ini. Ingatlah, anda butuh waktu banyak utk mencintai bayi anda, sosok mungil yg baru lahir dan butuh waktu singkat sebelum ia tumbuh besar. Referensi American Academy of Pediatrics. Policy statement: Breastfeeding and the use of human milk. Pediatrics 2005; 115(2):496-506. Buranasin, B. The effects of rooming-in on the success of breastfeeding and the decline in abandonment of children. Asia Pac J Public Health 1991; 5(3):217-20. Dewey, K., Nommsen-Rivers, L., Heinig, M., Cohen, R. Risk factors for suboptimal infant breastfeeding behavior, delayed onset of lactation, and excess neonatal weight loss. Pediatrics 2003; 112(3 Pt 1):607-19. Grajeda, R. and Perez-Escamilla, R. Stress during labor and delivery is associated with delayed onset of lactation among urban Guatemalan women. J Nutr 2002; 132(10):3055-60. Hartmann, P. Lactation and reproduction in Western Australian women. J Reprod Med 1987; 32:543-47. Hartmann, P. and Prosser, C. Physiological basis of longitudinal changes in human milk yield and composition. Fed Proc 1984; 43:2448-53. Houston, M., Howie, P., McNeilly, A. Factors affecting the duration of breast feeding: 1. Measurement of breast milk intake in the first week of life. Early Hum Dev 1983; 8:249-54. Hurst, N., Valentine, C., Renfro, L. et al. Skin-to-skin holding in the neonatal intensive care unit influences maternal milk volume. J Perinatol 1997; 17(3):213-17. Oslislo, A. and Kaminski, K. Rooming-in: a new standard in obstetrics and neonatology. Ginekol Pol Apr 2000; 71(4):202-7. Ransjo-Arvidson, A., Matthiesen, A., Lilja, G. et al. Maternal analgesia during labor disturbs newborn behavior: effects on breastfeeding, temperature, and crying. Birth 2001; 28(1):5-12. Righard, L. and Alade, M. Effect of delivery room routines on success of first breast-feed. Lancet 1990; 336:1105-07. Rowe-Murray, H. and Fisher, J. Baby friendly hospital practices: cesarean section is a persistent barrier to early initiation of breastfeeding. Birth 2002 Jun; 29(2):124-31. Wang, Y. and Wu, S. Effect of early suckling and emptying the breasts after nursing on exclusive breastfeeding. Zhonghua Fu Chan Ke Za Zhi 1994; 29(8):465-7, 509-10. Widstrom, A., Wahlberg, V., Matthiesen, A. Short-term effects of early suckling and touch of the nipple on maternal behavior. Early Hum Dev 1990; 21:153-63. Yamauchi Y. and Yamanouchi, I. The relationship between rooming-in/not rooming-in and breast-feeding variables. Acta Paediatr Scand 1990; 79:1017-22. Last edited Sunday, September 18, 2005 9:38 PM by jlm. Lely Soraya I @ September 2005 Salam manis, Bunda Nenni & Zahwa
   


29-06-2008 15:55:52 Lomba foto Bayi - Balita
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
hai lg bunds...   ada sedikit info niy,,,  Dancow jg ngadain lomba foto untuk anak usia 6 - 12, temanya cinta Indonesia. yg menang selain dpt hadiah uang jg bs ikutan acara hari anak bersama Presiden SBY jg nonton bareng Presiden "Liburan Seru". klik de websitenya dancow.   Giant jg gi ngadain lomba baby huki, tp sayang acaranya ditutup per hari ini, 290608. hayuu bergegasss..
   
06-12-2007 14:50:42 KOPDAR KALTIM
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
hai bunda malika..
nanti yaa klo saya ke medan zahwa bisa maen ke rumah kak malika ga?nanti klo ke sana saya kabarin yaa..

halloooo..bunda2 yg tinggal di kaltim!!...mana lagi neh responnya?jadi kapan donk kopdarnya????????????????
pada mau cuti akhir tahun yaa..
iya neh saya juga libur dari kantor dari tgl 20 Desember 2007,masuk kerja tgl.02 januari 2007, istilahnya di kantor saya karena banyak hari-hari kejepit dgn tgl merah jadi kita cuti bersama deh...
kemana yaa enaknya, ke jkt banjiirrr boo..payah neh tiap tahun banjir mulu malah semakin parah, bukan semakin baek..macet nya juga parah banget sekarang...uhhh...pusiiinnggg deh liat jkt.
enaknya sich ke Luar negeri yaa..hehe..pengennya sech ke Singapore gituu,klo bunda2 libur akhir tahunnya pada mau kemana neh?
salam,
bunda zahwa
   
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Berikut 9 jenis rasa takut yang kerap dialami batita dan tips mengatasi yang diberikan Ika. 1. TAKUT BERPISAH (SEPARATION ANXIETY) Anak cemas harus berpisah dengan orang terdekatnya. Terutama ibunya, yang selama 3 tahun pertama menjadi figur paling dekat. Figur ibu, tak selalu harus berarti ibu kandung, melainkan pengasuh, kakek-nenek, ayah, atau siapa saja yang memang dekat dengan anak. Kelekatan anak dengan sosok ibu yang semula terasa amat kental, biasanya akan berkurang di tahun-tahun berikutnya. Bahkan di usia 2 tahunan, kala sudah bereksplorasi, anak akan melepaskan diri dari keterikatan dengan ibunya. Justru akan jadi masalah bila si ibu kelewat melindungi/overprotektif atau hobi mengatur segala hal, hingga tak bisa mempercayakan anaknya pada orang lain. Perlakuan semacam itu justru akan membuat kelekatan ibu-anak terus bertahan dan akhirnya menimbulkan kelekatan patologis sampai si anak besar. Akibatnya, anak tak mau sekolah, gampang nangis, dan sulit dibujuk saat ditinggal ibunya.Bahkan si ibu beranjak ke dapur atau ke kamar mandi pun, diikuti si anak terus. Repot, kan? Belum lagi ia jadi susah makan dan sulit tidur jika bukan dengan ibunya. Cara Mengatasi: Jelaskan pada si kecil, mengapa ibu harus pergi/bekerja. Begitu juga penjelasan tentang waktu meski anak usia ini belum sepenuhnya mengerti alias belum tahu persis kapan pagi, siang, sore, dan malam serta pengertian mengenai berapa lama masing-masing tenggang waktu tersebut. Akan sangat memudahkan bila orang tua menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Semisal, "Nanti, waktu kamu makan sore, Ibu sudah pulang." Jika tak bisa pulang sesuai waktu yang dijanjikan, beri tahu anak lewat telepon. Sebab, anak akan terus menunggu dan ini justru bisa menambah rasa takut anak. Ia akan terus cemas bertanya-tanya, kenapa sang ibu belum datang 2. TAKUT MASUK "SEKOLAH" Bukan soal mudah melepas anak usia batita masuk playgroup. Sebab, ia harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Padahal, tak semua anak bisa gampang beradaptasi. Dari pihak orang tua, tidak sedikit pula yang justru tak rela melepas anaknya "sekolah" karena khawatir anaknya terjatuh kala bermain atau didorong temannya. Cara Mengatasi: Orang tua tetap perlu mengantar anak ke "sekolah" karena ini menyangkut soal pembiasaan. Kalaupun di hari-hari berikutnya ada sekolah-sekolah yang bersikap tegas hanya membolehkan orang tua menunggu di luar, sampaikan informasi ini pada anak. Guru pun harus bisa menarik perhatian anak agar tidak terfokus pada ketiadaan pendampingan orang tuanya dengan bermain. Di saat asyik bermain dengan teman-temannya niscaya ia akan lupa. 3. TAKUT PADA ORANG ASING Di usia-usia awal, anak memang mau digendong/dekat dengan siapa saja. Namun di usia 8-9 bulan biasanya mulai muncul ketakutan atau sikap menjaga jarak pada orang yang belum begitu dikenalnya. Ini normal karena anak sudah mengerti/mengenali orang. Ia mulai sadar, mana orang tuanya dan mana orang lain yang jarang dilihatnya. Cara Mengatasi: Di usia batita seharusnya rasa takut pada orang asing sudah mulai berangsur hilang karena, toh, ia sudah bereksplorasi. Semestinya anak sudah memperoleh cukup pengetahuan untuk menyadari bahwa tak semua orang asing/yang belum begitu dikenalnya merupakan ancaman baginya. Biasanya, justru karena orang tua kerap menakut-nakuti, sehingga anak bersikap seperti itu. "Awas, jangan deket-deket sama orang yang belum kamu kenal. Nanti diculik, lo!" Memang boleh-boleh saja orang tua menasehati anak untuk berhati-hati/bersikap waspada pada orang asing, tapi sewajarnya saja dan bukan dengan cara menakut-nakutinya. 4. TAKUT PADA DOKTER Mungkin pernah mengalami hal tak mengenakkan seperti disuntik, anak jadi takut pada sosok tertentu. Belum lagi kalau orang tua rajin "mengancam" setiap kali anak dianggap nakal. "Nanti disuntik Bu Dokter, lo, kalau makannya enggak habis!" atau "Nanti Mama bilangin Pak Satpam, ya! Cara Mengatasi: Izinkan anak membawa benda atau mainan kesayangannya saat datang ke dokter sehingga ia merasa aman dan nyaman. Di rumah, orang tua bisa membantunya dengan menyediakan mainan berupa perangkat dokter-dokteran. Biarkan anak menjalani peran dokter dengan boneka sebagai pasiennya. Secara berkala ajak anak ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan giginya. Tak ada salahnya juga mengajak dia saat orang tua atau kakak/adiknya berobat gigi. Dengan begitu anak memperoleh infomasi bagaimana dan ke mana ia harus pergi untuk menjaga kesehatan giginya. Lambat laun ketakutannya pada sosok dokter justru berganti menjadi kekaguman. 5. TAKUT HANTU "Hi, di situ ada hantunya. Ayo, jangan main di situ!" Gara-gara sering diancam dan ditakuti seperti itu, batita yang sebetulnya belum mengerti sama sekali tentang hantu, jadi tahu dan takut. Bisa juga karena ia menonton film horor di televisi. Cara Mengatasi: Jauhkan anak dari tontonan tentang hantu. Orang tua pun seyogyanya jangan pernah menakut-nakuti anak hanya demi kepentingannya. Bisa pula dengan membelikan buku-buku cerita atau tontonan anak mengenai karakter hantu atau penyihir yang baik hati. 6. TAKUT GELAP Biasanya juga gara-gara orang tua. "Mama takut, ah. Lihat, deh, gelap, kan?" Takut pada gelap bisa juga karena anak pernah dihukum dengan dikurung di ruang gelap. Bila pengalaman pahit itu begitu membekas, bukan tidak mungkin rasa takutnya akan menetap sampai usia dewasa. Semisal keluar keringat dingin atau malah jadi sesak napas setiap kali berada di ruang gelap atau menjerit-jerit kala listrik mendadak padam. Cara Mengatasi: Saat tidur malam, jangan biarkan kamarnya dalam keadaan gelap gulita. Paling tidak, biarkan lampu tidur yang redup tetap menyala. Cara lain, biarkan boneka atau benda kesayangannya tetap menemaninya, seolah bertindak sebagai penjaganya hingga anak tak perlu takut. 7. TAKUT BERENANG Sangat jarang anak usia batita takut air. Kecuali kalau dia pernah mengalami hal tak mengenakkan semisal tersedak atau malah nyaris tenggelam saat berenang hingga hidungnya banyak kemasukan air. Cara Mengatasi: Lakukan pembiasaan secara bertahap. Semisal, awalnya biarkan anak sekadar merendam kakinya atau menciprat-cipratkan air di kolam mainan sambil tetap mengenakan pakaian renang. Bisa juga dengan memasukkan anak ke klub renang yang ditangani ahlinya. Atau dengan sering mengajaknya berenang bersama dengan saudara/teman-teman seusianya. Tentu saja sambil terus didampingi dan dibangun keyakinan dirinya bahwa berenang sungguh menyenangkan, hingga tak perlu takut. Kalaupun anak tetap takut, jangan pernah memaksa apalagi memarahi atau melecehkan rasa takutnya. Semisal, "Payah, ah! Berenang, kok, takut!" 8. TAKUT SERANGGA Tak sedikit anak yang takut pada jangkrik, kecoa atau serangga terbang lainnya. Sebetulnya ini wajar, hingga orang tua jangan tambah menakut-nakutinya, "Awas, nanti ada kecoa, lo." Hendaknya justru bisa memahami karena anak usia ini mungkin saja menemukan banyak hal yang dapat membuatnya takut. Cara Mengatasi: Boleh saja orang tua memberi pengenalan tentang alam binatang pada anak. Tak perlu kelewat detail seperti halnya profesor memberi kuliah. Tugas orang tua sebatas memahami ketakutan anak sekaligus membantunya merasa aman. Boleh saja katakan, "Ayah tahu kamu takut jangkrik." Cukup segitu dan jangan paksa anak berada terus-menerus dalam pembicaraan mengenai rasa takutnya. Jangan pula memaksa anak bersikap sok berani menghadapi ketakutannya. "Belum saatnya mencobakan anak melihat atau malah menyentuhkan serangga yang ditakutinya. Ini hanya akan membuat anak semakin takut." Bila dipaksakan terus, anak malah bisa fobia pada serangga. Biarkan anak tertarik dengan sendirinya dan biasanya ini terjadi setelah anak berusia 2 tahunan. Jika anak memang takut kala ada serangga yang terbang di dekatnya, bantulah untuk mengusirnya bersama 9. TAKUT ANJING Wajar anak batita takut anjing mengingat penampilan binatang ini memang terkesan galak dengan gonggongan dan tampang yang garang. Belum lagi kebiasaannya suka melompat, menjilat atau malah mengejar. Tugas orang tualah untuk memahami sekaligus membantu anak mengatasi ketakutannya. Cara Mengatasi: Tak harus memaksa anak memelihara anjing atau mendorong anak menghadapi rasa takutnya dengan terus-menerus memberi 'ceramah', semisal "Ngapain, sih, takut sama anjing. Anjingnya, kan, baik." Menihilkan ketakutan anak justru akan membuat anak semakin takut dan bukan tidak mungkin akhirnya malah berkembang jadi fobia yang sulit diatasi. Bila anak memang takut dan ketika berjalan bertemu anjing, pegangi tangannya untuk meyakinkannya ia bisa aman melewati binatang yang ditakutinya bersama orang tuanya. Jangan lupa untuk tetap menjaga jarak aman dari temperamen binatang yang relatif sulit diduga. Bisa juga dengan menunjukkan keakraban antara anjing sebagai hewan peliharaan dengan majikannya lewat cerita/dongeng. Atau kenalkan pada anjing tetangga dan tak ada salahnya meminta si pemilik memperlihatkan bagaimana menjalin keakraban dengan anjingnya tanpa harus merasa takut.
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 mau nanya dong, HPHT saya tanggal 16 maret, siklus haid 27-sampe 30 Hari, hari ini saya coba tespack Hasil nya dua garis satu garis samar, apa Hasil nya Bisa di bilang positif bun? Mohon pencerahan nya Yg pernah Punya pengalaman seperti saya, Hasil tespack Ada Di profile saya.
   
11-07-2017 17:29:17 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
assalamualaikum bunsay😘.salam kenal ya..semoga hari hari kita dan apa yang kita harapkan tekabul oleh allah swt ..amin
   
03-01-2017 22:32:26 haid hari pertama kapan ya?
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
bulan november kemarin saya telat haid tp hasil usg negatif , 12 des saya umroh , jd seminggu sblm berangkat saya minum pil diane. tgl 28 saya msh minum diane , tp mlm nya nge flex , saya berhenti minum diane , tp tetep ngeflex sampe 4 hari , hari ke5 mulai keluar darah merah sampe skrg .
hari pertama haid saya yg benar kapan ya ?
   
Jumlah Posts : 111
Jumlah di-Like : 2

Contact Number : 081510123080 (SMS/WHATSAPP) / BBM : D527E0AC

Cara Pemesanan :
1 judul buku : Ketik (KODE BUKU + QTY + ALAMAT LENGKAP)
> 2 judul buku : Via Email / SMS sebutkan kode judul saja.

1. Buku dijamin baru dan original (asli)
2. Pemesanan melalui SMS/WHATSAPP (LIHAT CARA PEMESANAN DIATAS), pemesanan cara lain akan diabaikan
3. Buku yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan kecuali buku tersebut stoknya kosong, uang yang sudah ditransfer akan dikembalikan.
4. Pengiriman melalui JNE dan pembayaran via BCA.
5. Maaf tidak melayani pemesanan di hari libur & bila respon terlambat.

Searching/cari buku hanya dengan tekan (CTRL + F) lalu cari buku yang agan ingin cari.

Berikut daftar harga bukunya gan, koleksi lengkap silahkan pilih...

W0800    BUKU FANTASTEEN.CHOCOBLOOD HARGA --> Rp. 32000
W0801    BUKU FANTASTEEN.REINKARNASI HARGA --> Rp. 32000
W0802    BUKU PBC.IRISH HARGA --> Rp. 32000
W0803    BUKU PBC.LADYS TRIP HARGA --> Rp. 32000
W0804    BUKU PBC.UNTITLED:SEMUA ORANG BISA MENULIS HARGA --> Rp. 32000
W0805    BUKU PBC. GALANEON AND FRIENDS HARGA --> Rp. 32000
W0806    BUKU PBC.SETULUS HATI DILLA HARGA --> Rp. 32000
W0807    BUKU PBC.ZERO BASKET BALL HARGA --> Rp. 32000
W0808    BUKU PBC.THE JOKERS SECRET HARGA --> Rp. 32000
W0809    BUKU PBC.THE MEANING OF LOVE HARGA --> Rp. 32000
W0810    BUKU PBC.RAINBOW FOR LIFE HARGA --> Rp. 32000
W0811    BUKU FANTASTEEN.HANTU SUMMER HARGA --> Rp. 32000
W0812    BUKU PBC.PURPLELITHA'S SISTERS HARGA --> Rp. 32000
W0813    BUKU PBC.HOLIDAY ISLAND HARGA --> Rp. 32000
W0814    BUKU PBC.SEBEL TAPI SUKA HARGA --> Rp. 32000
W0815    BUKU PBC.CHANGES:PERUBAHAN YANG INDAH HARGA --> Rp. 32000
W0816    BUKU PBC.SHELLY AVOINNIARABLE HARGA --> Rp. 32000
W0817    BUKU PBC.HARI-HARI KETTY HARGA --> Rp. 32000
W0818    BUKU PBC.RHYTHM OF FRIENDSHIP HARGA --> Rp. 32000
W0819    BUKU PBC.JOURNAL FROM FETHIYE HARGA --> Rp. 32000
W0820    BUKU PBC.THE TROUBLEMAKER HARGA --> Rp. 32000
W0821    BUKU PBC.DO YOU STILL REMEMBER HARGA --> Rp. 32000
W0822    BUKU PBC.MYTH IN BELLVIATRA HARGA --> Rp. 32000
W0823    BUKU PBC.I NEED YOU HARGA --> Rp. 32000
W0824    BUKU PBC.GOOD MORNING PAGI HARGA --> Rp. 32000
W0825    BUKU PBC.THE DOZEN DICES HARGA --> Rp. 32000
W0826    BUKU PBC.THE MISSION HARGA --> Rp. 32000
W0827    BUKU PBC.CERITA NABILA HARGA --> Rp. 32000
W0828    BUKU FANTASTEEN.GONE HARGA --> Rp. 32000
W0829    BUKU PBC. GG ON THE SKY HARGA --> Rp. 32000
W0830    BUKU PBC.MAKE ALL HAPPY HARGA --> Rp. 32000
W0831    BUKU PBC.THE THEATRE SCHOOL HARGA --> Rp. 32000
W0832    BUKU PBC.UNFORGETTABLE MOMENT HARGA --> Rp. 32000
W0833    BUKU PBC.LEFT HANDED GIRL HARGA --> Rp. 32000
W0834    BUKU PBC.FANTASTIC FIVE HARGA --> Rp. 32000
W0835    BUKU PBC.THE BEST FOE HARGA --> Rp. 32000
W0836    BUKU PBC.G 3 F HARGA --> Rp. 32000
W0837    BUKU PBC.24 HOUR STAY AT SCHOOL HARGA --> Rp. 32000
W0838    BUKU MINMIE ATW:TERPIKAT GAOHU HARGA --> Rp. 32000
W0839    BUKU MINMIE ATW:RAHASIA SUP THUPA HARGA --> Rp. 32000
W0840    BUKU MINMIE ATW:JERUK TERBANG DI ITALIA HARGA --> Rp. 32000
W0841    BUKU FANTASTEEN.MUMMY HARGA --> Rp. 32000
W0842    BUKU THEY WANT ME BRIGHT HARGA --> Rp. 32000
W0843    BUKU AKU INGIN JADI RAJA HARGA --> Rp. 32000
W0844    BUKU AA GYM & FENOMENA DARUT TAUHID HARGA --> Rp. 32000
W0845    BUKU HAID MENGHALANGI IBADAH? NO WAY (REPUBLISH) HARGA --> Rp. 32000
W0846    BUKU OXANA: APARTEMENT SYNDROME HARGA --> Rp. 32000
W0847    BUKU WANITA LEBIH ISTIMEWA DLM WRSN HARGA --> Rp. 32000
W0848    BUKU SGK: LET'S BE SMART! HARGA --> Rp. 32500
W0849    BUKU CATATAN CINTA SANG ISTRI HARGA --> Rp. 32500
W0850    BUKU 24 JAM SEBELUM MENIKAH HARGA --> Rp. 32500
W0851    BUKU ANAKKU DIBUNUH ISRAEL HARGA --> Rp. 32500
W0852    BUKU LASKAR SYUHADA HARGA --> Rp. 32500
W0853    BUKU LUKA DI CHAMPS ELYSEES HARGA --> Rp. 32500
W0854    BUKU MEMBONGKAR RHS IKHWAN NYEBELIN HARGA --> Rp. 32500
W0855    BUKU LAFAZ CINTA HARGA --> Rp. 32500
W0856    BUKU 'L' - SEBELAS CERITA HARGA --> Rp. 32500
W0857    BUKU THE LOST SYAMBEL HARGA --> Rp. 32500
W0858    BUKU BACKPACKER SURPRISE HARGA --> Rp. 32500
W0859    BUKU POLITIK ANTI YAHUDI HARGA --> Rp. 32500
W0860    BUKU THE MAGIC OF RUBY VALLEY HARGA --> Rp. 33000
W0861    BUKU YOU KNOW ME SO WELL HARGA --> Rp. 33000
W0862    BUKU TRAVELICIOUS MEDAN HARGA --> Rp. 33000
W0863    BUKU PARENTS & CHILDREN TALK HARGA --> Rp. 33000
W0864    BUKU TIYA HARGA --> Rp. 33000
W0865    BUKU KENALI K'PRIBADIAN MELALUI TLSN TGN HARGA --> Rp. 33000
W0866    BUKU BIJAK MENYIKAPI PERBEDAAN PENDAPAT HARGA --> Rp. 33000
W0867    BUKU ONE GIGABYTE OF LOVE HARGA --> Rp. 33000
W0868    BUKU ALENA HARGA --> Rp. 33000
W0869    BUKU SHALAT DHUHA HARGA --> Rp. 33000
W0870    BUKU AIDS DALAM ISLAM HARGA --> Rp. 33000
W0871    BUKU SAAT TUHAN MENYAPA HATIMU HARGA --> Rp. 33000
W0872    BUKU A BOY FROM MAKKAH HARGA --> Rp. 33000
W0873    BUKU GEMBLAK:TRAGEDI CINTA BUDAK HM HARGA --> Rp. 33000
W0874    BUKU MISTERI PUNCAK ARARAT HARGA --> Rp. 33000
W0875    BUKU TOBAT MEROKOK - HC HARGA --> Rp. 33000
W0876    BUKU MESTAKUNG HARGA --> Rp. 33500
W0877    BUKU ZIKIR & DOA PENGHUNI SURGA HARGA --> Rp. 34000
W0878    BUKU DI BAWAH NAUNGAN CAHAYA-MU HARGA --> Rp. 34000
W0879    BUKU KUTEMUKAN ENGKAU DI SETIAP TAHAJUDKU-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0880    BUKU ANTIQUE FUGA#1: NAMAKU SHANIA HARGA --> Rp. 34000
W0881    BUKU ANTIQUE FUGA#2: ROH DENGAN DUA JIWA HARGA --> Rp. 34000
W0882    BUKU ITOKO INGIN DIET HARGA --> Rp. 34000
W0883    BUKU NO OTHER HARGA --> Rp. 34000
W0884    BUKU SUMMER HARGA --> Rp. 34000
W0885    BUKU ACCIDENTALLY FABULOUS HARGA --> Rp. 34000
W0886    BUKU KOMIK GARUDA 19: M SAHRUL KURNIAWAN HARGA --> Rp. 34000
W0887    BUKU KOMIK GARUDA 19: PAULO SITANGGANG HARGA --> Rp. 34000
W0888    BUKU MISTERI DI GUNUNG TEULABONARI HARGA --> Rp. 34000
W0889    BUKU MERAMU K.DRAMATIS/KONFLIK,AKSI HARGA --> Rp. 34000
W0890    BUKU NO MORE GALAU/DEAR BUNDA CUWIY HARGA --> Rp. 34000
W0891    BUKU SHOCKING CHINA HARGA --> Rp. 34000
W0892    BUKU SHOCKING EGYPT HARGA --> Rp. 34000
W0893    BUKU MIMPI BAYANG JINGGA-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0894    BUKU LIPUTAN 9 HARGA --> Rp. 34000
W0895    BUKU ME AND MY BOLLY HOBBY HARGA --> Rp. 34000
W0896    BUKU THE BLACKSIDE HARGA --> Rp. 34000
W0897    BUKU CEWEK-CEWEK TULALIT HARGA --> Rp. 34000
W0898    BUKU FOOLOVE HARGA --> Rp. 34000
W0899    BUKU CERITA SEPANJANG MUSIM HARGA --> Rp. 34000
W0900    BUKU HEIDI HARGA --> Rp. 34000
W0901    BUKU HIKAYAT THE DA PECI CODE-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0902    BUKU UBAH ORG BUANGAN JADI REBUTAN HARGA --> Rp. 34000
W0903    BUKU THE YOUNG NINJA  HARGA --> Rp. 34000
W0904    BUKU TINGGAL&BEKERJA DI SELANDIA BARU HARGA --> Rp. 34000
W0905    BUKU CHANDRA-BIBIT HARGA --> Rp. 34000
W0906    BUKU DUA CINTA OBAMA HARGA --> Rp. 34000
W0907    BUKU FIRE IN THE HEART (NEW) HARGA --> Rp. 34000
W0908    BUKU TSUNAMI FINANSIAL HARGA --> Rp. 34000
W0909    BUKU JUMPALITAN MENJADI IBU HARGA --> Rp. 34000
W0910    BUKU RAIH 5 MUKJIZAT SETIAP HARI-NEW HARGA --> Rp. 34000
W0911    BUKU FINANCIAL PARENTING HARGA --> Rp. 34000
W0912    BUKU DREAMLAND HARGA --> Rp. 34000
W0913    BUKU DIARY GUE DIARY LO HARGA --> Rp. 34000
W0914    BUKU MSG SERIES:THE CLAVE BAND HARGA --> Rp. 34000
W0915    BUKU MSG SERIES: PURPLE BASKET TEAM HARGA --> Rp. 34000
W0916    BUKU SPOOKY: HORRIBLE TOOTH FAIRY HARGA --> Rp. 34000
W0917    BUKU SPOOKY: THE AUTHOR'S TERROR HARGA --> Rp. 34000
W0918    BUKU REBECCA OF SUNNYBROOK FARM HARGA --> Rp. 34000
W0919    BUKU PEREMPUAN BAWANG & LELAKI KAYU HARGA --> Rp. 34000
W0920    BUKU SESUATU YANG TERTUNDA HARGA --> Rp. 34000
W0921    BUKU STASIUN HARGA --> Rp. 34000
W0922    BUKU DELAPAN SISI HARGA --> Rp. 34000
W0923    BUKU KEEGANS MATCHMAKING HARGA --> Rp. 34000
W0924    BUKU BUKAN SALAHMU HARGA --> Rp. 34000
W0925    BUKU PUISI HAP HARGA --> Rp. 34000
W0926    BUKU PUISI EKARISTI HARGA --> Rp. 34000
W0927    BUKU PUZZLE UPIN&IPIN:KELUARGA UPIN&IPIN HARGA --> Rp. 34000
W0928    BUKU THE SECRET FOR MUSLIM HARGA --> Rp. 34000
W0929    BUKU SAJIAN RUHANI PENYEJUK IMAN HARGA --> Rp. 34000
W0930    BUKU KCPK.ALDEN AND THE HORSE HARGA --> Rp. 34000
W0931    BUKU FOUR SEASONS TALES HARGA --> Rp. 34500
W0932    BUKU DEGALINGS HARGA --> Rp. 34500
W0933    BUKU MELACAK JEJAK KOTA KUNO HARGA --> Rp. 34500
W0934    BUKU UKTRIP:SMART&FUN HARGA --> Rp. 34500
W0935    BUKU FOREVER RICH HARGA --> Rp. 34500
W0936    BUKU SPECIAL EDUCATION 4 SPEC.CHILD HARGA --> Rp. 34500
W0937    BUKU SUPERBERKAH SHALAT JUMAT HARGA --> Rp. 34500
W0938    BUKU JODOH DARI NEGERI SEBERANG HARGA --> Rp. 34500
W0939    BUKU MI FAMILIA HARGA --> Rp. 34500
W0940    BUKU PENUNTUN: JANGAN TAKUT MARRIED HARGA --> Rp. 34500
W0941    BUKU TUHAN, KUATKAN IMANKU! HARGA --> Rp. 34500
W0942    BUKU LENTERA CINTA 4 TEENS HARGA --> Rp. 34500
W0943    BUKU BULAN SABIT DI ATAS EIFFEL HARGA --> Rp. 34500
W0944    BUKU MUSLIM, DIALOG DAN TEROR HARGA --> Rp. 34600
W0945    BUKU MORALITY FOR BEAUTIFUL GIRLS HARGA --> Rp. 34800
W0946    BUKU RAHASIA MEMIKAT HATI MERTUA HARGA --> Rp. 34800
W0947    BUKU PERGAULAN HARGA --> Rp. 34800
W0948    BUKU AMSTERDAM SURPRISES HARGA --> Rp. 35000
W0949    BUKU MASRURI VS THE OLYMPIANS HARGA --> Rp. 35000
W0950    BUKU DI BAWAH BENDERA SARUNG HARGA --> Rp. 35000
W0951    BUKU STEVE JOBS HARGA --> Rp. 35000
W0952    BUKU CINTA SEMUSIM HARGA --> Rp. 35000
W0953    BUKU NEW-MEREKA BILANG AKU KAFIR HARGA --> Rp. 35000
W0954    BUKU POWERING YOUR MICROBLOGS HARGA --> Rp. 35000
W0955    BUKU YA ALLAH,TABURKAN CINTA KAMI HARGA --> Rp. 35000
W0956    BUKU PENYEGAR JIWA HARGA --> Rp. 35000
W0957    BUKU MENJADI SUPERCOMPANY HARGA --> Rp. 35000
W0958    BUKU RESPONS MSYRKAT.LOKAL ATAS BENCANA #2 HARGA --> Rp. 35000
W0959    BUKU POWER BRANDING HARGA --> Rp. 35000
W0960    BUKU KKJD.MISTERI GUDANG TUA HARGA --> Rp. 35000
W0961    BUKU MAN DOWN HARGA --> Rp. 35000
W0962    BUKU KOMIK NANNY HARGA --> Rp. 35000
W0963    BUKU THE RAID HARGA --> Rp. 35000
W0964    BUKU LITTLE SNIPPETS HARGA --> Rp. 35000
W0965    BUKU KSKP.ROBOT RAINBOW CAKE HARGA --> Rp. 35000
W0966    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 1: PENCURI MISTERIUS  HARGA --> Rp. 35000
W0967    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#2:UNFINISHED STORY HARGA --> Rp. 35000
W0968    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 3: MULUTMU HARIMAUMU HARGA --> Rp. 35000
W0969    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 4: FESTIVAL OLAHRAGA HARGA --> Rp. 35000
W0970    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 5: BELAJAR SABAR HARGA --> Rp. 35000
W0971    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 6: AKIBAT BURUK SANGKA HARGA --> Rp. 35000
W0972    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#3:MYSTERIOUS PAINTING HARGA --> Rp. 35000
W0973    BUKU KOMIK CATATAN HARIAN OLIN#1:PILIHAN TERAKHIR HARGA --> Rp. 35000
W0974    BUKU KOMIK ANAK MUSLIM VOL 7: INDAHNYA BERBAGI HARGA --> Rp. 35000
W0975    BUKU KSKP.CUTE MATRYOSHKA HARGA --> Rp. 35000
W0976    BUKU KSPK.SUPER CONCERT HARGA --> Rp. 35000
W0977    BUKU KSKP.KEMAL VS PUTRI HARGA --> Rp. 35000
W0978    BUKU KOMIK FANTASTEEN MIX#4:KUTUKAN SUNGAI MERAH HARGA --> Rp. 35000
W0979    BUKU 33 KUNCI MENGUAK THE LOST SYMBOL HARGA --> Rp. 35000
W0980    BUKU THE KING IS DEAD HARGA --> Rp. 35000
W0981    BUKU KAYA LEWAT TERJEMAHAN HARGA --> Rp. 35000
W0982    BUKU PAQUITA DAN PANGERAN BIANGLALA HARGA --> Rp. 35000
W0983    BUKU DIET FOR MUSLIMAH HARGA --> Rp. 35000
W0984    BUKU FANTASTEEN.THE BOOK OF BLACK SPELL HARGA --> Rp. 35000
W0985    BUKU FANTASTEEN.ZEIRA AND THE WORLD OF MAGIC HARGA --> Rp. 35000
W0986    BUKU FANTASTEEN.ABSOLUTE ZERO HARGA --> Rp. 35000
W0987    BUKU FANTASTEEN.MAGIC WRITING SCHOOL HARGA --> Rp. 35000
W0988    BUKU FANTASTEEN.THE LAGAZIV HARGA --> Rp. 35000
W0989    BUKU FANTASTEEN.TORIAD:DUNIA YANG TAK PERNAH HARGA --> Rp. 35000
W0990    BUKU PBC.LUCY CATTERMOLE HARGA --> Rp. 35000
W0991    BUKU PBC.TALE OF ANGEL HARGA --> Rp. 35000
W0992    BUKU FANTASTEEN.SIHIR DAN MANUSIA SERIGALA HARGA --> Rp. 35000
W0993    BUKU FANTASTEEN.THE MYSTERIOUS MURDER HARGA --> Rp. 35000
W0994    BUKU FANTASTEEN.RUMAH ANGKER HARGA --> Rp. 35000
W0995    BUKU FANTASTEEN.CLOSER:PERHATIKAN PERANGKAPNYA HARGA --> Rp. 35000
W0996    BUKU FANTASTEEN.TERROR HARGA --> Rp. 35000
W0997    BUKU K-NOVEL:SAM DI GI HARGA --> Rp. 35000
W0998    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY:IN SEOUL HARGA --> Rp. 35000
W0999    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY:IN NEW YORK HARGA --> Rp. 35000

   
Jumlah Posts : 111
Jumlah di-Like : 2

Contact Number : 081510123080 (SMS/WHATSAPP) / BBM : D527E0AC

Cara Pemesanan :
1 judul buku : Ketik (KODE BUKU + QTY + ALAMAT LENGKAP)
> 2 judul buku : Via Email / SMS sebutkan kode judul saja.

1. Buku dijamin baru dan original (asli)
2. Pemesanan melalui SMS/WHATSAPP (LIHAT CARA PEMESANAN DIATAS), pemesanan cara lain akan diabaikan
3. Buku yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan kecuali buku tersebut stoknya kosong, uang yang sudah ditransfer akan dikembalikan.
4. Pengiriman melalui JNE dan pembayaran via BCA.
5. Maaf tidak melayani pemesanan di hari libur & bila respon terlambat.

Searching/cari buku hanya dengan tekan (CTRL + F) lalu cari buku yang agan ingin cari.

Berikut daftar harga bukunya gan, koleksi lengkap silahkan pilih...

R01200    BUKU PBC.PHOBIA HARGA --> Rp. 39000
R01201    BUKU PBC.A SECRET BESTFRIEND HARGA --> Rp. 35000
R01202    BUKU PBC.D EIFFEL HARGA --> Rp. 39000
R01203    BUKU PBC.WHILE IN THE MOMENT HARGA --> Rp. 39000
R01204    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY:IN SYDNEY HARGA --> Rp. 35000
R01205    BUKU PBC.GHISENCY HARGA --> Rp. 39000
R01206    BUKU PBC.MY BROTHER AND A FLOWER HARGA --> Rp. 39000
R01207    BUKU PBC.BUSINESS GIRL HARGA --> Rp. 39000
R01208    BUKU PBC.MYSTERY OF LIBRARY HARGA --> Rp. 39000
R01209    BUKU PBC.JOURNEY IN JAPAN HARGA --> Rp. 29000
R01210    BUKU PBC.MY TWIN SISTER HARGA --> Rp. 29000
R01211    BUKU PBC.PERFECTIONIST HARGA --> Rp. 32000
R01212    BUKU FANTASTEEN.GHOST DORMITORY HARGA --> Rp. 32000
R01213    BUKU PBC.HAPPINESS HARGA --> Rp. 32000
R01214    BUKU PBC.YOU ARE ME HARGA --> Rp. 32000
R01215    BUKU DRUNKEN MOLEN-NEW HARGA --> Rp. 49000
R01216    BUKU DRUNKEN MONSTER - NEW HARGA --> Rp. 54000
R01217    BUKU 19 + HARGA --> Rp. 49000
R01218    BUKU DRUNKEN MAMA - NEW HARGA --> Rp. 43000
R01219    BUKU DRUNKEN MARMUT-NEW HARGA --> Rp. 37000
R01220    BUKU HOW TO LOVE ALLAH-NEW HARGA --> Rp. 75000
R01221    BUKU HOW TO LOVE RASULULLAH-NEW HARGA --> Rp. 89000
R01222    BUKU NOVAK NONI. HANTU PENCULIK HARGA --> Rp. 28000
R01223    BUKU KKPK.ROXY! ROXY! HARGA --> Rp. 25000
R01224    BUKU PRINCESS MUQITA & CINCIN KERAJAAN HARGA --> Rp. 16000
R01225    BUKU KISAH MASA KECIL PARA BINTANG HARGA --> Rp. 26000
R01226    BUKU KKPK.FACEBOOK LOVER HARGA --> Rp. 25000
R01227    BUKU KKPK MINMIES BIRTHDAY HARGA --> Rp. 25000
R01228    BUKU SCB: AKU SAYANG AYAH (BOARD BOOK) HARGA --> Rp. 39000
R01229    BUKU SENYUMLAH BUNDA HARGA --> Rp. 49000
R01230    BUKU KKPK MINMIE RAMBUT PERSAHABATAN HARGA --> Rp. 25000
R01231    BUKU KKPK.RUMAH ROTI RACHEL HARGA --> Rp. 27000
R01232    BUKU KKPK.MY BEST FRIENDS VS NEW FRIENDS HARGA --> Rp. 27000
R01233    BUKU KKPK. SUPER BUNDA-NEW HARGA --> Rp. 27000
R01234    BUKU KKPK. ANNABELLE NEW SCHOOL HARGA --> Rp. 27000
R01235    BUKU KKPK.ALWAYS IN MY HEART HARGA --> Rp. 29000
R01236    BUKU KKPK.HILANGNYA SANG VOKALIS HARGA --> Rp. 27000
R01237    BUKU KKPK.LITTLE BALLERINA 3:SINGAPORE CHAMPIONS HARGA --> Rp. 27000
R01238    BUKU KKPK.FRIEND FROM JAPAN HARGA --> Rp. 29000
R01239    BUKU KKPK.MUSUH ATAU SAHABAT HARGA --> Rp. 29000
R01240    BUKU KKPK.HIDDEN GADIS TERSEMBUNYI HARGA --> Rp. 29000
R01241    BUKU KKPK.IDE MISTERIUS HARGA --> Rp. 29000
R01242    BUKU KKPK.GG FOREVER HARGA --> Rp. 29000
R01243    BUKU KKPK.ABANGKU SAYANG HARGA --> Rp. 29000
R01244    BUKU KKPK.HITAM PUTIH HARGA --> Rp. 27000
R01245    BUKU KKPK.ME AND MY CUTE CAT HARGA --> Rp. 29000
R01246    BUKU KKPK.JANJI PERSAHABATAN HARGA --> Rp. 29000
R01247    BUKU KKPK.DUA MATAHARI PANTI HARGA --> Rp. 29000
R01248    BUKU KKPK.AKU BISA HARGA --> Rp. 27000
R01249    BUKU KKPK.MY FRIENDS HARGA --> Rp. 29000
R01250    BUKU KKPK.MY SISTERS SECRET HARGA --> Rp. 29000
R01251    BUKU KKPK.LIFE IN DORMITORY HARGA --> Rp. 35000
R01252    BUKU KKPK.I HAVE A DREAM HARGA --> Rp. 29000
R01253    BUKU KKPK.SUSTER MISTERIUS HARGA --> Rp. 29000
R01254    BUKU KKPK.DREAM TO PARIS HARGA --> Rp. 29000
R01255    BUKU KKPK.FANTASTIC FRIENDSHIP HARGA --> Rp. 29000
R01256    BUKU KKPK.MY LOVELY PARENTS HARGA --> Rp. 29000
R01257    BUKU KKPK.PENYAMARAN ARINA HARGA --> Rp. 35000
R01258    BUKU KKPK.AVALONIA CASTEL 2: KEMBALINYA SANG RAJA HARGA --> Rp. 29000
R01259    BUKU KKPK.THE POPULAR GIRLS HARGA --> Rp. 35000
R01260    BUKU KKPK.UNTUKMU AYAH HARGA --> Rp. 35000
R01261    BUKU KKPK.THE SECRET SCHOOL HARGA --> Rp. 29000
R01262    BUKU KKPK.MISTERI TANGISAN TENGAH MALAM HARGA --> Rp. 29000
R01263    BUKU KKPK.ACTIVE GIRL HARGA --> Rp. 29000
R01264    BUKU KKPK.ITS ME: CTTN HARIAN DESAINER CILIK HARGA --> Rp. 29000
R01265    BUKU KKPK.PETUALANGAN DI GUA AJAIB HARGA --> Rp. 29000
R01266    BUKU KKPK.ADVENTURE OF FRIENDS HARGA --> Rp. 35000
R01267    BUKU KKPK.JEJAK MISTERIUS HARGA --> Rp. 35000
R01268    BUKU KKPK.MAKE UP TIME HARGA --> Rp. 35000
R01269    BUKU KKPK.THE GIRLS BEAT HARGA --> Rp. 35000
R01270    BUKU KKPK.MY BEST FRIENDS IN TOKYO HARGA --> Rp. 35000
R01271    BUKU KKPK.MISTERI TEROR SEPATU HARGA --> Rp. 29000
R01272    BUKU KKPK.ANNABELLE SCHOOL HOLIDAY HARGA --> Rp. 29000
R01273    BUKU KKPK.FROM HOLLAND WITH LOVE HARGA --> Rp. 35000
R01274    BUKU KKPK.THE HIDDEN SECRET HARGA --> Rp. 35000
R01275    BUKU KKPK.THE STAR GIRL HARGA --> Rp. 35000
R01276    BUKU KKPK.RINDU UNTUK MAMA HARGA --> Rp. 35000
R01277    BUKU KKPK.MOTHERS DAY:KARENA KITA SAYANG IBU HARGA --> Rp. 35000
R01278    BUKU KKPK.STRANDED HARGA --> Rp. 35000
R01279    BUKU KKPK.A STORY IN RAMADHAN HARGA --> Rp. 35000
R01280    BUKU KKPK LUKS: TARIAN DANDELION HARGA --> Rp. 59000
R01281    BUKU KKPK LUKS: SEJUTA BIBIT IMPIAN HARGA --> Rp. 59000
R01282    BUKU KKPK.SAHABAT SUPER HARGA --> Rp. 35000
R01283    BUKU KKPK.THE NEW WORLD HARGA --> Rp. 35000
R01284    BUKU KKPK.THE CUTE GIRL HARGA --> Rp. 35000
R01285    BUKU KKPK.PERTEMUAN TERAKHIR HARGA --> Rp. 35000
R01286    BUKU KKPK.HARI-HARI YANG INDAH HARGA --> Rp. 35000
R01287    BUKU KKPK.FOTOGRAFER CILIK HARGA --> Rp. 35000
R01288    BUKU KKPK.TERJEBAK DI DUNIA MIMPI HARGA --> Rp. 35000
R01289    BUKU KKPK.MY LOVELY DAYS HARGA --> Rp. 35000
R01290    BUKU KKPK.SAJADAH TERBANG HARGA --> Rp. 35000
R01291    BUKU KKPK.ICE SKATING GIRL HARGA --> Rp. 35000
R01292    BUKU KKPK.WRITER WANNABE HARGA --> Rp. 35000
R01293    BUKU KKPK.LOVE FAMILY AND FRIENDS HARGA --> Rp. 35000
R01294    BUKU KKPK.CAKE TOKO KUE PERTAMAKU HARGA --> Rp. 35000
R01295    BUKU KKPK.TIVIA HARGA --> Rp. 35000
R01296    BUKU KKPK.LAPANGAN ABCD HARGA --> Rp. 35000
R01297    BUKU KKPK.INDAHNYA LANGIT KANAZAWA HARGA --> Rp. 29000
R01298    BUKU KKPK.THE TWINKLE STAR FROM GRYELD FE DOWLIS HARGA --> Rp. 35000
R01299    BUKU KKPK.TERJEBAK DI DUNIA ANEH HARGA --> Rp. 35000
R01300    BUKU KKPK.THE SEVEN ANGELS HARGA --> Rp. 35000
R01301    BUKU KKPK.ORATOR CILIK HARGA --> Rp. 35000
R01302    BUKU KKPK.DIARI ARCITA HARGA --> Rp. 35000
R01303    BUKU KKPK.LUKISAN TERAKHIR HARGA --> Rp. 35000
R01304    BUKU KKPK.KADO MISTERIUS HARGA --> Rp. 35000
R01305    BUKU KKPK.KERLAP-KERLIP MISTERIUS HARGA --> Rp. 35000
R01306    BUKU KKPK.KEBUN BUNGA TAMMY HARGA --> Rp. 35000
R01307    BUKU KKPK.SENYUMAN BINTANG HARGA --> Rp. 35000
R01308    BUKU TRAVELA: BELITUNG FUN TRIP HARGA --> Rp. 37000
R01309    BUKU KKPK.MALAIKAT PENJAGA REL (TUPPERWARE CHILD) HARGA --> Rp. 45000
R01310    BUKU KKPK.LETS GO CHELSEA HARGA --> Rp. 35000
R01311    BUKU JUICEME:SPORT IS FUN HARGA --> Rp. 37000
R01312    BUKU TRAVELA: SENYUM INDAH DARI TIMUR HARGA --> Rp. 37000
R01313    BUKU KKPK.THE DAYS WITH MY SISTER HARGA --> Rp. 35000
R01314    BUKU KKPK.MISTERI HANTU VILA HARGA --> Rp. 35000
R01315    BUKU KKPK.THREE HAPPY GIRLS HARGA --> Rp. 35000
R01316    BUKU KKPK.FINDING FRA HARGA --> Rp. 35000
R01317    BUKU KKPK.MISTERI SEKOLAH BERHANTU HARGA --> Rp. 35000
R01318    BUKU KKPK.(NOT) A BEST FRIEND HARGA --> Rp. 35000
R01319    BUKU KKPK.BOARDING SCHOOL YES HARGA --> Rp. 35000
R01320    BUKU KKPK.LIBURAN DI FAIRY LAND HARGA --> Rp. 35000
R01321    BUKU TRAVELA: HIKING TO WATERFALL HARGA --> Rp. 37000
R01322    BUKU KKPK.THE PINK SHOES HARGA --> Rp. 35000
R01323    BUKU KKPK.MOTIF UNIK HARGA --> Rp. 35000
R01324    BUKU KKPK.GENG PENYELAMAT ALAM HARGA --> Rp. 35000
R01325    BUKU KKPK.LOLLIPOP FRIENDSHIP HARGA --> Rp. 35000
R01326    BUKU KKPK.ATLET IDOLA HARGA --> Rp. 35000
R01327    BUKU KKPK.THE WONDERFUL BANANA LAND HARGA --> Rp. 35000
R01328    BUKU KKPK.KEAJAIBAN TERINDAH HARGA --> Rp. 35000
R01329    BUKU KKPK.NEW BESTIES HARGA --> Rp. 35000
R01330    BUKU KKPK.DIRLY GIRLY HARGA --> Rp. 35000
R01331    BUKU KKPK.MISTERI AYAM KETAWA HARGA --> Rp. 35000
R01332    BUKU KKPK.THE LOVELY GIRLS  HARGA --> Rp. 35000
R01333    BUKU KKPK.PELUKIS CILIK HARGA --> Rp. 35000
R01334    BUKU KKPK.CINCIN AJAIB HARGA --> Rp. 35000
R01335    BUKU KKPK.MY SWEET DIARY HARGA --> Rp. 35000
R01336    BUKU KKPK.KRISTAL KEBAIKAN  HARGA --> Rp. 35000
R01337    BUKU KKPK.JANGAN PERGI SAHABATKU HARGA --> Rp. 35000
R01338    BUKU KKPK.SURGA DI TANGAN IBU HARGA --> Rp. 35000
R01339    BUKU KKPK.FUN CICAN: MUSIM HUJAN YANG HANGAT  HARGA --> Rp. 35000
R01340    BUKU KKPK.LONDON I'M COMING-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01341    BUKU KKPK.LETS SING WITH ME-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01342    BUKU KKPK.SURAT MISTERIUS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01343    BUKU KKPK.CONGKLAK MISTERIUS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01344    BUKU KKPK.SUSTER MISTERIUS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01345    BUKU KKPK.MY LOVELY PARENTS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01346    BUKU KKPK.THE FIVE SMART GIRLS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01347    BUKU KKPK.THE GHOST IN MY SCHOOL-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01348    BUKU KKPK.HAPPY CAMP-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01349    BUKU KKPK.LITTLE BALLERINA-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01350    BUKU KKPK.SAHABAT SEJATI-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01351    BUKU KKPK.I LOVE MY FAMILY-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01352    BUKU KKPK.NOTES FROM SINGAPORE-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01353    BUKU KKPK.MOM IS MY ANGEL-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01354    BUKU KKPK.MY FIRST MAKE UP-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01355    BUKU KKPK.FUN CICAN: KOTA IMPIAN HARGA --> Rp. 35000
R01356    BUKU KKPK.FUN CICAN: LIBURAN KREATIF HARGA --> Rp. 35000
R01357    BUKU KKPK.TEMAN CHATTING MISTERIUS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01358    BUKU KKPK.RUMAH BERHANTU-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01359    BUKU KKPK.REPORTER CILIK-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01360    BUKU KKPK.IBUKU CHAYANK, MUACH!-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01361    BUKU KKPK.SENYUM MONALISA-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01362    BUKU KKPK.TEMAN TAPI MUSUH-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01363    BUKU KKPK.PINK CUPCAKE-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01364    BUKU KKPK.BEAUTIFUL FRIENDSHIP-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01365    BUKU KKPK.I LOVE MY RESTAURANT-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01366    BUKU KKPK.2 OF ME-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01367    BUKU KKPK.MY SOULMATE-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01368    BUKU KKPK.BEAUTIFUL DAYS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01369    BUKU KKPK.I LOVE COOKING-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01370    BUKU KKPK.SUARA MISTERIUS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01371    BUKU KKPK.4 EVER FRIENDS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01372    BUKU KKPK.PRINCESS FAMILY-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01373    BUKU KKPK.ANNABELLE NEW SCHOOL-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01374    BUKU KKPK.GG FOREVER-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01375    BUKU KKPK.SUPER BUNDA - (REPUBLISH) HARGA --> Rp. 35000
R01376    BUKU KKPK.THE SMART GIRLS-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01377    BUKU KKPK.LITTLE BALLERINA#2: GOES TO ITALY-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01378    BUKU KKPK.TWO BEAUTIFUL PRINCESSES-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01379    BUKU KKPK.MY SWEETHEART-NEW HARGA --> Rp. 35000
R01380    BUKU KKPK.RAHASIA MAMA HARGA --> Rp. 35000
R01381    BUKU KKPK.MISTERI GADIS SAKURA HARGA --> Rp. 35000
R01382    BUKU KKPK.LORONG RAHASIA HARGA --> Rp. 35000
R01383    BUKU KKPK.BAPAKKU ONDEL-ONDEL HARGA --> Rp. 35000
R01384    BUKU KKPK.TOGETHER FOREVER HARGA --> Rp. 35000
R01385    BUKU KKPK.THE HIJAB GIRLS HARGA --> Rp. 35000
R01386    BUKU NOMIK MIRROR, MIRROR HARGA --> Rp. 32000
R01387    BUKU KKPK.JEJAK RAHASIA SAHABAT HARGA --> Rp. 35000
R01388    BUKU KKPK.FROM HATER TO LOVER  HARGA --> Rp. 35000
R01389    BUKU KKPK.LILI & LYLIU HARGA --> Rp. 35000
R01390    BUKU PHFK.AKU TDK SUKA MARAH HARGA --> Rp. 15000
R01391    BUKU KMPLN DONGENG ISLAMI 3 BENUA HARGA --> Rp. 35000
R01392    BUKU KUMPULAN LAGU DAERAH HARGA --> Rp. 23000
R01393    BUKU KISAH PRINCE:ISTANA 1001-SC HARGA --> Rp. 36000
R01394    BUKU KKPK.BUNGA SANG PENULIS CILIK HARGA --> Rp. 25000
R01395    BUKU KKPK.TEMAN BARU WINDA HARGA --> Rp. 27000
R01396    BUKU KKPK.KENANGAN DI VELICIA TOWARD HARGA --> Rp. 23000
R01397    BUKU KKPK.MY WONDERFUL FRIENDSHIP HARGA --> Rp. 23000
R01398    BUKU KKPK.MENARI DI PELANGI HARGA --> Rp. 25000
R01399    BUKU KKPK.ICE CREAM FOR SHARE HARGA --> Rp. 27000

   
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
intinya ada 3 sebab cmiiw y'a. Banyak fatwa dan dalilnya bun Ramadhan begitu pula para ibu yang memiliki buah hati yang lemah kondisi fisiknya dan masih sangat tergantung asupan makanannya dari sang ibu melalui air susu sang ibu. Kedua kondisi terakhir, memiliki konsekuuensi hukum yang berbeda bentuk pembayarannya. 1. Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan Dirinya Saja Bila Berpuasa Bagi ibu, untuk keadaan ini maka wajib untuk mengqadha (tanpa fidyah) di hari yang lain ketika telah sanggup berpuasa. Keadaan ini disamakan dengan orang yang sedang sakit dan mengkhawatirkan keadaan dirinya. Sebagaimana dalam ayat, “Maka jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajib baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.” (Qs. Al Baqarah[2]:184) Berkaitan dengan masalah ini, Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan, “Kami tidak mengetahui ada perselisihan di antara ahli ilmu dalam masalah ini, karena keduanya seperti orang sakit yang takut akan kesehatan dirinya.” (al-Mughni: 4/394) 2. Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan Dirinya dan Buah Hati Bila Berpuasa Sebagaimana keadaan pertama, sang ibu dalam keadaan ini wajib mengqadha (saja) sebanyak hari-hari puasa yang ditinggalkan ketika sang ibu telah sanggup melaksanakannya. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Para sahabat kami (ulama Syafi’iyah) mengatakan, ‘Orang yang hamil dan menyusui, apabila keduanya khawatir dengan puasanya dapat membahayakan dirinya, maka dia berbuka dan mengqadha. Tidak ada fidyah karena dia seperti orang yang sakit dan semua ini tidak ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah). Apabila orang yang hamil dan menyusui khawatir dengan puasanya akan membahayakan dirinya dan anaknya, maka sedemikian pula (hendaklah) dia berbuka dan mengqadha, tanpa ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah).'” (al-Majmu’: 6/177, dinukil dari majalah Al Furqon) 3 .Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Mengkhawatirkan Keadaan si Buah Hati saja Dalam keadaan ini, sebenarnya sang ibu mampu untuk berpuasa. Oleh karena itulah, kekhawatiran bahwa jika sang ibu berpuasa akan membahayakan si buah hati bukan berdasarkan perkiraan yang lemah, namun telah ada dugaan kuat akan membahayakan atau telah terbukti berdasarkan percobaan bahwa puasa sang ibu akan membahayakan. Patokan lainnya bisa berdasarkan diagnosa dokter terpercaya – bahwa puasa bisa membahayakan anaknya seperti kurang akal atau sakit -. (Al Furqon, edisi 1 tahun 8) Sumber: https://muslimah.or.id/256-antara-qadha-dan-fidyah-bagi-ibu-hamil-dan-menyusui.html
   
25-06-2016 11:02:18 anak diare
Jumlah Posts : 127
Jumlah di-Like : belum ada like
aku 2 hari... hari ini mencret.. malem dan paginya ud bagus lg pupnya...
jd kasi makan dn minumnya spt biasa aja bun...
tp kl pupnya air doank...hrs ke rs ya bun...